Sampoerna A Splash Gala 16, SKM LTLN Dengan Kapsul Paduan Rasa Mint Dan Apel Hijau Segar Nan Manis Khas

Selamat sore,

Sudah satu bulan lebih saya menghabiskan waktu untuk istirahat, menjadi waktu yang sekiranya perlu untuk dilakukan. Mengingat bahwa tidak mungkin saya melakukan hal terkait dengan mengulas produk tembakau berupa rokok secara intens. Hal tersebut mungkin menjadi satu kerumitan tersendiri, mengingat bahwa pada dasarnya mengulas produk tembakau, memerlukan paduan sensori yang sekiranya mumpuni dan tidak cepat lelah. Namun, apabila rangsangan sensori yang kemudian muncul, memiliki intensitas yang sangat besar, maka hal tersebut kemudian membuat saya merasa lelah. Pengantar kali ini sedikit menyiratkan, bahwa penulisan terkait dengan produk rokok, tidaklah mudah. Oleh karena itu, terhitung dua minggu yang lalu, saya membuka akun QRIS untuk mempermudah manakala Anda ingin menyumbangkan sedikit uang yang Anda miliki, untuk membantu agar proyek ini tetap berlangsung. Harap maklum.

Ulasan yang akan saya buat pada kali ini, sebenarnya merupakan produk yang sudah diluncurkan sejak akhir bulan Juni 2024 lalu, namun dikarenakan adanya kendala dalam diri saya pribadi, maka saya baru bisa mengulasnya pada hari ini (19 Agustus 2024). Produk yang kemudian akan saya ulas, yakni Sampoerna A Splash Gala, atau secara singkat bisa disebut sebagai Splash Gala, atau A Splash Gala, bahkan bisa juga disebut sebagai Splash Hijau. Produk ini terhitung hadir di pasaran pada akhir Juni 2024 lalu, dengan wilayah penjualan yakni nasional; dan produk ini kemudian hadir hanya pada kanal penjualan utama yakni minimarket saja. Adapun A Splash Gala sendiri, merupakan produk SKM LTLN Regular pertama (dalam fitur kapsul tunggal), yang menggabungkan sensasi rasa manis khas dari Apel Hijau dan sensasi dingin segar dari rasa Peppermint khas. 

Bila kita mengecek pada ulasan yang sudah beredar di YouTube, produk ini seringkali dianggap memiliki citarasa khas lemon-lime dingin. Namun hal tersebut nyatanya dapat dianggap sebagai sebuah hasil dari kekeliruan perokok awam, yang menganggap bahwa sensasi rasa manis tersebut memiliki rasa khas lemon-lime, yang sepertinya muncul karena produk ini tidak menjual rasa Apel Manis secara harfiah. Produk ini kemudian pada akhirnya, secara jelas memiliki sensasi rasa khas yang tentunya agak berbeda dengan sensasi rasa apel pada rokok SKM LTLN secara umum. Bila umumnya sensasi rasa apel segar tersebut muncul dengan rasa mint yang sangat tajam (layaknya pada produk Esse Change Applemint); pada kasus produk Splash Gala, sensasi rasa mint kemudian disusun secara sedemikian rupa dengan tetap mengedepankan keseimbangan rasa dingin dan buah, dengan tetap menjual rasa Apel hijau manis yang sudah melegenda pada perokok kapsul, namun pada akhirnya memiliki intensitas rasa yang lebih berimbang (bila dibandingkan dengan kapsul khas dari KT&G yang mengedepankan sensasi rasa apel manis dengan rasa dingin tajam).

Produk ini, kemudian hadir sebagai pengembangan pada fase ketiga dari lini Sampoerna A Splash itu sendiri; yakni pada produk Splash Gala, kemudian memiliki rasa bawaan sudah dilengkapi dengan rasa mint yang halus dan sedikit adanya rasa khas dari rasa utama buah. Layaknya A Splash Royal yang sudah diluncurkan pada tahun lalu (2023), produk ini pada dasarnya memiliki keserupaan dari segi fitur utama yang ingin dijual. Yakni, pada saat sebelum proses klik kapsul, rasa bawaan yang dimiliki merupakan gabungan  dari menthol dengan intensitas rendah, dan dipadukan dengan sensasi rasa buah yang tidak begitu tegas. Namun pada saat posisi kapsul sudah diklik, maka sensasi rasa bawaan menjadi lebih tegas, dan juga lebih matang pada akhirnya. 

Hal tersebut kemudian menunjukkan bahwa pengembangan pada sensasi lini rasa A Splash, kemudian terkesan lebih matang bila dibandingkan pada saat awal peluncuran lini tersebut dimulai, yakni pada tahun 2019. Sensasi rasa kemudian menjadi lebih tegas dan lebih berwarna (bila dibandingkan dengan dua lini awal yang ditawarkan, yakni Splash Tropical dengan rasa semangka dan Splash Sunny dengan rasa lemon, namun rasa bawaan pada saat sebelum diklik, kurang begitu tegas), itulah yang kemudian menjadi semangat utama dari bagaimana seharusnya lini A Splash kemudian menjual dirinya, dengan keunikan rasa yang tentunya, tidak bisa dianggap remeh.

Baiklah, itu sedikit pengantar bagaimana produk ini harus dimaknai, dengan tentunya mengedepankan pada sensasi rasa khas yang unik dan mewah, pada saat proses klik berlangsung. Langsung saja kita coba ulas rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Produk ini kemudian memiliki posisi harga yang terhituntg cukup terjangkau untuk ukuran golongan I berisi 16 batang, yakni rokok ini dijual pada harga Rp. 30.000,- untuk isi 16 batang (cukai golongan I yang diterapkan, memiliki nilai pita cukai sebesar Rp. 36.175,- untuk kuantitas 16 batang). 

Agaknya, bahwa nilai jual dari rokok ini memiliki selisih yang cukup jauh dengan harga pita cukai, yang menandakan bahwa rokok ini masih mendapat perlakuan subsidi silang dari segi pelunasan pita cukai, yang secara umum diterapkan pada rokok golongan I. Tentu bahwa bila berbicara harga 30.000 per bungkus, rokok ini memiliki harga yang di bawah rata-rata, pada akhirnya. Ya, anggap saja bahwa apa yang ditawarkan A Splash Gala kali ini, memiliki harga jual yang terjangkau (meskipun bahwa selisih harga lebih mahal pada Alfamart ataupun kanal minimarket lainnya, menandakan bahwa harga 30.000 secara bulat, hanya bisa diterapkan pada Indomaret saja).

Untuk harga sendiri, saya beri nilai 7 dari 10.

Kemudian kita coba ulas kemasan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan







Kemasan rokok ini memiliki warna dasar gabungan dari putih, abu-abu, hijau muda dan hijau tua, dan hitam. Bagian depan kemasan memiliki pola dasar dot yang menandakan bahwa rokok ini memiliki fitur rasa kapsul, dengan adanya warna dasar pada pola dot yang dilengkapi emboss, berwarna abu-abu. Pada tulisan logo SAMPOERNA, kemudian memiliki warna logo hitam, dengan adanya elemen emboss halus pada tulisan SAMPOERNA. Pada bagian utama logo, kemudian terdapat sebuah pola yang diturunkan dari batik tiga tangan khas Sampoerna yang sudah mengalami proses modernisasi, dengan adanya gabungan dari beberapa panah dan titik, melambangkan bahwa rokok ini masuk ke dalam lini Sampoerna A secara umum. 

Pola batik khas Sampoerna A tersebut kemudian memiliki warna dasar abu-abu, dengan adanya efek emboss khas, menandakan bahwa semangat khas tradisi yang diiikuti dengan adanya perubahan dari Sampoerna A, juga terasa pada rokok ini. Pada bagian utama logo "A" yang diturunkan dari nama besar Aga Sampoerna, kemudian menggunakan warna logo yakni putih, dengan bagian kotak merupakan gabungan dari warna hijau muda di bagian kiri atas dan kanan bawah, dengan adanya warna utama kotak yakni hijau tua. 

Pada bagian tulisan SPLASH, kemudian menggunakan model font khas modern yang menegaskan bahwa rokok ini memiliki fitur kapsul sebagai nilai jual utama. Dilengkapi juga dengan efek percikan cat khas A Splash yang menggabungkan warna dasar hijau muda dan tua, dengan warna biru tua, dengan elemen percikan yang terkesan berani dan tegas. Pada bagian kiri kemasan, terdapat penanda kapsul yang bertuliskan GALA SENSATION, dengan warna kapsul hijau, penanda varian yakni GALA dengan warna hitam, dan penanda kuantitas yakni 16 batang. Secara umum bahwa kemasan depan pada rokok ini, memiliki kesamaan dengan lini A Splash secara umum.

Bagian belakang kemasan kemudian terdapat penanda deskripsi yang memiliki keseragaman dengan lini A Splash secara umum, yakni terdapat logo A, yang dilengkapi dengan outline berwarna abu-abu, dan efek percikan khas dari lini A Splash secara umum. Pada bagian belakang kemasan, kemudian terdapat deskripsi yang menjelaskan bagaimana fitur Gala Splash Sensation yang menyegarkan, dapat diaktifkan dengan mengklik bagian kapsul berperisa (flavored capsule). Terdapat kemudian penegasan pada bagian FLAVORED CAPSULE berwarna abu-abu, dan adanya logo GALA SENSATION, dengan warna kapsul yakni hijau. 

Bagian samping kanan kemasan, terdapat penanda golongan cukai, yakni SKM, larangan jual dan barcode, dalam latar lanjutan dari bagian depan dan belakang, yakni adanya pola dot emboss dan efek percikan cat khas dari lini A Splash. Bagian samping kiri kemasan, kemudian terdapat penanda 16 LASERMILD (R) KRETEK, yakni terdapat fitur bagian tipping paper yang dilengkapi dengan adanya perforasi laser khusus, untuk menciptakan sensasi rasa kretek yang lebih ringan dan halus. Diikuti dengan adanya penanda kadar tar dan nikotin (12 mg Tar dan 0.8 mg Nikotin, secara impact memiliki efek rasa yang halus dengan penekanan rasa hisapan yang cukup enteng, khas lini A Splash secara umum). Bagian atas terdapat logo A dengan warna gradasi hijau tua dan muda, dengan adanya efek dot khas. Dan bagian bawah terdapat logo A dalam latar hijau muda, penanda produsen (PT HM Sampoerna Tbk., Surabaya), dan adanya kode produksi.

Kode produksi yang saya dapatkan pada kesempatan kali ini, yakni 28 Mei 2024, artinya bahwa usia segar rokok ini sudah berada pada rentang yang sebenarnya masih terhitung sebagai stok yang layak untuk dikonsumsi. Namun bahwa memang, rokok ini sebenarnya saya dapatkan, terhitung sudah dua bulan lebih, yang artinya masih ada waktu sisa masa segar, hingga 2 bulan dari Agustus 2024. Cukup segar intinya, namun bukan dalam arti bahwa rokok ini baru saja diproduksi. 

Rokok ini pada akhirnya memiliki kemasan yang terhitung baik dan mewah, namun bahwa ada kemungkinan rokok ini menyerupai secara silang dengan elemen kemasan pada A Mild Menthol Burst, ada benarnya, mengingat bahwa rokok ini sama-sama menggunakan kemasan berwarna hijau. Besar kemungkinan bahwa rokok ini kemudian diproduksi dengan tujuan untuk menggaet konsumen A Mild Menthol, yang menginginkan harga lebih murah pada akhirnya. Tentu bahwa model kemasan pada rokok ini serupa dengan model yang ditawarkan A Splash secara umum, menarik dan menjual.

Untuk kemasan sendiri, saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya untuk melihat bagian dalam kemasan



Tampak bagian frame memiliki model promosi yang berbeda dengan model desain pada A Splash secara umum, yang pada akhirnya desain baru tersebut mencerminkan perubahan gaya komunikasi yang lebih tepat sasaran. Pada frame rokok ini, kemudian terdapat desain percikan cat yang serupa dengan bagian bawah kemasan, penanda logo A Splash Gala yang menyerupai dengan model promosi secara umum, dan tulisan KLIK SENSASI BARU. Model bagian dalam lid, kemudian terdapat penanda promosi KUALITAS TETAP A, dengan adanya QR Code yang mengarah kepada situs www.amild.id. Bagian liner atau lidah kemasan, kemudian menggunakan model kertas khas, yang pada dasarnya bisa diaplikasikan kala kadar intensitas menthol bawaan terhitung rendah.

Kemudian kita coba robek bagian liner kemasan, untuk melihat bagian dalamnya


Tampak pada bagian dalam, kemudian memiliki model batang atau tipping paper yang serupa dengan lini Sampoerna A generasi terbaru, yakni tipping paper yang memiliki efek shiny khas berwarna abu-abu. Susunan batang dari rokok ini yakni 8 di bagian depan, dan 8 di bagian belakang, dengan total kuantitas rokok ini sebesar 16 batang.

Kemudian kita coba tarik salah satu batang rokok ini secara saksama untuk mengkajinya secara mendalam




Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 90mm dengan diameter pada bagian bakaran dan batasan sebesar 7.4 mm atau lebih. Pada bagian burning area dalam papir, kemudian menggunakan model burning area vertikal, yang dimaksudkan untuk menciptakan efek bakaran yang lebih merata. Pada bagian tipping paper, terutama pada bagian batasannya menggunakan model yang hampir serupa dengan lini A Splash secara umum, yakni adanya batasan dengan warna penuh. Pada konteks A Splash Gala, kemudian menggunakan model warna batasan yakni hijau tua. 

Bagian kapsul kemudian terdapat penanda yang, secara kasat mata memiliki kesamaan warna dengan bagian kapsul pada A Mild Menthol Burst. Namun pada konteks Splash Gala, warna penanda kapsul kemudian memiliki warna yang lebih gelap, dengan maksud untuk membedakan desain antara Mild Menthol Burst dengan Splash Gala. Perforasi laser kemudian memiliki model yang serupa dengan lini A Splash secara umum, yakni satu baris dengan model perforasi dot, dengan tujuan untuk menciptakan efek ventilasi yang lebih besar, berakibat pada sensasi hisapan yang lebih enteng dan halus.

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan


Pada saat sebelum dibakar, sensasi rasa bawaan yang menjadi ciri khas dari Splash Gala sudah tampak, namun dengan sensasi rasa yang lebih tipis pada akhirnya. Tampak bahwa penggunaan rasa menthol dengan paduan rasa apel hijau manis, sudah tampak pada saat sebelum diklik, namun dengan intensitas rasa yang jauh lebih tipis dan sensasi dingin yang sebenarnya berada pada intensitas menengah. Meskipun begitu, sensasi rasa pada saat sebelum dibakar, tampak memiliki kerapatan aroma yang cukup optimum, dan tampak lebih tegas ketimbang model A Splash pada umumnya. Tampak juga penggunaan maple syrup, boubon, sedikit Havana, dan licorice sudah tampak meskipun rokok ini belum dibakar, dengan aksen rasa yang lebih halus dan lebih baik. 

Pada saat dibakar, sensasi rasa yang kemudian muncul pada saat pembakaran, yakni paduan unsur aroma dari apel hijau manis yang memiliki aroma khas manis yang sedikit lengket dan renyah, dengan paduan unsur rasa khas dari peppermint yang diwakilkan oleh sensasi rasa menthol, tidak begitu dingin namun meninggalkan kesan rasa menthol ringan yang berimbang. Adapun sensasi rasa lain yang muncul, tampak dari penggunaan licorice, dengan penambahan sensasi rasa dari Havana, gula invert, dan juga aroma khas dari boubon dan longan. Tampak penggunaan rempah tidak begitu kuat, dengan penambahan unsur kayumanis, adas manis, dan kapulaga, dengan aksen cengkeh terkesan sangat minim sekali. Elemen hisapan tampak tidak panas, dengan elemen rasa dingin yang khas, dengan balutan sedikit rasa creamy pada akhirnya dari penambahan elemen vanilla.

Racikan rokok ini tampak menggunakan model acuan dari American Blend yang sudah dimodifikasi dengan penambahan unsur Oriental dari Madura dan Kesturi. Tampak bahwa sensasi rasa khas Virginia menjadi aroma dominan yang memiliki unsur spicy halus dan memiliki sensasi manis alamiah, dengan penekanan aroma bready dan toasty pada penggunaan Burley yang tampak lebih banyak, ketimbang A Splash secara umum. Tampak juga model oriental yang digunakan terkesan lemah pada kesempatan kali ini, dengan rasa nutty yang tampak tidak begitu kental, dengan efek aroma yang tidak begitu tajam, dan rasa yang tidak begitu solid pada akhirnya. Meskipun begitu, elemen rasa khas yang menjadi daya tarik dari rokok ini muncul dari penggunaan Virginia dan Madura yang khas, meskipun sensasi rasa bready toasty dari Burley menjadi dominan pada akhirnya. Blend tampak cukup seimbang, dengan penekanan rasa khas dari Virginia dan Burley dominan, dan rendah dalam kandungan oriental khas. 

Dikeluarkan lewat hidung, sensasi aroma khas apel cukup terasa dengan penekanan aroma renyah dan menthol yang cukup garing. Tarikan pada rokok ini terbilang cukup halus, dengan penekanan efek hisapan yang tidak begitu solid, cenderung sangat halus dengan penekanan tarikan yang tidak begitu kuat. Efek hisapan kemudian memunculkan sensasi di tenggorokan dengan penekanan harshness dan throat hit yang tidak begitu dominan, bahkan tampak hampir tidak ada sama sekali. Tampak juga bahwa penggunaan blend Amerika yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sangat muncul pada Splash Gala kali ini, dengan penekanan aroma dan rasa akhir yang menyerupai rokok putih secara umum. Meskipun begitu, aroma khas Madura dan Oriental kemudian mulai muncul sebagai elemen khas, dengan penekanan rasa aroma khas cocoa yang diikuti dengan unsur nutty-woody yang tidak begitu kental di awal, namun kuat pada akhirnya. 

Durasi bakar pada saat sebelum diklik, mencapai 8-10 menit, dengan angka rerata yang saya dapatkan pada kesempatan kali ini mencapai 9 menit lebih. Aftertaste atau hasil setelah bakaran, memunculkan sebuah gaya khas dari Madura yang memiliki aroma tajam nan nutty, dengan aroma mixture khas dari Sampoerna A yang terbilang sangat lembut, diikuti dengan sensasi rasa dan aroma dari gabungan apel manis dan unsur peppermint khas, dengan adanya efek dingin yang tidak begitu kuat, namun memiliki elemen intensitas yang cukup baik pada akhirnya. Kadar menthol bawaan dari rokok ini, pada akhirnya sudah bisa mengimbangi efek hisapan yang menjadi bawaan dari Splash Gala secara umum, namun dengan penekanan rasa yang bahkan lebih halus dan lebih creamy, ketimbang Splash Royal yang masih menyisakan citarasa khas dari Sampoerna A secara umum. Sebuah sensasi dari rokok kretek yang menyerupai rokok putih pada akhirnya, dengan rasa khas gabungan dari gaya American Blend dan Sampoerna A, gaya rasa yang cukup baru pada akhirnya untuk sebuah kretek mild.

Untuk mengaktifkan fitur Gala Splash Sensation yang muncul dari kapsul berperisa, Anda bisa memposisikan bagian telunjuk dan jempol ke bagian yang sudah diberi penanda berwarna hijau


Lalu kemudian tekan dengan mendorong bagian jempol dan telunjuk, hingga bagian filter mulai melunak dan terasa bagian kapsulnya


Bila berhasil, maka akan terdengar bunyi 'klik' pada bagian kapsul yang berhasil terpecahkan dengan baik. Sangat disarankan untuk mengklik bagian filter berkapsul tersebut pada saat seperempat bakaran pertama


Pada saat kapsul berhasil terpecahkan dengan baik, sensasi rasa yang kemudian muncul pada saat bakaran berlangsung, yakni sensasi rasa apel hijau yang pada awalnya tidak begitu dingin, dengan elemen rasa apel yang cenderung manis khas dan renyah pada akhirnya, Pada saat bakaran kedua dan seterusnya, sensasi rasa mint khas dari peppermint dan spearmint mulai muncul dengan penekanan rasa apel dingin yang menyegarkan. Sensasi ini kemudian diimbangi dengan rasa khas dari vanilla yang menguatkan sensasi rasa manis khas aromatik yang menjadi gaya utama dari Splash Gala secara umum, yakni sensasi rasa apel hijau manis yang berimbang dengan sensasi mint bawaan dari rokok ini. 

Tampak bahwa sensasi aroma khas dari apel hijau manis, seakan-akan memiliki rasa yang cukup identik dengan buah aslinya (dalam artian, perisa identik alami yang digunakan sebagai agen aroma yang muncul, menjadi hal baik dari rokok ini), dengan penekanan rasa khas yang pada akhirnya, memiliki unsur kemewahan tersendiri. Sensasi ini kemudian berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Esse Change Applemint yang cenderung memiliki mint tajam pada akhirnya. Pada rokok ini, sensasi rasa apel segar terkesan berimbang dengan unsur mint bawaan, yang pada akhirnya menciptakan efek kesegaran yang baru dan unik. Meskipun kemudian sensasi ini bukanlah sensasi yang baru, akan tetapi kebaharuan dari segi rasa kemudian memunculkan sensasi rasa yang lebih baik, bahkan bila dibandingkan dengan A Mild Menthol Burst sekalipun. 

Tampak bahwa elemen rasa tembakau tidak tertutupi dengan penuh, pada saat proses klik berlangsung. Hal tersebut kemudian memunculkan perpaduan yang lebih berimbang, antara sensasi aroma dari apel dan mint, dengan elemen tembakau bawaan yang lebih baik, dan juga tidak berat sebelah. Splash Gala kemudian menawarkan unsur rasa yang berimbang, baik dari segi tembakau dan cengkeh bawaan, kapsul yang kemudian memunculkan aroma apel yang terkesan memiliki kebaharuan tersendiri, dengan elemen mint yang baik pada akhirnya. Model rasa khas yang kemudian memiliki kelebihan tersendiri, yang sepertinya diturunkan dari gaya khas pada konteks produk Marlboro Vista dengan rasa Apel. Adapun sensasi unik tersebut membuat saya nyaman pada akhirnya, dan bisa menikmatinya secara mumpuni.

Tampak bahwa pada saat dikeluarkan lewat hidung, memiliki aroma apel hijau yang segar dan berimbang dengan paduan peppermint khas. Efek tarikan kemudian memiliki intensitas yang lebih baik pada saat proses klik berlangsung, dengan elemen rasa yang kemudian berimbang dan tidak meninggalkan kesan kimiawi, lengkap dengan efek hisapan yang halus dan mudah untuk diuraikan. Efek throat hit dan harshness tampak tiada, meskipun hit dari bawaan menthol menjadi ciri khas utama yang menyiratkan pada gaya rasa dari A Mild Menthol Burst, namun dengan penekanan rasa apel yang segar nan khas. Adapun sensasi hisapan tidak menimbulkan rasa pahit pada saat proses klik berlangsung, yang pada akhirnya membuat gaya khas apel hijau yang dijual, seakan lebih baik ketimbang kompetitornya. 

Durasi bakar pada saat proses klik berlangsung, mencapai 10 hingga 12 menit, dengan angka rerata yang dicapai oleh rokok ini sekitar 11 menit lebih. Akan tetapi, pada dasarnya hal tersebut tergantung dengan situasi dan kondisi kala menghisap, faktor cuaca kala menghisap, dan faktor eksternal lain yang berkaitan dengan durasi bakar dari rokok ini. Aftertaste pada saat proses klik sudah berlangsung, yakni gabungan dari unsur rasa khas vanilla dan apel hijau manis yang terkesan intens, sensasi rasa mint yang tampak cukup tersusun dengan unsur dingin yang baik, dengan adanya gabungan aroma khas toasty nan bready dari penggunaan tembakau khas American Blend yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, dengan sedikit penekanan rasa khas dari aroma nutty bawaan dari tembakau berjenis Oriental.

Adapun kelemahan dari rokok ini kemudian memunculkan sensasi yang terkesan, memiliki intensitas rasa khas dari American Blend yang cukup asing bagi perokok SKM LTLN secara umum. Sensasi rasa yang muncul pada saat proses klik berlangsung, kemudian menimbulkan aroma yang pada akhirnya asing, dengan intensitas rasa bready dari American Blend yang lebih kuat pada akhirnya. Mungkin kalau rokok ini bisa dikatakan sebagai semi-rokok putih, ada benarnya. Namun mengingat produk ini mengusung sensasi rasa yang baru pada akhirnya, bagi saya tiada masalah untuk mencoba dan menikmati racikan terbaru yang ditawarkan oleh Splash Gala tersebut. 

Namun bila melihat sensasi rasa rokok ini secara keseluruhan, rokok ini menawarkan sensasi apel yang terkesan berbeda dengan apa yang ditawarkan dari model applemint secara umum. Model apel yang lebih berimbang dan lebih baik, pada akhirnya. Saya harus mengakui bahwa apa yang ditawarkan oleh Splash Gala kali ini, terkesan lebih baik, bahkan ketimbang Splash Royal sekalipun. Model apel segar yang berimbang dan pada kesempatan kali ini, tersampaikan dengan baik.

Untuk rasa sendiri, saya beri nilai 9.5 dari 10.

KESIMPULAN

Model rokok kapsul yang sebenarnya cukup unik pada akhirnya, dengan sensasi rasa mewah yang sangat superior untuk sebuah rokok dengan fitur kapsul klik, dan pada akhirnya memiliki unsur kebaharuan yang tidak bisa dianggap remeh pada akhirnya. Model tersebut kemudian menjadi penting, manakala kita bisa membandingkannya dengan kompetitor yang menawarkan rasa mint yang terlalu tajam pada akhirnya. Adapun kelebihan dari rokok ini tampak dari penggunaan sensasi rasa apel yang lebih nyata dan khas manisnya, namun kelemahan rokok ini tampak dari bagaimana sensasi rasa dari American Blend muncul dalam racikan rokok kretek mild, yang bagi sebagian orang menjadi sebuah kelemahan tersendiri, namun bisa menjadi kelebihan manakala Anda mencari rokok mild menthol dengan aksen manis yang tidak berlebihan, pada akhirnya.

Adapun rokok ini kemudian dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, dengan kanal penjualan utama yakni pada segmen minimarket. Rokok ini secara umum bisa ditemukan di Indomaret ataupun Alfamart, ataupun minimarket lain dengan harga yang tidak jauh beda dari harga jual yang disarankan, yakni Rp. 30.000,- per 16 batang. Namun bahwa mengingat rokok ini masih terhitung baru, dengan promosi yang kurang masif, menyebabkan stok rokok ini secara umum belum berada pada fase produksi berkelanjutan yang baik. Hal tersebut menyebabkan adanya kemungkinan stok yang Anda dapatkan, tidak terlalu baru pada akhirnya. Dan untuk penjualan di gross trade semisal toko kelontong ataupun warung, mungkin menunggu waktu saja. Layaknya A Splash Royal yang baru bisa ditemukan pada gross trade terhitung lebih dari 3 bulan sejak tanggal peluncurannya, harap bersabar manakala Anda ingin mendapatkannya secara lebih merata.

Nilai rerata yang kemudian didapatkan oleh rokok ini, mencapai 8.66 dari 10. Artinya bahwa kemasan dan rasa rokok ini menjadi daya tarik utama yang dijual oleh rokok ini, sedangkan kelemahan utama yakni terletak pada harganya yang kurang terjangkau bagi sebagian kalangan. Meskipun memang rokok ini memiliki nilai jual yang jauh dibawah rara-rata rokok SKM berisikan 16 batang, yang dijual pada rentang harga 33.000 hingga 36.000 per 16 batang.

Apa saya merekomendasikannya? Iya, dengan catatan Anda memang mencari rokok mild kretek dengan rasa manis yang khas segar namun tidak berlebihan, berikut dengan sensasi dingin yang pada akhirnya terhitung halus namun tetap kuat. Bila tidak? Bagi saya tiada salahnya untuk mencoba.

Review rokok ini bukanlah menjadi opsi utama kala Anda ingin membeli rokok. Ingat! bahwa Anda yang berhak memutuskan apa Anda memang ingin mengambil sebuah rokok ataupun tidak. Pilihan ada di tangan Anda, dan bukan dari saya yang menuliskan review rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar