Selamat sore,
Sudah satu bulan lebih saya menghabiskan waktu untuk istirahat, menjadi waktu yang sekiranya perlu untuk dilakukan. Mengingat bahwa tidak mungkin saya melakukan hal terkait dengan mengulas produk tembakau berupa rokok secara intens. Hal tersebut mungkin menjadi satu kerumitan tersendiri, mengingat bahwa pada dasarnya mengulas produk tembakau, memerlukan paduan sensori yang sekiranya mumpuni dan tidak cepat lelah. Namun, apabila rangsangan sensori yang kemudian muncul, memiliki intensitas yang sangat besar, maka hal tersebut kemudian membuat saya merasa lelah. Pengantar kali ini sedikit menyiratkan, bahwa penulisan terkait dengan produk rokok, tidaklah mudah. Oleh karena itu, terhitung dua minggu yang lalu, saya membuka akun QRIS untuk mempermudah manakala Anda ingin menyumbangkan sedikit uang yang Anda miliki, untuk membantu agar proyek ini tetap berlangsung. Harap maklum.
Ulasan yang akan saya buat pada kali ini, sebenarnya merupakan produk yang sudah diluncurkan sejak akhir bulan Juni 2024 lalu, namun dikarenakan adanya kendala dalam diri saya pribadi, maka saya baru bisa mengulasnya pada hari ini (19 Agustus 2024). Produk yang kemudian akan saya ulas, yakni Sampoerna A Splash Gala, atau secara singkat bisa disebut sebagai Splash Gala, atau A Splash Gala, bahkan bisa juga disebut sebagai Splash Hijau. Produk ini terhitung hadir di pasaran pada akhir Juni 2024 lalu, dengan wilayah penjualan yakni nasional; dan produk ini kemudian hadir hanya pada kanal penjualan utama yakni minimarket saja. Adapun A Splash Gala sendiri, merupakan produk SKM LTLN Regular pertama (dalam fitur kapsul tunggal), yang menggabungkan sensasi rasa manis khas dari Apel Hijau dan sensasi dingin segar dari rasa Peppermint khas.
Bila kita mengecek pada ulasan yang sudah beredar di YouTube, produk ini seringkali dianggap memiliki citarasa khas lemon-lime dingin. Namun hal tersebut nyatanya dapat dianggap sebagai sebuah hasil dari kekeliruan perokok awam, yang menganggap bahwa sensasi rasa manis tersebut memiliki rasa khas lemon-lime, yang sepertinya muncul karena produk ini tidak menjual rasa Apel Manis secara harfiah. Produk ini kemudian pada akhirnya, secara jelas memiliki sensasi rasa khas yang tentunya agak berbeda dengan sensasi rasa apel pada rokok SKM LTLN secara umum. Bila umumnya sensasi rasa apel segar tersebut muncul dengan rasa mint yang sangat tajam (layaknya pada produk Esse Change Applemint); pada kasus produk Splash Gala, sensasi rasa mint kemudian disusun secara sedemikian rupa dengan tetap mengedepankan keseimbangan rasa dingin dan buah, dengan tetap menjual rasa Apel hijau manis yang sudah melegenda pada perokok kapsul, namun pada akhirnya memiliki intensitas rasa yang lebih berimbang (bila dibandingkan dengan kapsul khas dari KT&G yang mengedepankan sensasi rasa apel manis dengan rasa dingin tajam).
Produk ini, kemudian hadir sebagai pengembangan pada fase ketiga dari lini Sampoerna A Splash itu sendiri; yakni pada produk Splash Gala, kemudian memiliki rasa bawaan sudah dilengkapi dengan rasa mint yang halus dan sedikit adanya rasa khas dari rasa utama buah. Layaknya A Splash Royal yang sudah diluncurkan pada tahun lalu (2023), produk ini pada dasarnya memiliki keserupaan dari segi fitur utama yang ingin dijual. Yakni, pada saat sebelum proses klik kapsul, rasa bawaan yang dimiliki merupakan gabungan dari menthol dengan intensitas rendah, dan dipadukan dengan sensasi rasa buah yang tidak begitu tegas. Namun pada saat posisi kapsul sudah diklik, maka sensasi rasa bawaan menjadi lebih tegas, dan juga lebih matang pada akhirnya.
Hal tersebut kemudian menunjukkan bahwa pengembangan pada sensasi lini rasa A Splash, kemudian terkesan lebih matang bila dibandingkan pada saat awal peluncuran lini tersebut dimulai, yakni pada tahun 2019. Sensasi rasa kemudian menjadi lebih tegas dan lebih berwarna (bila dibandingkan dengan dua lini awal yang ditawarkan, yakni Splash Tropical dengan rasa semangka dan Splash Sunny dengan rasa lemon, namun rasa bawaan pada saat sebelum diklik, kurang begitu tegas), itulah yang kemudian menjadi semangat utama dari bagaimana seharusnya lini A Splash kemudian menjual dirinya, dengan keunikan rasa yang tentunya, tidak bisa dianggap remeh.
Baiklah, itu sedikit pengantar bagaimana produk ini harus dimaknai, dengan tentunya mengedepankan pada sensasi rasa khas yang unik dan mewah, pada saat proses klik berlangsung. Langsung saja kita coba ulas rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Produk ini kemudian memiliki posisi harga yang terhituntg cukup terjangkau untuk ukuran golongan I berisi 16 batang, yakni rokok ini dijual pada harga Rp. 30.000,- untuk isi 16 batang (cukai golongan I yang diterapkan, memiliki nilai pita cukai sebesar Rp. 36.175,- untuk kuantitas 16 batang).
Agaknya, bahwa nilai jual dari rokok ini memiliki selisih yang cukup jauh dengan harga pita cukai, yang menandakan bahwa rokok ini masih mendapat perlakuan subsidi silang dari segi pelunasan pita cukai, yang secara umum diterapkan pada rokok golongan I. Tentu bahwa bila berbicara harga 30.000 per bungkus, rokok ini memiliki harga yang di bawah rata-rata, pada akhirnya. Ya, anggap saja bahwa apa yang ditawarkan A Splash Gala kali ini, memiliki harga jual yang terjangkau (meskipun bahwa selisih harga lebih mahal pada Alfamart ataupun kanal minimarket lainnya, menandakan bahwa harga 30.000 secara bulat, hanya bisa diterapkan pada Indomaret saja).
Untuk harga sendiri, saya beri nilai 7 dari 10.
Kemudian kita coba ulas kemasan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan
Kemasan rokok ini memiliki warna dasar gabungan dari putih, abu-abu, hijau muda dan hijau tua, dan hitam. Bagian depan kemasan memiliki pola dasar dot yang menandakan bahwa rokok ini memiliki fitur rasa kapsul, dengan adanya warna dasar pada pola dot yang dilengkapi emboss, berwarna abu-abu. Pada tulisan logo SAMPOERNA, kemudian memiliki warna logo hitam, dengan adanya elemen emboss halus pada tulisan SAMPOERNA. Pada bagian utama logo, kemudian terdapat sebuah pola yang diturunkan dari batik tiga tangan khas Sampoerna yang sudah mengalami proses modernisasi, dengan adanya gabungan dari beberapa panah dan titik, melambangkan bahwa rokok ini masuk ke dalam lini Sampoerna A secara umum.
Pola batik khas Sampoerna A tersebut kemudian memiliki warna dasar abu-abu, dengan adanya efek emboss khas, menandakan bahwa semangat khas tradisi yang diiikuti dengan adanya perubahan dari Sampoerna A, juga terasa pada rokok ini. Pada bagian utama logo "A" yang diturunkan dari nama besar Aga Sampoerna, kemudian menggunakan warna logo yakni putih, dengan bagian kotak merupakan gabungan dari warna hijau muda di bagian kiri atas dan kanan bawah, dengan adanya warna utama kotak yakni hijau tua.
Pada bagian tulisan SPLASH, kemudian menggunakan model font khas modern yang menegaskan bahwa rokok ini memiliki fitur kapsul sebagai nilai jual utama. Dilengkapi juga dengan efek percikan cat khas A Splash yang menggabungkan warna dasar hijau muda dan tua, dengan warna biru tua, dengan elemen percikan yang terkesan berani dan tegas. Pada bagian kiri kemasan, terdapat penanda kapsul yang bertuliskan GALA SENSATION, dengan warna kapsul hijau, penanda varian yakni GALA dengan warna hitam, dan penanda kuantitas yakni 16 batang. Secara umum bahwa kemasan depan pada rokok ini, memiliki kesamaan dengan lini A Splash secara umum.
Bagian belakang kemasan kemudian terdapat penanda deskripsi yang memiliki keseragaman dengan lini A Splash secara umum, yakni terdapat logo A, yang dilengkapi dengan outline berwarna abu-abu, dan efek percikan khas dari lini A Splash secara umum. Pada bagian belakang kemasan, kemudian terdapat deskripsi yang menjelaskan bagaimana fitur Gala Splash Sensation yang menyegarkan, dapat diaktifkan dengan mengklik bagian kapsul berperisa (flavored capsule). Terdapat kemudian penegasan pada bagian FLAVORED CAPSULE berwarna abu-abu, dan adanya logo GALA SENSATION, dengan warna kapsul yakni hijau.
Bagian samping kanan kemasan, terdapat penanda golongan cukai, yakni SKM, larangan jual dan barcode, dalam latar lanjutan dari bagian depan dan belakang, yakni adanya pola dot emboss dan efek percikan cat khas dari lini A Splash. Bagian samping kiri kemasan, kemudian terdapat penanda 16 LASERMILD (R) KRETEK, yakni terdapat fitur bagian tipping paper yang dilengkapi dengan adanya perforasi laser khusus, untuk menciptakan sensasi rasa kretek yang lebih ringan dan halus. Diikuti dengan adanya penanda kadar tar dan nikotin (12 mg Tar dan 0.8 mg Nikotin, secara impact memiliki efek rasa yang halus dengan penekanan rasa hisapan yang cukup enteng, khas lini A Splash secara umum). Bagian atas terdapat logo A dengan warna gradasi hijau tua dan muda, dengan adanya efek dot khas. Dan bagian bawah terdapat logo A dalam latar hijau muda, penanda produsen (PT HM Sampoerna Tbk., Surabaya), dan adanya kode produksi.
Kode produksi yang saya dapatkan pada kesempatan kali ini, yakni 28 Mei 2024, artinya bahwa usia segar rokok ini sudah berada pada rentang yang sebenarnya masih terhitung sebagai stok yang layak untuk dikonsumsi. Namun bahwa memang, rokok ini sebenarnya saya dapatkan, terhitung sudah dua bulan lebih, yang artinya masih ada waktu sisa masa segar, hingga 2 bulan dari Agustus 2024. Cukup segar intinya, namun bukan dalam arti bahwa rokok ini baru saja diproduksi.
Rokok ini pada akhirnya memiliki kemasan yang terhitung baik dan mewah, namun bahwa ada kemungkinan rokok ini menyerupai secara silang dengan elemen kemasan pada A Mild Menthol Burst, ada benarnya, mengingat bahwa rokok ini sama-sama menggunakan kemasan berwarna hijau. Besar kemungkinan bahwa rokok ini kemudian diproduksi dengan tujuan untuk menggaet konsumen A Mild Menthol, yang menginginkan harga lebih murah pada akhirnya. Tentu bahwa model kemasan pada rokok ini serupa dengan model yang ditawarkan A Splash secara umum, menarik dan menjual.
Untuk kemasan sendiri, saya beri nilai 9.5 dari 10.
Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya untuk melihat bagian dalam kemasan
0 Komentar