Selamat siang,
Pembuka tulisan kali ini sekiranya menyiratkan bahwa kondisi pada saat ini sangat panas, bahkan hingga menyentuh kulit dari berbagai kepala yang hidup. Adapun memang, bahwa perlakuan yang dapat dianggap sebagai sebuah bentuk ketidakadilan, mulai muncul sebagaimana hari ini, yang tidak sehat bagi perkembangan dari sosial maupun budaya. Perlawanan memang kadang seringkali memicu dari apa yang sebelumnya dianggap sebagai hal yang biasa saja, menjadi hal yang kemudian memanaskan situasi dan kondisi. Aforisme kali ini, pada dasarnya merupakan respons saya akan apa yang terjadi pada hari ini. Harap maklum, apabila saya tidak menuliskannya secara terus terang.
Ulasan kali ini pada dasarnya akan membahas terkait dengan upgrade terbaru, yang kemudian membuat saya menahan untuk mengulas produk ini secara penuh. Fitur terpenting yang kemudian hadir pada kesempatan kali ini, merupakan fitur esensi rasa yang sudah dikenal sejak lama, sebagai produk yang bisa menghantarkan sensasi dingin lebih optimum dan juga, menyiratkan adanya kesegaran yang lebih kuat, bila dibandingkan dengan produk sebelumnya. Produk ini kemudian dapat dinamakan sebagai Dunhill Menthol With Hokkaido Mint, bisa juga kemudian disebut sebagai Dunhill Menthol (bila mengacu kepada penyebutan secara umum akan produk ini), bisa juga disebut sebagai Dunhill Menthol Lights, bisa juga kemudian disebut sebagai Dunhill Hokkaido Mint, bahkan kalau mengacu ke penggunaan Hokkaido Mint, maka bisa juga disebut sebagai Dunhill Kool. Adapun produk ini kemudian baru saja diluncurkan pada pertengahan bulan Agustus 2024 ini, dengan estimasi produksi dari rokok ini, berada pada akhir bulan Juli 2024 lalu.
Fitur Hokkaido Mint, pada dasarnya bukanlah sebuah fitur yang baru untuk skala internasional, namun untuk pertama kalinya, implementasi dari esensi rasa Hokkaido Mint yang memiliki intensitas dingin yang intens dan khas, kemudian diterapkan secara penuh di Indonesia. Produk ini merupakan pengembangan dari fitur khas dari pemimpin pasar rokok menthol di Jepang, yang kemudian kita bisa juga sebut sebagai Kool saja. Pada tahun 2019, produk Kool mendapatkan sebuah treatment upgrade rasa yang kemudian menjadi penting dalam menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar pada rokok menthol. Treatment upgrade yang kemudian dicoba pada waktu itu, menggabungkan sensasi rasa dingin dari menthol yang memiliki kerenyahan tersendiri khas BAT, dengan sensasi oily dan minty dominan dari penggunaan minyak dari ekstrak mint yang ditanam di wilayah Hokkaido, Jepang. Tentu bahwa kemudian implementasi fitur Hokkaido Mint tersebut, mulai memiliki pasarnya tersendiri di wilayah Asia, dengan peluncuran model serupa pada produk Viceroy ataupun Rothmans, yang bergulir sejak akhir tahun 2022 lalu, semisal saja pada produk Viceroy di wilayah Singapura, dan Rothmans di wilayah Malaysia.
Fitur yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri, memungkinkan adanya sensasi rasa menthol bawaan yang jauh lebih intens dan memiliki daya tarik yang tidak bisa dianggap remeh, mengingat bahwa esensi dari mint yang ditanam di wilayah Hokkaido, memiliki keunikan rasa minty yang jauh lebih balance, namun tetap mengusung sensasi rasa dingin yang tetap optimum dan alamiah. Harapan utama yang kemudian ingin dicapai dari lini Hokkaido Mint, perokok dewasa bisa mendapatkan senasi rasa dingin yang tidak terlalu menyengat, namun tetap memiliki intensitas dingin yang kuat, namun tetap seimbang dengan racikan bawaan yang sudah didesain sedemikian rupa.
Terhitung tahun 2024 ini, fitur rasa khas dari Hokkaido Mint, kemudian bisa ditemukan di Indonesia dalam bentuk produk terkini dari Dunhill. Yakni Dunhill Menthol dengan tambahan esensi dari Hokkaido Mint. Adapun fitur ini sebenarnya secara mudah dapat diaplikasikan pada produk tersebut, mengingat bahwa BAT Indonesia dapat dianggap sebagai sentra produksi dan diekspor pada beberapa wilayah yang sebelumnya sudah menjual model serupa. Orientasi utama yang berbasis ekspor, kemudian memudahkan implementasi fitur tersebut pada kasus Dunhill Menthol saat ini, tanpa harus melakukan pengembangan produk tersebut terhitung dari nol (0).
Baiklah, itu sedikit pengantar terkait bagaimana produk ini bisa dimaknai secara penuh. Mari kita mulai ulasan produk ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga produk ini, bisa didapatkan dengan harga Rp. 29.500,- untuk kuantitas 20 batang (pita cukai golongan II sebesar Rp. 29.725,- untuk isi 20 batang). Adapun produk ini kemudian memiliki nilai value yang masih bisa dianggap (sedikit) lebih terjangkau bila dibandingkan dengan kompetitornya, semisal Marlboro Ice Burst yang memiliki harga diatas 47.000 dan Camel Connect Activate Menthol, yang memiliki harga 32.000 per bungkus.
Cukup terjangkau untuk sebuah rokok berisikan 20 batang, dan meskipun menyandang merek premium, harga rokok ini masih bisa dianggap cukup terjangkau, meskipun sudah dalam kategori yang mahal.
Untuk harga sendiri, saya beri nilai 7.5 dari 10.
Kemudian kita coba lihat kemasannya secara saksama untuk mengkajinya secara penuh
0 Komentar