Forte Extra Breeze Menthol, SPM Extra Lights Dengan Keunggulan Fresh Taste dan Tobacco Wrapped

Selamat sore,

Ada kalanya saya harus mengambil rehat sejenak atas permainan Dunia ini. Beberapa diantaranya ialah, ketika seseorang terjebak dalam permainan Dunia, maka pada akhirnya seseorang tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik. Layaknya saya, saya sebenarnya terjebak dengan permainan Dunia yang membuat saya tidak bisa melakukan review terkait dengan rokok. Harap maklum.

Review yang saya buat kali ini ialah Forte Extra Breeze Menthol. Atau Anda cukup menyebutnya sebagai Forte Breeze Menthol. Produk ini sejatinya memiliki kesamaan dengan Forte Extra Breeze yang sudah saya review sebelumnya, yakni Extra Lights, menggunakan Tobacco Wrapped, dan ukuran yang cenderung mini. Hanya saja, perbedaan yang jelas diantaranya ialah, pada Forte Extra Breeze Menthol tidak menggunakan Charcoal Filter pada lapisan filter-nya.

Saya tidak akan panjang lebar membuat review kali ini, dikarenakan saya tidak punya banyak waktu untuk menjabarkan produk ini secara mendalam. Langsung saja kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini, saya membelinya dengan harga Rp. 15.100 (atau cukup dibulatkan dalam nominal 15.000, cukai 15.000) dengan kuantitas isi sebesar 20 batang. Terhitung sangat terjangkau untuk hitungan rokok SPM. Untuk harga sendiri, saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna hijau muda, hitam, orange, dan putih. Pada bagian depan dan belakang kemasan, terdapat latar warna dari kemasan berwarna hijau muda. Emblem yang menyertai logo Forte menggunakan strokes berwarna orange muda. Latar utama dari emblem ini menggunakan warna hitam. Pada bagian dalam emblem, terdapat garis sebanyak sembilan buah dengan warna putih, dan posisi melingkari setengah dari tulisan 20. Dibawah tulisan 20, terdapat garis berwarna orange tua, dan tulisan FRESH TASTE, dan diikuti kembali dengan garis berwarna sama, namun lebih panjang. Dibawah garis orange tua, terdapat tulisan FORTE memiliki emboss halus, dengan adanya strokes tulisan berwarna orange tua, dan warna tulisan yakni orange muda. Dibawah tulisan FORTE, terdapat tulisan EXTRA BREEZE MENTHOL.

Bagian samping kanan atas terdapat tulisan MENTHOL CIGARETTES, dengan adanya pemisah berupa lingkaran yang melingkari tulisan 20. Bagian bawah, terdapat tulisan Tobacco-Wrapped Filter Cigarettes yang menandakan penggunaan Reconstituted Tobacco Paper pada wrap rokok ini, dan Fresh Menthol Sensation yang menandakan bahwa rokok ini merupakan rokok Menthol. Di samping kiri terdapat larangan jual dan jenis rokok ini yakni SPM. Bagian atas terdapat tulisan FORTE EXTRA BREEZE MENTHOL, dan dibagian bawah merupakan kode produksi. Produk ini diproduksi oleh PT Intertobacco Utama Industry, salah satu anak perusahaan dari Djarum Group. Terdapat tulisan In Association with Forte Fortezza, yang merupakan perusahaan fiktif. Melihat kemasan rokok ini terhitung menarik, dan terbilang sebagai kemasan simpel namun menjual. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.75 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama



Pada bagian inner frame dari rokok ini, menggunakan warna hijau tua dan memiliki kesamaan dengan rokok umumnya. Bagian foil terdapat elemen abstrak berdasarkan motif khas dari Forte. Warna foil ialah silver, dan memiliki tekstur emboss. Saya sengaja tidak membuka foil pada rokok ini, dikarenakan kekuatan umumnya rokok menthol berada pada foil-nya.

Susunan batang rokok ini ialah 7 di depan, 6 di tengah, dan 7 di belakang, dengan kuantitas rokok ini sebanyak 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama



Batang rokok ini memiliki diameter sebesar 70mm, dengan kemungkinan diameter berada pada kisaran dibawah 20mm. Batang rokok ini menggunakan Tobacco wrap pada bagian burning paper, dengan bahan utama yakni Reconstituted Tobacco Paper, atau kertas Recon. Pada bagian tipping paper, tulisan FORTE menggunakan warna coklat tua, dengan dasar tipping paper yakni hijau muda. Perforasi laser yang digunakan pada rokok ini sebesar dua baris, dengan model perforasi berupa strip dan memiliki jarak berdekatan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan memiliki rasa menthol yang cukup kuat dan sedikit memiliki sensasi gurih. Namun ketika dibakar, sensasi rokok ini seakan memiliki rasa yang kuat dan berani, namun cenderung pas. Bila dibandingkan dengan Forte Menthol Original, rasa menthol ini seakan terkesan lebih baik, hal ini dikarenakan rokok ini hanya memiliki kadar tar sebesar 7mg. Seakan terkesan dingin, meskipun bila dibandingkan dengan Marlboro Black Menthol, kadar menthol rokok ini paling maksimum berada di tingkat 60-70%. Cukup membuat lidah sedikit membeku, dan seakan rokok ini memiliki sensasi peppermint menthol yang terasa. Intensitas menthol pada rokok ini terbilang baik, dan bisa memuaskan konsumen rokok menthol secara umum. Dalam artian, bila Anda merasa Forte Menthol Original terlalu kuat, maka pada rokok ini seakan lebih baik namun lebih pas.

Blend rokok ini ialah American Blend, dengan dominan adanya sedikit rasa manis dari Tembakau Virginia, ada sensasi toasted dari Tembakau Burley, dan cukup nutty dari Tembakau Oriental. Cukup earthy buat sebuah rokok menthol dan balance secara blend. Hal ini dikarenakan penambahan Reconstituted Tobacco Paper pada wrap rokok ini. Meskipun rokok ini sangat dominan dengan penggunaan expanded tobacco dan tembakau recon, akan tetapi bisa menghasilkan rasa rokok yang balance. Bila dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan memiliki aroma segar dari menthol dan sensasi aroma khas tembakau dalam kadar menengah. Tarikan terhitung halus namun kuat akan sensasi dingin dari menthol. Harshness terhitung hampir tidak ada, dikarenakan adanya penggunaan menthol sebagai bahan yang mengurangi efek harsh. Throat hit bisa dikatakan halus, dan tanpa ada sensasi menusuk dan membuat tenggorokan tidak nyaman.

Durasi bakar dari rokok ini ialah 4-5 menit, dalam artian durasi bakar rokok ini terbilang sangat singkat. Aftertaste dari rokok ini ialah sensasi menthol yang cenderung intens dan dingin, sensasi nutty cukup terasa, dan sensasi sedikit manis di tenggorokan. Adapun kelemahan dari rokok ini ialah, durasi bakar yang singkat, serta sensasi ketika menghisap batang kedua dan seterusnya, maka cenderung mulai berkurang tingkat dinginnya. Hal ini bisa diantisipasi dengan cara memberi jeda waktu cukup lama setelah merokok batang pertama. Chemical taste tidak terasa, dan bakaran terhitung baik. Saya cukup menyukainya, dan merasa pas dengan rokok ini. Untuk rasa, saya beri nilai 9.05 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan sensasi menthol terbilang segar dan pas, rasa yang terkesan improved dibandingkan dengan Forte Menthol Original, dan juga kaya akan unsur tembakau merupakan kelebihan dari rokok ini. Kelemahan rokok ini cukup simpel, yakni durasi sangat singkat dan adanya penurunan intensitas menthol ketika menghisap batang kedua dan seterusnya. Hal ini bisa diantisipasi, dengan cara yang saya sebutkan diatas. Untuk distribusi rokok ini, sudah beredar di Indomaret, Alfamart, Familymart, ataupun modern trade lainnya. Saya agak menyangsikan bila masuk ke traditional trade, mengingat kadar rokok ini terhitung rendah. Overall, saya memberi nilai rokok ini 8.86 dari 10. Artinya, rokok ini menang pada harga dan rasa, namun untuk kemasan terhitung dibawah dua variabel tersebut. Saya merekomendasikan bagi Anda yang membutuhkan waktu cepat dan memerlukan sensasi menthol lebih baik, dan juga bagi Anda yang suka dengan rokok berjenis menthol lights namun kurang memiliki budget lebih.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokokhubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.