Forte Extra Breeze, SPM Extra Lights Dengan Keunggulan Charcoal Filter dan Tobacco Wrapped

Selamat sore,

Sudah lama saya tidak menuliskan berbagai review rokok yang ada di Indonesia. Hal ini terjadi dikarenakan kondisi saya pada masa lampau tidak memungkinkan untuk mereview rokok. Saat masa lampau, sebenarnya kondisi saya sangat tidak stabil, dan juga saya merasa banyak tekanan terjadi pada diri saya. Harap maklum.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mereview satu produk yang sekiranya baru masuk pasaran Indonesia terhitung pada minggu lalu. Yakni Forte Extra Breeze. Forte Extra Breeze sekiranya merupakan produk Extra Lights pertama yang menggunakan Tobacco-wrapped paper (atau sekiranya sering saya sebut sebagai Reconstituted Tobacco Sheet). Produk ini sekiranya merupakan pesaing terdekat dari Mevius Sky Blue, dimana keunggulan dari rokok ini hampir sama dengan produk tersebut, namun bedanya terletak pada ukuran dan kertas rokoknya. Varian ini sebenarnya sudah masuk pasar Jepang, namun dengan nama berbeda, yakni Forte Extra Lights.

Saya pada saat ini tidak sempat membuat analisis dari produk ini, dikarenakan saya harus mengejar waktu agar bisa efisien dan untuk pembaca, merasa lebih nyaman ketika membaca postingan review kali ini. 

Langsung saja, kita mulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli sekitar Rp. 15.100 (atau bila dibulatkan menjadi 15.000, cukai 15.000) dengan kuantitas isi sebesar 20 batang. Terhitung sangat terjangkau untuk sebuah rokok putih dengan keunggulan lebih banyak. Untuk harga saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar kuning muda, hitam, orange muda, dan putih. Bagian depan dan belakang, terdapat latar berwarna kuning muda yang cenderung polos. Terdapat elemen emblem berwarna hitam, dengan adanya strokes berwarna orange muda. Bagian atas dalam dari emblem, terdapat garis sebanyak 9 buah yang melingkupi tulisan 20. Dibawah bagian tulisan 20, terdapat garis berwarna orange tua dengan dibawahnya tertulis CHARCOAL FILTER, dan dibawahnya terdapat garis dengan ukuran lebih panjang dibandingkan dengan bagian atas. Terdapat tulisan FORTE yang menggunakan font sans serif, dan memiliki warna orange muda, disertai strokes berwarna orange tua. Di bawah tulisan FORTE, terdapat tulisan EXTRA BREEZE, yang juga bisa dimaknai sebagai Extra Lights.

Bagian samping kanan terdapat tulisan 20, dan terdapat tulisan FILTER dan CIGARETTES, disertai adanya pemisah lingkaran dan cenderung membentuk lingkaran. Di bawah tulisan, terdapat elemen grafis berupa daun tembakau dan filter charcoal. Di bagian samping kanan dari grafis tembakau, terdapat tulisan Tobacco-Wrapped Filter Cigarettes dan di bagian samping logo filter, terdapat fitur utama dari Forte yakni Charcoal Filters. Di bagian bawah terdapat kadar tar serta nikotin dari rokok ini. Bagian samping kiri terdapat larangan jual dan jenis rokok ini, yakni SPM. Bagian atas terdapat tulisan FORTE dan EXTRA BREEZE, dan bagian bawah terdapat tulisan perusahaan rokok ini, yakni PT Intertobacco Utama Industry, atau disingkat saja sebagai PT I.U.I. PT I.U.I sendiri merupakan anak perusahaan dari Djarum Group. Terdapat tulisan In Association With Forte Fortezza sebagai perusahaan fiktif dari rokok ini. Saya merasa, rokok ini memiliki kesamaan dengan Forte versi sebelumnya. Untuk kemasan saya beri nilai 8.75 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian dalam dari foil rokok ini, memiliki persamaan dengan Forte produksi 2018 akhir hingga saat ini, yakni sekumpulan shape abstrak yang melingkupi satu foil, dengan adanya tulisan FORTE, dan dilengkapi dengan efek emboss. Warna foil ialah silver. dan bagian inner frame berwarna kuning.

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Bagian batang terdapat warna kuning, yang kemungkinan besar memiliki adanya mispersepsi bahwa rokok ini memiliki rasa buah lemon. Susunan batang dari rokok ini ialah 7 di depan, 6 di tengah, dan 7 di belakang, dengan kuantitas sebesar 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 70mm, dengan diamter memiliki kemungkinan dibawah 20mm. Pada foto diatas, wrap dari rokok ini ialah Reconstituted Tobacco Paper, yakni kertas khusus yang dibuat dari tembakau. Bagian tipping paper memiliki warna kuning, dengan adanya tulisan FORTE berwarna hitam. Pada rokok ini, memiliki perforasi laser sebesar dua baris, dengan adanya bentuk strip, dan memiliki jarak yang cukup dekat.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini cenderung memiliki sensasi rasa gurih khas tembakau, dan cenderung hambar. Namun ketika dibakar, rasa rokok ini memiliki sensasi gurih yang cenderung meningkat, dan sedikit pahit. Hal ini dikarenakan Forte sendiri memiliki blend yakni American Blend. Cenderung memiliki taste yang kental dengan sensasi tembakau yang kaya, dan memiliki tingkatan a hint of sweetness yang cenderung sedikit kental. Karakter cocoa cukup tergambar pada rokok ini, dengan adanya sedikit sensasi vanilla. Cenderung kurang begitu warming bila dibandingkan dengan Forte Original, dikarenakan kandungan Expanded Tobacco serta Tembakau Recon yang kuat. 

Blend dari rokok ini terhitung cukup balanced dan memiliki earthy yang sangat kuat. Tembakau Virginia masih mendominasi dalam blend rokok ini, dengan adanya karakter Burley Toasted yang seakan menambah kenikmatan dari rokok ini, dan sedikit sentuhan Tembakau Oriental yang membuat rasa rokok ini menjadi lebih terkesan nutty. Karakter earthy pada rokok ini sangat kuat, dikarenakan rokok ini menggunakan Reconstituted Tobacco Wrapped sebagai kertas pada rokok ini. Sensasi halus cukup terasa, meskipun rokok ini seakan lebih kuat dibandingkan rokok dibawah 8mg umumnya. Hal ini dikarenakan adanya Charcoal Filter sebagai filtrasi utama dari rokok ini. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan memiliki aroma tembakau yang kaya, dan kuat. Meskipun begitu, aroma rokok ini seakan lebih lembut bila dibandingkan dengan Forte Original. 

Tarikan seakan terkesan cukup mantap, meskipun rokok ini hanya memiliki kadar sebesar 7mg. Hal ini dikarenakan adanya unsur Tobacco Wrapped pada rokok ini. Harshness terkesan cukup baik dan minim, sehingga bisa diterima oleh banyak masyarakat. Cenderung lebih soft di tenggorokan, meskipun hisapan rokok ini terkesan kuat. Throat hit sekilas terkesan lebih halus, dengan sensasi sedikit gatal namun bukanlah sebuah masalah berarti. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 4-5 menit, tergantung bagaimana cara Anda menghisapnya. Aftertaste dari rokok ini cenderung kuat akan sensasi nutty, dan adanya sedikit sensasi manis yang terasa di tenggorokan dan rongga mulut.

Kelemahan rokok ini ialah terletak pada durasinya yang cenderung singkat, dan seakan rokok ini memiliki sensasi artifisial pada blend dari rokok ini. Hal ini dikarenakan rokok ini hanya sedikit menggunakan Tembakau Asli yang tidak diproses, cenderung kuat akan penggunaan Expanded Tobacco dan Recon. Masalah pada tipping paper tidak terasa pada rokok ini. Saya merasa rokok ini cenderung cocok bagi Anda yang membutuhkan waktu sangat cepat, terutama pekerja muda. Akan tetapi, bagi sebagian orang akan merasa kurang begitu cocok dengan rasa rokok ini. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.85 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan sensasi lebih kuat bila dibandingkan dengan rokok SPM Lights umumnya, rasa yang cenderung cukup otentik, dan aftertaste yang terkesan baik, membuat rokok ini seakan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan durasi lebih cepat dan rasa lebih ringan. Namun kelemahan dari rokok ini ialah durasi bakar sangat cepat, dan seakan tidak cocok bagi sebagian orang. Untuk distribusi sendiri, rokok ini sudah tersedia di Modern Trade semisal Alfamart, Indomaret, ataupun Familymart. Saya kurang tahu juga apakah rokok ini sudah tersedia di Traditional Trade. Overall, saya memberikan nilai rokok ini 8.8 dari 10. Artinya rasa dan kemasan terhitung baik, dan juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Hanya saja, bila Anda menginginkan sensasi bakar lebih lama, jangan harap Anda bisa mendapatkannya pada rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.