Esse Change Double, Inovasi Rokok 4 in 1 Pertama di Indonesia Dengan Fitur Double Capsule

Selamat sore,

Hari ini merupakan hari yang menurut admin sangat spesial. Bukan tanpa alasan, pada hari ini admin mendapatkan satu barang yang terhitung spesial. Pada konteks ini, akhirnya admin bisa mendapatkan produk dengan novelty paling sensasional di Indonesia. Harap maklum, hari ini merupakan hari keberuntungan saya.

Pada kesempatan kali ini, saya selaku admin akan mencoba mengulas satu produk rokok yang sekiranya baru resmi dijual secara pasaran. Yakni Esse Change Double. Adapun perbedaan dengan rokok umumnya ialah, terdapat dua jenis kapsul dengan rasa berbeda. Kapsul yang ditawarkan oleh rokok ini terdapat dua jenis, dan memiliki posisi berbeda. Kapsul pertama ialah Mangoburst dan kapsul kedua ialah Applecrush. 

Adapun alasan mengapa rokok ini bisa diluncurkan, saya coba jabarkan dengan beberapa kemungkinan yang ada. Diantaranya sebagaimana berikut:
  1. Esse Change Double merupakan produk rokok pertama di Indonesia dengan fitur yang sangat berbeda dengan kompetitor pada segmen yang sama. Yakni double capsule, dengan adanya empat kemungkinan yang ditawarkan oleh rokok ini. Kemungkinan pertama ialah menghisap tanpa menghancurkan kapsul, maka rokok ini memiliki rasa dasar anggur. Kemungkinan kedua ialah menghancurkan kapsul pertama, dengan rasa mangga kuat disertai adanya mint tipis. Kemungkinan ketiga ialah bila hanya menghancurkan kapsul kedua, maka rasa yang ditawarkan ialah Apel dengan adanya mint cukup kuat, layaknya Esse Change Applemint. Dan kemungkinan keempat ialah menghancurkan semua kapsul, maka terciptalah perpaduan rasa unik dengan unsur mint kuat. Produk ini saya duga sudah dikembangkan sekitar 2-3 tahun yang lalu. Namun timing dari peluncuran rokok ini ialah akhir November tahun ini. Hal ini kemungkinan besar dilakukan saat produk sigaret belum memasuki nilai cukai baru.
  2. Dikarenakan harga rokok pada tahun 2020 akan naik, maka cukup tepat KT&G Indonesia meluncurkan produk ini. Meskipun pada saat ini animo masyarakat belum terlalu terasa dengan adanya rokok dual capsule, akan tetapi KT&G Indonesia berusaha membuka jalan terkait dengan fitur yang setidaknya hampir semua negara memiliki produk sejenis. Adapun pertumbuhan dari KT&G yang terus meningkat, membuat KT&G akhirnya berani meluncurkan sebuah inovasi yang tak terduga. Bahkan, terkesan senyap. Setidaknya, KT&G Indonesia berusaha membuka jalan agar konsumen di tahun depan tidak akan kaget dengan fitur ini.
  3. Dengan keunggulan rasa dan adanya kenaikan cukai di tahun depan, seakan membuat KT&G Indonesia menciptakan tren baru yang memiliki nilai plus. Yakni dengan meluncurkan produk berfitur dual capsule. Produk ini saya ramalkan akan booming sekitar 2-3 bulan kemudian.
Nah, itu dia sedikit kemungkinan yang sudah saya jabarkan sebelumnya. Kemudian, kita coba review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 27.000 (cukai 22.400, beberapa retailer tradisional menjual dengan harga 26.000) dengan kuantitas isi sebesar 20 batang. Terhitung sangat mahal untuk ukuran SKM dengan pembakaran sangat cepat. Untuk harga sendiri saya beri nilai 5.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar biru muda, hitam, silver, dan putih. Pada bagian cellophane luar yang terletak di depan, terdapat semacam segitiga kuning dengan tulisan hitam dan bertuliskan NEW. Bagian kiri depan kemasan, terdapat pattern khas dari Esse Change Series, yakni putih, biru tua, dan biru muda. Beberapa kotak dalam pattern tersebut memiliki efek hologram dan memiliki efek shiny kuat. Pada bagian pattern juga cenderung memiliki emboss cukup tebal dan terasa ketika disentuh. Bagian kanan depan kemasan, terdapat logo Esse berupa susunan garis membentuk huruf E, dengan adanya latar dot, dan memiliki efek emboss dan hologram yang kuat. Tulisan ESSE di bagian samping logo, memiliki efek emboss halus dan menggunakan warna dasar hitam. Terdapat tulisan CHANGE dengan warna hitam dan tanpa memiliki emboss. Dibawah tulisan CHANGE, terdapat rounded rectangle dengan latar hologram berwarna biru, dan tulisan DOUBLE dengan warna kuning serta memiliki efek emboss. Di bawah tulisan Double, terdapat semacam pattern lingkaran dengan adanya efek emboss ke dalam berwarna putih, dan di tengah lingkaran terdapat dua bola berwarna kuning dan biru. Hal ini menandakan rokok ini memiliki dua fitur kapsul. Di bagian bawah, terdapat tulisan MANGOBURST & APPLECRUSH dan tulisan HI-TECH SKM. Bagian samping bawah kiri terdapat tulisan 20 batang. 

Bagian belakang memiliki kesamaan dengan bagian depan, hanya saja terdapat tulisan KLIK! RASAKAN 2X SENSASI PADUAN RASA UNIK. Hal ini divisualisasikan dengan adanya efek splash dan liquid wave dari dua bola yang sudah digambarkan sebelumnya. Terdapat tulisan dibawahnya KRETEK CIGARETTE dan SKM. Bagian kanan terdapat logo KT&G, larangan jual, dan tulisan MADE UNDER AUTHORITY OF KT&G, KOREA. Bagian samping kiri kemasan terdapat tulisan ESSE CHANGE DOUBLE, dengan tanpa adanya efek emboss dan hologram. Terdapat kadar tar dan nikotin yang sama dengan Esse Change umumnya. Bagian atas kemasan terdapat tulisan ESSE CHANGE DOUBLE, dengan unsur emboss di bagian tulisan DOUBLE, dan tulisan 20 batang. Bagian bawah tertulis bahwa produk ini dibuat oleh PT TRI SAKTI PURWOSARI MAKMUR, yang saya duga merupakan branding dari PT Mandiri Maha Mulia, dikarenakan untuk fasilitas pembuatan Esse sudah naik golongan dari sebelumnya IIA, menjadi golongan I. Cukup menarik melihat kemasannya dan terkesan modern. Nilai kemasan pada rokok ini ialah 8.8 dari 10. 

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian dalam inner hinge lid, terdapat tulisan WORLD'S NO 1 SELLING, dengan data yang digunakan berasal dari Euromonitor di tahun 2018. Bagian inner frame, terdapat gambar dari dua kapsul yang menjadi fitur utama rokok ini yakni kapsul kuning dan biru, dengan tulisan CLICK TO CHANGE DOUBLE. Bagian foil cenderung memiliki tipikal yang sama dengan produk Esse Change umumnya, yakni KT&G dan tulisan Korea Tomorrow & Global. Foil sedikit memiliki unsur emboss dan memiliki latar utama yakni dot. 

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Batang rokok ini sekilas terdapat unsur berwarna biru. Susunan batang dari rokok ini ialah 10 di depan, dan 10 di belakang, dengan kuantitas isi sebesar 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 100mm, dengan kemungkinan diameter sebesar 17mm. Bagian batasan tipping paper menggunakan tulisan ESSE berwarna biru tua, berlatarkan warna biru muda, dan terdapat garis memiliki efek shiny berwarna biru tua. Bagian tipping paper, memiliki semacam bentukan garis yang membentuk satu gelombang, kapsul pertama dengan tulisan 1 yakni Mangomint, diikuti dengan tulisan DOUBLE, dan kapsul kedua bertuliskan 2 dan berisikan Applemint. Perforasi laser yang digunakan berjumlah 1 baris, dengan model perforasi berupa dot, dan agak sedikit berjauhan satu sama lain. 

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama. Kebetulan, ada empat kemungkinan yang ditawarkan oleh rokok ini. Mari kita coba kemungkinan pertama, yakni kondisi tidak diklik.


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan memiliki sensasi manis dan aroma khas anggur, yang cukup terasa di lidah. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis anggur dalam intensitas menengah. Adapun rasa lain yang ditawarkan semisal leci atau pisang, kurang bisa tergambar pada varian ini. Cenderung memiliki a hint of sweetness yang baik, dengan tambahan licorice sebagai salah satu pemanis pada rokok ini. Dengan digunakannya perisa anggur, rokok ini seakan memiliki acidity yang cukup baik, dan tanpa diklik pun juga sudah nikmat. Ketika di tengah hisapan, rokok ini mulai menguat sensasi acid dan sweetness yang baik. Meskipun begitu, saya sedikit merasa unsur licorice cukup kuat pada rokok ini. Spicy kurang bisa tergambar baik pada rokok ini, dengan kemungkinan menggunakan adas manis dan kayumanis. 

Blend dari rokok ini sangat kuat dengan unsur Tembakau Virginia dan Tembakau Oriental. Adapun manis bawaan dari Tembakau Virginia cukup tergambar halus, dengan sedikit unsur nutty dari Tembakau Oriental. Cukup balance, namun kurang earthy. Meskipun secara takaran tembakau seimbang, namun tergambar juga bahwa rokok ini menggunakan tembakau yang sudah diproses dan bukan tembakau alamiah. Bila dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan mengeluarkan sensasi aroma anggur halus, dengan aroma manis dan nutty. Tarikan rokok ini cukup ringan, dengan sensasi hisapan yang cenderung halus. Harshness tidak ada sama sekali, berkat penambahan licorice sebagai salah satu bahan improver taste pada rokok ini. Throat hit tidak ada sama sekali, dan cenderung nyaman di tenggorokan. 

Durasi bakar rokok ini sebelum diklik ialah 10-11 menit, tergantung bagaimana cara Anda menghisapnya. Aftertaste dari rokok ini ialah rasa halus anggur, adanya keasaman yang cukup baik, sensasi manis yang melekat di rongga mulut dan tenggorokan, dan juga adanya sensasi sedikit nutty. 

Untuk mencoba kemungkinan kedua, yakni diklik tombol pertama yaitu Mangomint, Anda cukup memposisikan tangan Anda di bagian bawah filter. Letakkan bagian jempol dan telunjuk di bagian yang sudah ditentukan


Kemudian dorong secara halus antara jempol dan telunjuk sampai terdengar bunyi klik.


Ketika kapsul Mangomint (atau Mangoburst) diklik, hisapan pertama sangat kuat dengan aroma Mangga Kweni yang baru dipetik, dengan sedikit unsur mint halus. Hisapan kedua, rokok ini sudah mulai menguat sensasi mint dan mangga-nya. Terkesan kuat dengan unsur acidity yang merupakan bawaan dari kapsul Mangoburst, dan juga memiliki rasa segar dari peppermint essence. Kadar mint yang ditawarkan oleh kapsul ini sekitar 40-50%, dengan intensitas rasa manis sangat kuat. Hal ini didukung dengan penambahan essence anggur yang menjadi rasa bawaan sebelum diklik. Tanpa perlu diragukan lagi, sensasi manis ketika sudah diklik meningkat drastis. Bila dikeluarkan dari hidung, maka akan ada sedikit aroma mangga dengan aroma nutty yang cukup baik. Tarikan cukup halus dan terkesan lebih baik, harshness tidak ada ketika kapsul pertama diklik, dan throat hit juga tidak terasa pada rokok ini ketika diklik pertama.

Durasi bakar dari rokok ini diklik pertama mencapai 9-10 menit, dalam artian sensasi ini terkesan normal untuk sebuah rokok berkadar 12mg. Namun itu kembali kepada cara Anda menghisap rokok ini. Aftertaste dari kemungkinan kedua ialah sensasi asam mangga yang sangat intens, sensasi manis yang terkesan melekat kuat pada lidah dan tenggorokan, dengan sedikit unsur nutty yang khas. Tidak perlu penjabaran dalam, karena rokok ini double click. 

Kemungkinan ketiga yang ditawarkan oleh rokok ini ialah rasa Applemint (atau Applecrush) yang ditawarkan oleh rokok ini. Sama seperti kemungkinan kedua, Anda cukup memposisikan jari jempol dan telunjuk ke bagian atas dekat dengan hisapan.


Lalu, dorong perlahan jempol dan telunjuk Anda ke bagian yang sudah ditentukan. 


Ketika hisapan pertama ketika mengklik kapsul Applemint (atau Applecrush), hisapan pertama sudah mulai terasa sensasi apel hijau segar dengan adanya unsur mint tipis. Hisapan kedua, rasa mint meningkat tajam disertai sensasi apel hijau yang cenderung terasa. Sensasi ini sebenarnya tidak asing bagi Anda yang pada dasarnya menyukai Esse Change Applemint, hanya saja acidity pada rokok ini terkesan lebih baik bila dibandingkan dengan Esse Change Applemint. Hal ini dikarenakan sensasi anggur mampu memperkuat efek sweetness yang menjadi bawaan kapsul Applemint ini. Cenderung terkesan lebih segar ketimbang kapsul Mangomint. Bila dikeluarkan lewat hidung, maka aroma licorice dan apel menyatu dengan baik, dengan sedikit aroma nutty khas.  Tarikan terbilang halus dan nikmat, secara hisapan cenderung baik. Harshness tidak ditemukan sama sekali ketika mengklik kapsul kedua. Throat hit terbilang tidak ada, dan membuat tenggorokan nyaman.

Durasi bakar ketika mengklik rokok ini ialah 9-10  menit, tergantung bagaimana cara Anda menghisapnya. Aftertaste yang terasa ketika menghisap kapsul Applemint ialah rasa apel hijau yang cenderung sangat manis, sensasi rasa manis yang melekat di lidah dan tenggorokan, sensasi nutty cukup terasa, dan sensasi dingin di rongga mulut dan tenggorokan.

Kemungkinan keempat ialah ketika Anda mengklik semua kapsul dari rokok ini. Pilihan ini tergantung anda, apakah Anda memulai dari kapsul pertama yakni Mangoburst, ataupun memulainya dari Applecrush. Saya tidak bisa menampilkan gambar terkait cara mengklik kapsul tersebut secara bersamaan, mengingat saya juga bingung untuk melakukannya langsung di foto.

Saya merekomendasikan cara mengklik rokok ini dengan memulai dari klik pertama, yakni kapsul Mangoburst dan melanjutkannya dengan kapsul Applecrush.

Ketika dua kapsul tersebut diklik, sensasi hisapannya agak sedikit membingungkan, dengan sensasi mint yang tidak begitu kuat diawal. Sensasi hisapan kedua ialah, sensasi juicy yang terkesan unik dan mint lebih kuat. Bila digambarkan kapsul Applemint memiliki kadar mint sebesar 50% dan mangomint sekitar 40-50%, maka total rasa mint yang ditawarkan 100% berbeda. Ada sedikit efek juice yang tercipta, dan kemungkinan besar mango-apple taste dapat disamakan dengan sebuah jus dalam kemasan. Tingkat acidity pada kemungkinan keempat ialah cenderung lebih kuat, dengan adanya rasa mengarah ke fruity caramel candy. Bisa juga disamakan dengan sensasi mix fruit, namun dengan takaran lebih pas.

Sensasi ketika dikeluarkan melalui hidung ialah cenderung terkesan dingin dan seakan memiliki aroma sweetness cukup baik. Sedikit juga saya bisa merasakan aroma manis licorice dan unsur aroma nutty. Tarikan terkesan sama, cenderung halus dan tidak berlebihan. Harshness terkesan tidak ada, dan tidak memiliki throat hit. Durasi bakar dari rokok ini ialah 9-10 menit, tergantung bagaimana cara menghisapnya. Aftertaste dari rokok ini ialah sensasi fruity dengan tingkat acidity yang tinggi, sensasi rasa nutty cukup baik, dan sensasi manis yang cukup melekat baik di tenggorokan dan mulut.

Adapun kelemahan dari rokok ini ialah, cenderung memiliki durasi cukup cepat, adanya sensasi sedikit kurang intens dari kapsul Mangomint (ketika Anda mengklik kapsul Mangoburst saja), sensasi yang terkesan berkurang ketika di akhir bakaran, dan sedikit chemical taste, ketika bakaran mendekati batasan tipping paper. Saya merasa rokok ini terkesan inovatif, dan rasa yang ditawarkan terbilang unik serta berbeda. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9.1 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan sensasi unik yang tidak bisa ditemukan pada merek rokok lain, sensasi 4 in 1 taste yang ditawarkan mampu menarik animo perokok 18-30 tahun, sensasi hisapan yang terkesan baik, dan kemasan yang cukup baik membuat rokok ini seakan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai pengalaman baru. Hanya saja, kelemahan dari rokok ini ialah kurang begitu intens pada kapsul Mangomint,  sensasi terasa berkurang mendekati akhir bakaran, durasi bakar yang cukup cepat, dan adanya sedikit sensasi chemical taste. Untuk distribusi sendiri, rokok ini sudah dijual di beberapa Indomaret dan Alfamart, dan akan mulai tersebar luas pada bulan Desember mendatang. Overall, saya memberi nilai rokok ini 7.8 dari 10. Artinya, rokok ini memiliki sensasi yang tidak bisa ditandingi dan kemasan terkesan cukup baik. Akan tetapi, bila melihat harga rokok ini yang sangat tidak terjangkau, terutama untuk ekonomi menengah kebawah, maka saya kurang bisa merekomendasikannya. Bagi Anda yang butuh pengalaman baru, saya sangat merekomendasikannya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokokhubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.