Gudang Garam De Luxe Isi 12 Batang, SKT Premium Dengan Citarasa Racikan Khas Untuk Sensasi Berkelas

Selamat malam,

Mencari pilihan yang memang memiliki cita rasa berkelas tentunya merupakan usaha yang pada awalnya terkesan sulit, namun usaha yang terkesan sulit tersebut pada akhirnya terjawab dengan beberapa pilihan yang muncul di pasaran. Tentu melihat pilihan yang ada, perlu pada akhirnya disikapi secara matang dan baik-baik. Anggapan terkait dengan beberapa aspek misalkan, menjadi penting dalam mencari cita rasa berkelas, untuk kepuasan bersama yang pada akhirnya bisa dinikmati oleh semua pihak. Pembuka tulisan kali ini menjadi penting dalam memaknai apa yang akan saya paparkan pada review kali ini. Harap maklum.

Review yang kali ini saya buat, pada dasarnya merupakan sebuah produk istimewa dari Gudang Garam yang mendapat treatment rejuvenasi secara mendalam dan setidaknya mampu mendobrak pasar SKT Premium dengan citarasa yang tentunya memiliki kekhasan tersendiri dan juga gaya yang dibawa, pada akhirnya membawa sensasi rasa akhir yang berkelas dan memuaskan banyak pihak. Ya, kali ini saya akan mencoba mengulas produk yang sekiranya terhitung baru di pasaran, namun membawa semangat citarasa klasik yang sebenarnya sudah muncul pada produk pendahulunya. Produk ini diberi nama sebagai Gudang Garam De Luxe, produk yang pada dasarnya dapat dianggap sebagai varian terkini dari Gudang Garam, dalam menjawab tantangan pada kategori SKT Premium. Sering juga disebut sebagai GG Deluxe, atau bahkan Gudang Garam Emas.

Produk ini kemudian dapat ditemukan pada kuantitas isi 12 yang saat ini saya ulas, dan kemasan 16 batang yang pada saat ini mendapat pembaruan dari segi kemasan. Produk ini memiliki keunggulan yang pada akhirnya memiliki potensi dalam mendobrak pasar SKT Premium, yang secara umum menawarkan citarasa manis yang tidak begitu berlebihan, namun pada akhirnya hal utama yang ingin dibawa oleh Gudang Garam pada saat ini, yakni semangat citarasa natural yang tetap memiliki kekhasan Gudang Garam, namun dengan harga dan kuantitas yang tentunya sangat pantas.

Informasi tambahan, untuk mendapatkan Gudang Garam De Luxe dengan isi 16 batang, maka Anda hanya membayar cukup dengan Rp. 20.000,- saja, dan komparasi ini tentunya bisa kita bandingkan dengan kompetitor utamanya, dengan harga yang sama justru mendapatkan isi lebih sedikit. Anggaplah bahwa produk yang disusun sedemikian rupa ini sejak dahulu, memiliki positioning harga yang pada akhirnya, tidak bisa dianggap remeh meskipun rokok ini memiliki harga yang terjangkau.

Ya, kemudian produk yang kemudian dahulu dikenal dengan isi 16 batang saja, kini hadir juga dalam kemasan 12 Batang yang memiliki keunggulan lebih mudah dan murah dari segi harga, lebih presisi bila dimasukkan ke dalam kantong, dan juga memiliki kuantitas yang pada akhirnya bisa dirasakan dan memuaskan untuk berbagai kalangan, yang secara umum memiliki preferensi dalam menikmati Kretek Tangan dengan isi 12 batang. Dengan berbagai aspek yang pada akhirnya, membuat rokok ini memiliki keunggulan tersendiri untuk sebuah pendatang baru yang masuk ke pasaran terhitung awal Desember 2023 ini.

Produk ini kemudian memiliki slogan “Sensasi Berkelas, Semua Puas,” yang pada akhirnya dapat dijelaskan sebagai usaha Gudang Garam dalam menciptakan sebuah rokok Kretek Tangan Premium. Dengan citarasa yang terinspirasi dari gaya natural rokok Indonesia, namun dengan sentuhan khas dari Gudang Garam, pada akhirnya dua kekuatan ini memiliki daya tarik bagi konsumen yang mencari citarasa khas dari Gudang Garam, sekaligus mencari citarasa yang lebih halus dan bisa dinikmati juga untuk konsumen yang memiliki preferensi jenis rokok berupa Kretek Mesin. Tentu bahwa citarasa yang ditawarkan melampaui kepuasan rokok Kretek secara umum, maka pada akhirnya rokok ini menawarkan hal utama yang dahulu belum pernah dicapai pada kategori serupa; yakni citarasa halus dan mantap yang berkelas, namun dengan harga yang memuaskan semua pihak.

Baiklah, itu sedikit pengantar bagaimana rokok ini pada akhirnya harus dimaknai secara baik. Langsung saja kita review kemasan rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga penjualan rokok ini, bila kita mengacu pada harga di lapangan (warung dan juga minimarket), rokok ini bisa dibeli dengan harga jual Rp. 16.000,- (cukai golongan I pada tahun 2023 sebesar 15.000) untuk kuantitas isi sebesar 12 batang. Mengingat harga rokok ini mendekati dengan model harga yang diterapkan pada rokok Kretek Tangan golongan I pada umumnya, maka rokok ini kemudian memiliki harga yang pada akhirnya, terhitung terjangkau untuk sebuah SKT Premium. Harga yang ditawarkan kemudian masuk di akal dari pembeli dan juga penjual.

Untuk harga sendiri, saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba ulas kemasan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar yang sebenarnya cukup simpel untuk sebuah SKT Premium, dengan warna dasar kuning keemasan dan juga coklat tua. Bagian depan dan belakang kemasan rokok ini, terdapat latar berupa segitiga dengan warna emas gelap, yang kemudian menjadi bagian dalam dari kemasan rokok ini, dengan adanya frame pada bagian sisi kemasan rokok ini menggunakan warna kuning keemasan. Adapun ciri khas dari pola Gudang Garam yang sudah termodernisasi, dapat dilihat dari bagaimana aksen “jalanan” yang kemudian menampakkan dirinya dengan warna kuning keemasan dan memotong pola segitiga yang sudah tercermin pada bagian kemasan.

Pada logo Gudang Garam sendiri, menggunakan warna gabungan dari biru kehitaman, coklat, dan juga emas, dengan penekanan adanya efek emboss dari hot stamp tercermin secara jelas pada bagian dalam dari logo Gudang Garam. Tulisan “GUDANG” dan “GARAM” yang digunakan pada kemasan rokok ini, menyerupai model tulisan yang diterapkan pada produk SKM yang dikeluarkan oleh Gudang Garam itu sendiri, dengan warna tulisan coklat tua dan dilengkapi adanya efek emboss. Tulisan “DE” menggunakan model font khas sans serif yang memiliki outline tipis dengan adanya efek emboss, dan juga “LUXE”,  dengan penekanan utama pada huruf X yang di bagian sisi kiri bawah dan kanan atas memanjang, menyiratkan kesan pengalaman kemewahan yang memiliki durasi dan kepuasan yang lebih baik. Bagian bawah terdapat kotak dengan tulisan 12 KRETEK CIGARETTES, dengan tulisan bahasa Inggris yang menimbulkan kesan pengalaman yang lebih mewah.

Bagian samping kanan dari kemasan rokok ini terdapat larangan jual, kadar tar serta nikotin (38 mg Tar dan 2.7 mg Nikotin, menandakan rokok ini memiliki kepuasan rasa yang lebih baik) dan juga barcode yang di bagian bawah kirinya terdapat penanda cukai berupa SKT. Bagian kiri kemasan terdapat tempat dari pelekatan dari pita cukai itu sendiri. Bagian atas kemasan terdapat tulisan 12, GUDANG GARAM dengan penekanan tulisan khas klasik yang modern, dan juga DE LUXE dengan penekanan pada huruf X, kesemuanya berada pada latar coklat dengan warna tulisan putih. Bagian bawah kemasan terdapat penanda produsen (PT Gudang Garam Tbk.), dan adanya kode produksi yang menginformasikan bahwa rokok ini dibuat pada bulan Desember 2023. Masih terhitung segar untuk sebuah rokok baru.

Kemasan rokok ini menampilkan kesan eksklusif yang bahkan memiliki kesan yang premium pada akhirnya, dan juga bahwa model kemasan rokok ini memiliki kesamaan dengan produk premium dari Gudang Garam lainnya, maka dapat disimpulkan kemasan rokok ini memiliki daya tarik yang berkesan klasik khas dari Gudang Garam secara umum.

Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan melihat bagian atas kemasan dari rokok ini


Model kemasan rokok ini dapat dilihat memiliki penutup yang memiliki lidah secara umum, sehingga proses pembukaan dan penutupan kemasan menjadi lebih mudah. Untuk membuka kemasan rokok ini, posisikan bagian atas yang betuliskan 12 GUDANG GARAM DE LUXE secara terbalik terlebih dahulu. Lalu kemudian tarik bagian penutup ke atas layaknya gambar dibawah berikut.



Lalu bila berhasil, maka tampak bahwa rokok ini menggunakan model pembungkus berupa laminated plastic yang memiliki warna dasar berupa kuning keemasan


Kemudian, untuk melihat bagian dalam dari kemasan rokok ini, bagian lidah dari penutup kemasan kemudian bisa ditarik ke bagian atas. Tampak bahwa model laminated plastic yang digunakan pada bagian dalam, tercetak logo Gudang Garam, tulisan besar GUDANG GARAM dan juga DE LUXE.


Bagian dalam kemasan pada dasarnya tidak menyatu dengan bagian slide dari kemasan rokok ini, hal tersebut pada dasarnya untuk memudahkan dalam pengemasan yang dilakukan secara manual. Namun bahwa kemasan rokok ini memiliki perlindungan yang lebih baik (bila dibandingkan generasi sebelumnya), bagian dalam plastik bisa kemudian kita lihat secara penuh layaknya gambar di bagian bawah berikut







Model plastik yang dapat dikatakan sebagai laminated plastic ini, kemudian melindungi bagian keseluruhan dari batang rokok yang dikemas, dengan tujuan citarasa berkelas khasnya terjaga dari awal menikmati hingga akhir batang terakhir. Tentu bahwa keunggulan kemasan plastik yang terlaminasi tersebut, memberikan kesan kokoh dan juga mewah, layaknya merasakan kemewahan emas dalam bentuk rokok.

Kemudian kita coba kembalikan bagian dalam ke kemasan, lalu melihat kembali bagian lapisan dari pembungkus batang rokok, sekaligus membuka bagian plastik dalam kemasan rokok layaknya gambar berikut


Untuk memudahkan dalam membuka bagian dalam dari kemasan rokok ini, maka plastik atas yang sudah terbuka pada lapisannya, kemudian perlu dibuka bagian bawahnya seperti gambar dibawah berikut

Susunan rokok ini memiliki jumlah sebesar 12 batang, dengan kuantitas batang sebanyak 6 di bagian depan dan 6 di bagian belakang. Karena kekuatan plastik yang terlaminasi ini sangat kuat, maka cara mengambil batang rokok ini dapat dilakukan dengan menarik bagian tengah atas kemasan penutup.




Model batang rokok ini memiliki panjang sebesar 81mm dengan diameter bakaran dan hisapan rerata pada rokok ini sebesar 8mm tergantung dari hasil pelinting dari tiap batang rokok. Bagian burning area menggunakan model khas horizontal yang secara umum digunakan pada batang dari rokok Kretek Tangan dari Gudang Garam secara umum. Pada bagian penanda batasan bakaran, terdapat latar berupa daun tembakau dengan warna kuning dalam garis atas dan bawah berwarna coklat. Terdapat logo Gudang Garam dengan warna coklat, dan tulisan DE LUXE dengan warna coklat. 

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan


Ketika sebelum dibakar, sensasi rasa yang muncul kala mengecap rasa rokok ini berupa gabungan rasa manis khas dari maple syrup dan juga raisins serta plum, dengan adanya aksen khas dari brandy dan juga rum, serta beberapa rasa khas dari mixture tembakau yang cukup pedas namun masih dapat dinikmati. Namun pada saat dibakar, sensasi rasa yang keluar pada rokok ini, merupakan gabungan dari brandy, rum, dan juga maple syrup, dengan penekanan lain pada unsur rasa fruity yang tidak begitu dominan, yakni dengan penambahan plum, longan, leci, nangka, dan sedikit unsur raspberry yang tampak tidak begitu tajam. Citarasa dominan kemudian muncul dari sensasi buttery dari perisa kelapa dan juga penambahan palm oil sebagai pembentuk citarasa buttery dominan yang muncul pada rokok ini. Ada sedikit unsur aksen cocoa, licorice, dan juga vanilla yang tampak sangat halus, dengan penekanan rasa utama dari rokok ini berada pada rasa buttery yang khas dan gurih.

Penambahan rempah pada rokok ini didominasi dengan unsur kayumanis, dengan aksen tambahan pada unsur pekak, kapulaga, jintan, kencur, dan beberapa unsur tambahan dari kemenyan, melati, dan juga klembak khas. Hal tersebut memunculkan sensasi rasa harum yang gurih dan nikmat, menjadi ciri khas dari Gudang Garam secara umum, namun dengan aksen rasa halus-mantap yang dominan. Cengkeh yang digunakan pada rokok ini terbilang memiliki aksen rasa khas yang halus dan hangat, menjadi ciri khas dari Gudang Garam untuk menggunakan berbagai gabungan cengkeh untuk menciptakan rasa hangat yang khas dan nikmat. Tampak bahwa rokok ini memiliki citarasa warming yang sangat halus, tidak berlebihan, bahkan memiliki kehangatan yang cenderung bisa dinikmati pada berbagai suasana.

Gabungan unsur rasa halus dari sensasi woody, leafy, spicy, dan juga earthy tampak menunjukkan dirinya sebagai pribadi yang memiliki citarasa tembakau yang mewah. Karakter khas Tembakau Madura yang menjadi unsur utama dengan aksen rasa khas dari Temanggung, Paiton, Boyolali, Kesturi, dan berbagai tembakau khas dari Gudang Garam tercermin, dengan penekanan rasa khas yang memiliki citarasa tembakau yang kuat namun tetap memiliki kepribadian yang halus. Racikan yang digunakan pada rokok ini terbilang memiliki keseimbangan rasa yang pada dasarnya sangat mumpuni, tercermin dari penekanan rasa tembakau yang nutty khas nan halus, dengan penekanan rasa tembakau yang woody, leafy, spicy, dan juga earthy. Tampak juga bahwa tembakau yang digunakan pada rokok ini memiliki karakter yang ditanam pada lahan dengan zat hara yang tebal, namun tetap menampilkan dirinya dengan sensasi rasa yang sangat halus dan nikmat.

Karakter hisapan pada rokok ini memiliki kepulan asap yang cukup solid, dengan penekanan asap yang tidak begitu tajam, dan juga dengan hisapan yang memang pada akhirnya mudah untuk terurai. Tarikan pada rokok ini terbilang sangat baik, dengan penekanan aksen tarikan yang meskipun halus, tapi tetap mantap kala dinikmati secara perlahan. Sehingga rokok ini pada akhirnya bisa juga dinikmati bagi Anda yang sehari-hari merokok jenis Kretek Filter, dengan tarikan khas yang meskipun halus, namun memiliki kesan solid pada akhirnya. Efek harshness tidak begitu tercermin secara gamblang, meskipun memiliki efek yang sedikit tajam pada akhirnya, namun tetap dalam taraf yang sangat masuk akal. Throat hit yang ada pada rokok ini terbilang tidak begitu intens, meskipun ada sedikit penekanan rasa tajam dari pembawaan tembakau yang digunakan pada rokok ini. Meskipun begitu, kenikmatan rokok ini berada pada hisapan dan tarikan yang pada akhirnya sangat halus untuk sebuah kretek tangan.

Durasi bakar dari rokok ini mencapai 17 hingga 19 menit (dengan angka rerata yang dicapai oleh rokok ini mencapai 18 menit lebih). Artinya bahwa durasi bakar yang ditawarkan oleh rokok ini, terbilang memiliki durasi melampaui dari model rokok Kretek Filter, yang pada akhirnya memiliki intensitas kepuasan rasa dan sensasi yang tidak bisa terbantahkan. Namun hal tersebut, pada akhirnya tergantung dengan situasi dan kondisi kala menghisap, faktor cuaca kala menghisap rokok ini, dan faktor eksternal lain yang berkaitan dengan durasi bakar. Aftertaste yang ditawarkan oleh rokok ini merupakan gabungan dari unsur nutty yang sangat halus, sensasi woody dan smoky yang terbilang halus, dengan penekanan aksen rasa yang memiliki unsur spicy alamiah dan juga rasa manis yang tidak begitu intens. Kelemahan yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini terbilang simpel, pada akhirnya ada sensasi panas pada beberapa bagian akhir kala mendekati batasan bakaran. Selain itu, sepertinya tidak ada pada akhirnya.

Model rokok ini pada akhirnya menawarkan intensitas kemewahan rasa dan sensasi yang kemudian memiliki kehalusan dan kemantapannya secara paripurna. Apa yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini, pada akhirnya memiliki sensasi rasa yang kemudian memiliki sensasi hisapan yang terkesan sangat premium dan juga memiliki tingkat kehalusan yang sangat khas. Dan pada akhirnya, sensasi rasa yang bisa memuaskan secara universal, dengan karakter tembakau bawaan yang natural dan khas, menjadi daya tarik kala menghisap rokok ini secara penuh kehati-hatian. Tampak tidak ada kelemahan yang berarti selain sensasi panas kala mendekati batasan bakaran, namun pada dasarnya hal tersebut bisa dimaklumi secara penuh.

Untuk rasa, saya beri nilai 9.5 dari 10.

KESIMPULAN

Sensasi rasa yang kemudian memiliki kesan premium dan juga halus, serta dengan adanya rasa tembakau dan cengkeh yang sudah diformulasikan secara khusus untuk menikmati sensasi Gudang Garam dengan cara berbeda, membuat rokok ini pada akhirnya bisa menjadi opsi kala Anda mencari rokok Kretek Tangan yang memiliki citarasa khas dan juga memuaskan. Dengan kemasan yang juga melindungi dan kokoh, membuat kenikmatan rokok ini pada akhirnya bisa dinikmati kala Anda mencari rokok dengan durasi yang lama, dan juga penyimpanan yang bisa bertahan lama. Kesemuanya sudah tercermin dari bagaimana kemasan rokok ini yang mewah, bagian dalam yang melindungi secara kokoh, dan rasa bawaan yang pada akhirnya bisa dinikmati oleh sebuah kalangan. Meskipun rokok ini hampir pada dasarnya, tidak memiliki kelemahan yang berarti bagi saya.

Distribusi rokok ini, sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Rokok ini cukup mudah untuk ditemukan pada minimarket semisal Alfamart dan Indomaret, namun untuk warung, mengingat produk ini terhitung sangat baru, maka tidak semua warung pada akhirnya menjual rokok ini (meskipun ke depan, bahwa isi 12 dan 16 kemudian dapat ditemukan secara rata pada berbagai wilayah di Indonesia). Ada kalanya bagi Anda yang memang menginginkan rokok ini secara penuh, saya menyarankan untuk membelinya di minimarket, meskipun di beberapa warung pada dasarnya juga menjual rokok ini.

Untuk nilai keseluruhan yang dicapai oleh rokok ini, berada pada angka rerata 9.16 dari 10. Artinya bahwa apa yang ditawarkan oleh rokok ini terbilang cukup rata dari segi harga, kemasan, dan juga rasa. Apa yang juga ditawarkan oleh rokok ini, terbilang baik pada akhirnya, terutama dalam penekanan segi rasa itu sendiri.

Apa saya merekomendasikan rokok ini? Tentu, terutama bila Anda mencari rokok Kretek Tangan dengan sensasi rasa khas yang halus dan juga memiliki durasi yang lama, serta memberi kepuasan yang berkelas. Bila tidak? Sepertinya tiada salahnya untuk mencoba.

Apa yang dituliskan pada review kali ini bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda rasakan. Bisa jadi apa yang saya tuliskan, mungkin berbeda dengan apa yang Anda rasakan, kembali lagi. Pilihan pada akhirnya tergantung dari keputusan Anda masing-masing.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar