Selera Sari Pucuk, SKT Hasil Kolaborasi Distribusi HM Sampoerna Dengan PR RYM Dengan Rasa Aromatik Teh Hitam Manis Klasik

Selamat sore,

Membuat review kedua dalam waktu yang bersamaan bukanlah sebuah hal yang mudah pada akhirnya untuk dilakukan. Perlu kemudian mengulangi dari apa yang sudah dituliskan sebelumnya, dan dengan kata lain bahwa untuk membuat sebuah tulisan yang baik, kadang perlu kembali mengecek apa yang sudah dituliskan relevan dengan tulisan saat ini atau tidak. Bila masih relevan, maka ada beberapa bagian yang kemudian digunakan ulang pada tulisan ini; dan bila tidak, maka tidak digunakan kembali. Sesimpel itu.

Dikarenakan dalam post sebelumnya saya membuat ulasan terkait dengan Selera Hijau Sejuk dengan rasa Teh Apel, maka pada kesempatan kali ini saya akan mengulas varian terbaru (yang baru saja diluncurkan pada akhir bulan Februari 2023 ini) dengan nama "Selera Sari Pucuk." Hampir sama dengan Selera Hijau Sejuk (atau bisa disingkat sebagai Selera Hijau), produk ini dapat dianggap sebagai  produk pengembangan dari lini "Kualitas Sempurna" dari HM Sampoerna dengan salah satu pabrikan lokal bernama PR Restu Yes Maju, berlokasi di Malang. 

PR Restu Yes Maju dikenal sebagai pabrik rokok yang masih dalam tahap berkembang pesat, dan beberapa produk yang dikenal di pasaran semisal rokok Teh Manis 12 SKT dan Lotus 12 SKT, dengan kata lain bahwa pabrik ini menekankan akan inovasi rasa dengan kearifan lokal, untuk melawan "dinasti rasa" yang memang sejauh ini masih dikuasai oleh KT&G (Juara Teh Manis merupakan produk lini sigaret kretek dari KT&G). 

Tentu kemudian dengan perkembangan yang cukup cepat, pabrik ini kemudian dilirik untuk bekerjasama dengan HM Sampoerna dalam mengembangkan produk yang bisa dianggap sebagai produk dalam kategori "Kualitas Sempurna" (sebuah lini yang menekankan kualitas kontrol yang hampir serupa dengan pembuatan rokok dari HM Sampoerna, namun diproduksi oleh pabrik lokal dengan penekanan pembagian keuntungan secara bagi hasil). 

Salah satu lini yang menjadi bagian dari "Kualitas Sempurna" yakni flavored SKT bernama Selera. Lini Selera sendiri pada akhirnya bisa menjadi penantang utama (bila berbicara secara ekspansi) dalam kategori Flavored SKT Value For Money, yang saat ini dikuasai oleh Juara Teh Manis. Terutama pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas produk yang memiliki persamaan secara umum dengan produk SKT Teh Manis pada umumnya, namun dengan sentuhan rasa tarikan yang lebih ringan dan rasa Teh Manis yang lebih tebal bila dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh Selera Hijau Sejuk.

Perbedaan ini kemudian menjadi penekanan utama dalam membedakan rasa yang ditawarkan oleh Selera Sari Pucuk dengan Selera Hijau Sejuk. Selera Sari Pucuk merupakan kategori SKT Teh Hitam Regular yang dipadukan dengan unsur vanilla dan rasa manis segar dari gula bawaan rokok ini, sedangkan Selera Hijau Sejuk merupakan sensasi teh yang menyegarkan dengan kombinasi apel dan teh hitam. Sesimpel itu kemudian membedakan varian mana yang memiliki rasa unik dan mana yang secara rasa familiar.

Baiklah, itu sedikit pengantar dari bagaimana pengantar ulasan rokok ini secara penuh. Mari kita coba ulas rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Harga rokok ini bisa ditemukan dengan harga Rp. 9.000,- (cukai 2023 golongan III sebesar 7.275 per 12 Batang) dengan kuantitas isi sebesar 12 batang. Rokok ini memiliki harga jual yang bahkan lebih rendah bila dibandingkan dengan Juara Teh Manis (dengan harga jual 14.000 per 12 Batang). Perbedaan harga ini kemudian dijelaskan dengan kategori cukai yang juga berbeda, Juara menggunakan golongan II dan Selera masih menggunakan golongan III.  Dengan perbandingan yang berbeda ini, tentu kemudian Selera Sari Pucuk menawarkan harga yang sangat kompetitif dengan harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan acuan utama yakni Juara Teh Manis SKT 12.

Untuk harga sendiri saya beri nilai 10 dari 10

Kemudian kita coba ulas kemasan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar yakni oranye dengan gabungan warna emas dan coklat tua. Kemasan rokok ini juga menggunakan pattern khas yakni garis diagonal yang menghadap ke kanan atas, dilengkapi dengan efek emboss yang cukup terasa dan terkesan ketat. Bagian depan kemasan terdapat penanda nama rokok yakni SELERA dengan font serif berwarna coklat tua dan dilengkapi emboss, dan nama varian yakni SARI PUCUK dengan model kotak berwarna emas yang terkesan elegan dan mewah. Bagian depan kemasan juga terdapat elemen lingkaran yang menekankan rasa bawaan yang digunakan oleh rokok ini, sebuah siluet pucuk dengan dua helai daun bertangkai yang menandakan bahwa rokok ini menggunakan sensasi rasa Teh Manis. Bagian belakang dari lingkaran dengan emboss dan siluet tersebut dengan latar berwarna coklat tua, menandakan bahwa rokok ini dibuat dengan Tembakau pilihan, dengan penanda daun tembakau menggunakan warna emas dan emboss. Bagian bawahnya tertulis 12 SIGARET KRETEK, menandakan bahwa produk ini merupakan produk Sigaret Kretek Tangan. 

Bagian belakang dari kemasan rokok ini menggunakan model kemasan yang hampir serupa dengan bagian depan kemasan, namun terdapat deskripsi karakter yang ingin dibangun oleh rokok ini (yang tentunya memiliki kesamaan dengan apa yang ditawarkan oleh lini Selera secara umum. Penanda karakter dari rokok ini, rokok ini dibuat dari racikan pilihan dari tembakau dan cengkeh berkualitas, dengan inovasi rasa yang baru dan aromatik (rasa Teh Hitam Manis) dengan tujuan memberikan sensasi unik dan citarasa yang khas. Pada akhirnya deskripsi ini ditutup dengan moden helaian tembakau yang menjadi penanda kualitas untuk menghasilkan racikan rasa yang bermutu tinggi. Tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan dari lini Selera yang lain, yakni Selera Hijau Sejuk.

Bagian kanan terdapat penanda pelekatan pita cukai, dengan motif yang mengikuti dengan bagian depan dan belakang kemasan; dan bagian kiri kemasan terdapat penanda kategori rokok ini (SKT), larangan jual, barcode, serta kadar tar dan nikotin yang khas dengan angka koma yang tidak bulat pada bagian nikotin (32.0mg Tar dan 1.35mg Nikotin). Bagian atas terdapat penanda varian (SELERA SARI PUCUK) dengan tiadanya pattern garis diagonal yang tercantum pada bagian depan dan belakang kemasan (yang menandakan bahwa rokok ini punya rasa Teh Hitam). Bagian bawah terdapat QR barcode yang mengarah pada situs resmi dari CV Pabrik Rokok Restu Yes Maju, dengan penanda rokok ini diproduksi oleh PR Restu Yes Maju (CV PR RYM) yang berlokasi di Malang, Indonesia. 

Tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Selera Hijau Sejuk, namun pada kemasan Selera Sari Pucuk kali ini, namun pada akhirnya saya harus mengakui bahwa pola warna yang digunakan pada kemasan kali ini terkesan lebih mewah dan elegan.

Untuk kemasan sendiri saya memberi nilai 9.2 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya secara saksama


Tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh kemasan Selera Hijau Sejuk, kemasan rokok ini menggunakan model flip-top box yang dirakit secara manual dengan menggunakan tangan. Bagian frame dari rokok ini menggunakan warna oranye dengan ukuran frame yang tipis, dan bagian dalam rokok kemudian dilindungi dengan sebuah plastik sebagai penjaga citarasa dan aroma dari rokok ini. 

Bagian plastik dari rokok ini bisa dibuka dengan berbagai cara, namun sama seperti review Selera Hijau sejuk, plastik rokok ini pada akhirnya bisa dibuka dengan merobek bagian samping kanan atau kiri kemasan. 


Susunan batang yang dijual oleh rokok ini yakni 6 di depan dan 6 di belakang, dengan kuantitas isi 12 Batang. Tampak bahwa dalam foto di atas, rokok ini menggunakan dominan daun tembakau Flue Cured atau lazim disebut sebagai Tembakau Virginia, dengan sedikit penekanan pada warna gelap khas tembakau Dark Cured. Artinya bahwa sensasi rokok ini kemungkinan besar lebih ringan bila dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh Selera Hijau Sejuk.

Kemudian kita coba tarik batang rokok yang ada dalam plastik secara saksama



Tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Selera Hijau Sejuk, spesifikasi rokok ini menggunakan panjang khas King Size dengan ukuran 84mm, dengan diameter bakaran yang cukup beragam satu sama lain (dengan angka rerata 7.8mm pada bagian hisapan dan 8.5mm pada bagian bakaran). Bagian burning area pada rokok ini juga menggunakan model papir dengan garis horizontal, yang menjadi ciri khas dari rokok SKT secara umum. Bagian penanda batasan bakaran kemudian menggunakan warna hijau, dengan tulisan SELERA dan siluet dua pucuk dalam lingkaran berwarna oranye kekuningan, khas SKT secara umum.

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama



Ketika sebelum dibakar, sensasi rasa yang ditawarkan oleh rokok ini merupakan gabungan dari rasa teh hitam yang manis dengan paduan unsur syrup yang membentuk sensasi manis pada rokok ini, dengan sedikit unsur vanilla yang membantu mengangkat karakter rasa manis dari rokok ini. Namun ketika dibakar, sensasi rasa teh manis yang pekat dengan unsur fruktosa ini kemudian berpadu baik dengan sensasi rasa vanilla yang mampu meningkatkan kepuasan dalam merokok. Sensasi rasa yang ditawarkan memiliki intensitas aroma yang lebih pekat dan tidak pahit, dalam artian bahwa apa yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung (hampir identik) dengan apa yang ditawarkan oleh Juara Teh Manis. Namun perbedaan yang umum ditemukan pada rokok ini, tidak memiliki rasa melati yang wangi, mungkin lebih tepatnya sebagai rasa Teh Hitam Vanilla dengan sentuhan cooling agent. 

Rasa lain yang bisa ditawarkan sedikit menggunakan unsur leci, hanya sebagai pembantu efek fruktosa dari rokok ini. Sensasi Teh hitam yang cenderung harum dengan unsur vanilla dan rasa sedikit dingin dari penambahan cooling agent, kemudian berpadu baik dengan sedikit unsur licorice yang membantu meningkatkan efek rasa manis dari fruktosa bawaan rokok ini. Adapun sensasi buah lain sepertinya tidak ditemukan. Sensasi cengkeh terkesan netral dengan rasa aroma yang tidak berlebihan, dan menyatu dengan baik dengan apa yang ditawarkan oleh Teh manis bawaan rokok ini. Sedikit ada unsur spicy yang dominan, berasal dari tembakau bawaan rokok ini, dan juga sensasi rasa dari kayumanis dan adas manis cukup terasa pada rokok ini.

Racikan rokok ini hampir serupa dengan apa yang ditawarkan oleh Selera Hijau Sejuk, dengan penekanan dominan pada Tembakau Virginia dan Madura, dengan rasa nutty halus dari Kesturi dan Temanggung, misalkan. Cukup memiliki unsur woody yang terasa dari penambahan tembakau alamiah pada rokok ini, dengan meningkatnya astringency dari rasa tannin khas Teh Hitam manis. Intensitas rasa teh pada rokok ini seakan menutupi racikan tembakau yang khas, meskipun begitu masih bisa dirasakan sensasi earthy yang khas dan rasa hangat bawaan dari tembakau yang digunakan pada rokok ini, meskipun saya bisa merasakan sensasi sedikit smoky pada rokok ini. Dikeluarkan lewat hidung, rokok ini memiliki unsur aroma tannin yang tipis dengan penekanan rasa nutty halus yang dominan, dengan sedikit unsur spicy. 

Tarikan bawaan rokok ini sepertinya memiliki efek kepulan yang jauh lebih ringan, dengan intensitas asap yang terkesan lebih halus dan mudah diuraikan secara umum. Meskipun terkesan lebih ringan, akan tetapi efek hisapan yang ditawarkan cenderung memiliki kemantapan yang cukup bulat dengan efek hisapan yang lebih bulat (mungkin karena lebih ringan). Efek harshness tidak begitu terasa pada rokok ini, dengan sensasi hisapan yang bila dirasakan agak sedikit membuat gatal tenggorokan, dan throat hit yang ditawarkan oleh rokok ini tidak begitu kuat pada akhirnya bila dirasakan secara saksama. Dan tentu apa yang ditawarkan oleh rokok ini pada akhirnya memiliki efek rasa yang lebih tebal secara aroma dan lebih intens, namun dengan citarasa yang lebih halus.

Durasi bakar yang ditawarkan oleh rokok ini sepertinya lebih cepat bila dibandingkan dengan apa yang ditawarkan Selera Hijau Sejuk, yakni 14-16 menit (dengan angka yang saya dapatkan pada rokok ini sekitar 15 menit lebih). Hal tersebut sebenarnya tergantung dengan bagaimana cara Anda menghisapnya, bagaimana situasi dan kondisi kala Anda menghisapnya, dan bagaimana cuaca mempengaruhi cara Anda menghisap dari rokok ini. Aftertaste yang ditawarkan oleh rokok ini merupakan gabungan dari teh manis dengan rasa vanilla dan fruktosa (berikut dengan sedikit unsur cooling agent dan leci) dengan rasa nutty yang halus dan tidak mengganggu, bahkan cenderung lebih ringan bila dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh Selera Hijau Sejuk.

Kelemahan rokok ini mungkin terkesan bahwa pada akhir bakaran cenderung lebih panas dan rasa manis yang terkadang membuat mual (dikarenakan rasa manis pada rokok ini terkesan cukup kuat pada akhirnya). Meskipun pada akhirnya sensasi akhir menunjukan sedikit penambahan melati pada rokok ini, akan tetapi sensasi rasa yang kemudian ditawarkan cenderung menunjukkan bahwa rokok ini dominan memiliki rasa Teh Manis Vanilla yang terkesan nikmat. Perlu kemudian beradaptasi untuk bisa menikmati sensasi nikmat khas yang ditawarkan oleh rokok ini, dan hal tersebut pada nyatanya mampu membuat indera perasa saya merasakan hal yang cenderung bisa dinikmati dengan baik. Meskipun pada akhirnya saya harus mengakui sensasi rasa rokok ini nikmat dan pas, untuk sehari-hari.

Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

KESIMPULAN

Adakalanya, sensasi klasik dari teh hitam menjadi rasa yang justru lebih nikmat untuk dinikmati. Terlebih dengan adanya penambahan unsur vanilla yang mampu membuat lidah saya bisa merasakan kenikmatan yang cukup baik. Rokok ini menawarkan sensasi rasa teh hitam manis yang klasik, dengan sentuhan rasa vanilla dan tembakau yang manis, dan tidak pahit pada akhirnya. Namun kelemahan pada rokok ini terkesan pada bagian hisapan akhir cenderung panas di mulut dan di bibir. Hal ini sebenarnya menjadi kelemahan yang lumrah kala harus menikmati rokok SKT secara umum. 

Untuk distribusi rokok ini masih terbilang terbatas, hanya bisa ditemukan di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat. Adapun penjualan dominan pada rokok ini bisa ditemukan pada warung dan toko kelontong yang berafiliasi dengan SRC. Untuk nasional, sepertinya kategori produk ini akan dipecah, mengingat adanya merek serupa (Kapten Sari Pucuk) yang juga diproduksi oleh PR Restu Yes Maju, dengan kemungkinan rasa yang serupa. 

Nilai keseluruhan yang ditawarkan oleh rokok ini yakni 9.4 dari 10. Artinya bahwa untuk kategori rokok murah, Selera Sari Pucuk berhasil menawarkan sensasi rasa yang sangat baik di kelasnya (meskipun harus diakui bahwa nilai tinggi pada rokok ini bisa berbeda seandainya bila dikomparasikan dengan kelas premium). Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa dikarenakan rokok ini berjenis Sigaret Kretek Tangan, maka perlu adaptasi yang lebih baik dalam menikmati rokok ini. 

Apakah saya merekomendasikannya? Tentu, dengan catatan bahwa Anda memang penyuka SKT, menyukai rasa teh manis, dan juga mencari SKT yang ringan. Bila tidak? Tiada salahnya untuk mencoba rokok ini.

Review ini tidak serta merta menjadi acuan pasti dalam merokok. Pilihan di tangan Anda, saya hanya menuliskannya, bukan dalam artian saya merekomendasikan rokok ini secara penuh. Ingat, pilihan di tangan Anda. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatasJadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar