Selera Hijau Sejuk, SKT Hasil Kolaborasi Distribusi HM Sampoerna Dengan PR RYM Dengan Inovasi Rasa Aromatik Teh Apel Segar

Selamat siang,

Membuka kembali pengantar dalam menulis merupakan hal yang sebenarnya cukup rumit. Terutama dalam menyusun perkataan singkat yang kemudian dapat bermakna pada akhirnya untuk bisa menjadi sebuah pengawal dalam sebuah paragraf. Anggapan bahwa menulis merupakan hal yang mudah, tidak segampang membuat sebuah puisi (meskipun puisi pada akhirnya juga rumit melihat padanan kata yang kompleks). Semoga pada kesempatan kali ini, tulisan yang saya buat bisa tersampaikan maksud dan tujuan utama yang saya coba hantarkan, yakni membuat ulasan terkait rokok di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas salah satu produk yang memang masih bisa dikatakan baru di pasaran, dan produk tersebut pada dasarnya memiliki potensi untuk menjadi salah satu produk yang laris di pasaran. Produk ini dinamakan sebagai Selera Hijau Sejuk (mengingat Selera sendiri pada dasarnya memiliki dua varian yang akan saya coba ulas dalam waktu bersamaan, yakni Hijau Sejuk dan Sari Pucuk). Selera Hijau Sejuk (atau bisa disingkat sebagai Selera Hijau), merupakan produk pertama dari lini Selera (dengan kata lain merupakan produk pengembangan dari lini "Kualitas Sempurna" dari HM Sampoerna dengan salah satu pabrikan lokal bernama PR Restu Yes Maju, berlokasi di Malang). 

PR Restu Yes Maju dikenal sebagai pabrik rokok yang masih dalam tahap berkembang pesat, dan beberapa produk yang dikenal di pasaran semisal rokok Teh Manis 12 SKT dan Lotus 12 SKT, dengan kata lain bahwa pabrik ini menekankan akan inovasi rasa dengan kearifan lokal, untuk melawan "dinasti rasa" yang memang sejauh ini masih dikuasai oleh KT&G (Juara Teh Manis merupakan produk lini sigaret kretek dari KT&G). Tentu kemudian dengan perkembangan yang cukup cepat, pabrik ini kemudian dilirik untuk bekerjasama dengan HM Sampoerna dalam mengembangkan produk yang bisa dianggap sebagai produk dalam kategori "Kualitas Sempurna" (sebuah lini yang menekankan kualitas kontrol yang hampir serupa dengan pembuatan rokok dari HM Sampoerna, namun diproduksi oleh pabrik lokal dengan penekanan pembagian keuntungan secara bagi hasil). 

Lini "Kualitas Sempurna" juga menekankan pada distribusi merek asal yang sudah diproduksi oleh pabrik lokal asal yang sudah mendapatkan mandat untuk memproduksi merek-merek yang dikembangkan tim HM Sampoerna (semisal Bokormas Universal dan Oepet SKT 12 kini didistribusikan oleh HM Sampoerna sebagai dampak dari sistem produksi bagi hasil yang menguntungkan keduanya). Kerjasama tersebut sudah bisa ditemukan dalam beberapa produk yang beberapa diantaranya dikenal di pasaran (semisal Twizz Crush sebagai lini SKM dari PJSP ataupun City Lite by Ares yang dahulu sudah saya review di blog ini).

Lini Selera sendiri pada akhirnya bisa menjadi penantang utama (bila berbicara secara ekspansi) dalam kategori SKT Value For Money dengan penambahan aroma (saya lebih tepat menyebutnya sebagai Flavored SKT), yang saat ini dikuasai oleh Juara Teh Manis. Kategori yang didominasi dengan rasa Teh Manis, dapat dianggap sebagai kategori baru yang tidak bisa dianggap remeh dari segi penjualan, mengingat produk ini menekankan rasa yang bisa diterima oleh masyarakat luas, namun dengan diferensiasi rasa yang cenderung membuat penikmatnya bisa menikmati dengan penuh rasa dan kepuasan rasa yang lebih tinggi. 

Diferensiasi pada produk ini yakni menggunakan elemen rasa yang cukup unik dan menjadi citarasa khas dari PR Restu Yes Maju itu sendiri, yakni Apel Hijau Manis, digabungkan dengan elemen Teh Hitam untuk menciptakan sensasi rasa aromatik yang berbeda dibandingkan kategori Flavored SKT secara umum. Pada akhirnya, sensasi Teh Apel Hijau ini mampu meningkatkan kepuasan dalam merokok yang lebih baik bila dibandingkan dengan sensasi flavor Teh Melati yang sudah dianggap sebagai flavor yang umum ditemukan di pasaran. Anggapan ini kemudian perlu divalidasi kembali, mengingat asumsi ini merupakan hasil olah cipta yang saya tulis secara sadar, namun kurang dalam segi informasi.

Baiklah, itu sedikit pengantar dari bagaimana pengantar ulasan rokok ini secara penuh. Mari kita coba ulas rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Harga rokok ini bisa ditemukan dengan harga Rp. 9.000,- (cukai 2023 golongan III sebesar 7.275 per 12 Batang) dengan kuantitas isi sebesar 12 batang. Harga rokok ini tentu jauh lebih murah bila dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh Juara Teh Manis secara umum, meskipun dalam kenyataannya untuk Selera Hijau Sejuk bisa dijual dengan harga Rp. 10.000,- per 12 batang. Terhitung masih dalam taraf yang terjangkau dari segi harga.

Untuk harga sendiri saya beri nilai 10 dari 10

Kemudian kita coba ulas kemasannya secara saksama dan perlahan-lahan







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar yakni hijau tua dengan gabungan warna emas dan putih. Kemasan rokok ini juga menggunakan pattern khas yakni garis diagonal yang menghadap ke kanan atas, dilengkapi dengan efek emboss yang cukup terasa dan terkesan ketat. Bagian depan kemasan terdapat penanda nama rokok yakni SELERA dengan font serif berwarna putih dan dilengkapi emboss, dan nama varian yakni HIJAU SEJUK dengan model kotak berwarna emas yang terkesan elegan dan mewah. Bagian depan kemasan juga terdapat elemen lingkaran yang menekankan rasa bawaan yang digunakan oleh rokok ini, sebuah siluet pucuk dengan dua helai daun bertangkai yang menandakan bahwa rokok ini menggunakan sensasi rasa Teh Manis. Bagian belakang dari lingkaran dengan emboss dan siluet tersebut, menandakan bahwa rokok ini dibuat dengan Tembakau pilihan, dengan penanda daun tembakau menggunakan warna emas dan emboss. Bagian bawahnya tertulis 12 SIGARET KRETEK, menandakan bahwa produk ini merupakan produk Sigaret Kretek Tangan. 

Bagian belakang dari kemasan rokok ini menggunakan model kemasan yang hampir serupa (namun tidak dilengkapi dengan elemen pucuk, pada produksi awal dari rokok ini bagian depan dan belakang kemasan memiliki kesamaan objek total), namun terdapat deskripsi karakter yang ingin dibangun oleh rokok ini. Penanda karakter dari rokok ini, rokok ini dibuat dari racikan pilihan dari tembakau dan cengkeh berkualitas, dengan inovasi rasa yang baru dan aromatik (rasa Teh Apel Hijau) dengan tujuan memberikan sensasi unik dan citarasa yang khas. Pada akhirnya deskripsi ini ditutup dengan moden helaian tembakau yang menjadi penanda kualitas untuk menghasilkan racikan rasa yang bermutu tinggi. 

Bagian kanan terdapat penanda pelekatan pita cukai, dengan motif yang mengikuti dengan bagian depan dan belakang kemasan; dan bagian kiri kemasan terdapat penanda kategori rokok ini (SKT), larangan jual, barcode, serta kadar tar dan nikotin yang khas dengan angka tidak bulat (45.1mg Tar dan 2.04mg Nikotin, angkanya tidak bulat). Bagian atas terdapat penanda varian (SELERA Hijau Sejuk) dengan tiadanya pattern garis diagonal yang tercantum pada bagian depan dan belakang kemasan. Bagian bawah terdapat QR barcode yang mengarah pada situs resmi dari CV Pabrik Rokok Restu Yes Maju, dengan penanda rokok ini diproduksi oleh PR Restu Yes Maju (CV PR RYM) yang berlokasi di Malang, Indonesia. Pada kesempatan kali ini, saya mendapatkan produk dengan pita cukai terbaru, namun diproduksi pada tahun 2022 akhir. 

Kemasan rokok ini terkesan tidak murahan dan mampu meninggalkan kesan bahwa rasa rokok ini mewah dan kaya rasa, dan pada akhirnya ada imaji yang terbentuk bahwa rokok ini menggunakan bahan yang berkualitas dan rasa akhir yang berkualitas. Meskipun kemudian pada rokok ini memiliki plastik yang terkesan mudah lepas dan tidak terlekat dengan baik.

Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.5 dari 10

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya secara saksama


Kemasan rokok ini menggunakan model flip-top box yang dirakit secara manual dengan menggunakan tangan. Bagian frame dari rokok ini menggunakan warna hijau dengan ukuran frame yang tipis, dan bagian dalam rokok kemudian dilindungi dengan plastik sebagai penjaga citarasa dan aroma dari rokok ini. 

Bagian plastik dari rokok ini bisa dibuka dengan berbagai cara, namun bisa dibuka dengan merobek bagian samping kanan atau kiri kemasan. Pada kesempatan ini saya tidak memfoto dari proses merobek plastik bawaan rokok ini, dengan tujuan untuk mempersingkat waktu


Susunan batang yang dijual oleh rokok ini yakni 6 di depan dan 6 di belakang, dengan kuantitas isi 12 Batang. Tampak bahwa dalam foto di atas, rokok ini menggunakan dominan daun tembakau berjenis Dark Cured yang gelap, dan Flue Cured yang terang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok yang ada dalam plastik secara saksama



Batang rokok ini menggunakan panjang khas King Size dengan ukuran 84mm, dengan diameter bakaran yang cukup beragam satu sama lain (dengan angka rerata 7.8mm pada bagian hisapan dan 8.5mm pada bagian bakaran). Bagian burning area pada rokok ini menggunakan model papir dengan garis horizontal, yang menjadi ciri khas dari rokok SKT secara umum. Bagian penanda batasan bakaran kemudian menggunakan warna hijau, dengan tulisan SELERA dan siluet dua pucuk dalam lingkaran berwarna hijau.

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama


Pada saat sebelum dibakar, rokok ini memiliki sensasi manis yang tidak begitu kuat, dengan penekanan rasa apel hijau yang tipis namun dominan, dengan sedikit unsur rasa teh hitam yang tersamarkan dengan unsur manis dari gula bawaan dan pemanis yang digunakan oleh rokok ini. Pada saat dibakar, sensasi rasa bawaan yang kemudian muncul merupakan gabungan dari teh hitam yang dilengkapi dengan esens vanilla sebagai penguat rasa dan dengan rasa yang manis, dan sensasi apel hijau yang cenderung menyegarkan (dengan penambahan semacam cooling agent) untuk menciptakan sensasi rasa es teh apel manis yang menyegarkan. 

Penambahan pemanis pada rokok ini sepertinya menggunakan pemanis yang sudah diperkuat dengan licorice extract untuk menciptakan efek hint of sweetness yang terasa, dan tampak bahwa rokok ini tidak menggunakan perisa kakao untuk memperkuat elemen nutty bawaan dari tembakau rokok ini. Elemen rasa lain yang sedikit digunakan pada rokok ini sepertinya menggunakan perisa pear, untuk memperkuat elemen acidity yang menjadi bawaan dari teh apel pada rokok ini, membantu namun tidak tampak dominan. Terkesan bahwa rokok ini tidak pahit sama sekali, dengan rasa manis yang cukup kuat pada akhirnya untuk dirasakan, dan tidak memiliki elemen yang cenderung menghangatkan secara umum di tenggorokan. Tidak memiliki sensasi spicy yang berarti, hanya terasa bahwa elemen kayumanis dan adas manis menjadi driver utama dalam rempah pada rokok ini. Cengkeh terkesan netral, dengan aroma yang halus dan tidak berlebihan. 

Efek rasa teh apel manis yang menjadi bawaan dari rokok ini, tampak mampu menghilangkan sensasi kepahitan dari bawaan tembakau Dark Cured, dalam artian aplikasi Tembakau Virginia menjadi dominan untuk menciptakan elemen rasa yang halus dan mampu mendorong sensasi manis dari pemanis rokok ini. Tampak juga karakter nutty yang ditawarkan merupakan sensasi nutty yang halus dan tidak begitu intens, sehingga menciptakan elemen rasa yang segar dan tidak apek. Karakter Oriental pada rokok ini meskipun tidak apek dan memiliki sensasi nutty yang halus, merupakan gabungan dari Madura, Temanggung, dan Kesturi misalkan, dengan rasa woody yang cukup halus dan elemen earthy yang tidak begitu kuat pada akhirnya. 

Elemen rasa tembakau pada rokok ini kemudian bisa dikatakan dominan dengan sensasi Tembakau Virginia berkualitas menengah, dengan rasa earthy yang tidak begitu kuat dan nutty yang cukup halus dan tidak begitu intens. Dikeluarkan lewat hidung, elemen rasa sedikit segar cukup terasa pada bagian mulut dengan aroma nutty halus yang cukup terasa, namun aroma teh apel terkesan memiliki efek yang lokal (dalam artian hanya terasa pada bagian mulut dan rongganya, tanpa efek aroma yang kuat pada bagian rongga hidung). 

Tarikan pada rokok ini terkesan memiliki kepulan yang sangat halus, namun untuk pemula cukup sulit untuk ditarik (dalam artian efek kepulan cukup berat pada akhirnya), akan tetapi efek kepulan yang sangat halus ini kemudian meninggalkan karakter yang sedikit intens, namun mudah untuk dihembuskan pada akhirnya. Elemen harshness terkesan minim pada rokok ini, meskipun elemen rasa ini kemudian terkesan kuat pada hentakan di paru-paru, dengan efek throat hit yang cenderung hampir tidak ada untuk sebuah rokok murah. Elemen throat hit yang hampir tiada ini, cukup terasa pada akhirnya disaat bakaran mendekati akhir bakaran.

Total durasi yang ditawarkan oleh rokok ini sekitar 18-20 menit (dengan catatan angka yang saya dapatkan pada durasi rokok kali ini sekitar 19 menit lebih), meskipun hal tersebut kemudian tergantung dengan cara Anda menghisap rokok ini, situasi dan kondisi kala Anda menghisap bakaran dari rokok ini, dan bagaimana cuaca dalam menikmati rokok ini. Aftertaste yang ditimbulkan pada akhirnya merupakan gabungan dari karakter nutty tembakau dengan elemen rasa manis dari apel dan sedikit sepat dari teh hitam, dan juga elemen rasa manis dari vanilla yang ditambahkan pada rokok ini. 

Kelemahan pada rokok ini terkesan bahwa sensasi gatal pada akhirnya cukup terasa kala Anda menghabiskan satu sesi dengan rokok ini, dan elemen sepat yang dominan dari tembakau dengan rajangan kasar ini, kemudian membuat sensasi dalam menghisap rokok ini menjadi sangat padat dan beberapa kali saya harus mengeluarkan rajangan tembakau dari mulut saya. Rokok ini memang berat, namun efek kepulan yang dihasilkan cenderung halus dan tidak begitu apek. Singkat kata begitu menurut saya.

Rokok ini kemudian menawarkan sensasi tembakau yang lemah dengan elemen rasa aroma yang dominan kuat. Untuk Anda yang mencari karakter rokok dengan rasa tembakau dominan, mungkin tidak bisa secara harfiah ditemukan secara jelas kala Anda menikmati rokok ini, namun bagi Anda yang mencari karakter berat dengan sensasi rasa aroma yang tebal, mungkin bisa menjadi opsi dari bagaimana saya menggambarkan sensasi rasa dari rokok ini.

Untuk rasa saya beri nilai 8.8 dari 10.

KESIMPULAN

Elemen rasa pada rokok ini kemudian menawarkan dimensi baru dalam menghisap Sigaret Kretek Tangan. Sebuah sensasi yang tidak apek, cenderung meninggalkan aroma yang segar, dan tidak menawarkan sensasi rempah dan pedas yang dominan. Selera Hijau Sejuk menawarkan semuanya dengan cara yang terkesan kasar pada awalnya, namun cukup halus bila dinikmati dengan kondisi perlahan dan dalam waktu yang santai. Tidak mudah untuk menggambarkan sensasi rasa yang menjadi karakter bawaan rokok ini, akan tetapi bahwa hal tersebut menjadi penting kala memaknai bagaimana rasa rokok ini bisa dinikmati secara hikmat dan saksama. Kelemahan cenderung pada bagian bakaran yang padat dan berat, sehingga rokok ini tidak cocok secara harfiah pada pemula yang baru memulai perjalanan merokok. Meskipun sensasi rokok ini pada akhirnya menawarkan sensasi rasa yang halus secara umum dan tidak pahit.

Distribusi rokok ini secara umum konon bisa ditemukan pada wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Rokok ini secara eksklusif hanya bisa ditemukan di warung ataupun toko kelontong (terutama yang berafiliasi dengan SRC). Untuk minimarket sendiri rokok ini belum bisa ditemukan, mengingat sampai saat ini, merek Selera sepertinya masih dalam tahap trial lepas, artinya belum bisa ditemukan secara nasional. Untuk informasi lain sepertinya mungkin akan menyusul penjualannya dari segi wilayah, mungkin bisa ditemukan secara nasional namun dalam waktu yang tidak bisa ditentukan.

Untuk nilai keseluruhan yang ditawarkan oleh rokok ini sekitar 9.26 dari 10. Artinya bahwa harga menjadi nilai utama dari penjualan rokok ini, dan kemasannya yang sekiranya mewah untuk sebuah rokok kelas murah. Untuk rasa sepertinya cukup baik, meskipun pada akhirnya saya harus mengakui sensasi rokok ini tidak bisa secara universal bisa dinikmati, hanya bagi perokok berpengalaman yang sekiranya mampu menikmati rokok ini secara penuh dan tanpa terganggu. 

Apa saya merekomendasikan rokok ini? Iya, dengan catatan Anda penyuka SKT dan mencari rokok dengan sensasi rasa yang berbeda dan tidak suka dengan sensasi pahit bawaan dari sebuah rokok. Bila tidak? Mungkin perlu penyesuaian, seiring dengan waktu.

Review ini tidak serta merta menjadi acuan pasti dalam merokok. Apa yang saya tulis, bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda rasakan. Pilihan di tangan Anda, apakah Anda mau mencoba ataupun tidak. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatasJadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar