Selamat siang,
Sudah lama sepertinya saya tidak menulis di blog tercinta ini. Mengingat saya mengambil rehat secara lebih awal (terhitung pada bulan Desember lalu, saya mengambil rehat total untuk sekedar melepaskan diri saja), dan tentu karena beberapa waktu belakangan ini saya cukup sibuk, maka pada akhirnya saya memutuskan untuk menulis kembali (manakala saya pernah mengumumkan bahwa saya mengambil rehat total di tahun 2023 ini). Mungkin hanya beberapa bulan saja saya menulis di tahun 2023 ini, entah secara parsial atau bagaimana, kita lihat saja nanti.
Kali ini saya akan mengulas produk yang sebenarnya sudah diluncurkan sejak November 2022 lalu (meskipun infonya sejak Agustus 2022 lalu bahwa rokok ini akan keluar di pasaran). Nama rokok ini ialah TWIZZ, diambil dari kata "Twist" yang sekiranya dapat bermakna bahwa rokok ini dapat memberi kesegaran dan rasa yang berbeda dengan kompetitor, namun dengan harga yang tentu saja cukup terjangkau di kantong. Tentu saja, kemudian rokok ini ditujukan untuk melawan dinasti KT&G dan JTI secara umum pada kategori value for money capsule (terutama berbicara TWIZZ Royal Crush, rokok ini ditujukan untuk melawan Camel Mild Option Purple dari JTI dan WIN Berry Click dari KT&G).
Produk ini secara umum, merupakan hasil kolaborasi dari HM Sampoerna dengan PT Putera Jaya Sakti Perkasa (bisa dibilang juga sebagai pabrikan dari rokok Duff/NITE/Aspro, karena mereka memang memproduksi rokok dengan merek tersebut), dengan kata lain bahwa lini ini kemudian dapat disetarakan dengan lini "Kualitas Sempurna" yang juga bekerja sama dengan beberapa pabrikan Golongan II lokal, dengan tujuan untuk meningkatkan volume dari masing-masing pabrikan dan juga meningkatkan penetrasi dari produk lokal yang mengikuti kerjasama tersebut.
Hal yang unik ialah, produk ini merupakan produk lini "Kualitas Sempurna" pertama yang dijual di minimarket terlebih dahulu (pada penjualan perdananya). Dan produk ini juga kemudian memiliki dua jenis varian; pertama Royal Crush yang menggabungkan sensasi Mix Berry dengan herba khas yang secara umum meningkatkan sensasi kesegaran unik dari rasa Mint dan Berry; dan Yellow Crush yang secara umum mengadaptasi kesuksesan Duff Click Pineapple, kapsul bawaan rasa Nanas namun dengan perbaikan rasa yang jauh lebih baik dari segi kualitas racikan bawaannya. Pada review pertama ini, saya akan mengulas varian Royal Crush terlebih dahulu.
Baiklah, langsung saja kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Rokok ini memiliki harga Rp. 20.000,- (cukai 2022 golongan IIA sekitar Rp. 18.250) dengan kuantitas isi sebesar 16 Batang. Terhitung bahwa rokok ini masuk ke dalam entry level dari SKM 16 Batang itu sendiri, dengan catatan bahwa harga ini berlaku pada seluruh retail channel dari penjualan rokok ini (termasuk warung, rokok ini saya dapatkan di salah satu warung di kawasan Jakarta Timur). Terhitung bahwa rokok ini punya nilai jual yang seakan-akan lebih baik bila dibandingkan dengan kategori SKM LTLN Kapsul yang menjual 16 batang pada harga diatas 25.000.
Kita bisa katakan rokok ini memiliki nilai jual yang kembali lagi, lebih baik. Nilai harga dari rokok ini sekitar 8 dari 10.
Kemudian kita coba ulas kemasannya dengan saksama
1 Komentar
pertama beli enak bgt mentolnya, pas kesini sini mentol nya hilang.. tolong kembalikan lagi mentolnya
BalasHapus