Esse Change Juicy, SKM LTLN Superslims Pertama Dengan Tropiz Fruit Sensation (Mangosteen Flavor Tipped dan Mangomint Capsule)

Selamat sore,

Sudah lama saya tidak membuka dan menuliskan blog ini, dikarenakan terkait dengan masalah pribadi yang saya alami beberapa bulan terakhir. Adapun untuk Anda yang menanyakan kapan saya mereview Dunhill International Lights dan Menthol, tunggu saja hingga rentetan review produk SKM selesai terlebih dahulu. Harap maklum. Hal ini dikarenakan kondisi mood saya yang kurang stabil beberapa bulan lalu, sehingga saya tidak ada mood untuk menulis. 

Review yang saya akan buat kali ini ialah Esse Change Juicy, dimana Esse Change Juicy ini merupakan produk pertama dari KT&G yang menggabungkan dua jenis sensasi buah dalam satu batang rokok. Untuk rasa buah sendiri yang ada pada rokok ini, terdiri dari dua jenis buah. Yakni Manggis atau Mangosteen yang terletak pada bagian tipping, dan Mangga atau Mango (dalam bentuk Mangomint Capsule). Esse Change Juicy ini mungkin merupakan sebuah terobosan yang sekiranya sesuai dengan konteks segmentasi pasar dari produk Esse SKM sendiri, yakni 18-30 tahun, memiliki keingintahuan tinggi, dan juga berusaha mencari hal yang sekiranya baru. 

Adapun produk ini sekiranya baru masuk sekitar Jumat lalu, tepat pada tanggal 1 Maret 2019. Sebenarnya juga, ada beberapa pihak dalam Group WhatsApp Review Rokok yang sekiranya membocorkan adanya produk ini. Namun dikarenakan bocoran yang beredar sudah dikatakan produk sampling, maka mungkin saja foto yang beredar tersebut merupakan barang untuk uji coba pasar. Beberapa analisis yang akan saya jabarkan dalam tulisan dibawah ini akan menggambarkan secara singkat mengapa KT&G Indonesia meluncurkan Esse Change Juicy sebagaimana berikut:
  1. Esse Change Juicy, atau saya cukup menyebutnya dengan Change Juicy, merupakan sebuah terobosan dari R&D KT&G Indonesia atas respon pasar dari Esse SKM yang sekiranya memiliki pertumbuhan cukup baik untuk sebuah brand International. Angka pastinya saya tidak ketahui, tapi sekiranya mungkin saja KT&G Indonesia memiliki market share diatas 3% dari keseluruhan penjualan rokok di Indonesia. Kesuksesan dari Esse Change Applemint Capsule dan Esse Change Grape sekiranya membuat KT&G mencari inovasi lain yang sesuai dengan target pasarnya, yakni millennial. Saya menduga, pemilihan buah tropis merupakan opsi yang sudah direncanakan sekitar dua tahun yang lalu. Dan adapun pemilihan manggis dan mangga dalam rasa rokok ini, sekiranya diduga memiliki hasil yang mampu menarik millennial untuk mencoba dan merasakan rokok ini.
  2. Pemilihan manggis dan mangga pada rokok ini sekiranya bukan tanpa alasan. Dua buah ini memiliki karakteristik rasa yang sangat "juicy" bila dibandingkan dengan buah lain. "Juicy" yang dimaksud dalam rokok ini memiliki karakteristik asam yang segar, dan terkesan memiliki tingkat air yang tinggi, sehingga mampu memicu saliva (ludah) untuk mengeluarkan sensasi "juicy", sebagai respon atas rangsangan rasa yang ditawarkan oleh rokok ini. Dan mungkin saja, rokok ini akan menjadi sebuah tren dalam dunia industri SKM di Indonesia, yakni menggabungkan dua jenis buah dalam satu batang rokok.
  3. Dapat dikatakan bahwa dengan adanya pertumbuhan pasar dari KT&G di Indonesia itu sendiri, dan juga hasil riset menunjukan bahwa gabungan dua buah tersebut mampu memicu produksi saliva lebih banyak, sehingga rokok ini mampu menciptakan sensasi "juicy" yang pada akhirnya memicu reaksi sensorik sehingga merasakan kenikmatan yang berbeda. 
Baiklah, itu sedikit analisis dari saya terkait dengan produk ini. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga dari rokok ini saya beli dengan harga Rp. 23.000 (cukai 17.925) dengan kuantitas isi sebanyak 20 batang. Terhitung banyak, namun memiliki harga cukup mahal dikarenakan ongkos riset dan bahan baku untuk rokok ini terbilang mahal. Untuk harga sendiri saya beri nilai 6.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar merah jingga, kuning, dan juga hijau. Bagian depan kemasan, terutama bagian plastik cellophane terdapat penanda produk ini merupakan produk baru, dengan adanya tulisan NEW. Tulisan NEW ini memiliki kesamaan dengan Esse Change Grape, yakni segitiga dengan adanya tulisan berwarna hitam. Bagian kiri depan, terdapat pattern Esse Mild series yakni berupa beberapa kotak dengan posisi cenderung mengerucut dan cenderung tidak beraturan. Pattern kotak ini menggunakan warna pink, merah tua, hijau kekuningan, dan orange. Bagian kanan depan atas, terdapat logo Esse yakni huruf E dalam sebuah rounded rectangle yang memiliki pattern. Efek pada huruf E tersebut ialah hologram, dan memiliki efek emboss yang cenderung tebal, serta menggunakan warna silver. Di bagian kiri logo E, terdapat tulisan ESSE dengan font serif dan memiliki emboss halus, dan menggunakan warna putih. Bagian bawah logo ESSE, terdapat logo CHANGE, dengan huruf A menyerupai segitiga siku-siku, dan memiliki warna gradasi kuning ke putih. Bagian bawah tulisan CHANGE, terdapat rounded rectangle bertuliskan JUICY dengan warna rounded rectangle ialah merah jingga, dan tulisan yakni kuning. Bagian bawah tulisan JUICY, terdapat logo capsule khas Esse, yakni terdapat sinar berwarna kuning dan hijau, dan warna capsule yakni hijau di bagian luar, serta kuning di bagian dalam, yang dilengkapi dengan panah "PLAY". Di bagian kiri batang, terdapat tulisan 20 BATANG, bagian kanan bertuliskan SUPER SLIM, KRETEK CIGARETTE, dan SKM. 

Bagian belakang hampir memiliki kesamaan dengan bagian depan. Hanya saja, terdapat penanda kapsul yang ada pada rokok ini dalam sebuah objek yang melambangkan batang rokok dan efek splash. Dan terdapat juga tulisan KLIK! DAN RASAKAN SENSASI TROPIZ. Entah apa gerangan Esse mengatakan rokok ini menggunakan sensasi TROPIZ, bukan TROPIS. Bagian kanan kemasan terdapat larangan jual dan logo KT&G, dan bagian kiri kemasan terdapat tulisan ESSE CHANGE JUICY. Bagian atas kemasan terdapat tulisan ESSE CHANGE JUICY dan tulisan 20 BATANG berwarna putih, dan bagian bawah terdapat nama pabrik serta kode produksi. Adapun untuk edisi ini masih terdapat strip berwarna hitam, melambangkan bahwa bagian cellophane terdapat objek tercetak. Cukup menarik dan menurut saya colorful. Untuk kemasan rokok ini saya memberi nilai 8.85 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner hinge lid dari rokok ini memiliki kesamaan dengan Esse Change secara umum, yakni World No. 1 Superslim Brand* berdasarkan hasil Euromonitor. Namun, dalam latar tulisan dari tulisan 1 tersebut memiliki warna orange. Untuk inner frame dari rokok ini terdapat tulisan Click to CHANGE, yang melambangkan adanya fitur klik untuk mengganti rasa. Terdapat juga semacam kapsul dan efek shine yang melambangkan fitur kapsul dalam rokok ini. Model inner frame memiliki kesamaan dengan Esse Change produksi tahun 2018 keatas, yakni cenderung menutupi beberapa batang rokok. Foil dari rokok ini menggunakan warna silver, dan terdapat efek emboss yang bertuliskan KT&G, dan Korea Tomorrow & Global. Sangat disarankan untuk tidak membuka foil-nya, dikarenakan rokok ini pada dasarnya menggunakan flavor tipped, dimana flavoring buah dari rokok ini melapisi bagian tipping paper.

Namun karena saya penasaran dengan bagian dalam dari rokok ini, maka saya mencoba menarik foil-nya dengan seksama


Rokok ini memiliki tipping paper berwarna putih, dan memiliki susunan berupa 10 di depan serta 10 di belakang. Total kuantitas rokok ini ialah 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 100mm, dengan diameter sekitar 17mm atau lebih. Sehingga rokok ini masuk ke dalam kategori superslims. Adapun bagian batasan tipping paper dari rokok ini bertuliskan CHANGE dengan warna hijau, dan memiliki batasan garis berupa garis berwarna merah jingga, Terdapat tulisan ESSE dengan warna yang sama dengan bagian garis, dan kapsul yang berada di bagian dekat batasan berwarna hijau. Kapsul yang ada pada rokok ini ialah Mangomint, dengan instruksi perlakuan berupa panah. Perforasi laser yang digunakan berjumlah tiga baris, dengan adanya jarak yang cukup berdekatan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan memiliki sensasi manis berpadu dengan asam segar yang ditawarkan oleh rasa utama dari rokok ini, yakni Manggis. Sensasi asam manis ini terhitung cukup kuat dan terasa. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan gabungan dari asam Manggis, adanya vanilli, dan juga licorice dalam intensitas yang baik. Sensasi manis Manggis ini seakan berpadu dengan sensasi spicy  dan fruity khas yang ditawarkan oleh saus khas dari Esse Mild Series itu sendiri, dengan campuran pisang dan sedikit nangka dan leci. Adapun sensasi manggis yang ditawarkan oleh rokok ini terbilang cukup terasa meskipun saat saya mencobanya terlihat jelas karakter khas dari Esse Mild Series-nya. Sensasi fruity ini bisa dibilang lebih kuat dibandingkan dengan sensasi spicy yang ditawarkan oleh rokok ini. Saya bisa merasakan adanya adas manis, kapulaga, dan kayumanis yang menjadi bahan saus dari rokok ini. Dikarenakan rokok ini menggunakan flavor tipped, maka sensasi saus ini cenderung tertutupi dengan sensasi buah yang ditawarkan oleh rokok ini. Meskipun pada akhirnya saya mengakui bahwa sensasi asam rokok ini seakan membantu saya untuk menikmati rokok ini secara hikmat. Cengkeh yang digunakan pada rokok ini terbilang menggunakan jenis yang memiliki rasa lemah, hal ini cukup mampu menghantarkan sensasi rasa khas juicy yang ditawarkan dari rokok ini.

Blend dari rokok ini dominan dengan Tembakau Virginia dan beberapa jenis Tembakau Berjenis Oriental asal Indonesia. Sensasi kelembutan rasa khas dari Tembakau Virginia cukup terasa pada rokok ini, dengan adanya kandungan gula alamiah yang terkandung pada tembakau dari rokok ini. Adapun sensasi nutty juga muncul dikarenakan adanya penambahan beberapa jenis Tembakau Oriental asal Indonesia. Kemungkinan besar, tembakau yang digunakan, salah satunya berasal dari Temanggung. Cukup balance, dan sedikit earthy. Dalam hal ini, cenderung memiliki sensasi hangat yang terasa ketika sebelum di klik. Bila dikeluarkan lewat hidung, maka akan tercium aroma sedikit fruity dari Manggis dan saus dari rokok ini, dan aromanya cenderung lembut sekali. Tarikan sebelum di klik cenderung mantap dan sedikit berkarakter, throat hit tidak ada, dan harshness juga dalam intensitas sedikit sekali. Durasi bakar sebelum diklik ialah 10-11 menit, dalam artian rokok ini memiliki durasi bakar terhitung sama dengan rokok SKM LTLN kebanyakan di Indonesia. Aftertaste sebelum di klik ialah sensasi licorice yang cenderung kuat, adanya sentuhan rasa manggis yang intens dan terasa, serta sensasi nutty yang cenderung terasa. Namun kelemahannya ketika sebelum di klik, secara umum ialah rasa juicy yang kurang begitu terasa bila dibandingkan ketika di klik.

Untuk mengaktifkan fitur Change dalam rokok ini, Anda cukup memosisikan jempol dan telunjuk Anda di bagian yang sudah ditandai layaknya berikut ini


Kemudian, Anda cukup mendorongnya hingga terdengar bunyi 'klik' layaknya gambar berikut. Saya menyarankan untuk mengkliknya di seperempat bakaran awal.


Ketika di klik, rokok ini cenderung memiliki sensasi awal Mangga Kweni yang cukup terasa, disertai adanya sensasi mint dalam intensitas lebih lemah, bila dibandingkan dengan Esse Change Applemint Capsule ataupun Esse Change Grape. Sensasi asam dari Mangomint capsule mulai terasa dan menguat pada hisapan kedua dan seterusnya, dengan dominan rasa mint dan mangga namun cenderung cukup baik. Layaknya Mangga Kweni yang baru dipetik, rokok ini memiliki tingkat keasaman dan kemanisan yang sangat baik, dengan adanya sensasi "Juicy" yang justru muncul ketika rokok ini sudah di klik. Sensasi mint sangat menguat ketika hisapan mendekati setengah bakaran, dengan adanya sensasi mangga yang cenderung mulai menghilang. Namun, hal ini bukanlah menjadi masalah, dikarenakan sensasi "Juicy" yang ditawarkan oleh rokok ini terbilang cukup baik pada posisi tersebut.

Pada seperempat bakaran terakhir, rokok ini masih menyisakan sensasi asam yang terbilang sangat baik, meskipun sudah mulai menghilang. Sensasi blend khas Esse Mild Series mulai tertutupi dengan aroma dan rasa Mangomint yang cenderung sangat kuat. Bila dikeluarkan lewat hidung, rokok ini mengeluarkan sensasi aroma mangga yang cenderung matang sempurna dan pas, serta sedikit sensasi dingin di bagian rongga hidung. Tarikan setelah di klik cenderung lebih enteng, throat hit dan harshness tidak terdeteksi sama sekali. Durasi bakar setelah di klik berkisar 8-9 menit, dalam artian lebih cepat bila dibandingkan dengan sebelum di klik. Aftertaste yang ditawarkan  setelah di klik cenderung asam segar, dengan adanya sensasi mangga yang meninggalkan kesan baik di lidah dan tenggorokan, dan sensasi dingin yang sedikit intens.

Adapun kelemahan rokok ini sama saja dengan Esse Change Series, yakni ketika bakaran berada di posisi akhir, maka rokok ini cenderung memiliki sensasi rasa yang sangat lemah. Sensasi mint juga mulai menghilang, begitu juga sensasi mangga yang ditawarkan oleh rokok ini. Dan juga, bagi sebagian orang akan merasakan sensasi artifisial yang ditawarkan oleh rokok ini, terutama ketika sebelum di klik. Meskipun begitu, rokok ini menurut saya pribadi jauh lebih enak, bila dibandingkan dengan varian Esse Change lainnya. Dan dikarenakan rokok ini merupakan gabungan dari dua jenis buah dengan rasa berbeda, perpaduan ini menurut saya sangat menarik. Untuk rasa, saya memberi nilai 9.05 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan sensasi rasa yang menurut saya terhitung sangat unik, perpaduan sensasi unik buah yang sangat berbeda dibandingkan varian lain dari Esse, dan sensasi "Juicy" yang cukup dapat, membuat rokok ini seakan mampu menciptakan pasar baru dalam kategori rokok Switch di Indonesia. Yakni Flavor + Switch Superslims. Adapun kelemahan dari rokok ini ialah cenderung terasa ketika di akhir bakaran, dengan sensasi yang cenderung melemah dan hampir tidak menarik. Untuk distribusi sendiri, rokok ini sudah bisa didapatkan di beberapa warung di kawasan Jabodetabek, Familymart, Alfamart, dan Indomaret. Untuk wilayah lain kemungkinan menyusul. Overall, saya memberi nilai dari rokok ini 8.13 dari 10. Artinya, rokok ini menang pada sensasi rasa dan kemasan. Namun untuk harga saya kurang begitu merekomendasikannya. Bagi saya, rokok ini wajib untuk dicoba oleh Anda, terutama yang memang mencari sensasi rasa sangat baru dan berbeda.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Saya teringat rasa dari esse shuffle pop yg manggo mint bang, rasa nya itu yg segar dan ada sensai masam khas mangga nya

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  3. pertama kali pas awal maret di WA teman, ada Esse baru di minimarket yaitu Change Juicy, pas awal beli harga masih 23rb, skrg sudah turun jadi 21.500...jujur yg ini langsung jadi favorit sampai sekarang, apalagi kalau sudah dibuka kemasannya, aromanya itu yg menggoda

    BalasHapus
  4. Di minimarket sby kok gda ada ya 2 bulan nyari ga nemu²

    BalasHapus
  5. Saya perokok harian esse applemint bang, tp blm nyoba yg varian ini, jadi kalo sblm di klik terasa manggis kalo diklik berasa mangga begitu kah bang..? Selain esse saya jg penggemar GG Shiver bang. Salam

    BalasHapus