Clas Mild Silver, SKM LTLN Dari Nojorono Group Dengan Keunggulan Rasa Manis Lebih Ringan dan Harga Lebih Terjangkau

Selamat sore,

Ada kalanya admin saat ini sedang dalam kondisi yang baik, namun ada kalanya admin mengalami kegalauan yang cukup kuat dikarenakan seseorang. Entah mengapa masih banyak sekali hutang review yang harus diselesaikan oleh admin pribadi, salah satunya ialah review Dunhill International Lights dan Menthol, serta review Esse Blue Change yang memang belum sempat dibuat reviewnya. Sebetulnya, admin pribadi tidak begitu sibuk pada saat ini. Namun entah mengapa dikarenakan banyak teman admin mengajak untuk pergi, maka sebenarnya kesibukan itu umumnya mendadak. Harap maklum.

Review yang akan admin buat pada kesempatan kali ini ialah Clas Mild Silver, sebuah produk baru dari Clas Mild yang menyasar kepada SES C-D, hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan terhitung sangat terjangkau untuk kategori rokok LTLN atau lazim disebut dengan Mild. Yakni hanya 15.000 Rupiah saja. Produk ini sebenarnya sudah admin ketahui sejak bulan November 2018, namun ketika itu saya menuliskan twitnya sebagai berikut (meskipun pada akhirnya untuk harga rokok ini ternyata masuk ke segmen Value For Money):



Prediksi harga rokok ini ternyata salah besar, sehingga saya mengkonfirmasi kembali mengenai produk ini pada Januari lalu




Produk ini pada akhirnya diluncurkan sekitar awal Februari lalu, dimana pada saat itu admin berusaha mencoba rokok ini sebagai uji coba awal rasa dari rokok ini. Bisa dilihat bagaimana respon admin ketika pertama kali mencoba rokok ini dengan seksama:




Pada akhirnya, setelah sebulan lebih lamanya, admin baru bisa mereview rokok ini dikarenakan waktu baru tersedia pada kisaran bulan ini. Harap maklum. Untuk penjelasan mengapa rokok ini bisa diluncurkan dan merupakan produk segmen Value For Money kedua (setelah Clas Mild isi 12 Batang) yang dikeluarkan oleh Clas Mild dapat  dilihat sebagaimana berikut:
  1. Clas Mild Silver, atau beberapa orang menyebutnya sebagai Clas Mild Biru (merujuk kepada warna kemasan) merupakan produk varian pertama yang dikeluarkan oleh Nojorono Group di tahun 2019 ini, sebagai respon atas peningkatan harga Clas Mild yang dikatakan sudah bisa ditoleransi lagi, terutama bagi sebagian perokok loyal yang dimiliki sebelumnya. Clas Mild Silver menawarkan inovasi yang sebenarnya tidak begitu jauh dengan Clas Mild versi Regular, yakni authentic taste, blend yang baik dan berkualitas, dan teknologi terkini dalam pembuatan rokoknya. Namun, sejauh ini, hal yang membedakan dengan Clas Mild versi Regular ialah tingkat kemanisan (dalam hal ini dikarenakan bahan pemanis yang berbeda) yang ditawarkan dan sensasi hisapan yang agak berbeda. Hal ini merupakan jawaban dari Nojorono Group atas kenaikkan harga Clas Mild Regular yang bisa dikatakan tidak terjangkau bagi sebagian orang.
  2. Nojorono Group, sebagai salah satu pemimpin dalam segmen Value For Money di Indonesia, tidak ingin konsumen loyalnya berpindah ke merek lain. Umumnya, produsen model ini membuat banyak varian agar bisa menjangkau berbagai lapisan konsumen dengan keinginan yang berbeda. Kemungkinan besar, hasil riset dari Nojorono Group menunjukkan bahwa setidaknya konsumen SES C-D menginginkan rokok dengan kualitas tinggi dan teknologi yang sama, namun dengan harga yang bisa dijangkau oleh mereka. Riset ini saya duga dilakukan selama 2 tahun, dan selesai pada akhir 2018. Pada akhirnya, setelah melakukan perhitungan secara matang, terciptalah Clas Mild Silver yang saat ini dijual oleh Nojorono.
  3. Dapat disimpulkan bahwa Clas Mild Silver merupakan jawaban dari Nojorono Group atas peningkatan harga yang tidak bisa dijangkau oleh sebagian orang, dan rokok ini menawarkan inovasi rasa lebih ringan dibandingkan Clas Mild versi Regular, dengan adanya penyesuaian Grade dari Tembakau dan pemanis yang digunakan oleh rokok ini.
Baiklah, itu sedikit analisis dari saya terkait dengan produk ini. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan harga Rp. 15.000 (cukai 17.925) dengan kuantitas isi sebanyak 16 batang. Terhitung sangat terjangkau bila dibandingkan dengan kompetitor utama dari rokok ini, yakni Magnum Mild yang menawarkan harga sekitar Rp. 17.000 per 16 batang. Untuk harga rokok ini saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar navy blue dan silver. Pada bagian depan kemasan terdapat pattern seamless line diagonal pattern dengan adanya efek emboss cenderung kuat namun bertekstur gerigi. Pattern tersebut menggunakan warna dasar navy blue dengan latar berwarna navy blue lebih muda sedikit. Terdapat logo Clas Mild di bagian tengah kemasan dengan adanya rounded rectangle cenderung memiliki unsur sedikit abstrak, tulisan CLAS sedikit miring, dan tulisan MiLD dengan model tulisan agak sedikit abstrak. Tulisan CLAS MiLD tersebut cenderung terkesan lebih simpel dan elegan bila dibandingkan dengan kemasan Clas Mild Regular. Efek emboss yang ditawarkan oleh logo Clas Mild cenderung tebal dan kuat, dengan warna logo yakni silver. Terdapat tulisan SILVER dengan font model modern untuk melambangkan kesan modern yang ingin ditawarkan oleh rokok ini. Tidak terdapat unsur emboss pada bagian tulisan SILVER. 

Bagian belakang terdapat penjelasan mengenai rokok ini, yakni dibuat dengan tembakau pilihan dan cengkeh, dibuat dengan perpaduan seni meracik dan teknologi, dan pada intinya perokok bisa menjelajahi sensasi rasa otentik dari Clas Mild Silver. Bagian samping kanan terdapat tulisan 16 dan SIGARET KRETEK, dan MESIN yang dipisahkan dengan sebuah lingkaran. Bagian kiri kemasan terdapat logo Clas Mild Silver tanpa adanya emboss di bagian logo. Bagian atas terdapat logo Clas Mild Silver beserta pattern, dan dibagian bawah terdapat hal yang sama. Produk ini dibuat oleh PT N.T.I Kudus, atau lazim disebut sebagai PT Nojorono Tobacco International. Cenderung memiliki unsur simplisitas dan terkesan lebih baik dibandingkan kemasan Clas Mild Versi Regular. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner frame dan inner hinge lid menggunakan warna navy blue, dengan model inner frame cenderung standar. Bagian foil menggunakan pattern dot dan cenderung bertekstur kasar layaknya Clas Mild Versi Regular. Hal yang membedakan dengan Clas Mild Versi Regular ialah warna foil yang digunakan, pada rokok ini menggunakan warna foil yakni silver, sesuai dengan nama rokok ini.

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Pada bagian dalam dari foil (dan tidak terfoto), terdapat tulisan CLAS MILD 16, yang sama dengan produk Clas Mild Versi Regular. Terdapat batang rokok berwarna putih. Susunan batang rokok ini ialah 8 di depan, dan 8 di belakang, dengan kuantitas sebanyak 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 90mm dan memiliki diameter batang sekitar 23mm atau lebih. Pada bagian tipping paper, terdapat batasan berupa garis berwarna silver, dan tulisan SILVER dengan menggunakan warna silver. Terdapat logo CLAS MILD dengan warna silver dan abu-abu. Perforasi laser yang digunakan berjumlah dua baris, dengan model perforasi laser berupa dot dan jarak antar lubang cukup berdekatan satu sama lain. 

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan memiliki sensasi manis yang lebih artifisial bila dibandingkan dengan Clas Mild Regular, dan sensasi fruity yang cukup kuat. Terdapat sedikit sensasi honeyish dari flavoring dari rokok ini, yakni madu. Namun ketika dibakar, rokok ini memiliki sensasi rasa manis yang terasa mulai kuat, disertai dengan adanya sensasi sedikit spicy dan sensasi fruity yang terkesan lebih kuat. Sensasi utama yang ditawarkan oleh rokok ini ialah madu, dimana sensasi madu ini merupakan madu yang terkesan terkaramelisasi dan cenderung memiliki sensasi rasa madu yang kuat. Untuk sensasi fruity dari rokok ini sama dengan Clas Mild Regular, yakni leci dan sedikit unsur nangka, dimana sensasi leci dimaksudkan untuk menciptakan sensasi rasa lebih netral, dan nangka untuk sedikit menciptakan sensasi khas dari rokok Kretek Indonesia. 

Sensasi spicy yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung agak lemah, namun tetap terasa hangat. Kemungkinan besar, sensasi spicy dari rokok ini merupakan gabungan dari kayumanis, adas manis, dan kapulaga. Cenderung menggunakan pemanis yang terkesan berbeda dengan Clas Mild Versi Regular. Ada kemungkinan menggunakan glikosida steviol dan aspartam sebagai pemanis dari tipping paper rokok ini, dan kemungkinan juga ditambahkan pada blend dari rokok ini. Cengkeh dari rokok ini terkesan cukup baik, namun agak lemah bila dibandingkan dengan Clas Mild versi Regular. Sedikit hangat, dan terkesan lebih lemah bila dibandingkan dengan versi Regular. Meskipun begitu, sensasi kehangatan ini tetap sedikit terasa di tenggorokan, meskipun terkesan lebih lemah.

Agaknya, blend yang ditawarkan oleh rokok ini merupakan gabungan dari Tembakau Virginia dan beberapa jenis Tembakau berjenis Oriental asal Indonesia. Cenderung memiliki sensasi rasa gula alamiah yang khas dari Tembakau Virginia, dan sensasi rasa nutty khas yang ditawarkan oleh Tembakau berjenis Oriental asal Indonesia. Cenderung sedikit lebih lemah sensasi nutty yang ditawarkan oleh rokok ini, bila dibandingkan dengan Clas Mild Versi Regular. Ada kemungkinan, Tembakau berjenis Oriental yang digunakan merupakan gabungan dari Tembakau Temanggung, Madura, dan sedikit Boyolali. Grade yang digunakan oleh rokok ini cenderung berbeda satu hingga dua tingkat bila dibandingkan dengan Clas Mild Versi Regular. Bila dikeluarkan lewat hidung, rokok ini cenderung mengeluarkan aroma yang terkesan lembut dan halus, serta adanya aroma nutty sedikit terasa. Tarikan dari rokok ini terkesan halus mantap, dengan sensasi hisapan cukup baik dan hampir setara dengan Clas Mild Versi Regular. Hanya saja, menurut saya pribadi, rokok ini lebih terkesan lebih enteng sedikit untuk ditarik bila dibandingkan dengan Clas Mild Versi Regular. Sensasi harsh hampir tidak ada pada rokok ini, dimana cenderung terasa nyaman dan tidak kasar secara umum. Throat hit tidak ada sama sekali, dalam artian rokok ini mampu menawarkan sensasi rasa yang tidak menusuk tenggorokan sama sekali.

Durasi bakar dari rokok ini sekitar 11-12 menit tergantung bagaimana cara Anda menghisap rokok ini. Aftertaste dari rokok ini ialah sensasi madu yang cukup terasa di lidah dan mulut, sensasi nutty yang terasa cukup kuat dan sensasi rasa fruity yang cukup melekat di tenggorokan dan lidah. Namun, kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati bakaran akhir, cenderung meninggalkan sedikit sensasi panas di jari dan mulut, dan cenderung mulai terasa panas pada batasan tipping paper. Untuk sensasi chemical taste sendiri, rokok ini tidak terlalu mengeluarkan sensasi kuat pada akhir bakaran, namun tetap sedikit terasa. Saya merasa rokok ini terhitung memiliki rasa cukup baik, namun dengan sensasi terkesan sedikit berbeda dikarenakan pemanis dan grade tembakau yang digunakan berbeda dengan Clas Mild versi Regular. Agak kurang direkomendasikan bila ditemani minuman manis, dikarenakan rokok ini cenderung menggunakan pemanis artifisial lebih terasa bila dibandingkan dengan Clas Mild versi Regular. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.82 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa rokok ini yang terhitung cukup baik dengan harga lebih terjangkau, membuat rokok ini seakan merupakan kompetitor dari Magnum Mild yang saat ini memimpin pada segmen Value For Money. Adapun kelemahan rokok ini ialah rasa manis yang terhitung lebih artifisial, sensasi panas mulai terasa ketika mendekati akhir bakaran, dan sensasi manis khas yang hilang ketika ditemani minuman manis. Adapun distribusi rokok ini sudah bisa ditemukan di toko dan warung di berbagai wilayah Indonesia. Rokok ini kemungkinan sengaja tidak masuk pada toko modern trade semisal Indomaret atau Alfamart, dikarenakan tidak sesuai dengan target pasar yang ingin dituju. Overall, saya memberi nilai rokok ini 81.96 dari 10. Artinya rokok ini memang cukup baik dari segi harga dan kemasan, namun untuk rasa rokok ini terhitung merupakan "weak version" dari Clas Mild versi Regular. Meskipun saya pribadi sangat bisa menikmati rokok ini dengan seksama.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Eh kontol, knpa lu kick gue dr grup Review Rokok 2 ? Udh mrasa sotoy dan sok jagoan ya ?

    BalasHapus
  2. @TAUFIK ZULFIANDRA terserah dia lah, dia kan adminnya

    BalasHapus
  3. Enak rasa rokok clas mild silver sekarang kaya rasa mirip rokok star mild dan sampoerna platinum juga dunhill ultra

    BalasHapus
  4. Hanyalah kepada bocah-bocah itu
    Ada seorang namanya
    1 @Network Television Official
    2 @Iklan Rokok Ganti Peringatan 2019
    Jadi semuanya bocah itu
    DASAR BEGO GOBLOK KAMPRET...

    BalasHapus
  5. EDENPOKER

    SITUS JUDI ONLINE DENGAN KESEMPATAN MENANG DAN JACKPOT LEBIH MUDAH
    - MINIMAL DEPOSIT CUMA 15RIBU
    - BONUS REFFERAL 10% ( Dibagikan Setiap Hari Kamis)
    - BONUS TURNOVER 0,5% ( Dibagikan Setiap Hari Kamis)
    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10RIBU MINIMAL DEPOSIT 15,000
    - BONUS NEXT DEPOSIT 5% MINIMAL DEPOSIT 50,000
    - PROSES DEPOSIT & WITHDRAW CEPAT
    EDENPOKER MEMPUNYAI 7 GAME YANG BISA DIMAINKAN DALAM 1 USER ID
    POKER | CEME | CAPSA SUSUN | DOMINO | OMAHA | SUPER10 | CEME KELILING

    BISA HUBUNGI KAMI DISINI
    WA : +85578633569
    Pendaftaran Dapat Dibantu !
    Hubungi Livechat kami di WWW,EDENPOKER,ME untuk dapetin ID PRO++

    BalasHapus