Win Mild POP, SKM LTLN Value For Money Dengan Keunggulan Mango Mint Capsule

Selamat sore,

Agaknya, postingan kali ini seharusnya diposting pada minggu lalu. Namun dikarenakan beberapa hal yang membuat admin terkendala dalam menuliskan postingan ini maka pada akhirnya admin baru bisa menuliskan postingan ini pada minggu ini. Terlebih admin harus mencari waktu lowong untuk membuat postingan yang ada di blog ini. Saya belakangan juga mulai malas untuk menulis, terlebih saya juga sepertinya kurang mendapat inspirasi untuk menuliskan postingan yang ada di blog ini. Jadi, harap maklum bisa dikatakan memang saya cenderung akan menuliskan postingan ke depan secara singkat dan padat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memposting review rokok yang belakangan menjadi tren di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan fitur kapsul yang sangat unik, produk ini dinamakan sebagai Win Mild POP. Produk ini sejatinya mulai dijual pada pertengahan Agustus tahun 2017 ini, dan belakangan mulai melakukan ekspansi di beberapa daerah pada bulan November ini. Produk ini merupakan portofolio TSPM (bisa dibilang juga KT&G) pertama pada segmen Value For Money dengan keunggulan kapsul yang disebut dengan "Mango Mint Flavor" dimana inovasi ini merupakan inovasi pertama yang dikeluarkan untuk segmen Value For Money secara umum di Indonesia.  Dan untuk produk ini saya beli oleh salah satu pengikut setia saya yang berada di daerah Padang, dimana rokok ini kebetulan baru saja dijual di daerah tersebut. Analisis ini sedikit menggambarkan mengapa Win Mild meluncurkan Win Mild POP sebagaimana berikut ini:
  1. Win Mild POP merupakan produk pertama yang dikeluarkan oleh TSPM pada segmen "Value For Money" dimana sangat sedikit pabrikan rokok yang menawarkan inovasi yang sekiranya mampu menjadi game-changer pada segmen ini. Dimana bisa dikatakan jarang sekali rokok segmen ini yang menawarkan inovasi dikarenakan adanya inovasi akan menambah harga penjualan sehingga pada umum membuat harga yang dijual tidak bisa dikatakan sebagai rokok Value For Money. Dengan mengandalkan teknologi yang diberikan oleh KT&G yakni teknologi kapsul, TSPM sebagai afiliasi dari KT&G berusaha menyajikan inovasi untuk kelas menengah yang pada saat ini di Indonesia cukup tinggi angkanya. Pertumbuhan SKM juga bisa dikatakan sangat tinggi, mengingat berdasarkan laporan kuarter kedua Philip Morris International tahun 2017 mengatakan bahwa penjualan SKM pada saat ini mencapai 77.1% dengan pertumbuhan LTLN yang bisa dikatakan sangat tinggi, membuat TSPM pada akhirnya berani mengeluarkan Win Mild POP, tentunya juga disertai dengan riset yang panjang, dimana kebanyakan orang cenderung menyukai rasa mangga ketimbang buah lain. Dengan iklim Indonesia yang tropis, buah mangga merupakan salah satu buah yang memang paling disukai oleh masyarakat Indonesia, KT&G pada akhirnya berani mengeluarkan Win Mild POP dengan rasa mangga. 
  2. Pertumbuhan angka kelas menengah ke bawah bisa dikatakan sangat tinggi. Dikarenakan angka kelas menengah ke bawah yang tinggi, secara umum daya beli yang dikeluarkan cenderung sedikit, sehingga mereka pada umumnya akan membeli rokok dengan harga yang terhitung murah. Meskipun begitu, bagi konsumen 18-30 tahun mereka berusaha mencari rokok dengan inovasi yang tinggi dan juga harga yang terhitung murah. Makanya, TSPM berani meluncurkan Win Mild POP dikarenakan rokok ini dijual dibawah harga rokok SKM LTLN secara umum dan juga adanya kemungkinan pemerataan inovasi yang dilakukan oleh TSPM.
  3. Dapat dikatakan, dengan harga yang murah serta inovasi "Mango Mint Capsule" membuat rokok ini seakan mampu menjawab pertanyaan kelas menengah ke bawah mengenai rokok dengan inovasi tinggi namun dengan harga yang sangat terjangkau. Inovasi ini mampu bisa digambarkan sebagai game-changer dalam industri rokok Value For Money, dimana kebanyakan inovasi di segmen ini hanya berada pada tingkat tar dan nikotin yang rendah dan kebanyakan kurang dari itu. Meskipun rokok ini masuk ke dalam segmen Value For Money, akan tetapi kualitas filter ini terjamin, ini dikarenakan kemungkinan filter rokok ini dibuat di Korea Selatan.
Nah, itu dia sedikit analisis mengapa produk ini bisa diluncurkan pada pertengahan Agustus 2017 dan terus mengalami popularitas yang tinggi. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk rokok ini saya beli dengan harga Rp. 14.000 (beberapa toko bisa menjual dibawah harga tersebut, cukai 13.100) dengan kuantitas isi sebanyak 16 batang. Terhitung murah untuk rokok dengan inovasi kapsul yang bisa dikatakan secara umum dijual dengan harga diatas 16.000. Untuk harga rokok ini saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna putih, silver, dan jingga. Bagian depan dan belakang kemasan terdapat semacam elemen titik yang membentuk garis, dimana gabungan titik tersebut membentuk semacam latar dari bola yang ada pada elemen dalam. Terdapat unsur rounded rectangle yang terpotong di bagian kanan-nya, dengan adanya outline rounded rectangle berwarna silver yang memiliki efek shiny dan dilengkapi efek hologram. Bagian dalam objek terdapat gradasi merah dan jingga, dengan adanya logo Win yakni W1N dengan di angka 1 terdapat segitiga siku-siku berwarna silver dengan warna tulisan putih yang dilengkapi efek emboss dan efek italic, disertai tulisan MILD dengan adanya unsur italic tanpa adanya efek emboss. Terdapat tulisan POP dengan adanya efek hologram unsur shiny. Bagian latar bola terdapat efek spark yakni gabungan titik berwarna putih dengan adanya efek cahaya berwarna putih. Bagian luar bola terdapat semacam wave dengan warna silver dan memiliki efek hologram serta memiliki efek emboss. Bagian bola menggunakan warna kuning jingga dengan adanya efek liquid serta adanya unsur logo "Play" dimana logo "Play" tersebut menggunakan panah berwarna putih. Tertulis WIN TO FRESH berwarna jingga tua dan tulisan 2 in 1 dengan gabungan warna jingga tua dan kuning jingga. Tertulis juga 16 MILD KRETEK FILTER yang menandakan rokok ini berjenis SKM LTLN, dan tulisan MADE IN INDONESIA yang menandakan rokok ini buatan Indonesia. Terdapat tulisan SKM kecil di bagian kanan bawah yang menjadi ciri khas produk TSPM secara umum. Bagian kanan kemasan terdapat logo (18+) yang memang menjadi ciri khas dari Win Mild secara umum, dengan adanya barcode serta larangan jual. Bagian kiri kemasan terdapat tidak ada batasan aman serta kadar tar dan nikotin. Bagian atas kemasan terdapat tulisan W1N MILD berwarna silver dan POP dengan warna merah. Bagian bawah terdapat tulisan pabrik, yang untuk rokok ini diproduksi oleh PT. Purindo Ilufa yang berada di daerah Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Purindo Ilufa sendiri masih tergabung dengan TSPM, yang menjadi afiliasi KT&G di kawasan Indonesia. Saya merasa, kemasan rokok ini terlihat futuristik dan terkesan premium. Namun untuk kemasan depan yang saya dapatkan dalam kondisi yang kurang begitu baik. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner frame dari rokok ini bisa dikatakan sama saja dengan rokok yang umum ditemui di Indonesia. Namun sebagaimana produk 'futuristik' yang dikeluarkan oleh pihak TSPM (dan juga KT&G), terdapat elemen promosi di bagian inner hinge lid yang menggambarkan fitur utama dari rokok ini. Gambar bagian inner hinge lid bisa dilihat di gambar selanjutnya. Foil berwarna silver dengan tanpa adanya unsur spesial.

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Bagian inner hinge lid pada rokok ini mulai tergambar, dengan adanya unsur panah dan bola yang menandakan fitur "switch" yang ada pada rokok ini. Promosi yang ada pada bagian inner hinge lid tertulis MANGO MINT FLAVOR yang menandakan fitur utama dari rokok ini. Susunan batang rokok ini ialah 8 di depan dan 8 di belakang, dengan kuantitas isi sebanyak 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan rokok SKM LTLN secara umum dan tidak ada hal yang spesial. Rokok ini tidak memiliki batasan tipping paper yang jelas, dimana tidak terdapat garis ataupun hal yang menandakan batasan bakaran akhir. Terdapat tulisan W1N MILD berwarna silver, dengan penanda kapsul berwarna kuning yakni bola dengan tanpa adanya unsur "Play" serta tulisan POP berwarna kuning. Perforasi pada rokok ini berjumlah 3 baris, dengan adanya jarak lubang yang berdekatan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa fruity yang sedikit kuat, disertai adanya rasa manis yang cenderung sedikit terasa. Namun bila dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis yang cenderung terasa, disertai adanya sensasi fruity dan sedikit unsur spicy yang cenderung khas dan terasa. Sensasi manis pada rokok ini berada pada intensitas yang menengah, dalam artian rokok ini cenderung meninggalkan kesan manis yang tidak begitu manis, namun kuat akan sensasi a hint of sweetness. Sensasi fruity yang ditawarkan oleh rokok ini ketika sebelum di klik ialah leci, dimana sensasi leci sendiri berada pada taraf intensitas rasa yang menengah namun terasa. Leci yang ada pada rokok ini sangat mengingatkan saya kepada rasa Esse Mild series, dimana sensasi leci yang ditawarkan cenderung kuat, namun untuk rokok ini sepertinya tidak sekuat Esse Mild series dalam intensitas rasa Leci-nya. Sensasi manis yang ada pada rokok ini kuat akan sensasi a hint of sweetness, dimana rokok ini sepertinya menggunakan liquorice yang membuat rokok ini memiliki sensasi manis khas rokok mild yang ditemui di Indonesia. Sensasi spicy yang ditawarkan oleh rokok ini salah satunya menggunakan adas manis dan sedikit kapulaga untuk mampu menciptakan sensasi spicy yang cenderung pas dan tidak berlebihan. Ada sensasi nutty yang terasa ketika menghisap rokok ini, dimana rokok ini menggunakan Tembakau berjenis Oriental sebagai penyusun blend dari rokok ini. Rokok ini juga menggunakan Tembakau Virginia sebagai base dari rokok mild di Indonesia secara umum, sehingga mampu menciptakan kesan rasa yang sedikit lembut, dan juga karena grade tembakau yang ditawarkan oleh rokok ini terbilang rendah maka rasa mild yang ditawarkan kurang begitu superior layaknya Esse Shuffle Pop. Cukup balance dan earthy, dalam artian rokok ini mampu menciptakan kesan rasa yang baik di kelasnya (Value For Money). Seakan menawarkan sensasi mild yang terkesan premium, meskipun bagi saya rokok ini berada pada tingkat blend yang terkesan biasa saja.

Cara mengaktifkan fitur klik rokok ini terbilang mudah, dimana kita bisa memposisikan jempol dan telunjuk ke bagian bulatan berwarna kuning. Letak kapsul pada rokok ini ialah dekat batasan tipping paper atau bagian filter paling ujung


Kemudian kita bisa mendorong bagian jempol dan telunjuk untuk mengaktifkan fitur mango mint yang ada pada rokok ini layaknya berikut sampai terdengar bunyi 'klik'


Bilamana di klik, rokok ini seketika berubah rasa menjadi mango mint, dengan hisapan pertama setelah diklik tidak begitu kuat sensasi mint-nya namun kuat akan sensasi mangga, namun untuk hisapan kedua dan seterusnya, sensasi mint yang ada pada mango mint sebagaimana fitur kapsul dari rokok ini sangat kuat. Sensasi mangga yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung mengingatkan saya terhadap Mangga Kweni, dimana sensasi mangga yang ada pada rokok ini cenderung mirip dengan mangga yang baru dipetik dan dikonsumsi setelah dipetik. Memiliki sensasi asam mangga yang terbilang pas, dalam artian sensasi mangga yang ditawarkan oleh rokok ini terbilang baik dan mampu menggambarkan sensasi mangga yang cenderung khas. Sensasi rasa manis mangga yang ada pada kapsul rokok ini seakan tertutupi dengan sensasi mint kuat, dimana unsur dominan yang ada pada rokok ini justru bukan pada rasa mangga-nya, akan tetapi sensasi mint segar yang kuat layaknya mango mint layaknya Esse Shuffle Pop. Memiliki aroma harum mangga yang terasa, dan juga sensasi mangga yang terkesan manis segar. Sensasi manis mangga matang yang ditawarkan rokok ini terbilang unik, dimana intensitas manis yang ada pada rokok ini tidak sekuat Esse Shuffle Pop, sehingga rasa manis mangga yang ada pada rokok ini cenderung lebih ringan dan terasa namun seakan menawarkan sensasi mint yang sangat kuat. Walaupun begitu, bagi Anda yang sudah mencoba Esse Shuffle Pop dan mendapat rasa mangomint akan merasa sensasi mangga yang ditawarkan terbilang sama persis, meskipun intensitas manis yang ditawarkan agak berbeda. Ini dikarenakan pabrik kapsul untuk rokok ini sama dengan Esse Shuffle Pop, dimana kemungkinan besar filter berkapsul yang ada pada rokok ini masih diimpor dari Korea Selatan. 

Bilamana dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan menawarkan aroma nutty disertai adanya aroma mangga yang sangat wangi serta sensasi dingin di hidung yang terasa. Harshness ketika di klik terbilang rendah, mengingat sensasi mint yang ada pada rokok ini mampu menutupi sensasi harshness bawaan dari rokok ini. Throat hit pada rokok ini ketika sudah di klik terbilang tidak ada, dimana sensasi mint bawaan kapsul rokok ini mampu menciptakan kesan baik di tenggorokan dan tidak membuat tenggorokan tidak nyaman. Akan tetapi, bagi sebagian orang sensasi mint yang ada pada rokok ini cenderung membuat tenggorokan tidak nyaman, dikarenakan sensasi mint pada rokok ini terbilang strong. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 11-12 menit, dalam artian durasi bakar dari rokok ini cenderung lebih lama ketimbang rokok mild yang umum ditemui di Indonesia, namun tetap dalam taraf bakaran yang terbilang pas. Aftertaste yang ada pada rokok ini setelah di klik ialah rasa mint yang bertahan lama disertai sedikit sensasi asam serta manis dari mangga yang juga bertahan lama di tenggorokan. Namun kelemahan rokok ini ialah rasa manis pada rokok ini cenderung melemah ketika mulai mendekati bakaran terakhir, dan juga terdapat sensasi panas ketika bakaran mulai mendekati batasan tipping paper cenderung panas di mulut. Serta, kualitas tipping paper rokok ini bisa dibilang terhitung kurang begitu baik, mengingat bilamana terkena banyak ludah akan terlihat kotor dan tipping paper mulai terlepas dari filter bawaan rokok ini. Saya merasa, rokok ini memang sangat pantas menjadi sebuah game-changer di kelas Value For Money, dimana rokok ini meskipun secara harga terhitung murah, akan tetapi sensasi rasa yang ditawarkan terbilang cukup superior, dikarenakan fitur kapsul yang ada pada filter rokok ini. Dan saya cukup suka dengan rasanya. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.6 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa mango mint yang terhitung unik ketika sudah di klik filter-nya, rasa yang terhitung cukup baik untuk ukuran rokok Value For Money, serta harga yang terhitung sangat terjangkau membuat rokok ini menjadi primadona di kawasan yang sudah menjual rokok ini. Terlebih inovasi kapsul ini cukup jarang pemain, dimana investasi yang dikeluarkan akan lebih mahal. Dengan adanya bantuan dari KT&G, Win Mild POP berhasil menciptakan rokok Value For Money namun dengan inovasi kapsul, yang membuat rokok ini bisa dijual dibawah rata-rata rokok berkapsul secara umum. Namun kelemahan rokok ini ialah pada bagian tipping paper yang cenderung tidak begitu kuat serta membekas ketika terkena ludah banyak, dan juga sensasi rasa yang cenderung melemah ketika mendekati akhir bakaran. Untuk distribusi rokok ini terbilang mudah, dimana rokok ini cukup mudah ditemui di toko dan warung bagi daerah yang sudah terkena ekspansi, semisal saja Padang ataupun Malang. Namun bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek ataupun Jawa Barat, sepertinya rokok ini tidak dijual sama sekali, mengingat dulu Win Mild gagal penjualannya di daerah tersebut. Walaupun begitu, rokok ini bisa dikatakan mudah ditemui via online, dimana rokok ini cukup mudah ditemui di Bukalapak. Overall saya memberi nilai rokok ini ialah 8.8 dari 10. Artinya rokok ini menang pada kemasan yang baik serta harga yang terhitung murah, namun untuk rasa rokok ini kurang begitu baik meskipun rokok ini terhitung enak secara rasa ketika sudah diaktifkan kapsul "Mango Mint".

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. rokok model gini awalnya menarik. tp bikin bosen juga soalnya kualitas tembakau yg dipakai relatif rendah krn mengandalkan essens aja.

    BalasHapus
  2. boleh tu bos info agen/suplier rokok nya

    BalasHapus