Djarum Super isi 12 Batang Edisi Idul Fitri, SKM FF Pertama dengan Promosi Idul Fitri

Selamat malam,

Sudah cukup lama admin tidak menulis di blog ini. Dikarenakan salah satunya ialah hadirnya bulan Ramadhan kemarin yang membuat admin tidak sempat untuk menuliskan berbagai review mengenai rokok yang ada di Indonesia. Dan dalam hal ini admin merasa, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menuliskan posting mengenai review rokok apa saja yang hadir di Indonesia. Sebagaimana mestinya, review yang akan saya tulis sebenarnya bukan review mengenai produk yang dikatakan baru, namun cukup menarik untuk dibahas dikarenakan edisi spesial yang ada pada rokok ini membuat admin akhirnya memberanikan diri untuk mengulas kembali rokok yang sekiranya admin sudah ulas sebelumnya namun dengan isi yang cenderung lebih detail dan juga saya berusaha membahasnya secara rinci, seperti halnya review yang sudah saya buat sebelumnya di blog ini.

Pada kesempatan kali ini, admin akan mereview rokok yang sekiranya termasuk rokok yang sekiranya dikonsumsi oleh banyak kalangan, yakni Djarum Super, dengan kemasan yang sebenarnya sama saja dengan kemasan regular yang sudah dimiliki oleh Djarum Super. Namun hal yang membedakan dengan Djarum Super regular ialah terletak pada plastik pembungkus dari rokok ini, dimana pada bagian plastik pembungkus rokok ini terdapat semacam promosi yang membawa pesan Selamat Idul Fitri yang sekiranya jarang sekali perusahaan rokok yang memberi ucapan Idul Fitri, dan sekiranya ucapan tersebut sebenarnya memiliki kontradiksi sendiri dengan produk rokok yang sebagian ulama dan kalangan pemuka agama yang cenderung menyatakan bahwa rokok merupakan sebuah hal yang di haramkan bagi sebagian ulama dan kalangan pemuka agama. Ucapan ini sebenarnya hanyalah bentuk upaya PT Djarum dalam menyambut selebrasi Idul Fitri pada tahun ini, dimana di tahun-tahun sebelumnya, pada umumnya Djarum hanya melakukan edisi khusus pada acara olahraga (terutama Sepak Bola) saja. Namun entah apa yang ada dalam pikiran PT Djarum, pada tahun ini mereka berani mengeluarkan kemasan edisi promosi dengan membawa selebrasi keagamaan yang bisa dikatakan hampir tidak mungkin untuk produk yang sebagian kalangan cenderung anti terhadap rokok. 

Analisis mengapa PT Djarum melakukan promosi pada kemasan Djarum Super kali ini tentunya memiliki dasar yang besar. Beberapa argumen analisis yang saya bisa tampilkan pada postingan kali ini bisa dibaca di bawah ini diantaranya sebagaimana berikut:
  1. Djarum Super merupakan portofolio penyumbang terbesar keuntungan yang dimiliki oleh pihak PT Djarum secara umum. Dengan konsumen yang dikatakan sangat besar dan juga penjualan yang bisa dikatakan selalu meningkat dari tahun ke tahun membuat Djarum Super menjadi produk yang diunggulkan secara keseluruhan dari pihak PT Djarum. Djarum Super berdasarkan Top Brand tahun 2014 Index Fase 1, menempati posisi pertama dalam penjualan rokok Full Flavor yakni dalam angka 29,1% (kemungkinan pada tahun 2017 ini bisa berubah secara drastis, tahun ini kemungkinan Surya yang menjadi leader dari rokok SKM Full Flavor secara keseluruhan), serta market share keseluruhan PT Djarum mencapai angka 12,40% pada tahun 2016 (berdasarkan data dari Euromonitor) membuat rokok ini seakan menjadi pemimpin dari penjualan Djarum secara keseluruhan. Selain itu, PT Djarum yang selalu membawa promosi korporat tiap tahunnya (nama resmi promosi korporat PT Djarum ialah Hikmah Puasa) ketika Ramadhan dan Idul Fitri membuat produk ini bisa dikatakan menjadi ajang promosi Djarum terhadap konsumen setia yang sudah dimiliki dimana promosi secara korporat akan lebih efektif bilamana salah satu produknya menggunakan promosi yang terdapat pada bagian kemasan. Djarum melihat peluang promosi korporat yang sudah dilakukan agar lebih maksimal, mereka akhirnya menggunakan Djarum Super sebagai bentuk promosi korporat dari rokok ini.
  2. Angka penjualan SKM secara keseluruhan berdasarkan Annual Report Philip Morris pada tahun 2016 secara keseluruhan mencapai 75,8%, naik dari sebelumnya mencapai 74,7% pada tahun 2015. Walaupun penjualan SKM sendiri masih didominasi dengan penjualan SKM LTLN, angka penjualan rokok SKM Full Flavor bisa dikatakan tetap memiliki kenaikan, walaupun tidak sebesar penjualan SKM LTLN yang saat ini dikatakan sangat 'booming' sampai hampir semua perusahaan rokok membuat rokok berjenis SKM LTLN. Penjualan SKM Full Flavor tetap bisa berkembang dikarenakan beberapa orang merasa bosan dengan rokok berjenis LTLN ataupun melakukan perpindahan dari jenis SKT yang penjualannya dikatakan kecil. Djarum Super sebagai merek SKM Full Flavor yang memiliki brand image yang sudah dikenal banyak orang merasa bahwa melakukan promosi yang bersifat selebrasi dapat meningkatkan penjualan dari rokok tersebut, terutama dengan adanya promosi di bagian plastik kemasan rokok mampu membawa image rokok ini menjadi lebih akrab terhadap konsumen. Terutama mayoritas perokok di Indonesia beragama Islam. Pada intinya, PT Djarum berusaha lebih mendekatkan diri pada konsumen-nya dengan membuat edisi spesial yang sekiranya memang sering dilakukan oleh perusahaan FMCG secara umum (semisal perusahaan biskuit dan produk minuman). 
  3. Dapat dikatakan bahwa dengan melakukan promosi yang membawa nilai keagamaan, membuat Djarum bisa lebih dekat terhadap konsumen setianya, terutama Djarum Super yang memang menjadi portofolio penjualan terbesar yang dimiliki dari Djarum. Djarum Super sepertinya melakukan hal tersebut dikarenakan ingin membawa suasana akrab atas selebrasi yang sepertinya memiliki diferensiasi dengan merek rokok lain yang tidak melakukan selebrasi atas terjadinya sebuah peristiwa yang harus dilakukan selebrasi dengan cara tertentu. Djarum Super sangat tepat ketika melakukan promosi dengan menggunakan media plastik pembungkus yang sudah dimiliki rokok tersebut. Agak jarang pabrikan rokok yang melakukan selebrasi dengan menggunakan media plastik, dikarenakan ongkos pembuatan pembungkus tersebut jauh lebih besar ketimbang tanpa menggunakan embel-embel promosi pada bagian bungkus rokok tersebut.
Baiklah, itu merupakan sedikit analisis mengapa PT Djarum akhirnya menggunakan Djarum Super sebagai bentuk media selebrasi terhadap peristiwa yang dirayakan banyak orang. Kemudian kita coba review rokok ini dengan seksama. Untuk harga rokok ini admin beli dengan harga Rp. 16.500 (beberapa toko ataupun minimarket menjual rokok ini dengan harga lebih mahal 1000-1500, cukai 14.900) dengan kuantitas isi 12 batang. Terhitung mahal untuk hitungan rokok SKM Full Flavor, namun sepertinya hal tersebut sebanding dengan kualitas yang dimiliki. Untuk harga sendiri saya beri nilai 8 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar merah tua, emas, dan juga hitam. Pada bagian depan dan belakang kemasan terdapat semacam persegi panjang di bagian kiri dan kanan kemasan yang memiliki warna hitam dan memilki posisi vertikal. Disamping persegi panjang tersebut terdapat semacam garis emas yang sudah menjadi ciri khas dari Djarum Super, dengan bagian dalam terdapat unsur latar tulisan yakni warna emas. Tulisan DJARUM dan SUPER menggunakan font yang serif yang sudah menjadi font yang digunakan PT Djarum secara korporat dengan warna emas dengan adanya efek emboss. Tulisan DJARUM dan SUPER dipisahkan dengan semacam garis yang memiliki sisi lancip di bagian kanan dan kiri objek tersebut, yang berwarna emas yang memiliki efek emboss. Pada bagian dalam yang tertutupi promosi terdapat tulisan 12 di dalam sebuah kotak berwarna emas dan sebelah kiri tertulis KRETEK serta bagian kanan tertulis FILTER. Bagian pembungkus yang saya dapatkan terdapat semacam ucapan selebrasi yakni tertulis SELAMAT HARI RAYA dengan font sans serif, IDUL FITRI 1438 H dengan unsur bold dan font yang sama, serta tulisan MOHON MAAF LAHIR BATIN dengan model font yang sama dengan ucapan Selamat Idul Fitri. Tulisan ucapan tersebut terletak pada objek hitam yang sepertinya membentuk seperempat jajar genjang, dengan bagian kanan dari objek hitam tersebut terdapat objek mirip ketupat. Unsur ketupat tersebut memiliki objek lancip layaknya ketupat di bagian atas, adanya latar  berupa gabungan dari hijau muda, hijau tua, emas, dan hitam yang membentuk ketupat dengan model yang unik dan cenderung modern. Bagian samping kanan kemasan terdapat tulisan with Superfine Clove TM yang memang menjadi nilai jual dari rokok ini yakni proses pencacahan cengkeh yang cenderung lebih halus dibandingkan merek lain. Bagian kiri kemasan terdapat kadar tar dan nikotin, tulisan SKM dan barcode yang menggunakan warna emas. Bagian atas terdapat objek kiri dan kanan berwarna hitam, lalu dilanjutkan dengan objek berwarna emas dan warna merah tua bertuliskan DJARUM. Hal yang membedakan dengan isi 16 batang ialah pada bagian bawah menggunakan warna merah tua saja, tanpa adanya elemen persegi panjang hitam dan emas. Saya merasa, kemasan rokok ini jauh lebih unik dan lebih modern, terutama pada bagian pembungkus rokok ini menggunakan embel-embel promosi yang kekinian. Untuk kemasan saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner frame dari rokok ini menggunakan warna emas layaknya rokok SKM Full Flavor buatan Djarum pada umumnya. Bagian inner hinge lid yang tidak terlihat pada foto menggunakan warna dan desain yang sama dengan kemasan luar. Foil menggunakan warna emas dan terdapat logo Djarum yang memang diterapkan pada kebanyakan rokok buatan Djarum secara umum, dengan model foil bertekstur titik dan pada logo Djarum tidak memiliki efek emboss.

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Bagian dalam kemasan terdapat batang rokok dengan model tipping paper berwarna cork dengan motif tipping paper yang cenderung abstrak. Susunan batang rokok ini ialah 6 di depan dan 6 di belakang, dengan kuantitas isi 12 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini menggunakan panjang ukuran layaknya rokok long size pada umumnya dengan diameter batang yang cenderung tebal namun tidak begitu gemuk. Bagian burning area terdapat factory mark yang menggunakan pewarna makanan bertuliskan DJARUM dan SUPER serta garis yang memiliki sudut lancip dengan warna merah. Bagian batasan tipping paper terdapat semacam motif abstrak dilanjutkan dengan adanya garis berwarna emas tua dengan bagian tengahnya terdapat garis berwarna merah tua. Warna pada tipping paper ini merupakan gabungan dari cork dan coklat tua, dengan motif tipping paper yang cenderung abstrak layaknya rokok SKM Full Flavor pada umumnya.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Pada sebelum dibakar, rokok ini memiliki sensasi manis fruity berry yang sangat terasa disertai sensasi fermented (bisa diartikan sebagai sensasi 'apek') yang memang menjadi daya tarik dari Djarum Super secara umum. Bila dibakar rokok ini seakan menawarkan sensasi fruity yang sangat kuat dimana admin menemukan sensasi fruity yang terdapat pada rokok ini merupakan gabungan dari raspberry, nangka, dan sedikit salak serta nanas yang sangat terasa. Dan juga rokok ini sangat terasa akan sensasi spicy dimulai dari awal bakaran yang memang menjadi daya tarik dari Djarum Super umumnya. Intensitas manis langsung yang dimiliki oleh rokok ini cenderung tipis layaknya rokok Full Flavor buatan Djarum pada umumnya, namun memiliki a hint of sweetness yang sangat terasa dan bagi beberapa orang, rasa manis tidak langsung sangat terasa sehingga beberapa orang akan merasa mual ketika merokok Djarum Super. Intensitas spicy yang dimiliki rokok ini sangat terasa, dalam hal ini saya bisa merasakan penambahan kayumanis, kapulaga, dan bunga cengkeh sebagai penyusun sensasi spicy yang ditawarkan oleh rokok ini. Cengkeh yan ada pada rokok ini cenderung menggunakan cengkeh berkualitas tinggi sehingga mampu memberikan kesan nikmat dan mellow. Berkat penambahan cengkeh yang diproses dengan menggunakan proses Superfine Clove TM yang menjadi fitur utama dari rokok ini membuat aroma dari rokok ini cenderung keras dan sangat terasa mantapnya. Terdapat semacam rasa a hint of peppermint yang terasa dikarenakan kemungkinan rokok ini menggunakan peppermint oil sebagai penyusun saus dari rokok ini, serta adanya sensasi penambahan minyak atsiri yang kemungkinan merupakan gabungan dari sage oil dan rosemary oil, layaknya rokok buatan Djarum pada umumnya. Sensasi fermented sangat terasa, dalam hal ini pada kemasan 12, fermentasi yang ada pada rokok ini cenderung lebih optimal bila dibandingkan dengan isi 16. Sedikit memiliki unsur leci, yang memang banyak rokok menggunakan leci sebagai penyusun saus sehingga menghasilkan rasa yang cenderung segar fruity. Memiliki sensasi yang cenderung kaya akan citarasa tembakau asli Indonesia, dalam hal ini kemungkinan besar salah satu penyusun dari rokok ini menggunakan Tembakau Temanggung dan Madura yang menjadi ciri khas dari Djarum Super. Blend pada rokok ini cenderung balance dan earthy, dimana saya bisa merasakan tembakau pilihan yang ada pada rokok ini cenderung alamiah dan sangat seimbang serta kompleks. Makanya, rokok ini bisa disebut dengan Djarum Super dikarenakan blend pada rokok ini cenderung "superior". Didominasi dengan penggunaan Tembakau berjenis Oriental yang memang menjadi daya tarik rokok kretek Indonesia pada umumnya, yakni dengan karakter nutty yang sangat kuat dan cenderung meninggalkan kesan yang cenderung terasa di rongga mulut dan tenggorokan, dimana rasa nutty yang ada cenderung berpadu dengan sensasi fruity yang sudah menjadi daya tarik dari rokok ini. Cenderung memiliki blend yang sangat mellow, dalam artian rokok ini sangat bisa dinikmati ketika menghisapnya secara perlahan. Sedikit memiliki sensasi gurih khas rokok Kretek Indonesia pada umumnya, dimana gurih tersebut cenderung tertutupi dengan sensasi fruity yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Memiliki sensasi warming yang cukup terasa, dalam hal ini sensasi spicy yang ditawarkan rokok ini cenderung menghangatkan tenggorokan. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi aroma mint disertai adanya sensasi aroma nutty yang bercampur dengan sedikit sensasi fruity yang terasa di hidung. Tarikannya cenderung mantap namun smooth, dalam artian rokok ini seakan menawarkan sensasi mantap namun cenderung mudah untuk ditarik. Harshness pada rokok ini cenderung sedikit terasa, namun menurut saya intensitas harsh yang ada pada rokok ini bisa ditoleransi. Throat hit pada rokok ini hampir tidak ada, dimana rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa yang cenderung nyaman di tenggorokan dan tidak membuat tenggorokan kering. Aftertaste dari rokok ini ialah sensasi fruity yang cenderung meninggalkan kesan di tenggorokan dan rongga mulut, serta adanya sensasi fermented khas yang cenderung 'apek' disertai rasa nutty yang cenderung kuat. Durasi bakar dari rokok ini ialah 16-17 menit, dalam artian rokok ini seakan menawarkan durasi bakar yang cenderung panjang dan sangat pas bila dinikmati ketika sedang sendirian. Namun kelemahan dari rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper, rokok ini cenderung melemah pada bagian tipping paper-nya dan memang kelemahan rokok Djarum secara umum terletak pada bagian tipping paper yang cenderung melemah di akhir. Walaupun rokok ini cenderung melemah pada bagian tipping paper-nya ketika akhir bakaran, sensasi panas yang ditawarkan cenderung sedikit terasa di bibir, namun di jari tidak begitu panas. Serta aroma yang cenderung tajam dan membekas di pakaian serta jari, dikarenakan saus pada rokok ini memang memiliki aroma yang sangat kuat serta karakter tembakau yang cenderung sangat fermented. Bisa dibilang aroma rokok ini cenderung 'apek' dan sangat tajam. Saya merasa rokok ini cenderung memiliki sensasi yang cenderung lebih mantap dan lebih baik bila dibandingkan dengan portofolio Djarum lainnya. Bisa dibilang belakangan saya mulai menyukai rokok ini dikarenakan rasa yang ditawarkan cenderung mantap dan pas. Namun bila dibandingkan dengan produk Gudang Garam, saya cenderung lebih menyukai produk SKM Full Flavor buatan Gudang Garam dikarenakan sensasi rasa yang ditawarkan cenderung lebih bisa saya terima dibandingkan produk SKM Full Flavor buatan Djarum. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

KESIMPULAN
Dengan rasa yang cenderung sangat mantap dan nikmat, sensasi tembakau yang cenderung kaya dan sangat fermented, serta durasi bakar yang cenderung lama membuat rokok ini seakan menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan rokok dengan durasi bakar yang lama serta sensasi rasa yang cenderung lebih tajam. Terutama pada kemasan yang ada pada rokok ini cenderung sangat menjual dan berkesan akrab dengan mayoritas penduduk Indonesia, momen selebrasi yang dilakukan oleh pihak PT Djarum sangatlah tepat. Terlebih mayoritas orang banyak yang menyukai Djarum Super dan beragama Islam, dimana rokok ini seakan menawarkan kesan yang lebih dekat kepada masyarakat. Bilamana Djarum bisa memanfaatkan edisi promosi layaknya tahun ini kedepannya, bisa saja rokok ini seakan menawarkan "gimmick" yang berbeda bila dibandingkan dengan rokok pabrikan golongan I pada umumnya, dan bisa jadi kedepan banyak pabrikan rokok yang melakukan terobosan promosi dalam menyambut selebrasi keagamaan layaknya Djarum Super pada tahun ini. Namun kelemahan rokok ini ialah cenderung memiliki tipping paper yang melemah pada akhir bakaran, aroma yang cenderung sangat tajam dan kuat, serta untuk edisi ini tidak terdistribusi secara merata. Terlebih untuk edisi Idul Fitri ini dibuat pada akhir Mei dan bulan Juni yang menjadi waktu berlangsungnya Ramadhan. Kemungkinan edisi ini paling akhir dijual sekitar bulan Agustus, mengingat distribusi edisi Idul Fitri belum berlangsung secara maksimal. Untuk edisi ini juga paling mudah ditemukan di minimarket semacam Indomaret atau Alfamart (dan juga Circle K), namun untuk tempat lain dirasa masih jarang ditemui, mengingat stok lama dari Djarum Super masih banyak ditemui di pasaran. Overall saya memberi nilai rokok ini ialah 8.63 dari 10. Artinya rokok ini menang pada kemasan dan rasanya yang cenderung sangat mantap, untuk harga rokok ini sebenarnya terhitung mahal, namun masih bisa dijangkau oleh banyak masyarakat Indonesia. Khususnya bagi Anda yang memang setia dengan Djarum Super, rokok ini bisa menjadi koleksi yang sekiranya kalau dijual kembali ke depan harganya bisa mahal. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Review Djarum Super isi 16 batang dong yang Idul Fitri besok ya

    BalasHapus
  2. Saya pernah beli djarum super kemasan khusus, isi 16 namun bentuk kemasan seperti kemasan isi 12 dan lebih tebal. Saya menemukannya di toko kelontong sewaktu travelling ke pulau Belitung. Saat pulang ke Jakarta, saya tidak menemukan kemasan tersebut, begitu juga di Bandung. Admin ada petunjuk dimana saya bisa menemukan kemasan tersebut di Jakarta/Bandung? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu Djarum Super 16 New Style, susunannya 2-2-2-2. agak beda dengan 16 yang saat ini beredar di pulau Jawa. sejauh ini baru Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan doangan. paling bisa coba titip ama orang yang tinggal di sana.

      Hapus
  3. udh hampir 12 tahun menjadi penikmat djarum super isi 12, walaupun sesekali membeli dji sam soe premium dan amild 16 cuman buat selingan aja... gak tau kenapa yah. rasa djarum super 12 kayak enggak tergantikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gurih ama sensasi sweet fruitynya yg bikin uniknya,itu yg gak tergantikan dari rokok lain gan... Idem!

      Hapus