Gudang Garam Signature, SKM Full Flavor Ukuran King Size dengan Kemantapan Khas

Selamat malam,

Admin pada saat ini dikatakan cukup sibuk, walaupun dirasa pada saat ini bisa menyempatkan waktu untuk membuat postingan yang dirasa perlu untuk di review oleh admin. Dalam hal ini sebenarnya review atas rokok ini akan diterbitkan pada siang hari tadi. Namun dengan pertimbangan tertentu admin menunda postingan mengenai rokok ini dan baru sempat dilakukan pada malam hari ini. Beberapa waktu ini dikatakan merupakan waktu dimana admin baru bisa menyempatkan untuk membuat postingan mengenai rokok yang ada di Indonesia. Dalam hal ini admin sengaja mereview rokok ini dikarenakan demand atas review dari rokok ini pada saat ini termasuk tinggi, dimana dalam hal ini admin pada akhirnya baru mendapatkan stok terbaru dari pabrik. Gudang Garam dalam kuartal pertama dalam hal stok berpita cukai 2017 cukup lamban bila dibandingkan dengan pabrikan lain, dimana dalam hal ini sepertinya stok 2017 yang berpita cukai 2016 masih dirasa banyak di gudang. Dalam hal ini admin sempat menanyakan ke pemilik warung langganan admin dan kemungkinan besar stok berpita cukai 2017 akan seluruhnya terdistribusi dengan baik pada akhir bulan ini. 

Produk yang akan admin review ialah Gudang Garam Signature, produk yang dikatakan demand atas rokok ini sangatlah tinggi. Produk ini seakan menjadi salah satu produk yang diunggulkan oleh Gudang Garam dan menjadi semacam 'adik' dari Gudang Garam International yang dikhususkan untuk mengakomodasi perokok Gudang Garam International yang menginginkan sensasi lama namun dalam wujud yang berbeda namun secara ukuran tidak begitu berbeda dengan Gudang Garam International. Dalam hal ini admin akan memaparkan beberapa alasan mengapa Gudang Garam meluncurkan Gudang Garam Signature pada akhir 2013 dan tetap bertahan hingga sekarang sebagaimana berikut:

  1. Gudang Garam Signature, bersamaan dengan Surya Exclusive merupakan produk Premium Filter Kretek yang diluncurkan pada kuartal keempat dari tahun 2013. Dalam hal ini, Gudang Garam Signature merupakan rokok yang menjadi jawaban atas pergantian kemasan dari Gudang Garam International dimana dalam hal ini perokok Gudang Garam International di media sosial (terutama Kaskus) dimana dalam hal ini mereka protes mengapa produk Gudang Garam International mengubah kemasan (termasuk mengganti bagian tipping paper) sehingga perokok Gudang Garam menginginkan rasa yang lama namun dalam wujud yang berbeda. Gudang Garam Signature merupakan rokok dengan blend dan saus dari Gudang Garam International kemasan lama dimana dalam hal ini rokok ini seakan menjadi obat rindu atas rasa Gudang Garam yang lama. Perubahan ini seakan membuat Gudang Garam Signature pada awal peluncurannya sangat diterima baik oleh konsumen. Dimana dalam hal ini Gudang Garam berhasil mencatatkan penjualan yang ada sebanyak 67,353% pada segmen SKM, dimana kenaikan yang signifikan tercatat pada tahun 2014 dimana angka tersebut naik menjadi 72,551% dari segi penjualan SKM. Dengan kenaikan penjualan yang ada, Gudang Garam Signature berhasil mendongkrak penjualan segmen SKM dimana dalam hal ini kontribusinya sangat besar (saya tidak menemukan data yang sesuai untuk Gudang Garam Signature itu sendiri, dimana yang ada dalam Annual Report 2015 cenderung menampilkan data penjualan SKM secara keseluruhan). Sehingga dikatakan bahwa penjualan rokok ini sangat berkembang, terutama di dukung dengan promosi yang besar-besaran dalam lini above the line (ATL).
  2. Alasan ini bisa diterima dikarenakan Gudang Garam Signature terus berkembang dan penjualan-nya cenderung meningkat. Momen ini seakan menjadi alasan utama meluncurkan Gudang Garam Signature Mild pada tahun 2015 dikarenakan pertumbuhan dari lini Signature sendiri cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Gudang Garam Signature sendiri merupakan salah satu flagship terkini dari Gudang Garam yang berusaha mengakomodasi perokok SKM yang menginginkan kemantapan khas dari Gudang Garam namun dalam wujud king size. Dikatakan "Signature" sendiri dikarenakan produk ini menggunakan blend yang sudah disempurnakan dari Surya Wonowidjojo namun dalam wujud SKM yang pada umumnya dapat diterima oleh konsumen secara keseluruhan. Perokok SKM yang menurut tahun 2015 berdasarkan Annual Report Philip Morris International sebanyak 75,1% dikatakan sangat potensial, dimana Gudang Garam sendiri menguasai 28.80% pada tahun 2016 (berdasarkan laporan dari Euromonitor) dari keseluruhan penjualan rokok di Indonesia. Gudang Garam yang dikatakan sebagai market leader sangat mampu untuk menjual rokok, terutama sumbangan ini dihasilkan dari penjualan SKM.
  3. Dapat dikatakan bahwa Gudang Garam Signature berhasil membuat penjualan dari Gudang Garam meningkat, dimana dalam hal ini Gudang Garam Signature berhasil meningkatkan penjualan dari SKM yang diperoleh dari Gudang Garam. Saya rasa, produk ini akan terus berkembang dan dalam hal ini permintaan akan rokok ini terus meningkat dari tahun ke tahun, dimana dalam hal ini Gudang Garam Signature bisa mengakomodasi perokok yang ingin merasakan sensasi khas Gudang Garam namun dengan harga yang lebih terjangkau (walaupun perbedaannya cukup jauh dengan Gudang Garam International).
Baiklah, itu merupakan sedikit analisis mengenai mengapa Gudang Garam Signature diluncurkan dan terus bertahan hingga sekarang. Kemudian kita coba review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini berkisar Rp. 14.000 (beberapa toko dan minimarket menjual dengan harga yang cenderung lebih mahal 500-1500 tergantung daerah, cukai 13.450) dengan kuantitas isi 12 batang. Cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan Gudang Garam International yang pada saat ini sudah menyentuh angka 16.000, kemungkinan besar masih dilakukan subsidi dari pihak Gudang Garam sendiri, tentunya dengan kualitas yang sedikit lebih baik bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Untuk harga sendiri saya beri nilai 9.4 dari 10

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar coklat kehitaman disertai warna emas dan merah marun. Dalam hal ini kemasan depan menggunakan logo Gudang Garam berwarna emas dengan adanya latar coklat kehitaman. Tulisan GUDANG menggunakan font serif dengan ukuran kecil dengan adanya efek emboss, dimana tulisan GARAM menggunakan ukuran tulisan yang lebih besar dan adanya unsur bold pada tulisan GARAM, serta memiliki efek emboss dan semua tulisan menggunakan warna emas. Dalam hal ini terdapat tulisan SIGNATURE dengan model tulisan sans serif dengan adanya sedikit efek emboss dan ukuran tulisan yang kecil. Terdapat bintang berwarna emas yang berjumlah lima buah menandakan kualitas yang ingin dijual dari rokok ini. Dibawah bintang terdapat semacam curve yang terinspirasi dari logo Gudang Garam, dengan adanya efek emboss yang sangat terasa. Terdapat persegi panjang berwarna merah tua marun yang terdapat tulisan P R E M I U M  F I L T E R dengan warna tulisan emas, disertai adanya tulisan KRETEK CIGARETTES yang menandakan rokok ini merupakan rokok filter kretek. Di bawah-nya terdapat tulisan MADE IN INDONESIA yang menandakan rokok ini buatan Indonesia. Pada bagian belakang kemasan, terdapat logo Gudang Garam dan tulisan GUDANG GARAM serta SIGNATURE dengan adanya efek emboss dan ukuran yang lebih kecil. Deskripsi pada rokok ini menjelaskan bagaimana kualitas rokok ini dan blend yang digunakan pada rokok ini diproduksi pada mesin canggih dan berdasarkan resep dari Surya Wonowidjojo. Terdapat tanda tangan dari Surya Wonowidjojo yang menjadi founder dari Gudang Garam itu sendiri dengan warna tanda tangan emas. Bagian samping kanan tidak ada yang spesial, namun pada bagian kiri kemasan terdapat semacam emblem kualitas dimana dalam emblem tertulis PREMIUM FILTER dan CIGARETTES yang dibatasi dengan dua bintang, dan pada bagian dalam emblem tertulis 12. Secara keseluruhan, rokok ini menggunakan model kemasan D-Shaped yang menjadi ciri khas dari rokok modern saat ini. Kemasan rokok ini cenderung menarik dan menjual. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.7 dari 10

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Warna pada inner frame pada rokok ini ialah merah marun, disertai model inner frame yang digunakan rokok pada umumnya. Pada foil menggunakan warna merah marun dengan adanya tulisan SIGNATURE dan adanya lima bintang di bagian bawahnya. 

Kemudian kita coba buka foil-nya dengan seksama


Dalam hal ini batang rokok ini menggunakan warna cork layaknya rokok filter pada umumnya. Susunan batang rokok ini ialah 6 di depan dan 6 di belakang, dengan kuantitas isi 12 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki ukuran dan panjang yang sama dengan Gudang Garam International yakni King Size. Dalam hal ini batasan tipping paper terdapat tulisan SIGNATURE dengan adanya efek shiny berwarna emas dalam latar warna merah tua. Dalam hal ini, pada bagian atas batasan, terdapat bintang sebanyak lima buah dengan warna emas. 

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama



Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi fruity yang tidak begitu kuat. Namun setelah dibakar rokok ini akan menawarkan sensasi fruity dimana dalam hal ini didominasi dengan rasa berry (kemungkinan besar Raspberry) disertai adanya sentuhan sensasi nangka yang cukup kuat. Rokok ini juga menawarkan sensasi nangka dan sedikit adanya unsur leci yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Dalam hal ini, sensasi fruity yang ditawarkan sangat kuat, dimana dalam hal ini berpadu dengan sensasi spicy yang sangat kuat namun dalam intensitas yang lebih baik bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Sensasi fruity yang ditawarkan juga bila dibandingkan dengan Gudang Garam International cenderung lebih baik dan terasa, dimana intensitas rasa berry yang ditawarkan cenderung lebih terasa dan meninggalkan kesan yang menurut saya baik. Rasa spicy yang ditawarkan dari rokok ini cenderung didominasi dengan penambahan adas manis dan pekak, dimana dalam hal ini rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa spicy yang cenderung terasa. Terdapat sensasi sweet-fermented, dimana dalam hal ini rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa yang cenderung terfermentasi dimana kemungkinan besar menggunakan essens rhum yang menjadi daya tarik dari rokok Gudang Garam pada umumnya. Blend yang ditawarkan dari rokok ini cenderung balance dan earthy, dimana dalam hal ini rokok ini menggunakan Tembakau berkualitas tinggi, namun di dominasi dengan adanya penambahan Tembakau berjenis Oriental yang memiliki karakter nutty yang sudah menjadi daya tarik rokok kretek pada umumnya. Bila dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan aroma berry yang terasa disertai sensasi spicy yang kuat disertai adanya aroma nutty yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Tarikan yang ditawarkan oleh rokok ini sangatlah mantap, dimana dalam hal ini tarikan yang ada cenderung lebih smooth bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Memiliki harshness yang cenderung terasa, namun bila dibandingkan dengan Gudang Garam International cenderung lebih sedikit terasa dalam intensitas yang cenderung smooth. Throat hit yang ditawarkan cenderung terasa namun dalam intensitas yang rendah dan tidak menusuk tenggorokan, dimana dalam hal ini rokok ini menawarkan sensasi yang cenderung lebih nyaman di tenggorokan bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Durasi bakar yang ditawarkan rokok ini sekitar 14-15 menit dimana dalam hal ini rokok ini menawarkan sensasi bakaran yang cenderung sama dengan Gudang Garam International, namun dalam versi yang lebih smooth. Aftertaste rokok ini ialah sensasi fruity berry yang menurut saya sangat terasa, disertai sensasi nutty yang cenderung terasa. Namun kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper cenderung panas dan adanya lemah pada tipping paper yang membuat rokok ini seakan lebih panas, namun dalam hal ini saya hanya merasakan sensasi chemical yang tidak begitu terasa bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Saya sangat senang akan rasa dari rokok ini, dimana dalam hal ini saya lebih menyukai rokok ini ketimbang Gudang Garam International dikarenakan rasa yang cenderung lebih soft namun tetap mempertahankan keaslian rasa dari blend Gudang Garam itu sendiri. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9.2 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa yang cenderung nikmat, harga yang cenderung lebih terjangkau dan kemasan yang modern membuat rokok ini seakan banyak peminatnya dan dalam hal ini secara rasa rokok ini cenderung lebih soft dan lebih terasa bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Dengan harga yang cenderung murah, rokok ini seakan menawarkan sensasi yang lebih baik namun dalam wujud yang sama dengan Gudang Garam International. Dalam hal ini, kelemahan rokok ini terletak pada ketika mendekati batasan tipping paper cenderung panas dan melemah. Untuk distribusi dari rokok ini cenderung mudah untuk ditemui, dimana dalam hal ini rokok ini sangat mudah ditemukan di warung, minimarket, dan supermarket. Walaupun begitu, harga rokok ini cenderung berbeda di setiap toko, kadang lebih murah kadang lebih mahal. Dalam hal ini rokok ini seakan menjadi pilihan yang tepat dengan intensitas rasa yang lebih baik namun dengan harga yang lebih murah, bila dibandingkan dengan Gudang Garam International. Overall saya memberi nilai rokok ini 9.1 dari 10. Rokok ini seakan menjadi favorit admin kala sedang ingin merokok SKM Full Flavor, dimana sensasi yang ditawarkan lebih intens namun dengan harga yang lebih murah.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , ,