Djarum Super MLD (Mild), SKM LTLN Dengan Isi 20 Batang dari Djarum

Selamat malam,

Belakangan admin mulai merasa sangat sibuk, dan dalam hal ini admin berusaha untuk menyempatkan diri membuat review mengenai rokok apa saja yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, barang berpita cukai 2017 sudah mulai mudah untuk ditemui, mengingat produsen rokok rata-rata sudah menyediakan stok produksi 2017 dengan pita cukai terbaru. Admin salah satu orang yang merasa takjub dengan desain pita cukai kali ini. Mengapa? Dikarenakan desain pita cukai tahun ini bersifat kekinian dan juga kombinasi warna yang ada membuat unik. Jadi pada akhirnya, admin suka dengan desain pita cukai tahun ini.

Berhubung saya sudah sibuk, jadi saya agak susah membalas email yang ada, sebisa mungkin untuk saat ini silahkan hubungi admin lewat LINE ataupun Ask.fm yang kebetulan admin sering membuka hal tersebut bila dibandingkan dengan email. Dalam hal ini, biasanya untuk Ask.fm saya buka sesempatnya walaupun bisa dikatakan admin juga jarang membuka media sosial belakangan ini. Jadi maklumi, bila ada pertanyaan yang admin tidak jawab bukan berarti admin tidak ingin membalasnya, akan tetapi lebih kepada kesibukan admin yang sudah mulai memuncak pada saat-saat ini. Saya saja membuat review ini di kala sedang mengerjakan sebuah hal yang dikatakan admin sangatlah penting. Dan dalam hal ini mohon maaf apabila admin kurang responsif belakangan ini, jadi sabar saja. Nanti saya usahakan balas pesan-nya terutama di email yang belakangan admin hampir tidak pernah membukanya dikarenakan beberapa hal. Untuk alasannya lebih kepada kesibukan.

Kali ini, saya akan mereview rokok yang sepertinya sudah lama ditemui dan tentu saja untuk merek ini pernah mendapat treatment upgrade dari dahulu 16 batang kini menjadi isi 20 batang. Barang ini saya sebut dengan Djarum Super MLD (Atau lazim disebut Djarum Super Mild). Mengingat data untuk rokok ini mudah ditemui, maka ada beberapa analisis yang admin harus paparkan diantaranya sebagai berikut

  1. Djarum Super Mild pada awalnya diluncurkan dengan kemasan 16 batang. Dalam hal ini, peluncuran produk rokok ini dilakukan pada tahun 2011 dimana hal ini sebagai percobaan pertama Djarum menggunakan embel-embel mild yang sekiranya mampu menambah pundi-pundi uang Djarum. Dalam hal ini, Djarum Super Mild memiliki keunggulan diantaranya ialah kemasan yang sangat modern, rasa yang cenderung sangat smooth, dan juga harga yang terhitung murah ketimbang LA Lights yang juga diproduksi oleh Djarum. Dalam hal ini, sekitar tahun 2013, Djarum Super Mild mengupgrade rokoknya menjadi isi 20 batang dikarenakan dengan kuantitas lebih banyak maka akan bisa menyaingi merek rokok kelas menengah atas yang pada saat itu kebanyakan berfokus kepada isi 16 batang. Dengan kuantitas lebih banyak, maka Djarum Super Mild bisa tetap bertahan, dan bahkan portofolio Djarum Super Mild mulai bertambah dengan adanya Djarum Super Mild Black Series yang secara logo dan kemasan memiliki perbedaan yang tidak begitu jauh terkecuali warna dan ukuran batangnya. 
  2. Segmen kelas menengah merupakan segmen yang sangat berkembang untuk saat ini, dikarenakan pertumbuhan segmen kelas menengah termasuk tinggi. Perokok yang pada umumnya kelas menengah juga terhitung tinggi, dalam hal ini Djarum Super Mild merupakan produk yang khusus ditujukan kepada segmen menengah keatas (walaupun sebenarnya rokok ini dikatakan masuk kelas menengah berdasarkan kuantitas batang-nya yang tentu saja lebih banyak ketimbang kompetitor namun dengan harga yang hampir sama). Dimana rokok ini seakan menjadi alternatif perokok kelas menengah yang membutuhkan rokok LTLN dengan kuantitas banyak yang sebenarnya sudah dipelopori oleh Dunhill Mild. Dengan harga sedikit lebih murah dibandingkan Dunhill Mild, konsumen ditawarkan sensasi kelembutan khas dari mild buatan Djarum namun dengan harga yang cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan mild flagship dari Djarum yakni LA Lights namun dengan karakter yang sedikit mirip dengan blend khas Djarum yang sudah disesuaikan dengan gaya hidup modern.
  3. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan kuantitas yang lebih banyak namun dengan blend khas mild buatan Djarum, konsumen seakan diberi kebebasan untuk memilih antara LA Lights ataupun Djarum Super Mild dengan kualitas yang sedikit berbeda namun tetap masuk kedalam segmen premium. Jika konsumen menginginkan kualitas lebih baik, maka konsumen bisa memilih LA Lights, namun jika konsumen menginginkan kuantitas lebih banyak, maka Djarum Super Mild seakan menjadi pilihan terbaik dengan harga yang tidak berbeda jauh namun tetap memegang kualitas premium dari Djarum yang sudah dikenal sebagai industri rokok dengan varian terbanyak di Indonesia.
Baiklah, itu merupakan sedikit analisis mengapa Djarum Super Mild bisa bertahan hingga sekarang, bahkan di tahun 2013 produk ini seakan menerima treatment upgrade ke isi 20 batang yang terhitung banyak. Mari kita review rokok ini mulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk rokok ini admin beli dengan harga Rp. 19.100 (dibulatkan saja jadi 19.000, beberapa warung masih menjual dengan harga 18.500, cukai 22.400 untuk tahun 2017) dengan kuantitas isi 20 batang. Dikarenakan kuantitas yang banyak membuat rokok ini termasuk hemat di kantong. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasan rokok ini dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna basis merah tua, hitam dan putih. Pada bagian depan kemasan terdapat 2 baris kotak di bagian atas yang berjumlah 17 buah, dimana kotak tersebut memiliki efek emboss yang sangat terasa. Terdapat tulisan DJARUM SUPER dengan menggunakan font khas Djarum dengan warna hitam, disusul dengan adanya logo bertuliskan MLD dimana pada huruf M merupakan lipatan dari tiga garis dan di bagian paling kanan huruf M terdapat garis hitam yang cenderung membentuk trapesium vertikal yang dapat dimaknai sebagai MILD. Pada bagian MLD terdapat efek emboss dengan warna merah tua, dengan adanya efek glossy pada lipatan huruf M namun pada bagian garis trapesium hitam tidak memiliki efek emboss, disusul dengan adanya L dan D yang memiliki warna merah tua disertai emboss yang sangat terasa. Bagian bawah logo, terdapat kotak sebanyak 11 baris, dimana pada baris pertama hingga ke keenam memiliki jumlah sebanyak 17 buah, disusul dengan 2 baris kotak yang berjumlah 9 buah, lalu disusul dengan adanya 2 kotak yang berjumlah 17 buah pada bagian barisnya. Pada kotak yang terpotong dengan garis bertuliskan 20 KRETEK FILTER dengan warna 20 ialah merah tua. Sepertinya pada tulisan KRETEK FILTER menggunakan font Helvetica Condensed dengan adanya efek emboss dan glossy yang bisa dilihat dengan seksama. Bagian belakang terdapat tulisan DJARUM SUPER dan MLD dimana pada bagian bawah logo MLD terdapat slogan yakni PLEASURE, STYLE, CONFIDENCE yang sudah menjadi spirit dari rokok ini dengan efek emboss dan adanya efek shiny, dimana ketiga tulisan tersebut menggunakan font yang sangat modern dan juga stylish. Total baris pada kotak kedua berjumlah 11 baris, dimana hal tersebut hampir sama dengan barisan kotak yang ada pada kemasan depan. Cenderung minimalis dan juga stylish. Untuk kemasan saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Kemasan inner hinge lid pada rokok ini tidak memiliki slogan layaknya MLD Black Series, dimana pada bagian inner frame dari rokok ini sama dengan model rokok pada umumnya, namun cenderung berukuran lebih kecil, dimana hal tersebut menyesuaikan dengan isi 20 batang yang ditawarkan rokok ini. Pada bagian foil berwarna merah tua, dimana terdapat pattern khas dari MLD dengan tulisan tengahnya yakni DJARUM SUPER. Foil pada rokok ini cenderung bertekstur sama dengan rokok pada umumnya.

Kemudian kita coba buka foil-nya dengan seksama


Ketika dibuka, rokok ini memiliki batang putih polos, dimana hal ini sama saja dengan rokok mild pada umumnya. Kuantitas rokok ini ialah 20 batang, dengan susunan 7 di bagian depan, 6 di bagian tengah, dan 7 di bagian belakang. Model susunan ini layaknya rokok isi 20 batang pada umumnya.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Bagian batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan rokok mild yang ada di Indonesia. Pada bagian batasan tipping paper terdapat sebuah line yang memiliki efek shiny, beserta logo MLD berwarna merah tua dan adanya tulisan DJARUM SUPER. Perforasi yang digunakan berjumlah 3 baris dengan jarak lubang yang berdekatan satu sama lain dan memiliki model perforasi berupa titik (dot).

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Pada sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis fruity yang sama dengan MLD Black Series namun dengan intensitas yang sedikit lebih rendah. Dalam hal ini, ketika dibakar rokok ini seakan menawarkan sensasi manis leci berpadu dengan a hint of peppermint dikarenakan penambahan peppermint oil pada rokok ini. Salah satu bahan penyusun yang ada pada rokok ini yakni sage oil dan rosemary oil sangat terasa, dikarenakan bahan tersebut merupakan bahan penyedap dari rokok ini. Hal tersebut tercermin dengan rasa rokok ini yang cenderung spicy namun kuat akan rasa minyak atsiri sebagai bahan tambahan dari rokok ini. Memiliki intensitas rasa esens leci yang sangat terasa, dalam hal ini digunakan leci sebagai ciri khas dari rokok mild pada umumnya. Memiliki tarikan yang cenderung lembut, dalam artian sensasi pleasure yang ingin ditawarkan rokok ini seakan membuat suasana menjadi lebih baik. Sedikit saya merasakan sensasi vanilla, yang menjadi salah satu bahan dari rokok ini. Memiliki blend yang cenderung earthy dan rich, artinya rokok ini sangat kaya akan tembakau berkualitas dimana Tembakau Virginia menjadi tembakau paling dominan yang ada pada rokok ini. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi yang cenderung lembut dan kaya akan minyak atsiri yang menjadi bahan tambahan rokok ini. Saya bisa menemukan sensasi nutty yang menjadi daya tarik dari rokok kretek Indonesia, dimana dalam hal ini rokok ini menawarkan blend dimana salah satunya menggunakan Tembakau berjenis Oriental. Dalam hal ini, saya hampir tidak menemukan sensasi harshness, alias sensasi lembut khas yang ingin ditawarkan pada rokok ini berhasil didapatkan oleh admin. Tidak memiliki throat hit, cenderung memiliki sensasi yang tidak menusuk. Memiliki aftertaste fruity yang cenderung kuat akan rasa leci-nya dengan adanya sensasi nutty yang menurut admin sangat terasa. Durasi bakar rokok ini sekitar 10 menit, dalam artian rokok ini menawarkan durasi bakar yang cenderung pas pada admin. Namun ketika mendekati batasan tipping paper, rokok ini cenderung panas dan sedikit layu. Hal ini sudah menjadi kelemahan rokok Djarum pada umumnya. Bila dibandingkan dengan MLD Black Series, rokok ini seakan lebih baik sedikit namun secara citarasa, masih lebih kuat MLD Black Series walaupun intensitasnya lebih besar dan terasa pada MLD Black Series. Untuk rasa saya beri nilai 8.7 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan kuantitas isi yang lebih banyak, kemasan yang cenderung modern, serta harga yang menurut admin cukup terjangkau membuat rokok ini seakan menawarkan kepuasan yang tidak bisa dikalahkan oleh kompetitor. Dengan sensasi a hint of peppermint yang menjadi ciri khas dari rokok ini, membuat admin cukup menyukainya. Namun bila dibandingkan dengan MLD Black Series, cenderung admin menyukai MLD Black Series dikarenakan durasi yang sedikit lebih lama dan juga rasa yang cenderung lebih mantap walaupun secara intensitas hampir sama. Untuk distribusi rokok ini cukup merata, artinya setiap warung yang admin kunjungi rata-rata menjual rokok ini. Di minimarket dan supermarket rokok ini sangat mudah untuk ditemui, terlebih admin mendapatkan stok berpita cukai 2017 di Alfamart yang sudah menjadi langganan admin dalam membeli rokok di minimarket. Namun kelemahan rokok ini ialah tipping paper yang cenderung tidak kuat ketika terkena ludah banyak serta panas, dan juga harga yang ditawarkan bagi sebagian orang kurang begitu terjangkau. Terlebih rokok ini merupakan rokok mild dengan kadar 15 mg yang sudah menjadi bawaan Djarum ketika membuat rokok berjenis mild sehingga rokok ini kurang saya sarankan bagi anda yang secara budget belum mencukupi. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.36 dari 10. Artinya secara rasa saya rekomendasikan, dan cukup saya rekomendasikan bagi anda yang memiliki budget lebih besar namun ingin hemat secara kuantitas yang ditawarkan oleh rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , ,