Sampoerna U Mild Kemasan Baru 2016, Kemasan Baru dengan Groovy Touch & Feel

Selamat malam,

Sepertinya saya sudah cukup lama tidak membuka blog ini. Seharusnya saya mengepos dua review yang belom saya publish seperti yang saya pos di postingan sebelumnya, kini saya menemui sebuah barang yang baru saja di rejuvenate namun bersifat (agak) minor dan hampir tidak dipromosikan terjadi perubahan pada kemasan. Yaitu U Mild yang kini sudah mendapat embel-embel Sampoerna dan terdapat pattern baru. Sekiranya perubahan ini sudah dimulai sejak bulan Juni lalu, tepatnya pada pertengahan  menuju akhir Juni. Namun saya baru bisa mereview barang ini pada saat ini, mengingat saya baru sempat membuka blog lagi.

Sebelumnya saya akan memberikan alasan mengapa U Mild mendapat treatment rejuvenate yang tidak diinformasikan secara massa pada bulan Juni 2016 diantaranya sebagai berikut:

  1. U Mild ingin memberikan jiwa yang lebih muda dan lebih dinamis kepada perokoknya. U Mild saat ini masuk kedalam pangsa pasar mild untuk kelas menengah, dalam hal ini U Mild memang diciptakan untuk menutupi celah Sampoerna yang pada sebelumnya tidak memiliki jenis LTLN kelas menengah. Dengan promosi yang besar-besaran serta sempat melakukan rejuvenasi sebelumnya dengan menambahkan gradasi pada logo U, U Mild seakan berusaha menyajikan yang terbaik untuk kelas menengah. Dalam hal ini adanya penambahan embel Sampoerna pada kemasan makin meyakinkan bahwa U Mild merupakan pilihan cerdas dengan harga yang pantas namun dengan kualitas Lasermild khas Sampoerna.
  2. Kemasan ini bisa dibilang mengikuti U Bold Filter yang diluncurkan Maret 2015, namun melakukan ekspansi ke banyak kota di Indonesia pada tahun 2016 ini. Dengan target "cowo" yang berusia 18-30 tahun, U Bold Filter seakan menutup celah Sampoerna yang sebelumnya belum ada produk dengan harga 10.000 dengan kemasan yang elegan. Seakan Sampoerna berusaha menandingi SKM Full Flavor buatan Djarum yang untuk jenis menengah sangatlah banyak. Ekspansi U Bold Filter namun belum mencakup seluruh wilayah, maka sebagai penyeragaman spirit dari Sampoerna U, U Mild ikut serta mengubah kemasannya menjadi lebih groovy dan lebih muda.
  3. Perubahan nama PT Asia Tembakau yang memang anak perusahaan HM Sampoerna menjadi PT Sampoerna Indonesia Sembilan pada Oktober 2015 sepertinya menjadi faktor adanya penambahan embel-embel Sampoerna pada kemasan terbarunya ini. Dengan adanya perubahan nama perusahaan yang memproduksi U Mild, Sampoerna menegaskan adanya kualitas khas yang ingin ditanamkan pada rokok ini. Mengingat U Bold membawa nama Sampoerna dalam kemasannya, membuat U Mild juga ikut serta mendapat tambahan embel-embel Sampoerna dalam kemasannya.
Baiklah, itu merupakan alasan mengapa U Mild mengubah kemasannya pada Juni 2016 ini. Untuk barang ini bisa dibilang masih agak susah ditemui walaupun saya sudah mudah untuk menemukannya mengingat stok kemasan lama masih cukup banyak dan karena barang ini mulai diproduksi pada awal Juni 2016 maka sekiranya distribusi barang ini paling lambat menyebar setelah lebaran ini. 

Untuk harga rokok ini ialah Rp. 15.000 (beberapa toko menjual dengan harga 14.500 bahkan ada yang menjual dengan harga 14.000, cukai Rp. 16.000). Menurut saya pribadi secara harga terjangkau, namun untuk ukuran rokok produksi Sampoerna ini cukup murah. Untuk harga saya memberi nilai rokok ini 8.5 dari 10.

Kemudian kita akan review kemasannya secara seksama







Kemasan rokok ini bisa dibilang berubah secara minor namun sangat berarti. Kemasan ini memiliki warna dasar abu-abu yang lebih gelap dibanding sebelumnya dimana warna sebelumnya memiliki abu-abu agak terang, dengan adanya setengah pattern concentric circles yang menghadap ke kanan atas (kemasan ini menyebutnya dengan pattern groovy, maka perubahan ini disebut dengan groovy touch & feel) yang memiliki tekstur khas dan bisa dirasakan dengan jari. Penambahan logo Sampoerna pada bagian kiri atas kemasan dengan ukuran kecil namun bisa terlihat dengan mata yang berwarna hitam menegaskan bahwa rokok ini merupakan salah satu produk dari Sampoerna. Pada bagian U besar yang menjadi logo utama rokok ini memiliki gradasi biru tua dengan biru muda dimana dalam U besar terdapat kotak yang memiliki curve yang menyiratkan adanya target rokok ini untuk kalangan muda. Tekstur U Besar cukup emboss. Tulisan U mild pada rokok ini memiliki font yang mirip dengan font typewriter, namun dengan adanya unsur stencil serta terdapat bolongan yang memiliki curve khas U Mild. Adanya tulisan 16 LASERMILD KRETEK menegaskan adanya kualitas mild yang sama dari Sampoerna yaitu dengan adanya penggunaan perforasi khas. Pada bagian deskripsi dari rokok ini menjelaskan adanya penggunaan Tembakau Oriental (dalam hal ini kemungkinan besar berjenis Turkish) yang dikenal memiliki aroma dan rasa yang lebih tajam dan keras, dalam hal ini penggunaan Tembakau Oriental mampu menimbulkan rasa yang lebih terasa serta secara harga per kg, tembakau ini lebih murah dibandingkan Virginia yang umum digunakan pada jenis rokok LTLN. Saya sangat senang dengan perubahan ini, simpel namun memberi kesan lebih elegan dan berkualitas yang ingin dijual rokok ini. Untuk kemasan saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Terlihat jelas pada kemasan rokok ini memiliki kesamaan dengan kemasan sebelumnya, yaitu adanya hinge-lid yang keatas dengan adanya iklan sebagai trik 'gimmick' marketing khas dari U Mild. Pada bagian hinge-lid tertulis NEW' G'ROOVY TOUCH and FEEL yang menjelaskan fitur yang ingin dijual pada kemasan baru ini. Hal ini dilakukan sebagai introduksi terhadap kemasan terbaru ini. Sepertinya tidak ada perubahan yang signifikan pada bagian dalam kemasan. Foil pada rokok ini memiliki logo U khas U Mild dengan adanya merge dua kotak yang memiliki curve dengan adanya tekstur yang sama dengan kemasan sebelumnya.

Kemudian kita buka foil rokok ini dengan seksama


Pada bagian batang rokok tidak terdapat perubahan sama sekali dengan kemasan lama. Susunan batang sama dengan kemasan mild umumnya yaitu 8 didepan dan 8 dibelakang. 

Kemudian kita tarik batang rokoknya dengan seksama


Tidak ada perubahan sama sekali dengan batang rokoknya pada kemasan kali ini. Diameter dan panjang sama dengan rokok mild pada umumnya, dengan adanya pembatas tipping paper berwarna hitam yang menjadi ciri khas rokok ini. Terdapat logo U Mild pada bagian tipping paper dimana tulisan U berwarna biru dengan adanya tulisan mild yang menumpuk bagian U. Perforasi rokok ini ialah dua baris, dengan jarak yang sangat dekat yang menjadi ciri khas dari Lasermild Sampoerna. 

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama



Rasa rokok ini bisa dibilang sangat strong namun dengan intensitas yang rendah disertai rasa smooth. Memiliki karakter khas Tembakau Oriental yang strong yang berpadu dengan cengkeh, dimana rasa rokok ini bisa dibilang memiliki harshness yang terasa disertai rasa yang smoky dan earthy. Adanya rasa mirip dengan madu-plum cukup terasa walau tidak signifikan. Dikarenakan pengolahan Tembakau Oriental menggunakan sinar matahari (Sun Riped) maka rokok ini memiliki karakter rasa manis yang khas, dimana hal ini didukung dengan adanya penambahan pemanis buatan yang menjadi ciri khas rokok kretek. Manis rokok ini sangat pas, bahkan cenderung kurang begitu manis dibandingkan A Mild. Cukup spicy, dalam hal ini dikarenakan saus yang digunakan berbasis spicy-natural khas dari Sampoerna dengan adanya sensasi fermented khas disertai penggunaan cengkeh khas Sampoerna. Tarikan rokok ini bisa dibilang sangat mantap, dengan sensasi aftertaste yang khas di tenggorokan. Tidak terasa throat hit dikarenakan rokok ini memiliki karakter khas Sampoerna yang lembut secara hit. Cukup smooth, karena rokok ini memang tidak menjual dalam hal smoothness namun rokok ini memang dibuat dengan rasa yang harsh namun dalam bentuk mild. Cukup baik secara rasa, namun terkadang membuat batuk. Overall saya cukup suka. Untuk rasa saya beri nilai 8.2 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa dibilang murah secara harga dan rasa yang ditawarkan bisa diterima. Dengan kemasan yang menurut saya sangat baik, rokok ini menawarkan alternatif bagi anda perokok A Mild yang menginginkan sensasi lebih kasar namun dengan harga yang lebih murah. Namun kelemahan kemasan ini ialah distribusinya belum begitu maksimal, dan juga secara promosi tidak terlalu signifikan. Hal ini dikarenakan Sampoerna terlalu terfokus dengan U Bold Filter dalam hal promosi. Secara rasa rokok ini kurang saya rekomendasikan bagi anda yang menginginkan rasa yang lebih smooth. Tapi saya bisa ambil kesimpulan rokok ini cukup menjual. Overall, rokok ini saya beri nilai 8.5 dari 10 untuk rokok ini. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Broo
    Review lucky strike donk, yg merah sm biru (bukan mild)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ya gan, palingan w ngereview yang merah dulu. untuk yang biru susah banget dicarinya. tunggu aja tanggal mainnya

      Hapus
  2. Slmt siang gan.saya mau tau cara pengajuan sponsor untuk acara musik regae di wilayah serpong tangerang

    BalasHapus
  3. gan review LA Light yang Merah dong

    BalasHapus
  4. Iklan terbarunya..sadiz....nembak hewan buat di panggang.....

    BalasHapus
  5. Tolong diperbaikin produksi nya pak, saya menemukan lintikan roko umild tidak rapih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem...akhir-akhir ini saya sering banget menemukan lintingan yg gak rapi sehingga terbuka di bagian tengahnya...rata2 di tiap bungkus saya menemukan 1 sampai 2 batang...alhasil rokok yg gak bisa dihisap itu saya buang....hal ini sungguh sangat merugikan konsumen...saya konsumen setia umild sudah sejak 10 tahun lebih...mohon ditingkatkan quality control produksinya...

      Hapus
  6. U mild mohon di perbaki lg produksinya.
    Lem di bagian busa banyak yg terbuka.
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Saya punya banyak bekas kotak rokok U MILD..
    Apa bisa di jual kembali kotaknya atau bisa di tukarkan dengan rokok..
    Saya penggemar berat rokok U MILD..hampir ribuan saya punya bekas kotak rokoknya.

    BalasHapus