Gudang Garam Signature Mild isi 16 Batang, SKM LTLN dengan Ukuran Regular Dengan Harga Lebih Terjangkau

Selamat siang,

Kali ini admin akan mereview rokok yang sudah masuk pada pertengahan Juli 2016 sebagai jawaban atas animo perokok yang menginginkan rasa mantap dengan ukuran batang lebih besar namun dengan harga murah. Sebelumnya saya akan memberitahu iklan perkenalan dari produk ini yang diupload oleh pihak Gudang Garam yakni berupa video iklan disertai adanya unsur implisit batang rokok dalam bentuk pena. Silahkan ditonton dengan seksama.


Untuk isi 20 batang sudah saya review sebelumnya di blog ini, linknya bisa dilihat di http://reviewrokok.blogspot.com/2016/07/gudang-garam-signature-mild-isi-20.html. Saya membuat review ini sebagai bentuk komparasi antara 16 batang dengan 20 batang. Secara garis besar beberapa alasan mengapa Gudang Garam meluncurkan versi 16 batangnya sebagai berikut:
  1. Gudang Garam Signature yang pertama kali diluncurkan pada Oktober 2013 merupakan jawaban atas pergantian kemasan Gudang Garam International yang pada awal pergantian kemasan membuat protes banyak orang. Dalam hal ini, perbincangan di media sosial mengenai Gudang Garam International sangat menuntut adanya pengembalian ke kemasan lama mengingat Gudang Garam International banyak peminatnya. Dalam hal ini Gudang Garam Signature akhirnya diluncurkan dan mendapat respon positif dari perokok Gudang Garam yang menginginkan kemasan lama. Semakin hari, Gudang Garam Signature kurang bisa mendapat respon pada perokok SKM LTLN yang pangsanya sangat besar. Pada akhirnya, Gudang Garam meluncurkan versi mildnya pada April 2015 dengan harapan banyak perokok SKM LTLN yang beralih kepada merek rokok ini.
  2. Gudang Garam Signature Mild sejatinya merupakan reinkarnasi dari Surya Signature yang diluncurkan pada awal 2000an (admin kurang tahu mengenai tahun pastinya) dan diberhentikan produksinya pada tahun 2012. Dalam hal ini, Gudang Garam Signature Mild memiliki fisik serta isi yang sama yaitu 20 batang dengan harapan perokok Surya Signature bisa merasakan nostalgia dengan rokok lamanya. Dengan blend yang kuat serta ukuran batang yang besar, Gudang Garam Signature Mild memberikan kepuasan yang lebih dibandingkan mild pada umumnya.
  3. Walaupun sudah diluncurkan, Gudang Garam Signature Mild masih kurang bisa menambah keuntungan Gudang Garam pada portofolio SKM LTLN dimana Gudang Garam Signature Mild memiliki harga yang mahal untuk sebuah rokok mild. Pada akhirnya, di awal Juli 2016 ini, Gudang Garam Signature Mild mencoba meluncurkan versi 16 batangnya dengan harga yang lebih murah dengan harapan perokok dewasa memiliki pilihan mild yang lebih berbeda, dengan diameter batang yang lebih gemuk, rasa yang lebih mantap namun dengan harga yang lebih terjangkau.
Daripada kelamaan saya mencoba mereview rokok ini dimulai dengan harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 15.000 (cukai 16.000) dengan kuantitas isi 16 batang dan ukuran batang yang lebih besar. Cukup terjangkau untuk sebuah rokok mild isi 16 batang, dimana preferensi konsumen rokok mild lebih memilih isi 16 batang ketimbang isi 20 batang. Untuk harga sendiri saya memberi nilai 8.5 dari 10. Hal ini terhitung terjangkau dibanding kemasan sebelumnya yaitu 20 batang yang cukup mahal untuk dibeli.

Kemudian kita coba lihat kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini bisa dibilang lebih lebar dibanding kemasan 20 batang, mengingat kuantitas yang ditawarkan ialah 16 batang. Kemasan ini memiliki warna dasar biru muda dengan adanya unsur silver yang menjadi ciri khas dari rokok. Logo Gudang Garam yang digunakan sama dengan kemasan 20 batang yakni berwarna dasar silver. Tulisan Gudang Garam memiliki warna dan ukuran yang hampir sama dengan isi 20 batang yakni putih. Terdapat tulisan SIGNATURE dengan font ukuran kecil dengan dibawahnya terdapat bintang berjumlah lima yang bermakna rokok ini masuk kedalam produk premium dari Gudang Garam dengan blend berkualitas dari Gudang Garam. Adanya tulisan MILD menunjukan rokok ini masuk kedalam segmen SKM LTLN. Terdapat logo khas Gudang Garam Signature yang terinspirasi dari jalan di logo Gudang Garam yang berwarna abu-abu dengan unsur transparan. Pada bagian bawah terdapat tulisan PREMIUM FILTER dan KRETEK CIGARETTES yang ada pada box berwarna silver menandakan produk ini masuk kedalam segmen premium. Adanya tulisan MADE IN INDONESIA yang memiliki ukuran font kecil menandakan produk ini dibuat di Indonesia. Pada bagian deskripsi memiliki kesamaan dengan isi 20 batang dengan adanya tanda tangan dari Surya Wonowidjojo selaku founder dari Gudang Garam sendiri. Menggunakan model kemasan yang sama dengan isi 20 batang yakni C-Shape dengan adanya grid berbentuk garis. Hal yang menjadi perbedaan dengan isi 20 batang yakni pada bagian samping kemasan, terdapat tulisan 16 dengan logo khas rokok SKM Full Flavor Gudang Garam namun tanpa penjelasan Premium Filter Cigarettes, dimana hal tersebut digantikan dengan lingkaran putus serta tidak ada logo bintang yang menyertai. Hal tersebut digantikan dengan adanya lingkaran yang sepertinya mengunci lingkaran putus tersebut. Dan perbedaan lain ialah sudut C-Shape lebih terlihat dibanding kemasan 20 batang, dimana letak PHW kini lebih di tengah. Hal ini dimaksudkan untuk mengakomodasi isi rokok yang kini ada 16 batangnya. Simple dan menarik. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Tidak ada perubahan yang drastis dengan isi 20 batang. Bisa dilihat pada kemasan dalamnya terdapat warna basis yang sama dengan 20 batang yakni berwarna silver. Foil pada rokok ini memiliki tekstur yang sama dengan isi 20 batang, dengan adanya tulisan SIGNATURE disertai bintang yang berjumlah 5.

Kemudian kita coba buka foilnya dengan seksama


Hal yang berbeda dengan isi 20 batang yakni susunan batangnya mirip dengan rokok mild pada umumnya, dimana dalam hal ini terdapat 8 batang di bagian depan dan 8 batang di bagian belakang. Sangat baik, dan terlihat adanya batang rokok yang sama dengan isi 20 batang, yakni adanya corak khas dari SKM Full Flavor dari Gudang Garam.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Ukuran batang dan diameter yang ada sama dengan isi 20 batang. Dalam hal ini pada pembatas tipping papernya sama dengan isi 20 batang yakni tulisan SIGNATURE yang glossy disertai warna biru tua kemudaan. Corak pada tipping paper sama dengan isi 20 batang, dalam hal ini perforasi yang digunakan sama dengan isi 20 batang. Perforasinya berjumlah 2 baris dengan jarak yang agak jauh. Hal ini mampu menciptakan kesan smooth dan bold pada rokok ini.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini memiliki karakter dan rasa yang sama dengan isi 20 batang. Dalam hal ini, awalan bakarannya sangat spicy, disertai rasa manis berry khas dari Gudang Garam. Rokok ini memang mewarisi sensasi SKM Full Flavor Gudang Garam yang dikenal dengan rasa gurih bercampur saus berbasis berry. Dengan diameter yang lebih besar dan perforasi yang agak jauh, mampu menciptakan rasa bold namun berkarakter smooth. Ketika ditarik, rokok ini memiliki sensasi khas dari Gudang Garam yang cukup fermented dengan rasa manis yang menurut saya tinggi namun bisa diterima. Berbeda dengan rokok mild biasa yang menggunakan basis tembakau Virginia, tembakau pada rokok ini bisa dibilang terdiri dari gabungan tembakau lokal berkualitas dengan intensitas yang cukup tinggi. Tarikannya sangat mantap menurut saya, cukup harshness namun smooth. Bakarannya terhitung lambat untuk sebuah rokok mild, dan bisa dibilang rokok ini memang mewarisi rasa SKM FF Gudang Garam. Saya sangat suka untuk rokok ini. Untuk rasa saya beri nilai 8.9 dari 10.

KESIMPULAN

Untuk ukuran isi 16 batang, rokok ini memang memiliki rasa yang sama dan sensasi yang sama pula. Sangat nikmat, terutama disandingkan dengan kopi hitam. Dengan kemasan yang lebih trendy, dan kuantitas 16 batang, rokok ini bisa menjadi pilihan untuk tongkrongan bareng teman. Namun kelemahan rokok ini ialah distribusinya yang belum begitu merata di minimarket. Rokok ini sebenarnya mudah ditemukan di warung kecil atau toko yang masuk kedalam jaringan penjualan Gudang Garam, namun stoknya terakhir saya tanya banyak yang kosong dikarenakan rokok ini terhitung rokok baru yang belum banyak peminat jadi distributor hanya memasukan 1-2 bungkus saja. Untuk minimarket sendiri saya baru menemuinya di Indomaret, untuk Alfamart sepertinya masih banyak stok yang isi 20 batang. Overall untuk rokok isi 16 batang sangat memuaskan, nilai totalnya yakni 8.76 dari 10. Artinya dengan harga terjangkau dan kemasannya yang sangat keren serta pas di kantong, rokok ini bisa menjadi pilihan lain bagi anda yang memang suka rokok jenis mild. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.



Posting Komentar

12 Komentar

  1. Hahahaha akhirnya direview..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha penasaran bener ama kemasannya makanya direview juga mas

      Hapus
  2. Ane udah coba nih. Jujur, enak banget, sayangnya menurut saya masih terlalu manis. Andai diturunkan sedikit kadar manisnya, ini akan jadi SKM fav saya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba turun ke GG mild aja yang manisnya nggak gitu

      Hapus
  3. kmrin saya beli rasanya bgitu aneh gk ada bumbu manis d awal trikan hampos msih kalah gurih dg signature filter hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini emang rasanya filter banget, kalo dibandingin ama signature ya masih enakan signature kemana-mana

      Hapus
  4. Sudah coba ini dua bungkus, tidak kecewa

    BalasHapus
  5. Bang udah pernah review gudang garam signature filter nya belum?

    BalasHapus
  6. gan ane suka ngerasa sakit kalo narik asep lewat idung, gimana ya triknya biar ga sakit? atau cuma butuh pembiasaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasain aja, kalo udah biasa udah enak kok

      Hapus
  7. Cobain signature ini malah nagih mas hehe.. secara tarikan smooth bgt, mild versi GG memang ini memang beda rasanya sama mild yg laen, mantab

    BalasHapus
  8. Manisnya shock... Tapi pembakaran ama aroma rasa lumayan nikmat. .. Low value great flavor!!

    BalasHapus