Sampoerna U Mild Cool Kemasan Baru 2016, Kemasan Baru dengan Groovy Touch & Feel

Selamat sore,

Kali ini admin akan mereview rokok yang mendapat treatment rejuvenate secara minor namun kurang dipublikasikan secara massa, untuk varian ini tidak dipublikasikan sama sekali yaitu Sampoerna U Mild Cool. Seharusnya saya mereview rokok ini pada Jumat lalu, namun karena adanya kerusakan pada modem BOLT! saya pada akhirnya saya baru bisa membuat reviewnya pada hari ini. Jadi jujur saya sudah mencoba dua kali terhadap rokok ini karena sebenarnya rencana review saya dilakukan pada Jumat kemarin.

Ada beberapa alasan mengapa U Mild Cool mengubah kemasannya pada bulan Juni 2016 lalu namun barang baru bisa ditemui pada Juli ini diantaranya:

  1. U Mild, dan juga U Mild Cool ingin memberikan jiwa yang lebih muda dan lebih dinamis kepada perokoknya. U Mild saat ini masuk kedalam pangsa pasar mild untuk kelas menengah, dalam hal ini U Mild memang diciptakan untuk menutupi celah Sampoerna yang pada sebelumnya tidak memiliki jenis LTLN kelas menengah. Dengan promosi yang besar-besaran serta sempat melakukan rejuvenasi sebelumnya dengan menambahkan gradasi pada logo U, U Mild seakan berusaha menyajikan yang terbaik untuk kelas menengah. Dalam hal ini adanya penambahan embel Sampoerna pada kemasan makin meyakinkan bahwa U Mild merupakan pilihan cerdas dengan harga yang pantas namun dengan kualitas Lasermild khas Sampoerna.
  2. U Mild Cool pertama kali diluncurkan pada April 2011 di kawasan Kalimantan termasuk diantaranya ialah Palangkaraya dan Balikpapan. U Mild Cool sendiri sebenarnya merupakan jawaban dari Sampoerna dikarenakan pangsa pasar rokok mild menthol kelas menengah sudah mulai dirasakan berkembang. Dalam hal ini, U Mild Cool menawarkan keunggulan berupa menthol yang lebih natural dikarenakan bahan menthol crystalnya yang berasal dari daun Peppermint (Mentha Arvensis) dan blend berbasis tembakau Oriental dengan rasa yang lebih mantap namun dengan harga yang lebih murah namun menginginkan kualitas dari Sampoerna itu sendiri. 
  3. Pada akhir 2013, U Mild Cool melakukan ekspansinya ke kota di kawasan lain yang salah satunya Jakarta masuk kedalam tempat dimana U Mild Cool melakukan ekspansinya. Dalam hal ini Sampoerna menawarkan alternatif A Mild Menthol yang pada saat itu mencapai sekitar 15.000 per bungkus. Dalam hal ini, Sampoerna meluncurkan U Mild Cool untuk menjaga pangsa pasar rokok mild menthol kelas menengah yang dikuasai oleh Djarum dengan beberapa merek mild menthol lokalnya.
  4. Kemasan ini bisa dibilang mengikuti U Bold Filter yang diluncurkan Maret 2015, namun melakukan ekspansi ke banyak kota di Indonesia pada tahun 2016 ini. Dengan target "cowo" yang berusia 18-30 tahun, U Bold Filter seakan menutup celah Sampoerna yang sebelumnya belum ada produk dengan harga 10.000 dengan kemasan yang elegan. Seakan Sampoerna berusaha menandingi SKM Full Flavor buatan Djarum yang untuk jenis menengah sangatlah banyak. Ekspansi U Bold Filter namun belum mencakup seluruh wilayah, maka sebagai penyeragaman spirit dari Sampoerna U, U Mild dan U Mild Cool ikut serta mengubah kemasannya menjadi lebih groovy dan lebih muda.
  5. Perubahan nama PT Asia Tembakau yang memang anak perusahaan HM Sampoerna menjadi PT Sampoerna Indonesia Sembilan pada Oktober 2015 sepertinya menjadi faktor adanya penambahan embel-embel Sampoerna pada kemasan terbarunya ini. Dengan adanya perubahan nama perusahaan yang memproduksi U Mild dan U Mild Cool, Sampoerna menegaskan adanya kualitas khas yang ingin ditanamkan pada rokok ini. Mengingat U Bold membawa nama Sampoerna dalam kemasannya, membuat U Mild dan U Mild Cool juga ikut serta mendapat tambahan embel-embel Sampoerna dalam kemasannya.
Ok, daripada kelamaan mending saya mulai review rokok ini dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 14.500 (cukai 16.000) dengan kuantitas isi 16 batang. Dalam hal ini tidak ada perubahan secara harga dengan kemasan lama. Untuk harga saya memberi nilai 8.6 dari 10.

Kemudian kita akan review kemasannya dengan seksama







Kemasan ini bisa dibilang hampir sama dengan Sampoerna U Mild kemasan terbaru dimana terdapat pattern groovy berupa concentric circles yang mengarah ke kanan atas dengan tekstur kemasan yang bisa dirasakan dari segi garisnya. Dalam kemasan ini, warna dasar yang digunakan sama dengan U Mild kemasan baru yaitu abu-abu yang lebih gelap. Namun terdapat perbedaan dengan U Mild biasa dimana font yang digunakan pada tulisan U mild berwarna biru tua berfont typewriter disertai dengan tulisan Cool dibawah U mild yang memiliki font retro dengan shadow putih dan warna hijau pada tulisan Cool. Hal ini menandakan bahwa target perokok U Mild Cool ialah seorang yang trendy namun mencerminkan Cool yang ingin dibawa oleh U Mild Cool ini. Gradasi U pada kemasan ini terdiri dari warna hijau muda dengan hijau tua. Terdapat logo SAMPOERNA pada kiri atas menandakan bahwa rokok ini memiliki kualitas dari Sampoerna berupa Lasermild yaitu perforasi khusus untuk menciptakan rasa mild pada rokok ini. Pada bagian bawah kemasan terdapat tulisan 16 LASERMILD (R) MENTHOL KRETEK yang menandakan adanya fitur Lasermild berupa dua perforasi dengan jarak yang dekat untuk menciptakan rasa menthol yang smooth. Bagian belakang kemasan terdapat deskripsi yang menjelaskan keunggulan penggunaan Tembakau Oriental yang berpadu dengan cengkeh pilihan  serta Natural Menthol Arvensis yang menandakan adanya blend berkualitas khas U Mild yang dikenal lebih strong berpadu dengan rasa menthol yang natural, hal ini menandakan penggunaan menthol crystal yang sumbernya berasal dari minyak Peppermint (dalam hal ini Natural Menthol Arvensis merupakan nama dagang dari sumber menthol yang digunakan untuk pengaplikasian menthol pada rokok ini). Saya sangat senang dengan kemasannya, untuk kemasan saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Kemasan ini memiliki model hinge-lid yang sama dengan U Mild pada umumnya disertai dengan adanya promosi di dalam kemasan. Terdapat tulisan NEW G'ROOVY TOUCH AND FEEL yang menandakan adanya perubahan pada kemasan luar yang memilki pattern groovy dimana teksturnya bisa dirasakan dengan seksama. Foil pada rokok ini sama dengan U Mild biasa yaitu adanya logo U disertai dengan kotak khas pada kemasannya. Susunan batang rokok ini ialah 8 di depan dan 8 dibelakang dengan kuantitas isi 16 batang. Karena ini merupakan rokok menthol, maka saya tidak bisa merobek foilnya mengingat beberapa rokok menthol mengaplikasikan mentholnya dengan foil yang ada pada dalam kemasan. 

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang ukuran dan diameter yang sama dengan U Mild biasa. Perbedaan yang jelas terdapat pada batasan tipping papernya yang berwarna hijau tua dengan adanya logo U berwarna hijau disertai dengan tulisan U mild berwarna biru tua. Perforasi yang digunakan berjumlah 2 garis, dengan jarak lubang yang berdekatan khas dari fitur Lasermild itu sendiri.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini bisa dibilang agak sedikit berbeda dengan U Mild biasa. Dalam hal kekuatan mentholnya, bisa dibilang rokok ini memiliki sensasi dingin yang lumayan namun lembut diawal dan semakin mendekati batasan tipping paper maka kadar mentholnya cenderung melemah. Hal ini terjadi dikarenakan pengaplikasian menthol crystal (atau Natural Menthol Arvensis) dikadarkan secara middle sehingga menciptakan rasa menthol yang sangat natural. Memiliki rasa khas manis namun tidak semanis U Mild biasa. Penggunaan tembakau Oriental yang diproses dengan sun cured mampu menciptakan rasa khas aromatik yang khas namun tidak seintens U Mild biasa. Bisa dibilang rokok ini lebih enak ditarik karena sensasi harshness pada rokok ini ditutupi dengan penggunaan menthol untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan. Memiliki sensasi honey-plum khas Sampoerna U. Sangat mantap untuk ditarik, dan meninggalkan aftertaste yang nyaman di tenggorokan. Dengan adanya fitur Lasermild mampu menciptakan rasa yang smooth namun berkarakter earthy. Tidak begitu spicy, cenderung tertutupi dengan menthol yang menjadi daya tarik rokok ini. Durasi bakar menurut saya cukup cepat, dikarenakan kadar tar pada rokok ini hanya 14mg, lebih rendah dibanding U Mild biasa yang mencapai 15mg. Kadar manisnya menurut saya pas, tidak berlebih namun tidak kurang. Saat ditarik tidak meninggalkan throat hit, dan tidak membuat batuk setelah ditarik. Saya sangat senang dengan rokok ini, yang jelas sebagai alternatif A Mild Menthol. Untuk rasa saya memberi nilai 8.4 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa menjadi alternatif A Mild Menthol dengan harga yang lebih terjangkau. Dalam hal ini, U Mild Cool menjadi pilihan cerdas bagi anda yang menginginkan rasa menthol yang natural berkualitas Sampoerna. Dengan kemasannya yang keren dan harga yang murah, serta rasa yang bisa diterima, maka U Mild Cool menjadi pilihan bagi anda perokok kelas menengah yang ingin mencoba sensasi dingin dari rokok mild menthol itu sendiri. Namun kelemahan rokok ini ialah rasa menthol yang kurang begitu kuat (karena saya jujur senang dengan rokok menthol dengan kadar tinggi) dan distribusinya yang kurang begitu merata serta agak susah didapatkan di warung dibandingkan U Mild biasa. Untuk saat ini, rokok ini sangat mudah didapatkan di minimarket, namun untuk kemasan ini distribusinya masih kurang merata. Overall saya memberi nilai 8.63 dari 10. Sangat baik untuk ukuran rokok mild kelas menengah.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , ,