Gudang Garam Signature Mild isi 20 Batang, SKM LTLN dengan Ukuran Regular

Selamat sore,

Kali ini admin akan mereview rokok yang sebenarnya sudah dilaunching pada April 2015 namun pada Juli 2016 ini tersedia dalam kemasan isi 16 batang yaitu Gudang Garam Signature Mild. Untuk kali ini saya mereview isi 20 batang mengingat belum adanya kemasan 16 batang yang tersedia di toko di kawasan Depok begitu juga promosinya.

(UPDATE) 
Untuk isi 16 batang bisa dilihat di link berikut: http://reviewrokok.blogspot.co.id/2016/07/gudang-garam-signature-mild-isi-16.html. Secara garis besar tidak ada perubahan yang drastis.

Ada beberapa alasan mengapa Gudang Garam meluncurkan Gudang Garam Signature Mild pada awal April 2015 diantaranya:

  1. Gudang Garam Signature yang pertama kali diluncurkan pada Oktober 2013 merupakan jawaban atas pergantian kemasan Gudang Garam International yang pada awal pergantian kemasan membuat protes banyak orang. Dalam hal ini, perbincangan di media sosial mengenai Gudang Garam International sangat menuntut adanya pengembalian ke kemasan lama mengingat Gudang Garam International banyak peminatnya. Dalam hal ini Gudang Garam Signature akhirnya diluncurkan dan mendapat respon positif dari perokok Gudang Garam yang menginginkan kemasan lama. Semakin hari, Gudang Garam Signature kurang bisa mendapat respon pada perokok SKM LTLN yang pangsanya sangat besar. Pada akhirnya, Gudang Garam meluncurkan versi mildnya pada April 2015 dengan harapan banyak perokok SKM LTLN yang beralih kepada merek rokok ini.
  2. Gudang Garam Signature Mild sejatinya merupakan reinkarnasi dari Surya Signature yang diluncurkan pada awal 2000an (admin kurang tahu mengenai tahun pastinya) dan diberhentikan produksinya pada tahun 2012. Dalam hal ini, Gudang Garam Signature Mild memiliki fisik serta isi yang sama yaitu 20 batang dengan harapan perokok Surya Signature bisa merasakan nostalgia dengan rokok lamanya. Dengan blend yang kuat serta ukuran batang yang besar, Gudang Garam Signature Mild memberikan kepuasan yang lebih dibandingkan mild pada umumnya.
  3. Walaupun sudah diluncurkan, Gudang Garam Signature Mild masih kurang bisa menambah keuntungan Gudang Garam pada portofolio SKM LTLN dimana Gudang Garam Signature Mild memiliki harga yang mahal untuk sebuah rokok mild. Pada akhirnya, di awal Juli 2016 ini, Gudang Garam Signature Mild mencoba meluncurkan versi 16 batangnya dengan harga promo Rp. 15.000 (cukai 16.000). Namun jujur saya belum dapat barangnya sama sekali.
Sembari kita menunggu kemasan 16 batang muncul di pasaran, maka alangkah baiknya saya mereview yang versi 20 batang dengan harapan bagi anda yang ingin beralih kepada Signature Mild 16 bisa mengetahui keunggulan yang ingin dijual oleh rokok ini sehingga tidak kecewa ketika anda merasakannya. Sejatinya, kemasan 16 dan 20 batang memiliki rasa yang sama, namun untuk versi 16 batang ukuran kemasannya cenderung lebih lebar. 

Baiklah saya akan mereview rokok ini dengan seksama mulai dari harga dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan harga Rp. 21.000 (beberapa toko menjual kisaran 20.000-20.700, cukai 20.000). Bila dihitung secara matematis, rokok ini termasuk murah bila diketeng yaitu Rp. 1000 per batang. Jadi saya memberi nilai 7 dari 10 mengingat harga mahal ini berbanding dengan bentuk fisik yang besar dan lebih puas. Bandingkan dengan Marlboro dengan harga yang sama namun kurang puas dalam lama bakaran.

Kemudian kita akan review kemasannya dengan seksama









Kemasan rokok ini bisa dibilang sangat simpel namun elegan. Dalam hal ini, kemasan ini memiliki warna dasar biru muda disertai warna silver. Lambang Gudang Garam yang digunakan ialah lambang Gudang Garam berwarna dasar silver. Tulisan GUDANG GARAM berwarna putih disertai tulisan SIGNATURE berwarna putih juga. Dalam hal ini terdapat lambang lima bintang yang bermakna rokok ini memiliki racikan kualitas terbaik sehingga nama rokok ini ialah Signature atau dalam makna lain yaitu produk unggulan dari Gudang Garam. Tulisan MILD pada bagian depan kemasan berwarna biru tua dengan adanya font yang kecil. Di belakang tulisan MILD terdapat lambang khas dari keluarga Gudang Garam Signature yaitu semacam curve yang mirip dengan jalan yang ada pada logo Gudang Garam, dimana warna curvenya berwarna biru keabuan. Adanya tulisan PREMIUM FILTER dalam background abu-abu makin meyakinkan bahwa rokok ini masuk kedalam segmen SKM LTLN premium buatan Gudang Garam. Tulisan MADE IN INDONESIA meyakinkan bahwa rokok ini merupakan produk asli Indonesia. Pada bagian belakang kemasan, deskripsi rokok ini menggambarkan mutu tertinggi yang ingin dijual yang dibuat dengan mesin canggih serta racikan teristimewa oleh Surya Wonowidjojo, selaku pendiri dari pabrik rokok Gudang Garam beserta tanda tangan yang berwarna putih. Bagian samping kemasan terdapat logo semacam pita yang bertuliskan 20 bermakna isi dari rokok ini yaitu 20 batang disertai adanya tulisan PREMIUM FILTER CIGARETTES yang bermakna rokok ini masuk kedalam jenis premium. Dengan model kemasan curve, pada bagian sudutnya terdapat beberapa garis yang membentuk sudut yang disebut dengan C Shapes. Sangat elegan dan menjual. Untuk kemasan saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Hinge lid yang digunakan berbasis warna silver dengan model mirip rokok pada umumnya. Dalam hal ini foil rokok memiliki tekstur yang halus dengan adanya tulisan SIGNATURE disertai 5 bintang yang mencerminkan kualitas yang ingin dijual dari rokok ini. 

Kemudian kita coba buka foilnya dengan seksama


Terlihat jelas setelah dibuka foilnya, maka terlihat adanya batang berwarna biru muda disertai motif khas rokok SKM Full Flavor yang tidak umum diterapkan pada jenis SKM LTLN. Isi dari rokok ini ialah 20 batang, dengan susunan yang mirip dengan rokok jenis SPM pada umumnya.

Kemudian kita tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki diameter yang besar dengan panjang berukuran king size. Dalam hal ini tipping paper rokok ini memiliki warna biru muda dengan corak SKM Full Flavor disertai adanya lima bintang yang glossy serta pembatas tipping paper berwarna biru muda kegelapan disertai tulisan SIGNATURE yang glossy. Dalam hal ini, rokok ini memiliki dua perforasi yang tidak terlihat dimana jarak lubangnya agak sedikit jauh. Dimaksudkan untuk menciptakan rasa yang bold dan smooth.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini bisa dibilang sangat spicy dan rich akan tembakau serta cengkehnya. Terdapat saus khas berry (dalam hal ini strawberry atau raspberry) serta gurih rempah khas dari Gudang Garam. Berbeda dengan GG Mild yang juga merupakan buatan Gudang Garam, rokok ini memiliki rasa yang lebih bold dalam hal ini terjadi karena diameter batang yang lebih besar. Rasa khas Gudang Garam cukup terasa ketika ditarik namun dengan intensitas yang sedikit lebih rendah namun lebih tinggi dibanding GG Mild. Karakter tembakaunya berbeda dengan rokok mild umumnya yang menggunakan tembakau virginia, rokok ini memiliki rasa tembakau lokal berkualitas yang sangat terasa. Memiliki rasa manis yang hampir sama dengan jenis SKM Full Flavor dalam artian rokok ini mewarisi rasa khas dari Full Flavor buatan Gudang Garam. Tarikannya sangat mantap, disertai harshness namun sangat smooth. Aromanya sangat nikmat, sangat tepat disandingkan dengan kopi hitam. Bakaran rokok ini terhitung lamban untuk sebuah rokok mild. Sangat nyaman di tenggorokan walaupun rokok ini membawa karakter hard dari SKM FF Gudang Garam. Sangat nikmat, bahkan saya cenderung suka dengan rokok ini. Untuk rasa saya beri nilai 8.9 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa dibilang sangat menang pada kemasannya yang elegan serta rasanya yang sangat mantap. Bagi anda yang ingin beralih ke Signature Mild 16, saya sangat merekomendasikannya dikarenakan rasanya sangat nikmat dan durasi bakar yang sangat lama. Namun kelemahan rokok ini ialah harganya yang kurang terjangkau, dan untuk isi 16 batang belum terdistribusi sama sekali. Saya rasa rokok ini mudah didapatkan di minimarket, namun untuk warung agak susah menemukannya dibanding varian Gudang Garam lainnya. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.23 dari 10. Sangat baik untuk sebuah rokok mild.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , ,