Sampoerna Legit Nira Kretek 12, SKT Value For Money Dengan Aroma Teh Hijau Melati Dan Sensasi Manis Legit

Selamat sore,

Sudah sekitar satu bulan lebih saya tidak menulis di blog tercinta ini. Hal tersebut terus terang, karena memang kondisi yang pada beberapa waktu belakangan ini, menyebabkan proses review dari produk rokok kemudian sulit untuk dilakukan. Entah karena adanya satu dan dua hal yang jelas, dan pada akhirnya bahwa pengantar singkat ini menegaskan posisi penulis pada saat ini, yang kemungkinan besar akan jarang (bahkan, sangat jarang) untuk menulis terkait dengan ulasan (atau review) produk tembakau yang ada (dan tentu saja, rata-rata post yang saya buat umumnya akan membahas produk yang dikatakan mainstream). Harap maklum sekali lagi.

Review yang akan saya buat pada kesempatan kali ini merupakan produk yang dikatakan cukup baru untuk ditemukan di pasaran. Produk ini secara umum sudah beredar di pasaran sejak bulan Juni 2024 lalu, namun untuk penjualan di warung ataupun toko kelontong, baru beredar sekitar bulan Juli 2024 ini. Nama produk yang akan saya review pada kesempatan kali ini, adalah Sampoerna Legit Nira Kretek. Adapun produk ini juga bisa disebut sebagai Sampoerna Nira, Sampoerna Kretek Coklat, bahkan bisa juga disebut sebagai Legit Nira saja. Mengingat bahwa penanda "Legit" pada konteks Sampoerna Legit, kemungkinan besar tidak akan mengacu kepada satu aroma ataupun rasa saja, akan tetapi mengacu kepada model varian dari Sampoerna Kretek yang dilengkapi dengan rasa dan aroma tertentu. 

Pengembangan Sampoerna Kretek yang dilengkapi dengan perisa dan aroma tertentu, bukanlah sebuah proses yang dikatakan sebagai proses yang lahir dari ruang hampa. Mengingat bahwa penjualan SKT yang terus mengalami kenaikan, dan juga dominasi KT&G dalam hal pemimpin dari segmen Flavored SKT yang memiliki penjualan yang besar, kemudian memberi tantangan dari pihak HM Sampoerna, untuk mengembangkan sensasi rasa yang tentu disukai oleh perokok dewasa, namun tetap menjual citarasa dari paduan tembakau dan cengkeh khas dari Sampoerna Kretek, yang pada kesempatan kali ini memiliki dimensi rasa yang berbeda daripada sebelumnya. Dimensi rasa yang kemudian memiliki citarasa khas dengan aksen rasa dan aroma "sticky" pada hisapannya, pada akhirnya menjadi semangat dari pengembangan varian dari Sampoerna Legit Kretek. Tentu bahwa kemungkinan besar akan ada produk yang memiliki rasa yang berbeda, dengan tentunya mengedepankan pada aroma dan rasa yang seimbang, dan juga memiliki sensasi rasa yang khas dengan unsur aroma yang kuat. 

Lini Sampoerna Legit Kretek yang pertama kali hadir di pasaran (Sampoerna Legit Nira), kemudian mengusung citarasa legit dari rasa dan aroma dedaunan yang memiliki sensasi rasa, yang tentunya berbeda dengan apa yang kemudian ditawarkan di pasaran sejauh ini. Rasa legit yang kemudian ditawarkan pada konteks rokok ini, kemudian mengacu kepada sensasi rasa dan aroma teh hijau yang dilengkapi dengan paduan aroma khas dari melati, dan kemudian untuk menambahkan sensasi aroma legit yang menjadi ciri khas dari lini Sampoerna Legit, maka kemudian penambahan flavoring rasa legit yang diturunkan dari rasa vanilla dan karamel, menjadi penting dalam penyusun sensasi rasa dan aroma yang khas tersebut. 

Gaya tersebut kemudian berbeda dengan gaya yang ditawarkan oleh kompetitornya, yakni Juara Teh Manis. Pada konteks Juara Teh Manis, sensasi teh hijau melati, kemudian diperkaya dengan  perisa khas fruktosa, yang kemudian kurang bisa memberikan sensasi rasa legit yang mumpuni. Namun pada konteks Legit Nira, sensasi rasa khas dari teh hijau melati, kemudian dipadukan dengan rasa dan aroma manis yang lengket khas dari karamel, dan juga vanilla sebagai penyusun rasanya. Hal tersebut kemudian menjadikan sensasi rasa manis yang ditawarkan oleh rokok ini, pada akhirnya berbeda dengan gaya khas yang ditawarkan oleh kompetitornya secara umum.

Baiklah, itu sedikit pengantar bagaimana produk ini kemudian dapat dimaknai secara umum. Langsung saja kemudian kita coba ulas produk ini dari harganya terlebih dahulu. Harga produk ini kemudian ditawarkan dalam rentang Rp. 13.500,- hingga Rp. 14.000,- per bungkus, tergantung dimana Anda kemudian membeli produk ini secara umum (dengan cukai golongan I sebesar Rp. 16.500,- per 12 batang). Harga rokok ini bahkan memiliki jarak yang cukup besar dari harga yang tertera pada pita cukai, mengingat bahwa segmentasi produk Sampoerna Legit kemudian berada pada rentang harga yang umum dijual oleh Juara KT&G, yang sekiranya bisa ditemukan dalam harga Rp. 14.000,- hingga 15.000,- per 12 batang (catatan penting, Juara dari KT&G memiliki golongan cukai yakni golongan II< sedangkan pada Sampoerna berada pada golongan cukai I). 

Tentu bahwa dari apa yang kemudian ditawarkan oleh Sampoerna Legit Nira dari segi harga, kemudian menawarkan harga yang bahkan mendekati rokok golongan II dan III, yang secara umum bisa ditemukan pada harga 10.000,- hingga 12.000,- per 12 batang kretek. Harga yang pada akhirnya bisa dianggap sebagai harga yang menurut saya pribadi cukup 'nekat,' namun memiliki daya tarik yang pada akhirnya tidak biasa.

Untuk harga sendiri saya beri nilai 10 dari 10

Kemudian kita coba ulas kemasan rokok ini dari segi kemasannya







Kemasan rokok ini menggunakan paduan warna gradasi dari coklat dan kuning keemasan, dipadukan dengan warna putih, emas, coklat, dan juga merah. Bagian depan dan belakang kemasan merupakan gabungan dari warna gradasi dari coklat kemerahan dan kuning keemasan, yang menandakan bahwa sensasi aroma yang ditawarkan oleh rokok ini merupakan rasa khas dari teh manis legit. Hal tersebut kemudian dipadukan dengan adanya unsur pola etnik khas Indonesia Timur, dalam bentuk emboss hot stamp, menandakan bahwa rokok ini memiliki unsur khas dari paduan rasa yang seimbang dan juga sensasi khas teh manis secara tradisional. Tulisan SAMPOERNA kemudian menggunakan warna putih dengan outline hitam, dilengkapi dengan adanya ikon sembilan bintang di bagian bawah tulisan, dengan warna bintang yakni putih dan dilengkapi outline khas berwarna merah. Tulisan tersebut juga dilengkapi dengan adanya efek emboss khas, menegaskan bahwa produk ini termasuk dalam lini Sampoerna Kretek. 

Kotak khas bertuliskan A yang menandakan nama besar dari Aga Sampoerna (dan juga huruf A yang diturunkan dari nama AGA) kemudian bisa ditemukan, dengan adanya kotak berwarna merah darah (pada foto tampak lebih terang), dengan tulisan A berwarna putih, dilengkapi dengan outline berwarna putih. Logo khas dari A tersebut kemudian dilengkapi dengan adanya efek emboss khas, menegaskan bahwa rokok ini termasuk dalam lini Sampoerna Kretek. Pada bagian bawah logo A, terdapat penanda logo berupa daun dalam lingkaran, dilengkapi tulisan LEGIT dalam latar warna emas, dan tulisan NIRA yang memiliki latar warna serupa dengan bagian utama kemasan. Di bagian bawahnya kemudian terdapat penanda kuantitas, yakni 12 SIGARET KRETEK, menandakan bahwa rokok ini termasuk dalam kategori SKT atau Kretek Tangan.

Bagian kanan kemasan terdapat penanda cukai yakni SKT, larangan jual, barcode, dan kadar per batangnya (38 mg Tar dan 2.2 mg Nikotin, menandakan bahwa rokok ini memiliki kadar tar yang cukup berat khas dari Sampoerna Kretek, namun dengan kadar nikotin yang sedikit lebih halus ketimbang Sampoerna Kretek itu sendiri). Bagian kiri terdapat penanda pelekatan dari pita cukai, dengan pelekatan pita cukai berada pada bagian tengah dari penanda secara memanjang. Bagian atas terdapat penanda yang bertuliskan BUKA DI SINI yang dilengkapi dengan panah, dan adanya logo khas dari A yang menandakan rokok ini termasuk dalam lini Sampoerna Kretek. Bagian bawah terdapat penanda produsen, yakni PT HM Sampoerna Tbk., berlokasi di Surabaya. Kode produksi yang saya dapatkan pada kesempatan kali ini, yakni rokok ini diproduksi pada tanggal 27 Mei 2024 lalu, cukup baru untuk sebuah hitungan dari SKT Flavored yang memiliki masa simpan hingga 3 bulan. 

Rokok ini tampak memiliki keunikan yang mendalam dari segi kemasan, dan tampak bahwa elemen rasa khas Nira yang Legit kemudian tersampaikan dengan baik. Dan tentu saja, bahwa desain kemasan rokok ini lebih baik ketimbang kompetitor yang menawarkan desain yang "terlalu norak" untuk beberapa merek, dengan tampak pemakaian elemen desain yang minimalis, namun tetap menunjukkan sisi kompleksnya, terutama pada bagian pola etnik khas Indonesia Timur tersebut.

Kemasan rokok ini memiliki nilai 9.5 dari 10. Cukup menarik pada akhirnya untuk dilihat.

Kemudian kita coba buka plastik kemasan rokok ini secara saksama


Bila kita melihat bagian atas penutup kemasan, kemudian tampak bahwa terdapat penanda karton yang sudah diberi perforasi berbentuk setengah lingkaran. Dan juga kemudian pada bagian atas kemasan, terdapat penanda segel penutup kemasan, yang menggunakan model BUKA - SELIPKAN.


Tampak bahwa sebenarnya untuk membuka kemasan rokok ini dapat ditempuh dengan satu cara (BUKA - SELIPKAN) yang sebenarnya bisa ditempuh dengan tiga cara. 

Cara pertama yakni dengan merobek langsung bagian atas yang dilengkapi penanda BUKA DI SINI, lalu langsung tarik bagian penanda SELIPKAN yang ada pada bagian dalam kemasan. Cara ini mungkin akan secara penuh membantu kala ingin menikmati dalam waktu yang lebih lama, dalam artian segel penutup depan tetap dalam keadaan tidak terbuka. Akan tetapi, proses penarikan penutup yang bertuliskan SELIPKAN, akan berlangsung lebih sulit, dan mengeluarkan batang Kretek Tangan juga menjadi tidak optimum. Perlu kemudian menarik bagian dalam batang, yang pada akhirnya merepotkan.

Cara kedua, yang pada dasarnya tidak disadari oleh konsumen, yakni dengan merobek bagian penutup depan kemasan, lalu menarik bagian lidah dari penutup dalam kemasan, kemudian menyobek segel penutup yang dilengkapi penanda BUKA DI SINI, untuk mempermudah penarikan dari penutup yang dilengkapi penanda SELIPKAN. Konsekuensi dari model pembukaan kedua, kemudian menyiratkan bahwa rokok ini pada akhirnya tidak bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama, namun hal tersebut masih dimungkinkan kala segel penutup betuliskan SELIPKAN tetap terjaga, mengingat bahwa penutup yang bertuliskan SELIPKAN masih bisa digunakan secara penuh. Selain itu, pembukaan kemasan dengan cara kedua kemudian lebih merepotkan, namun paling tidak bisa mengeluarkan bagian batang dengan lebih mudah.

Cara ketiga, yang juga tidak disadari oleh konsumen secara umum yakni langsung membuka bagian segel pada bagian depan kemasan, lalu menarik lidah penutupya secara penuh. Model ini memang secara singkat akan mempermudah pembukaan bagian penutup kemasan, hanya saja model tersebut mungkin memiliki jangka konsumsi yang lebih pendek ketimbang dua cara diatas. 

Tiga cara tersebut kemudian tergantung dari preferensi Anda pribadi, apakah Anda ingin mengonsumsinya dalam jangka waktu harian atau waktu yang lebih lama dari satu (1) hari. Dan memang model kemasan hard pack yang digunakan, pada akhirnya mencegah tercecarnya rokok dari bagian kemasan secara lebih optimum, dan juga menjaga agar durabilitas rasa serta aroma yang ditawarkan tetap optimum.

Pada kesempatan kali, penulis mencoba menggunakan cara kedua, yang terkesan merepotkan di awal namun mempermudah pada akhirnya. Bagi Anda yang menggunakan cara pertama, maka Anda bisa melewati instruksi yang ada dalam foto.

Pertama-tama, tekan bagian yang sudah diberi penanda perforasi, lalu kemudian sobek bagian luar mengikuti penanda, dengan tujuan untuk membuka segel bagian depan secara penuh


Tampak di foto bagian bawah, model penutup bagian dalam yang dilengkapi lidah, kemudian dapat ditarik secara penuh. Bagi Anda yang memilih cara ketiga, maka Anda bisa langsung menarik bagian lidahnya dan membukanya secara penuh, dan bisa melewati instruksi selanjutnya.


Maka bila Anda memilih cara kedua atau ketiga, Anda diharuskan mendorong bagian lidah dalam penutup untuk membuka kemasan rokok ini secara penuh. Namun instruksi kemudian berlanjut bila Anda memilih cara kedua, yakni dengan mendorong bagian dalam lidah untuk mempermudah pembukaan segel luar yang ditandai dengan tulisan BUKA DI SINI


Pembukaan segel BUKA DI SINI juga diikuti dengan adanya keharusan untuk membuka bagian pita cukai yang sudah terlekat pada etiket kemasan. Hal tersebut selain menandakan bahwa cukai yang ada pada di kemasan tidak bisa digunakan kembali, hal tersebut juga akan mempermudah pembukaan segel pada bagian penutup kemasan. 

Cara membuka bagian segel atas kemudian dapat merobek bagian dari pojok kiri bagian yang sudah dilengkapi dengan perforasi, dan kemudian menariknya ke arah kanan layaknya gambar di bagian bawah


Bila segel berhasil dibuka, maka tampak bahwa penutup luar kemasan kemudian dapat digunakan kembali sebagai penutup tambahan pada saat menutup kembali kemasan rokok ini. Namun Anda juga bisa merobeknya kala Anda menikmatinya kurang dari 24 jam.


Gambar bagian bawah kemudian memperlihatkan adanya penutup bagian dalam yang ditandai dengan adanya panah dan bertuliskan SELIPKAN. 


Proses pembukaan dari penutup dalam yang ditandai dengan objek lidah panjang, dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama Anda bisa menariknya secara langsung, atau yang kedua, dengan membuka lidah utama dari penutup bagian dalam, kemudian langsung menikmati rokok tersebut secara penuh. Tampak pada bagian bawah kemudian merupakan instruksi dari penarikan bagian lidah penutup bagian atas dengan menariknya ke arah berlawanan


Bila berhasil, maka tampak bahwa bagian dalam berisikan batang rokok kemudian dapat terlihat pada beberapa bagian yang umumnya bisa mengeluarkan hingga total empat (4) batang rokok


Untuk menutup bagian segel dalam kemasan, kemudian dapat menyelipkan lidah bagian dalam dengan menekuknya hingga sedikit lunak, lalu mendorongnya ke arah penutup dalam kemasan


Maka tampak bagian dalam kemasan kemudian berhasil tertutup secara optimal. Pada dasarnya, bahwa Anda bisa memilih dua cara dalam proses penutupan. Pertama dengan merobek secara penuh segel yang ditandai dengan BUKA DI SINI, yang kedua dengan membiarkan segel luar tidak terobek sama sekali.

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba cara kedua untuk mempermudah proses pengeluaran


Bila Anda mencoba cara kedua atau ketiga dari pembukaan bagian kemasan, maka akan tampak bagian dalam lebih mudah untuk dikeluarkan secara penuh, dengan konsekuensi waktu konsumsi yang bisa dinikmati kurang dari 24 jam.

Kemudian kita bisa keluarkan bagian penutupnya untuk melihat bagian dalam kemasan rokok secara penuh


Susunan dari rokok ini memiliki jumlah 6 di bagian depan dan 6 di bagian belakang, dengan kuantitas total sebesar 12 batang. Tampak bagian dalam rokok yang memiliki tembakau khas yang memadukan tipe Flue Cured dan Sun Cured, dengan adanya warna gabungan dari warna cerah dan warna gelap.

Kemudian kita coba tarik salah satu batang rokok ini secara saksama





Batang rokok ini memiliki panjang yang khas, yakni 81mm dengan diameter ujung bakaran dan hisapan yang secara umum berada pada diameter 8mm dan 7.8mm. Hal tersebut kemudian sangat tergantung dari proses pelintingan yang dilakukan secara manual. Tampak bagian papir kemudian menggunakan model papir dengan burning area kotak, dengan adanya penanda factory mark di beberapa bagian, bertuliskan THE HOUSE OF SAMPOERNA, yang menyerupai dengan lini Sampoerna Kretek secara umum. Bagian batasan bakaran kemudian menggunakan warna coklat kemerahan, bertuliskan LEGIT dalam latar coklat kemerahan, dan NIRA dalam latar putih. Penanda khas dari Sampoerna Kretek kemudian juga bisa ditemukan, dengan adanya penanda objek berwarna kuning bertuliskan SAMPOERNA dan adanya sembilan bintang, dilengkapi dengan logo khas A yang menandakan nama besar dari Aga Sampoerna. Mengingat bahwa rokok ini memiliki kepadatan yang sangat tinggi, maka proses pemijatan secara perlahan bisa menguraikan dan mengeluarkan bagian tembakau yang terlalu padat.

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan

Pada saat sebelum dibakar, sensasi rasa khas yang kemudian ditemukan pada rokok ini, merupakan gabungan dari tiga unsur penting yang menyusun rasa legit khas dari aroma teh manis, yakni teh hijau yang dilengkapi dengan aroma leafy khas dan wangi yang kuat, sensasi melati yang menimbulkan kesan floral yang mumpuni, dan paduan unsur legit dari rasa manis yang memadukan unsur karamel pekat dan rasa vanilla khas. Tampak bahwa rokok ini tidak dilengkapi dengan elemen rasa lain, dengan penekanan rasa manis legit yang sudah kuat bahkan pada saat sebelum dibakar. Pada saat proses pembakaran berlangsung, sensasi rasa khas dari teh manis legit kemudian berpadu baik dengan unsur rasa khas dari Sampoerna Kretek, yakni perpaduan antara licorice, havana, bourbon, maple, dan juga kakao kental. Sensasi rasa yang kemudian muncul pada saat pembakaran, kemudian menyiratkan bahwa rokok ini pada dasarnya merupakan Sampoerna Kretek yang diberi aroma khas, jadi rokok ini pada dasarnya tidak dilengkapi dengan unsur natural dari rasa teh manis bawaan yang dilengkapi dengan unsur melati. 

Penggunaan rasa yang kemudian muncul pada saat pembakaran, merupakan gabungan dari unsur rasa teh hijau, melati, dan kemudian karamel yang berpadu baik dengan unsur maple dan bourbon, dengan aksen rasa vanilla yang kemudian menguat secara aroma, dan berpadu baik dan berguna sebagai penyeimbang rasa teh hijau melati. Model teh hijau melati yang kemudian digunakan pada rokok ini merupakan tipe green tea sencha, artinya bahwa model teh hijau yang digunakan minim mendapatkan proses fermentasi, dengan aroma green tea yang kuat, aroma melati yang juga berpadu baik dengan unsur khas bawaan dari rokok ini, dan juga efek aroma khas legit yang cukup lengket dan menempel secara baik pada rongga mulut. Hanya saja, bahwa sensasi rasa bawaan yang ditimbulkan, tetap seimbang dengan racikan legendaris khas yang diturunkan dari tipe natural dari sebuah rokok Kretek Tangan. 

Sensasi rasa floral kemudian menjadi daya tarik berkat penambahan dari elemen melati yang kemudian memiliki sifat rasa sepat yang optimum. Adapun sensasi lain tampak dari penggunaan unsur stone fruit yang sekiranya sedikit menguatkan dari aroma legit bawaan yang sudah muncul dari penambahan aroma karamel dan vanilla. Sensasi tersebut juga berpadu baik dengan penambahan rempah yang khas, dengan penekanan pada kayumanis, pekak, kapulaga, jintan, adas manis, dan sedikit penambahan klembak. Cengkeh yang ditawarkan merupakan gabungan dari cengkeh Manado dan Zanzibar, khas dari Sampoerna secara umum, dengan aksen woody dan roasty yang sangat kental dan balance. Adapun sensasi hisapan kemudian tidak menimbulkan rasa panas di tenggorokan dan juga tidak menimbulkan rasa hangat yang berlebihan, dan kemudian memiliki unsur hisapan yang netral dan bisa dinikmati pada berbagai suasana.

Racikan tembakau yang digunakan merupakan gabungan dari beberapa tembakau khas dari Sampoerna, antara lain Virginia dengan rasa manis bawaan yang lekat, sedikit penambahan Burley untuk kesan smoky khas, Madura dengan aroma yang tajam dan memiliki sensasi mixture khas, dengan sedikit penambahan jenis oriental khas Indonesia yakni Temanggung, Kesturi, Paiton, Boyolali, dan beberapa tembakau lain asal Indonesia. Racikan yang khas dengan unsur nutty halus, dilengkapi dengan rasa smoky yang mumpuni, dengan aroma khas woody dan sedikit fermented, dengan elemen aroma yang cukup tajam berkat penambahan Madura. Racikan terkesan berimbang dan memiliki aroma yang baik, dengan paduan saus teh manis melati yang seimbang, dan memiliki unsur eathy khas dan sensasi hangat yang baik. Dikeluarkan lewat hidung, sensasi aroma smoky dan nutty kemudian berpadu baik dengan elemen floral dan rasa khas sticky dari melati dan karamel-vanilla yang kuat, dengan adanya aroma sencha yang berpadu baik dengan rasa tembakau bawaan.

Tarikan tergambar sangat halus, memiliki kepulan asap yang tebal namun mudah untuk terurai, dengan penekanan efek solid yang tergambar bulat dan kokoh, namun pada akhirnya menimbulkan sensasi yang tidak mengganggu tenggorokan. Efek hisapan kemudian terkesan memiliki aroma yang pekat nan legit pada akhirnya, dengan hampir tiadanya sensasi harshness dan juga throat hit, tidak membuat tenggorokan gatal. Elemen tembakau tergambar tidak pahit secara umum, dengan rasa bawaan yang meskipun memiliki unsur leafy-smoky khas, kemudian tetap berpadu baik dengan penggunaan aroma bawaaan yang ada pada rokok ini. Adapun sensasi teh manis bawaan yang kemudian dijual oleh rokok ini, pada dasarnya cukup konstan dengan elemen rasa teh hijau melati yang tergambar memiliki kadar aroma yang optimum. Hanya saja bahwa rokok ini tidak menjual sensasi rasa yang tidak berimbang, justru rokok ini menawarkan sensasi rasa khas mantap dari teh melati dan paduan kretek yang tepat.

Durasi bakar rokok ini sekitar 17-19 menit, dengan angka rerata yang saya dapatkan mendekati angka 18 menit. Hal tersebut pada dasarnya tergantung dari cara Anda menghisap, situasi dan kondisi kala menghisap rokok, faktor cuaca kala menghisap rokok, kepadatan yang didapatkan pada saat merokok, dan juga faktor lain yang mempengaruhi durasi bakar. Aftertaste bawaan yang kemudian ditawarkan merupakan gabungan dari unsur nutty-smoky khas, dengan elemen rasa khas manis yang legit dan juga aroma khas sencha yang gampang memudar, dengan adanya aroma woody khas yang menimbulkan rasa khas, dan rasa leafy dari penggunaan tembakau yang optimum. Hanya saja bahwa kelemahan rokok ini, pada dasarnya simpel. Kurang memiliki efek tannin yang memiliki sensasi rasa teh yang lebih sepat, dengan kata lain bahwa penambahan aroma pada rokok ini murni sebagai sebuah aroma, bukan sebagai komposisi yang dibuat dengan ekstrak daun teh alami (semisal saja pada Vigor Teh Manis yang memiliki rasa tannin yang sangat pekat).

Adapun rasa teh manis yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini, pada dasarnya sangat terinspirasi dari bagaimana sebuah teh tubruk kemudian menampakkan aromanya, dengan sensasi aroma khas dari teh hijau dan melati, dengan adanya proses gula yang mengalami proses terkaramelisasi pada saat pemanasan. Adapun unsur lain yang kemudian unik, rokok ini juga menawarkan sensasi yang pada dasarnya memiliki kesamaan dengan racikan khas Sampoerna Kretek, yang pada dasarnya memang aroma dan komposisi berimbang secara baik. Kelemahan yang kemudian terlihat pada Juara Teh Manis (yang pada dasarnya memiliki unsur fruktosa yang sangat tinggi), tidak terlihat pada rokok ini, meskipun kemudian bahwa kesan sintetik yang ditawarkan oleh rokok ini tetaplah tinggi. Meskipun begitu, rokok ini kemudian menawarkan dimensi rasa yang baru dari lini Sampoerna Kretek itu sendiri, yang pada akhirnya membuat loyalisnya tidak beralih ke merek lain. Cukup menarik, dan pada akhirnya unik.

Untuk rasa sendiri, saya beri nilai 9.5 dari 10. Teh manis yang berimbang dengan unsur tembakau dan cengkeh bawaan, namun dengan aroma khas tembakau yang tetap tajam.

KESIMPULAN

Rokok ini kemudian menawarkan dimensi rasa terbaru dari Sampoerna Kretek yang tetap berimbang dengan racikan bawaannya. Adapun sensasi teh melati yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini, pada dasarnya terhitung bisa dianggap sebagai kebaruan dalam hal rasa teh manis, yang memadukan unsur legit dari karamel dan vanilla, dengan aroma teh hijau melati yang wangi dan khas. Adapun durasi yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini, terbilang cukup lama untuk sebuah SKT, dengan penekanan kenyamanan pada saat proses menghisapnya, dan keasyikan kala menghisap dan menikmati rokok ini secara penuh. Hanya saja, bahwa kelemahan rokok ini mungkin terletak pada dua hal, yakni kurangnya sensasi tannin khas dari rasa teh, dan aroma khas Sampoerna Kretek yang tetap tajam. Mungkin hal tersebut menyiratkan bahwa rokok ini menjual dua hal, yakni paduan aroma yang kuat (dan bukan komposisi), serta rasa khas aliran natural yang tetap tajam. Selain itu, aroma yang muncul terkesan sintetis.

Adapun produk ini kemudian dapat ditemukan secara nasional, dengan persebaran penjualan berada pada minimarket, warung, dan toko kelontong di seluruh Indonesia. Terutama pada warung dan toko kelontong yang berafiliasi dengan SRC, Anda sepertinya akan mudah menemukan rokok ini secara penuh. Termasuk juga kala Anda sekiranya mengunjungi Indomaret atau Alfamart, rokok ini pada dasarnya mudah untuk ditemukan dan dibeli. Namun memang mengingat stoknya yang masih baru, dan adanya kemungkinan peminat yang tinggi, maka mungkin saja Anda akan sulit mendapatkan produk ini secara utuh. Sekiranya ini yang menjadi catatan penting dalam hal distribusi, mengingat bahwa rokok ini pada dasarnya lebih murah ketimbang Juara Teh Manis, yang menjadi leader dalam rasa teh manis melati.

Nilai keseluruhan yang dicapai oleh rokok ini mencapai 9.66 dari 10. Artinya, untuk kelas rokok dibawah 15.000, rokok ini memiliki keunggulan harga, kemasan, dan juga aroma yang sekiranya cukup unggul untuk sebuah rokok yang memiliki harga murah. Namun bahwa skor tersebut belum tentu berlaku bagi Anda, mengingat apa yang saya sampaikan bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda rasakan. 

Apa saya merekomendasikannya? Iya, dengan catatan Anda memang mencari rokok rasa teh manis dengan harga yang murah, namun tetap berimbang dengan paduan tembakau dan cengkeh bawaan yang tetap kuat. Bila tidak? Tiada salahnya untuk mencoba.

Review rokok ini bukanlah menjadi opsi utama kala Anda ingin membeli rokok. Ingat! bahwa Anda yang berhak memutuskan apa Anda memang ingin mengambil sebuah rokok ataupun tidak. Pilihan ada di tangan Anda, dan bukan dari saya yang menuliskan review rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar