Juara Click Mango 12, SKM Full Flavor Dengan Keunikan Rasa Filter Mangga Manis Asin Dan Mangomint Capsule

Selamat siang,

Agaknya mengambil jeda waktu untuk menulis kembali bukanlah sebuah hal yang mudah, manakala kegiatan menulis kembali menjadi sebuah kegiatan yang mengasyikkan pada akhirnya. Hal tersebut menjadi penting, mengingat sekembalinya saya dari waktu rehat yang sangat panjang pada beberapa bulan sebelumnya, menjadi momen yang penting untuk berkontemplasi ulang akan tindakan yang saya lakukan pada masa waktu yang lampau. Harap maklum kemudian seperti post sebelumnya, introduksi yang ada dalam post kali ini terkesan lebih pendek daripada sebelumnya.

Review kali ini pada dasarnya merupakan review terkait produk terbaru dari KT&G yang diluncurkan pada akhir tahun 2023 lalu, namun memang dengan catatan bahwa ekspansi besar-besaran yang ada pada produk ini, bisa ditemukan pada bulan April 2024 lalu. Produk yang mengusung Sweet & Salty Mango Filter ini, menjadi unik dan kemudian bisa dianalisis secara lebih mendalam, mengingat untuk pertama kalinya KT&G Indonesia mencoba melakukan eksperimen rasa dengan gaya SKM Full Flavor, dengan rasa yang tidak biasanya sebagai rasa bawaan. Produk ini kemudian bisa disebut sebagai Juara Click Mango Filter, mengingat bahwa rokok ini menggunakan fitur Mangomint Capsule yang dapat diaktivasi dengan mengklik bagian filter yang sudah ditandai dengan adanya "Click Button", untuk memperkuat sensasi rasa mangga yang sudah ada, dengan rasa bawaan Mangga yang terinspirasi dari Mango Sticky Rice. 

Artinya bahwa mengingat Mango Sticky Rice memiliki sensasi rasa manis-asin yang dominan (atau juga bisa disebut sebagai sensasi manis-gurih), pada akhirnya menginspirasi dari pembuatan rokok yang konon mengusung "Hi-Tech SKM" tersebut, dengan menggabungkan empat sensasi utama yang cukup menarik bila dilihat secara terperinci dari setiap profil rasa yang ditawarkan oleh rokok ini. Empat profil rasa yang kemudian ditemukan dalam rokok ini, yakni dominan pada rasa mangga yang dibuat memiliki sensasi bawaan manis dan asin (atau juga gurih), digabungkan dengan sensasi bawaan tembakau yang spicy (ataupun memiliki kepedasan khas tersendiri), dan sensasi dingin yang ditawarkan oleh Mangomint Capsule, untuk menciptakan kesan rasa mangga yang pada akhirnya, bisa mengamplifikasi rasa bawaan Mangga yang sudah didesain sedemikian rupa. Ataupun, sensasi mangga yang dingin kemudian bisa menjadi opsi manakala seseorang mencari rasa dingin khas, sebagai sesuatu yang menyegarkan dan memberikan sensasi keunikan tropis yang lebih eksotis.

Hi-Tech SKM yang menjadi daya tarik dari rokok ini, pada dasarnya merupakan tipe modern dari sebuah rokok SKM, dengan menggabungkan dua unsur yang sebenarnya berada pada dunia berbeda. Yakni dimensi rokok Kretek Mesin Filter dengan tipe rokok Kretek Mesin yang memiliki filter yang umum ditemukan, namun dengan adanya dimensi kapsul yang ditawarkan oleh rokok ini, menjadikan rokok Juara Click Mango memiliki keunikan tersendiri, yang menawarkan sensasi dimensi rasa yang jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan sebelumnya (semisal pada Edge Punch Filter, dimensi rasa yang ditawarkan merupakan gabungan dari sensasi SKM Full Flavor tradisional yang memiliki sensasi fruity-gurih khas, dengan penambahan kapsul Mangomint untuk menciptakan fitur "switch and boost"). Anggaplah bahwa definisi Hi-Tech SKM kemudian dapat dimaknai dengan pembawaan rasa bawaan yang lebih modern, dan dilengkapi inovasi kapsul, sebagai bentuk teknologi yang modern dari sebuah rokok SKM atau Kretek Mesin itu sendiri. 

Baiklah itu sedikit pengantar dari bagaimana rokok Juara Click Mango tersebut dapat dimaknai secara penuh dan bisa menjadi satu keunikan tersendiri dari profil rasa bawaan yang ditawarkan. Langsung saja kita mulai ulasan rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Juara Click Mango kemudian memiliki harga jual yang sebenarnya beragam (tergantung dari warung tersebut mencari keuntungan seberapa banyak). Rokok ini kemudian memiliki harga jual eceran sebesar Rp. 25.000,- ketika saya membelinya di sebuah Warung Madura yang berlokasi di Jakarta Timur (cukai golongan I untuk kuantitas 12 Batang memiliki tarif Rp. 27.125,- per 12 batang, artinya tarif rokok ini setara dengan rokok golongan I berisikan 12 batang secara umum), meskipun kemudian rokok ini juga bisa dijual dalam rentang harga Rp. 24.000,- hingga 26.000,- per bungkus. 

Anggap kemudian bahwa harga jual yang menjadi harga eceran rokok ini sebesar Rp. 25.000 per bungkusnya, yang pada akhirnya harga jual dari Juara Click Mango terhitung cukup kompetitif untuk sebuah rokok yang menyandang cukai golongan I itu sendiri. Cukup terjangkau, namun tidak murah juga pada akhirnya. Nilai harga jual rokok ini sekitar 7 dari 10.

Kemudian kita coba ulas kemasan rokok ini secara saksama untuk melihat elemen desain yang digunakan oleh rokok ini







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar dari oranye dan kuning, dengan bagian depan kemasan memiliki perbedaan yang jelas dengan bagian belakang kemasan. Tampak dari bagian depan kemasan memiliki gabungan unsur utama yakni sebuah objek curve yang membentuk objek siluet dari buah mangga itu sendiri, dengan adanya logo JUARA yang berisikan gabungan dari latar kain batik yang kemudian terpotong dengan adanya dua objek selendang, dan tulisan JUARA beserta logo keseluruhan menggunakan warna coklat gelap mengarah ke warna hitam, dilengkapi dengan adanya efek emboss khas yang memiliki tekstur cukup halus. Di bagian bawah logo dan elemen siluet mangga, terdapat sebuah elemen pola garis yang membentuk curve, diikuti dengan adanya curve yang menggunakan warna gradasi kuning-oranye. 

Terdapat tulisan CLICK dengan font modern khas berwarna coklat gelap, dan Mango dengan font script, yang pada bagian huruf M memiliki total helaian daun sebanyak dua buah, dan tulisan Mango yang menggunakan gradasi warna hijau ke kuning. Tampak bahwa elemen pola garis yang berada di bagian kiri bawah memiliki kesamaan dengan pola curve pada bagian kanan atas, kemudian diikuti tulisan SKM dengan font Arial, dan FILTER KRETEK dengan font modern. Bagian kanan bawah terdapat elemen bola yang memiliki efek hologram crystal khas dari lini kapsul KT&G, menggunakan warna oranye, dengan adanya dua lingkaran dan efek cahaya yang menandakan adanya kapsul Mangomint pada rokok ini. Elemen bagian depan ditutup dengan adanya curve yang mengarah dari bagian kiri bawah ke kanan atas, dengan warna gradasi hijau ke kuning, dengan bagian dalamnya menggunakan warna dasar oranye, menandakan bahwa rokok ini memiliki unsur rasa mangga yang dominan, dan menjadi gaya khas tersendiri. 

Bagian belakang kemasan terdapat deskripsi dari rokok ini, menggambarkan secara jelas fitur bawaan yang ada pada rokok ini secara penuh. Deskripsi awal dari rokok ini, bila diterjemahkan berisikan "Hi-Tech SKM yang berkomitmen pada inovasi, menciptakan karakter yang modern dan unik secara nyata, untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan." Dan kemudian deskripsi rokok ini diikuti dengan Unique Selling Proposition yang dijabarkan dalam tiga poin dengan adanya penanda checklist di bagian kirinya, yakni sensasi filter yang sweet and salty (atau sensasi rasa filter yang manis dan asin (ataupun gurih)), sensasi tropis dari kapsul Mangga (ataupun Mangomint Capsule), dan secara jelas, racikan rokok yang digunakan pada rokok ini merupakan paduan sempurna dari Tembakau Lombok (atau Tembakau Virginia dari Lombok), dan Tembakau Madura. Di bagian bawah penjelasan, terdapat penanda tulisan "CAPSULE FILTER KRETEK" menandakan adanya filter yang dilengkapi dengan kapsul. 

Bagian kanan kemasan terdapat penanda cukai khas dari KT&G yang bertuliskan SKM - SIGARET KRETEK, yang melingkari tulisan 12 di bagian tengahnya, diikuti dengan adanya larangan jual, tulisan MADE UNDER AUTHORITY OF KT&G, KOREA (menandakan bahwa pemilik merek dagang Juara yakni KT&G), dan di bagian bawahnya terdapat barcode. Bagian kiri kemasan terdapat penanda pelekatan pita cukai, logo KT&G, logo JUARA dan tulisan CLICK MANGO, serta di bagian bawahnya terdapat kadar tar dan nikotin (34 MG Tar dan 1,9 MG Nikotin, artinya secara hisapan rokok ini memiliki kesan high impact pada tarikannya, namun memiliki efek hisapan yang halus dan lembut). Bagian atas kemasan terdapat tulisan JUARA CLICK MANGO, dan bagian bawah terdapat penanda logo JUARA dan CLICK MANGO, serta adanya nama produsen yakni PT Tri Sakti Purwosari Makmur (atau TSPM) yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur. Kode produksi yang kemudian ditemukan pada rokok ini memiliki model yang serupa dengan kode produksi TSPM secara umum, yakni DDBBMMYY, artinya bahwa bila melihat kode produksi dari rokok ini, tanggal produksi yang saya dapatkan yakni 23 April 2024 dengan Kode Batch 6. Cukup baru dan segar pada akhirnya untuk dikonsumsi, dan masih terhitung baru serta layak untuk diulas. 

Untuk kemasan rokok ini, sangat disayangkan memiliki kesan yang kompleks namun memiliki elemen desain yang bagi saya pribadi, memiliki kesan bahwa rokok ini pada dasarnya memiliki harga jual yang murah. Dengan penempatan elemen desain yang kemudian terkesan kompleks, namun adanya pemaksaan dari elemen font tulisan pada bagian depan, seakan mengganggu estetika yang ingin dibawa oleh rookok ini secara penuh. Meskipun begitu, rokok ini tetap menggambarkan kesan rasa mangga yang dominan pada akhirnya, ya meskipun tidak sebaik kemasan dari rokok Juara Filter pada umumnya ya.

Untuk kemasan rokok ini, saya beri nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasan rokok ini secara saksama 


Tampak bahwa bagian dalam lidah penutup, yang tidak terlalu terlihat pada foto, kemudian terdapat tulisan CLICK MANGO dengan latar putih. Frame dari rokok ini menggunakan warna oranye, dengan foil yang digunakan memiliki kesamaan dengan Juara Filter secara umum, dengan warna foil yakni emas.

Mengingat bahwa rokok ini bukanlah rokok yang dilengkapi rasa bawaan menthol pada bagian hisapannya, maka kita bisa merobek bagian foil rokok ini seperti gambar di bagian bawah


Tampak bahwa bagian filter dari rokok ini memiliki kesan desain yang bahkan lebih baik bila dibandingkan dengan kemasan rokok ini, dengan kertas tipping yang memiliki warna gradasi oranye ke putih, dilengkapi elemen pola garis yang membentuk curve khas naik turun, dan penanda kapsul berwarna oranye, dan di bagian bawahnya terdapat tulisan CLICK. Susunan batang yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini, yakni 6 di bagian depan dan 6 di bagian belakang, dengan kuantitas total sebesar 12 batang.

Kemudian kita coba tarik salah satu batang rokok ini secara saksama




Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 89mm dengan diameter batang pada bagian bakaran dan filter memiliki ukuran sebesar 7.8mm atau lebih. Bagian burning area menggunakan model burning area horizontal, dengan batasan tipping paper betuliskan JUARA dengan latar oranye dan di atasnya terdapat garis yang memiliki efek hologram berwarna coklat keemasan, adanya tulisan CLICK dan adanya penanda kapsul berupa bola dengan warna oranye, dilengkapi dengan elemen garis yang membentuk curve dinamis. Bagian tipping paper tampak menggunakan warna gradasi oranye ke putih, menandakan bahwa model rokok ini memiliki rasa yang sesuai dengan karakter Hi-Tech SKM yang mengarah ke tipe rasa Kretek Filter Modern. Tidak tampak adanya perforasi laser, menandakan model rokok ini yaitu SKM Full Flavor Modern. 

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan 


Tampak pada saat sebelum dibakar, rokok ini sudah memiliki sensasi rasa mangga yang manis dan cenderung asin nan sedikit gurih, dengan penekanan rasa asam yang tidak begitu pekat. Namun bila berbicara elemen rasa lain, tidak tampak bahwa rasa gurih yang digunakan memiliki kesamaan dengan model full flavor secara umum, tampak sangat jelas tidak ada penyusun rasa kelapa ataupun gurih khas dari susu. Sebuah model full flavor yang memang tidak punya penyusun rasa yang kompleks pada saat sebelum dibakar. Hanya rasa murni dari mangga aromatik yang cenderung harum dan sedikit memiliki aksen rasa tannin khas teh pada akhirnya. Tampak juga bahwa model rasa yang ditawarkan terkesan gamblang untuk sebuah rokok Full Flavor pada akhirnya, yang memang sesuai dengan apa yang ditawarkan pada bagian deskripsi kemasan.

Pada saat dibakar, sensasi rasa yang kemudian muncul tampak sangat jelas merupakan rasa mangga yang dilengkapi sensasi manis yang dominan dengan adanya rasa gurih yang cenderung sedikit asin, namun tidak memiliki unsur rasa asin yang mengganggu pada akhirnya. Tampak juga bahwa elemen rasa mangga yang cenderung tidak begitu pekat dan kompleks, muncul sebagai rasa utama dari filter bawaan yang cenderung nyata pada akhirnya. Tidak tampak bahwa elemen lain muncul pada saat pembakaran berlangsung, meskipun kemudian terdapat aksen rasa fruktosa alias gula buah yang terkesan nyata pada akhirnya, dan sedikit unsur maple essence yang terkesan terpendam. Rasa spicy bawaan kemudian tidak tampak secara jelas, meskipun aksen rasa khas dari cengkeh dan sedikit penambahan kayumanis dan adas manis tergambar jelas pada rokok ini. Cnederung memiliki sensasi hisapan yang terkesan netral, pada akhirnya, meskipun kemudian sensasi manis asin menjadi dominan, sebagaimana Mango Sticky Rice kemudian diwujudkan dengan rasa mangga yang tidak terlalu gummy pada akhirnya. 

Tampak bahwa rokok ini pada dasarnya merupakan tipe terkini dari sebuah model SKM Full Flavor, dengan penekanan aksen dominan khas dari Tembakau Oriental asal Madura, dengan elemen rasa khas note Madura yang nutty dan memiliki kesan smoky nan fermented, dengan aksen rasa Tembakau Virginia khas Lombok yang memiliki intensitas rasa manis alamiah dan spicy yang halus. Tidak tampak bahwa rokok ini menggunakan tipe tembakau lain, yang pada akhirnya membuat sensasi bawaan dari rokok ini cenderung kental dengan unsur rasa Madura dengan aksen halus dari Tembakau Virginia FC khas Lombok itu sendiri. Tampak juga bahwa karakteristik racikan pada rokok ini terbilang seimbang, dengan penekanan rasa dan aroma khas dari Madura yang berpadu baik dengan sensasi manis harum bawaan dari Virginia itu sendiri. Cenderung meninggalkan kesan earthy yang dominan, yang menandakan bahwa tembakau pilihan pada rokok ini ditanam pada tanah dengan zat hara yang baik. 

Dikeluarkan lewat hidung, cenderung meninggalkan kesan aroma nutty yang memiliki penekanan pada aroma smoky nan halus, dengan tiadanya unsur tembakau lain yang muncul sebagai racikan bawaan dari rokok ini, dengan elemen aroma mangga yang halus. Tampak tarikan dari rokok ini cukup solid dengan penekanan asap yang tebal, namun berkesan halus dan memiliki efek slow-release yang menandakan kesan Madura yang dominan pada akhirnya, tidak tampak bahwa rokok ini memiliki efek yang mencolok secara asap. Efek tarikan yang halus tersebut, kemudian diikuti dengan sensasi hisapan yang tidak menimbulkan harshness dan throat hit pada akhirnya, dengan efek hisapan yang cenderung netral dan tidak mengganggu tenggorokan. Meskipun begitu, rokok ini memiliki efek chest hit yang terkesan ketat pada akhirnya, sedikit membuat dada sesak namun pada akhirnya mudah untuk dinetralisir.

Durasi bakar yang ditawarkan pada saat sebelum diklik mencapai 13 sampai 15 menit, dengan total rata-rata bakaran mencapai 14 menit lebih. Hal tersebut tergantung dari situasi dan kondisi kala Anda menghisap rokok ini, faktor eksternal ataupun cuaca kala menghisap rokok ini, dan juga faktor lain yang berkaitan dengan proses hisapan ataupun pembakaran itu sendiri. Aftertaste yang ditawarkan oleh rokok ini pada saat sebelum diklik, merupakan gabungan dari unsur rasa mangga yang manis, tidak terkesan memiliki asam dominan, dipadukan dengan sensasi rasa asin nan gurih khas, dengan elemen smoky nan nutty bawaan yang dilengkapi elemen fermented khas dari Tembakau Madura, dan rasa spicy halus dari penambahan tembakau Virginia, dengan elemen mixture yang kemudian terkesan baik pada akhirnya. Meskipun begitu, tampak bahwa efek hisapan pada rokok ini kemudian kuat pada saat pembakaran mendekati batasan tipping paper. 

Mengingat bahwa rokok ini merupakan tipe rokok "switch and boost" maka untuk meningkatkan rasa Mangga yang dominan dan berpadu dengan unsur mint khas dari kapsul buatan KT&G secara umum, maka Anda bisa memposisikan bagian jempol dan telunjuk ke penanda kapsul yang berada di bagian tengah filter rokok ini, berbeda dengan model kapsul yang ada pada Esse secara umum yang berada pada bagian bawah filter


Perlahan, tekan bagian Mango Capsule dengan mendorong jempol dan telunjuk ke penanda yang sudah ada pada bagian tengah filter


Bila berhasil, maka akan terdengar bunyi 'klik' yang menandakan proses click dari Mango Capsule (ataupun Mangomint Capsule) berhasil dilakukan. Sangat disarankan untuk dilakukan pada seperempat bakaran awal dari pada saat pembakaran berlangsung


Pada saat kapsul kemudian berhasil tertekan, maka elemen mangga bawaan kemudian seakan menguat dan juga lebih jelas, dengan penekanan rasa dingin pada saat awal klik berlangsung memiliki model yang serupa dengan kapsul KT&G secara umum, tampak bahwa sensasi dingin muncul pada saat hisapan kedua dan seterusnya. Tampak bahwa model mangga yang digunakan memiliki kesamaan dengan tipe mangga yang ditawarkan pada rokok Esse ataupun merek lain dibawah KT&G, model mangga yang terinspirasi dari mangga berupa manisan mangga khas Filipina, dengan aksen rasa fruktosa yang kuat, dan juga elemen dingin yang cenderung dominan pada akhirnya. 

Elemen khas dingin kemudian muncul dari penambahan mint berupa peppermint yang segar nan memiliki kesan dingin yang khas, tampak bahwa model mangga kemudian terkesan tertutup  dengan rasa mint pada akhirnya, khas dari kapsul buatan KT&G secara umum. Elemen masam mangga kemudian juga terkesan dominan, selain sensasi dingin bawaan dari rokok ini. Tampak bahwa sensasi mangga yang chewy, dengan penekanan aksen rasa mangga yang masam khas dan cenderung tidak begitu kental muncul pada saat proses klik berlangsung. Dan juga, elemen spicy dan juga penyusun rasa khas menjadi tertutupi kala kapsul berhasil diklik. Sangat dominan dengan unsur mint, dengan aksen mangga sebagai pelengkap pada akhirnya. 

Tampak bahwa elemen tembakau bawaan kemudian tertutupi dengan baik, meskipun kemudian bahwa elemen rasa nutty tetap terasa dan juga elemen rasa spicy sedikit terasa. Racikan tembakau bawaan yang kemudian memiliki unsur netral, berhasil menghantarkan rasa mangga mint yang terkesan kuat nan dominan, dengan elemen rasa tembakau yang tertutupi dengan baik poada akhirnya. Bila dikeluarkan melalui hidung, maka akan tampak kesamaan dengan model kapsul KT&G secara umum, cenderung memiliki efek dingin yang terkesan lokal dengan penekanan aroma buah yang tidak begitu dominan pada akhirnya. 

Tampak juga bahwa tarikan rokok ini menjadi lebih kuat bila dibandingkan pada saat proses klik belum berlangsung, dengan penekanan tarikan yang lebih tajam dan menimbulkan kesan yang mengganggu tenggorokan, mungkin dari efek dingin bawaan yang terkesan kental. Throat hit nampak muncul sebagai efek dari cool hit bawaan kapsul, meskipun begitu tampak bahwa rokok ini tidak memiliki efek harsh yang membuat tenggorokan terasa gatal. Dan pada akhirnya, seperti umumnya kapsul bawaan KT&G yang terkesan inkonsisten pada saat sesi pembakaran hampir selesai, menimbulkan rasa mangga yang memudar pada akhirnya, dan elemen rasa tembakau kemudian menjadi agak asing nan aneh pada akhirnya. 

Durasi bakar pada saat sesudah diklik berada satu menit dibawah angka bakaran pada saat sebelum diklik, yakni sekitar 12 sampai 14 menit, tergantung dari cara Anda menghisapnya, situasi dan kondisi kala menghisap, dan faktor lain yang berkaitan dengan efek pembakaran. Aftertaste bawaan dari kapsul rokok ini, yakni elemen dingin yang terkesan dominan, menyegarkan rongga mulut dan tenggorokan, dengan elemen masam dari mangga yang berpadu baik dengan elemen rasa asin khas bawaan dari filter rokok ini. Adapun elemen spicy ataupun mixture khas bawaan dari tembakau rokok ini, tampak menghilang pada saat proses klik berlangsung, artinya bahwa aroma tembakau rokok ini pada saat setelah diklik, menjadi tertutupi dengan baik. Meskipun bahwa rasa khas smoky nan nutty-fermented menjadi hal yang dominan pada saat proses klik berhasil dilakukan.

Kelemahan dari rokok ini hampir setara dengan gaya yang ditawarkan oleh Esse secara umum, dengan penekanan aksen rasa dingin yang dominan nan tajam, serta sensasi tenggorokan yang terkesan sedikit tak nyaman dan serik pada akhirnya. Terdapat elemen rasa yang kemudian memudar pada saat proses klik berlangsung, dengan adanya rasa mangga dan efek dingin yang memudar pada akhirnya Elemen rasa bawaan yang kemudian tampak tidak begitu superior, kemudian membuat saya mengambil kesimpulan bahwa tipe rokok ini lebih cocok bagi Anda yang secara umum mengonsumsi rokok berjenis LTLN, dan pada dasarnya bahwa rasa bawaan dari rokok ini memang tidak berkesan 'full flavor' secara aroma bawaan dan tarikan. Kelemahan ini bagi sebagian orang justru menjadi keuntungan tersendiri, kala mencari tipe rokok yang berdurasi lebih lama nan memuaskan secara hisapan, akan tetapi sekaligus mencari rasa dingin yang dominan pada saat proses klik berlangsung.

Ya, pada dasarnya memang salah satu hal yang menjadi keunikan sekaligus kelemahan dari model Kretek Modern yakni sensasi rasa yang tidak begitu kaya pada akhirnya (dengan elemen saus). Tentu bahwa model Hi-Tech SKM yang dimaksud, merupakan tipe rokok low-flavor secara tembakau, dengan penambahan saus tertentu yang dianggap bisa sesuai dengan karakter tembakau bawaan, dengan high impact pada bagian tarikan dari rokok ini. Yang jelas bahwa rokok ini tidak sesuai bagi sebagian kalangan, yang memang mencari sensasi rasa sebelum dan sesudah klik yang konsisten dan juga memiliki sensasi rasa yang kalem pada akhirnya. Perlu kemudian dicatat, bahwa bila Anda memang beranjak dari rokok LTLN, rokok ini memang lebih memuaskan secara bakaran dan hisapan. Namun bila Anda memang secara harian menggunakan tipe Full Flavor, maka rokok ini kemungkinan besar tidak akan sesuai dengan preferensi Anda sehari-hari.

Untuk rasa sendiri, ketika sebelum dan sesudah diklik, kemudian dapat diberi nilai 8.8 dari 10.

KESIMPULAN

Tipe rokok yang pada dasarnya tidak sesuai untuk seluruh kalangan perokok, mungkin lebih tepatnya begitu dari apa yang saya rasakan. Mengingat bahwa meskipun rokok ini memiliki keunikan tersendiri dari segi rasa bawaan pada saat sebelum diklik, sensasi setelah diklik justru menghasilkan dimensi rasa yang menguat di satu sisi, namun di sisi lain menjadi menurun secara harfiah. Hal tersebut mungkin dikarenakan penggunaan kapsul yang menjadi ciri khas dari LTLN, dipadukan dengan gaya LTLN yang sengaja dibuat menjadi kadar Full Flavor, namun hal tersebut nyatanya terkesan tidak seimbang pada saat proses klik berlangsung. 

Mungkin bagi Anda yang memang menyukai rokok dengan kapsul secara umum, akan jatuh cinta dengan sensasi rasa yang memang tidak terlalu gamblang nan kompleks, dengan aksen rasa bawaan yang menjadi gaya utama dari LTLN secara penuh. Namun bila Anda memang dasarnya merokok jenis Full Flavor ataupun Kretek Tangan, maka rokok ini mungkin perlu penyesuaian untuk dinikmati secara penuh. Dan juga, sensasi rasa akhir pada kapsul rokok ini, terkesan memiliki gaya khas tajam dari penggunaan rasa mint yang dominan, dengan aksen mangga sebagai pelengkap. Perlu pada akhirnya butuh penyesuaian lebih kala ingin menikmati rokok Juara Click Mango secara seutuhnya. Memuaskan namun menghasilkan catatan kelemahan yang tidak begitu dominan, akan tetapi mengganggu pada akhirnya.

Distribusi rokok ini kemudian bisa ditemukan pada kanal penjualan gross trade secara umum, dengan catatan wilayah penjualan dominan berada di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Rokok ini mungkin tidak bisa ditemukan di berbagai warung ataupun toko kelontong, mengingat bahwa produksi rokok ini memiliki kesamaan dengan lini Juara Filter secara umum. Banyak peminat namun stok yang beredar sulit untuk ditemukan pada akhirnya, yang jelas kemudian bahwa kanal penjualan rokok ini memiliki kesamaan dengan Juara Filter Teh Manis. Untuk minimarket sendiri sepertinya belum bisa ditemukan secara penuh, mengingat bahwa rokok ini sebenarnya masih dalam tahap trial, belum mencapai status penjualan secara penuh di berbagai kanal penjualan KT&G secara umum.

Nilai rerata yang dicapai oleh rokok ini secara umum berada di angka 8.1 dari 10. Artinya bahwa rokok ini memang mengunggulkan diri pada sensasi rasa dan juga kemasan yang cukup menjual pada akhirnya. Namun bahwa harga rokok ini secara umum memang menjadi satu kelemahan tersendiri, bila berbicara cukai SKM Golongan I yang memiliki tarif sebesar 27.125 untuk kuantitas 12 batang. Antara apa yang kemudian ditawarkan, pada dasarnya cukup menarik, meskipun perlu penyesuaian pada akhirnya.

Apa saya merekomendasikannya? Tentu saja, bila Anda memang pada dasarnya mencari tipe rokok yang lebih lama durasinya dan juga memiliki sensasi kapsul, namun tetap memiliki sensasi kehalusan tersendiri yang otentik dari racikan tembakaunya. Bila tidak? Tergantung keputusan Anda masing-masing.

Review rokok ini bukanlah menjadi opsi utama kala Anda ingin membeli rokok. Ingat! bahwa Anda yang berhak memutuskan apa Anda memang ingin mengambil sebuah rokok ataupun tidak. Pilihan ada di tangan Anda, dan bukan dari saya yang menuliskan review rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Dari awal hingga akhir memang dingin dan rasa mangga konsisten, tapi kurangnya rokok ini tembakau saat bagian akhir terasa kimianya

    BalasHapus