Sampoerna A Splash Royal (Ungu) 16, SKM LTLN Dengan Sensasi Kapsul Royal Purple Berry Yang Berani Nan Segar

Selamat sore,

Awal Oktober ini bukanlah sebuah waktu yang pada dasarnya mudah untuk dimaknai. Terlebih pada bulan kemarin, saya memutuskan untuk mengambil rehat yang sekiranya diperlukan oleh saya. Mengapa hal tersebut pada dasarnya dibutuhkan? Singkat cerita bahwa situasi dan kondisi pada kesempatan kali ini memang tak mudah untuk dilalui. Ada klausul klausul yang pada akhirnya saya jadikan prioritas pada kesempatan kali ini. Tak mudah memang, namun pada akhirnya saya baru bisa kembali pada waktu kali ini. Harap maklum.

Review yang saya buat pada kesempatan kali ini, yakni sebuah produk yang memang menjadi salah satu produk terbaru dari HM Sampoerna, dan untuk pertama kalinya, rasa yang pada dasarnya menjadi unggulan dari Philip Morris International ini hadir dalam wujud SKM LTLN. Rasa yang menjadi idola dari perokok di luar sana, anggaplah begitu (dengan kata lain, bahwa bila mengacu kepada dugaan dari penjualan rokok kapsul yang dikeluarkan oleh Philip Morris, mungkin rasa terlaris berada pada rasa Purple). Kalau kita bicara mengenai bagaimana rasa Purple yang dikeluarkan oleh PMI, tentu kemudian pasti punya ciri khas yang memang tidak bisa dicontoh oleh pabrikan lain. 

Untuk menggambarkan sensasi Berry atau Royal Purple yang dibuat oleh PMI ini, sensasi utama yang ingin dijual yakni gabungan sensasi Forest Fruit yang segar nan misterius, dipadukan dengan Vanilla dan Mix Berry yang menjadi nilai jual utama dari rokok Purple kebanyakan. Terdengar kompleks bukan? Anggaplah saja begitu, sebagai pemancing rasa penasaran. Rasa khas (Purple) ini, kemudian menjadi signature flavor dari rasa fruity Philip Morris International, sebuah rasa khas yang pada akhirnya tidak bisa dianggap remeh begitu saja, sekali lagi.

Produk yang konon menurut dugaan saya sudah disiapkan bahkan sejak lini A Splash diluncurkan (pada tahun 2019), menjadi penantang baru dalam segmen SKM LTLN dengan Kapsul yang pada saat ini dikuasai oleh Esse Pop, Camel Mild Option Purple, dan LA Ice Purpleboost. Mengingat HM Sampoerna memasuki segmen rasa yang pada akhirnya kini menjadi sebuah rasa yang mainstream, tentu pembeda utama yang pada akhirnya bisa dirasakan, yakni sensasi mint yang tidak begitu kuat khas lini A Splash secara umum. Opsi ini tentu saja cukup menarik pada akhirnya, tentu bila kita kemudian rasakan rokok ini, maka akan ada pembeda yang jelas dan sekilas bocoran, saya suka dengan pembawaan berry yang meskipun terkesan generik, akan tetapi hasil akhir yang dibawa terkesan mewah.

Baiklah, itu sedikit pengantar dari penulis terkait dengan bagaimana produk ini harus dimaknai secara mendalam. Mari kita langsung saja mulai review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk rokok ini saya dapatkan dengan harga Rp. 28.400,- (meskipun harga retail yang ditetapkan dari pihak HM Sampoerna yakni Rp. 28.000,- per bungkus, cukai golongan I sebesar 32.900 per 16 batang). Harga rokok ini pada dasarnya berada di bawah harga kompetitor utamanya yakni Esse Berry Pop dan LA Ice PurpleBoost, namun berada jauh diatas harga Camel Option Purple 16. Anggap saja bahwa produk ini berada pada tingkatan Value For Money, namun hal tersebut sebenarnya tak sepenuhnya juga benar. Produk ini pada akhirnya bisa dikatakan sebagai produk "below premium", dibawah standar premium namun diatas dari Value For Money.

Untuk harga sendiri, saya beri nilai 7 dari 10.

Kemudian kita coba kaji kemasan rokok ini secara saksama 







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar gabungan dari putih, abu-abu, ungu, dan sedikit warna hitam. Tampak bagian depan kemasan rokok ini menggunakan pattern dot dengan warna abu-abu pucat, yang dilengkapi dengan efek emboss, dengan kesan dot yang cukup elegan. Logo SAMPOERNA menggunakan warna hitam, dengan adanya efek emboss yang terkesan cukup tebal. Logo utama yang merupakan pattern batik dari Sampoerna A yang sudah dimodifikasi, terkesan memiliki elemen yang sama dengan lini Sampoerna A secara umum. Akan tetapi, pada bagian box dari kemasan rokok ini menggunakan warna ungu dengan adanya gradasi di bagian pojok kiri atas dan kanan bawah, dengan logo khas "A" yang terinspirasi dari nama besar Aga Sampoerna ini, menggunakan warna putih dengan adanya efek emboss ke dalam. Tulisan SPLASH tampak menggunakan warna hitam, dengan adanya elemen percikan dari cairan yang mengalir di bagian bawahnya. Bagian bawah terdapat penanda ROYAL SENSATION, nama varian yakni ROYAL, dan tulisan 16.

Bagian belakang tampak bahwa rokok ini memiliki kesamaan dengan varian A Splash secara umum, dengan logo A dalam box berwarna ungu, penanda deskripsi yang menjelaskan bagaimana rasa segar dari sensasi Splash Royal dimunculkan dengan adanya kapsul berperisa. Bagian bawah terdapat penanda FLAVORED CAPSULE, dengan bagian tengahnya terdapat visualisasi dari kapsul Royal berwarna ungu, dan di bagian luar visual kapsul terdapat tulisan ROYAL SENSATION. Bagian bawah terdapat lanjutan dari percikan khas lini A Splash yang digambarkan cukup realistis. Bagian kanan kemasan terdapat penanda cukai yakni SKM, larangan jual, dan barcode yang menutupi pola percikan khas A Splash. Bagian samping kiri bertuliskan 16 LASERMILD (R) KRETEK yang menandakan bahwa rokok ini memiliki fitur perforasi laser khas Sampoerna A yang melegenda, dengan dibawahnya terdapat kadar Tar serta Nikotin (12mg Tar dan 0.8mg Nikotin). Bagian atas terdapat logo A yang dilengkapi dengan pola dot, dan bagian bawah terdapat logo A dengan adanya nama pabrik dan kode produksi.

Tampak bahwa apa yang ingin dijual oleh kemasan rokok ini memiliki paduan warna yang bagi saya terkesan elegan dan mewah. Serta dengan warna ungu yang terkesan berani, membuat saya yakin bahwa tipikal rasa yang ingin dijual oleh rokok ini yakni Royal Purple Flavored Capsule. 

Kemasan rokok ini saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan


Tampak bahwa bagian lid kemasan yang sedikit tertutup bertuliskan layanan konsumen dari HM Sampoerna, dengan alamat suara.konsumen@sampoerna.com. Bagian frame dari kemasan rokok ini memiliki kesamaan dengan lini A Splash secara umum, dengan tulisan SPLASH NOW!, penanda kapsul ROYAL SENSATION, dan tulisan FOR A FRESH ROYAL SENSATION. Model liner atau foil dari kemasan rokok ini menggunakan model liner kertas khas Sampoerna. 

Anggap sementara ini bahwa rasa rokok ini tidak ada rasa bawaan dingin, jadi kita bisa merobek bagian liner pack rokok ini untuk mengetahui bagian dalam kemasan rokoknya.


Susunan batang dari rokok ini yakni 8 di depan dan 8 di belakang, dengan kuantitas total yang ditawarkan oleh rokok ini sebesar 16 batang. Tampak bahwa bagian tipping paper terdapat penanda kapsul Royal yang di pinggirannya menggunakan warna biru. Kita asumsikan sementara rasa utama yang ingin dibangun yakni gabungan dari mix berry dan mint.

Kemudian kita coba tarik salah satu batang rokok ini secara saksama



Batang rokok ini menggunakan model panjang sebesar 90mm dengan diameter sekitar 7.4mm atau kurang. Tampak kemudian bahwa bagian batang rokok ini menggunakan burning area vertikal, yang dimaksudkan untuk meningkatkan ventilasi dalam proses pembakaran. Bagian tipping paper terdapat pembatas dengan adanya logo A dalam bidang berwarna ungu, dan bagian tipping paper rokok ini memiliki pola batik khas Sampoerna A yang sudah dimodernisasi (berwarna abu-abu), model tipping yang cukup shiny, dan penanda kapsul berwarna ungu dilengkapi outline berwarna biru. Perforasi laser yang kemudian digunakan oleh rokok ini berjumlah satu baris, dengan model strip, dimaksudkan untuk meningkatkan ventilasi yang pada akhirnya mampu mengurangi kadar tar, sehingga menciptakan kesan hisapan yang enteng dan ringan

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara perlahan dan saksama


Tampak ketika sebelum dibakar, sensasi pada bagian tipping paper terasa dingin dan tidak begitu manis secara tebal. Sensasi rasa dingin yang sedikit menonjol tersebut, kemudian dilengkapi dengan gabungan rasa vanilla, cocoa, dan licorice yang cukup bermakna. Pada saat dibakar, ketika posisi sebelum diklik, rokok ini mengeluarkan unsur rasa khas yang memiliki kesamaan dengan varian A Splash Spring, sebuah hisapan yang tebal dengan unsur maple syrup, dilengkapi dengan elemen bourbon dan havana, yang kemudian menonjol pada unsur vanilla dan rasa segar khas dari penambahan menthol pada bagian tipping paper. Ya, kemudian pada akhirnya saya menyadari bahwa rokok ini memang sebelum diklik mengeluarkan rasa dingin yang cukup intens namun tipis. 

Elemen dingin pada rokok ini juga ditunjang dengan bawaan khas dari Sampoerna A yakni paduan longan dan leci, dengan tambahan unsur licorice dan cocoa yang dominan pada akhirnya. Sensasi dingin yang tipis ini mengingatkan saya pada gaya A Mild Menthol, namun dengan intensitas dingin yang tidak begitu intens dan rasa yang tidak begitu kaya pada akhirnya. Elemen spicy mungkin tampak pada rasa khas dari kayumanis yang tak begitu intens, dengan adanya rasa sedikit pada adas manis, kapulaga, dan pekak. Tidak begitu menonjol dari segi spicy, tidak hangat, dan pada akhirnya terkesan netral. Cengkeh yang digunakan juga pada akhirnya memiliki kesan netral, tidak begitu kuat pada akhirnya.

Elemen tembakau tampak memiliki sensasi yang aromatik dan kuat akan unsur woody-fermented khasnya. Dominan dengan perpaduan Tembakau Virginia yang memiliki rasa lembut, penambahan Burley untuk menambah efek smoky pada rokok ini, Madura untuk menciptakan karakter nutty yang sangat halus, dan beberapa tembakau lauk diantaranya Temanggung dan Kesturi, untuk menciptakan elemen woody yang pas dan kemudian bisa menunjang dari apa yang ditawarkan pada racikan kali ini. Elemen rasa yang terbilang sangat lembut, khas, dan juga netral pada akhirnya untuk sebuah Kretek Mesin. 

Racikan tampak memiliki kesan balance yang baik dan aromatik lembut khas. Dikeluarkan dari hidung, elemen oily dari cengkeh kemudian menjadi dominan, dengan aroma nutty dan aromatik halus yang tidak begitu intens. Tarikan tampak tidak begitu solid, tidak memiliki kepulan asap yang dominan, namun dengan efek hembusan yang sekiranya memiliki efek menenangkan yang sangat baik. Efek harshness tampak rendah, dengan tipikal throat hit yang rendah, meskipun agak sedikit membuat tenggorokan terasa tak nyaman.

Durasi bakar yang ditawarkan pada saat sebelum diklik mencapai 9-11 menit, hal ini tergantung dengan bagaimana cara Anda menghisap, situasi dan kondisi kala Anda menghisap, dan faktor eksternal lain yang sekiranya mempengaruhi cara Anda menghisap rokok ini. Aftertaste yang ditawarkan merupakan gabungan dari sensasi dingin yang tidak begitu intens, sensasi rasa manis yang terbilang minimum dan bersifat lokal, dan elemen rasa mixture tembakau dengan vanilla dan cocoa yang memang menjadi ciri khas dari Sampoerna A secara umum.

Untuk mengaktifkan kapsul Royal Purple, maka Anda bisa memposisikan bagian jari jempol dan telunjuk pada bagian yang sudah ditandai


Hempitkan bagian jempol dan telunjuk pada bagian yang sudah ditandai layaknya gambar berikut


Lalu tekan secara perlahan pada bagian kapsul sampai berbunyi 'klik', sangat disarankan untuk mengklik bagian kapsul pada seperempat awal bakaran, untuk bisa menikmatinya secara baik


Hisapan pada saat sesudah diklik merupakan gabungan dari rasa mix berry yang sangat menonjol, dengan sedikit sentuhan vanilla yang dominan dan rasa manis tambahan yang seakan membuat sensasi rasa kapsul ini menjadi mirip dengan apa yang ditawarkan oleh LA Ice PurpleBoost. Ya, sensasi kapsul yang ditawarkan oleh rokok ini pada dasarnya merupakan gabungan dari sensasi forest fruit dengan berry, bisa dibilang juga sebagai mix antara berry dengan vanilla yang intens. Sensasi ini kemudian bisa juga disebut sebagai Royal Sensation, sensasi rasa berry yang pada akhirnya memiliki kesan mewah dan khas. Tampak juga bahwa apa yang ditawarkan oleh rokok ini berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Esse Berry Pop, yakni sensasi berry yang lebih seimbang dengan rasa balance manis yang pas, dan rasa dingin yang tidak begitu dominan. Bisa dibilang bahwa sensasi dingin yang ditawarkan cenderung medium.

Elemen rasa ini kemudian cukup menutupi sensasi bawaan yang kemudian dijual oleh rokok ini, dengan seketika bahwa rasa rokok ini berubah cukup drastis ke sensasi Royal yang ingin dijual oleh rokok ini. Meskipun kemudian elemen tembakau terkesan sama tebalnya dan intensitas aromatik yang ingin dijual tetap kuat. Elemen rasa ini kemudian ditutup dengan adanya aroma asam dari berry yang intens, dengan paduan rasa vanilla dan cocoa yang sangat baik. Elemen kapsul terkesan lokal, bila dihembuskan melalui hidung maka tampak bahwa sensasi berry yang ditawarkan hanya mencapai rongga mulut dan lidah saja. Tarikan terbilang memiliki intensitas yang sama baiknya, dengan elemen throat hit yang mulai berkurang cukup drastis.

Durasi bakar terbilang cukup serupa, yakni 9-11 menit tergantung dari bagaimana cara Anda menghisap, situasi dan kondisi kala Anda menghisap rokok ini, dan faktor eksternal lain yang sekiranya berkaitan dengan durasi bakar dari rokok ini. Aftertaste terbilang sangat baik, dengan elemen berry dan forest fruit yang terkesan menonjol dengan rasa asam klasik yang berani, ditunjang dengan elemen rasa manis berry yang terkesan baik, dan intensitas dingin yang medium untuk sebuah rokok kapsul. Terbilang bahwa rasa Royal Purple Berry yang ingin dijual, terkesan memiliki kesan rasa yang sangat baik. 

Kelemahan yang saya temukan kala merasakan rokok ini, pada beberapa batang rokok ini terkesan memiliki rajangan yang tidak begitu halus untuk sebuah rokok kelas LTLN, sehingga sulit terbakar. Mungkin ini dimaksudkan untuk tetap menjual rasa tembakau yang memang menjadi ciri khas dari A Splash Royal. Selain itu, kapsul yang ditawarkan pada dasarnya cukup keras kala diklik, dan kadang membuat jari terasa sakit. Untuk rasa yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini, pada saat sebelum diklik terbilang tidak begitu berani dan menonjol. Ini mungkin menjadi kelemahan A Splash secara umum yang pada akhirnya memerlukan proses menghancurkan kapsulnya untuk mendapatkan rasa khas, mengingat rokok ini merupakan rokok kapsul yang pada akhirnya diharuskan untuk memecahkan kapsulnya.

Anggap saja bahwa permulaan HM Sampoerna pada segmen mainstream terkesan cukup baik. Dengan rasa khas dari mix berry yang pada saat saya menuliskan di paragraf ini, masih terkesan intens dan optimum. Hanya saja bahwa kelemahan model rokok kapsul seperti ini memang cukup rumit, diperlukan proses menghancurkan kapsul untuk mendapatkan rasa yang diinginkan. Bisa dibilang baik, ya mungkin saja begitu.

Untuk rasa, saya beri nilai 9 dari 10.

KESIMPULAN

Memang tidak banyak hal yang bisa dilihat kala merasakan apa yang ditawarkan oleh A Splash Royal kali ini. Meskipun kemudian rasa rokok ini kemudian memiliki rasa yang cukup generik untuk sebuah berry, akan tetapi rasa tersebut kemudian berusaha ditonjolkan dengan aksen asam-manis yang sangat baik. Namun kelemahan pada rokok ini tampak bahwa sensasi rasa tembakau intens yang ingin dijual, tidak terlalu tersampaikan dengan baik pada beberapa batang. Sulit untuk dibakar, mengingat rajangan yang terkesan tidak bebas dari stem atau batang tembakau. Selain itu, kapsul yang terkesan keras saat dipecahkan, membuat jari terasa sakit (layaknya lini A Splash secara umum, atau A Mild Menthol Burst). Dan kemudian untuk mendapatkan rasa yang pas, maka diharuskan untuk memecahkan kapsul dari rokok ini, yang bagi saya kelemahan ini memang menjadi kelemahan rokok kapsul secara umum.

Untuk distribusi sendiri, berdasarkan info yang sementara saya dapatkan, rokok ini pada akhirnya dijual di Key Account utama dari A Splash secara umum, yakni Alfamart dan Indomaret, mungkin hal tersebut nyatanya berlaku secara nasional (meskipun untuk luar Pulau Jawa dan Bali perlu dicek kembali apakah masuk juga ataupun tidak). Mungkin untuk channel penjualan lain sepertinya menunggu waktu, mengingat bahwa produk ini memang pada dasarnya merupakan produk yang sangat baru di pasaran.  Dan apakah produk ini bisa kemudian menjadi blockbuster dari A Splash? Ada kemungkinan hal tersebut bisa terjadi, mengingat sensasi rasa yang ditawarkan pada dasarnya sangat baik untuk segi kapsulnya. 

Nilai rerata yang didapatkan oleh rokok ini 8.5 dari 10. Artinya bahwa apa yang ditonjolkan dari segi kemasan dan rasa memang baik pada akhirnya, meskipun kemudian pada bagian harga menjadi satu nilai yang membuat rokok ini tidak bisa mendapatkan nilai yang baik. 

Apa saya merekomendasikannya? Tentu, dengan catatan Anda mencari sensasi berry yang memang menjadi pilihan dari berbagai masyarakat Dunia, dan juga sensasi berry yang manis dan terkesan kompleks. Bila tidak? Tiada salahnya untuk mencoba.

Review rokok ini bukanlah menjadi opsi utama kala Anda ingin membeli rokok. Anda yang berhak memutuskan apa Anda memang ingin mengambil sebuah rokok ataupun tidak. Pilihan ada di tangan Anda, dan bukan dari saya yang menuliskan review rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. mantap min, imho secara value for money untuk rasa berry tetap camel purple yang megang. lanjutkan ulasan anda yang komprehensif. stay healthy and keep smoke 😁

    BalasHapus
  2. bang camel white ada yg 100s, udh nyoba?

    BalasHapus
  3. Kalo menurut saya, varian splash yg satu inilah yg bener bener lebih mantap setelah kemarin kemarin sering pake splash merah.

    BalasHapus