GG SHIVER Dengan Menthol Fiber, SKM LTLN Dari Gudang Garam Dengan Filter Inovatif Untuk Sensasi Dingin Yang Konsisten

Selamat siang,

Melihat kembali dari apa yang dahulu pernah dipegang menjadi sebuah prinsip utama dan menjadi pilihan utama tentu bukanlah sebuah usaha yang mudah. Hal-hal yang menjadi penanda dalam mencari usaha tersebut memerlukan konsistensi rasa yang pada akhirnya bisa menjadi pembuka dalam review kali ini. Dalam mencapai konsistensi tersebut terkadang perlu melihat kembali fitur apa yang menjadi hal utama, melihat kembali hal yang utama dan mengamati perubahan yang terjadi untuk memutuskan hal tersebut layak diterima atau tidak.

Pada kesempatan kali ini, penulis dari blog ini kembali mengulas produk yang beberapa waktu silam mendapat perlakukan rejuvenasi dalam hal fitur. Produk ini bisa disebut dengan GG Shiver With Menthol Fiber, atau singkatnya cukup disebut sebagai GG Shiver; bahkan dalam penyebutannya bisa disebut sebagai “Shiver” saja. Produk ini (yang nyatanya sudah diluncurkan pada pertengahan 2014, sebagai GG Mild Shiver), kemudian mendapat perlakuan khusus dengan tujuan untuk menonjolkan kembali fitur rasa intens dan konsisten dari helaian benang menthol yang sudah didesain khusus oleh Gudang Garam itu sendiri. Inovasi rasa menthol yang memiliki karakter “fusion blend” ini kemudian dinamakan ulang pada pertengahan tahun 2021 sebagai “Menthol Fiber” yang dahulu disebut dengan “Menthol Thread Filter”. Lalu apa perbedaan yang jelas dari kedua nama tersebut?

Perubahan fitur dari sebelumnya disebut dengan “Menthol Thread” menjadi “Menthol Fiber” tentu memiliki alasan utama yang menurut penulis menjadi penting dalam memaknai bagaimana rokok ini nanti saat dirasakan. Fitur “Menthol Fiber” dapat diartikan bahwa aplikasi menthol dalam rokok ini kemudian diletakkan pada bagian serat khusus (nama seratnya berupa serat selulosa) dengan tingkat intensitas menthol yang dikadarkan sangat tinggi, dengan tujuan mengalirkan langsung citarasa khas Menthol yang sangat dingin, tanpa perlu memecahkan bola (layaknya rokok kapsul secara umum) ataupun terganggu dengan inkonsistensi rasa yang sering terjadi pada rokok “high cooling menthol” secara umum. Fitur ini kemudian memudahkan dalam aplikasi produksi, yang pada akhirnya berhasil mengantarkan citarasa racikan sekaligus menthol yang konsisten, modern, dan juga memiliki jati diri yang tetap berkarakter kuat.

Penggunaan fitur “Menthol Fiber” dapat dianggap menjadi solusi atas penyampaian sensasi rasa Gudang Garam yang tetap mempertahankan idealismenya sebagai produsen rokok bercitarasa “Harum, Gurih, dan Nikmat” namun tetap mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut terlihat dari usaha dari R&D Gudang Garam yang mencoba merumuskan kembali rasa menthol intens dan aliran dingin yang konsisten dan dapat diterima secara umum oleh masyarakat masa kini, tanpa harus kehilangan identitas utamanya yang menjadi kekuatan rasa dari Gudang Garam itu sendiri secara umum. Usaha ini tidak bisa dianggap remeh pada akhirnya, dan patut diapresiasi (terutama bahwa penulis mengakui bahwa dari sejak awal produksi rokok ini di tahun 2014, perubahan selalu terjadi dari tahun ke tahun dalam hal intensitas menthol yang semakin meningkat dari masa ke masa).

Baiklah, itu sedikit pengantar dari penulis terkait bagaimana produk ini harus dimaknai secara penuh. Langsung saja kita mulai ulasan rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk rokok ini, secara umum dapat dihargai dengan harga jual Rp. 30.500,- (ataupun 31.000-an tergantung dari kanal penjualan rokok ini, cukai 2022 golongan I berharga Rp. 30.500) untuk kuantitas isi sebesar 16 batang. Terlihat bahwa rokok ini memang termasuk dalam segmen premium yang secara harga terhitung mahal secara objektif, namun sepertinya sesuai dengan apa yang kemudian ditawarkan melalui fitur rokok ini, yang bahkan sulit ditiru secara umum oleh pabrikan rokok lain. Ada harga namun ada kualitas rasa pada akhirnya.

Untuk harga sendiri, secara objektif saya beri nilai 6 dari 10.

Kemudian kita coba lihat kemasan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan






Kemasan rokok ini memiliki desain yang sekilas punya unsur kompleksitas tersendiri. Latar utama kemasan yang menggunakan warna hitam dengan unsur panel elektrik yang terbentuk melalui beberapa pola garis dan lingkaran, seakan menandakan bahwa rokok ini sesuai dengan karakter modern dan terkini yang ingin dijual oleh rokok ini. Penanda utama dari kemasan rokok ini kemudian terdapat dalam sebuah lingkaran yang dimulai dengan tiga perempat lingkaran berwarna silver, sebuah objek gradasi dari hijau dan biru yang bila dilihat ulang membentuk tulisan “G”, dan bila huruf “G” tersebut dipecah menjadi dua bagian akan menandakan nama lini dari rokok ini, yakni “GG”.

Motif dalam dari tulisan “G” tersebut kemudian diikuti dengan pola concentric circle dengan penekanan gradasi warna biru terang dan biru tua dan garis yang melingkar satu sama lain. Hal tersebut menandakan fitur utama dari rokok ini yang memiliki unsur “futuristic menthol”, dengan penekanan lain pada tulisan GG dan SHIVER yang memiliki unsur holographic silver dengan emboss khas. Bagian kiri bawah terdapat tulisan 16 MENTHOL KRETEK FILTER, dan bagian kanan bawah terdapat logo “MENTHOL FIBER” dengan penekanan logo mencerminkan fitur utama, yang akan dibicarakan pada deskripsi belakang kemasan.

Fitur “MENTHOL FIBER” yang terdapat pada GG Shiver dengan penekanan aksen futuristik pada bagian belakang kemasan tersebut, dapat dideskripsikan sebagaimana berikut. Teknologi Menthol Fiber merupakan teknologi yang dirumuskan oleh pihak R&D Gudang Garam, bertujuan untuk memberikan aliran citarasa dingin yang konsisten. Penekanan pada logo “MENTHOL FIBER” pada rokok tersebut kemudian dapat digambarkan dengan benang (serat) khusus yang mampu mengalirkan intensitas dingin yang mengalir apa adanya namun tetap mencerminkan citarasa dingin yang konsisten.

Bagian samping kanan kemasan terdapat tulisan 16 dalam layang-layang khas logo Gudang Garam khas untuk lini GG, larangan jual dan barcode yang terdapat penanda pita cukai yakni “SKM”. Bagian samping kiri kemasan terdapat penanda pita cukai, tulisan GG SHIVER dan kadar rokok ini (14mg Tar dan 1mg Nikotin). Bagian atas kemasan terdapat penanda tulisan yakni GG Shiver, dengan bagian kanan atas kemasan terdapat penanda khas yang menandakan bahwa rokok ini memiliki kualitas rasa yang sama dengan produk buatan Gudang Garam secara umum. Bagian bawah kemasan terdapat penanda produsen rokok (PT Gudang Garam Tbk. berlokasi di Kediri, Indonesia) dengan kode produksi yang saya dapatkan untuk rokok ini dibuat pada tanggal 19 Desember 2022 (masih cukup segar pada akhirnya).

Kemasan rokok ini sekilas memiliki unsur futuristik yang mencerminkan fitur utama, yang juga berkesan sangat futuristik. Membayangkan bahwa sebuah sensasi dingin dari Menthol kemudian dialirkan dengan menggunakan sebuah serat khusus, mungkin menjadi satu poin utama yang perlu dilihat kembali sebagai inovasi yang terkini.

Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 10 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasan rokok ini secara saksama

Tampak bahwa model frame dari rokok ini memiliki kesamaan dengan pendahulunya (yakni GG Mild Shiver) dengan model frame yang cenderung menutupi bagian batang rokok, dengan frame yang memiliki lekukan khas. Model foil dari rokok ini menggunakan warna hitam yang memiliki kesan “dark” dengan aksen warna hitam yang dilengkapi dengan tulisan GG dan sebuah siluet yang menandakan intensitas es yang mengalami proses “Shivering” dengan beberapa aksen es yang khas.

Dikarenakan rokok ini menggunakan fitur menthol, saya tidak bisa merobek bagian foil dari rokok tersebut, dianjurkan dengan tujuan menjaga konsistensi rasa menthol dari rokok ini bisa bertahan lama.

Untuk kuantitas dari rokok ini, memiliki total sebesar 16 Batang, dengan susunan 8 di depan dan 8 di belakang. Rokok ini punya kuantitas yang sesuai dengan kompetitornya, yang juga memiliki isi sebesar 16 batang.

Kemudian kita coba tarik salah satu batang rokok ini secara saksama


Batang rokok ini memiliki panjang sekitar 90mm dengan diameter batang sekitar 7.4mm, khas rokok LTLN atau Mild yang secara umum memiliki diameter slim. Model burning area yang digunakan pada rokok ini menggunakan burning area vertikal khas, dengan model tipping paper polos berwarna putih. Bagian tipping paper kemudian bertuliskan GG dengan warna hijau kebiruan dan SHIVER dengan warna yang sama. Perforasi laser yang digunakan pada rokok ini berjumlah dua baris, dengan model perforasi laser cukup lebar dan jaraknya cukup berdekatan satu sama lain.

Untuk mengenal fitur dari rokok ini (Menthol Fiber) maka bisa dilihat dari bagian hisapan rokok yang memiliki warna hijau kebiruan

Fitur Menthol Fiber pada dasarnya merupakan serat yang sudah dibentuk menjadi helaian benang dan diresapkan dengan menthol dengan intensitas tinggi, kemudian diberi pewarna untuk memberi diferensiasi yang khas. Serat yang berwarna hijau kebiruan tersebut, dimaksudkan untuk menciptakan sensasi menthol yang mengalir apa adanya dengan intensitas kuat, tanpa harus melakukan proses tertentu untuk mendapatkan intensitas menthol yang sangat kuat. Keuntungan ini membuat penulis tidak perlu melakukan apapun saat membakar rokok ini. Cukup hisap, bakar, dan rasakan sensasi menthol yang kuat dan intens.

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama


Tampak pada saat sebelum dibakar, sensasi rokok ini punya intensitas dingin yang sudah kuat sejak awal, dengan penekanan rasa khas berry yang dipadukan dengan aged spirits berupa brandy dan bourbon, dengan sedikit rasa raisins, rasa balsamic yang khas dan juga buttery khas yang menjadi ciri khas dari Gudang Garam itu sendiri. Pada saat dibakar, rokok ini mengeluarkan sensasi rasa khas “fusion blend” yang sudah dimodernisasi, dengan rasa menthol yang memiliki intensitas dingin kuat dan kesejukan yang optimum, dipadukan dengan rasa khas bourbon  dengan campuran saus GG yang memiliki penekanan pada sensasi brandy, raisins, berry, dan juga sensasi rasa khas manis dari vanilla yang semakin memperkuat sensasi dingin khas dari rokok ini. Tampak bahwa layer fruity pada rokok ini tidak begitu optimum, dengan tujuan menciptakan sensasi menthol yang lebih optimum, dengan rasa khas dari berry, nangka, dan juga sekelumit pisang. Cengkeh pada rokok ini sepertinya menggunakan tipe yang sudah dimodifikasi, dengan intensitas rasa cengkeh yang halus, cukup kuat dari segi aroma, namun tidak begitu spicy. Sensasi spicy pada rokok ini kentara  dengan efek kayumanis dan kapulaga, dengan sentuhan rasa khas floral dari rhubarb dan paduan rasa rempah yang tidak begitu kental.


Seperti halnya rokok dengan model thread filter yang umum digambarkan sebagai model rokok yang futuristik, model rokok dengan Menthol Fiber berhasil menghantarkan sensasi dingin yang sangat intens, optimum, dengan efek rasa dingin yang sangat sesuai dengan karakter panas dari cuaca Indonesia belakangan ini. Intensitas menthol yang terbangun bila diskalakan dari 1-10 maka angka menthol yang diraih pada rokok ini sekitar 7.5 dari 10. Artinya bahwa sensasi menthol yang dialirkan dengan menggunakan menthol fiber dari rokok ini berhasil menciptakan sensasi “shivering” khas yang tidak terlalu berlebihan, pas secara karakter dingin, memiliki sensasi dingin yang pada akhirnya bisa dikatakan secara optimum sangat baik. Menthol Fiber pada rokok ini mampu menciptakan hal tersebut, tanpa adanya sensasi inkonsistensi yang sering terjadi pada rokok menthol kretek secara umum di Indonesia.

Racikan dari rokok ini menggunakan sensasi dominan dari Tembakau Virginia yang memiliki karakter manis alamiah, smoky dari penambahan Burley yang sudah dimodifikasi dengan toasting khas, dengan unsur nutty dominan dan fermented dari Madura, Paiton, Pakpie dan Boyolali. Aroma nutty kemudian menjadi penanda khas bahwa rokok ini punya sensasi gurih khas kacang yang mampu meningkatkan efek smoky toasted dari Burley, dengan paduan Virginia yang memiliki intensitas manis alamiah yang sekiranya mampu menciptakan efek rasa racikan yang pas, seimbang, dan bercitarasa khas modern. Bila dikeluarkan lewat hidung, sensasi rasa rokok ini memiliki efek rasa yang kuat di rongga mulut, namun berefek lokal, dengan rasa dingin yang tidak berlebihan pada bagian hidung. Karakter hisapan pada rokok ini memiliki efek halus yang cukup solid, dengan asap yang mudah terurai dan mudah untuk dihembuskan. Elemen throat hit tidak tampak secara jelas pada rokok ini, dengan sensasi cool hit yang sangat terasa di tenggorokan.

Durasi bakar dari rokok ini sebenarnya cukup lama, dengan durasi bakar sekitar 10-12 menit (dengan angka durasi yang saya dapatkan sekitar 12 menit lebih). Hal tersebut sebenarnya tergantung pada bagaimana cara Anda menghisapnya, situasi dan kondisi kala Anda menghisapnya, dan bagaimana cuaca mempengaruhi cara Anda menghisap rokok ini. Aftertaste yang dapat dirasakan oleh rokok ini merupakan  campuran dari rasa nutty-smoky dari tembakau bawaan rokok ini, efek floral yang optimum dengan sensasi fermented-fruity dari penambahan saus pada rokok ini, dengan efek rasa dingin yang intens dan bertahan lama. Sebuah poin yang menggambarkan bahwa karakter rokok ini memang terlahir untuk memiliki citarasa dingin menthol yang intens dan bertahan lama.

Tidak banyak kelemahan yang ditawarkan oleh rokok ini, namun secara umum bagi sebagian orang, sensasi nutty-fermented yang dibawa memiliki mimik yang sama dengan rokok LTLN kebanyakan dengan penambahan tembakau yang punya citarasa ‘apek’ khas. Dan juga bagi beberapa kalangan yang memiliki alergi atau sangat sensitif dengan menthol, maka rokok ini akan menimbulkan kesan reaksi yang bisa membuat tenggorokan terasa sakit ataupun bibir membesar. Tidak banyak kelemahan yang kemudian ditawarkan oleh rokok ini, yang pada akhirnya saya harus memberi nilai sangat baik untuk sebuah rokok dengan menthol fiber thread khusus.

Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

KESIMPULAN

Sebuah paduan “fusion blend” yang dimodernisasi dengan citarasa khas dari serat menthol yang dibuat sedemikian rupa, menjadikan rokok ini bisa menjadi opsi yang pada akhirnya sesuai dengan karakter pencinta rokok menthol di Indonesia, menyukai sensasi rasa menthol sekaligus dengan racikan yang sangat kuat. GG Shiver dengan serat khusus yang dinamakan sebagai Menthol Fiber kemudian berhasil menjadi pilihan yang bisa dianggap sangat baik, dengan catatan untuk sebuah rokok dengan kelas harga yang premium.

Dengan hisapan yang sangat konsisten dan sensasi rasa yang familiar bagi saya, menjadikan rokok ini pada akhirnya bisa dianggap sebagai rokok harian. Namun dengan catatan bahwa kelemahan rokok ini pada cool  hit yang beberapa orang akan merasa tak kuat, ataupun orang dengan alergi atau sensitif dengan menthol, akan merasakan adanya rasa tak nyaman. Namun itu tidak begitu berarti pada akhirnya.

Rokok ini secara umum bisa ditemukan pada modern trade ataupun Horeka (semisal minimarket, supermarket, bahkan club malam dan restoran), dengan harga bervariasi dari tiap kanal penjualan. Meskipun pada akhirnya untuk mendapatkan stok yang cukup segar, secara umum untuk produk Gudang Garam itu sendiri hanya bisa didapatkan pada kisaran grosir. Dan rokok ini secara umum dijual secara nasional, pada akhirnya.

Nilai keseluruhan pada rokok ini mencapai angka rerata 8.33 dari 10. Kelebihan utama pada rokok ini ada pada bagian kemasan dan juga rasa yang konsisten dengan sensasi dingin yang sangat optimum. Namun kelemahan utama terlihat pada harga yang secara objektif tidak terlalu terjangkau, meskipun begitu seperti apa yang saya sampaikan sebelumnya, ada harga tentu ada rupa. Rokok premium tentu punya harga yang premium juga, dan kemudian kualitas berbicara lain.

Apa saya merekomendasikannya? Tentu, dengan catatan Anda mencari rokok premium menthol dengan sensasi rasa yang intens, kuat, dan konsisten. Bila tidak? Tiada salahnya untuk mencoba.

Review rokok ini tidak bisa menjadi acuan pasti dalam menilai sebuah rokok. Tentu kemudian pengalaman dari Anda dalam memilih menjadi acuan utama dalam memilih sebuah rokok. Apa yang saya rasakan, bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda rasakan. Pilihan ada di tangan Anda.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar