Selamat sore,
Beberapa hari setelah mencari apa yang sebenarnya dibutuhkan, sekiranya hal tersebut kemudian tak terlalu bisa dijelaskan pada akhirnya. Terutama mencari hal apa yang sebenarnya tak bisa menjadi hal yang dapat menjelaskan segalanya. Penantian yang berujung dengan hal tanda tanya, kemudian membuat saya mencari kembali maksud dan tujuan apa yang sekiranya perlu dilakukan ataupun perlu dibahas. Harap maklum, bahwa kata pengantar kali ini memang tak terstruktur.
Pada kesempatan kali ini, sekiranya produk yang akan saya coba ulas, yakni produk yang sebenarnya sudah saya prediksi kehadirannya sekitar tahun yang lalu. Nama produk ini kemudian dapat dinamakan sebagai LA Ice Purple Boost (atau bila melihat penulisan yang digunakan, lebih tepatnya ditulis sebagai PurpleBoost saja). Sejatinya, saya sudah mendapatkan informasi terkhusus untuk produk ini (meskipun kemudian ada sedikit hal yang berubah pada saat melihat spesifikasi produk), dengan estimasi yang sekiranya pada tahun ini, informasi tersebut berusia satu tahun.
Kabar ini mungkin saya tidak bisa tampilkan secara tersurat, mengingat bahwa dalam memahami konteks antusias saya kala itu, masih dalam tahap memerlukan validasi yang sekiranya mendalam. Bisa disimak tweet tersebut layaknya berikut
Kabar ini kemudian diperkuat dengan adanya dugaan di bulan Juni 2022 lalu, ketika tercatat bahwa Djarum kemudian berhasil memproduksi produk "prototype" rokok kapsulnya, dengan menggunakan pendekatan berry. Hal ini kemudian juga pada saat itu, memerlukan validasi yang sekiranya sangat kokoh, mengingat ada kemungkinan bahwa produk ini bisa saja tidak jadi diproduksi pada saat itu. Tweet terkait permintaan validasi kedua, sekaligus mempertanyakan apa benar produk tersebut jadi diluncurkan, bisa disimak layaknya berikut ini:
Validasi terakhir kemudian saya dapatkan, pada sekitar pertengahan bulan Juni 2022. Saya tidak menginginkan bahwa informasi yang saya dapatkan ternyata salah, dan pertengahan Juni 2022 menjadi kunci bahwa produk ini memang benar akan diproduksi pada akhirnya. Kabar itu sekiranya disampaikan oleh salah satu anggota Grup WhatsApp (Review Rokok+, bisa kemudian permintaan grup disampaikan langsung via WhatsApp, dikarenakan sistemnya menggunakan sistem undangan, 18+).
Salah satu kabar yang kemudian beredar, menjelaskan bahwa produk ini kemudian memiliki sistem rasa yang sekiranya tak asing pada akhirnya, banyak terinspirasi dari Camel Option Purple (Mint, SKM LTLN), namun sensasi ini kemudian dilengkapi dengan adanya rasa dingin bawaan yang menjadi ciri khas dari LA Ice. Kabar ini pada akhirnya, kemudian validasi terakhir dilakukan pada akhir Juni 2022 lalu, dengan catatan bahwa validasi terakhir atas penjualan produk ini, dijual awal pada saat Jakarta Fair 2022 (dengan bundling korek, sekedar informasi sekilas).
Sekilas kemudian minggu awal Juli 2022 ini, kemudian saya melakukan proses validasi dan verifikasi final, yang kemudian sekedar membuktikan bahwa memang produk ini benar-benar dijual, pada akhirnya. Hari Jumat lalu (1 Juli 2022), produk ini sekiranya belum bisa ditemukan di berbagai tempat.
Namun nyatanya, pada hari Sabtu lalu (2 Juli 2022), saya menemukan titik terang atas apa yang saya cari sejauh ini. Saya berpergian ke salah satu Indomaret di kawasan Jakarta Timur, dan ketika saya cek, produk tersebut kemudian masih belum masuk etalase (dibaca masih dalam slop plastik). Produk ini kemudian pada akhirnya bisa dijual, dan tentu bahwa apa yang selama saya cari, ternyata menemukan titik terangnya, terhitung sabtu lalu.
Baiklah, itu sekelumit informasi yang bisa menjelaskan terkait bagaimana proses dari info awal yang didapatkan secara simpang siur, namun nyatanya produk ini kemudian berhasil diproduksi, dengan inovasi yang kemudian pada saat proses testing, memiliki hasil yang sangat mengejutkan (bahkan mengesankan) dari segi rasa rokok ini. Produk yang konon kabar dikembangkan selama 3 tahun terakhir ini, kemudian memiliki fitur rasa bawaan yang sebenarnya sudah enak dan sudah kental apa yang ingin dijual, meskipun Anda pada akhirnya tetap diharuskan untuk memencet kapsul Berry Mint, yang menjadi fitur "Flavor Boost" (tidak hanya sekedar "Menthol Boost" saja yang memperkuat sensasi dingin bawaan, melainkan rasa "refined berry" yang diperkuat dengan kapsul "Berry Mint").
Kapsul ini konon kabar sudah dikembangkan secara "in-house" sejak lama, dalam artian bahwa kemungkinan besar PT Djarum sudah memiliki fasilitas pembuatan kapsul softgel dengan standar farmasi, dan hal tersebut ada kemungkinan besar PT Djarum membentuk sendiri kapsul ini dari 0 (nol), tanpa menggunakan third party dalam hal pembuatan filter (meskipun kemudian untuk flavor rokok sendiri, Djarum belum memiliki fasilitas khusus untuk membentuk flavor baru, alias masih menggunakan pihak ketiga).
Layaknya beberapa produk in-house semisal Djarum Black Mild dan Djarum Super Wave (yang belum saya review), terlihat bahwa penggunaan mesin modern, sudah sanggup membuat berbagai macam filter, tanpa harus menggunakan pihak ketiga alias pabrikan filter. Ya, Djarum berpengalaman untuk membentuk segmen filter berlapis (multifilter), yang sejatinya Djarum sudah mandiri dalam hal membentuk filter yang berbasis selulosa asetat ini.
Beberapa penjelasan tambahan, kemudian dapat dilanjutkan dengan bagaimana rokok ini dijual. Harga rokok ini kemudian dijual dengan harga Rp. 28.000,- untuk kuantitas isi sebanyak 16 batang (harga ini termasuk mahal, cukai golongan I memiliki tarif Rp. 30.500 per 16 batang). Harga yang ditawarkan kemudian bisa dikatakan sudah menjadi harga "bulat", mengingat dalam beberapa kasus penjualan lini LA oleh Djarum, di minimarket produk ini dijual dengan harga tak bulat (semisal 27.800 untuk harga terakhir dari LA Ice Regular).
Adapun rokok ini memiliki harga yang masuk ke dalam segmen premium, menyatakan bahwa harga rokok ini memiliki perbandingan yang tak jauh berbeda dengan apa yang dijual oleh LA Ice pada saat ini, bahkan untuk kategori kompetitor terdekat dari rokok ini, terlihat bahwa serangan utama dari rokok ini ditujukan untuk melawan kategori SPM Flavor Boost Purple lainnya (Camel Purple Mint 20 dan Lucky Strike Purple Boost 20 misalkan) ataupun SKM LTLN Menthol Premium (semisal A Mild Menthol Burst yang memiliki selisih harga 500 Rupiah lebih murah). Terhitung mahal, namun sekiranya kemungkinan kualitas sebanding dengan harganya.
Untuk harga sendiri, saya beri nilai 5 dari 10.
Kemudian kita coba review kemasan rokok ini secara seksama
Kemasan rokok ini tampak menggunakan total palet warna sebagai hasil gradasi dari warna biru navy khas LA Ice, merah muda menuju ungu, yang dipaduukan dengan warna putih dan silver. Tampak bahwa bagian depan dari rokok ini menggunakan model "swirl circle" yang memiliki paduan warna biru navy khas LA Ice, putih, sedikit adanya warna merah muda, dan ungu, dengan adanya bagian pattern circle (yang tak terlihat pada bagian foto, namun bisa terlihat pada bagian kemasan riil), pattern emboss halus yang sekilas memiliki kesamaan dengan Djarum 76 Filter Gold ini (dilengkapi panah radial yang membentuk pola swirl concentric circles), kemudian dibentuk dengan menggunakan pendekatan "concentric circles" yang cenderung memantul layaknya bola yang memantul, dan hal tersebut bisa terlihat ketika kita memegang kemasannya secara langsung.
Pada beberapa bagian pattern "swirl circle", kemudian dilengkapi dengan adanya efek emboss, terutama pada bagian warna putih yang membentuk lingkaran "penanda panah tipis" yang menyatakan bahwa produk ini menggunakan "bubble" atau kapsul khusus. Bagian ini kemudian dilengkapi dengan logo LA yakni L.A. dengan adanya warna silver (tanpa list rectangle khas), dengan adanya tulisan ICE berwarna silver, tulisan PURPLE dan penekanan BOOST yang di-bold, sehingga rokok ini dapat disebut sebagai LA Ice Purple Boost (PURPLEBOOST). Terdapat penanda fitur pada bagian depan yang dilengkapi efek emboss dibagian bawah, bertuliskan "BERRY MINT CAPSULE", yang kemudian bagian kapsul tersebut digambarkan memiliki bubble yang bisa dipecahkan dan memiliki sinar yang sangat terang (untuk menjelaskan sensasi rasa yang gamblang).
Bagian deskriptor di bagian belakang kemudian dapat ditemukan dalam produk ini, dengan penjelasan deskripsi terkait fitur kapsul rokok ini (yang sebenarnya baru bisa ditemukan kembali pada produk Djarum 76 Madu Hitam, untuk masa setelah penerapan PHW 2014). Tergambar jelas bahwa deskripsi dari rokok ini (LA Ice PurpleBoost), yang kemudian diatasnya terdapat penanda fitur bola bernama "Berry Mint Capsule", memiliki deskripsi yang menjelaskan rokok ini dilengkapi dengan rasa berry yang lebih segar dan (karakter berry yang) lebih halus (serta gamblang), untuk memberikan level sensasi kesegaran yang lebih tinggi (bila dibandingkan dengan kompetitor pada kategori "Purple" serupa). Bagian total pattern kemudian menggunakan model swirl, yang sekiranya bagian emboss terletak pada bagian luar deskripsi, dengan adanya bagian emboss pada logo LA ICE serta bola kapsul.
Bagian samping kanan kemasan dari rokok ini, menggunakan pendekatan yang cukup mirip dengan produk dari PT Djarum secara umum, yakni penanda batang di bagian kanan, dengan logo "L.A. ICE PURPLEBOOST" dan kadar tar serta nikotin (0.8mg Nikotin dan 12mg Tar), dilengkapi dengan penanda diatasnya bertuliskan 16 dengan adanya efek emboss, dan latar yang mengikuti lanjutan dari kemasan depan. Bagian samping kiri dari kemasan rokok ini, menggunakan pendekatan pita cukai dengan bawahnya terdapat larangan jual berwarna silver, penanda cukai berwarna silver, dan barcode yang bisa ditemukan di bagian bawahnya. Bagian atas rokok ini menggunakan logo L.A. ICE PURPLEBOOST, dan bagian kode produksi rokok ini terdapat juga penanda logo yang dilengkapi adanya efek khas "swirl circle" dari bagian depan dan belakang kemasan.
Rokok ini diproduksi awal pada tanggal 16 Juni 2022, dengan terlihat bahwa belum terdapat penanda batch yang sering ditemukan pada angka 5 dan 6 dari kode produksi (tertulis 16062022, biasanya angka numerik pada angka 20 sering ditampilkan secara acak).
Rokok ini sekilas memiliki kemasan yang menurut saya sangat menjual, meskipun begitu pada akhirnya secara desain kemasan yang simpel ini, tetap memiliki unsur yang kompleks ketika kita melihat dari bagaimana total desain yang ditampilkan oleh kemasan rokok ini secara langsung. Untuk kemasan saya memberi nilai 9.2 dari 10.
Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasan rokok ini secara seksama
Bagian inner lid kali ini tak tampak adanya materi promosi, namun bagian inner frame yang digunakan oleh rokok ini, kemudian memiliki penanda deskriptor khas terkait fitur kapsul bawaan yang ingin dijual oleh rokok ini. Terdapat penanda "swirl" yang melingkupi bagian bola yang bertuliskan "BERRY MINT CAPSULE", dengan penjelas bahwa bagian rokok ini memiliki kapsul bernama Berry Mint, yang bisa dipecahkan untuk menciptakan sensasi rasa berry yang segar dan karakter yang halus (nan gamblang).
Penanda foil kemudian dilengkapi dengan adanya pattern concentric circles, bertuliskan "PURPLE BOOST (PURPLEBOOST)", yang sekiranya dalam foil rokok ini tidak bisa dirobek, dengan alasan untuk menjaga citarasa khas dari rokok ini. Pendakatan foil menthol yang digunakan (mentholated foil) kemudian diaplikasikan secara tebal "double cooling application" khas ENERGICE, namun perbedaan yang jelas, bagian foil terdapat juga penanda aplikasi "Purple Flavor" yang menggunakan basis blackcurrant dan mix berry (terutama blueberry), ketika kita cium aroma dari foil rokok tersebut, yang berpadu dengan aroma Mentholated Ice dari rokok ini.
Susunan batang rokok ini total memiliki jumlah 16 batang, dengan susunan 8 batang di bagian depan dan 8 batang di bagian belakang.
Kemudian kita coba tarik salah satu batang rokok ini secara seksama
Batang rokok ini menggunakan pendekatan khas LTLN secara umum, dengan susunan panjang yang digunakan oleh rokok ini sekitar 90mm dengan diameter sekitar 7.5mm atau kurang. Tampak bahwa bila melihat tipping paper yang digunakan oleh rokok ini, tidak memiliki batasan tipping paper layaknya LA Ice secara umum. Hanya ada logo LA Ice, dengan penanda kapsul yang menggunakan elemen swirl circle berwarna silver, dan bola terang berwarna biru keunguan. Penanda kapsul kemudian tidak tampak memiliki elemen tambahan, dengan total lubang perforasi laser yang digunakan mencapai dua baris, dengan jarak lubang yang berdekatan satu sama lain, dan mendekati bagian kapsul "Berry Mint" yang ada pada rokok ini.
Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara seksama
Kondisi ini ditulis pada saat sebelum kapsul Berry Mint diaktifkan, dengan sensasi pada saat sebelum dibakar, menggunakan paduan menthol dengan sensasi mint yang agak tipis, berpadu dengan campuran rasa asam manis pekat dominan dari blackcurrant dan sensasi rasa asam dari mix berries (dengan dominan blueberry dan sedikit strawberry). Pada saat dibakar, sensasi manis yang kemudian lahir ketika sebelum diklik, merupakan gabungan dari intensitas mint yang memiliki skala dibawah 6 (artinya dengan rasa menthol dan mint yang lebih halus).
Pendekatan rasa gabungan dari asam blackcurrant, yang kemudian memiliki tingkat keasaman dengan kepekatan rasa jus buah yang tebal dan kuat, dipadukan dengan rasa mix berries (dengan campuran blueberry dan strawberry secara dominan), dengan paduan unsur vanilla yang tebal, lengkap dengan sensasi kayumanis dominan dengan adas manis, dilengkapi juga dengan adanya sensasi khas dari licorice, cocoa, longan dan nangka yang tidak begitu dominan. Tidak begitu dingin saat belum diklik kapsul dari rokok ini, dengan pendekatan rasa dingin yang tidak begitu intens pada awalnya, namun memiliki elemen frutiy dan sour yang tebal khas pendekatan Blackcurrant.
Blend pada rokok ini pada saat sebelum diklik, didominasi dengan adanya penggunaan Tembakau Virginia, Burley dan beberapa jenis Oriental khas Indonesia semisal Madura dan Temanggung, dengan pendekatan tembakau yang lebih ringan, tidak smoky, memiliki sensasi nutty halus yang tak tebal, dipadukan dengan rasa cengkeh yang netral dan juga dengan intensitas dominan kemudian pada saus "purple" yang menjadi ciri khas dari rokok ini. Karakter tembakau kemudian tergambar memiliki intensitas rasa manis yang tebal dan cukup aromatik, dengan keseimbangan rasa yang tidak begitu terlihat, meskipun begitu tetap nikmat. Bila dikeluarkan lewat hidung, sensasi rokok ini seakan menawarkan sensasi berry dan blackcurrant, dengan paduan rasa nutty yang tak begitu tebal, dan sensasi aroma dominan pada penekanan Virginia dan sedikit smoky dari Burley. Tarikan tergambar ringan, tidak begitu solid, dengan adanya efek harshness yang tidak tampak menggelitik begitu dominan, dengan sensasi throat hit yang cenderung minim, dan tak menusuk.
Durasi bakar pada saat rokok ini sebelum diklik, mencapai 7-8 menit (dengan total durasi yang saya dapatkan sebelum diklik sekitar 8 menit). Hal ini tergantung dengan bagaimana cara Anda menghisap, situasi dan kondisi kala Anda menghisap rokok ini, teman minum (pairing) kala Anda menghisap rokok ini, dan cuaca kala menghisap rokok ini. Aftertaste sebelum diklik, ialah paduan sensasi blackcurrant tipis yang berpadu dengan aroma mix berries tipis, dengan sensasi dingin yang tidak begitu dominan layaknya LA Ice secara umum, dengan sensasi minty yang cukup segar dan sensasi rasa nutty dan balance manis dari rokok ini. Tampak bahwa sensasi rasa pada rokok ini, tergambar bahwa tembakau yang digunakan menggunakan Reconstituted Tobacco dan Expanded Stem yang dominan, sehingga durasi bakar ini terlampau cepat untuk sebuah kategori SKM LTLN Menthol itu sendiri.
Dikarenakan pada kondisi sebelum diklik, rokok ini sudah menggunakan perisa Berry yang cenderung cukup gamblang dengan sensasi asam yang dominan dan rasa segar dari paduan minty dan menthol yang tak begitu intens, sangat diharuskan posisi "Berry Mint Capsule" pada rokok ini diaktifkan kala kondisi mendekati seperempat bakaran pertama.
Untuk mengaktifkan kapsul "Berry Mint Flavored" dari rokok ini, posisi penanda kapsul berada pada bagian bawah filter rokok ini, dengan artian bahwa bagian penempatan pada rokok ini banyak terinspirasi dari Esse lini POP secara umum. Tempatkan jari telunjuk dan jempol pada bagian penanda kapsul layaknya gambar dibawah
Lalu tekan bagian bawah filter kapsul rokok ini, dengan adanya penanda tipping paper berwarna biru tua, dan usahakan filter tersebut melunak kemudian, kala saat diklik
Lalu tekan perlahan kapsul dari rokok ini, dengan catatan bahwa kapsul dari rokok ini menggunakan model kapsul yang agak kecil kala ditekan, meskipun begitu termasuk lunak untuk dipecahkan secara mudah.
Pada saat meng-klik kapsul dari rokok ini, sangat disarankan kembali, pada seperempat bakaran awal. Hisapan yang awalnya didominasi dengan paduan blackcurrant, mix berries, dan menthol yang dipadukan rasa mint yang cukup tebal, kemudian berpadu dengan sensasi kapsul "berry mint" yang cukup terasa kencang pada saat awal dengan intensitas rasa dominan dari blueberry dan strawberry dan mint, hisapan kedua rokok ini seakan memiliki sensasi berry yang stabil dengan rasa mint yang cenderung agak tebal (meskipun begitu, lebih halus).
Kapsul berry mint yang ditawarkan oleh rokok ini memiliki kecenderungan acuan kepada kapsul yang digunakan oleh JTI (Camel Purple Mint) dengan intensitas menthol yang cukup berani, dan sensasi rasa berry yang seakan bisa tercampur dengan baik dengan sensasi blackcurrant dan mix berries bawaan, dan juga sensasi mint kemudian lebih terasa bila dibandingkan pada saat sebelum diklik. Kapsul yang ditawarkan tak setajam milik KT&G, dengan efek rasa kapsul yang cenderung meninggalkan kesan rasa berry yang lebih manis, lebih pekat. Hal ini kemudian berpadu dengan munculnya sensasi vanilla yang tebal, bahkan lebih tebal bila dibandingkan dengan sebelum diklik.
Posisi blend saat sesudah dklik cenderung menguat sedikit, dengan adanya penekanan rasa kuat sedikit pada bagian nangka dan longan, dengan rasa tembakau yang menguat dari segi smoky dan nutty bawaan. Blend seakan tak tertutupi banyak, meskipun cukup terasa signifikan adanya perubahan rasa yang kental dan tebal, dengan efek kala dikeluarkan lewat hidung, kuat sensasi mint dengan adanya aroma tajam dari berry dan sedikit aroma cocoa yang menguat. Tentu sensasi ini juga menguat pada sensasi vanilla dan cocoa, Hispaan tergambar memiliki tarikan yang jauh lebih halus, dengan penekanan sensasi rasa yang sedikit lebih menguat pada sensasi blackurrant, dan efek hisapan yang cenderung tak begitu solid. Sensasi harshness cukup menguat disatu sisi, meskipun tidak menggelitik pada tenggorokan, dengan sensasi throat hit yang sedikit menguat, tampak tebal namun tak menusuk tenggorokan.
Durasi bakar yang ditawarkan oleh rokok ini pada setelah diklik, sekiranya mencapai sama dengan apa yang ditawarkan saat sebelum diklik, yakni 7-8 menit (dengan posisi klik mencapai sama sekitar 8 menit). Hal ini kemudian tergantung dari situasi dan kondisi kala Anda menghisap rokok ini, cuaca kala menghisap rokok ini, dan tentu, posisi bakaran kala Anda mengklik kapsul rokok ini. Aftertaste setelah diklik kemudian cukup kentara dengan paduan mix berries dan blackcurrant yang tercampur sempurna, dengan adaanya sensasi menguat pada bagian nutty, sensasi cocoa dan vanilla yang sekiranya menguat juga, dengan intensitas dingin yang tidak begitu tebal, namun terkesan bertahan lama. Artinya rokok ini juga meninggalkan kesan intens khas LA Ice, meskipun terdapat modifikasi yang cukup kentara.
Kelemahan dari rokok ini sekiranya terletak pada sensasi filter yang agak lunak, dengan adanya sensasi rasa justru menguat kala Anda berhasil mengklik kapsul dari rokok ini. Sensasi berry yang ditimbulkan kemudian, meskipun nikmat dan hikmat dalam menggambarkan bagaimana berry ini harus ditawarkan, akan tetapi cenderung juga meninggalkan kesan asam yang tebal di rongga mulut dan lidah. Dan juga, dikarenakan rokok ini menjual apa yang disebut sebagai rokok kapsul, dalam artian kewajiban Anda untuk mengklik kapsul rokok ini, menjadi sebuah keharusan yang dilakukan. Hal ini dikarenakan bila Anda terlalu menikmati posisi yang sebenarnya sudah enak kala sebelum diklik, sensasi ini kemudian memudar cukup cepat ketika Anda menghisap rokok ini tidak diklik segera. Sensasi yang juga hadir terutama pada sensasi chemical taste menguat dan filter yang melunak begitu jauh, juga bisa ditemukan pada rokok ini.
Adapun rokok ini sebenarnya sudah berhasil dalam memperbaiki kelemahan yang ditemukan pada kasus rokok SKM LTLN yang secara umum menggunakan tipe "Flavor Switch" (semisal pada Camel Option Purple 12 dan Esse Berry Pop). Sensasi "Purple Boost" dari menthol pada rokok ini, tergambar rapat dan tebal, yang kemudian di beberapa rokok SPM juga bisa ditemukan sensasi ini. Meskipun begitu, kelebihan rokok ini ialah, menawarkan sensasi "Boost" yang manis, seringkali menjadi tipikal perokok pemula Indonesia yang mencari sensasi manis tebal, dengan rasa yang ringan, dan sensasi dingin yang tak menusuk. Untuk kestabilan rasa, saya kira sedikit lebih baik dibandingkan dengan LA Ice secara umum, hanya saja perlu penyesuaian yang lebih mendalam.
Untuk rasa sendiri, saya beri nilai 9.3 dari 10.
KESIMPULAN
Sensasi rokok ini yang kemudian sesuai dengan tipikal perokok millenial yang menyukai rokok "rasa-rasa" dengan adanya penekanan aroma harum dan ringan yang khas, kemudian bisa terlampaui banyak kala Anda menghisap rokok ini. Sensasi berry yang ditawarkan memang sangat gamblang, lebih masam, dan juga lebih halus disatu sisi. Hanya saja, bila melihat kelemahan rokok ini yang memang terkesan memiliki sensasi yang cepat memudar dan dependen atas efek yang ditimbulkan lebih kuat kala Anda mengklik kapsul rokok ini, mungkin jadi sebab yang kemungkinan besar membuat Anda cepat bosan di satu sisi. Rokok ini memang enak dan memiliki sensasi rasa tebal, namun untuk harian sendiri kemudian saya tidak terlalu merekomendasikannya, terkecuali bila Anda memang hariannya menggunakan rokok model kapsul yang bertumpu pada rasa buah di kapsul rokok yang biasa Anda hisap.
Untuk distribusi sendiri, sekiranya rokok ini sudah bisa ditemukan umumnya, secara nasional mengikuti distribusi yang dilakukan oleh LA Ice itu sendiri. Mencarinya di modern trade (semisal Indomaret, Alfamart, Circle K, dan FamilyMart) tentu kemudian dapat dianggap mudah, namun untuk warung dan toko kelontong, sekiranya menyusul. Indikator produk ini kemudian bisa mudah dijumpai, dengan dua hal: Pertama di daerah Anda laku LA Ice, dan kedua di daerah Anda laku rokok tipe kapsul. Meskipun begitu, kita anggap saja produk ini terdistribusi secara nasional, mulai Juli 2022 ini.
Untuk nilai keseluruhan yang bisa dicapai pada rokok ini, sekitar 7.83 dari 10. Artinya rokok ini memang menang pada kemasan dan rasa bawaan yang tentu enak. Namun poin pengurang utama yang bisa kita lihat, sangat terkait dengan harga akhir rokok ini, mencapai 28.000 per 16 batang. Hanya memprediksi adanya kemungkinan downgrade harga ini kedepan, ya kita lihat saja kemudian bagaimana rokok ini kedepan dijual.
Apa saya merekomendasikannya? Tentu, dengan catatan Anda menyukai tipe fruity yang gamblang dan senang juga dengan tipe rokok menthol, serta memang secara spesifik menyukai rasa Berry dan varietas sejenis secara umum. Bila tidak? Ini tergantung bagaimana keputusan Anda pada akhirnya. Bisa iya, bisa tidak.
Review ini tidak bisa menjadi acuan langsung kala memilih apa yang sekiranya Anda perlu hisap. Pilihan ada di tangan Anda, bukan di tangan saya. Karena opsi bukan saya yang menentukan secara umum, sekali lagi pilihan ada di tangan Anda.
Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention atau DM saya via Twitter di @ReviewRokok, dan hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.