Philip Morris Bold, Nama Baru Dari Sampoerna U Bold Dengan Keunggulan Kualitas Kelas Dunia

Selamat sore,

Hari ini merupakan hari kedua admin menuliskan postingan setelah lama rehat dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan. Adapun postingan ini merupakan sebuah postingan yang terhitung spesial, mengingat admin mendapatkan barang ini secara eksklusif di Indomaret pada hari kemarin. Barang ini merupakan barang yang sejatinya sudah lama admin ketahui, terhitung bulan Januari lalu admin sudah mendapatkan info terkait dengan peluncuran produk ini melalui Twitter. Bisa dilihat tweet-nya layaknya berikut ini:



Adapun untuk pergantian nama dari U Bold sejatinya baru admin ketahui sejak bulan Februari lalu, dimana U Bold sempat melakukan proses transisi dengan mengubah ukuran batangnya dan menurunkan kadar tar serta nikotin dari rokok tersebut. Memang, transisi ini tidak diumumkan melalui media cetak ataupun televisi, dikarenakan pihak HM Sampoerna seakan memberi kejutan bagi konsumen setia dari U Bold itu sendiri. Rokok ini sendiri pada akhirnya dinamakan sebagai Philip Morris Bold. Atau Anda cukup menyebutnya sebagai PM Bold untuk memudahkan pembelian. 

Sejatinya, Philip Morris merupakan brand terbaru dari HM Sampoerna untuk segmen SKM Value For Money. Dengan keunggulan image brand yang lebih berkelas dibandingkan dengan brand sebelumnya, yakni Sampoerna U. Dugaan saya sejauh ini, Philip Morris akan menggantikan portofolio Sampoerna U secara permanen, dikarenakan image Sampoerna U dianggap sebagai rokok yang kurang memiliki kesan premium. Adapun produk ini sejatinya akan mulai diluncurkan pada esok hari, 6 Maret 2019. Namun, terhitung Sabtu kemarin, 2 Maret 2019, produk ini sudah beredar di beberapa Modern Trade di Indonesia (dalam hal ini Indomaret yang merupakan partner utama HM Sampoerna dalam mendistribusikan rokoknya di Modern Trade). 

Adapun alasan dari pergantian nama salah satu portofolio Sampoerna U menjadi Philip Morris, yakni U Bold dapat saya jelaskan sebagaimana berikut (kemungkinan analisis ini bisa bersifat salah, dikarenakan saya tidak mempunyai data pasti terkait dengan growth dari U Bold itu sendiri):
  1. Philip Morris Bold, merupakan awal masuknya dari brand Philip Morris di Indonesia itu sendiri. Philip Morris memang dikenal sebagai pembuat dari Marlboro, akan tetapi brand dengan nama Philip Morris sendiri tidak begitu kuat di kawasan Asia Tenggara (terkecuali Filipina dengan adanya Philip Morris Menthol 100's). Brand Philip Morris sejatinya dikenal sebagai salah satu brand SPM yang cukup populer di kawasan Eropa Timur dan beberapa negara Amerika Latin. Adapun dugaan sementara dari saya terkait dengan pergantian nama produk ini ialah dipicu oleh kesuksesan dari peluncuran Marlboro Filter Black itu sendiri di tahun 2017, sekaligus perubahan image dari portofolio Sampoerna di Indonesia menjadi lebih "Internasional". Perubahan ini memang seringkali terjadi pada perusahaan berbasis Multinasional, salah satunya yang sering dilakukan di luar negeri ialah perubahan brand lokal menjadi brand Internasional. Keuntungan yang bisa diambil dengan mengubah brand lokal menjadi brand Internasional ialah konsumen seakan mendapatkan jaminan kualitas yang sama dengan produk di Luar Negeri (meskipun yang ditawarkan berbeda jenis dengan produk di Luar Negeri). 
  2. Perubahan ini salah satunya juga dikarenakan U Bold memiliki penjualan paling lemah diantara semua brand SKM Full Flavor yang dimiliki HM Sampoerna. Berdasarkan fact sheet yang dikeluarkan oleh HM Sampoerna di tahun 2018, secara umum Sampoerna U memiliki penurunan market share cukup besar bila dibandingkan dengan portofolio HM Sampoerna lainnya. Bila dibandingkan dengan Quarter 1, di tahun 2018 yang sebelumnya Sampoerna U memiliki market share sebesar 3%, penurunan di Quarter 2 di tahun yang sama menunjukan penurunan 0.4% menjadi 2.6%. Secara umum, portofolio Sampoerna U terhitung mengalami penurunan dibandingkan dengan portofolio Sampoerna lainnya. Perubahan mendasar ini salah satunya memaksa U Bold mengubah namanya menjadi Philip Morris, dan akan diikuti oleh portofolio Sampoerna U dikemudian hari. Adapun bila tetap bertahan dengan menggunakan nama U Bold, dikhawatirkan akan berimplikasi dengan penurunan market share dari Sampoerna U itu sendiri.
  3. Dapat dikatakan, dengan adanya keuntungan kualitas seakan meningkat menjadi "world class", dan adanya dampak penurunan dari market share Sampoerna U sendiri menyebabkan terjadinya perubahan nama dari U Bold itu sendiri. Ada dugaan, strategi push marketing akan dilakukan secara intensif selama 3-5 bulan kedepan, untuk memperkenalkan nama baru dari U Bold ini sendiri. Diharapkan setidaknya brand Philip Morris bisa memiliki market share diatas 0.3% untuk Quarter pertama ini.
Baiklah, itu sedikit analisis dari saya terkait dengan perubahan nama dari U Bold menjadi Philip Morris Bold itu sendiri. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saat ini dijual dengan harga Rp. 12.000 (cukai 13.450) dengan kuantitas sebesar 12 batang. Bila dihitung per batang, rokok ini bisa dijual dengan harga 1.000 per batangnya. Untuk harga sendiri saya memberi nilai 10 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna merah darah, hitam, dan kuning. Bagian depan yang tak terlihat di foto, terdapat pattern khas brand Philip Morris yakni panah yang cenderung mengarah ke bawah dan panah yang mengarah ke atas. Panah ini melambangkan unsur Inggris yang klasik, dan memiliki sifat elegan. Bila disentuh, maka pattern cenderung memiliki emboss halus namun terasa. Bagian tengah kemasan terdapat siluet dari Sir Philip Morris, seorang ahli peracik tembakau asal London, Inggris yang membuat rokok pertamanya yakni Philip morris. Siluet memiliki unsur topi Top Hat, unsur muka dari Sir Philip Morris, dasi, tuxedo, dan tongkat kayu sebagai pelambang bahwa Sir Philip Morris merupakan orang terkenal dan memiliki wibawa. Siluet memiliki warna gabungan silver dan merah darah. Siluet memiliki unsur emboss halus namun cukup tebal. Terdapat tulisan ESTD di bagian kiri siluet dan 1847 di bagian kanan siluet, menandakan bahwa brand ini sudah ada sejak tahun 1847. Terdapat semacam emblem berbentuk jajar genjang, dengan adanya garis sayatan di bagian kiri atas, kanan atas, kiri bawah, dan kanan bawah berwarna putih. Terdapat tulisan PHILIPMORRIS dengan adanya tulisan PHILI berwarna putih, dan ORRIS berwarna putih. Tulisan PM di tengah menggunakan warna abu-abu. Font tulisan Philip Morris memiliki kesamaan dengan produk yang ada di Eropa Timur, dan emblem ini merupakan desain terbaru dari Philip Morris secara global. Tulisan memiliki efek emboss tebal dan cenderung kuat. Terdapat semacam kotak yang memiliki gradasi kecil bertuliskan BOLD. Di bagian bawah terdapat tulisan LONDON, ENGLAND berwarna kuning. Dan dibawah bertuliskan 12 FILTER KRETEK.

Bagian belakang juga terdapat unsur jajar genjang beserta sayatan berwarna putih, unsur siluet berwarna silver dan merah darah, serta signature dari Philip Morris yang memiliki efek emboss. Pada bagian deskripsi, terdapat tulisan PHILIPMORRIS, adanya penegasan bahwa rokok ini memiliki kualitas kelas dunia sejak 1847, diracik dengan menggunakan tembakau dan cengkeh untuk rasa mantap dan kaya rasa, dan penanda bahwa rokok ini dibuat oleh HM Sampoerna ialah adanya penegasan bahwa rokok ini dibuat oleh pencipta Dji Sam Soe. Bagian kiri atas terdapat semacam insignia PM, 1847, dan LONDON. Bagian paling bawah terdapat logo Dji Sam Soe sebagai penanda kualitas yang sama dengan Dji Sam Soe. Tekstur kemasan belakang cenderung memiliki unsur tebal namun halus, sesuai dengan karakteristik yang ingin dibawa oleh rokok ini. 

Bagian kanan kemasan terdapat tulisan SKM, dan larangan jual. serta sambungan dari jajar genjang bagian depan. Bagian kiri kemasan terdapat tanda tangan Sir Philip Morris berwarna merah darah, dan adanya lanjutan jajar genjang yang sama. Bagian atas kemasan terdapat tulisan PHILIPMORRIS BOLD dengan adanya unsur emboss dan jajar genjang, dan di bawah kemasan terdapat tulisan PHILIPMORRIS. Produk ini dibuat oleh HM Sampoerna, yang juga membuat U Bold pada masa terdahulu. Tekstur kemasan bila dibuka plastiknya cenderung agak licin namun cukup kuat. Saya merasa kemasan rokok ini sangat klasik dan sangat menjual. Untuk kemasan rokok ini saya memberi nilai 9.7 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner hinge lid terdapat tulisan suara.konsumen@sampoerna.com sebagai penanda bahwa produk ini merupakan produk HM Sampoerna, bukan produk Philip Morris Indonesia. Bagian inner frame terdapat pattern khas Philip Morris, tanda tangan dari Sir Philip Morris, dan tulisan "NAMA BARU, RASA SAMA, KUALITAS DUNIA" yang menjelaskan bahwa ini merupakan nama baru dari U Bold. Pada produksi awal dari rokok ini, terdapat package insert yang menjelaskan perubahan nama namun memiliki rasa yang sama dengan U Bold. Bisa dilihat layaknya gambar di bawah ini:



Foil dari rokok ini terlihat di foto bawah ini, terdapat pattern bertuliskan PHILIPMORRIS dan warna merah darah yang sama dengan U Bold. Hanya saja, pattern ini cenderung simetris dan tidak memiliki curve layaknya U Bold. 


Tekstur foil bila dipegang,  cenderung cukup halus dan tidak memiliki unsur emboss. Bisa dikatakan dari dalam saja, sudah terlihat lebih elegan bila dibandingkan dengan U Bold terdahulu.

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Batang rokok terlihat memiliki corak cork yang lebih halus bila dibandingkan dengan U Bold. Susunan batang rokok ini ialah 6 di depan, dan 6 di belakang. Kuantitas rokok ini ialah 12 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 90mm dan memiliki diameter dengan perkiraan sebesar 8.1mm atau lebih. Terdapat semacam batasan tipping paper dengan adanya sedikit warna putih. Bagian atas batasan, terdapat tulisan BOLD berwarna merah darah, dan tulisan PHILIPMORRIS berwarna abu-abu, adanya garis merah darah, dan siluet dari Sir Philip Morris itu sendiri berwarna silver. Tipping paper memiliki warna dasar cork, dan memiliki penyebaran pattern yang terkesan lebih halus.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan memiliki sedikit rasa gurih, dengan adanya sentuhan rasa raspberry serta fruity yang cenderung kuat, dan adanya unsur fermented yang khas. Namun ketika dibakar, rokok ini cenderung menawarkan sensasi manis fruity yang lebih kuat, disertai adanya sensasi spicy yang cenderung kuat, dan adanya sensasi fermented khas yang otentik. Sensasi manis fruity ini memiliki intensitas cukup baik, dalam artian tidak terlalu tinggi, namun juga tidak terlalu rendah. Meskipun saya merasakannya agak tipis bila dibandingkan dengan Sampoerna U Bold ukuran terdahulu. Dalam sensasi fruity yang ada pada rokok ini, merupakan gabungan dari raspberry, nanas, nangka, dan sedikit leci. Raspberry cenderung sangat dominan dalam rokok ini, dikarenakan untuk membentuk karakter khas Full Flavor. Penambahan nanas dimaksudkan untuk menciptakan kesan asam segar, dalam taraf yang menurut saya cukup baik. Penambahan nangka dimaksudkan untuk menciptakan sensasi rasa fermented khas yang menjadi ciri dari rokok Full Flavor. Serta leci untuk membentuk karakter khas SKM dari Sampoerna itu sendiri. Ada dugaan, rokok ini menggunakan essens rhum untuk memperkuat citarasa fermented khas dari SKM Full Flavor Sampoerna itu sendiri. Cenderung memiliki sensasi hangat, namun tidak over. Sensasi spicy menurut saya pribadi berada pada tingkatan yang cukup lemah namun terkesan baik. Saya dapat merasakan sensasi adas manis, pekak, dan kapulaga sebagai salah satu penyusun saus spicy dari rokok ini. Bisa dikatakan cengkeh pada rokok ini berada pada tingkatan cukup baik, dengan rasa tidak terlalu pedas namun tidak terlalu hambar.

Adapun blend dari rokok ini saya menduga menggunakan dominan Tembakau Berjenis Oriental asal Indonesia. Beberapa tembakau yang saya deteksi ialah Madura, Temanggung, dan Boyolali. Cenderung memiliki sensasi nutty agak lemah bila dibandingkan dengan U Bold versi terdahulu, namun tetap terasa dan memiliki karakter yang khas. Cukup earthy dan balance dari segi blend, dalam artian rokok ini memiliki grade tembakau dalam kualitas menengah dan seimbang dari penggunaan tembakaunya itu sendiri. Bila dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan adanya aroma fruity yang khas dan aroma nutty yang cenderung kuat namun sedikit lemah. Tarikan dari rokok ini terbilang sangat mantap, meskipun agak kurang begitu kuat dibandingkan dengan U Bold versi terdahulu. Cukup halus secara rasa, meskipun saya bisa menggambarkan bahwa rasa rokok ini memiliki kehalusan dalam tingkat yang menengah. Secara karakteristik tarikan, rokok ini cukup memiliki sensasi harshness yang terasa, dalam artian ada sedikit unsur kasar yang ada pada rokok ini. Throat hit pada rokok ini bisa dibilang hampir tidak ada, dalam artian rokok ini tidak menusuk tenggorokan secara signifikan. Bahkan menurut saya pribadi, tidak menusuk tenggorokan sama sekali. Durasi bakar rokok ini sekitar 12-13 menit, dalam artian meskipun kadar tar dari rokok ini hanya 28mg, akan tetapi secara durasi bakar terhitung sangat baik. Aftertaste yang ditawarkan ialah asam fruity yang meninggalkan kesan baik di tenggorokan, sensasi fermented yang terasa, dan sensasi nutty yang terkesan cukup kuat.

Namun, kelemahan rokok ini ialah ketika bakaran pada posisi mendekati akhir, cenderung mulai hangat dan mulai panas. Ketika mendekati akhir bakaran, maka cenderung panas di bibir dan di jari. Adapun pengeleman tipping paper juga mulai melemah pada akhir bakaran, sehingga mampu mendukung sensasi panas yang ada pada rokok ini. Untuk sensasi chemical taste pada akhir bakaran, saya tidak mendeteksinya sama sekali. Namun, untuk rasa sendiri, saya merasa rokok ini merupakan "weak version" dari U Bold yang dahulu beredar di pasaran. Meskipun saya bisa menikmatinya dengan cukup baik, akan tetapi dikarenakan adanya perubahan kadar serta ukuran batang membuat rokok ini seakan mengalami perubahan rasa yang cukup signifikan. Meskipun karakter rokok ini tetap terhitung sama dan tidak berbeda jauh. Saya cenderung cukup menyukai rasa rokok ini, meskipun saya pribadi agak kurang begitu klop dengan sensasi yang seakan agak hilang dari U Bold versi lama. Mungkin saya perlu adaptasi lebih jauh dengan rasa rokok ini. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.55 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan kualitas kelas Dunia yang ditawarkan oleh rokok ini, dan dengan semangat yang baru yang ditawarkan oleh rokok ini, membuat rokok ini seakan menjadi rokok SKM Full Flavor Value For Money yang mampu diperhitungkan di tengah persaingan industri rokok yang semakin sengit. Adapun kelemahan dari rokok ini ialah rasa yang cenderung lemah bila dibandingkan dengan versi sebelumnya, cenderung panas di bibir dan jari ketika akhir bakaran, serta pengeleman yang mulai melemah di akhir bakaran. Untuk distribusi sendiri, rokok ini terhitung esok hari sudah mulai bisa ditemukan di berbagai warung, toko, dan modern trade (terutama Indomaret). Distribusi terhitung merata esok hari dikarenakan produk ini merupakan relaunching dari U Bold. Overall, saya memberi nilai rokok ini 9.41 dari 10. Artinya rokok ini menang pada harga dan kemasan, namun untuk rasa cenderung agak lemah dan biasa saja. Meskipun saya cenderung bisa menikmati rokok ini, akan tetapi saya agak kurang merekomendasikannya bagi Anda yang berbudget lebih. Namun bagi Anda yang memiliki budget sedikit, saya sangat merekomendasikannya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

26 Komentar

  1. Kalo ada unsur raspberry, nanas, nangka biasanya enak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Kalo di bandingkan menurut ente rasanya kaya rokok apa gan.

    BalasHapus
  3. Thanks reviewnya, hari ini baru di launcing dikantor ane..

    BalasHapus
  4. Padahal ubold rokok favorit saya. Saya suka ma ukurannya yang jumbo. Pas saya beli pm bold rasanya sih mirip cuma. Intensitas asapnya ga sebanyak u bold. Ngisep pm bold kaya ada kurang bagi saya

    BalasHapus
  5. asepnya banyak kyk vape bro!?..😁 msh setia sm luckies bold lah..

    BalasHapus
  6. Hanya disini semua permainan online bisa di mainkan dengan 1 userid saja loh
    ada Togel Poker Sbobet Sabung Ayam Batu Goncang Tembak Ikan Slot
    dan masih banyak games online betting lain nya yang bisa anda mainkan disini dengan modal 20rb saja
    yukk segera daftar kan diri anda dan bergabung bersama kami hanya di DEWALOTTODOTME
    dengan pelayanan Terbaik dan Terbonafit serta BO yang berpengalaman yuk segera bergabung.. bb 7BF59345

    BalasHapus
  7. Rokok PM Bold ini, klo menurut ane, ini rokok yg telah lama hilang "Dji Sam Soe Filter" karena rasa dan khasnya sama bgt

    BalasHapus
  8. Langkah yg tepat sih dr hm Sampoerna. Sempat suka sama u bold tahun 2016 jaman" masih kuliah, karena harga cuma 10k, tapi rasanya bikin eneg. Philip Morris Bold racikannya udah pas dan ga lebay rasanya.

    BalasHapus
  9. baiklah, meluncur nyari Indomaret 😁

    BalasHapus
  10. Rasa mantap kualitas kelas dunia

    BalasHapus
  11. Sebelum Dibuka Kotaknya Diketok Dulu Biar Padet. Biar Mantab Sampai Isapan Terakhir...:)

    BalasHapus
  12. Rasa bau terlalu menyengat untuk ukuran produksi Sampoerna, gak beda jauh dengan rasa produk Dj.Spr

    BalasHapus
  13. Kemasan menurutku kurang ok bro..

    BalasHapus
  14. Review MLD 16 Kemasan baru dong

    BalasHapus
  15. cocok diduetkan dengan minuman beralkohol xD
    raspberry nya terasa bgt di mulut

    BalasHapus
  16. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
    hanya di sini JP berapapun di bayar. discount 29%/59%/66%
    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%

    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

    BalasHapus
  17. Makasih gan infonya saya jadi paham.
    http://bit.ly/2RgYp7X

    BalasHapus
  18. EDENPOKER

    SITUS JUDI ONLINE DENGAN KESEMPATAN MENANG DAN JACKPOT LEBIH MUDAH
    - MINIMAL DEPOSIT CUMA 15RIBU
    - BONUS REFFERAL 10% ( Dibagikan Setiap Hari Kamis)
    - BONUS TURNOVER 0,5% ( Dibagikan Setiap Hari Kamis)
    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10RIBU MINIMAL DEPOSIT 15,000
    - BONUS NEXT DEPOSIT 5% MINIMAL DEPOSIT 50,000
    - PROSES DEPOSIT & WITHDRAW CEPAT
    EDENPOKER MEMPUNYAI 7 GAME YANG BISA DIMAINKAN DALAM 1 USER ID
    POKER | CEME | CAPSA SUSUN | DOMINO | OMAHA | SUPER10 | CEME KELILING

    BISA HUBUNGI KAMI DISINI
    WA : +85578633569
    Pendaftaran Dapat Dibantu !
    Hubungi Livechat kami di WWW,EDENPOKER,ME untuk dapetin ID PRO++

    BalasHapus