Mustang, Rokok Kretek Filter Murah dari Group Djarum

Selamat malam,

Kali ini saya akan mereview rokok yang kebetulan saya boleh nitip dari teman saya yang kebetulan menemukan rokok ini di salah satu warung di kawasan Kober, Depok yaitu Mustang. Rokok ini dalam penjualannya bisa dibilang kurang begitu laku, terutama pasar Jakarta mengingat rokok ini sangat susah menandingi saudara sepupunya, yaitu Djarum Super. Saya tidak perlu panjang lebar memberi penjelasan mengapa rokok ini bisa ada, mengingat rokok ini sudah ada bahkan mungkin saat saya masih kecil dahulu. Pada intinya, Mustang saat ini hanya bisa dijumpai di warung-warung kecil, dan itupun sangat jarang sekali peminat mengingat bisa dikatakan tidak ada promosi untuk rokok ini.

Untuk harga rokok ini ialah Rp. 10.000 dengan kuantitas isi 12 batang (cukai 8.900, khas dari rokok SKM golongan produksi II). Untuk harga sendiri saya akan memberi nilai 10 dari 10. Bisa dibilang rokok ini sangatlah terjangkau namun dalam distribusi sangatlah susah. 

Kemudian kita akan review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini bisa dibilang sangat terlalu simpel, dengan adanya segtiga terbalik berwarna merah dan adanya logo kuda yang sedang menghadap keatas. Tulisan MUSTANG pada rokok ini sangatlah mencerminkan kesan macho yang ingin dijual dari rokok ini. Sepertinya rokok ini memang terinspirasi dari Marlboro namun dengan versi kreteknya. Adanya tulisan 12 FILTER KRETEKS dan MADE IN INDONESIA sangat bisa menggambarkan rokok ini merupakan rokok jenis SKM Full Flavor yang dibuat di Indonesia. Untuk penempatan larangan jual agak berbeda dengan produksi Djarum lainnya dimana pada kemasan ini tulisannya memiliki posisi tengah, yang pada umumnya memiliki posisi ke kiri. Penempatan tulisan SKM pada rokok ini sangatlah sama dengan rokok Djarum pada umumnya, yaitu diatas kadar tar dan nikotin. Pada bagian atas rokok ini terdapat tulisan MUSTANG berwarna putih yang mengingatkan saya kepada rokok Marlboro Merah. Rokok ini kebetulan diproduksi oleh PT Wikatama Indah Sigaret Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan afiliasi Djarum yang khusus untuk memproduksi rokok kelas menengah dengan cukai produksi Golongan II. Memang cukup banyak Djarum dalam hal produksi rokok kelas menengah, bahkan bisa dibilang portofolionya banyak sekali. Untuk kemasan saya beri nilai 7.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya


Kemasan rokok ini bisa dibilang agak susah untuk dibuka, mengingat peletakan pita cukai sangatlah erat. Saya harus merobek bagian cukai bawah untuk membuka kemasan dari rokok ini. Foil pada rokok ini berwarna emas polos, dengan adanya hinge lid berwarna putih. Tidak ada yang spesial pada foil dalam rokok ini.

Kemudian kita coba robek foilnya dengan seksama


Terlihat jelas, pada bagian filternya memiliki warna dasar cork, dengan adanya pattern khas dari rokok SPM yang menurut saya sangat jarang diterapkan pada jenis rokok SKM. 

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki diameter dan panjang yang sama dengan Djarum Super. Hal yang berbeda pada bagian rokoknya ialah pada bagian tipping papernya memiliki pattern yang umumnya dijumpai pada rokok jenis SPM Full Flavor dan warna cork pada rokok ini bisa dibilang sama dengan rokok SPM Full Flavor. Hal yang berbeda dengan rokok SKM Full Flavor lainnya ialah terdapat batasan tipping paper yang berwarna putih, dengan adanya segitiga terbalik berwarna merah disertai tulisan MUSTANG dengan adanya font yang berbeda dengan kemasan. Pada rokok ini, terdapat batasan tipping paper bergaris merah polos, hal ini sangat jarang ditemukan pada jenis rokok SKM Full Flavor yang umumnya menggunakan tinta yang shiny dan glossy.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini bisa dibilang agak mirip dengan Djarum Super dimana rasa manis menurut saya mulai kuat saat pertama kali dibakar. Namun hal yang membedakan dengan Djarum Super ialah rasa rokok ini dominan rasa nangka (jackfruit) dimana cukup jarang pemain rokok SKM Full Flavor yang menggunakan saus berbasis nangka. Fruitynya sangat terasa, dengan dominan rasa nangka yang sangat saya bisa rasakan dan terutama ketika ditarik. Tarikannya menurut saya sangat mantap, tidak sehard yang saya bayangkan sebelumnya. Tidak begitu harshness, bahkan menurut saya sangat nikmat untuk ukuran rokok kelas harga menengah. Durasi bakar juga menurut saya cukup lama, khas rokok SKM Full Flavor buatan Djarum. Saya cukup suka dengan rasanya, mengingat aroma dari rokok ini berbeda dengan SKM Full Flavor pada umumnya yang menggunakan basis buah berry pada sausnya. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa dibilang menjadi alternatif yang baik terutama bagi anda yang menganggap Djarum Super terlalu mahal dan uang saku anda dalam posisi sangat sulit. Dengan rasanya yang menurut saya fruity, rokok ini sangat mantap apabila sedang ingin menikmati rasa santai. Namun kelemahan rokok ini terletak pada distribusinya yang sangat tidak merata, mengingat demand rokok ini sangatlah rendah karena tidak ada promosi juga untuk saat ini. Overall saya memberi nilai 8.5 dari 10. Nilai plus dari rokok ini ialah harganya yang sangat murah untuk ukuran SKM Full Flavor dengan kemantapan khas SKM buatan Djarum. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , ,

CONVERSATION

9 komentar:

  1. Gan review rokok "Up Click" dong, hehehe.. isepan ane tuh, mau tau menurut agan gmna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu produknya Up Mild gan? kirim aja gan gitu ke ane pribadi, silahkan email ke saya dulu ya

      Hapus
    2. Iya gan, itu dr Up Mild.

      Klo masalah kirim2 1-2 bks tanggung gan, mahalan diongkir, ane dr kalimantan. Klo ngirim 1 slop.. hehehe, maaf2 gan ane bkn sales produk tsb / kerja dsana gan. Ane cuma mw meliat gmna pndapat org yg tlh ngereview bnyak rokok bgmna rasa rokok yg skrg ane hisap.

      Hapus
    3. sebenarnya kalo mau minta satu slop coba hubungin warung yang jualan itu rokok aja mas, saya sih bisa aja nanggung kalo soal ongkir, kalo mas jadi kirim barangnya. kirim tiga bungkus aja gitu mas sekalian saya bagi ke temen saya. mas daerah mana emangnya? itu clicknya rasanya mirip Flava atau gimana mas?

      Hapus
  2. Ada produck rokok baru yg mntap ga .saya mau jd fistributor 085290588900

    BalasHapus
  3. Are you paying more than $5 / pack of cigarettes? I'm buying all my cigarettes from Duty Free Depot and this saves me over 60% on cigarettes.

    BalasHapus
  4. After doing some research online, I got my first electronic cigarette kit off of Vaporfi.

    BalasHapus
  5. Gw nyobain ni rokok. Gw cuman nemu rokok ini di LotteMart doang tempat lain gada. Enak sih, rasanya lebih ringan dr super, cuman itu puing yg masih kebakar kl kena kaki panasnyaaa kayak kena api panci... . XD

    BalasHapus