Djarum Super Collectible Series isi 16, Penyambutan Djarum Super dalam Rangka Europe 2016

Selamat sore,

Kali ini saya selaku admin akan mereview rokok yang pada bulan ini mengeluarkan edisi terbatasnya dalam hal ini adanya interaktif dalam hal ini kita bisa mengescan kemasannya untuk bermain games seru yang ada dalam aplikasi Super Challenge. Dalam hal ini, kemasan ini menerapkan konsep augmented reality yang baru pertama kali diterapkan pada produk rokok di Indonesia. Sejujurnya, kemasan edisi terbatas Djarum Super pada dahulu hanya tersedia pada kemasan 12 Batang, namun saya tidak sengaja menemukan versi 16 batang ini di Indomaret dalam hal ini untuk pertama kalinya Djarum Super mengeluarkan edisi terbatasnya dalam bentuk 12 Batang dan 16 Batang. Awal cerita ini ketika saya berniat untuk membeli pulsa BOLT! di Indomaret, namun saya tidak sengaja melihat adanya kemasan terbatas ini versi 16 batang. Sejujurnya, saya sudah membeli versi 12 Batang kemarin, namun karena cuaca dirasa tidak mendukung untuk dilakukan take photo maka saya kemudian membeli ulang rokok ini.

Untuk mendownload aplikasi Super Challenge beserta screenshot aplikasinya silahkan check unduh di link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.arnco.superchallenge atau langsung saja buka lewat Google Play Store. Agak disayangkan aplikasi ini hanya berjalan di OS Android. Gini nih nasib pengguna iOS, mentang-mentang di cap mahal hapenya (curhat sedikit).

Untuk kemasan ini tersedia dalam lima varian yaitu Inggris, Jerman, Italia, Perancis, dan Spanyol. Kemasan ini tersedia dalam 12 dan 16 batang.

Ada beberapa alasan mengapa Djarum Super mengeluarkan edisi terbatasnya pada bulan ini diantaranya:

  1. Djarum Super sebagai top 3 besar SKM Full Flavor di Indonesia memang sangat concern dalam hal olahraga, dalam hal ini sepak bola. Djarum Super, dengan platform Super Soccer memang sangat massif dalam hal mensponsori liga Eropa. Beberapa sponsorship yang dilakukan diantaranya pada Barclays Premier League dimana dengan platform Super Soccer, mereka berhasil menembus iklan dalam LED pada saat pertandingan berlangsung. Super Soccer juga akan mensponsori Europe 2016 yang berlangsung di Perancis terutama pada platform media yaitu RCTI. Dalam hal ini Super Soccer akan menjadi sponsor utama ketika RCTI menayangkan pada bulan Juli 2016.
  2. Adanya keinginan Djarum dalam hal memberikan yang lebih kepada perokoknya. Djarum dikenal dengan produsen kretek mesin terbaik dengan blend yang sangat nikmat. Dalam hal ini Djarum memberikan inovasi yang belum pernah diberikan produsen rokok lain yaitu adanya augmented reality dimana perokok yang sudah membeli rokok ini bisa mengunduh aplikasinya sebesar 92 mb dan bisa bermain baik dengan single player (1 Pack) ataupun multiple player (2 pack). Dengan adanya inovasi ini, peningkatan omset Djarum akan meningkat mengingat adanya aplikasi ini mampu meningkatkan penjualan rokok ini.
  3. Dalam hal ini, Djarum juga memang dikenal dalam hal mendukung acara olahraga. Semisal bulutangkis yang disponsori oleh Djarum Foundation dalam hal ini merupakan salah satu promosi yang cerdas dalam hal penjualan. Walaupun Djarum mendukung olahraga, dalam hal ini banyak yang menentang tersebut, terutama pihak yang kontra dengan industri rokok.
Baiklah, itu merupakan alasan mengapa Djarum Super mengeluarkan kemasan limited editionnya pada Mei 2016. Kemasan ini bertajuk FRANCE 2016 dalam hal ini Perancis sebagai tuan rumah dari Europe 2016. Untuk harga rokok ini isi 16 batang berharga Rp. 20.000 (beberapa toko menjual dengan harga 19.000, cukai 17.900). Cukup mahal dibandingkan kemasan biasa yang pada saat saya melihatnya sudah berharga 17.000 (beberapa toko menjual dengan harga 15.000-an). Untuk harga rokok ini saya beri nilai 7 dari 10. Kenapa saya memberi nilai 7? Karena kepadatan rokok ini membuat harga rokok ini terhitung lebih murah dibandingkan Marlboro yang dengan harga sama namun dengan bakaran yang lebih cepat dan rasa tidak nikmat.

Kemudian saya akan coba review kemasannya dengan seksama.







Kemasan rokok ini memiliki model 16 batang yang menurut saya sama persis dengan Surya 16. Dalam hal ini, kemasan dibuat lebih lebar dikarenakan batang rokok ini sangat tebal. Kemasan rokok ini memiliki warna dasar hitam, emas, dan merah tua khas dari Djarum Super. Adanya unsur garis pada bagian samping mencerminkan keekslusifan rokok ini. Dengan tulisan berbasis Barrett pada tulisan DJARUM dan SUPER serta adanya garis tengah yang menyerupai sayatan pedang mampu menggambarkan keekslusifan dari rokok ini. Pada bagian depan dan belakang terdapat logo negara peserta Europe 2016. Dalam hal ini saya mendapat edisi kemasan Perancis. Bendera negara berbasis cat dengan urutan warna yang sesuai dengan bendera aslinya. Terdapat juga orang yang sedang menendang bola (dalam hal ini saya mendapat warna orang biru sebagai jersey dari Perancis) dengan adanya unsur bola animasi (dalam hal ini sama dengan bola yang dipakai dalam logo Super Soccer) serta tulisan FRANCE 2016 sebagai penegas bahwa tuan rumah dari Europe 2016 di Perancis. Pada bagian samping kemasan terdapat tulisan 16 di dalam kotak kuning keemasan dengan adanya tulisan KRETEK FILTER. Bagian samping kemasan yang lain terdapat tulisan SKM dengan kadar tar nikotin khas warna Djarum Super yaitu kuning keemasan. Hal ini jarang dipakai dalam kemasan rokok pada umumnya. Sangat senang dengan kemasan ini, dan saya suka. Untuk kemasan saya beri nilai 8.7 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya terlebih dahulu


Telihat jelas susunan penempatan rokok ini terdapat dua bagian yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Kemasan ini mengingatkan saya kepada kemasan Surya 16 dan Dunhill International yang dulu pernah diproduksi namun saat ini dalam wujud fine cut. Warna hinge lid rokok ini ialah emas dengan adanya batasan yang bisa dirobek mengingat terdapat garis-garis putus pada bagian batasan kiri dan kanan. Foil rokok ini memiliki tekstur berbasis dot kecil dengan tekstur khas dari rokok SKM Full Flavor Djarum serta adanya logo Djarum. 

Kemudian kita coba buka foilnya dengan seksama. Saya mencoba membuka foil yang paling kanan terlebih dahulu.


Terlihat jelas pada penempatan batang rokoknya ialah 8 di bagian kanan dan 8 di bagian kiri serta dalam 8 batang tersebut terdapat 4 batang di depan dan 4 batang di belakang. Kemasan ini mengadopsi rokok international jaman dahulu, dalam hal ini terlihat jelas batang rokok tersebut berwarna cork dengan adanya pattern khas rokok SKM Full Flavor Indonesia.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki diameter yang panjang serta adanya ketebalan yang lebih khas SKM Full Flavor. Dalam hal ini, terdapat tipping paper berwarna cork dengan adanya pattern khas dari Djarum Super yang berbentuk abstrak. Pada bagian tipping paper terdapat batasan berwarna emas yang glossy dengan adanya unsur merah tua. Pada cigarette paper rokok ini terdapat tulisan DJARUM SUPER dengan batasan garis yang sepertinya menggunakan pewarna karmoisin. Cukup mampu menggambarkan keekslusifan rokok ini.

Kemudian kita coba rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini sangatlah fruity. Terlihat jelas adanya saus berbasis buah nangka dan berry (dalam hal ini raspberry) yang sangat terasa. Unsur earthy pada rokok ini sangat terasa, terlihat dengan adanya blend yang sangat balance antara tembakau yang semuanya ditanam di Indonesia. Dengan adanya Superfine Clove yaitu proses rajangan cengkeh yang sangat halus mampu menciptakan rasa spicy yang menurut saya sangat terasa, namun lebih didominasi dengan unsur fruity. Aromanya sangat tajam, bahkan sangat meninggalkan bau khas ketika sehabis menghisap rokok ini. Rasa manis rokok ini memiliki karakteristik rokok Djarum pada umumnya, yaitu tidak begitu manis di awal bakaran namun mulai manis ketika sudah beberapa kali hisapan. Manisnya sangat terasa menurut saya pribadi, bahkan mirip dengan manis yang dimiliki permen. Maka banyak orang luar negeri menyebut rokok ini, terutama rokok kretek sebagai cancer candy dikarenakan rasa rokok kretek pada umumnya manis seperti permen. Tarikannya sangat mantap, namun smooth untuk dihisap. Tidak meninggalkan aftertaste yang membuat tenggorokan tidak nyaman. Bakarannya sangat lambat, bahkan saya sangat senang dengan hal tersebut. Dengan panjang yang lebih maka menambah kenikmatan rokok ini. Untuk rasa saya beri nilai 8.8 dari 10.

KESIMPULAN

Bagi anda pencinta rokok Djarum Super, rokok ini pantas untuk dikoleksi mengingat kemasan ini sangatlah interaktif dan menarik untuk dilihat. Bagi anda yang belum pernah mencoba rokok ini, maka saya sangat merekomendasikannya terutama bagi anda yang menginginkan rokok dengan tarikan mantap dengan rasa yang sangat fruity. Namun kelemahan rokok ini ialah harganya termasuk mahal, dan terutama untuk kemasan 16 batang sangat susah didapatkan, terutama jika ke warung kecuali anda pergi ke minimarket. Karena stok 16 batang di minimarket pasti ada. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.16 dari 10. Sangat saya rekomendasikan bagi anda pencinta koleksi rokok edisi terbatas ataupun kolektor rokok pada umumnya. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar