Lucky Strike Cool Switch, SPM Lights Pertama dari Bentoel Group Dengan Fitur Cool Capsule

Selamat malam,

Sudah sekitar tiga bulan lebih saya tidak menuliskan review terkait dengan rokok yang beredar di Indonesia. Alasan utama mengapa saya tidak menuliskan review terkait produk rokok ialah, dikarenakan saya pribadi mengalami konflik batin yang tak kunjung selesai. Selain itu, saya juga merasakan beberapa produk baru yang beredar di pasaran cenderung tidak memiliki diferensiasi yang menonjol. Hal ini juga yang membuat saya tidak menuliskan review rokok pada beberapa waktu silam. Harap maklum.

Produk yang kali ini saya review ialah Lucky Strike Cool Switch. Produk ini diluncurkan tepat pada hari Senin lalu, yakni pada tanggal 17 Februari 2020 silam. Adapun produk ini sebenarnya merupakan gabungan dari Lucky Strike Blue dan Lucky Strike Switch yang sudah beredar pada beberapa tahun lalu. Diluncurkan bersamaan dengan Lucky Strike Purple Boost, produk ini dianggap sebagai produk yang bisa membuat kawula muda penasaran. Terlebih, pada materi promosi dari dua rokok tersebut ialah mengusung "Fear of Missing Out?" yang seakan mengajak target konsumen dari rokok ini akan sangat penasaran terkait dengan rokok ini.

Adapun analisis sepertinya tidak perlu dijabarkan, mengingat dari beberapa pembaca cenderung menyukai tulisan yang singkat, padat, dan jelas. Dan juga, hal ini dikarenakan efisiensi dari waktu saya, yang menurut hemat saya cenderung membuat otak berpikir sangat panjang. 

Baik, marilah kita review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk rokok ini saya beli dengan harga Rp. 25.200 (anggap saja harga rokok ini ialah Rp. 25.000, cukai 2020 Rp. 29.725), dengan kuantitas isi sebesar 20 batang. Terhitung cukup mahal untuk sebuah rokok secara umum, namun terhitung agak terjangkau untuk hitungan rokok SPM. Untuk harga sendiri, saya beri nilai 6.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar putih, biru navy, dan biru muda. Latar dari kemasan rokok ini menggunakan warna putih polos, tanpa adanya efek emboss ataupun efek lainnya. Bagian kiri atas terdapat logo tombol switch berwarna biru navy, dengan adanya efek emboss tipis dan cenderung tidak menonjol. Bagian tengah kemasan, terdapat semacam swoosh yang membentuk sebuah eternal circle dengan adanya gabungan warna biru navy dan biru muda. Di bagian kanan dan kiri dari swoosh tersebut, terdapat semacam efek sinar yang menunjukan varian kapsul yang ditawarkan oleh rokok ini. Bagian dalam dari lingkaran tersebut, terdapat semacam satu outline bergradasi biru navy dan biru muda, disusul dengan pattern circle berjumlah 4 buah, dan diikuti dengan satu lingkaran dalam. Semua elemen circle tersebut juga terdapat emboss halus dan tidak menonjol. Bagian tengah terdapat tulisan LUCKY STRIKE dengan adanya efek gradasi dari biru navy menuju biru muda, dan dilengkapi dengan emboss halus. Bagian kanan bawah terdapat tulisan COOL SWITCH dengan warna biru navy. Bagian belakang memiliki elemen yang sama persis dengan kemasan depan.

Bagian kanan kemasan terdapat logo BAT dengan adanya warna biru navy dan larangan jual. Terdapat tulisan 20 CLASS A CIGARETTES yang menandakan rokok ini memiliki persamaan dengan SPM secara umum di Indonesia. Bagian kiri kemasan terdapat logo khas produk Luckies generasi terbaru yang dalam foto tertutup pita cukai, tulisan LUCKY STRIKE berwarna biru navy dengan sedikit efek emboss, dan tulisan asal otoritas dari rokok ini. Bagian atas terdapat logo Luckies dan logo switch, beserta tulisan COOL SWITCH, yang semuanya dilengkapi dengan emboss. Di bagian bawah kemasan, terdapat tulisan LUCKY STRIKE dan tulisan COOL SWITCH yang dilengkapi dengan emboss. Produk ini kebetulan merupakan produk perdana dari Bentoel Group yang menggunakan fasilitas PT Bentoel Prima, yang saya duga merupakan antisipasi lonjakan permintaan SPM yang tinggi. Terhitung simple dan menarik secara kemasan. Untuk kemasan sendiri, saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Tampak bagian inner hinge lid menunjukan ciri khas dari Luckies secara umum, yakni adanya informasi konsumen yang umum ditemukan pada rokok buatan Bentoel Group. Bagian inner frame cenderung biasa saja, dan menggunakan warna putih polos. Bagian foil dari rokok ini terdapat elemen emboss pada logo Luckies, dengan pattern dot yang memiliki elemen emboss.

Dikarenakan rokok ini bukan rokok menthol, maka kita bisa tarik foil-nya dengan seksama


Ketika dibuka, tampak terlihat batang rokok tidak mengalami perbedaan dengan Lucky Strike Switch generasi sebelumnya. Berwarna putih dan salah satu batang terlihat menggunakan logo "Switch" yang sama dengan generasi sebelumnya. Susunan batang dari rokok ini ialah 7 di depan, 6 di tengah, dan 7 di belakang, dengan kuantitas batang sebanyak 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 84mm dengan diameter sekitar 8.5mm atau lebih. Pada bagian batasan tipping paper, terdapat logo Lucky Strike yang sama dengan Lucky Strike Blue atau Lucky Strike Switch generasi sebelumnya. Diatas dari logo Lucky Strike, terdapat garis silver yang menandakan batas akhir dari bakaran. Bagian atas terdapat logo "Switch" berupa tombol switch on dengan warna biru. Perforasi laser yang digunakan berjumlah dua baris, dengan model perforasi lebar dan berbentuk strip. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan kesan rasa lebih halus dan mampu mengurangi kadar TAR.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan mengeluarkan rasa yang agak hambar, namun sedikit memiliki sensasi gurih khas rokok SPM. Namun ketika dibakar dan kondisi belum diklik, rokok ini akan mengeluarkan sensasi hambar yang diikuti dengan sensasi manis tipis. Adapun rasa ini juga diikuti dengan sensasi manis yang sangat tipis, dan tidak sekuat versi Original Red. Adapun rasa khas ini sangat dominan dengan Tembakau Burley yang cenderung dipanggang secara perlahan dan sedikit sensasi Tembakau Virginia yang memperkuat aroma manis dari rokok ini. Gurih dari rokok ini terkesan cukup natural dan juga sedikit memiliki rasa agak creamy. Sensasi warming kurang bisa terdeteksi pada rasa rokok ini.

Adapun sensasi rokok ini cenderung earthy dan cukup balance, meskipun beberapa tembakau dari rokok ini melewati proses DIET. Cenderung kurang bisa tergambar sensasi tanah khas, namun memiliki sensasi daun yang kaya. Bila dikeluarkan lewat hidung, rokok ini cukup memiliki sensasi aroma tembakau yang cukup kaya dan sedikit sensasi manis. Tarikan rokok ini terbilang halus, dan cenderung terkesan ringan untuk dinikmati. Harshness cukup minim, dengan sensasi terhitung baik. Throat hit juga halus, dalam artian tidak menusuk di tenggorokan, meskipun sedikit ada sensasi kering. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 7-8 menit tergantung bagaimana Anda menikmatinya, dalam artian durasi rokok ini sebelum diklik cenderung sama dengan SPM kebanyakan di pasaran. Aftertaste rokok ini sebelum diklik ialah cenderung kaya akan unsur daun, rasa sedikit manis, dan rasa fermented yang tipis.

Untuk mengklik kapsul "Cool Switch" pada rokok ini, Anda cukup memposisikan jempol dan telunjuk di bagian yang sudah ditandai


Kemudian pencet kapsul tersebut dengan mendorongnya menggunakan jempol dan telunjuk layaknya gambar dibawah ini. Disarankan ketika masuk pada seperempat bakaran.


Ketika sehabis diklik, rokok ini seakan menawarkan sensasi gabungan antara spearmint dan peppermint dengan intensitas yang sangat kuat. Dalam artian, sensasi rasa ini cenderung lebih kuat dan intens dibandingkan generasi sebelumnya. Sangat disarankan melakukan proses rolling layaknya generasi sebelumnya untuk memperkuat sensasi mint pada rokok ini. Proses rolling sendiri akan meningkatkan intensitas dingin dari rokok ini, yang saya bisa gambarkan lebih kuat 2x lipat dibandingkan tanpa rolling. Intensitas dingin dari rokok ini berada pada tingkat menengah keatas, dalam artian sensasi dingin ini terkesan sangat baik. Cenderung terkesan lebih besar, namun tidak sampai membuat mulut membeku. 

Sensasi dingin dari gabungan mint ini cenderung menutupi sensasi asli tembakau yang ada pada rokok ini. Dalam artian sensasi earthy dan balance cenderung tertutupi. Bila dikeluarkan lewat hidung, rokok ini cukup menawarkan sensasi dingin yang pas di rongga hidung. Tarikan sama, harsh berkurang sama sekali. Throat hit tidak terdeteksi ketika sudah diklik. Durasi bakar rokok setelah di klik sekitar 6-7 menit tergantung bagaimana cara Anda menghisapnya. Aftertaste setelah diklik ialah cenderung minty dengan intensitas kuat, sensasi segar di mulut, dan terkesan memiliki "Clear Finish". Hal ini yang membuat banyak orang memilih rokok berjenis kapsul pada saat ini.

Namun kelemahan rokok ini ialah cenderung sedikit memiliki chemical taste ketika mendekati batasan tipping paper. Dan juga bagi sebagian orang akan merasakan sensasi ketidakpuasan, dikarenakan kadar TAR dari rokok ini cukup rendah. Akan tetapi, saya melihat ada improvisasi dari segi rasa dan sensasi dingin dari rokok ini. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9.1 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa rokok yang cenderung mengalami improvisasi lebih baik, sensasi hisapan lebih halus, dan rasa dingin yang lebih kencang, membuat rokok ini seakan mengalami perubahan yang terhitung lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Akan tetapi, kelemahan rokok ini terletak pada sensasi tak nyaman pada akhir bakaran, sensasi hisapan yang bagi sebagian orang kurang merasa puas, dan harga yang cukup mahal. Untuk distribusi sendiri, rokok ini sudah ditemukan pada beberapa Modern Trade, semisal Indomaret atau Alfamart, meskipun belum merata. Overall, saya memberikan nilai rokok ini 8.36 dari 10. Artinya, rokok ini menang pada sensasi rasa dan kemasan. Namun untuk harga cenderung kurang begitu terjangkau. Saya cenderung merekomendasikan rokok ini bagi Anda yang suka dengan rokok kapsul dengan sensasi dingin. Namun bagi Anda yang tidak menyukai sensasi dingin, maka saya tidak merekomendasikannya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokokhubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.