Sampoerna A Splash Tropical, SKM LTLN Pertama Dengan Fitur Kapsul Rasa Watermelon

Selamat malam,

Beberapa hari ini merupakan hari dimana admin sedang memasuki masa pemulihan dari sakit thypoid yang kemungkinan besar dikarenakan kelelahan. Mungkin saja, kelelahan ini diakibatkan karena beberapa waktu sebelum sakit, admin sering sekali mengalami insomnia. Hal yang menjadi masalah yakni, mengapa admin bisa mengalami insomnia dalam waktu lama? Pertanyaan ini yang sampai sekarang terbenak dalam pikiran admin. Harap maklum. 

Review yang akan admin buat pada kali ini ialah Sampoerna A Splash Series. Produk ini merupakan produk terbaru dari Sampoerna A yang mengusung dua rasa buah dengan tingkat kandungan air yang tinggi, yakni Watermelon (atau Semangka) dan Lemon. Untuk produk ini sebenarnya sudah admin ketahui sejak bulan Oktober tahun lalu, namun untuk nama dari produk ini baru admin ketahui sejak bulan Maret lalu. Bocoran dari produk ini sejatinya didapatkan dari sebuah perbincangan dengan tingkat grapevine yang tinggi. Saat itu admin diberitahu oleh seorang teman admin terkait produk ini sebagaimana berikut:

"Cuy, lu udah tau belom Sampoerna mau ngeluarin rasa Semangka dan Lemon?"

Sontak, admin dan teman admin merasa kaget bahwa Sampoerna akan meluncurkan sebuah produk yang sejatinya untuk menandingi brand SKM LTLN Dengan Kapsul yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi, yakni Esse lini SKM (Esse POP dan Esse Change). Namun, admin pada akhirnya mengetahui bahwa nama produk ini ialah Sampoerna Splash dikarenakan ada seseorang yang sengaja membocorkan dari dokumen internal Sampoerna (dalam hal ini screenshot dari akun Instagram) di Group WhatsApp Review Rokok.

Untuk Review Sampoerna A Splash Series lainnya, yakni Sunny bisa dilihat di link berikut:
https://reviewrokok.blogspot.com/2019/05/sampoerna-splash-sunny-skm-ltln-pertama.html

Langsung saja, admin tanpa memakan waktu banyak akan mencoba menganalisis mengapa Sampoerna pada akhirnya bisa meluncurkan produk ini di bulan Mei awal ini, dan kemungkinan besar lebih awal dari rencana sebelumnya yang sudah admin dengar dari orang yang tidak ingin saya sebutkan, yakni pada bulan Juli ini, diantaranya sebagaimana berikut:
  1. Sampoerna A Splash merupakan terobosan pertama dari lini Sampoerna A, dimana lini ini merupakan lini SKM dengan penjualan paling tinggi di Indonesia dan juga merek dengan penjualan tertinggi dari HM Sampoerna itu sendiri. Adapun kemungkinan terbesar yang admin duga ialah, Sampoerna sangat tergoda untuk mencoba mengeluarkan SKM LTLN dengan fitur flavored capsule. Dalam artian, bila Sampoerna terlena dengan penjualan Esse lini SKM yang semakin tinggi, maka kemungkinan besar market share Sampoerna secara umum akan tergerus hingga di batas akhir yang tidak ditentukan, menyebabkan Sampoerna A bisa mengalami penurunan drastis. Meskipun pada Fact Sheet yang dikeluarkan oleh PT HM Sampoerna Tbk. di tahun 2018 mengalami peningkatan dari Q1 yakni 12.3%, lalu meningkat menjadi 13.5% pada Q2, angka ini bisa saja merosot yang salah satunya terjadi dikarenakan persaingan pada segmen SKM LTLN terhitung sangat sengit. Ada kemungkinan, untuk menghadang Esse lini SKM, maka pada akhirnya Sampoerna mengeluarkan Sampoerna A Splash tepat pada awal Mei 2019 ini dikarenakan Esse saat ini sudah mulai berkembang, yang di satu sisi secara perlahan akan menghancurkan market share dari lini Sampoerna A.
  2. Penggunaan nama Splash sendiri disinyalir juga merupakan adaptasi dari Marlboro Splash atau Marlboro Fusion Series yang sebenarnya sudah dikeluarkan pada tahun 2018 lalu di beberapa negara Asia dan Amerika Selatan. Saya menduga sebenarnya pada riset awal dari rokok ini terpilih lebih dari 5 jenis buah, namun dikarenakan Sampoerna melihat ada ceruk khusus dari beberapa jenis buah yang ditawarkan, maka pada akhirnya Sampoerna memilih 2 jenis buah untuk menjadi rasa dari kapsul rokok ini. Yakni Semangka dan Lemon. Sampoerna tetap mempertahankan sensasi khas rokok flavored capsule Indonesia, yakni menggabungkan buah dengan mint. Hal ini dimaksudkan agar bisa menghadang Esse lini SKM secara langsung.
  3. Dapat dikatakan, meskipun Sampoerna saat ini mengalami peningkatan market share, akan tetapi hal ini merupakan bentuk antisipasi Sampoerna dari serangan pihak kompetitor, yakni KT&G (Esse lini SKM), dengan upaya agar Sampoerna tetap bisa mempertahankan market share-nya secara baik.
Baiklah, itu sedikit analisis dari saya terkait dengan produk ini. Kemudian kita coba review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini berada pada kisaran Rp. 23.500-24.000 (admin membeli produk ini sekitar Rp. 23.500, cukai 21.650) dengan kuantitas isi sebesar 16 batang. Terhitung lebih mahal dibanding kompetitor utama dari rokok ini yakni Esse lini SKM dengan harga saat ini dibawah Rp. 21.000. Untuk harga sendiri saya beri nilai 6.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna putih, hitam, silver, hijau muda, dan merah. Bagian depan kemasan terdapat logo SAMPOERNA dengan menggunakan warna hitam, yang memiliki efek emboss cukup tebal ketika disentuh dengan menggunakan jari. Hampir dari tiga perempat bagian kemasan, mengandung unsur pattern berupa dot dengan tekstur yang cukup tebal dan terasa ketika disentuh dengan jari. Di bagian tengah kemasan, terdapat pattern khas dari lini Sampoerna A terbaru. Yakni pattern siluet batik khas dengan bentuk <> dan di bagian tengahnya berupa titik. Pattern siluet batik ini terinspirasi dari kemasan Sampoerna A Mild lama, namun mengandung unsur yang sudah termodernisasi. Di bagian logo A, terdapat efek gradient dari warna hijau, yang terletak pada kiri atas dan kanan bawah, dengan bagian dalam menggunakan warna merah.

Terdapat efek emboss pada logo A tersebut, dengan warna tulisan A yakni putih. Di bagian bawah pattern batik, terdapat semacam celah yang dibawahnya terdapat tulisan SPLASH dengan font sans serif. Tulisan SPLASH menggunakan warna hitam, dengan tanpa adanya efek emboss. Bagian bawah terdapat efek "splash" dengan adanya dua warna, yakni merah dan hijau muda. Merah melambangkan semangka, dengan dominan di bagian kanan. Sedangkan hijau muda melambangkan mint bawaan kapsul, yang menjadi ciri khas dari rokok kapsul Indonesia. Ada sekitar tiga bulatan melambangkan kapsul berwarna hijau muda yang tersebar di bagian kiri dan kanan kemasan. Di bagian kiri terdapat tulisan "TROPICAL SENSATION" dengan adanya lingkaran berwarna silver dan lingkaran kapsul berwarna merah. Di bagian tengah, terdapat tulisan TROPICAL berwarna putih. 

Bagian Belakang kemasan terdapat logo A dan deskripsi yang menjelaskan bahwa rokok ini mengandung unsur Tropical Splash Sensation dari flavored capsule yang ada pada rokok ini. Terdapat tulisan FLAVORED CAPSULE dengan tulisan TROPICAL SENSATION dan efek splash yang hampir sama dengan bagian depan kemasan. Bagian kanan dari kemasan, terdapat lanjutan "splash" dengan adanya warna merah. Terdapat juga pattern dot yang sangat terasa ketika disentuh dengan jari. Bagian kiri terdapat tulisan 16 LASERMILD (R) KRETEK dengan font yang sama dengan font yang diterapkan pada A Mild generasi terbaru. Bagian atas hanya terdapat pattern dot, dan logo A. Dan bagian bawah terdapat logo A berwarna putih, dan adanya sedikit unsur gradient di bagian pojok kanan atas. Saya merasa kemasan dari rokok ini mengandung unsur kompleksitas sangat tinggi, dan untuk kemasan saya memberi nilai 9.3 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner frame memiliki kesamaan dengan A Mild generasi terbaru yakni cenderung memiliki inner frame dengan adanya unsur promosi. Terdapat deskripsi bertuliskan SPLASH NOW! dan FOR A FRESH TROPICAL SENSATION. Foil memiliki unsur batik yang sama dengan Sampoerna A generasi terbaru, dengan warna dasar silver dan kaya akan unsur pattern. 

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Terlihat jelas adanya unsur batang dengan semacam lingkaran berwarna hijau dan merah. Susunan batang ialah 8 di depan dan 8 di belakang, dengan kuantitas isi sebanyak 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 90mm, dengan diameter sekitar 23mm atau lebih. Untuk batasan tipping paper dari rokok ini ialah terdapat objek berwarna merah dengan adanya logo A di bagian tengah, dengan adanya tipping paper berupa pattern batik khas Sampoerna A, dan adanya objek kapsul berupa lingkaran outline hijau dengan dalamnya berwarna merah. Perforasi laser berjumlah satu baris, dengan model strip. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan sensasi rasa lebih ringan dan juga meningkatkan masuknya udara luar sehingga mampu memperbaiki sensasi rasa setelah diklik dari rokok ini.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan memiliki sensasi rasa manis yang cenderung minim, namun dengan unsur fruity khas yang cukup terasa di lidah. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan mengeluarkan sensasi sweet fermented yang sangat terasa namun terhitung ringan, disertai adanya sensasi fruity yang sebenarnya jauh lebih ringan dibandingkan dengan Sampoerna A Mild Regular. Sensasi rasa spicy yang ditawarkan juga sebenarnya jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan A Mild Regular, yang kemungkinan besar dimaksudkan untuk menciptakan sensasi aftertaste setelah diklik lebih maksimal. Penyusun dari saus fruity rokok ini ialah dominan leci dan nangka, dengan adanya licorice untuk menciptakan a hint of sweetness kuat dan sedikit unsur vanilla untuk memperbaiki rasa dari saus rokok ini. Cenderung sangat minim dengan sensasi spicy bila dibandingkan dengan A Mild Regular, dengan unsur rempah dominan kayu manis dan kapulaga. Tingkat kemanisan rokok ini juga sebenarnya kuat dengan a hint of sweetness yang ditawarkan oleh licorice, namun dalam unsur yang lemah. Saya menduga, ini merupakan muted version dari A Mild Regular, ketika sebelum diklik. 

Blend dari rokok ini sangat kuat dengan Tembakau Virginia dan beberapa Tembakau berjenis Oriental. Termasuk diantaranya ialah Tembakau Madura dan Temanggung. Kurang earthy, meskipun begitu cukup balance dari segi blend. Cenderung kuat dengan sensasi manis dari Tembakau Virginia, namun terkesan lemah dari segi rasa nutty dari Tembakau Oriental. Bila dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi aroma lembut khas dari Tembakau Virginia, dengan sedikit unsur menggelitik dari Tembakau Oriental. Tarikan cukup halus, kurang semantap dibandingkan dengan A Mild Regular. Harshness cukup terasa ketika sebelum diklik, meskipun terkesan halus. Throat hit juga tidak ada, meskipun ada sedikit unsur menggelitik. Aftertaste dominan dengan sedikit unsur nutty tipis dan rasa fruity khas yang tipis juga. Durasi bakar ketika sebelum diklik mencapai 10-11 menit, dalam artian terhitung lebih cepat dibandingkan dengan A Mild Regular.

Untuk mengaktifkan kapsul Tropical atau saya menyebutnya dengan Watermelon Capsule, maka Anda cukup memposisikan jempol dan telunjuk di bagian yang sudah ditentukan layaknya gambar berikut


Kemudian Anda cukup mendorong kapsul ini dengan menggunakan jempol dan telunjuk, hingga terdengar bunyi 'klik'. Kapsul rokok ini berukuran cukup besar, bila dibandingkan dengan Esse SKM. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam mengklik kapsul dari rokok ini. Sangat disarankan di seperempat bakaran layaknya gambar berikut


Ketika sesudah diklik, terdapat sensasi semangka yang cenderung terkesan sangat juicy dan adanya sedikit mint di awal setelah mengklik kapsul tersebut. Sensasi semangka kemudian meningkat bersamaan dengan mint segar di bakaran kedua dan seterusnya. Sensasi semangka atau Tropical Splash Sensation yang ditawarkan cenderung mampu memicu saliva atau ludah untuk memproduksi dalam tingkatan lebih banyak. Kemungkinan besar, rasa ini dibuat sedemikian rupa menyerupai semangka dingin dari kulkas. Adanya sedikit sensasi berair dari semangka, berpadu dengan dingin tipis dari mint bawaan kapsul mampu membuat lidah terasa segar dan terkesan lebih banyak ludah. Sangat intens dari segi semangka, bila dibandingkan dengan rasa mint bawaan dari kapsul rokok ini. Hal ini merupakan jalan tengah atas fenomena rasa dari rokok kapsul yang umumnya dominan dengan rasa mint, ketimbang rasa buahnya. Sangat segar dari segi rasa, dan manis bawaan dari saus rokok ini juga seakan mampu mengimbangi sensasi kapsul dari rokok ini. 

Adapun sensasi mint bawaan dari rokok ini tidak seintens dari sensasi semangka rokok ini. Meskipun akan terasa dingin juga. Bila dikeluarkan dari hidung, rokok ini cenderung akan menawarkan sensasi aroma semangka yang cukup lembut, dengan dingin yang tidak begitu terasa. Tarikan seakan sama mantap-nya dengan kondisi sebelum diklik, harshness tetap terasa yang kemungkinan besar memang berasal dari blend rokok ini. Throat hit tidak ada sama sekali, dan cenderung nyaman di tenggorokan. Aftertaste cenderung terasa sensasi semangka yang kuat dan sedikit efek dingin dari mint bawaan dari kapsul rokok ini. 

Durasi bakar setelah diklik cenderung sama, yakni 10-11 menit. Adapun kelemahan rokok ini ialah rasa chemical taste mulai terasa ketika bakaran mendekati batasan tipping paper, sensasi sedikit panas ketika bakaran mendekati batasan tipping paper, dan sensasi semangka di akhir yang terkesan sangat artifisial. Kemungkinan besar, sensasi ini tercipta dikarenakan adanya pertemuan antara sensasi chemical taste dengan aroma kapsul bawaan dari rokok ini. Saya merasa versi ini memiliki rasa sangat nikmat, dan juga segarnya terasa. Untuk Tropical Splash saya memberi nilai 8.9 dari 10. Terhitung sangat baik untuk sebuah rokok kapsul.

KESIMPULAN

Dengan rasa dan kemasan yang cenderung sangat menjual, sensasi semangka dan mint yang berpadu dengan sangat baik, dan juga aftertaste yang cenderung nyaman membuat rokok ini seakan merupakan pendatang baru yang tidak bisa dianggap remeh. Kelemahan rokok ini sebenarnya simpel, hanya terletak pada bakaran ketika mendekati batasan tipping paper yang cenderung mulai berubah rasa. Dan juga, sebenarnya sensasi ini bagi sebagian orang akan merasa kurang begitu pas, mengingat adanya sensasi berair bawaan dari rokok ini membuat sebagian orang akan tidak cocok dengan rasa dari rokok ini. Untuk distribusi dari rokok ini sebenarnya sudah bisa ditemukan di Indomaret di beberapa wilayah Indonesia, dan juga SRC. Untuk toko lain kemungkinan menyusul. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.23 dari 10. Artinya rokok ini menang pada rasa dan kemasan, namun untuk harga terhitung kurang begitu terjangkau. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

1 Komentar