Sampoerna A Splash Sunny, SKM LTLN Pertama Dengan Fitur Kapsul Rasa Lemon

Selamat malam,

(Mohon maaf, adanya hampir kesamaan dengan postingan sebelumnya. Dikarenakan kondisi badan yang saat ini tidak memungkinkan. Bagi yang sudah membaca postingan sebelumnya, harap skip ke bagian setelah penilaian kemasan. Harap maklum)

Review yang akan admin buat pada kali ini ialah Sampoerna A Splash Series. Produk ini merupakan produk terbaru dari Sampoerna A yang mengusung dua rasa buah dengan tingkat kandungan air yang tinggi, yakni Watermelon (atau Semangka) dan Lemon. Untuk produk ini sebenarnya sudah admin ketahui sejak bulan Oktober tahun lalu, namun untuk nama dari produk ini baru admin ketahui sejak bulan Maret lalu. Bocoran dari produk ini sejatinya didapatkan dari sebuah perbincangan dengan tingkat grapevine yang tinggi. Saat itu admin diberitahu oleh seorang teman admin terkait produk ini sebagaimana berikut:

"Cuy, lu udah tau belom Sampoerna mau ngeluarin rasa Semangka dan Lemon?"

Sontak, admin dan teman admin merasa kaget bahwa Sampoerna akan meluncurkan sebuah produk yang sejatinya untuk menandingi brand SKM LTLN Dengan Kapsul yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi, yakni Esse lini SKM (Esse POP dan Esse Change). Namun, admin pada akhirnya mengetahui bahwa nama produk ini ialah Sampoerna Splash dikarenakan ada seseorang yang sengaja membocorkan dari dokumen internal Sampoerna (dalam hal ini screenshot dari akun Instagram) di Group WhatsApp Review Rokok.

Untuk Review Sampoerna A Splash Series lainnya, yakni Tropical bisa dilihat di link berikut:
https://reviewrokok.blogspot.com/2019/05/sampoerna-splash-tropical-skm-ltln.html

Langsung saja, admin tanpa memakan waktu banyak akan mencoba menganalisis mengapa Sampoerna pada akhirnya bisa meluncurkan produk ini di bulan Mei awal ini, dan kemungkinan besar lebih awal dari rencana sebelumnya yang sudah admin dengar dari orang yang tidak ingin saya sebutkan, yakni pada bulan Juli ini, diantaranya sebagaimana berikut:
  1. Sampoerna A Splash merupakan terobosan pertama dari lini Sampoerna A, dimana lini ini merupakan lini SKM dengan penjualan paling tinggi di Indonesia dan juga merek dengan penjualan tertinggi dari HM Sampoerna itu sendiri. Adapun kemungkinan terbesar yang admin duga ialah, Sampoerna sangat tergoda untuk mencoba mengeluarkan SKM LTLN dengan fitur flavored capsule. Dalam artian, bila Sampoerna terlena dengan penjualan Esse lini SKM yang semakin tinggi, maka kemungkinan besar market share Sampoerna secara umum akan tergerus hingga di batas akhir yang tidak ditentukan, menyebabkan Sampoerna A bisa mengalami penurunan drastis. Meskipun pada Fact Sheet yang dikeluarkan oleh PT HM Sampoerna Tbk. di tahun 2018 mengalami peningkatan dari Q1 yakni 12.3%, lalu meningkat menjadi 13.5% pada Q2, angka ini bisa saja merosot yang salah satunya terjadi dikarenakan persaingan pada segmen SKM LTLN terhitung sangat sengit. Ada kemungkinan, untuk menghadang Esse lini SKM, maka pada akhirnya Sampoerna mengeluarkan Sampoerna A Splash tepat pada awal Mei 2019 ini dikarenakan Esse saat ini sudah mulai berkembang, yang di satu sisi secara perlahan akan menghancurkan market share dari lini Sampoerna A.
  2. Penggunaan nama Splash sendiri disinyalir juga merupakan adaptasi dari Marlboro Splash atau Marlboro Fusion Series yang sebenarnya sudah dikeluarkan pada tahun 2018 lalu di beberapa negara Asia dan Amerika Selatan. Saya menduga sebenarnya pada riset awal dari rokok ini terpilih lebih dari 5 jenis buah, namun dikarenakan Sampoerna melihat ada ceruk khusus dari beberapa jenis buah yang ditawarkan, maka pada akhirnya Sampoerna memilih 2 jenis buah untuk menjadi rasa dari kapsul rokok ini. Yakni Semangka dan Lemon. Sampoerna tetap mempertahankan sensasi khas rokok flavored capsule Indonesia, yakni menggabungkan buah dengan mint. Hal ini dimaksudkan agar bisa menghadang Esse lini SKM secara langsung.
  3. Dapat dikatakan, meskipun Sampoerna saat ini mengalami peningkatan market share, akan tetapi hal ini merupakan bentuk antisipasi Sampoerna dari serangan pihak kompetitor, yakni KT&G (Esse lini SKM), dengan upaya agar Sampoerna tetap bisa mempertahankan market share-nya secara baik.
Baiklah, itu sedikit analisis dari saya terkait dengan produk ini. Kemudian kita coba review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini berada pada kisaran Rp. 23.500-24.000 (admin membeli produk ini sekitar Rp. 23.500, cukai 21.650) dengan kuantitas isi sebesar 16 batang. Terhitung lebih mahal dibanding kompetitor utama dari rokok ini yakni Esse lini SKM dengan harga saat ini dibawah Rp. 21.000. Untuk harga sendiri saya beri nilai 6.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama








Kemasan rokok ini tidak jauh berbeda dengan A Splash Tropical, yakni menggunakan warna putih, hitam, silver, hijau muda, dan kuning. Bagian depan kemasan terdapat logo SAMPOERNA dengan menggunakan warna hitam, yang memiliki efek emboss cukup tebal ketika disentuh dengan menggunakan jari. Hampir dari tiga perempat bagian kemasan, mengandung unsur pattern berupa dot dengan tekstur yang cukup tebal dan terasa ketika disentuh dengan jari. Di bagian tengah kemasan, terdapat pattern khas dari lini Sampoerna A terbaru. Yakni pattern siluet batik khas dengan bentuk <> dan di bagian tengahnya berupa titik. Pattern siluet batik ini terinspirasi dari kemasan Sampoerna A Mild lama, namun mengandung unsur yang sudah termodernisasi. Di bagian logo A, terdapat efek gradient dari warna hijau, yang terletak pada kiri atas dan kanan bawah, dengan bagian dalam menggunakan warna kuning.

Terdapat efek emboss pada logo A tersebut, dengan warna tulisan A yakni putih. Di bagian bawah pattern batik, terdapat semacam celah yang dibawahnya terdapat tulisan SPLASH dengan font sans serif. Tulisan SPLASH menggunakan warna hitam, dengan tanpa adanya efek emboss. Bagian bawah terdapat efek "splash" dengan adanya dua warna, yakni kuning dan hijau muda. Kuning melambangkan lemon atau citrus, dengan dominan di bagian kanan. Sedangkan hijau muda melambangkan mint bawaan kapsul, yang menjadi ciri khas dari rokok kapsul Indonesia. Ada sekitar tiga bulatan melambangkan kapsul berwarna kuning yang tersebar di bagian kiri dan kanan kemasan. Di bagian kiri terdapat tulisan "SUNNY SENSATION" dengan adanya lingkaran berwarna silver dan lingkaran kapsul berwarna kuning. Di bagian tengah, terdapat tulisan SUNNY berwarna hitam. 

Bagian Belakang kemasan terdapat logo A dan deskripsi yang menjelaskan bahwa rokok ini mengandung unsur Sunny Splash Sensation dari flavored capsule yang ada pada rokok ini. Terdapat tulisan FLAVORED CAPSULE dengan tulisan SUNNY SENSATION dan efek splash yang hampir sama dengan bagian depan kemasan. Bagian kanan dari kemasan, terdapat lanjutan "splash" dengan adanya warna kuning dan hijau muda. Terdapat juga pattern dot yang sangat terasa ketika disentuh dengan jari. Bagian kiri terdapat tulisan 16 LASERMILD (R) KRETEK dengan font yang sama dengan font yang diterapkan pada A Mild generasi terbaru. Bagian atas hanya terdapat pattern dot, dan logo A. Dan bagian bawah terdapat logo A berwarna putih, dan adanya sedikit unsur gradient di bagian pojok kanan atas. Saya merasa kemasan dari rokok ini mengandung unsur kompleksitas sangat tinggi, dan untuk kemasan saya memberi nilai 9.3 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Hampir sama dengan A Splash Tropical, kemasan rokok ini menggunakan inner frame dengan adanya promosi. Terdapat tulisan SPLASH NOW! dan juga tulisan FOR A BRIGHT SUNNY SENSATION berwarna hijau dan tulisan SUNNY SENSATION. Foil memiliki kesamaan dengan 

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Hampir sama dengan versi Tropical, terlihat jelas adanya unsur batang dengan semacam lingkaran berwarna hijau dan kuning. Susunan batang ialah 8 di depan dan 8 di belakang, dengan kuantitas isi sebanyak 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 90mm dan memiliki diameter sebesar 23mm atau lebih. Hal yang berbeda dengan versi Tropical ialah pada batasan tipping paper berwarna kuning. Agaknya, hal ini mengingatkan admin kepada Sampoerna Kretek. Terdapat penanda berupa lingkaran memiliki outline hijau dan lingkaran berwarna kuning. Serta terdapatnya pattern batik khas Sampoerna A Mild generasi terbaru. Perforasi sama dengan versi Tropical, yakni satu baris dengan model strip. Penjelasan ini sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya untuk mengetahui alasannya mengapa.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Hampir sama dengan versi Tropical, ketika sebelum dibakar rokok ini cenderung meninggalkan kesan fruity tipis dan manis yang tidak begitu kuat. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan mengeluarkan sensasi sweet fermented yang sangat terasa namun terhitung lebih ringan, disertai adanya sensasi fruity yang sebenarnya jauh lebih ringan dibandingkan dengan Sampoerna A Mild Regular. Sensasi rasa spicy yang ditawarkan juga sama dengan versi Tropical yang kemungkinan besar dimaksudkan untuk menciptakan sensasi aftertaste setelah diklik lebih maksimal. Penyusun dari saus fruity rokok ini ialah dominan leci dan nangka, dengan adanya licorice untuk menciptakan a hint of sweetness kuat dan sedikit unsur vanilla untuk memperbaiki rasa. Cenderung sangat minim dengan sensasi spicy bila dibandingkan dengan A Mild Regular, dengan unsur rempah dominan kayu manis dan kapulaga. Tingkat kemanisan rokok ini juga sebenarnya kuat dengan a hint of sweetness yang ditawarkan oleh licorice, namun dalam unsur yang lemah. 

Blend dari rokok ini cenderung kuat dengan Tembakau Virginia dan beberapa Tembakau berjenis Oriental. Termasuk diantaranya ialah Tembakau Madura dan Temanggung. Terkesan kurang earthy, meskipun begitu cukup balance dari segi blend. Cenderung kuat dengan sensasi manis dari Tembakau Virginia, namun lemah dari segi rasa nutty dari Tembakau Oriental. Bila dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi aroma lembut khas dari Tembakau Virginia, dengan sedikit unsur menggelitik dari Tembakau Oriental. Tarikan cukup halus, kurang semantap dibandingkan dengan A Mild Regular. Harshness cukup terasa ketika sebelum diklik, meskipun terkesan cukup halus. Throat hit juga tidak ada, meskipun ada sedikit unsur menggelitik. Aftertaste dominan dengan sedikit unsur nutty tipis dan rasa fruity khas yang tipis juga. Durasi bakar ketika sebelum diklik mencapai 10-11 menit, dalam artian terhitung lebih cepat dibandingkan dengan A Mild Regular.

Untuk mengaktifkan kapsul Sunny atau saya menyebutnya dengan Lemon Capsule, maka Anda cukup memposisikan jempol dan telunjuk di bagian yang sudah ditentukan layaknya gambar berikut


Kemudian Anda cukup mendorong kapsul ini dengan menggunakan jempol dan telunjuk, hingga terdengar bunyi 'klik'. Sangat disarankan di seperempat bakaran layaknya gambar berikut


Sensasi lemon dan mint cukup terasa, meskipun pada sensasi awal setelah diklik cenderung tidak begitu kuat. Namun sensasi hisapan kedua dan seterusnya, sensasi lemon ini mulai menguat disertai adanya sensasi mint segar. Sensasi lemon ini sebenarnya tidak 100% lemon, merupakan campuran lemon dan sedikit unsur Jeruk Yuzu yang saat ini digandrungi oleh masyarakat. Adapun kemungkinan lain ialah merupakan campuran Lemon dengan Grapefruit atau Jeruk Bali, dimana saya mendeteksi adanya rasa asam yang lain selain dari Lemon. Alangkah baiknya kita menyebutnya dengan sensasi Citric, dikarenakan kemungkinan besar ada bahan tambahan Citric Acid yang membuat sensasi asam pada rokok ini cenderung segar. Dikarenakan kemungkinan besar tidak 100% lemon, jadi saya lebih menyebutnya sebagai sensasi Citric. Dengan adanya sensasi a hint of sweetness yang terasa, disertai adanya sensasi rasa masam bawaan dari kapsul ini, serta sensasi mint yang cenderung berada pada tingkatan pas, mampu menciptakan sensasi rasa asam segar yang cenderung tidak berlebihan. Bila dikeluarkan melalui hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi Citric yang cenderung kuat, dengan aroma sedikit asam di rongga hidung, tentunya dengan adanya sedikit sensasi dingin. Tarikan terkesan cukup baik dan mantap, meskipun cenderung ringan layaknya Tropical Splash. Harshness cenderung sangat berkurang, dan throat hit cenderung tidak ada.

Aftertaste dari rokok ini ialah sensasi asam yang cenderung bertahan lama di mulut, adanya sensasi mint tipis yang cenderung segar, dan sedikit sensasi nutty sedikit terasa di lidah dan mulut. Durasi bakar dari rokok ini sama saja dengan sebelum diklik, yakni 10-11 menit. Dalam artian rokok ini memiliki durasi bakar terhitung cepat. Namun, kelemahan rokok ini sama saja dengan versi Tropical, yakni cenderung berkurang ketika mendekati batasan tipping paper, sensasi masam yang terkesan artifisial ketika mendekati akhir bakaran, adanya sedikit sensasi panas di jari, dan adanya sensasi chemical taste yang cenderung terasa kuat. Saya merasa, versi ini cenderung sedikit memiliki rasa yang lebih baik, terlebih belum adanya rokok dengan sensasi Citric. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9.1 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa rokok ini yang terhitung lebih segar bila dibandingkan dengan versi Tropical, sensasi rasa Citric yang cenderung sangat segar dan bertahan lama, dan unik, membuat rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya yang saya review. Adapun kelemahan rokok ini cenderung hampir sama saja dengan versi Tropical, ialah cenderung melemah ketika mendekati batasan tipping paper, sensasi panas di jari, dan chemical taste yang terasa. Untuk distribusi sendiri sudah bisa ditemukan di Indomaret, dan untuk di toko lain kemungkinan menyusul. Overall, saya memberi nilai rokok ini 8.3 dari 10. Artinya, nilai rokok ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan versi Tropical, meskipun secara umum hampir sama secara penilaian.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok
 hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Bro rekomendasiin saya brand rokok mild dong, Saya biasanya suka dunhill fine cut mild, atau ga sampoerna mild. Yang kira2 overall lebih baik dari kedua brand diatas apa ya? Pengen nyoba2 brand lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diplomat mild, kurang lebih sama dan harga bersahabat. Gue baru2 ini ganti itu dan rasanya mantap

      Hapus
    2. Menurut saya untuk kelas mild paling enak Signature Mild, karena dari segi rasa paling kuat jika dibandingkan rokok2 mild lain. Magnum mild juga saya recommend karena rasanya cukup unik & enak.

      Kalo diplomat mild saya pernah dikasih tester dari salesnya, menurut saya ngga berasa sih & masih banyak rokok2 mild lainnya yg lebih enak. Kalo mau yg rasa2 boleh dicoba esse grape/esse juicy.

      Sebenernya masih ada rokok mild yg kemungkinan lebih enak yaitu Sampoerna A Platinum sama Marlboro Black Mild, tapi sayang udh ga diproduksi lagi.

      Hapus
  2. Baru aja tadi liat penampakannya di indo***...penasaran..langsubg googling deh...ketmu web ini...cuma mau nambahin ulasan aja...Langkah sampoerna buat gebrakan saya acungi jempol...tapi...sepertinya agak sedikit terlambat melihat ESSE yg sudah kadung booming saat ini..utk segi tampilan...menurut saya...utk sampoerna Sunny nya agak saya warnanya...mungkin jika warna kuningnya lebih terang lagi..di tambah background dasar sampoerna mild yg putih...pun bisa di tambahakan gambar2 buah lemonnya di sekliling kemasan background...dgn begitu terlihat eye catching...pun begitu juga utk yg watermelon


    ..terakhir...Sampoerna splash harus berpikir ulang utk mengeluarkan ukuran Slim..mengingat esse yg sedang on fire saat ini menggunakan produk slimnya utk menarik konsumen slim di indonesia...wassalam..

    BalasHapus
  3. Bro, sejak April tadi, kenapa tidak ada iklan rokok buatan HM Sampoerna di televisi .

    BalasHapus
  4. Mantaabbss,.min,,tengkyuu

    BalasHapus
  5. Coba cek di youtube gua. Gua jg review tuh. Rokok
    Chanelnya "Sahabat Kretek"

    BalasHapus
  6. Kok rasanya kaya semut item ya, soalnya sya pernaj ga sengaja nggigit semut item 😅

    BalasHapus