Bohem Cigar Mojito Double, SPM Ultra Lights Rasa Mojito dengan Apple Ball

Selamat sore,

Minggu ini dapat dikatakan sebagai minggu admin mereview rokok yang memiliki fitur kapsul dimana dalam hal ini admin merupakan orang yang beruntung, dimana dalam hal ini admin menyempatkan diri untuk mereview rokok yang dikatakan masih baru di pasaran Indonesia. Dalam hal ini sebenarnya review rokok ini merupakan kelanjutan dari review Dunhill Mild 16 Limited Edition D-MIX Capsule, dimana rokok ini menggunakan fitur yang sama yakni dengan adanya kapsul namun memiliki perbedaan fungsi. Dimana pada Dunhill D-MIX menggunakan kapsul untuk mengaktifkan fitur "switch" namun untuk rokok ini memiliki fitur "boost" layaknya Marlboro Ice Blast namun dalam sensasi yang berbeda sangat jauh.

Admin mendapatkan produk ini di warung langganan admin, dimana pada saat minggu kemarin saya belum menemukan produk ini di minimarket manapun. Admin sempat bertanya mengenai rokok ini secara iseng, dimana pada awalnya admin sempat kaget dimana belum ada satupun toko yang menjual rokok ini di tempat manapun. Dalam hal ini, sepertinya admin mendapat keberuntungan dimana dalam hal ini admin menduga, KT&G Indonesia mulai mencoba memasukan rokok ini di warung, dimana varian Bohem yang ada pada warung tersebut hanya terdapat varian Bohem Mojito Double, yang sepertinya sudah tersedia mulai minggu lalu di Circle K sebagai sentra penjualan rokok secara modern dengan koleksi rokok yang sangat lengkap.

Dalam hal ini, admin akan sedikit menggambarkan secara umum mengapa Bohem meluncurkan Bohem Cigar Mojito Double bisa diluncurkan pada bulan April ini dan kemungkinan akan menjadi terobosan baru dalam dunia rokok SPM diantaranya sebagai berikut:
  1. Bohem Cigar Mojito Double sebenarnya merupakan varian Bohem terbaru yang menawarkan sensasi "Boost" dimana belum ada satupun produk KT&G yang menawarkan fitur "Boost" dimana dalam portofolio KT&G belum ada satupun produk yang menawarkan sensasi "Boost" untuk memperkuat citarasa Menthol yang ada pada rokok ini. Dengan keunggulan memiliki fitur Apple Ball (atau lazim disebut sebagai Applemint) membuat rokok ini merupakan rokok "Boost" pertama di Indonesia yang menawarkan sensasi rasa buah Apel (kebanyakan rokok boost unik menggunakan rasa Anggur sebagai fitur utama) yang ditujukan untuk memperkuat sensasi dingin yang sebenarnya sudah ditawarkan dari Bohem Cigar Mojito regular. KT&G melihat, dengan angka pertumbuhan SPM berdasarkan data dari Philip Morris International pada tahun 2016 mencapai angka 6% dari keseluruhan angka penjualan rokok di Indonesia membuat segmen ini bisa dikatakan cenderung sedikit namun pada umumnya cenderung lebih banyak variasi bila dibandingkan dengan jenis SKM. KT&G melakukan riset ini dalam waktu yang cukup lama dimana dalam hal ini didapati bahwa rasa Bohem Cigar Mojito pada bagian kapsul lebih disukai dengan menggunakan rasa Green Apple, bila dibandingkan dengan rasa sensasi Double Mojito yang sudah dijual di beberapa negara Asia, terutama Asia Timur. Hal ini dirasa, sensasi Green Apple mampu memunculkan sensasi yang membuat rasa mint yang sudah menjadi bawaan dari rokok ini menjadi lebih kuat. Dan dalam hal ini pemilihan Green Apple sebagai flavor pada kapsul rokok ini memiliki alasan yang kuat. Alasan dimana Esse Change bisa berhasil membuat fenomena pada banyak pihak, terutama perokok muda, dikarenakan fitur Applemint yang secara rasa cenderung lebih kuat bila dibandingkan dengan buah lain. Rasa Apple juga sebenarnya mampu memberikan ciri khas yang membedakannya dengan rokok lain.
  2. KT&G Indonesia, dalam hal ini PT Mandiri Maha Mulia sepertinya mengimpor filter yang berisikan kapsul dari Korea Selatan, tempat dimana kantor pusat KT&G berada. KT&G menganggap dengan filter dengan adanya kapsul rasa Apple, membuat rokok ini sepertinya akan menjadi primadona dalam perkembangan rokok SPM di Indonesia. Dan dalam hal ini, sepertinya KT&G Indonesia berusaha untuk tampil dalam persaingan rokok SPM yang dikatakan masih didominasi oleh Marlboro. Dalam hal ini, KT&G Indonesia berusaha menawarkan sensasi unik yang tidak dimiliki oleh pabrikan rokok SPM pada umumnya. Salah satu usaha yang dilakukan ialah meluncurkan Bohem Cigar No. 6 dan Mojito di tahun 2013 dan Bohem Cigar No. 1 pada tahun 2014. KT&G, walaupun masih dikatakan sebagai pesaing yang rendah dimana secara market share dari KT&G di Indonesia secara angka hanya 0,40%, akan tetapi secara keseluruhan KT&G Indonesia memiliki performa yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan KT&G berusaha memberikan inovasi yang tidak bisa ditawarkan oleh produsen lain, salah satunya ialah melakukan inovasi dengan menggunakan kapsul yang terletak pada filter. Dan juga, ada kemungkinan KT&G Indonesia memang sengaja menciptakan kesan sebagai produsen rokok dengan kapsul di bagian filter.
  3. Dapat disimpulkan bahwa dengan rasa yang cenderung unik, dimana KT&G Indonesia melakukan inovasi pada bagian kapsul membuat rokok ini sepertinya agak susah ditandingi, dikarenakan keunikan yang dimiliki. Dan juga, KT&G Indonesia menegaskan bahwa ia adalah produsen rokok dengan fitur kapsul terbesar di Indonesia. Dalam hal ini produk ini kemungkinan akan menjadi blockbuster dalam rokok SPM di Indonesia dikarenakan keunikan yang dimiliki oleh rokok ini.
Nah, itu dia sedikit analisis mengenai mengapa rokok ini bisa diluncurkan dan kemungkinan akan menjadi blockbuster dalam persaingan pasar rokok SPM di Indonesia. Selanjutnya kita review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk produk ini admin beli dengan harga Rp. 19.000 (beberapa toko menjual dengan harga 20.000, kadang bisa lebih mahal dari angka tersebut, cukai 18.550) dengan kuantitas isi 20 batang. Termasuk sedikit murah untuk hitungan SPM bila dibandingkan dengan Camel yang pada saat ini sudah mencapai angka 20.000. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama








Kemasan rokok ini menggunakan warna biru tua, hijau muda, putih, dan silver. Secara keseluruhan, terdapat bleed yakni hijau muda dan putih yang menggambarkan kemasan ini secara umum. Pada bagian depan dari kemasan rokok ini terdapat semacam objek garis persegi dengan adanya sudut lancip  yang dapat dikatakan sebagai segi delapan sebanyak empat buah dengan di bagian atasnya terdapat ornamen daun yang melambangkan tembakau dimana ada dua daun di bagian kanan dan kiri, disertai adanya daun berwarna hijau tua sebanyak tiga buah di bagian tengah, dimana objek ornamen tersebut memiliki bagian kosong di bagian kanan dan kiri dan memiliki efek emboss yang sangat terasa. Terdapat tulisan BOHEM dibagian dalam ornamen menggunakan rata tengah dengan menggunakan warna putih dan font serif disertai adanya efek emboss. Tulisan CIGAR berada di dalam ornamen di bagian kiri bawah tulisan BOHEM dengan jenis font yang sama dengan tulisan yang memiliki ukuran lebih kecil dan memiliki efek emboss. Disampingnya terletak tulisan mojito dengan font serif dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan tulisan CIGAR dan juga memiliki efek emboss. Di bawah ornamen dan logo Bohem, terdapat semacam objek setengah segi delapan dengan adanya outline berwarna hitam di bagian dalamnya dan outline berwarna putih di bagian luarnya, dimana pada objek ini menggunakan warna silver pada bagian dalam setengah segi delapan. Tertulis Double dengan warna biru tua disertai penjelasan dari kapsul Apple yakni "Crush APPLE Ball, Double your freshness" dengan menggunakan warna biru tua, disamping dari tulisan Double dan penjelasan terdapat semacam objek lingkaran yang memiliki tulisan APPLE BALL sebanyak tiga kali dengan titik di bagian pemisah-nya dan adanya gradasi dari warna biru tua ke hijau. Bagian dalam dari objek APPLE BALL terdapat semacam bentuk bola yang sepertinya terdapat semacam liquid yang menandakannya terdapat adanya kapsul rasa Green Apple pada rokok ini. Di bagian objek APPLE BALL terdapat semacam concentric circles yang terdiri dari lingkaran dimana pada tiga lapisan concentric circles memiliki efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Terdapat tulisan 20 CLASS A FILTER CIGARETTES yang menandakan rokok ini adalah rokok SPM. Hal ino diperkuat dengan adanya tulisan SPM di bagian kanan bawah. Bagian belakang terdapat tulisan BOHEM CIGAR mojito Double dengan warna tulisan Double menggunakan warna hijau muda. Terdapat peta yang menunjukan letak Kuba disertai adanya objek APPLE BALL dengan adanya unsur glowing di bagian tengahnya. Terdapat tulisan American Blend dan SPM yang memperkuat rokok ini ialah rokok SPM. Pada bagian kanan dan kiri tidak memiliki sesuatu hal yang dikatakan spesial. Di bagian atas terdapat tulisan BOHEM CIGAR mojito Double dengan model tulisan rata kiri. Di bagian bawah terdapat kode produksi dan pabrik. Sangat menjual dan menunjukan kesan klasik yang ingin dibawa oleh rokok ini. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 9.1 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner frame dari rokok ini memiliki kesamaan dengan Bohem Cigar Mojito regular yakni warna silver. Pada bagian foil dari rokok ini menggunakan warna yang sama dengan Bohem Cigar Mojito Regular yakni hijau muda. Dikarenakan rokok ini ialah rokok menthol maka kita tidak bisa membuka foil dari rokok ini. Susunan batang rokok ini ialah 7 di depan, 6 di tengah, dan 7 di belakang dengan kuantitas isi 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Panjang dan diameter rokok ini memiliki ukuran batang yang sama dengan rokok SPM pada umumnya yakni King Size. Di bagian batasan tipping paper terdapat garis berwarna biru tua, disertai adanya persegi panjang berwarna silver bertuliskan BOHEM CIGAR mojito Double dengan tulisan warna Double menggunakan warna putih, dimana di bagian atas terdapat ornamen yang sama dengan logo Bohem Cigar Mojito yakni biru tua. Terdapat objek APPLE BALL dengan warna biru muda dengan putih, dalam hal ini bersamaan dengan objek lingkaran yang secara vertikal terhitung sebanyak enam buah dengan warna yang sama. Perforasi laser yang digunakan pada rokok ini sebanyak empat baris, dengan jarak lubang yang agak berdekatan satu sama lain, sehingga mampu menciptakan kesan ultra lights yang ingin dibawa oleh rokok ini.

Kemudian kita rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi jeruk nipis dengan sentuhan a hint of sweetness disertai adanya rasa mint yang tidak begitu kuat. Namun setelah dibakar, rokok ini menawarkan sensasi jeruk nipis yang sangat kuat, disertai adanya sensasi mint yang sangat terasa dan cenderung dalam tingkat menengah. Rasa mint yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung berada pada intensitas menengah keatas, dimana sensasi rasa mint yang ada cenderung terasa namun dalam kadar yang pas. Ada sedikit sentuhan rasa spirit yang terasa, dimana salah satu penyusun rokok ini ialah perisa vodka sehingga mampu menciptakan kesan otentik dari rasa Mojito yang merupakan minuman asal Kuba. Dalam hal ini, rokok ini sedikit memiliki rasa manis dikarenakan salah satu penyusun dari rokok ini ialah Tembakau Burley, disertai sensasi lembut yang ditawarkan oleh Tembakau Virginia dan adanya sensasi nutty khas berkat penambahan Tembakau Oriental. Terdapat aroma khas dari Tembakau Virginia dalam intensitas yang lebih banyak sehingga mampu menciptakan kesan lembut yang ingin ditawarkan oleh rokok ini. Tarikan yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung mantap namun halus dan terasa. Berkat penambahan 20% daun Tembakau yang digunakan pada cerutu, membuat rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa yang cenderung khas dan lebih mantap. Memiliki harshness yang sedikit terasa, namun dalam intensitas yang sangat minim. Throat hit pada rokok ini tidak begitu menusuk, dalam artian rokok ini menawarkan sensasi rasa yang cenderung smooth dan tidak membuat tenggorokan tidak nyaman. Dalam artian rokok ini menawarkan sensasi rasa yang cenderung unik dan juga sangat khas dan kental akan rasa Mojito yaang otentik walaupun dikatakan rasa Mojito yang ditawarkan cukup terasa artifisial. Untuk rasa Mojito sendiri saya beri nilai 8.4 dari 10. 

Ketika ingin memecahkan kapsul "Apple Ball" yang ada pada rokok ini maka kita bisa menempatkan jempol dan telunjuk di bagian bawah filter, dimana posisi kapsul yang ada pada rokok ini berada di bagian bawah dari filter dekat dengan batasan tipping paper. Posisi ini mirip dengan Esse Pop dan Shuffle Pop, dimana kita bisa memegang batang rokok di area kapsul layaknya berikut


Lalu bila ingin memecahkan kapsul yang ada pada rokok ini maka bisa mendorong jempol dan telunjuk di bagian kapsul dengan mendorong bagian jempol dan telunjuk sehingga bisa memecahkan kapsul-nya layaknya berikut


Ketika sudah diklik, rokok ini pada awalnya menawarkan sensasi rasa Apple yang berpadu dengan intensitas mint yang tidak begitu kuat. Namun untuk hisapan kedua dan seterusnya, kapsul Apple Mint ini memperkuat sensasi dingin yang ingin ditawarkan oleh Bohem Cigar Mojito Double. Rasa Apple yang ditawarkan berada dalam intensitas yang tinggi, dan juga intensitas mint yang sangat kuat. Dalam hal ini rokok ini memiliki tingkat dingin yang sama dengan Marlboro Ice Blast namun dengan rasa Apple yang kuat, dimana rasa Apple cenderung memperkuat sensasi mint yang ada pada rokok ini. Dengan mengklik kapsul yang ada, otomatis rasa dari Mojito ini hilang seketika, sehingga rasa Apple Mint yang ada pada rokok ini menjadi dominan, bila dibandingkan dengan rasa Mojito yang sudah menjadi rasa bawaan dari rokok ini. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi dingin yang terasa dan cenderung meninggalkan rasa segar khas yang ingin dijual oleh rokok ini. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 7-8 menit, dalam hal ini rokok ini memiliki durasi bakar yang cenderung lebih cepat dibandingkan rokok SPM pada umumnya dikarenakan juga kadar tar dari rokok ini hanya 6mg. Kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper cenderung memiliki rasa chemical yang kuat, disertai sensasi rasa yang menurut saya sangat artifisial. Saya sangat senang dengan rasa rokok ini, terlebih ketika di klik, rasa rokok ini kuat dengan rasa Apple Mint. Namun yang saya sangat sayangkan, rasa Mojito yang menjadi bawaan rokok ini hilang seketika ketika mengklik kapsul Apple Mint. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.5 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa yang cenderung unik dan bersifat kekinian, adanya fitur "Boost" yang mampu memperkuat sensasi rasa mint yang sudah menjadi bawaan dari rokok ini, dan juga kemasan yang sangat eksklusif membuat rokok ini seakan belum ada yang bisa menandingi, terutama juga dari harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan kompetitor. Sensasi unik ini sepertinya jarang ditemui di pasaran rokok SPM di Indonesia secara keseluruhan, dimana dalam hal ini belum ada satupun pabrikan rokok SPM yang menawarkan sensasi kapsul dengan rasa Apple. Kelemahan rokok ini terletak pada rasa yang cenderung artifisial, dan ketika mendekati batasan tipping paper, rasa chemical cenderung muncul dalam intensitas yang kuat. Untuk distribusi dari rokok ini belum merata, paling mudah menemukan rokok ini di Circle K atau 7-Eleven. Untuk di warung sepertinya produk ini hampir tidak ada yang mau menjual dikarenakan kemungkinan besar rokok ini kurang begitu laku bila dibandingkan dengan SPM buatan pabrikan lain, terkecuali warung langganan admin yang sepertinya memang menjual berbagai rokok dengan keuntungan yang menurut admin sangat kecil. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.25 dari 10. Artinya rokok ini menang pada kemasan dan sensasi rasa yang unik, namun kelemahan rokok ini adalah rasa chemical yang kuat dan tidak semua orang menyukai rasa dari rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , ,