Wismilak Diplomat Mild Menthol Edisi #PROJECTPASSION, SKM LTLN Dengan Frozen Menthol

Selamat malam,

Ada kalanya admin belakangan mulai kembali sering mengepos di blog ini beberapa waktu mengingat cukup banyak rokok yang masuk di pasaran Indonesia mulai bulan Oktober ini. Dan dikarenakan kesibukan admin yang makin menjadi pada bulan ini maka bisa dimaklumi dua bulan belakangan postingan di Review Rokok bisa dikatakan sedikit, namun banyak viewersnya. Saya bisa maklumi bahwa keingintahuan perokok di Indonesia sepertinya sangat tinggi mengingat bisa dibilang angka perokok di Indonesia sangatlah besar. Oleh karena itu bisa dimaklumi blog awalnya diciptakan untuk sekedar hobi belaka kini sudah banyak pengunjungnya hingga terakhir sekitar hampir 530.000-an pengunjung tepat pada hari ini admin mengepos postingan ini.

Oh iya, untuk edisi yang admin dapat ialah edisi #PROJECTPASSION yang diluncurkan sekitar September lalu. #PROJECTPASSION ini belakangan mulai dipromosikan di berbagai stasiun televisi dalam hal ini dapat kita lihat bentuk promosinya sebagai berikut ini


Penjelasan singkat #PROJECTPASSION sendiri merupakan sebuah project dimana dalam hal ini kita diminta membuat proposal passion yang diinginkan, dalam hal ini kita bisa mendapat bimbingan dari mentor dan bila berhasil akan dibantu diwujudkan oleh pihak Wismilak sendiri sebagai bentuk promosi yang dilakukan rokok ini. Untuk selengkapnya bisa dilihat di web www.passionville.id.

Tidak ada yang spesial untuk postingan kali ini, namun alangkah baiknya admin akan memberikan sedikit analisis mengapa Wismilak meluncurkan Diplomat Mild Menthol pada awal tahun 2014 sebagaimana berikut:
  1. Pangsa pasar rokok mild menthol bisa dikatakan makin berkembang dan akan terus meningkat seiring banyaknya perokok yang menginginkan sensasi berbeda berupa sensasi dingin yang membuat kepuasan merokok lebih baik ketimbang tanpa adanya aditif menthol. Dalam hal ini Wismilak melihat pangsa pasar rokok mild menthol sangat tinggi dengan adanya inovasi taste yang lebih baik berupa sensasi menthol yang lebih dingin atau lazim disebut dengan FROZEN MENTHOL. Sensasi Menthol High Cooling belakangan mulai sering dijual oleh banyak pabrikan rokok, terutama dikarenakan banyak orang Indonesia yang menginginkan sensasi menthol yang lebih kuat dibanding rokok pada umumnya. Makanya Wismilak melihat potensi ini sangat besar sehingga Wismilak berani meluncurkan Wismilak Diplomat Mild Menthol pada awal 2014 dengan kadar tar 12 mg dan nikotin 0.9 mg.
  2. Wismilak sepertinya tidak punya segmen menthol dalam portofolionya. Dalam memperkaya portofolio rokok SKM LTLN, maka Wismilak dengan membawa semangat Diplomat yang muda dan penuh passion mulai meluncurkan versi Menthol dengan sensasi yang berbeda dengan rokok menthol pada umumnya. Seiring perjalanan, Wismilak Diplomat Mild merubah blendnya menjadi lebih enteng sekitar tahun 2016 dengan adanya perubahan kadar tar dan nikotin yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya dengan tetap mempertahankan ciri khas yang ingin dijual dari Wismilak dengan slogan Smooth Aromatic yakni dengan penambahan Tembakau Oriental yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Penyesuaian ini dikarenakan Wismilak seakan membuktikan dengan blend yang sama dan filtrasi tunggal mampu menciptakan kesan lebih light dibandingkan rokok dengan filtrasi berlapis yang kenyataannya bisa ditandingi dengan rokok berfiltrasi tunggal. Penyesuaian pada blend dari Diplomat Mild Menthol membuat angka tar turun drastis sebanyak 9 mg yang sama dengan jenis SPM jenis Lights, dengan harapan sensasi menthol yang diberikan akan lebih dingin dibandingkan sebelumnya.
  3. Saya menduga, dengan adanya penambahan dua aplikasi lelehan menthol crystal berupa menthol thread yang sengaja disembunyikan oleh pihak Wismilak dan adanya penambahan lelehan menthol pada foil rokok membuat rokok ini bisa dibilang masuk kedalam segmen High Cooling Menthol Cigarettes yang pemainnya mulai banyak dengan gimmick "FROZEN MENTHOL" atau sensasi menthol yang lebih dingin dan lebih membeku di mulut dan tenggorokan sehingga rokok ini sangat bisa diperhitungkan dalam segmen SKM LTLN Menthol yang pemainnya mulai banyak bisa ditemui.
Baiklah, itu merupakan alasan mengapa Wismilak Diplomat meluncurkan versi Mild Menthol-nya pada awal 2014. Kemudian kita review rokoknya mulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini sendiri sekitar Rp. 12.800 (cukai 11.850) dengan kuantitas isi 16 batang. Sangat terjangkau dan menurut saya untuk ukuran rokok menthol ini sangat murah. Untuk harga sendiri saya beri nilai 9.3 dari 10.

Kemudian kita review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar hitam, biru tua, dan silver sebagai latar dari kemasan itu sendiri. Kemasan rokok ini menggunakan pattern mirip dengan cube berwarna hitam khas Diplomat yang menghadap kanan atas dengan total garis 5 buah yang bila digabung mencapai 15 garis per elemen dengan adanya garis atas yang menghadap kiri atas, garis kedua yang menghadap kiri bawah dan garis terakhir menghadap lurus layaknya jajaran genjang. Pattern ini sangat bisa dirasakan mengingat embossnya cukup tinggi. Kemudian adanya satu objek trapesium yang menghadap kiri dimana pada objek pertamanya menggunakan warna silver gelap dengan efek shiny. Adanya tulisan Diplomat dengan model klasik disertai garis dibawah tulisan plomat dan tulisan mild menthol disertai adanya efek drop shadow berwarna biru tua yang menggunakan font modern yang mampu menarik saya. Pattern yang ada pada latar logo dan tulisan merupakan gabungan dari polygon yang membentuk layaknya kristal es dengan adanya gradasi biru tua dan hitam. Adanya logo Wismilak serta tulisan A WISMILAK PREMIUM MILD KRETEK dapat disimpulkan bahwa rokok ini terhitung sebagai rokok premium buatan Wismilak, walaupun secara harga tidak premium. Bagian belakang kemasan memiliki model yang sama dengan kemasan depan. Terdapat OPP bertuliskan FROZEN MENTHOL sebagai nilai jual yang ingin diberikan pada rokok ini dengan efek rainbow dan shiny ketika terkena sinar matahari. Pada kemasan kali ini terdapat plastik cellophane dimana bagian depannya terdapan tulisan JOIN #PROJECTPASSION @ WWW.PASSIONVILLE.ID dan dibelakang kemasan terdapat gambar sebagaimana gambar berikut namun dalam bentuk cellophane


Sumber: www.passionville.id

Dalam hal ini pada desain belakang dari cellophane rokok ini menutupi kemasan belakang sehingga mampu memberikan kesan promosi yang jarang ditawarkan rokok di Indonesia. Penutup ini memang jarang mengingat tidak terlalu banyak pabrikan rokok yang memberikan promosinya di bungkus rokok secara langsung dikarenakan regulasi yang ada membuat pabrikan rokok tidak bisa memberikan sponsorship secara langsung kepada sebuah acara. Sangat menarik dan sangat menjual. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Hal yang menarik ketika kita membuka plastiknya dan kemasannya terdapat sebuah inner frame berbentuk curve khas Wismilak Diplomat Mild dengan adanya pattern yang sama dengan kemasan depan dan belakang, namun bedanya terdapat tulisan FR*ZEN MENTHOL dimana pada tulisan FR*ZEN terdapat semacam kristal salju yang menjadi gimmick dari rokok ini berupa penambahan menthol yang high cooling. Foil pada rokok ini memiliki pattern polygonal berwarna biru tua yang melambangkan bongkahan salju yang membentuk kristal es sebagai penanda dinginnya rokok ini. Karena jenis rokok ini ialah rokok menthol maka kita tidak bisa merobek foilnya mengingat kebanyakan rokok menthol memiliki kekuatan pada bagian foilnya dan bila dibuka maka akan mengurangi kekuatan mentholnya. Susunan batang rokok ini sama saja dengan mild pada umumnya yakni 16 batang dengan susunan 8 di depan dan 8 di belakang.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang dan diameter rokok ini sama saja dengan rokok mild pada umumnya. Pada bagian tipping paper rokok ini memiliki batasan mild menthol dengan warna emas dan efek shiny dan diatasnya terdapat garis berwarna biru tua dan disertai logo Diplomat berwarna emas. Perforasi yang digunakan berjumlah dua baris dengan jarak yang sangat dekat satu sama lain.

Hal yang saya baru ketahui belakangan pada rokok ini ialah adanya penambahan menthol thread berwarna kekuningan yang sangat samar ketika dilihat dengan mata. Menthol Thread disini memiliki fungsi yang sama dengan GG Mild Shiver yakni menciptakan kesan dingin yang lebih high namun bersifat lokal di mulut dan tenggorokan saja. Dalam hal ini adanya menthol thread bisa dilihat seperti berikut


Menthol thread disini mengingatkan saya pada Seven Stars Alaska Menthol yang memiliki menthol thread berwarna kekuningan yang samar ketika dilihat dengan mata telanjang. Saya bisa duga, Frozen Menthol kemungkinan merupakan gabungan dari menthol thread dengan penambahan menthol pada bagian foil (kemungkinan juga ada penambahan pada blend rokok) yang membuat sensasi menthol pada rokok ini sangat dingin dan intens serta memiliki aftertaste yang mantap.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini memiliki karakter cool yang cukup dingin pada awal bakaran, dengan adanya sensasi peppermint yang kuat pada rokok ini. Bakaran kedua dan seterusnya dari rokok ini memiliki karakter peppermint yang sangat kuat, dalam hal ini mentholnya sangat high serta intens di mulut serta tenggorokan. Memiliki sedikit sensasi fruity dengan adanya penambahan esens leci serta adanya sensasi nutty khas Tembakau Oriental berpadu dengan kelembutan Tembakau Virginia namun dengan intensitas yang lebih rendah. Tingkat kedinginan pada rokok ini sangat tinggi, hampir mirip dengan LA ICE namun saya merasa satu tingkat dibawahnya dengan sensasi menthol yang lebih konstan berkat penambahan menthol thread yang disamarkan berwarna kekuningan layaknya hasil filtrasi tar rokok oleh pihak Wismilak. Memiliki sensasi peppermint-barley khas permen mint buatan Indonesia namun dengan intensitas manis yang cukup rendah dibandingkan permen sendiri. Agaknya, sensasi menthol pada rokok ini sangat mampu membuat dingin tenggorokan saya, dalam hal ini hit menthol yang ditawarkan sangat tinggi berkat penambahan menthol thread yang membuat efek lokal dari menthol tersampaikan lebih baik. Tarikannya cukup mantap, dengan sensasi tarikan dingin yang menurut saya sangat mantap. Tidak memiliki throat hit, cukup earthy dan blendnya sengaja diciptakan untuk mengakomodasi tingginya menthol yang digunakan rokok ini. Aftertaste rokok ini sangat dingin dan intens, dan bertahan lama di tenggorokan dan mulut disertai sensasi nutty khas Tembakau Oriental yang menjadi nilai jual dari rokok ini. Sangat enteng untuk hitungan rokok mild, dengan hanya sedikit harshness yang ada pada rokok ini. Durasi bakar sangat cepat menurut saya, namun tetap meninggalkan kesan lambat khas Kretek Mild dikarenakan kadar tar rokok ini sangat rendah yakni 9 mg. Saya sedikit mengeluhkan sedikit rasa kimia yang ada pada rokok ini, namun cenderung tidak mempengaruhi rasa secara keseluruhan. Menurut saya selaku penggemar rokok High Cooling Menthol, rokok ini sangat memuaskan untuk hitungan harga yang sangat murah berkat penambahan menthol thread dan adanya tambahan menthol pada bagian foil rokok. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.85 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan harga yang murah, kemasan yang keren, serta rasa menthol yang sangat dingin dan intens membuat rokok ini sangat saya rekomendasikan terutama bagi anda pencinta rokok menthol yang memperhatikan uang (Value For Money) namun tetap menginginkan kadar menthol yang sangat tinggi untuk sebuah rokok menthol. Namun kelemahan rokok ini jelas pada distribusinya dan promosinya yang kurang mengingat rokok ini hanya bisa ditemui di minimarket semisal Alfamart saja sejauh ini. Dan saya rasa promosi rokok ini sangat kurang mengingat produk ini memang tidak terfokus promosinya pada daerah Jabodetabek dan sekitarnya. Overall saya sangat puas pada rokok ini, yang jelas saya memberi nilai total pada rokok ini 9.05 dari 10. Artinya rokok ini sangat memuaskan saya dari segi kemasan yang premium, harga yang murah, serta sensasi menthol yang ditawarkan sangat intens dan sangat dingin. Untuk ukuran rokok menthol dengan harga murah, saya benar-benar merekomendasikannya. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Admin pernah nyobain rokok Seven Star ? Beli nya dimana ya kira-kira ? Saya nyari online gak ketemu. Makasih kalo mau jawab

    BalasHapus
  2. Dji Sam Soe super premium mantap loh bro, coba review

    BalasHapus
  3. Min, klo diplomat menthol ini dibandingkan dg esse shuffle, effect dinginnya lebih kuat mana ya..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus