Surya Exclusive, SKM Full Flavor Ukuran Long Size Premium dari Gudang Garam

Selamat siang,

Beberapa waktu ini admin menyempatkan diri untuk membuat review rokok yang ada di Indonesia. Dan pada kesempatan kali ini merupakan hari keempat admin dalam membuat review yang bersifat terus menerus dengan upaya konsumen bisa mendapat preferensi yang baik mengenai rokok yang dijual di Indonesia, dan dalam hal ini admin terus memberikan review mengenai rokok yang ada di Indonesia, baik secara harga, kemasan dan juga rasa rokok itu sendiri.

Produk yang akan admin review pada kali ini ialah Surya Exclusive, dimana rokok ini sejatinya merupakan produk super premium pertama yang dikeluarkan oleh Gudang Garam, dalam hal ini, produk ini termasuk terbilang sebagai produk berkualitas tinggi dimana dalam hal ini produk ini merupakan produk yang terbilang sangat eksklusif dan berbeda satu tingkat dibandingkan dengan Surya Regular. Bisa dibilang rokok ini memiliki satu tingkat diatas dan dalam hal ini rokok ini menggunakan blend yang cenderung lebih baik bila dibandingkan dengan Surya Regular. Admin membeli produk ini bersamaan dengan Surya 16 yang admin sudah review pada hari kemarin. Dalam hal ini, admin tidak sengaja melihat adanya Surya Exclusive yang sudah menggunakan pita cukai 2017, dan dalam hal ini pada akhirnya admin bisa membelinya dengan seksama.

Ada sedikit analisis mengenai mengapa rokok ini bisa diluncurkan pada kuarter keempat tahun 2013 dan dalam hal ini tetap bisa bertahan walaupun secara penjualan rokok ini cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan Surya Regular. Analisis yang dibuat akan menggambarkan secara umum layaknya berikut ini:
  1. Surya Exclusive merupakan rokok yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 sebagai line extension dari Gudang Garam Surya yang menempati posisi kedua dari penjualan rokok keseluruhan di Indonesia, dimana dalam hal ini Gudang Garam Surya merupakan leader dalam segmen SKM Full Flavor di Indonesia. Dengan blend yang cenderung lebih baik berkat proses aging yang lebih lama dibandingkan dengan Gudang Garam Surya, Surya Exclusive seakan memiliki rasa yang cenderung disukai oleh perokok SES A1-A2 dan juga perokok Surya yang ingin naik tingkat, Surya Exclusive menawarkan rasa yang cenderung lebih lembut dan juga dalam hal ini lebih disukai oleh perokok kelas premium pada umumnya. Angka market share Surya pada tahun 2013 mencapai 9,3% merupakan bukti bahwa Gudang Garam Surya disukai dan dalam hal ini timing terhadap peluncuran rokok ini sangatlah tepat, mengingat Surya Exclusive merupakan produk super premium pertama yang diluncurkan oleh Gudang Garam
  2. Dalam hal ini, penjualan Gudang Garam pada tahun 2013 dalam segmen SKM mencapai 67,335% pada tahun 2013 dan dalam hal ini sempat meningkat menjadi 72,551% pada tahun 2014 membuat portofolio dari SKM Gudang Garam cenderung meningkat. Dapat kita lihat bahwa ada sebagian orang yang memiliki pendapatan yang lebih tinggi yang menginginkan produk berkualitas sangat tinggi membuat rokok ini pada akhirnya diluncurkan, dan juga dalam hal ini Surya Exclusive merupakan produk pertama yang menggunakan kemasan "Rise and Shine" yang menjadi spirit dari Gudang Garam Surya secara keseluruhan. Dimana dalam hal ini hal tersebut sempat dicoba pada Gudang Garam Surya dalam bentuk limited edition namun dalam hal ini sepertinya hal tersebut membuat konsumen sedikit merasa kecewa. Kemasan "Rise and Shine" pada akhirnya juga diterapkan pada Surya Pro dan Surya Pro Mild. Dimana dalam hal ini Surya Exclusive merupakan produk yang dikatakan sebagai wujud modern dari Gudang Garam Surya dan mengincar segmen harga yang lebih tinggi.
  3. Dapat disimpulkan bahwa rokok ini merupakan wujud modern dari kemasan dan blend dari Gudang Garam Surya, dimana dalam hal ini produk ini menyasar kepada target pasar yang lebih tinggi. Harga Gudang Garam Surya dan Surya Exclusive sebenarnya hanya berbeda 2500-3000 dimana dalam hal ini produk ini seakan menjadi solusi terhadap perkembangan Surya yang dikatakan cenderung menurun, mengingat kebanyakan orang sudah pindah ke segmen SKM LTLN dimana dalam hal ini Surya Exclusive menjadi produk pilihan agar orang yang sudah merokok Surya sebelumnya tidak pindah ke merek lain, dan juga dalam hal ini berusaha mendekati perokok SKM Full Flavor lain agar bisa pindah ke portofolio Surya.
Baiklah, itu sedikit analisis mengapa produk ini bisa diluncurkan pada tahun 2013 dan tetap bertahan hingga saat ini. Kemudian kita coba review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 22.900 (beberapa minimarket dan supermarket menjual dengan harga 500-1000 lebih mahal, cukai 19.500) dengan kuantitas isi 16 batang. Termasuk mahal namun sebanding dengan kualitas yang ingin ditawarkan oleh Surya Exclusive itu sendiri. Untuk harga saya beri nilai 6.8 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasan rokok ini dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna hitam, perunggu muda dan emas. Dalam hal ini kemasan depan terdapat pattern setengah concentric circles yang memiliki efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Tulisan Surya menggunakan warna emas, dengan adanya efek emboss dan glossy, dimana penempatannya berada di bagian tengah atas. Tulisan EXCLUSIVE menggunakan font sans serif, dimana dalam hal ini menggunakan warna putih dan tanpa adanya efek emboss. Terdapat logo Gudang Garam merupakan gabungan dari warna hitam, perunggu muda dan perunggu tua. Di bawah logo Gudang Garam terdapat tulisan GUDANG GARAM dengan posisi di tengah dan menggunakan warna hitam yang tidak begitu terlihat, dimana dalam hal ini terdapat efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Di bagian bawah kemasan terdapat tulisan 16 dengan menggunakan font sans serif dalam hal ini tidak memiliki efek emboss dan warna perunggu muda. Terdapat tulisan FILTER KRETEK CIGARETTES dengan menggunakan font sans serif, dimana dalam hal ini warna tulisan ialah perunggu muda. Terdapat objek persegi panjang berwarna perunggu muda dengan di tengahnya terdapat garis berwarna merah. Bagian belakang kemasan terdapat pattern setengah concentric circles yang sama dengan kemasan depan, logo Surya dengan warna emas disertai adanya efek emboss dan glossy. Terdapat deskripsi dari rokok ini dalam objek rounded rectangle khas rokok produksi Gudang Garam setelah tahun 2013, yang menjelaskan bahwa rokok ini dibuat dengan menggunakan tembakau dan cengkeh berkualitas tinggi, dimana dalam hal ini melalui proses aging yang lebih lama untuk menghasilkan rasa yang sempurna. Terdapat logo Gudang Garam di bagian bawahnya dalam hal ini mencerminkan kualitas yang ingin dibawa oleh rokok ini. Bagian samping kanan kemasan terdapat tulisan KRETEK PREMIUM CIGARETTES yang melingkari objek 16 yang terdapat pada lingkaran, dimana dalam hal ini terdapat tiga line yang membentuk lingkaran pada bagian luar sehingga rokok ini dikatakan sebagai rokok premium. Terdapat pattern concentric circles yang bisa dirasakan pada bagian samping kanan dan kiri kemasan, dengan adanya efek emboss. Bagian atas terdapat logo Surya dengan adanya efek emboss ke dalam dalam latar perunggu muda, dan di bawah terdapat nama pabrik dan kode produksi. Sepertinya untuk kode produksi kali ini merupakan produksi pertama di bulan Maret 2017 dimana pada bagian paling kiri dan paling kanan kode produksi mencerminkan kode batch dari rokok ini. Saya sangat senang dengan kemasan-nya dan termasuk suka dengan kemasan dari rokok ini. Untuk kemasan saya beri nilai 9.2 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner frame dari rokok ini menggunakan warna emas muda dimana dalam hal ini terdapat semacam garis pemisah yang kemungkinan bisa di robek. Foil pada rokok ini menggunakan setengah concentric circles, dimana dalam hal ini terdapat tulisan Surya dengan warna foil hitam. Agak berbeda dengan Gudang Garam Surya 16, dimana dalam hal ini tidak terdapat ruang pemisah layaknya Djarum Super isi 16 batang, dan dalam hal ini menggunakan dua foil yang berbeda untuk membatasi 8 batang di bagian kanan dan 8 batang di bagian kiri.

Karena terdapat dua foil, maka kita bisa merobek salah satu foil-nya dimana hal tersebut dilakukan untuk mempermudah penarikan dari batang rokok ini. Saya coba merobek foil di bagian kanan tersebut


Terlihat jelas pada bagian batang terdapat semacam garis, dimana batang rokok ini menggunakan warna emas muda. Susunan batang rokok ini ialah 8 batang di bagian kanan dimana terdapat 4 batang di bagian depan dan 4 di bagian belakang, dimana di bagian kiri terdapat 8 batang yang memiliki susunan 4 di depan dan 4 di belakang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan Gudang Garam Surya, dimana dalam hal ini dapat dikatakan dalam ukuran long size. Burning area tidak terdapat factory mark layaknya Gudang Garam Surya. Pada batasan tipping paper terdapat garis berwarna hitam dan bertuliskan EXCLUSIVE berwarna putih. Bagian atas batasan tipping paper, terdapat logo Surya berwarna emas. Bagian tipping paper pada rokok ini menggunakan warna emas muda, dimana terdapat 15 garis yang menghadap vertikal, dengan tipping paper yang cenderung lebih licin dan modern.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama



Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi fruity yang lebih kuat dengan intensitas manis yang cenderung tinggi. Namun ketika dibakar, rokok ini memiliki sensasi spicy yang cenderung lebih lembut bila dibandingkan dengan Surya Regular, disertai intensitas berry yang lebih terasa. Dalam hal ini penyusun rasa fruity yang ada pada rokok ini ialah berry (kemungkinan raspberry), sedikit sentuhan nangka dan adanya sensasi leci yang membuat rokok ini terasa segar. Intensitas berry disini cenderung lebih kuat dan lebih lembut bila dibandingkan dengan Surya Regular, dimana dalam hal ini Surya Exclusive merupakan versi modern dari Surya Regular. Ada sensasi sweet-fermented yang terdapat pada rokok ini, dimana kemungkinan besar penambahan essens rhum sangat terasa. Rasa manis disini dikatakan sangat terasa, namun dalam hal ini rokok ini menawarkan sensasi manis yang lebih terasa dengan sentuhan a hint of caramel yang cenderung memiliki perbedaan yang sangat terasa bila dibandingkan dengan Surya Regular. Intensitas spicy yang ditawarkan pada rokok ini cukup terasa dan terdapat sensasi spicy yang lebih halus dan tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan Surya Regular. Penyusun rasa spicy yang ada pada rokok ini yang admin dapatkan ialah adas manis dan kapulaga, serta sedikit pekak sehingga rokok ini seakan menawarkan intensitas spicy yang lebih rendah bila dibandingkan dengan Surya Regular. Blend yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung balance dan terasa tembakau yang mengalami proses aging yang lebih lama, sehingga menimbulkan rasa yang cenderung lebih lembut bila dibandingkan dengan Surya Regular, dimana dalam hal ini, Tembakau asal Indonesia yang ditawarkan oleh rokok ini merupakan gabungan dari berbagai jenis tembakau yang memiliki grade A. Tarikan pada rokok ini cenderung lebih mantap dan lebih lembut, dimana dalam hal ini berkat proses tembakau yang memiliki waktu aging yang lebih lama membuat rokok ini seakan menawarkan rasa yang cenderung lebih refined dan lebih baik. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini menawarkan sensasi spicy yang tidak begitu seintens Surya Regular disertai aroma yang cenderung lebih lembut. Memiliki sensasi warming yang tidak seintens Surya Regular namun terasa di tenggorokan, dalam hal ini blend Gudang Garam yang dikenal hangat cukup terasa walaupun tidak begitu intens. Harshness yang terdapat rokok ini cenderung minim, dimana dalam hal ini rokok ini menawarkan sensasi yang cenderung lebih lembut bila dibandingkan dengan Surya Regular. Throat hit pada rokok ini terbilang hampir tidak ada, dalam hal ini rokok ini tidak memiliki sensasi menusuk layaknya Surya Regular. Aftertaste rokok ini memiliki sensasi berry yang sangat terasa dan disertai sensasi nutty yang tidak begitu kuat bila dibandingkan dengan Surya Regular. Durasi bakar dari rokok ini ialah 15-16 menit, dalam hal ini didukung dengan blend yang cenderung mellow dan lamban. Namun kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper cenderung lebih panas bila dibandingkan dengan Surya Regular dan tipping paper yang cenderung melemah namun tetap lebih kuat bila dibandingkan dengan Surya Regular. Saya sangat senang dengan rasa dari rokok ini, yang jelas rokok ini terasa lebih nikmat bila dibandingkan dengan Surya Regular. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9.3 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa rokok ini yang cenderung lebih mantap, sensasi berry yang cenderung lebih terasa, dan sensasi rasa yang lebih lembut membuat rokok ini menjadi rokok favorit admin dalam segmen SKM Full Flavor, dimana dalam hal ini rokok ini seakan mengingatkan admin dengan Gudang Garam Signature namun dengan intensitas rasa yang lebih baik dan ukuran batang yang lebih panjang. Dalam hal ini admin juga menyukai kemasan dari rokok ini, dimana dalam hal ini mencerminkan semangat "Rise and Shine" yang menjadi spirit mayoritas produk lini Surya pada umumnya. Dengan kuantitas isi yang banyak, dan kemasan yang modern membuat rokok ini sangat diperhitungkan dalam segmen super premium yang tidak begitu banyak pemain-nya. Kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper cenderung lebih panas bila dibandingkan dengan Gudang Garam Surya dan juga tipping paper yang cenderung melemah pada akhir bakaran. Dalam hal ini, distribusi rokok ini sangat mudah ditemui di minimarket dan supermarket, namun untuk warung sendiri dikatakan hampir tidak ada yang menjual rokok ini sama sekali. Kalaupun ada, stoknya sangat sedikit dan menjual harganya dengan harga 23.000. Sehingga, paling minim untuk menemukan rokok ini terdekat di minimarket semisal Alfamart dan Indomaret. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.43 dari 10. Artinya rokok ini sangat unggul dalam hal rasa dan kemasannya, namun secara harga cenderung lebih mahal namun dikatakan masih lebih murah bila dibandingkan dengan A Mild yang pada saat ini sudah menyentuh harga 20.000 dengan intensitas bakar yang cenderung lebih cepat. Admin sangat merekomendasikan rokok ini, terutama bagi perokok Surya yang menginginkan sensasi lain yang cenderung lebih mantap dan rasa berry yang lebih berasa.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , ,

CONVERSATION

11 komentar:

  1. Surya Premium udah nggak produksi lagi?

    BalasHapus
  2. Agan saya baru sadar kata 'dalam hal ini' banyak banget hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kebiasa nih ane ngetik make "dalam hal ini". kebingungan nyari padanan yang tepat buat gantiin "dalam hal ini". maklum review yang dibuat biasanya spontan.

      Hapus
  3. dalam hal ini saya mau komentar bahwa ada kurang lebih 50 frasa "dalam hal ini". makanya dalam hal ini juga saya tambahin biar banyak sekalian. dalam hal ini cukup sekian komentar singkat saya. dalam hal ini saya hanya sekedar komentar, oleha karena itu dalam hal ini mohon dimaklumi ya. peace.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakak, ngetiknya spontan nih, keluar katanya itu mulu. coba check review terbaru saya, udah dihilangin kata "dalam hal ini". sekian

      Hapus
  4. Dulu sekitar tahun 2012 ada rokok yg warna filternya emas muda seperti surya exclusive, namanya Gudang Garam Surya Signature, yg saya suka yg bungkus merah, bukan Gudang Garam Signature lho, beda. Skrg kok tidak ada ataukah berubah menjadi Surya Exclusive ini ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda kandungan tar dan nikotinnya. Surya signature lebih rendah. Ini mirip ama surya 16 exclusive yang dulu ada

      Hapus
  5. Min, seberapa jauh rasanya dgn GG Signature?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan ini sumpah. Lebih lama, lebih lembut

      Hapus
  6. Masih ada dipasaran ga ini rokok min? Penasaran bgt nih ane sm rasanya

    BalasHapus