Selamat malam,
Mempertanyakan kembali atas apa yang sudah diperbuat sebelumnya, merupakan tindakan yang beberapa waktu belakangan ini saya ambil secara utuh. Tampak bahwa apa yang akan saya perbuat pada masa yang akan datang, mengarahkan diri saya kepada situasi yang kemudian menjadi rumit untuk dibahas. Tindakan yang berkaitan dengan menyudahi apa yang sudah saya lakukan dari masa yang lampau, menjadi pertimbangan yang akan saya ambil demi kebaikan dalam diri saya pribadi. Harap maklum bila kemudian saya tidak akan panjang lebar dalam ulasan kali ini secara utuh.
Ulasan kali ini akan membahas sebuah produk yang sebenarnya merupakan versi adaptasi dari rasa generik khas dari PT Djarum, yang kemudian diaplikasikan pada produk LTLN terbarunya; dan tentu saja bahwa kapsul mango mint menjadi fitur tambahan yang menyertai dari produk barunya tersebut. Produk yang sudah dirancang selama rentang waktu tahunan tersebut, pada akhirnya bisa diketahui dalam model terbaru dari LA Ice Boost tersebut. Produk ini kemudian bisa dinamakan sebagai LA Ice Mangoboost, bisa juga disebut sebagai LA Ice Mangga, LA Mangoboost, bahkan untuk mempermudah dalam proses pembelian, bisa juga disebut sebagai LA Ice Mangga. Produk ini secara resmi hadir terhitung pada awal Oktober 2024 ini, sebagai penantang terkini dari dinasti rasa mangga buatan KT&G yang sudah menjadi penguasa pasar dari segmen SKM LTLN dengan kapsul mangga-mint.
Tampaknya bahwa LA Ice Mangoboost memiliki keunggulan utama pada dua sensasi sekaligus, yakni sensasi rasa pada bagian tipping paper yang memiliki rasa mangga khas dari PT Djarum (kenyal dan menyegarkan), dipadukan dengan unsur mangga alami khas yang diramu sedemikian rupa, agar bisa sesuai dengan sensasi boost bawaan yang ingin dijual oleh rokok ini secara penuh. Model mangomint yang kemudian ditawarkan oleh produk ini, merupakan perpaduan dari aroma mangga yang kuat dan segar, dipadukan dengan ekstrak mangga alami dan bersifat mangga utuh, dan diformulasikan dengan penambahan rasa mint yang menyegarkan dan meningkatkan pengalaman sensori pada saat proses merokok berlangsung. Dengan menggunakan teknik flavoring khas dari LA Ice Boost, yakni Icefusion TM, teknik tersebut memungkinkan adanya perpaduan citarasa mangga yang alami nan juicy, dan sensasi dingin yang menyegarkan serta membuat mulut membeku, hadir sekaligus pada saat proses merokok berlangsung.
Harapan yang kemudian muncul dari hadirnya rokok ini, yakni merupakan perwujudan dari PT Djarum dalam menghadirkan sensasi rasa otentik yang hadir dengan penambahan ekstrak alami, demi kepuasan konsumen secara umum pada saat proses merokok berlangsung. Produk ini pada akhirnya ditujukkan untuk menyerang empat produk sekaligus yang dibuat oleh KT&G TSPM, yakni Esse Punch Pop dan Esse Change Juicy pada kategori tier 1, dan Climax Mango serta Icy pada kategori tier 2. Keempat produk tersebut kemudian mengusung sensasi mangga yang hadir pada bagian kapsul yang terletak pada bagian filter, dan diharapkan bahwa LA Ice Mangoboost bisa melawan empat produk sekaligus, dengan keunggulan rasa mangga yang lebih alami dan juga memiliki keunikan tersendiri, yang tentunya berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh KT&G secara penuh. Meskipun kemudian pada ulasan yang akan saya buat kali ini, terdapat beberapa catatan penting terkait bagaimana rokok ini dapat dimaknai secara seutuhnya, bukan sebagai pandangan yang parsial pada akhirnya.
Baiklah, itu sedikit pengantar terkait dengan bagaimana rokok LA Ice Mangoboost dapat dimaknai secara penuh dan utuh. Langsung saja kita mulai ulasan rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Harga rokok ini memiliki rentang harga yang sebenarnya cukup terjangkau untuk golongan tier 1, yakni Rp. 33.000,- hingga Rp. 34.000,- untuk kuantitas isi sebesar 16 batang (cukai golongan I sebesar Rp. 36.175,- untuk isi 16 batang).
Anggaplah bahwa harga rokok ini kemudian memiliki posisi yang lebih terjangkau ketimbang Esse Punch Pop 16 yakni kisaran Rp.36.000-an untuk isi 16 batang dan Esse Change Juicy yang memiliki harga Rp. 35.500,- untuk isi 16 batang dan Rp. 43.500,- untuk isi 20 batang; namun memiliki harga yang lebih mahal ketimbang Climax Icy dan Mango 20 yang memiliki harga Rp. 27.000,- untuk isi 20 batang. Bisa dibilang, rokok ini memiliki harga yang pada akhirnya cukup baik untuk rokok berisikan 16 batang, dan memiliki golongan cukai yakni golongan I.
Untuk harga sendiri, saya bisa beri nilai 7 dari 10.
Kemudian kita coba kaji kemasannya secara saksama dan perlahan
Tampak bahwa model kapsul bawaan rokok ini sebenarnya memiliki unsur rasa yang pada akhirnya impresif, meskipun bahwa catatan utama dari rokok ini, proses klik tidak menjadi keharusan yang perlu dilakukan ketika Anda mencari rasa mangga yang lebih bulat dan utuh. Impresif, namun sepertinya asing kala dirasakan secara penuh.
Pada saat proses klik berlangsung, nilai yang dicapai yakni 8.7 dari 10.
KESIMPULAN
Catatan utama yang dimunculkan oleh rokok ini merupakan tipe rasa mangga yang tampak alamiah, dengan tekstur rasa mangga yang kenyal dan juicy, dan menggunakan paduan dari rasa nektar mangga alami serta rasa peppermint khas yang melegenda. Rokok ini kemudian mengingatkan banyak akan gaya khas yang dimunculkan dari Forte Cool Mango, namun dengan penekanan rasa khas mangga yang terkesan lebih kompleks dan lebih tebal.
Adapun kapsul mango mint bawaan dari rokok ini, kemudian memunculkan sedikit rasa takjub dan heran, untuk pertama kalinya saya merasakan sensasi rasa kapsul mangga yang tidak begitu dingin, namun memiliki unsur rasa mangga yang kompleks pada akhirnya. Tampak bahwa sensasi kompleks tersebut, menjadi catatan utama, yang bagi saya aneh bila dirasakan secara harfiah, namun menyenangkan pada saat menikmatinya secara perlahan. Kelemahan mungkin muncul dari sensasi rasa kapsul yang terkesan asing tersebut, pada akhirnya.
Distribusi dari rokok ini pada dasarnya baru berlangsung terhitung awal Oktober 2024 ini, dengan kanal utama penjualan yakni gross trade (warung, toko kelontong, dan grosir), dan modern trade (minimarket, supermarket). Adapun bahwa rokok ini memiliki wilayah penjualan yang lebih luas ketimbang pada saat LA Ice Purpleboost awal diluncurkan, yakni diluncurkan secara nasional. Pertaruhan Djarum kali ini sepertinya menarik bila mengkajinya secara utuh dan mendalam, mengingat bahwa mereka tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama pada saat Djarum 76 Filter Mangga diproduksi.
4 Komentar
Tai lah, iklan dimana" baliho besar, internet tp nyari di setiap minimarket yg ku temui gada yg punya
BalasHapusKelontong pun nihil
Dibandingkan Djarum 76 Mangga filter better mana menurut masnya?.
BalasHapusDibandingkan dengan Djarum 76 Mangga filter masnya lebih pilih yang mana??
BalasHapusTd pagi sy nemu di toko grosir..akhirnya kesam
BalasHapuspian jg menikmatinya..meski sensai manggo alaminya kurang berasa..sudah diposting di WAG..😂🙏