Sampoerna U Bold Filter, SKM Full Flavor Value for Money Pertama dari Sampoerna

Selamat siang,

Kali ini admin akan mereview rokok yang baru tahun ini masuk ke daerah Jawa Barat, yaitu Sampoerna U Bold Filter. Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat Idul Fitri 1437 H, mohon maaf apabila admin banyak salah dan banyak postingan yang dirasa kurang enak. Mungkin postingan ini merupakan postingan pertama admin setelah lebaran. Yang jelas saya akan mereview rokok ini dengan seksama.

Barang ini saya dapatkan di Indomaret di kawasan Bandung secara kebetulan. Saat itu saya ingin rokok Djarum Coklat Extra sebagai bahan review. Namun saya kebetulan melihat tidak sengaja ada barang ini. Karena saya tidak melihat sama sekali adanya promosi rokok ini di kawasan Bandung, maka saya beranggapan rokok ini belum dijual di kawasan Bandung. Entah mungkin memang barangnya baru masuk Bandung pada bulan Juli ini, maka saya akhirnya membeli rokok ini sebagai bahan untuk review.

Ada beberapa alasan mengapa Sampoerna U Bold Filter diluncurkan pada bulan Maret 2015 dan melakukan ekspansinya pada bulan April 2016 di beberapa kota di kawasan Jawa dan Sumatera diantaranya:

  1.  Sampoerna U Bold pertama kali diluncurkan pada bulan Maret 2015 di beberapa kota kecil di kawasan Jawa Tengah, diantaranya ialah kota Tegal. Hal ini dimaksudkan untuk menghadang rokok SKM Full Flavor buatan lokal yang memiliki range harga 9000-12.000. Dalam hal ini, Sampoerna berusaha memberikan alternatif rokok SKM Full Flavor dengan rasa yang rich namun dengan kualitas Sampoerna. Dalam hal ini, rokok ini cukup disukai oleh banyak perokok dan pada akhirnya Sampoerna kemudian mencoba ekspansi rokok ini sebagai bukti Sampoerna tidak hanya mampu menggaet konsumen menengah keatas, namun juga konsumen menengah kebawah yang menginginkan rokok dengan harga murah namun dengan kualitas Sampoerna.
  2. Dengan ukuran yang tebal, filter yang pendek dan panjang mirip Magnum Filter, serta rasa yang nikmat, rokok ini bisa dibilang mampu menggaet orang yang tidak mampu untuk membeli Magnum Filter namun menginginkan kualitas dari Sampoerna itu sendiri. Sehingga dikatakan bahwa rokok ini berhasil menjual kualitas Sampoerna dengan harga yang terjangkau. Makanya, pada iklan rokok ini memiliki slogan "Ukuran itu Penting".
  3. Adanya penegasan bahwa keluarga line U berupa U Mild, U Mild Cool dan U Bold Filter merupakan keluarga Sampoerna untuk kalangan menengah kebawah dimana usia perokok targetnya ialah 18-30 tahun dengan karakter pria yang menginginkan rasa mantap namun dengan harga yang sangat murah.
Baiklah, saya akan mereview barang ini dengan seksama. Untuk harga rokok ini saya beli dengan harga Rp. 10.200 (berbeda dengan harga aslinya yaitu 10.000, cukai 12.000) dengan kuantitas isi 12 batang. Sangat murah untuk sebuah rokok buatan Sampoerna. Untuk harga saya beri nilai 10 dari 10.

Kemudian kita lihat kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini memiliki basis warna hitam gelap dengan adanya unsur setengah concentric circles yang mengarah ke kanan atas. Pattern ini juga akhirnya digunakan pada U Mild biasa dan U Mild Cool yang pada bulan Juni sudah berubah kemasannya. Dalam hal ini, tekstur patternnya sangat bisa dirasakan, dalam artian kemasan ini mengadopsi semangat groovy khas Sampoerna U. Dalam hal ini, kemasan ini menggunakan kemasan bersegi yang juga diterapkan pada Magnum Filter. Terdapat logo U besar berwarna merah tua yang mampu melambangkan adanya kesan macho yang ingin dijual pada rokok ini. Tulisan U bold pada rokok ini menggunakan font berbasis typewriter dengan adanya warna silver yang menegaskan kesan bold yang ingin dijual pada rokok ini. Pada bagian kiri atas kemasan terdapat logo Sampoerna berwarna silver yang menjelaskan adanya kualitas Sampoerna dalam hal racikan dan rasa serta menegaskan rokok ini merupakan buatan Sampoerna. Pada bagian samping kemasan juga terdapat logo Sampoerna sebagai bentuk penegasan. Bagian deskripsi rokok ini menjelaskan adanya racikan tembakau berkualitas khas Sampoerna dengan diameter dan panjang lebih besar serta kemasan yang lebih enak ketika digenggam. Sangat menarik untuk dilihat dan sangat menjual. Untuk kemasan saya beri nilai 9.1 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya


Kemasan rokok ini memiliki model hinge-lid yang umum diterapkan pada rokok pada umumnya. Foil rokok ini berwarna merah tua dengan adanya pattern sebagian concentric circles yang ketika dipegang memiliki tekstur khas. Agak berbeda dengan rokok Sampoerna yang memiliki foil agak licin, foil pada rokok ini sangat bertekstur dengan adanya garis khas.

Kemudian kita coba buka foilnya dengan seksama


Isi rokok ini ialah 12 batang dengan susunan 6 di bagian depan dan 6 di bagian belakang. Sama saja dengan rokok SKM Full Flavor pada umumnya. Bagian batang rokoknya terlihat jelas berwarna cork khas rokok SKM Full Flavor.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki diameter dan panjang yang sama dengan Magnum Filter. Dengan filter yang lebih pendek mampu menciptakan rasa yang lebih bold seperti layaknya SKM Full Flavor buatan Sampoerna. Dalam hal ini, tipping paper rokok ini berwarna cork dengan adanya corak khas dan adanya pembatas tipping paper berupa garis merah. Tulisan U bold pada rokok ini berwarna hitam. Tidak terdapat perforasi, karena rokok ini berjenis SKM Full Flavor.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rasa rokok ini memilki karakter fruity yang khas, dalam hal ini cukup terasa unsur berry (kemungkinan raspberry) yang menurut saya hampir sama dengan rokok buatan Gudang Garam. Sangat spicy, dalam hal ini rasa rempah cukup terasa terutama saat awal pembakaran. Dengan panjang yang lebih serta diameter yang besar, rokok ini menawarkan kenikmatan yang lebih nikmat namun dengan harga yang murah. Rasa tembakaunya cukup rich, dengan harshness yang cukup terasa di tenggorokan. Ketika ditarik rokok ini, rokok ini meninggalkan rasa khas Sampoerna U berupa honey-plum dengan campuran berry. Sangat nikmat untuk dirasakan pada rokok yang terhitung murah ini. Cukup gurih, namun lebih terasa fruity-nya. Sangat manis, namun bisa ditoleransi. Aroma rokok ini bisa dibilang sangat earthy dan spicy. Walaupun tembakau yang digunakan grade menengah, rokok ini menawarkan rasa yang mantap ketika ditarik seperti layaknya SKM Full Flavor menengah keatas. Namun terkadang rokok ini menimbulkan rasa tidak nyaman dibanding SKM Full Flavor walaupun rasa rokok ini sangat bisa diterima. Bakaran rokok ini sangat lamban sehingga menciptakan kenikmatan yang lebih. Bisa dibilang rokok ini merupakan pilihan yang tepat dengan harga yang terjangkau serta rasa yang nikmat. Untuk rasa saya beri nilai 8.3 dari 10.

KESIMPULAN

Rokok ini bisa dibilang menjadi alternatif bagi anda perokok SKM Full Flavor yang menginginkan harga yang terjangkau. Dengan kemasan yang keren, harga yang murah, serta rasa yang nikmat, rokok ini mampu menjadi primadona dan menjadi best-seller rokok di kawasan yang sudah masuk kedalam ekspansinya. Namun kelemahan rokok ini ialah masih susah ditemui di beberapa toko, saya hanya bisa menemukan rokok ini di Indomaret di kawasan Bandung mengingat Bandung belum masuk ekspansi dari rokok ini dan dalam hal ini tidak bisa ditemukan di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Overall saya cukup suka dengan rokok ini, yang jelas secara nilai total rokok ini ialah 9.1 dari 10. Keunggulan rokok ini terletak pada kemasannya serta harganya yang sangat murah untuk hitungan SKM Full Flavor.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , ,

CONVERSATION

8 komentar:

  1. udah beberapa bulan ini ngisep nih rokok... emang enak sih n harganya murmer wkwk

    btw, ni rokok bulan bulan ini udah masuk Jadetabek belum ya? soalnya beberapa bulan lalu masih gapernah nemu even di Indomaret... Kalo di ateng sih udah banyak, cuma adanya di Indomaret doang :(

    BalasHapus
  2. ini Rokok yang asik.
    tpi ngomong ngomong apa kepanjangan skm bro?

    blog ane www.ghofar1.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Pak seles ny kalo mw promosiin yg sopan dong jangan maksa maksa bikin pusing aja lah.....Kemang Jaksel...seles dongo

    BalasHapus
  4. Rokok ini udh cocok sama saya. Mungkin masalah rasa saya kasih nilai 9,8 dari 10. Udh cocok juga tidak akan beralih ke rokok yang lain

    BalasHapus
  5. ini rokok masih beredar tidak

    BalasHapus
  6. dari semua rokok bagi saya ini paling aneh, ntah kenapa beberapa kali saya coba selalu kesal mual.. mungkin sebagian orang tidak. untuk harga sangat murah. untuk ecer rokok ini paling murah hanya seribu rupiah/batang.

    BalasHapus
  7. Gw kebiasaan rokok LA light, tadi pas abis beli rokok di agen terdekat eh stoknya abis, adanya U bold. Ekspektasi gw ini rokok mirip LA bold. Tapi, ternyata meleset, ini rokok bukan selera gw. Sangat rich dan agak kasar di tenggorokan. Mungkin ini pembelian pertama dan terakhir gw hehehe

    BalasHapus