Surya PROfessional Mild, SKM LTLN Value For Money Dari Gudang Garam

Selamat malam,

Sebenarnya saya bingung mau ngasih pengantar apa untuk postingan ini. Saya kebetulan saat ini sedang gabut sekali mengingat terlalu banyak waktu luang yang ada sekitar bulan ini sampai akhir Agustus nanti. Sekiranya diatas bulan September saya sudah jarang posting, berarti bisa dipastikan saya cukup sibuk. Kalaupun saya ada postingan di blog ini, berarti saya sedang tidak sibuk dan sempat mereview merek rokok yang ada di Indonesia. Bisa dimaklumi pada tahun lalu saya memang sedikit memposting dibandingkan tahun ini, mengingat kesibukan saya pada tahun lalu cukup tinggi, walaupun sebenarnya pada tahun ini juga tinggi namun saya sempat mengambil celah untuk membuat postingan di blog ini.

Sebenarnya saya tidak berencana mereview rokok ini dalam waktu dekat. Namun dikarenakan saya dihubungi oleh pihak karyawan Gudang Garam dan saya sudah menjanjikan dalam minggu ini, juga kebetulan stok rokok saya sudah habis serta adanya rasa penasaran terhadap rokok ini (untuk Surya Pro Mild saya belum mencoba sama sekali) maka ada baiknya saya membuat postingan review ini, dalam hal ini juga menambah postingan sehingga pembaca memiliki referensi yang lebih banyak sehingga konsumen bisa memilih apakah produk tersebut layak untuk dihisap ataupun tidak.

Saya sedikit membeberkan mengenai produk yang sebenarnya sudah diluncurkan sejak tahun 2009 namun mendapat facelift pada pertengahan Juli 2014 ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Surya PROfessional Mild (atau lazim disebut dengan Pro Mild) merupakan produk SKM LTLN yang diluncurkan sebagai varian dari Surya PROfessional (atau Surya Pro Merah) yang ditunjukan bagi perokok SKM LTLN (lebih sering disebut dengan perokok mild) yang menginginkan sensasi lebih mantap khas Gudang Garam namun dengan harga yang lebih terjangkau serta ukuran yang lebih pendek dibanding mild pada umumnya dalam artian semakin pendek batang rokok tersebut akan menimbulkan kesan lebih intens dibandingkan mild ukuran panjang biasa. Diluncurkan sejak tahun 2009, produk ini berhasil menjadi salah satu produk unggulan dari Gudang Garam dan menjadi tonggak utama Gudang Garam dalam penjualan SKM LTLN. Gudang Garam sendiri terkenal dalam portofolio SKM LTLN menggunakan blend khas yang sangat berbeda dibanding kompetitor. Namun beberapa produk yakni Gudang Garam Nusantara serta Surya Slims yang pada saat peluncuran dari produk ini juga diluncurkan tidak mampu menghadapi kerasnya persaingan dari jenis rokok paling berkembang di Indonesia ini. Surya Pro Mild menawarkan blend yang lebih mantap (makanya slogan rokok ini Mild yet Strong), ukuran batang yang lebih pendek, serta harga yang sangat terjangkau. Dalam artian untuk pasaran belakangan, Surya Pro Mild seakan menjadi alternatif perokok mild yang menginginkan rasa mantap namun secara harga sangat mudah dijangkau mengingat cukup banyak kalangan menengah kebawah yang mengonsumsi jenis rokok ini.
  2. Dalam perkembangannya, Surya Pro Mild sudah dua kali mengubah kemasannya, yang pertama dilakukan pada tahun 2012 dengan menambah tekstur emboss pada garisnya, serta perubahan terakhir pada Juli 2014 memiliki unsur setengah concentric circles yang sudah menjadi pattern khas dari keluarga Gudang Garam Surya serta perubahan lain yang menurut saya sangat signifikan walaupun tetap memiliki ciri khas kemasan Surya Pro Mild lama. Perubahan terakhir ini dilakukan kebetulan pas diimplementasikannya Pictorial Health Warning yang membuat kemasan terbaru ini siap diluncurkan (Agak aneh kenapa Surya biasa tidak diganti pada saat PHW diimpelentasikan). Perubahan ini seakan menyeragamkan semangat Rise and Shine yang dimiliki oleh Gudang Garam Surya yang menawarkan kemantapan yang lebih dan kesan yang eksklusif. Surya Pro Mild sendiri merupakan satu-satunya yang masuk kedalam segmen Value For Money, mengingat keluarga Surya lain harganya diatas 15.000 per bungkus rokok.
  3. Dengan tema komunikasinya saat ini yakni "Temenan itu Surya Pro Mild", Surya Pro Mild makin memfokuskan diri kepada segmen usia 18-25 tahun yang memiliki jiwa energik, memiliki kekerabatan antar teman yang tinggi, serta berani mencoba hal yang baru dan mengeksplorasi lebih dari segi pertemanan. Beberapa aktivitas yang dilakukan semisal untuk yang terbaru ialah PROJAM, rokok ini makin meyakinkan untuk menjadi teman kehidupan segmen 18-25 tahun dengan tingkat mobilitas serta intensitas kumpul yang sering dan bisa menjadi pilihan saat nongkrong bersama teman.
Baiklah itu merupakan alasan mengapa Surya Pro Mild merubah kemasannya dan juga menerapkan tema komunikasi yang lebih muda. Sebaiknya saya coba review rokok ini mulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 12.500 (harga aslinya ialah 12.000, cukai 16.000) dengan kuantitas isi 16 batang. Sangat murah untuk ukuran rokok mild yang membawa nama Gudang Garam. Untuk harga saya beri nilai 9.4 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama






Kemasan rokok ini memiliki basis warna merah, putih, serta silver. Pada bagian background kemasan, kemasan ini terdapat unsur pattern setengah concentric circles yang menghadap kebawah dengan tekstur yang sangat bisa dirasakan ketika disentuh dengan tangan. Pada bagian kotak merah terdapat logo Surya yang berwarna silver yang menjadi ciri khas dari keluarga Surya PROfessional sehingga menimbulkan kesan eksklusif yang terjangkau dengan dibawahnya terdapat tulisan PRO yang menjadi ciri khas dari rokok ini dimana orang lebih lazim menyebutnya dengan Surya PRO, bukan Surya Professional yang berwarna putih. Terdapat logo Gudang Garam dalam bentuk lingkaran dengan basis warna silver yang seakan membawa kesan mewah pada rokok ini. Pada bagian luar kotak, tepat pada samping tulisan PRO, terdapat tulisan fessional yang sudah menjadi ciri khas rokok ini sejak lama. Dibawah tulisan fessional, terdapat tulisan MILD berwarna merah yang mampu menjelaskan rokok ini masuk kedalam jenis SKM LTLN Mild. Adanya penjelasan 16 MILD KRETEK mampu menjelaskan kuantitas dari rokok ini serta rokok ini berjenis mild kretek. Bagian deksripsi dari kemasan ini terdapat logo Surya yang berwarna silver dengan warna silver disertai penjelasan deskripsi dari rokok ini di dalam rounded box. Secara singkat, rokok ini menjelaskan rokok ini berbeda dengan rokok mild lainnya dan adanya blend 'Mild yet Strong' yang menjadi ciri khas rokok ini dimana rasa lembut rokok ini berpadu dengan sensasi kick khas SKM Full Flavor Gudang Garam yang cukup menarik. Bagian samping kanan kemasan terdapat concentric circles berlapis tiga dengan tulisan 16 berwarna hitam disertai tulisan KRETEK PREMIUM CIGARETTES yang menjelaskan produk ini masuk kedalam segmen premium kretek dari Gudang Garam (walaupun secara harga tidak premium. Serta adanya logo Surya berwarna merah yang sangat pas dengan warna dasar kemasan berbasis putih. Sangat menarik dan menjual. Untuk kemasan saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Terlihat jelas pada bagian dalam kemasan berwarna silver, dimana pada foil rokok ini juga berwarna silver dengan adanya pattern concentric circles khas Surya disertai logo Surya ditengahnya. Tidak begitu bertekstur pada bagian foilnya, namun menurut saya sangat mencerminkan kesan premium yang ingin dijual rokok ini.

Kemudian kita coba robek foilnya dengan seksama


Rokok ini memiliki kuantitas isi 16 batang, dengan susunan batang 8 di depan dan 8 di belakang. Tampak jelas warna batang rokok ini ialah putih yang sama dengan rokok mild pada umumnya.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang yang lebih pendek dibanding mild pada umumnya dengan diameter sedikit lebih gemuk namun tetap bisa disamakan dengan rokok mild pada umumnya. Pada batasan tipping paper terdapat line berwarna silver disertai tulisan PRO dan MILD yang berwarna merah dengan adanya jarak spasi. Perforasi rokok ini berjumlah dua baris, dengan adanya jarak yang agak sedikit jauh dibanding mild pada umumnya, khas rokok mild keluaran Gudang Garam.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Rokok ini memiliki awalan bakaran yang cukup spicy dengan adanya sensasi kick khas dari rokok full flavor. Memiliki saus berbasis berry namun dengan intensitas yang menurut saya lebih rendah dibandingkan GG Mild dan Signature Mild. Sangat menurunkan sifat blend khas Gudang Garam yang terbuat dari tembakau lokal dengan ciri khas harum, adanya sensasi gurih namun tidak dominan serta kenikmatan yang lebih. Tingkat kemanisannya khas rokok value for money dimana rokok ini cukup manis namun tidak semanis GG Mild atau Signature Mild. Aromanya bisa dibilang sangat earthy, dan terasa perpaduan tembakau grade menengah dan cengkeh khas Gudang Garam serta menurut saya rokok ini sangat terasa aroma khas rokok full flavor Gudang Garam. Memiliki throat hit yang cukup terasa, disertai sensasi harshness yang menurut saya cukup terasa yang berpadu tingkat kelembutan yang pas. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini memiliki sensasi honey dengan paduan berry serta sedikit fermented. Tarikannya menurut saya pribadi sangat mantap untuk ukuran rokok dengan kadar tar 14 mg, dengan sensasi tarikan yang lebih dibanding rokok mild berbasis tembakau Virginia. Di tenggorokan menurut saya pribadi cukup nyaman, namun tidak senyaman GG Mild atau Signature Mild. Dengan ukuran batang yang lebih pendek mampu menciptakan rasa yang lebih intens namun tetap meninggalkan kesan smooth yang ingin dibawa dari rokok ini. Durasi bakar menurut saya pas untuk ukuran rokok mild. Namun untuk anda yang menginginkan kelembutan lebih serta rasa Gudang Garam yang lebih mantap, saya kurang begitu merekomendasikannya. Saya pribadi merasa kurang begitu dapat feelnya dibandingkan dengan Signature Mild yang secara harga pada saat ini terhitung lumayan terjangkau. Untuk rasa saya beri nilai 8.2 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan harga yang murah, kemasan yang sangat ekskslusif serta rasanya yang bisa diterima, rokok ini bisa menjadi alternatif bagi anda perokok yang ingin mencoba sensasi blend mantap Gudang Garam namun dengan harga yang lebih murah. Untuk perokok dewasa muda yang ingin mencoba rasa khas Gudang Garam namun secara ekonomi tidak pas, maka saya bisa merekomendasikannya. Tapi jika anda ingin mencoba sensasi Gudang Garam yang lebih terasa dan lebih mantap, saya kurang begitu merekomendasikannya. Untuk ukuran rokok value for money ini termasuk enak. Overall saya memberi nilai rokok ini ialah 8.8 dari 10. Artinya rokok ini menang pada harga serta kemasan, namun secara rasa hanya sekedar sentuhan khas Gudang Garam namun dengan kandungan tembakau grade menengah yang secara harga lebih murah.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.






Posting Komentar

7 Komentar