Sampoerna U Mild Limited Edition 2017, Edisi Pertama dari U Mild Bertema Bikers

Selamat malam,

Bisa dibilang pada saat ini merupakan kondisi dimana admin cenderung memiliki kesibukan dalam intensitas yang rendah namun juga ada beberapa kegiatan yang sepertinya mengganggu admin sejauh ini. Dimana beberapa kegiatan yang admin lakukan ini sangat berkaitan dengan apa yang akan terjadi ke depannya. Dan juga meskipun kegiatan ini mengganggu admin, akan tetapi admin berusaha menyajikan review rokok yang dijual di Indonesia, baik edisi regular ataupun edisi terbatas layaknya review yang akan admin sajikan layaknya berikut.

Produk yang akan admin review pada kali ini ialah Sampoerna U Mild Limited Edition 2017. Sepertinya ini merupakan seri terbatas pertama yang dikeluarkan oleh Sampoerna U Mild setelah produk ini mendapat treatment perubahan kemasan (serta terdapat-nya PHW atau lazim disebut sebagai peringatan gambar di tahun 2014) dan juga penggunaan nama besar Sampoerna yang sejatinya mulai dilakukan pada Juli tahun lalu. Produk ini sepertinya akan dijual sekitar dua bulan, terhitung dari Agustus ini hingga bulan September nanti. Sejatinya produk ini merupakan produk edisi terbatas pertama yang dikeluarkan oleh Sampoerna dengan tema "Bikers" yang sesuai dengan aktivitas ATL dan BTL yang menyinggung tentang bagaimana kehidupan Bikers secara umum. Produk ini kebetulan admin dapatkan di salah satu warung dekat dengan Stasiun Pondok Cina, dimana terdapat dua warung yang memang menjual rokok ini, namun ketika admin bertanya kepada warung pertama, edisi khusus ini sudah habis. Namun ketika admin bertanya kepada warung kedua, dan juga saya melihat adanya produk ini diletakan secara vertikal, pada akhirnya admin bisa mendapatkan produk ini dengan seksama.

Seperti biasa, review tanpa adanya analisis merupakan review yang tidak ada artinya. Dan analisis yang admin paparkan pada kali ini berkaitan dengan penjualan U Mild secara keseluruhan. Analisis ini akan admin jelaskan sebagaimana berikut:
  1. Sampoerna U Mild merupakan merek SKM LTLN dengan penjualan terbesar kedua di Indonesia dimana market share rokok ini berdasarkan Annual Report Philip Morris International pada tahun 2016 mencapai 4,2% dari penjualan rokok di Indonesia secara keseluruhan. Dengan harga yang diposisikan sebagai rokok "Value For Money", U Mild bisa dibilang memiliki konsumen yang berada pada segmen kelas menengah dimana rokok ini diposisikan dengan rasa yang lebih strong bila dibandingkan dengan Sampoerna A Mild, dan juga harga yang terhitung lebih murah serta pabrik yang berbeda dengan Sampoerna A Mild. Diproduksi oleh PT Sampoerna Indonesia Sembilan yang merupakan pabrik yang khusus untuk memproduksi U Mild maupun U Mild Cool, U Mild termasuk produk yang memiliki penjualan tertinggi ketiga dari segi penjualan dari Sampoerna itu sendiri, setelah Dji Sam Soe yang memiliki market share sebanyak 6% dan Sampoerna A Mild yang memiliki market share sebanyak 14% dari keseluruhan penjualan rokok di Indonesia. U Mild Limited Edition 2017 merupakan edisi terbatas yang dikeluarkan oleh Sampoerna setelah berlangsungnya Pictorial Health Warning yang berlaku mulai produksi 24 Juni 2014. Dimana produk ini merupakan edisi terbatas pertama dengan adanya peringatan bergambar. Sampoerna U Mild sendiri kisaran 5 tahun belakangan mulai menargetkan kepada pria yang berusia 18-30 tahun yang memang menyukai sepeda motor dimana image maskulin pada rokok ini sangatlah tinggi. Dengan mengusung "Cowo U Mild Lebih Tau" yang mulai dijalankan sekitar awal tahun 2015, U Mild diposisikan untuk perokok LTLN yang menginginkan sensasi lebih kuat dengan harga yang tidak terhitung mahal, namun juga tidak terlalu murah.
  2. Edisi terbatas yang dikeluarkan oleh Sampoerna U Mild ini sangat berkaitan dengan image maskulin yang memang melekat pada setiap kegiatan U Mild beberapa tahun belakangan. Dengan mengusung desain yang cenderung fashionable serta sangat mengedepankan image "Cowo" yang ingin dibawa oleh rokok ini tentunya edisi ini sangat layak untuk dikoleksi. Terlebih kebanyakan produk edisi terbatas yang dikeluarkan oleh Sampoerna paling sering dilakukan oleh portofolio A Mild. U Mild menggunakan desain yang cenderung sangat maskulin pada edisi terbatas kali ini bisa dibilang untuk meningkatkan penjualan dari U Mild itu sendiri serta memberi penghargaan atas konsumen setia U Mild yang bisa dibilang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Edisi terbatas ini sangat mampu menggambarkan image "bikers" yang secara solidaritas sangat tinggi dan juga kesan macho yang ingin dibawa oleh edisi terbatas kali ini.
  3. Dapat dikatakan, edisi terbatas kali ini ialah untuk meningkatkan penjualan dari U Mild itu sendiri, sekaligus ingin membawa kesan lebih maskulin serta macho yang memang menjadi target pemasaran U Mild secara keseluruhan. Edisi terbatas kali ini sangat berkaitan dengan image "bikers" yang belakangan U Mild terapkan di kegiatan ATL maupun BTL U Mild juga berusaha memberikan penghargaan kepada konsumen setianya, dimana edisi terbatas kali ini sangat sesuai dengan image U Mild saat di lapangan.
Baiklah, itu sedikit analisis mengapa U Mild meluncurkan edisi terbatas-nya pada bulan Agustus ini dan juga sebab mengapa desain U Mild edisi terbatas ini cenderung sporty serta kuat akan kesan maskulin. Mari kita review rokok ini dimulai dari harga rokok ini. Untuk harga rokok ini saya beli dengan angka Rp. 17.000 (beberapa warung menjual rokok ini dengan harga 16.000-16.500 ataupun di minimarket dengan selisih harga lebih mahal 200-500 Rupiah, cukai 17.925) dengan kuantitas isi sebanyak 16 batang. Harga rokok ini bisa dibilang masuk ke segmen kelas menengah, dimana belakangan U Mild diposisikan memiliki harga diatas Magnum Mild yang saat ini berharga 13.000. Untuk harga rokok ini admin beri nilai 8.1 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna hitam, silver, putih, dan biru tua. Pada bagian depan dan belakang kemasan terdapat logo SAMPOERNA dengan unsur tiga tangan di bagian tulisan O dan memiliki warna logo yakni putih dengan kemiringan sekitar 10 derajat. Terdapat tulisan U Mild dengan tanpa adanya latar huruf U besar layaknya yang muncul di aktivitas ATL maupun dengan BTL, dimana tulisan U Mild sendiri memiliki font layaknya typewriter dengan adanya tulisan u dengan ukuran besar yang memiliki semacam unsur bolong dan mild dengan unsur sedikit bolong pada tulisan i, l, dan d. Tulisan U Mild sendiri menggunakan warna biru tua dengan adanya efek emboss serta glossy yang mampu menciptakan kesan maskulin yang ingin dijual pada edisi terbatas kali ini. Di bagian kiri atas objek utama, terdapat semacam garis tribal dengan adanya curve yang mengarah di kiri dan di kanan kemasan. Terdapat semacam efek petir berwarna biru di bawah garis tribal, dimana bagian kanan-nya terdapat objek garis yang melingkar dimana di bagian tengahnya terdapat objek layaknya petir dengan warna silver yang diikuti dengan empat garis yang mengitari roda. Terdapat objek ban dengan velg, dimana velg yang digunakan merupakan velg yang sering digunakan pada motor custom, dimana di bagian ban pada objek ini terletak tiga garis yang memiliki efek bolong. Bagian kanan ban serta velg terdapat semacam sayap dengan 10 helai bulu dengan adanya objek terputus disertai sayap utama di bagian kanan atas dengan adanya sayap utama yang dapat dimaknai sebagai lambang persaudaraan dan juga lambang kerjasama serta lambang kerja keras. Objek lain yang ada ialah lambang petir yang ada di bagian kanan sayap, dengan model yang sama dengan objek petir di bagian kiri. Terdapat semacam ribbon berwarna silver dan tertulis 2017 LIMITED EDITION, dimana tulisan tersebut menggunakan font condensed serta warna yang digunakan pada tulisan yakni putih, dengan adanya outline hitam. Terdapat dua bintang di bagian kiri dan kanan objek dengan warna biru tua, yang dapat dimaknai sebagai tujuan kebersamaan yang ingin dibawa oleh edisi spesial kali ini. Tertulis 16 LASERMILD (R) KRETEK yang dapat dimaknai sebagai perforasi laser yang menjadi fitur utama dari rokok ini. Bagian kanan dan kiri kemasan sangat polos, dengan tanpa adanya objek pattern apapun. Bagian atas dan bawah terdapat tulisan U Mild dengan tulisan yang cenderung glossy. Saya merasa kemasan spesial ini memiliki desain yang sangat sesuai dengan anak "Bikers". Namun bila dibandingkan dengan kemasan regular, jauh lebih baik kemasan regular dari rokok ini. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.6 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner hinge lid kemasan yang tidak terfoto, cenderung memiliki desain warna hitam polos. Hal ini juga berlaku kepada bagian inner frame kemasan yang cenderung memiliki warna hitam polos tanpa adanya embel-embel promosi layaknya kemasan U Mild regular dan arah inner frame cenderung ke atas. Bagian inner frame memiliki sedikit efek doff namun juga licin layaknya kemasan U Mild secara umum. Foil pada rokok ini berbeda dengan U Mild reguler, dengan adanya warna foil yakni biru tua dengan adanya logo Sampoerna U Mild dengan adanya dua kotak yang memiliki curve serta di dalamnya terdapat objek kotak yang memiliki curve yang bisa dibilang sama saja dengan foil yang digunakan U Mild reguler.

Kemudian kita coba robek foil-nya dengan seksama


Bisa dibilang, pada bagian batang rokok ini memiliki kesamaan dengan U Mild reguler, dengan warna batang yakni putih. Susunan batang rokok ini yakni 8 di depan dan 8 di belakang, dengan adanya kuantitas isi sebanyak 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang pada rokok ini memiliki kesamaan dengan U Mild regular, dengan ukuran diameter batang slim dan panjang yang sama dengan rokok mild yang umum dijual di Indonesia. Pada batasan tipping paper dari rokok ini terdapat garis hitam, dimana pada bagian atas batasan terdapat logo U besar berwarna biru muda dan tulisan U Mild berwarna hitam. Perforasi laser yang digunakan pada rokok ini berjumlah dua baris, dengan bentuk lubang yakni titik dan jarak lubang yang berdekatan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis fruity yang terasa disertai sedikit sensasi rasa tembakau yang khas. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis yang cenderung kuat disertai adanya sensasi spicy yang sangat terasa namun dalam intensitas yang lembut. Sensasi fruity yang ada pada rokok ini kemungkinan menggunakan essens plum yang memang sudah menjadi ciri khas dari rokok U Mild, dengan adanya sedikit sensasi leci dan liquorice yang memang menjadi daya tarik rokok Sampoerna secara umum. Terdapat sensasi cocoa serta sedikit unsur vanilla yang terasa, dan hal ini memang menjadi daya tarik dari rokok ini sehingga mampu menciptakan kesan yang sangat maskulin. Memiliki sensasi a hint of sweetness yang sangat terasa, dalam artian rokok ini menggunakan liquorice sebagai salah satu pembentuk rasa manis dari rokok ini. Rasa manis pada rokok ini kemungkinan juga menggunakan madu, dimana intensitas rasa madu ini cukup rendah bila dibandingkan dengan sensasi plum serta cocoa yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Cenderung memiliki sensasi spicy yang berada pada intensitas menengah, dalam artian penyusun spicy rokok ini ialah kayumanis, kapulaga, pekak serta cengkeh yang sudah menjadi bawaan dari rokok ini. Cengkeh yang digunakan pada rokok ini sedikit berbeda dengan produk Sampoerna lainnya, dimana sensasi cengkeh pada rokok ini tidak begitu pedas dan juga dalam intensitas yang lembut. Cenderung meninggalkan sedikit sensasi warming yang khas, dalam artian rokok ini dikatakan memiliki sensasi yang cenderung menghangatkan di tenggorokan. Terdapat unsur sensasi smoky yang terasa, dalam artian rokok ini salah satunya menggunakan Tembakau berjenis Burley yang mampu menciptakan sensasi smoky dengan adanya rasa manis yang cenderung natural serta sedikit sensasi rasa tembakau yang dipanggang dan memiliki karakter yang memang spicy. Cenderung memiliki sensasi nutty yang sangat kuat, dikarenakan mayoritas Tembakau yang digunakan pada rokok ini ialah Tembakau Oriental, dengan kemungkinan Tembakau Oriental utama yang ada pada rokok ini berasal dari Turki yang secara karakter sangatlah kuat. Cenderung memiliki sensasi earthy yang kuat, dalam artian rokok ini memiliki unsur tanah yang cenderung kaya dan terasa. Tarikan pada rokok ini terhitung sangat mantap untuk ukuran rokok mild dengan kadar tar sebesar 15mg, dalam artian rokok ini menawarkan sensasi tarikan yang sangat mantap namun sangat balance dengan sensasi halus yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Sensasi harshness pada rokok ini sedikit terasa namun dalam intensitas yang cenderung halus, kemungkinan dikarenakan blend pada rokok ini yang cenderung memiliki karakter spicy yang cenderung alamiah sehingga sedikit menimbulkan kesan harshness di tenggorokan. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi aroma nutty yang kuat dalam intensitas yang lembut, disertai adanya unsur aroma yang cenderung aromatik kuat, serta sedikit aroma spicy dalam intensitas yang pas. Throat hit pada rokok ini bisa dibilang hampir tidak ada, dalam artian rokok ini hampir tidak memiliki sensasi rasa yang menusuk dan juga cenderung nyaman di tenggorokan. Memiliki durasi bakar sebanyak 10-11 menit, dalam artian rokok ini memiliki durasi bakar yang cenderung sama dengan rokok mild yang umum ditemui di Indonesia. Aftertaste dari rokok ini kuat akan sensasi nutty serta rasa tembakau yang cenderung kuat dan memiliki asam yang alamiah, disertai adanya sensasi plum yang meninggalkan kesan baik di tenggorokan beserta sedikit rasa cocoa yang terasa dan sedikit adanya sensasi manis yang meninggalkan kesan baik di tenggorokan. Namun ketika mendekati batasan tipping paper, rokok ini sedikit menawarkan sensasi chemical taste yang sedikit terasa, dan juga sedikit sensasi panas di bibir serta jari dalam intensitas yang cenderung baik. Saya merasa, rokok ini memiliki sensasi rasa yang cenderung lebih mantap dan lebih terasa, bila dibandingkan dengan sensasi yang ditawarkan oleh A Mild, serta rokok ini kuat akan sensasi Tembakau berjenis Oriental yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Namun rasa manis pada rokok ini cenderung agak kuat, dan sedikit meninggalkan sensasi mual dikarenakan sensasi manis pada rokok ini agak mirip dengan A Mild. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.6 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa rokok yang bisa dikatakan memiliki kualitas tinggi layaknya produk Sampoerna secara umum, sensasi rasa plum dan Tembakau Oriental yang cenderung sangat kuat pada rokok ini, serta sensasi rasa yang cenderung halus mantap membuat rokok ini seakan memiliki sensasi rasa yang lebih baik ketimbang A Mild. Walaupun harga rokok ini berbeda 3000-4000 lebih murah dibandingkan dengan A Mild, namun rasa yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung berbeda dan berkesan lebih macho bila dibandingkan dengan A Mild. Dan juga ditunjang dengan kemasan yang sesuai dengan konteks promosi U Mild saat ini membuat edisi terbatas dari rokok ini sangat layak untuk di koleksi. Namun kelemahan pada rokok ini ialah sensasi rasa manis yang agak kuat sehingga beberapa orang akan merasa mual, adanya sensasi chemical taste ketika mendekati batasan tipping paper walaupun intensitasnya cenderung lebih minim, serta adanya sedikit sensasi panas yang cenderung terasa di jari dan tenggorokan. Namun kelemahan tersebut bukanlah kelemahan yang berarti, terlebih rokok ini cenderung memiliki sensasi rasa yang lebih baik ketimbang A Mild walaupun harga rokok ini sangat terjangkau. Untuk distribusi dari rokok ini sepertinya beberapa warung yang masuk ke dalam jangkauan SRC sudah dijual untuk edisi terbatas kali ini. Dan sepertinya rokok ini sudah mulai bisa ditemui di Indomaret yang memang menjadi sentra penjualan produk HM Sampoerna secara umum. Untuk warung sendiri, pada saat admin menbeli rokok ini, stoknya terhitung banyak untuk edisi terbatas kali ini, dikarenakan U Mild merupakan salah satu produk Sampoerna yang memiliki demand yang cenderung tinggi. Walaupun begitu, penjualan di warung kurang begitu merata untuk saat ini, dikarenakan produk ini terhitung baru di pasaran dan memang secara umum rokok yang dikatakan baru penjualannya kurang begitu merata. Overall saya memberi nilai rokok ini ialah 8.4 dari 10. Artinya rokok ini menang pada rasanya yang terhitung mantap dengan harga yang sesuai, serta kemasan yang cenderung sangat penting untuk dikoleksi. Namun secara harga, rokok ini dikatakan lebih mahal ketimbang mild premium buatan Gudang Garam yang harganya sudah mencapai 16.000.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , ,

CONVERSATION

2 komentar:

  1. Yg namany Adek Rafly DILARANG komentar di sini #stopAdekRaflycomment

    ReplyDelete