GG Mild Limited Edition Pack by @ArioAnin, Limited Edition Pertama dari GG Mild

Selamat sore,

Kali ini mungkin admin sudah jarang membuat review mengenai rokok yang ada di Indonesia. Dan dalam kesempatan ini admin baru saja mendapat sebuah baru yang bisa dikatakan sangat baru dan menurut admin barang ini sangat menarik bila dikaji secara mendalam. Sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa di bulan ini Review Rokok kemungkinan besar akan istirahat sejenak dalam dunia review rokok mengingat barang stok berpita cukai 2017 sampai detik ini masih sangat susah untuk ditemui. Kemungkinan besar barang berpita cukai 2017 akan hadir pada akhir bulan ini atau maret awal, mengingat bagi beberapa merek rokok stok yang diproduksi pada bulan Januari sudah hampir habis. Hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh admin untuk beristirahat sejenak sembari menunggu barang berpita cukai 2017 hadir di pasaran. Maklum, stok produksi Desember akhir dan Januari awal masih kebanyakan menggunakan pita cukai 2016 yang seharusnya pada bulan Februari ini barang tersebut sudah beredar di pasaran.

Anyway, saya ingin membagikan gambar yang kebetulan diunggah oleh salah satu akun Instagram bernama @fidelis_aga yang kebetulan sekitar 5 hari yang lalu sudah mengunggah foto yang sekiranya menjadi edisi terbatas dari GG Mild kali ini. Foto limited edition yang ia upload sudah dikatakan lengkap, dimana pada edisi ini sekiranya merupakan edisi pertama dari GG Mild dan juga untuk saat ini merupakan edisi terbatas dari Gudang Garam semenjak menerapkan PHW yang sekiranya sudah dilakukan pada bulan Juni 2014 lalu. Gambarnya bisa dilihat di postingan dibawah ini.



Gambar ini sekiranya menggambarkan bagaimana GG Mild pada tahun ini memberikan kejutan yang bersifat mendadak (Kalau bukan kejutan ya udah ketahuan dong mau ngeluarin edisi apa). Dalam hal ini sekiranya tiga ilustrasi tersebut dibuat oleh @arioanin yang bisa dilihat karya yang ia buat di https://www.instagram.com/arioanin/ dimana pada edisi ini dibuatlah tiga versi dengan satu inti yang sama yakni "Style Of New Generation" yang sekiranya sudah menjadi spirit dari GG Mild dua tahun belakangan ini (terhitung mulai pada Februari 2016, dimana GG Mild melakukan relaunch terhadap produk ini dengan pendekatan komunikasi yang cenderung menyasar kepada usia 18-30 tahun).

Sebelum membuat review rokok ini, alangkah baiknya saya mencoba menganalisis mengapa GG Mild meluncurkan edisi terbatas-nya pada pertengahan Februari ini dan menggunakan tiga pendekatan utama dari seni, yakni musik, ilustrasi, dan fotografi yang sekiranya merupakan elemen seni yang sering dijumpai di masyarakat layaknya berikut:

  1. GG Mild sejatinya merupakan portofolio utama Gudang Garam dalam segmen mild yang menyasar usia 18-30 tahun yang memiliki jiwa dinamis serta bersifat kekinian. Diluncurkan pada awal tahun 2013, produk ini sejatinya pada awalnya ditujukan kepada perokok Mild merek lain yang ingin mencoba sensasi khas Gudang Garam namun dengan wujud fisik Mild yang sangat umum ditemui (kisaran angka 9 cm) serta menginginkan rokok LTLN yang memiliki karakter yang khas. Diferensiasi ini juga dilakukan pada beberapa portofolio dari Gudang Garam yang masing-masing menyasar kepada segmen yang berbeda. Signature Mild yang menyasar segmen ekonomi menengah keatas, GG Mild yang menyasar konsumen muda generasi menengah, dan Surya Professional Mild yang menyasar kepada konsumen muda kelas menengah ke bawah. Dalam hal ini, pemilihan Ario Anindito sebagai pembuat ilustrasi yang ada pada kemasan ini sangatlah tepat. Berdasarkan profil Instagram yang ada, Ario Anindito merupakan salah satu comic artist (pembuat komik) di Marvel dan DC, seorang art director dan conceptor dari berbagai proyek perusahaan, dan illustrator pada beberapa buku dan majalah. Sekiranya Ario Anindito mengerjakan ilustrasi pada produk ini pada tahun 2016 dimana hasil karyanya bersifat realis dan sesuai dengan konteks yang ada di masyarakat. Berkat prestasi yang sudah dimiliki, serta pengalaman yang ia peroleh, pada akhirnya pihak Gudang Garam (tentu saja berkerja sama dengan Dentsu One selaku creative agency dari produk GG Mild), produk ini seakan memberikan gambaran mengenai bagaimana "Style Of New Generation" yang sekiranya sudah menjadi spirit dari GG Mild dua tahun belakangan ini. Style Of New Generation dapat dimaknai sebagai sebuah gaya hidup yang pada umumnya masuk kedalam generasi milenial dimana dalam hal ini GG Mild seakan menawarkan kepuasan kepada kawula muda yang sekiranya menjadi target utama dari produk ini.
  2. Mengingat prestasi dari Ario Anindito sudah diakui Internasional, GG Mild menawarkan Limited Edition Pack yang sesuai dengan konteks masyarakat muda saat ini yang mengutamakan nilai estetika yang tinggi namun tetap berpegang teguh dengan citarasa GG Mild yang sudah melegenda dan diakui masayarakat. Sejauh ini, berdasarkan Annual Report yang dikeluarkan oleh pihak Gudang Garam pada tahun 2015 mengatakan 89% penjualan dari total pendapatan Gudang Garam masih dipegang oleh segmen SKM yang pada kenyataannya semakin meningkat. Dengan total konsumsi 70,1% dari total pengonsumsi SKM, Gudang Garam seakan menjadi market leader pada segmen SKM, terutama SKM Full Flavor yang sudah tidak diragukan lagi rasanya. Namun untuk SKM LTLN sendiri, Gudang Garam masih belum bisa mendapatkan performa yang baik bila dibandingkan dengan konsumsi SKM Full Flavor yang notabenenya Gudang Garam menguasai hampir dari tigaperempat konsumsi SKM secara keseluruhan. Meningat Limited Edition Pack merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan SKM LTLN, maka diterapkannya rokok ini pada tahun ini menjadi sangatlah tepat, terlebih masih adanya ambisi dari pihak Gudang Garam yang ingin menguasai segmen SKM LTLN dengan portofolio yang bisa dikatakan sangat beragam dan menyasar kepada tiga segmen yang berbeda untuk saat ini. Dan dapat dikatakan bahwa dengan diluncurkannya kemasan Edisi Terbatas kali ini, Gudang Garam seakan menawarkan kemasan yang bersifat kekinian untuk menambah pundi uang yang dikatakan besar walaupun untuk segmen SKM LTLN, Gudang Garam masih harus bertempur dengan pihak Sampoerna yang dikatakan sebagai market leader, dan Djarum yang dikenal penjualannya tidak begitu baik namun pasti tumbuh pada segmen SKM LTLN.
  3. Dengan demikian, dapat dikatakan usaha Gudang Garam pada tahun ini sedikit mengagetkan, dimana saya belum bisa menduga ternyata Gudang Garam akan mengeluarkan Limited Edition Pack pada tahun ini. Spekulasi yang saya dapatkan untuk pabrikan rokok ini cenderung akan meluncurkan versi menthol dari dua varian LTLN Gudang Garam yang sampai saat ini saya belum bisa pastikan apakah benar atau tidaknya. Mengingat hal tersebut masih bersifat spekulasi, maka saya menduga pada kuarter awal 2017 ini, Gudang Garam akan menggenjot penjualan Limited Edition Pack yang pada bulan Februari ini diluncurkan namun promosinya masih sebatas dalam segmen Above The Line dengan promosi berupa sticker promosi dan spanduk yang sudah bisa ditemui di beberapa pasar yang Gudang Garam lakukan.
Nah, itu dia merupakan analisis mengapa Gudang Garam meluncurkan produk edisi terbatas pertamanya setelah dilakukannya PHW dan menggunakan jasa ilustrasi dari Ario Anindito sebagai ilustrator dari edisi terbatas kali ini. Kemudian kita coba review rokok ini mulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini admin beli dengan harga Rp. 14.500 (sedikit lebih murah dari harga resmi rokok ini yakni 15.000, cukai 17.925 tarif tahun 2017) dengan kuantitas isi 16 batang. Untuk harga sendiri saya beri nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna yang cenderung beragam namun memiliki basis warna dasar abu-abu kemerahan dengan adanya elemen putih yang jelas bisa dilihat. Bagian depan kemasan ialah adanya elemen logo GG M I L D dengan menggunakan font modern berwarna merah tua yang terletak pada bagian kanan kemasan dengan adanya objek persegi panjang berwarna putih dengan adanya efek glossy dan emboss yang sedemikian rupa. Objek logo memiliki strokes berwarna coklat tua sebagai lambang penempatan logo GG Mild. Kebetulan yang saya review ini bertema Music, jadi saya hanya bisa mengkaji satu kemasan saja dikarenakan space untuk mereview rokok lain masih banyak. Objek ilustrasi yang dibuat @arioanin disini menggunakan warna dasar putih dan merah, dimana pada objek orang yang bermain gitar dilatarbelakangi oleh semacam gorden berwarna marun dan adanya efek tribal pada bagian kiri atas kemasan. Orang yang bermain gitar menggunakan warna dasar coklat, dan abu-abu dimana topi dari sang pemain berwarna abu-abu, warna dasar kaus yang digunakan ialah coklat muda, dan celana coklat tua dengan posisi handphone berada di bagian kanan celana di kemasan. Objek gitar disini menggunakan emboss sedemikian rupa, bisa dilihat paling terlihat ada pada bagian lengkungan luar gitar tersebut. Sang pemain gitar duduk diatas pegangan sofa dan sofa tersebut berwarna merah. Sang penabuh footed drum menggunakan baju berwarna abu-abu dengan adanya objek lingkaran yang nampaknya menunjukan telapak tangan seseorang, dimana dalam celana tersebut ada tiga robekan pada bagian kanan kemasan dan posisi orang terssebut sedang menabuh footed drums dengan adanya objek jam pada bagian kiri tangan si orang dan posisi sedang menabuh terlihat jelas pada kemasan ini. Adanya case gitar yang terbuka dengan seksama menandakan bahwa gitar tersebut sepertinya diposisikan sedemikian rupa dimana sepertinya sang pemain gitar baru saja mengeluarkan gitarnya dari case gitar. Adanya ilustrasi dari speaker memperkuat kesan musikal yang ingin dibawa oleh versi kali ini. Pada bagian belakang kemasan terdapat objek headset berwarna marun makin memperkuat kesan musikal yang ingin dibawa kemasan ini. Tema dari kemasan yang saya dapatkan ternyata berupa "Revive the Rythm" yang dapat dimaknai sebagai menghidupkan kembali irama. Kesan music dalam kemasan ini makin diperkuat dengan adanya microphone berjenis ribbon dan adanya orang sedang menyanyi. Dalam kemasan ini juga dicantumkan siapa dan profil yang membuat ilustrasi dari kemasan ini, yakni Ario Anindito atau dalam sosmednya disebut dengan @ArioAnin. Ilustrasi ini dibuat pada tahun 2016, dengan adanya unsur case CD dengan tulisan Archieved yang tertutupi dengan seksama oleh satu case CD lainnya. Pada bagian samping terdapat tulisan 16 dalam kotak yang membentuk diagonal, dan bagian kiri kemasan terdapat logo GG MILD dalam kotak berwarna putih dengan latar abu-abu kemerahan. Bagian atas kemasan terdapat logo GG MILD dalam objek yang sama dan disampingnya terdapat logo Gudang Garam dalam kotak diagonal yang sedemikian rupa. Saya sangat suka dengan kemasannya dan menurut saya sangat menarik untuk dijual. Mungkin di lain kesempatan saya akan membagikan dua versi lain dari kemasan kali ini. Dikarenakan kekompleks-an dari kemasan ini membuat saya terpukau, maka saya memberi nilai 10 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Penggunaan inner frame pada kemasan ini sama saja dengan GG Mild varian biasa, yakni dengan adanya frame yang cenderung ke atas. Terdapat foil bertuliskan GG dengan latar garis yang bersifat glossy dan bisa dirasakan dengan seksama. 

Kemudian kota coba robek foilnya dengan seksama


Pada bagian batang rokok ini sama saja dengan GG Mild varian biasa, yakni putih. Isi batang sama saja dengan susunan mild pada umumnya yakni 8 di depan dan 8 di belakang.

Kemudian kita coba tarik batang rokoknya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki diameter dan panjang yang sama dengan mild pada umumnya. Pada rokok ini tidak terdapat batasan tipping paper, dimana dalam tipping paper rokok ini bertuliskan GG di bagian depannya dan tulisan MILD dengan efek glossy yang menghadap horizontal. Perforasi yang digunakan pada rokok ini berjumlah dua baris, dengan adanya perforasi berbentuk dot, dengan jarak yang cukup dekat namun agak berjauhan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Bila kita coba ecap rokok ini, rokok ini seakan menawarkan unsur berry yang kuat disertai sedikit adanya unsur nangka. Namun ketika dibakar, rokok ini akan menawarkan sensasi fruity berupa berry (dalam hal ini antara raspberry atau strawberry) yang sangat intens disertai sensasi khas leci layaknya rokok mild pada umumnya. Rasa berry ini seakan berpadu dengan manisnya rokok yang sudah menjadi bawaan dari rokok ini. Dalam hal ini, rasa berry-nya semakin dominan ketika kita mencoba setelah hisapan kedua dan seterusnya. Rasa spicy dalam rokok ini cenderung lemah bila dibandingkan dengan rasa berry yang menjadi daya tarik dari rokok ini dimana dalam hal ini walaupun lemah, saya bisa merasakan adanya sedikit a hint of spiciness yang saya duga berasal dari penambahan adas manis yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Manis pada rokok ini cenderung lebih kuat, namun bila dibandingkan dengan Signature Mild akan terasa lebih kuat Signature Mild. Sepertinya Gudang Garam mereformulasikan sensasi manis berry yang sudah menjadi daya tariknya. Saya bisa menangkap sensasi sweet fermented berkat adanya penambahan essens buah berry pada rokok ini. Tidak menimbulkan harshness ketika merasakan rokok ini, cenderung memiliki karakter yang mellow disertai rasa tembakau yang menurut saya lemah. Walaupun begitu, rokok ini menggunakan tembakau lokal berkualitas sehingga menimbulkan sensasi balance, walaupun masih kuat sensasi berry dari rokok ini. Tarikannya menurut saya pribadi sangat mantap dan smooth, dalam hal ini saya bisa merasakan sensasi kuat buah dalam tarikan rokok ini. Throat hit hampir tidak terasa pada rokok ini walaupun saya sedikit bisa merasakannya dalam tensi yang cenderung lembut, dan cenderung memiliki karakter basah sehingga tidak menimbulkan rasa kering ketika sedang merokok GG Mild. Rasa spicy dalam rokok ini cenderung menguat pada akhir-akhir bakaran walaupun pada rokok ini cenderung kuat karakter fruity-nya. Durasi bakar rokok ini sekitar 10 menit pas, dalam artian rokok ini lebih baik dibandingkan dengan A Mild dan cenderung sedikit lebih cepat bila dibandingkan dengan Signature Mild. Memiliki aftertaste berry yang sangat terasa berpadu dengan sensasi sedikit leci, dan dalam hal ini berpadu dengan sensasi manis yang cenderung intens. Sedikit ada kelemahan ketika mendekati tipping paper, cenderung mengeluarkan rasa yang sedikit berbeda namun saya bisa toleransi. Overall saya sangat suka terhadap rokok ini, walaupun begitu saya masih mengunggulkan Signature Mild dalam hal balance blend serta rasanya yang lebih bold. Untuk rasa saya memberi nilai 8.8 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan kemasannya yang menurut saya enerjik dan mengeksplorasi kehidupan urban yang saat ini dilakukan, GG Mild Limited Edition Pack menawarkan sesuatu hal yang berbeda diantaranya ialah kemasannya yang bersifat eye catching, harganya yang cenderung murah dan rasanya yang sangat mengagumkan untuk hitungan mild dengan harga murah membuat rokok ini saya sangat sarankan untuk membeli, dan terutama karena sifat rokok ini ialah edisi terbatas maka rokok ini sangat layak untuk dikoleksi dengan seksama. Kelemahan rokok ini hanya sedikit, namun untuk distribusi rokok ini sejauh ini saya baru bisa menemukan satu stok saja di warung langganan saya, dan sepertinya admin merupakan pembeli yang sedang beruntung dimana stok rokok ini sepertinya hanya satu di warung langganan admin. Kemungkinan besar distribusi akan mulai pada hari ini, mengingat barang tersebut sepertinya baru sampai ke tangan admin hari ini. Overall saya menyukai rasa rokok ini dan kemasan-nya layak untuk dikoleksi. Skor total dari rokok ini 9.1 dari 10. Artinya rokok ini menang pada kemasannya yang menurut saya eksklusif dan rasanya yang sangat baik untuk hitungan mild, namun harga hampir mendekati mild kelas menengah keatas yang sejauh ini admin perhitungkan masih sangat terjangkau untuk rokok berjenis Limited Edition.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di 
ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , ,

CONVERSATION

9 komentar:

  1. Bang Review Gudang Garam Signature dong bukan yang Mild ya tapi yang Hitam Original tolong ya orang banyak yang ribut tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset siapa yang ribut boy wkwkwk perasaan b b aje :))

      Hapus
    2. Semua orang bang banyak yang ribut reviewnya Gudang Garam Signature yang hitam saya lihat di blog ini tapi reviewnya belum noggol sama sekali kata admin Review Rokok tunggu dulu Review Gudang Garam Signature yang hitam katanya nungguin cukai baru bang

      Hapus
    3. Gue rasa nggak ada yang ribut, lo doang kali yang nggak sabaran :)) tunggu aja lah, si admin ini juga nggak habisin waktu cuma ngerokok doang, dia punya kerjaan lain braay

      Hapus
    4. Shut up dek Rafly, adek aja yang ngerasa banyak ribut padahal rata-rata cuman berapa orang doangan yang request. Bisa sabar dikit nggak sih dek? Adek aja bukan perokok, baiknya diem aja. Buat pakrete (kayaknya ane tau nama aslinya ini orang, salah satu followers ane di twitter yang setia), jangan diladenin orang kayak gitu. Maklumin dia masih bocah, dia nggak paham bagaimana susah-susah buat review panjang begini malah dia tanggepin asbun. Tapi ada gunanya sih si dek Rafly komen terus di blog ane, lumayan biar pembaca mobile bisa komen di blog ini. Alias mancing lah.

      Hapus
    5. Besok mau review Djarum Super Mild ya bang penggantinya Djarum Super Mezzo bang?

      Hapus
  2. Hahahaha sorry gan, ane emang suka gitu orangnya.. sorry juga ya gan kesannya bikin lo spam.. peace out!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slaw, selama komen agan masih normal masih ane tanggepin biasa aja. Gue tau kok lo orang yang dikatakan normal, nggak kayak dia yang agak sedikit butuh bimbingan biar nggak kayak gitu. H e h e h e

      Hapus
  3. Aku ga ngerokok sih, tapi ilustrasi bungkus rokoknya ciamik banget! Jadi pengen ngoleksi:D

    Kalo GG mild yang ilustrasinya baru gimana tuh? pengen liat closer looknya dong

    BalasHapus