Marlboro Filter Black, SKM Full Flavor Pertama di Indonesia dengan Air Flow Filter dan Pro Seal

Selamat malam,

Hari ini merupakan postingan pertama admin di bulan September tercinta ini. Mengingat saya sudah banyak mereview rokok di Indonesia, maka saya bisa mengklaim web ini menjadi satu-satunya blog yang membahas rokok secara komprehensif, baik dari segi kemasan, dari segi isi, dan juga dari segi rasa. Maklum, di luar negeri sana banyak yang membahas mengenai rokok terutama dari negeri Jepang sana. Saya jujur bingung mau intro apa di postingan kali ini, yang jelas saya mau bahas soal Marlboro Filter Black yang pada Jumat kemarin hari sudah terdistribusi di Indomaret namun peluncurannya sendiri pada akhir Agustus 2016.

Saya sedikit ingin bercerita mengapa admin bisa mendapat produk ini. Saat itu admin dalam kondisi pulang ke Jakarta untuk menemui orang tua. Dalam hal ini admin sebelum pulang menyempatkan diri untuk membeli produk yang baru saja diluncurkan ini. Saya melihat di etalase harganya Rp. 20.000* sesuai harga yang direkomendasikan. Kemudian admin akhirnya membeli dengan sepenuh hati demi para pembaca semua. Dan selesailah cerita random ini.

Oh iya, saya ingin memberitahu bahwa Marlboro Filter Black merupakan produk kedua dari Marlboro dalam segmen SKM Full Flavor dimana sebelumnya sudah ada Marlboro Filter Mix 9 yang sudah diluncurkan sebelumnya pada tahun 2007 namun dikarenakan penjualannya kurang baik maka produksinya dihentikan.

Ada beberapa alasan mengapa Marlboro Filter Black mulai diluncurkan pada akhir Agustus 2016 dan baru beredar sekitar awal September 2016 dan masuk ke warung pada tanggal 5 September 2016 diantaranya sebagai berikut

  1. Segmen SKM FF atau lazim disebut dengan rokok filter (dalam bahasa awamnya) merupakan segmen yang dianggap Philip Morris Indonesia cukup menjual dikarenakan berdasar Annual Report yang sudah dipublish pada kuarter 1 2016 menunjukan segmen SKM menunjukan angka 73,5% dimana Sampoerna sendiri menguasai 29,9% dari segmen SKM secara keseluruhan, dalam hal ini A Mild menyumbang banyak penjualan sebanyak 15% dari total keseluruhan penjualan rokok di Indonesia dan menjadi market leader di Indonesia dari total penjualan rokok. Sedang Marlboro sendiri hanya mampu meraih market share sebanyak 5,1% dari total penjualan rokok di Indonesia atau masuk kedalam peringkat 5 rokok yang paling banyak terjual di Indonesia. Mengingat brand equity dari Marlboro sudah sangat baik, dan banyak pertimbangan mengingat 93% perokok di Indonesia ialah perokok kretek maka Marlboro akhirnya mengeluarkan lagi versi SKM FF dengan beberapa perubahan yang signifikan dibanding sebelumnya.
  2. Pasar SKM FF dengan kadar tar dibawah 30 mg bisa dibilang sangat jarang pemain untuk saat ini. Pelopornya ialah Surya Professional dimana kadar tarnya ialah 25 mg dengan rasa khas Full Flavor namun dengan ukuran yang lebih kecil. Djarum Black juga bisa dikatakan sebagai pesaing dari Surya Pro namun dengan diameter yang lebih kecil yang sama dengan rokok mild pada umumnya. Dikarenakan Marlboro memiliki image maskulin yang tinggi (untuk seri merah atau Flavor), maka dipilihlah Marlboro Filter Black untuk menandingi kedua merek rokok tersebut.
  3. Dengan inovasi Air Flow Filter (dua lapis filter, dengan lubang berbentuk tube), Marlboro Filter Plus menawarkan hal yang berbeda dengan kompetitor yakni rasa yang lebih mantap namun dengan smoothness yang baik serta kadar tar yang lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor. Disertai dengan inovasi PRO SEAL yang pertama kali ditawarkan di Indonesia, rokok ini seakan menjadi pesaing berat dari Dunhill Filter yang menawarkan seal Reloc namun akan kerepotan dalam membuka sealnya, dimana dengan adanya PRO SEAL  ketika dibuka kemasannya langsung terbuka sealnya secara otomatis. Dalam hal ini ditujukan sebagai jawaban Sampoerna atas adanya Dunhill Filter yang diluncurkan pada November 2014 lalu.
  4. Produk ini seakan menjadi produk adaptasi dari Marlboro Premium Black yang sudah diluncurkan di 3 negara ASEAN namun dengan kearifan lokal yakni dalam wujud SKM Full Flavor. Dengan kesamaan dalam kemasan dan seal yang digunakan, serta tipping paper yang memiliki desain hampir mirip, Marlboro seakan memasuki segmen baru dalam hal SKM Full Flavor dengan adanya seal dan inovasi pada filternya yang tidak bisa ditiru kompetitor.
Baiklah itu merupakan alasan mengapa Marlboro meluncurkan versi kreteknya pada akhir Agustus lalu. Daripada kelamaan lebih baik kita review rokoknya dengan seksama. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 20.000 (cukai 20.000) dengan kuantitas isi 20 Batang. Untuk ukuran SKM Full Flavor bisa dibilang terhitung murah mengingat bila diketeng, rokok ini akan dijual dengan harga 1.000 per batangnya. Untuk harga sendiri saya memberi nilai 7.4 dari 10.

Kemudian kita review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna merah tua disertai warna hitam. Model kemasan ini menggunakan kemasan sudut C-Shape yang sudah diterapkan pada Marlboro yang menggunakan Pro Seal. Bagian depan dan belakang kemasan terdapat rooftop Marlboro berwarna merah tua disertai emboss tulisan Marlboro dan logo Philip Morris khas dari Marlboro 2.0. Logo Philip Morris berupa badge dimana teksturnya bisa dirasakan dengan sangat halus, dan tulisan Marlboro disini menggunakan warna merah tua dengan unsur transparan. Adanya tulisan   FILTER BLACK berwarna putih disertai garis berbentuk jarum berwarna merah menyiratkan rokok ini masuk kedalam jenis SKM FF dimana dalam hal ini tulisan FILTER-nya di bold sedemikian rupa dan tulisan BLACK di italic-an untuk mempertegas varian terbaru dari Marlboro ini. Hitam disini melambangkan kesan bold dan harsh yang ingin dijual oleh rokok ini, sedang merah melambangkan berani dan menggambarkan rasa yang full khas keluarga Marlboro Flavor. Tulisan 20 CIGARETTES dengan font ala eurostile menggambarkan rokok ini berisi 20 batang. Bagian samping kemasan tertulis FILTER KRETEK dan SKM yang menjelaskan rokok ini masuk kedalam jenis SKM dengan rasa yang full alias Full Flavor. Bagian samping lainnya terdapat logo AIR FLOW FILTER yang menjelaskan fitur utama yang ingin dijual rokok ini. Air Flow Filter sendiri tersusun dari dua filter asetat yang pada bagian bawahnya merupakan filter biasa sedang bagian hisapannya terletak sebuah hollow atau lubang khusus yang mampu mengambil udara banyak untuk menciptakan kesan smooth namun tetap memiliki rasa yang mantap. Bagian atas kemasan terdapat logo Marlboro dalam kotak merah tua transparan dan bagian bawah rokok ini tertulis PT HM SAMPOERNA, Tbk. yang merupakan anak perusahaan dari Philip Morris International. Sangat menjual dan menarik untuk dilihat. Untuk kemasan sendiri saya memberi nilai 9.4 dari 10.

Kemudian kita buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Ketika plastiknya dibuka dan kemasannya dibuka, kemasan ini bisa dibilang agak sedikit susah dibanding kemasan rokok pada umumnya. Kemasan luar ini ketika dipegang sangat doff layaknya Marlboro 2.0 pada umumnya. Terdapat foil otomatis yang dinamakan PRO SEAL yang berfungsi menjaga citarasa rokok tetap sama dari awal bukaan hingga akhir bukaan dan menjaga kelembaban dari rokok itu sendiri. Serta menghindari penyakit masuk angin yang mungkin bisa terjadi pada rokok ketika dibiarkan kelamaan. Sepertinya PRO SEAL akan ditawarkan pada keluarga Marlboro lainnya paling minim tahun depan. Doakan saja. Kuantitas rokok ini ialah 20 batang dengan susunan yang sama dengan jenis rokok isi 20 batang umumnya.

Kemudian kita coba tarik batangnya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang yang sama dengan SKM FF dengan ukuran panjang pada umumnya namun dengan diameter yang agak sedikit lebih slim dibandingkan kompetitor. Dalam hal ini pada bagian tipping papernya terdapat motif cork pada umumnya dengan warna abu-abu, disertai objek yang diatasnya bertuliskan FILTER BLACK dengan adanya unsur segitiga curve, dan tulisan Marlboro di sisi lainnya. Bisa dibilang pada bagian tipping papernya mengadopsi Marlboro Premium Black yang dijual di 3 negara Asean.

Hal yang unik pada rokok ini ialah adanya filter bolong yang disebut dengan Air Flow Filter. Mekanismenya ialah mengambil udara banyak dan masuk ke bolongan (hollow) untuk menciptakan kesan smooth namun tetap berkarakter. Filternya bisa dilihat dibawah ini.


Baiklah, daripada kelamaan mending kita coba rasakan rokoknya dengan seksama. 


Rasa rokok ini bisa dibilang sangat fruity dan spicy, tingkat kemanisan rokok ini bisa dibilang menengah. Memiliki unsur cocoa yang cukup terasa, disertai unsur berry (kemungkinan Raspberry) khas rokok buatan Gudang Garam dan sentuhan fermented khas black rhum yang cukup terasa. Dalam hal ini intensitas spicynya sangat terasa, namun tertutupi dengan sensasi saus campuran berry, nangka, dan cocoa. Dalam hal ini karakter Marlboro tergambar dengan unsur cocoa, sedang karakter kreteknya tergambar dengan unsur berry dan ada sedikit unsur nangka. Agaknya rasa rokok ini mengingatkan saya dengan U Bold yang dulu saya pernah review, namun dengan intensitas yang lebih rendah. Cukup harshnessnya, namun smooth ketika ditarik. Hal ini dikarenakan adanya Air Flow Filter yang membuat rasanya lebib refined namun tetap menjaga citarasa strong yang ingin dijual rokok ini. Ketika dibakar maka flow filter akan berubah warna sebagai berikut


Hal ini dapat disimpulkan bahwa rokok ini merupakan rokok dual filter pertama dalam segmen SKM Full Flavor. Unsur spicy disini cukup terasa terutama berkat adanya penambahan rempah dalam intensitas yang menengah. Throat hit tidak begitu terasa, namun unsur earthy rokok ini sangat terasa terutama penggunaan tembakau lokal berkualitas yang sangat terasa. Sangat nikmat, bahkan sangat mantap bila ditemani kopi hitam. Aromanya sangat nikmat, bahkan menurut saya sangat enak secara rasa. Tidak menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan mengingat Air Flow Filter sangat mampu membuat tarikan yang lembut namun tetap berkarakter khas. Durasi bakar sangat pas, bahkan menurut saya rokok ini lebih cepat dibanding SKM FF umumnya, namun dengan waktu yang pas sehingga cocok untuk nongkrong dalam waktu cukup cepat. Namun kelemahannya ialah ketika mendekati tipping paper rokok ini akan mulai panas, namun tipping paper rokok ini cenderung lebih kuat dibandingkan SKM FF buatan Sampoerna lainnya. Memiliki aftertaste yang cukup terasa, terutama sensasi fruitynya. Sangat mantap dan cukup saya bisa rekomendasikan terutama bagi anda perokok SKM FF yang ingin merasakan sensasi berbeda. Untuk rasa saya beri nilai 8.7 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan harga per batang yang terhitung lebih murah, adanya seal khusus secara otomatis, dan kemasan yang keren serta rasa yang mantap, rokok ini saya bisa rekomendasikan terutama bagi anda yang menginginkan sensasi lebih dalam sentuhan full flavor. Harga rokok ini memang mahal bila dibeli perbungkus, namun secara matematis rokok ini termasuk murah mengingat bila dibeli satuan maka harganya hanya 1.000. Untuk distribusi sendiri sudah baik, namun hari ini saya hanya bisa menjumpainya di Indomaret mengingat distribusi akan berjalan baik ke warung mulai esok hari. Kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati akhir akan terasa panas mengingat rokok ini masuk kedalam SKM FF, kelemahan ini memang sudah terjadi pada rokok SKM FF buatan Sampoerna, namun adanya tipping paper yang lebih kuat mampu menahan rasa panas tersebut sehingga tidak sepanas merek SKM FF Sampoerna lainnya. Overall saya sangat suka dengan rokok ini, yang jelas saya memberi nilai 8.5 dari 10. Artinya rokok ini memang mahal secara harga, namun karena rokok ini masuk kedalam SKM FF maka akan terhitung lebih murah dibandingkan kompetitor.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok dan ask saya di ask.fm/reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , , ,

CONVERSATION

143 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan, review rokok maxus dong.. udah banyak iklannya di baligo sama poster2.. :D

      Hapus
    2. maxus belom ada barangnya di jabodetabek gan, paling deket kisaran purwakarta/cikampek. disini lagi fokus ama jazy mild

      Hapus
    3. btw ane udah coba nih MFB, lumayan enak, pas rokonya dicium aromanya kayak oreo yang krim stroberi atau susu stroberi toping coklat gitu,pas di isep awal bakaran enak mirip garpit cuman pas akhir bakaran rasanya kayak agak pait/asin gimana gitu, gak panas kayak magnum.. cuman ane masih lebih prefer magnum sih..

      Hapus
    4. Di tempat ane udah ada tuh maxus tapi kyknya ga laku deh, yang beli di warung ane cuma penasaran aja ama rasanya. Pdhl kalo beli 1 slop gratis mug tapi ane cm beli sekali doang krn ga laku hehehe...

      Hapus
    5. Bang kalau Marlboro Filter Mix 9 kalau produksinya diberhentiin tuh bukan karena penjualannya tapi iklannya doang nggak ada di tv

      Hapus
  2. Gan,marlboro filter black rasanya mantap, manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap, belakangan jadi favorit saya mas

      Hapus
  3. Kemasan maxim pertama di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap, btw disini maximnya bermakna apa ya?

      Hapus
  4. Baru baca nih ada juga yang review,kemaren saya baru review juga gan silahkan mampir bila berkenan https://www.instagram.com/p/BJ9dOeEAtgM/

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah saya buka linknya ya, overall review mas bagus kok untuk ukuran instagram, singkat, padat + jelas e h e h e

      Hapus
  5. mantap bang bro .... nunggu ni rokok hadir di kota ane.
    ane pecinta marlboro sejati bang bro ... temen santai yang paling nikmat dalam hidup ( marlboro )

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kecewa ya, karena marlboro yang ini beda banget ama marlboro biasa rasanya, karena ini jenisnya kretek bukan putihan. semoga mas suka kalo udah ada barangnya. btw cuman di launch di 25 kota doang untuk saat ini

      Hapus
  6. Saya Kangen Sama Marlboro Merah Edisi Lama Hikzzz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah room mas e h e h e tapi gapapa sih wong banyak juga yang kangen ama marlmer lama

      Hapus
  7. Balasan
    1. nggak biasa rokok berat ya? mungkin mas kebiasaan rokok rendah nikotin jadi sekalinya dikasih yang agak high langsung puyeng h e h e h e

      Hapus
  8. Misalkan saya punya uang 20rb enakan beli ini, gori, atau lem aibon? Walaupun saya lg ngidam beli kaset ps sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan beli ini lah, yang lain bikin fly doang.

      Hapus
  9. saya termasuk perokok berat marlboro light hampir 15tahun blm pernah ganti,sekarang dah berasa harga marlboro mahal banget gan..ada alternatif rokok yg mirip marlbor putih ga ya.heheh..btw pengen nyobain jg tuh marlboro filter black..ntr malam coba ubex2 indomart..Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah coba camel white gan? rasanya 11 12 ama MarlPut lama, kasarnya sama dan mantapnya sama

      Hapus
    2. yg penting harga di bawah marlput gan.haha,klo camel pasti ane tebak si cocok..cmn harganya paling kisaran sama deh sama marlput

      Hapus
    3. atau paling coba cari country lights yang harganya bener-bener murah. but rokok ini saat ini terhitung susah dipasaran h e h e h e

      Hapus
    4. Country Lights sekarang sudah tidak ada lagi dipasaran bahwa produk rokok ini sudah diberhentikan produksi penjualannya tapi menurut saya Country itu bukan rokok putih buatan Indonesia dan penjualannnya bukan lokal tapi global kalau rokok ini buatan Inggris tapi di Inggris diluncurkan tahun berapanya saya nggak tau sama sekali paling minim Country di Inggris tahun 1864 kalau tidak salah

      Hapus
  10. 6-7thn yang lalu LA Light jaman masih harga Rp.12500 makin mahal pindah ke Djarum MLD lama2 rasanya agak hambar/kopong..haha..
    Pas kebetulan L.A Bold muncul nyicip ternyata cocok akhirnya pindah ke L.A Bold, sehari2 ngerokoknya enggak tiap waktu nyedot, biasanya 1 jam sambil ngopi abis-sambung sampe 4/5batang enak cocok gak bikin keliyengan haha, nah tadi sore disuruh coba temen Marlboro yang baru ini, abis sebatang udah rada bosen, rasanya kaya wismilak diplomat yang ada garis2nya menurut saya agak berat gitu., enak sih tapi enggak seenak L.A Bold..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan rokok mild, sekalinya ditawarin Full Flavor emang umumnya nggak kuat dan akan ngerasa berat dan mungkin akan nggak cocok. LA Bold masih itungannya SKM LTLN walaupun dia kadarnya diatas rokok sejenis dan diameternya lebih besar

      Hapus
  11. Bungkusnya keren Gan, rasanya manis mantap, wanginya ga terlalu tajem, isapannya smooth. Cocok nih buat yang dulunya suka rokok kaya cita rasa merek yang lain untuk coba beralih ke rokok ini Gan. Harganya terjangkau, kalo dihitung batangan harga masih lebih murah. Kalo bungkusan cuma 19.000,- an di toko deket rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap review singkatnya,

      Btw kok cuman 19.000-an? disini harganya 20.000 pas lho. Suer

      Hapus
  12. Bru beli pas pulang ngopi di surabaya ada di daerah urip sumoharjo
    Soal rasa msh tetep nikmat sperti marlboro lainya
    Top deh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal ini jenisnya kretek lho, dulu user kretek full flavor ya? Soalnya yang bisa bilang tetep nikmat ya yang pernah ngerokok jenis kretek full flavor ex: surya, super. Umumnya yang suka Marlboro jenis SPM akan bilang ini berat banget + beda rasanya.

      Hapus
  13. Gan numpang nanya,selama ini kan ane isep nya blackmenthol marlboro
    cobain ini perpindahan nya gimana gan?lbh berat ini apa blackmenthol..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo black filter ini jenisnya kretek bro, jelas lebih berat ini daripada blackmenthol. Kalo rasa lebih kayanya campuran sampoerna mild + dunhill mild, cuma buat narik asepnya lebih enteng black filter soalnya ada dual filternya, cmiiw

      Hapus
    2. Kalo perpindahan dari Black Menthol ke Filter Black, mas mungkin akan ngerasain sensasi aneh kayak ada rasa manis yang beda. Biasanya kalo peralihan umumnya beberapa jam gitu mas. Masalah berat, beratan ini jelas, karena ini tarikannya khas Full Flavor Kretek yang emang terkenal berat

      Hapus
  14. Mirip apa gan kalo ini rasanya?

    Sorry kalo oot, kebetulan dl pakai garpit ( gudang garam filter ), tp semenjak ganti kemasan 2 taunan lalu, jadi ga enak rasanya ga kaya yg dl.. Sampoerna u bold sama ini enak mana dan lebih mirip ke gudang garam yg mana?

    Skrg saya pakai sampoerna mild

    BalasHapus
    Balasan
    1. Somehow rasanya 11 12 ama Garpit atau Surya, cuman agak campur ama karakter harsh punya Marlboro dan kalo ane rasa ini versi lebih enaknya dibanding U Bold mengingat filternya ada dua dan juga kadar tar lebih rendah dibanding U Bold namun dengan rasa narik yang hampir sama. Konon kata temen ane yang ngonsumsi garpit lama dan sekarang masih setia di garpit, aroma pas dicium mirip dengan garpit lama h e h e h e.

      U Bold emang nggak bisa digantiin, namun ane nggak suka kalo udah mau ke puntung terakhir, alias panas banget walaupun ane akuin untuk rokok kelas 10ribuan U Bold paling enak diantara merek rokok sejenis. Stok U Bold di Depok masih terhitung sangat susah walaupun ada warung yang dapet stoknya mungkin karena disini pendatang sangat banyak.

      Hapus
  15. saya daily masih narik magnum filter.. mau nyoba rokok ini kalau cocok, balik lagi ke marlboro haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain aja gan, asli enak banget dan murah hitungannya

      Hapus
  16. Gan ane baru mau nyoba nih. Belum tau juga udah ada apa belum di area purworejo. Biasanya isep Sampoerna Mild. Move on dari doi itu rasanya kok berat belum ada yang bisa gantiin rasanya. Buat refren aja. Menurut agan enakan mana Marlboro ini atau Sampoerna Mild gan? Dari segi harga seh relatif sama kayaknya. Cuma soal rasa aja neh gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enakan ini asli, kalo agan biasa rokok mild emang first time bakal ngerasa berat. cuman kalo ane yang bisa sebat banyak jenis rokok, ane akuin ini enak banget. masalahnya jarang banget ada merek jenis SKM FF yang nawarin isi banyak dengan hitungan harga lebih murah. serius, switch aja. ane aja udah switch ke sini, maklum rasanya ngingetin ama U Bold yang belakangan mulai dijual di warung kisaran depok ehehehe

      Hapus
  17. Di Bali belum ada nih, kata spg ny belum masuk Bali, nyoba keliling nyari juga ga dapet. Huhuhu 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom masuk ekspansi gan tandanya, harusnya paling minim bulan depan udah masuk. kalo masih belom tunggu taun depan kali eheheh

      Hapus
  18. yg saya rasakan di marlboro black filter ini nendang pass di hisap beda dengan marlboro merah dan putih
    -+ rasa hampir mendekati djarum super untuk aroma dan rasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadar tar lebih tinggi, rajangan lebih kasar, plus ini jenisnya kretek makanya lebih nendang. saya malah mikir ini rasanya kayak rokok buatan Gudang Garam malah karena manisnya langsung, beda ama Djarum yang manisnya baru bisa dirasain beberapa hisapan dahulu

      Hapus
  19. Di bangka belitung apa kah sudah masuk gan rokok marlboro ini ?

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. hahaha ini sama ama pikiran ane, filter banget cuman agak beda

      Hapus
  21. kl soal rasa..ane rasa ini mirip sm marlboro "mix 9" yg dulu smpet keluar trus ga lama ilang dr pasaran.. buat yg ud ngrasain rokok Ubold dari sampoerna ane rasa juga mirip rasanya..cuma yg ini lebih lembut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marlboro Filter Mix 9 diberhentikan produksinya bukan karena penjualan tapi iklannya saja yang tidak ada di tv ya walaupun pihak Sampoerna tidak mau ngiklanin Marlboro di tv pada saat itu kalau menurut saya alasannya tidak tau sama sekali

      Hapus
  22. Balasan
    1. hahaha emang mbak, kayak garpit rasanya cuman ini versi entengnya

      Hapus
    2. Mbkputri suka garpit ya��

      Hapus
  23. Gan,gue perokok marlboro merah udah sekitar 3.5 tahunan mau nanya kalo yang roko marlblack ini aroma khas roko marlboro masih ada kah? Ko tadi gue baca ada yang bilang kaya wismilak??

    Oh iya menurut agan marlboro merah sama yang sekarang beda ga sih soal rasanya menurut gue sama temen gue sih beda setelah beberapa bulan kemarin ganti kemasan,agan kan suka mengamati produksi roko yang beredar sini.
    Sori banyak nanya sekedar nambah wawasan gan soal roko.thanks banget sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karakter kering harshnessnya + cocoanya masih ada cuman ini campuran ama fruity bawaan kretek. karena ini jenisnya SKM, bukan SPM kayak Marlboro biasa ya jelas rasanya beda gan.

      untuk masalah Marlboro sekarang yang beda, ane udah sering nanya ke user Marlboro yang sampe sekarang masih make. mereka akuin rasanya lebih smooth, namun secara rasa corenya sama aja alias sebenarnya nggak gitu signifikan. cuman sih ane pribadi cenderung lebih suka yang versi baru karena lebih smooth aja gitu. konon sih sekarang tetep banyak yang setia mengingat adaptasi dari user udah mulai nerima dari kemasan baru ini. yang jelas mereka tetep suka Marlboro merah kok, walau mereka akuin Marlmer lama tetep lebih enak

      Hapus
  24. Baru nyoba ini, rasanya kayak U mild. Atau U bold ya? hehe saya belum pernah coba U bold malah.
    Tarikannya enteng karena filternya ada kopong nya gitu, ujung filternya terasa manis manis. setelah dibakar 2 menit hampir keinget rasa samsu sedikit, soalnya saya demen banget samsu.. durasi rokoknya cuma 7 menitan.. :/
    rasa nya dikasih skor 7 aja deh haha. lumayan enak, descent..
    saya lebih suka ini dibanding Dunhill filter sama gudang garam signature filter.

    lama kelamaan pusying karena udah lama gak kretekan, trauma ngisep garpit pusing mual wkwk.

    saya heran kok marlboro jadi kretek gini haha.. saya kira mirip Camel Black gitu? ga kebaca filter kretek di samping kotak nya waktu beli. haha

    saran saya beli tembakau loose aja alias ngelinting sendiri.. hahaha lebih awet kantong dompet istri pun tidak cerewet :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas mending compare dulu ama U Bold, karena rasanya 11 12 ama U Bold, cuman ini lebih enteng aja gitu.

      baguslah mas lebih suka ini, saya juga ngerasa rokok ini lebih dapet feelnya daripada dunhill filter mengingat kadar tar dan nikotinnya juga lebih tinggi.

      sekarang user SPM ya? pantesan pusing eheheh

      biasa, strategi market. ngeperluas brand porto aja makanya Marlboro nyoba lagi ngebuat kretek. lain kali kalo mau beli liat dulu ya bagian sampingnya itu jenisnya SKM apa SPM ehehehe.

      biasa mars brand ya sekarang tembakaunya ya? atau tembakau mole? saya jujur pengen switch ke lintingan namun nggak tau yang jual papirnya itu gampang atau nggak soalnya jual tembakau loose atau orang luar nyebutnya sebagai Roll Your Own (RYO) aja susah banget, paling minim musti ke circle k yang notabenenya banyak produk rokoknya.

      Hapus
    2. menurut pendapat ane gan yang tadi udah nyobain nih rokok lumayan lbh enteng dari pada rokok ane djarcok filter gan tpi rasa lbh djarcok filter gan.udh biasa filter gan walaupun di selingin magnum blue.hehe

      Hapus
  25. Marlboro Premium Black emg gk masuk Indo apa blm masuk mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom tau, kemungkinan kayaknya nggak bakalan masuk. mengingat harganya lebih mahal dibanding Marlboro biasa

      Hapus
  26. hmm,,,adminnya jago juga nih...
    semua masuk ya bro..
    abis brp duit selama eksperimen?

    promonya OK,,mudah2n dilirik PT. Sam,tbk nya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ane semua masuk gan kebetulan e h e h e

      i dunno udah habis berapa, yang jelas ditotal-total udah banyak sih. doakan ya ane mau ngapply inkompass tahun depan (program magangnya Sampoerna)

      Hapus
  27. Ama marlboro red beda jau ga bro rasanya..klo yg suka marlboro ma emang enak di rasa pahitnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh, karena ini jenisnya kretek bukan putihan kayak marlboro red

      Hapus
  28. sy user gudang garam signature ...sy penyuka smooth marlmer....rokok ini mewakili keduanya nih...moga adaptasinya manteb ke saya. ..
    penilaian : oke ...

    BalasHapus
  29. Ini di Jakarta kira-kira udah keluar belum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, tapi jangan beli di alfa group karena barangnya nggak masuk sana

      Hapus
    2. Marlboro Filter Black nggak ada iklan barunya lagi?

      Hapus
  30. Barusan gue beli di salah satu swalayan di Banda Aceh Rp. 19.500. Rasanya masih kalah sama rokok lokal yang harganya lebih murah, saya kasih nilai 3 buat MFB dan 9 untuk rokok lokal. Tapi kalau dibandingkan dengan kompetitor saya kasih nilai 7 buat MFB dan 5 untuk kompetitor (DS/GGS). Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. rokok lokalnya apa ya gan btw? makasih

      Hapus
  31. Bang, klo saya ngerokok dg rokok yg kadar Nikotin dan Tarnya di atas 1,5gr - 20gr, kayak filterblack ini, saya selalu ngerasa pusing bang, itu kira2 knp yak? Jdi slama ini sya kurang bisa merasakan rokok2 dg rasa yg berbeda dri yg lain, paling sya cuma ngerokok Sampoerna, Super Mild, dan Black Cappucino doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas tandanya nggak biasa ama kadar tar sekitar segitu, istilahnya kalo bahasa kedokterannya mas mulai ngerasain gejala akan keracunan nikotin. biasanya itu kejadian kalo mas nggak biasa, saran sih mending jangan terusin mengingat kalo mas terus-terusan bakalan ngebuat mas nggak berdaya dengan nikotinnya. kalo boleh saran sih mas coba up ke rokok Full Flavor yang medium dulu semisal Dunhill Filter karena nggak gitu tinggi juga sebenarnya kadar nikotinnya dibanding full flavor yang lain

      Hapus
  32. malbor merah (putihan) gak di produksi lagi ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro daerah mana? Di daerah saya (Bandung) msh ada dan seger2 aja, bru aja tdi pagi saya isep tu rokok. Mungkin ditribusinya yang kurang bro.

      Hapus
    2. lah masih ada kok, bahkan banyak banget disini di semua toko ada

      Hapus
  33. Saya udah coba ni rokok. Yaaah... Masih 2 tingkat di bawah surya 16.rasa awalnya mirip niko,namun tarikan ke 3 dan seterusnya,rasa udah mendekati surya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha rasanya emang nggak jauh ama surya. niko international ya? saya jujur belom pernah nyoba nih

      Hapus
  34. Rasanya kyk garpit lama dr harumnya juga sama tp versi lebih entengnya.. Lsg switch ke rokok ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget, enak kayak rokok buatan gudang garam. cuman ini versi lebih keringnya

      Hapus
  35. Kapan hari nyoba ini rokok pas mampir indomampet, sebenernya mau beli surya exclusive andalanku. Krn liat marlboro dgn tulisan kretek+harga yg murah utk 20 btg jadi lah nyoba. Dan ternyata.... gak enak (menurut ane) bikin eneg dan puyeng.. ane dr awal ngerokok pke gg inter sampe 2014 pindah ke surya-surya excs-balik surya lagi.. kadang jg samsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belakangan kurang gitu cocok ama ini rokok, malah lebih suka Gudang Garam kalo jenisnya full flavor.

      Hapus
  36. Marlboro filter black mantap bro... Dlu gw ngrokok djarum black, lama2 eneg ganti ma LA bold.. Dpet setahun lbih rasanya hambar lama2.. Trus ktemu MFB di tembilahan riau dgn hrga 18500 mulai suka ma nih roko.. Padahal sebelumnya paling anti gw ma rokok2 marlboro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ini jenisnya kretek, bukan putihan kayak Marlboro biasa

      Hapus
  37. Untuk pertama kali ngerasain ini rokok sih ga enak ditenggorokan rada sepet (maklum sebelumnya ngerokok kecil) tapi lama kelamaan jadi doyan ngisep ni rokok. overall nice banget ni rokok buat ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat, anda kayaknya bakal jadi konsumer setia ini rokok ini.

      Hapus
  38. Are you paying over $5 / pack of cigs? I buy my cigarettes from Duty Free Depot and this saves me over 50%.

    BalasHapus
  39. kalo menurut ane mirip djarum super gan tapi lebih enak dan enteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah kata ane mirip ama rokok buatan Gudang Garam karena manisnya langsung, kalo Djarum Super baru beberapa hisapan baru terasa banget.

      Hapus
  40. Balasan
    1. Kalo sekarang gan? Kalo belom masuk juga, berarti belom masuk daerah ekspansi dari rokok ini

      Hapus
  41. Kok PT nya bukan Philip morris Indonesia, Karawang ya malah PT HM Sampoerna Tbk.,Surabaya Indonesia. Kerjasama ya mas Marlboro sma sampoerna

    BalasHapus
    Balasan
    1. HM Sampoerna ama Philip Morris Indonesia sebenarnya sama aja, cuman untuk plant kretek dibuatnya di HM Sampoerna, buat yang putihan di Philip Morris Indonesia. Sampoerna punya pabrik juga kok di Karawang buat ngebuat mild, kalo nggak salah masih satu komplek ama pabriknya PMI. HM Sampoerna kan perusahaannya Philip Morris International juga

      Hapus
  42. ane baru aja cobain ni rokok bang, entah kenapa kurang cocok mungkin gara2 ane biasa rokok mild yak? wangi2 cocoa nya sekilas teringat Dunhill hitam, tapi kalo disuruh milih antara MFB sama dunhill hitam ane mending isep GG Filter jadul hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kata temen ane ini rokok malah kayak filter jadul. Temen ane dulu user filter jadul, cuman kata dia lebih enteng.

      Hapus
  43. Gan, menurut lo rokok ini gimana gan dengan Tar yg hampir mencapai 30. Pendapat agan gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenisnya dibawah SKM FF rata-rata, alias ini alternatif buat yang pengen ngerokok filter namun nggak berani kalo kadar tarnya kisaran 30 keatas.

      Hapus
  44. Dimalang kok gak ada ya men MFB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang mana bos? Biasanya ada di Indo/Alfa.

      Hapus
    2. Kurang tau juga sih, kayaknya agan Rex Zaht sudah membantu jawabannya.

      Hapus
  45. Ane dari awal ngerokok sampe ni rokok belom rilis ane Ngerokok garpit gan..
    Nah beberapa tahun lalu kan garpit ada perubahan dari segi rasa ya gan, dan sejak saat itu ane selalu nyelingin garpit dengan rokok u mild, karena kalo garpit doang entah kenapa mulut ane berasa hambar gitu.. jadi ane selingin u mild..

    Nah semenjak nih rokok rilis di warung - warung kan ada tuh sales rokok ini nyebar di warung - warung ..
    nah waktu ane lagi ngisep garpit di warung kan ada sles ini rokok dan di tawarin lah ane ini rokok .. dan waktu ane rasain nih rokok mirip garpit lama kan ya ? tapi untuk asap ya lebih smooth ini lah.. dan semenjak itu ane gak pernah lagi ngerokok garpit, karna ane sendiri entah kenapa kurang suka sama rokok garpit yang sekarang.. dan harganya itu loh gan pas banget dikantong..

    kalo menurut ane nih rokok bagi yang mau berubah dari rokok marlboro macam marlboro merah,lights,dll jangan dah.. karna ini rokok kadar TAR sama NIKOTIN nya lebih tinggi... biasanya karna efek gak terbiasa Sama Kadar TAR sama NIKOTIN Tinggi Bakal pusing - pusing mending jangan dilanjut dah.. gak baik buat dirilu pada..

    BalasHapus
  46. Barusan coba ini rokok ,rasanya mirip surya tapi lebih enteng. Abis sebungkus balik lagi ke marlboro merah deh

    BalasHapus
  47. Kok ane puyeng ya gan?? . Padalan cuman satu batang. Kalau dunhill mild dan magnum kagak puyeng dan bisa lebih menikmati. Maaf ane masi nubi

    BalasHapus
  48. ane jg lgsg switch dari sampoerna mild ke MFB, enak nariknya

    BalasHapus
  49. puyeng gila ane gan nyoba ni mfb gan, sebat serasa abis 3 rokok mild

    BalasHapus
  50. rokok gua dunhill gan.. setelah nyoba marlboro in rasanya mirip2 kaya dunhill.. cuma lebih berat dunhill.. agak sepet rasa marlboro nya tapi enak gan.. bisa jadi pilihan kedua kalo bosen ngerokok dunhill.. 😊😊

    BalasHapus
  51. Reviewnya cocok ama yg sya rasakan gan.mantap
    Tpi jdi kangen ama Marlboro filter Mix yg udah gk diproduksi lg.sayang bgt,pdahal marlboro filter mix itu,kayak ada rasa2 karamelnya gtu...

    BalasHapus
  52. Tadi pagi abis nyoba marlboro filter black waktu udah separuh langsung pusing trus habisin dan lanjut jalan malah sempoyongan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa smp segitunya gan? ga bakat jd perokok ini mah
      #peace :-v

      Hapus
  53. Mas aku abis 3 kok puyeng y , g bisa d pke nongkrong nih , yg rasany mirip mfb tpi lbh enteng dikit apa y..

    BalasHapus
  54. Mas aku abis 3 kok puyeng y , g bisa d pke nongkrong nih , yg rasany mirip mfb tpi lbh enteng dikit apa y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo cewe pilih pastinya mild aja... batang kecil elegan dan enteng ga bikin puyeng.
      Asal bukan Avolution ...rasanya kayak ngisep kertas bakar wkwkwk

      Hapus
  55. MFB ini saat tarikan awal.... wangi caramelnya mantap, tp rasa berubah drastis saat api mendekati filternya. Ditambah durasi bakarnya cepat dan ga ada kemasan 16 btg (edisi ngayal ;-)

    BalasHapus
  56. Ane nyoba hisapan pertama sih kaya u bold,cuman emg lebih enteng ini,
    Tapi sekarang saya lebih tertarik ke mbs 16 milik nya jarum,lebih pas rasanya dan pas harga nya

    BalasHapus
  57. Nggak ngerti gmn, biasa rokok surya, filter dll masuk2 aja kok ngisep ini pusing. Kapok dah ga ga lagi

    BalasHapus
  58. Enak banget mas, saya sudah coba, lumayan manis, dan lumayan laki lah untuk rokok ini. Mantap

    BalasHapus
  59. Enak banget mas, saya sudah coba, lumayan manis, dan lumayan laki lah untuk rokok ini. Mantap

    BalasHapus
  60. rokok geo mild mantap juga to gan.

    BalasHapus
  61. Gan mau nanya ini tuh roko mild bukan soal nya rasanya mirip A mild

    BalasHapus
  62. Gan mau nanya ini tuh roko mild bukan ??

    BalasHapus
  63. Gan ini rokoknya mengandung rum ga?

    BalasHapus
  64. Jos ni rokok gan dri dlu sya pecandu produk sampurna

    BalasHapus
  65. menurut saya rokok nya enak lebih enteng dari Magnum Filter, cuma rasa nya kurang kena, ga kaya Magnum atau Mustang

    BalasHapus
  66. tapi kayak kue astor ya pas buka rokok nya gan haha... suer ane perokok super langsung pindah marlboro ini gan rasanya NENDANGG GAN ,:D

    BalasHapus
  67. Jagoan baru gua nih MFB. Kalo lg galau sehari bisa habis sebungkus. Haha.. Dulu awal nyoba sih, 2 btg lgsng pusing, tp skrg sebungkus pun ttp enjoy aja. Sdh terbiasa kayaknya. Wkwk

    BalasHapus
  68. I got my first electronic cigarette kit on Vaporfi, and I enjoy it a lot.

    BalasHapus
  69. Sekarang MFB isi 20 susah d cari yang ada ganti isi 12 harganya mahal buat saya jd ganti rokok lain deh hehehehe.....

    BalasHapus
  70. malboro filter black isi 20 denger" di perkecil jadi isi 16 dan PT HM Sampoerna tidak memproduksi lagi untuk isi 20. terbukti di kota saya sidoarjo cari yang isi 20 sudah susah meskipun cari di indomaret atau agen rokok

    BalasHapus
  71. Nich knp y gan MFB yg 20 d prsulit....pdhl lbh laku drpd yg 12...tlg jgn d prslit

    BalasHapus
  72. Saya beli rokok ini dapat yg kode produksinya 21 Mei 2017. Apakah masih layak konsumsi yah? ( layak hisap mksdnya hehe)

    BalasHapus
  73. Emang wajarnya masa expired rokok brp bulan dr produksi gan?

    BalasHapus
  74. Rasanya asli garpit bgt, garpit lama.

    Om ane aja, yg setia puluhan taun ngerokok garpit misuh2 pas garpit baru rasanya jadi ga enak msh setia sama garpit ga mau pindah. Waktu kapan pas ane maen ke rumah om ane pas cari rokok liat ni rokok, blm pernah nyobain jadi iseng2 beli. Om ane langsung jatuh cinta, ane cm ngicip sebatang sisanya abis sama dia, wkkkk...

    Kemaren ngobrol di WA, si om masih ngerokok ini, garpit lama bgt katanya. Udah nyetok banyak bgt dia borong di toko grosir XD

    BalasHapus
  75. kALO SAYA MAU JUALAN ROKOK HARGA DARI PABRIK BAGAIMANA PAK..?

    BalasHapus
  76. Enak ni rokok,
    Dari rasa manis, baunya harum dan enteng tarikannya , itulah FULL FLAVOR, pokok e enak

    BalasHapus
  77. Saya senang adanya marlboro black filter ini

    BalasHapus
  78. marlboro mild black kira-kira sudah ada belum ya di pasaran,kayanya enak, filter black aja enak

    BalasHapus
  79. Min tolong di review Marlboro mild black nya

    BalasHapus
  80. Review rokok marlboro black mild dong

    BalasHapus