Forte Cool Mango 20, SPM Virginia Blend Dari Djarum Group Dengan Perpaduan Manis Mangga Dan Sensasi Dingin

 Selamat siang,

Terbangun dari tidur yang sudah lama dilakukan bukanlah menjadi hal utama yang harus saya lakukan. Agak rumit kemudian untuk menggambarkan bagaimana hal tersebut kemudian bisa terjadi, namun keterbangunan dari tidur yang sudah lama ini menjadi penting dalam memaknai kembalinya saya, setelah mengambil waktu rehat terpanjang saya sejauh ini. Hasil kontemplasi kemudian mengungkapkan bahwa pada dasarnya saya bisa melanjutkan kembali proyek ini, akan tetapi dengan mengambil keberjarakan yang jauh lebih lama. Harap maklum.

Review ini pada dasarnya (dan justru seharusnya) sudah saya tampilkan sejak Januari 2024 lalu, namun dikarenakan kondisi yang kemudian memaksa saya untuk tidak bisa berbuat apa-apa, maka pada akhirnya saya baru bisa ungkapkan pada saat ini. Review ini kemudian menjelaskan salah satu produk terbaru dari Djarum Group, bernama Forte Cool Mango. Meski kemudian produk ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak Desember 2023 lalu, produk yang mengusung dimensi utama dari sensasi SPM Virginia Blend yang manis, sebenarnya memiliki kekhasan tersendiri yang pada akhirnya menarik untuk dikaji secara mendalam. 

Produk ini kemudian mengusung sensasi dimensi rasa SPM yang kemudian memiliki citarasa ringan dan juga unik, dengan perpaduan dari nektar (atau ekstrak mangga alami) yang kemudian diaplikasikan dalam racikan SPM Virginia Blend, dipadukan dengan sensasi rasa dingin dari menthol alami khas Djarum Group, menjadikan produk ini pada akhirnya memiliki kekhasan rasa yang tidak bisa dianggap remeh. Adapun hal utama yang ingin saya sampaikan terkait produk ini, pada akhirnya tetap mengusung semangat utama Forte yakni Mighty Tiny, akan tetapi dengan sensasi rasa yang bahkan jauh lebih netral bila dibandingkan dengan produk yang sudah saya ulas sebelumnya, yakni Forte Vanilla.

Baiklah, itu sedikit pengantar yang mengawali tulisan saya secara penuh kesadaran dan tidak dalam kondisi yang kemudian bisa dianggap tertidur pulas. Langsung saja mari kita ulas produk ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Produk ini kemudian memiliki harga jual yang sebenarnya beragam dari tiap kanal dari penjualan Forte secara umum. Bila kemudian mengacu pada harga warung yang menjadi salah satu kanal utama penjualan rokok ini, kemudian bisa didapatkan dengan harga Rp. 25.000-26.000,- untuk harga per bungkus, sedangkan pada kanal modern trade, rerata harga rokok ini sudah mencapai angka Rp. 27.900 untuk kuantitas 20 batang (cukai 2024 golongan II SPM mencapai Rp. 29.300,- untuk kuantitas 20 batang).

Tentu kemudian tarif yang dikenakan pada pita cukai tahun 2024 ini sangat menjadi pertimbangan secara matang mengapa harga produk ini kemudian dikenakan dengan harga yang lebih mahal, terutama pada kanal modern trade yang secara umum memiliki rentang harga yang jauh diatas dari harga pada warung ataupun toko kelontong. Ada anggapan bahwa kemudian rokok ini memang terhitung lebih murah bila dibandingkan SPM Golongan II secara umum yang per tahun ini sudah menyentuh harga minimum sebesar Rp. 29.000,- untuk tipe SPM yang mainstream (Lucky Strike atau Dunhill misalnya). 

Untuk harga sendiri kemudian saya bisa beri nilai 8 dari 10.

Kemudian mari kita coba kaji kemasan rokok ini secara saksama dan perlahan-lahan







Kemasan rokok ini secara simpel menggunakan latar kemasan berwarna jingga, dengan bagian depan dan belakang kemasan memiliki kesamaan model pada bagian elemen desainnya secara umum. Bagian depan dan belakang kemasan rokok ini, terdapat tulisan 20 dengan adanya garis persegi panjang yang mengitari tulisan tersebut. Kemudian terdapat tulisan FRESH TASTE berwarna kuning, dengan adanya garis di bagian atasnya yang berwarna jingga pekat dan garis di bagian bawah tulisan yang menggunakan ukuran garis yang lebih panjang. Terdapat tulisan FORTE dengan outline tulisan jingga pekat dan tulisan berwarna jingga. Sedangkan pada tulisan COOL MANGO kemudian menggunakan warna tulisan putih dan adanya dua strip di bagian kiri dan kanan kemasan, dengan adanya logo mangga di bagian kanan bawah logo. 

Bagian kanan kemasan terdapat penanda bertuliskan 20 FILTER CIGARETTES dengan adanya logo daun tembakau yang menjadi bahan wrap utama dari rokok tersebut, dilengkapi dengan tulisan Selected Virginia Cut Tobacco, dan dilengkapi dengan logo mangga yang bertuliskan Aromatic Fresh Tobacco. Di bagian bawah kemudian terdapat penanda tar dan nikotin dari rokok ini (0,6 mg Nikotin dan 11 mg Tar). Bagian kiri kemasan kemudian terdapat larangan jual, penanda cukai yakni SPM di bagian dalam barcode, dan barcode rokok berwarna putih. Bagian atas kemudian terdapat tulisan FORTE COOL MANGO, dan bagian bawah terdapat logo Forte, dilengkapi dengan tulisan Made by PT I.U.I atau PT Intertobacco Utama Industry (sebagai fasilitas SPM dari Djarum Group) yang berlokasi di Kudus, dengan adanya penanda lisensi dari perusahaan fiktif bernama In Association With Forte Fortezza. 

Kode produksi kemudian memiliki kesamaan dengan produk Djarum Group umumnya, dengan model DDMMBBYY, yang kali ini saya dapatkan pada tanggal produksi 5 Maret 2024 lalu dengan kode batch 19. Tampak bahwa usia rokok ini masih terhitung cukup segar, mengingat bahwa SPM Menthol memiliki batasan kesegaran sebesar 5-6 bulan dari tanggal produksi. Dan juga bahwa kesan utama yang dijual oleh rokok ini, memiliki kesan kemasan yang unik dan menjual. Nilai kemasan pada rokok ini sekitar 9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan buka bagian penutup kemasan secara saksama


Tampak bahwa bagian foil dari rokok ini menggunakan model foil yang serupa dengan model foil yang digunakan oleh Forte secara umum, dengan warna foil silver, dan frame yang digunakan pada rokok ini menggunakan warna jingga. Dikarenakan rokok tersebut merupakan jenis rokok menthol, maka merobek bagian foil sama saja merusak kekuatan dingin khas dari rokok tersebut.

Kemudian kita coba tarik salah satu batang rokok ini secara saksama untuk melihat isi dari bagian dalam rokok tersebut



Batang rokok ini memiliki panjang sebesar 70mm dengan diameter batang dan filter sebesar 5.4mm, khas rokok superslims secara umum. Model papir yang digunakan pada rokok ini merupakan tipe papir recon tobacco (atau homogenized tobacco leaf) yang dibuat dari tembakau dan juga selulosa. Tipping paper pada rokok ini menggunakan warna kuning jingga dengan adanya tulisan FORTE di bagian utama, dengan adanya perforasi laser sebanyak dua baris dan memiliki model lubang yang cukup berjauhan antar lubang. Hal tersebut dimaksudkan untuk menciptakan kesan hisapan yang enteng dan juga halus. 

Kemudian kita coba rasakan rokok ini secara saksama


Tampak bahwa pada saat sebelum dibakar, sensasi rasa dingin sudah mulai bisa dirasakan, dan juga sedikit sensasi manis mangga kemudian bisa dirasakan secara tersirat, namun tidak segamblang dari apa yang dibayangkan sebelumnya. Dan tampak juga sensasi rasa mangga yang kemudian bisa diraskan, memiliki kemiripan dengan gaya mangga yang ditawarkan pada 76 Mangga secara umum. Pada saat dibakar, kemudian sensasi rasa manis mangga yang sudah terenkapsulisasi dengan baik, kemudian berpadu dengan sensasi dingin dari menthol yang sangat tebal, rapat, dan juga kuat, Tampak bahwa penambahan nektar mangga alami yang sudah terenkapsulisasi dengan baik, muncul dengan sensasi rasa mangga yang cenderung chewy,  memiliki tekstur yang kental, dan juga memiliki sensasi rasa manis yang seketika mampu membungkus sensasi pahit dari Forte secara umum. Adapun model mangga pada rokok ini kemudian bisa ditemukan dengan sensasi sedikit pahit dari penggunaan recon tobacco sheet sebagai wrap dari rokok ini, dan sensasi rasa khas dari racikan Virginia Blend yang cenderung leafy.

Model hisapan yang terkesan bisa dinikmati dalam waktu singkat, seakan menyingkapkan penggunaan tembakau virginia murni yang memiliki rajangan dan ditanam pada unsur hara yang baik. Tampak bahwa sensasi rasa tembakau pada rokok ini tertutup baik dengan penggunaan rasa mangga yang ditrunkan dari enkapsulasi yang baik, dan juga membuat rasa rokok ini pada akhirnya memiliki sensasi manis tersendiri. Baik dikeluarkan lewat hidung maupun mulut, aroma mangga yang keluar pada rokok ini terkesan kaya, dan seakan menutupi sensasi tembakau virginia bawaah dari rokok ini. Tak tampak bahwa rokok ini punya harshness yang dominan, dengan throat hit yang hampir tiada dan juga sensasi mengganggu di tenggorokan yang muncul, tidak ada sama sekali. Meskipun pada bagian penutup kemudian terkesan bahwa sensasi rasa mangga yang ditawarkan tidak begitu intens, dan kemudian muncul rasa leafy tembakau yang terkesan manis dan dominan. 

Durasi bakar yang ditawarkan pada rokok ini mencapai 6-7 menit, dengan catatan tergantung dari cara Anda menghisap, situasi dan kondisi kala menghisap, dan faktor lain yang berkaitan dengan durasi bakar rokok tersebut. Aftertaste dari rokok ini merupakan gabungan dari rasa manis mangga yang legit dan memiliki unsur chewy dan tekstur yang kental, dengan sensasi rasa dingin yang tidak begitu intens pada akhirnya, dan juga sensasi rasa mixture virginia yang terkesan sedikit gurih dengan aksen khas kacang. Kelemahan pada rokok ini tampak pada sensasi mangga yang tidak begitu intens dan juga sensasi dingin yang tidak bertahan lama. Hanya itu saja.

Tampak bahwa apa yang kemudian ditawarkan dari rokok ini memiliki keunikan tersendiri yang pada akhirnya bisa dinikmati di berbagai situasi. Hanya saja untuk Anda yang tidak terbiasa dengan rokok putih, mungkin akan merasakan sensasi tajam pada saat pembakaran berlangsung. 

Nilai rasa pada rokok ini sekitar 9.5 dari 10. Tampak cukup baik untuk sebuah rokok putih, meskipun tidak sebaik dengan apa yang ditawarkan dari Forte Vanilla secara umum.

KESIMPULAN

Review pembuka kali ini kemudian mengungkapkan bahwa rokok ini pada dasarnya memiliki kenikmatan yang bisa dinikmati pada berbagai suasana, meskipun kemudian kelemahan pada rokok ini terlihat pada sensasi mangga yang kuat di awal namun menurun pada akhirnya, dan juga sensasi dingin yang tidak bertahan lama. Selain itu, sensasi pada rokok ini memiliki rasa yang tidak sebaik dengan apa yang ditawarkan oleh Forte Vanilla secara umum, dan pada akhirnya perlu kemudian untuk beradaptasi akan hal tersebut. Untuk distribusi tampak bahwa rokok ini kemudian bisa ditemukan di berbagai kanal penjualan, hanya saja perlu kemudian mengecek apakah stok yang didapatkan masih bersifat baru atau masih stok lama. 

Untuk nilai rerata yang dicapai oleh rokok ini mencapai angka 8.66 dari 10. Artinya bahwa rokok ini memang memiliki nilai jual utama pada rasanya, selain itu pada kemasan dan juga harga yang kompetitif, hanya saja perlu kemudian melihat kembali sensasi rasa yang kuat di awal namun tidak begitu intens pada akhirnya. Sangat baik, namun tidak berlaku secara umum. 

Apa saya merekomendasikannya? Tentu, bila Anda memang mencari rokok putih yang manis dan dingin, dengan sensasi rasa buah yang terkesan dominan. Bila tidak? Tergantung dari pribadi Anda masing-masing.

Review rokok ini bukanlah menjadi opsi utama kala Anda ingin membeli rokok. Ingat! bahwa Anda yang berhak memutuskan apa Anda memang ingin mengambil sebuah rokok ataupun tidak. Pilihan ada di tangan Anda, dan bukan dari saya yang menuliskan review rokok ini.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, beri komentar di bagian bawah, atau hubungi saya via WhatsApp di tombol diatas. Jadilah perokok yang bertanggungjawab dan tercerahkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar