Equs Bold Banana Capsule, SKM Full Flavor Pertama di Indonesia Dengan Fitur Banana Flavor Capsule Dari KT&G

Selamat malam,

Hampir dipastikan saya sudah jarang sekali membuat postingan di blog tercinta ini. Terlebih, saya dihadapkan dengan kesibukan yang cenderung memiliki intensitas tinggi. Sedikit cerita saja, saya dihadapkan dengan satu dilema dalam hidup saya, yang membuat saya memutuskan untuk jarang membuat postingan di blog ini. Namun alangkah baiknya, ketika ada rokok baru yang masuk di pasaran, saya berusaha menyajikannya di blog ini. Saya tidak akan banyak menulis pada postingan ini, terutama analisis pasar akan saya buat sesingkat mungkin.

Review yang saya buat kali ini ialah Equs Bold Banana Capsule. Equs Bold sendiri merupakan produk turunan dari Esse yang sengaja dibuat oleh KT&G, dalam memenuhi selera pasar Indonesia yang lebih menyukai produk dengan kekuatan rasa lebih tinggi. Adapun Equs sendiri, diproyeksikan sebagai portofolio produk "Full Flavor" yang dimiliki oleh KT&G. Equs Bold sendiri baru saja diluncurkan sekitar minggu lalu, namun entah mengapa animo di masyarakat seakan belum begitu kencang layaknya ketika Esse mengeluarkan produk terbarunya.

Sebenarnya, Equs Bold memiliki dua varian, yakni Impact Filter dan Banana Capsule. Impact Filter konon diproyeksikan untuk menandingi Marlboro Filter Black, dikarenakan teknologi yang ditawarkan sama persis dengan Marlboro Filter Black. Hanya saja, diameter batang dari Equs Bold Impact Filter lebih terkesan gemuk dibandingkan kompetitor yang ingin dituju. Sedangkan pada produk Banana Capsule, produk ini seakan merupakan bentuk revolusioner di kategori SKM Full Flavor di Indonesia yang terkesan datar-datar saja. Produk ini menciptakan sebuah kategori baru dalam SKM Full Flavor, yakni SKM Full Flavor Switch. Sejatinya, produk Full Flavor Capsule sudah diterapkan pada produk SPM, semisal saja Lucky Strike Switch, atau dahulu kita mengenal satu produk yang disebut dengan Dunhill Switch.

Analisis singkat ini akan saya buat sesingkat mungkin, mengingat juga saya kemungkinan masih akan mengerjakan beberapa pekerjaan terkait dengan hidup saya. Analisisnya akan sebagaimana berikut:
  1. Equs Bold, atau saya lebih suka menyebutnya dengan Equs saja, merupakan portofolio KT&G yang khusus diciptakan di Indonesia dalam kategori rokok Full Flavor. Equs bisa dikatakan berbeda segmen dengan Esse yang sebelumnya hadir di Indonesia dan merajai segmen kategori rokok "switch", dimana Equs sendiri merupakan portofolio Full Flavor, sedang Esse merujuk kepada portofolio LTLN. Anggapan ini saya duga sebagai sebuah pembeda yang sangat kontras, mengingat image Esse saat ini dikenal sangat feminim. KT&G Indonesia melihat bilamana masih menggunakan produk Esse untuk kategori Full Flavor (ataupun kedepan, KT&G akan bermain di segmen LTLN Medium yang dikenal sebagai rokok maskulin), penjualan bisa dikatakan akan gagal untuk kedepan. Equs, berasal dari kata "Equus" yang bermakna genus kuda ini merupakan produk yang sesuai dengan portofolio KT&G Indonesia pada kategori Full Flavor.
  2. Fitur Full Flavor Switch dianggap sebagai sebuah hal yang belum bisa diterima produsen rokok beraliran konservatif (semisal Gudang Garam ataupun Djarum). Mereka menganggap bahwa memainkan fitur inovasi pada filter sama saja berusaha mendobrak aturan lama yang sudah dibuat sebelumnya. Sebagai pemain baru, Equs Bold tentunya sudah memikirkan matang-matang terhadap resiko yang umumnya terjadi di masyarakat. Pemilihan rasa Bananamint atau saya lebih menyebutnya sebagai Banana Capsule sendiri bukan tanpa alasan. Banana atau pisang dianggap sebagai buah yang mencerminkan karakter "Bold" pada rokok sejenis kebanyakan di Indonesia. Sedang penambahan a touch of mint dianggap sebagai karakter khas KT&G yang membuat rokok ini sebagai Full Flavor Modern. Jadi, saya rasa produk ini sangat revolusioner dan bisa diterima oleh pasar.
  3. Dapat diambil kesimpulan, Equs sendiri mencari celah diantara perokok Full Flavor namun tetap berusaha mengikuti perkembangan zaman yang sedang tren di masyarakat, yakni rokok berkapsul. Pertemuan dua hal yang dianggap tidak lazim oleh pabrikan rokok umumnya dirasa merupakan sebuah inovasi yang dianggap tidak biasa dan seakan mengubah tatanan kategori rokok Full Flavor di Indonesia. Kedepan, rokok Full Flavor secara umum akan berusaha mengikuti zaman dengan membuat fitur kapsul di bagian filternya.
Baiklah, itu sedikit analisis pasar dari saya. Sengaja saya tidak menuliskannya secara panjang lebar, namun tetap mendapat poin-poin penting terhadap gambaran produk ini. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan harga Rp. 14.000 (cukai 10.750) dengan kuantitas isi sebanyak 12 batang. Sangat murah untuk hitungan rokok kapsul dan menurut saya akan mudah diterima oleh pasar. Untuk harga sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

Ada satu kejutan dari kemasan yang saya dapatkan, kemungkinan besar kemasan peringatan baru ini akan mulai nampak di blog saya kisaran beberapa bulan kedepan. Mari kita review kemasannya dengan seksama






Kemasan ini menggunakan warna hitam, kuning, abu-abu, dan kuning sunset. Latar kemasan dari rokok ini ialah menggunakan warna hitam pekat di bagian kanan dan hitam gelap di bagian kiri. Bagian kanan atas terdapat logo EQUS yakni semacam emblem dengan dua kuda dan terdapat pita dibawah insignia, dan di bagian dalam insignia terdapat tulisan E Q U S dimana E dan S menggunakan latar abu-abu dan Q dan U berlatar hitam. Terdapat mahkota kecil di bagian dalam insignia logo tersebut. Di bagian samping emblem terdapat tulisan EQUS dengan font modern dan futuristik. Terdapat tulisan B O L D dengan warna abu-abu. Dan round shape box berwarna kuning bertuliskan BANANA CAPSULE yang sama dengan font yang digunakan oleh Esse Change Applemint. Terdapat logo kapsul berupa semacam bola kuning sunset bergradasi dengan tombol "play" di bagian tengahnya. Bola kapsul tersebut memiliki efek emboss yang cenderung tipis. Bagian lingkaran luar terdapat pattern concentric circle tipis berwarna kuning dengan lingkaran berwarna kuning sunset. Bagian luar lingkaran terdapat pattern seperempat concentric circles dengan banyaknya emboss yang bisa dirasakan secara halus. Terdapat tulisan 12 KRETEK FILTER yang menandakan rokok ini merupakan rokok kretek filter. Di samping kanan kemasan atas terdapat logo KT&G, dan lingkaran bertuliskan SKM dan SIGARET KRETEK serta bagian tengahnya bertuliskan 12. Bagian samping kiri kemasan terdapat tulisan logo Equs Bold Banana Capsule. Bagian atas hanya logo, dan bagian bawah bertuliskan Dibuat Oleh: PT MANDIRI MAHA MULIA, yang merupakan afiliasi dari KT&G. Menurut saya pribadi, rokok ini terkesan memiliki kesan murah yang menurut saya agak kurang begitu sesuai dengan selera desain saya. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 7.8 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner hinge lid kemasan terdapat semacam penanda fitur kapsul dan pernyataan bahwa rokok ini lebih dari sekedar bold biasa. BOLDER THAN BOLD, atau bisa diartikan sebagai lebih bold dibandingkan bold umumnya yang ditemui di Indonesia. Tertulis BANANA CAPSULE, dan fitur kapsul klik dan tulisan by ESSE Technology yang menandakan bahwa rokok ini memiliki teknologi yang sama dengan Esse. Inner frame dari rokok ini menggunakan warna hitam, dan foil menggunakan warna kuning keemasan. 

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Nampak terlihat ada hal yang unik dari batang rokok ini. Penuh dengan pattern. Terlihat juga adanya fitur kapsul di bagian filter rokok ini. Susunan batang rokok ini ialah 6 di depan dan 6 di belakang, dengan kuantitas isi sebanyak 12 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang sekitar 90mm, dengan diameter batang sekitar 7.9mm atau mendekati 8mm. Bagian batasan tipping paper dari rokok ini terdapat warna latar hitam, bertuliskan EQUS BOLD dan curve berwarna kuning. Diatasnya terdapat tombol klik berupa lingkaran kuning dengan adanya tombol "play" dan panah berarah silang dengan warna kuning. Pattern dari tipping paper rokok ini ialah gabungan concentric circles yang membentuk persegi dengan warna dasar abu-abu dan putih.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan rasa manis fruity tipis namun cukup terasa. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis yang terkesan lebih kuat, disertai sensasi fruity yang terkesan lebih kencang bila dibandingkan dengan sebelum dibakar. Karakter fruity bawaan dari rokok ini ialah adanya sensasi leci yang sangat kuat beserta pisang dan sedikit unsur nangka yang terasa. Sensasi leci ini dimaksudkan untuk menciptakan kesan switch yang lebih netral, sedangkan pisang dimaksudkan untuk memperkuat sensasi switch yang sudah ada pada rokok ini. Sensasi pisang pada rokok ini terkesan lebih dominan dibandingkan elemen fruity yang ada pada rokok ini. Terdapat juga unsur madu (ataupun semacam sirup) dan licorice yang begitu kuat.  Madu disini dimaksudkan untuk mempertegas sensasi manis dari rokok ini, sedangkan licorice dimaksudkan untuk memperkuat sensasi a hint of sweetness yang menjadi khas dari rokok KT&G umumnya.  Saya bisa mendeteksi penggunaan inverted sugar yang dimaksudkan untuk memperkuat sensasi manis dari aroma rokok ini. Karakter spicy pada rokok ini menurut saya terkesan lemah, bila dibandingkan dengan kompetitor umumnya. Saya bisa merasakan sensasi adas manis, pekak, dan kayumanis pada rokok ini. Kurang memiliki sensasi warming dan cenderung terkesan rendah untuk kehangatan di tenggorokan. Cengkeh dari rokok ini didesain agak lemah, mengingat rokok ini sengaja diciptakan untuk meninggalkan kesan baik ketika rokok ini sudah diklik.

Karakter tembakau yang digunakan bisa dipastikan berasal dari Tembakau Virginia dan Tembakau berjenis Oriental asal Indonesia. Tembakau Virginia dimaksudkan untuk menciptakan kesan ringan dan lembut serta aroma yang manis, dan Tembakau berjenis Oriental dimaksudkan untuk menciptakan kesan aromatik nutty yang cenderung khas. Salah satu tembakau yang saya deteksi berasal dari Temanggung dan Boyolali, serta sedikit sentuhan unsur Tembakau Madura. Cukup earthy, saya sedikit bisa merasakan unsur tanah dari rokok ini. Balance dari segi blend, artinya rokok ini tidak terlalu dominan dengan salah satu jenis tembakau. Cukup nutty, dalam artian rokok ini memang menggunakan Tembakau berjenis Oriental dalam intensitas yang baik. Bila dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi aromatik yang cenderung terasa dan aroma manis yang lembut. Tarikan sangat mantap, dalam artian rokok ini terkesan memiliki sensasi rasa yang cenderung pas dan mudah untuk ditarik. Harshness cukup terasa, dalam artian ada sedikit sensasi harsh yang sedikit terasa. Throat hit bisa dikatakan minim, dalam artian tidak membuat tenggorokan terasa sakit atau tidak nyaman. Cenderung halus secara hit di tenggorokan, dan membuat saya merasa nyaman. Aftertaste sebelum diklik ialah rasa manis yang cenderung meninggalkan kesan baik di tenggorokan, sensasi pisang dan leci yang cukup meninggalkan kesan baik di tenggorokan, dan karakter nutty yang cenderung terasa di tenggorokan. Durasi bakar rokok ini sebelum diklik sekitar 15 sampai 16 menit, dalam artian rokok ini cukup nikmat ketika dalam kondisi sebelum diklik.

Untuk mengaktifkan fitur "Banana Capsule", Anda cukup memposisikan jempol dan telunjuk ke bagian yang sudah ditentukan sebelumnya


Kemudian dorong jempol dan telunjuk Anda secara kuat untuk mengaktifkan fitur switch dari rokok ini. Hingga berbunyi 'klik', setelah itu Anda akan mendapatkan manfaat dari Banana Capsule tersebut.


Ketika diklik, rokok ini pada awal hisapan sudah mulai terasa sensasi pisang dan mint yang terasa sedikit. Namun pada hisapan kedua dan seterusnya, sensasi pisang dan mint dari rokok ini mulai menguat, bahkan untuk elemen mint dari rokok ini sangat menguat di hisapan kedua dan seterusnya. Sensasi pisang yang ditawarkan oleh rokok ini cenderung berada pada tingkat kematangan yang baik, dalam artian meskipun rasa pisang rokok ini terkesan artifisial akan tetapi tetap bisa menggambarkan rasa pisang yang menurut saya sangat baik. Sensasi pisang ini menurut saya cukup creamy, dalam artian ada sedikit unsur krim yang terasa ketika saya menghisap rokok ini. Sensasi mint pada rokok ini berada pada intensitas yang menurut saya tinggi, bahkan menurut saya hampir menutupi karakter asli pisang yang ingin dibawakan oleh rokok ini. Meskipun begitu, kombinasi pisang dan mint merupakan kombinasi yang menurut saya pas, terutama ketika dihisap dikala sedang musim panas. Cenderung bisa menggambarkan sensasi pisang yang menurut saya masuk kedalam Pisang Cavendish, dalam artian manis yang ditawarkan cenderung sama dengan jenis pisang tersebut. Pisang dimaksudkan untuk memperkuat sensasi full flavor yang ingin dibawa oleh rokok ini.

Bila dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi dingin yang terasa disertai adanya sedikit unsur manis dari pisang. Tarikan dari rokok ini setelah diklik cenderung terkesan lebih ringan ketika dibandingkan sebelum diklik. Harshness dari rokok ini cenderung tidak terasa ketika sudah diklik, dalam artian saya bisa lebih menikmati rokok ini secara baik. Throat hit tidak terasa sama sekali, dalam artian dengan fitur Banana Capsule ini mampu mengurangi sensasi throat hit secara signifikan. Aftertaste dari rokok ini setelah diklik ialah sensasi pisang yang sangat terasa, sensasi manis yang sangat meninggalkan kesan baik di tenggorokan, sensasi segar mint yang menurut saya berkesan baik, serta sedikit unsur nutty yang meninggalkan kesan baik. Durasi bakar menurut saya sama saja ketika sebelum diklik dengan sesudah diklik, yakni 15 sampai 16 menit tergantung bagaimana cara Anda menghisapnya.

Namun kelemahan rokok ini ialah sensasi Bananamint mulai berkurang sejak tengah hingga akhir bakaran. Hal ini menurut saya lumrah mengingat rokok ini cenderung manis di awal namun berkurang di akhir bakaran. Sedikit sensasi panas terasa ketika bakaran mendekati batasan tipping paper, dan sensasi chemical sedikit juga terasa ketika bakaran mendekati batasan tipping paper. Sensasi panas di jari mulai terasa ketika bakaran mulai mendekati batasan tipping paper, meskipun itu baru terjadi ketika sudah mencapai garis hitam batasan. Menurut saya pribadi, secara rasa rokok ini sangat superior, dan pandangan saya pribadi cenderung menyukai rokok ini dikarenakan sensasi rasa yang unik. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.95 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa yang menurut saya lebih baik dibandingkan dengan rokok sejenis, fitur Banana Capsule yang menjadi daya tarik dari rokok ini, serta keunikan dari segi rasa membuat rokok ini seakan merupakan pelopor dalam segmen SKM Full Flavor. Mengingat belum ada pemain sejenis dalam SKM Full Flavor Switch, rokok ini menurut saya bisa menjadi pilihan Anda dalam memilih merek rokok baru ketika Anda bosan dengan merek lama Anda. Namun kelemahan rokok ini terletak pada kemasan yang menurut saya terkesan murahan, rasa mint kuat yang menurut sebagian orang akan merasa kurang cocok, serta beberapa sensasi yang terasa ketika bakaran mendekati batasan tipping paper. Hal ini menurut saya lumrah mengingat kelemahan rokok switch terletak pada bakaran ketika mendekati batasan tipping paper. Untuk distribusi sendiri, rokok ini bisa dikatakan sudah masuk ke beberapa daerah di Indonesia, terutama Jabodetabek dan Jawa Barat. Anda saat ini dengan mudah bisa menemukannya di Indomaret, Circle K dan Alfamidi. Untuk toko-toko lain mungkin menyusul. Untuk toko kecil dan warung juga, kemungkinan distribusi saat ini baru berjalan. Efektif pada akhir bulan, rokok ini sudah bisa dijumpai di berbagai tempat. Overall, saya memberi nilai rokok ini 8.58 dari 10. Artinya rokok ini menang pada harga dan rasa, namun untuk kemasan saya kurang begitu merekomendasikannya.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Bang review rokok 76 kretek deh, kemasannya baru, sapa tau rasanya baru

    BalasHapus
  2. Beli dimana gan? Udah mulai beredar di pasaran belum? Tolong infonin gan

    BalasHapus
  3. bang request dunhill new look bang

    BalasHapus
  4. saya baru coba equs banana...beli di indomaret...lumayan mentholnya untuk cuaca panas...untuk yg doyan essense pisang pasti suka rokok ini...rasa dan aroma oke juga lah menurut saya yg biasa merokok mild.

    BalasHapus
  5. apa di bandung sudah ada rokok ini? saya cari ke indomart sama ck ga ada

    BalasHapus
  6. lumayan enak, tapi kalo sambil ngopi item, lebih nikmat tidak di klik,

    BalasHapus