Esse Change Grape, SKM LTLN Superslims Pertama dengan Grapemint Capsule

Selamat pagi,

Postingan ini bisa dibilang merupakan postingan pertama saya di bulan Februari ini. Meskipun memang saya masih banyak hutang review yang belum saya selesaikan dikarenakan keterbatasan waktu, namun saat ini saya berusaha menyajikan review produk yang dikatakan terkini dan sesuai dengan konteks saat ini. Saya sejujurnya agak malas belakangan ini untuk membuat review produk rokok, mengingat alasan awal yang sudah saya paparkan sebelumnya, yakni masalah keterbatasan waktu.

Tidak usah panjang lebar, kali ini saya akan membuat review mengenai produk yang sekiranya merupakan pengembangan dari Esse Change yang bisa dikatakan merupakan produk yang menyumbang keuntungan terbesar dari KT&G Indonesia saat ini, yakni Esse Change Grape. Produk ini merupakan produk terbaru yang diluncurkan oleh KT&G Indonesia sekitar awal bulan Februari ini. Produk ini dijual mulai hari Minggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2018, dan teaser produk ini sudah dikeluarkan sekitar awal Februari 2018. Agaknya, produk ini sekiranya memiliki distribusi lebih cepat ketimbang produk KT&G Indonesia yang sekiranya baru dipasarkan sekitar satu bulan setelah keluar teaser POS Media yang tersebar di beberapa modern market yakni Indomaret, Alfamart, Circle K, dan Alfamidi. Sekiranya kemungkinan besar produk ini akan meledak di pasaran pada beberapa minggu setelah saya membuat review ini. 

Seperti biasa, saya sedikit akan memaparkan beberapa analisis singkat mengapa Esse Change Grape diluncurkan di Indonesia pada awal Februari 2018 ini dan kemungkinan akan menjadi produk yang bersifat viral pada beberapa minggu ke depan diantaranya sebagaimana berikut:
  1. Esse Change Grape, merupakan produk pengembangan dari Esse Change yang sudah diluncurkan sekitar akhir tahun 2014, dengan keunggulan fitur Grapemint Capsule yang menawarkan sensasi mint yang lebih soft ketimbang Esse Change Applemint namun tetap mempertahankan rasa buah yang kuat serta fitur kapsul khas rokok buatan KT&G secara umum. Di Korea Selatan, produk ini dikenal dengan Esse Change W. Namun dikarenakan beberapa alasan internal yang saya tidak ketahui, produk ini dijual dengan nama Esse Change Grape. Kapsul yang digunakan serta ukuran batang pada produk ini sama dengan Esse Change W yang dijual di Korea Selatan, namun perbedaan yang jelas diantara Esse Change W dan Esse Change Grape ialah pada produk yang saya review kali ini merupakan rokok SKM LTLN ukuran Superslims dengan adanya campuran cengkeh yang memang menjadi ciri khas rokok Mild di Indonesia. Sedang pada Esse Change W merupakan produk SPM Ultra Lights Superslims yang tidak mengandung cengkeh dan kadar tar serta nikotin yang jauh lebih rendah ketimbang Esse Change Grape. Hal ini yang jelas membedakan produk yang dijual di Korea Selatan dengan produk yang saya review kali ini. Dengan slogan "Click to Grapemint", rokok ini menawarkan sensasi anggur merah yang belum pernah ditemukan di rokok SKM LTLN switch secara umum, dimana memang keunggulan Esse sendiri terletak pada sensasi buath setelah diklik kapsulnya.
  2. Antusias masyarakat terhadap produk berkapsul saat ini sedang mengalami puncaknya. KT&G merupakan market leader dalam industri rokok berkapsul di Indonesia dengan keunggulan filter yang berisikan kapsul yang digunakan pada kebanyakan rokok buatan KT&G Indonesia, diimpor langsung dari Korea Selatan. KT&G pusat, tepatnya di Korea Selatan memang memiliki R&D khusus yang menangani produk rokok berfilter kapsul, dimana KT&G pusat di Korea Selatan memiliki flavorist internal serta fasilitas untuk membuat kapsul dengan berbagai ukuran dan rasa yang dibutuhkan pada spesifikasi rokok yang dijual oleh KT&G. Dengan pengembangan yang melibatkan pihak internal, KT&G mampu menciptakan rokok dengan rasa yang terhitung sangat banyak dan berusaha menciptakan kapsul yang sesuai dengan hasil riset internal yang sudah dilakukan sebelumnya. 
  3. Riset internal KT&G untuk pengembangan produk ini sepertinya menggambarkan bahwa kapsul dengan rasa Anggur plus Mint cenderung disukai oleh responden yang sudah mengikuti riset internal tersebut. Dimana memang rasa anggur cenderung menawarkan rasa asam segar, bergabung dengan rasa mint yang secara umum sangat disukai oleh perokok dewasa muda yang berusia 18-25 tahun. Kesuksesan dari Esse Change Applemint sepertinya tidak membuat KT&G berhenti berinovasi untuk kategori superslims yang sudah menjadi trademark dari Esse secara umum di Dunia. Blend LTLN khas Esse yang cukup manis dipadukan dengan kapsul Grapemint merupakan perpaduan sempurna yang mampu menciptakan sensasi anggur yang lebih terasa dan lebih alami ketimbang kompetitor utama dari rokok ini, yakni Camel Activate Purple Mint.
  4. Dapat dikatakan bahwa dengan adanya adaptasi dari produk Esse Change W untuk pasar Indonesia, kesuksesan produk rokok berkapsul yang dikeluarkan oleh KT&G Indonesia, dan juga riset internal yang menggambarkan bahwa rasa Grapemint cenderung disukai oleh banyak responden membuat rokok ini kemungkinan besar akan lebih diterima dan bisa menggeser konsumen Camel Activate Purple Mint yang menginginkan sensasi rokok yang lebih terasa alami dan juga model superslims yang memang belakangan menjadi tren pada perokok dewasa muda yang memang menjadi target utama dari portofolio Esse SKM secara umum.
Baiklah, itu sedikit analisis mengapa KT&G Indonesia meluncurkan Esse Change Grape pada bulan Februari ini. Selanjutnya kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 19.500 (cukai 2018 17.925) dengan kuantitas isi sebanyak 20 batang. Terhitung sedikit lebih murah dibandingkan dengan Esse Change Applemint yang kini dijual sekitar 19.700-20.500. Meskipun terkesan agak mahal, tetapi rokok ini terkesan terjangkau dikarenakan kuantitas dari rokok ini ialah 20 batang. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7.3 dari 10.

Kemudian kita review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar ungu, abu-abu, dan putih. Bagian depan kemasan terdapat pattern kotak khas Esse SKM, yakni merupakan gabungan dari beberapa kotak berwarna hitam dan kotak berwarna ungu. Beberapa kotak yang ada dalam pattern tersebut menggunakan efek crystal khas Esse SKM. Pattern kotak tersebut cenderung mengerucut ke kanan, dimana pada bagian kiri cenderung memiliki efek lebar, dan banyak kotak yang ada pada setengah pattern tersebut memiliki efek emboss yang cenderung minim namun terasa. Pada awal produksi dari rokok ini, terdapat segitiga siku-siku yang bertuliskan NEW dengan model tulisan italic, dimana segitiga bertuliskan NEW tersebut berada pada bagian cellophane kemasan, bukan pada kemasan asli dari rokok ini. Logo Esse yakni rounded rectangle cembung yang memiliki bagian dalam berupa dot ber-emboss dan garis yang membentuk E, memiliki warna silver dan terdapat efek hologram yang cenderung bersinar, disertai adanya efek emboss yang sangat bertekstur dan terkesan bold. Tertulis ESSE dengan adanya warna putih yang memiliki font serif serta efek emboss halus. Di bawah tulisan ESSE tertulis CHANGE dengan font sans serif dan warna abu-abu, dengan huruf A yang membentuk segitiga siku siku dan garis pada huruf A yang cenderung panjang. Pada rokok ini tertulis nama varian yakni GRAPE dalam rounded rectangle berwarna abu-abu dan tulisan berwarna ungu. Bagian samping kanan terdapat bola yang melambangkan kapsul yang dimiliki rokok ini, dengan adanya logo PLAY yang mulai diterapkan pada Win Mild POP, dengan efek bola yakni crystal shiny dan adanya efek emboss, dengan adanya unsur "spark" berwarna ungu muda yang mengelilingi bola tersebut. Pembeda dengan Esse Change Applemint ialah pada bagian kiri terdapat tulisan 20 BATANG dengan adanya tulisan berwarna abu-abu dan outline hitam, dengan font yang lebib simpel. Tulisan SUPER SLIM, dan KRETEK CIGARETTE serta SKM menggunakan font modern dengan tulisan yang lebih kecil.

Bagian belakang kemasan terdapat logo Esse, tulisan ESSE dan CHANGE serta GRAPE dalam rounded rectangle. Pada bagian kiri kemasan terdapat semacam batang berwarna putih yang dapat dimaknai sebagai batang rokok dengan adanya bola yang memiliki elemen crystal dan tombol PLAY, serta cairan yang dapat dimaknai sebagai efek splash yang ingin dijual oleh rokok ini. Di sekeliling batang tersebut terdapat efek "spark" berwarna ungu yang cenderung ke warna putih. Tertulis di bagian kanan kemasan "KLIK! MENGUBAH JADI GRAPEMINT SEGAR" yang dapat dimaknai bahwa rokok ini bisa berubah rasa menjadi Grapemint setelah diklik. Terdapat tulisan KRETEK CIGARETTE dan 20 BATANG di bagian kanan, serta tulisan SKM yang memiliki font Arial berwarna ungu. Bagian kanan kemasan atas terdapat logo KT&G, terdapat larangan jual dan tulisan dibuat dibawah otoritas KT&G Korea. Latar dari larangan jual dan otoritas ialah lanjutan efek "spark" dari bola yang ada pada kemasan depan. Hal yang membedakan dengan produk KT&G ataupun TSPM secara umum ialah hilangnya keterangan tidak ada batasan aman pada bagian kiri kemasan, dimana di bagian kiri kemasan terdapat tulisan ESSE CHANGE dan GRAPE, diatas kadar tar dan nikotin rokok ini. Bagian atas kemasan terdapat elemen yang sama dengan kemasan kiri kemasan namun ada tambahan tulisan 20 BATANG, dan di bagian bawah tertulis produsen dari rokok ini yakni PT. Mandiri Maha Mulia yang merupakan fasilitas khusus yang memproduksi produk dibawah otoritas KT&G. Terdapat strip berwarna hitam yang melambangkan bahwa produk ini menggunakan embel-embel promosi di bagian cellophane kemasan. Terlihat kompleks dan sangat menjual, serta terkesan feminim sekali. Untuk kemasan rokok ini saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner hinge lid dari rokok ini yang tidak terlihat secara eksplisit, terdapat tulisan ESSE 1, dan tulisan WORLD NO. 1 SUPERSLIM BRAND* berdasarkan data dari Euromonitor pada tahun 2014-2015 dari segi pengiriman dari pabrik. Hal yang unik dari rokok ini ialah inner frame rokok ini cenderung mengarah ke atas, sesuatu yang baru pernah dilakukan oleh KT&G Indonesia saat ini. Terdapat elemen kapsul dengan efek "spark" dan efek lighting, dengan tulisan CLICK to CHANGE. Warna inner frame menggunakan warna ungu dan abu-abu. Model foil sama saja dengan produk Esse SKM Superslims secara umum, dengan adanya logo KT&G dan tulisan Korea Tomorrow & Global, dengan warna foil yakni silver dan pada tulisan di foil menggunakan efek emboss halus.

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Batang rokok ini sepertinya terlihat menggunakan warna dasar putih, yang sama dengan Esse Change Applemint. Susunan batang rokok ini ialah 10 di depan dan 10 di belakang, dengan kuantitas isi sebanyak 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini terhitung sebagai rokok superslims, dengan panjang batang sekitar 100mm dan ukuran diameter batang yang sangat kecil. Pada batasan tipping paper terdapat tulisan CHANGE berwarna ungu, dengan adanya garis berwarna ungu dan tulisan ESSE. Letak kapsul sama saja dengan Esse Change Applemint yakni berada di dekat batasan tipping paper, dengan adanya bola dengan panah yang menandakan tempat mengklik kapsul yang ada pada rokok tersebut. Perforasi yang digunakan pada rokok ini berjumlah tiga baris, dengan adanya lubang yang memiliki jarak berdekatan satu sama lain dan menggunakan model dot.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini cenderung memiliki sensasi manis yang cukup terasa disertai adanya sensasi fruity yang minim namun sangat terasa, Namun ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis fruity yang memiliki intensitas menengah ke atas, disertai sensasi aroma yang cenderung lembut. Sensasi fruity yang saya tangkap pada rokok ini ialah merupakan gabungan dari leci dan pisang, dimana memang karakteristik rokok Esse SPM memiliki sensasi leci yang sangat kuat, disertai adanya unsur pisang sebagai pelengkap dari rasa rokok ini. Sensasi rokok ini cenderung kuat dengan sensasi a hint of sweetness, dimana memang pada rokok ini juga dilengkapi dengan liquorice sebagai penyusun aroma manis yang ada pada rokok ini. Cenderung memiliki sedikit sensasi madu yang terasa sebagai pelengkap sensasi manis yang ada pada rokok ini. Karakter rokok ini tidak terlalu dominan dengan sensasi spicy, dimana memang karakter rokok Esse SKM cenderung kurang begitu kuat dengan sensasi spicy. Adapun penyusun sensasi spicy yang ada pada rokok ini ialah gabungan dari kayumanis dan adas manis. 

Karakter Tembakau Virginia sangat tergambar pada rokok ini, dimana memang rokok ini menggunakan Tembakau Virginia impor yang cenderung memiliki aroma lembut dan terkesan ringan. Terdapat unsur nutty dikarenakan rokok ini juga menggunakan Tembakau berjenis Oriental, yang memang cenderung menawarkan sensasi aroma nutty. Cenderung menawarkan sensasi sweet fermented yang terasa, dimana memang rokok ini memiliki tingkat fermentasi yang sangat baik. Karakter tembakau yang digunakan pada rokok ini terbilang cukup balance dan sedikit earthy, dalam artian rokok ini meskipun dominan dengan Tembakau Virginia, akan tetapi cenderung sedikit seimbang dengan penambahan Tembakau berjenis Oriental, dan sedikit saya bisa merasakan unsur tanah yang khas. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi aroma yang lembut dan terkesan sedikit terasa aroma nutty khas. Tidak terdapat throat hit ataupun harshness yang berarti, dalam artian meskipun tidak di klik, rokok ini tetap nyaman di tenggorokan.

Untuk mengaktifkan fitur 'klik' dari Grapemint Capsule, Anda bisa memposisikan jempol dan telunjuk ke bagian yang sudah ditentukan. Letak kapsul berada pada bagian dekat batasan tipping paper.


Kemudian kita bisa mendorong jempol dan telunjuk ke bagian yang sudah ditentukan hingga terdengar bunyi klik. Maka rasa yang muncul dari Grapemint capsule  bisa dirasakan dengan seksama


Ketika di klik, cenderung menawarkan sensasi anggur merah manis yang sangat terasa, disertai adanya rasa mint yang memiliki intensitas menengah namun cukup kuat. Sensasi anggur merah disini terkesan sangat segar, dimana memang pada rokok ini cenderung menawarkan sensasi rasa anggur yang baru saja dipetik dan dikemas sedemikian rupa. Memiliki sifat asam segar yang mendukung sensasi mint yang ditawarkan oleh rokok ini, dalam artian asam segar yang ada pada rokok ini terbilang sangat nikmat dan enak. Intensitas mint yang ditawarkan oleh rokok ini terbilang cukup soft, dimana memang rokok ini sengaja diciptakan bagi Anda yang tidak terlalu kuat dengan sensasi mint yang ditawarkan Esse Change Applemint. Rasa anggur merah yang ditawarkan oleh rokok ini terkesan sedikit fermented, dalam artian rokok ini menawarkan sensasi anggur yang segar namun dalam tingkat kematangan yang pas. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan menawarkan aroma anggur yang cenderung terasa dengan adanya aroma manis yang cenderung khas. Tarikan dari rokok ini terkesan sangat mantap, dimana dikarenakan diameter batang rokok ini yang kecil serta rajangan yang digunakan sangat kecil mampu menciptakan sensasi tarikan yang sangat pas. Sensasi harshness pada rokok ini terbilang tidak ada sama sekali, dalam artian memang bekat mengklik kapsul yang ada pada rokok ini mampu mengurangi sensasi harsh yang ada pada rokok ini. Throat hit pada rokok ini terbilang tidak ada sama sekali, dalam artian memang rokok ini cenderung nyaman di tenggorokan dan tidak ada sensasi menusuk sama sekali. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 10-11 menit, dalam artian rokok ini cenderung memiliki durasi bakar yang terhitung cukup lama untuk hitungan rokok superslims. Aftertaste yang ditawarkan ialah sensasi anggur merah manis yang sangat terasa, sensasi mint segar, disertai adanya karakter tembakau yang cenderung nutty dan kaya rasa serta meninggalkan kesan baik di tenggorokan.

Namun kelemahan dari rokok ini ialah ketika mulai mendekati batasan tipping paper, sensasi manis anggur merah cenderung mulai melemah dan sensasi mint yang ada cenderung lebih menguat. Dan juga pada rokok ini cenderung sedikit panas di mulut, meskipun cenderung hangat. Serta terdapat sensasi chemical taste yang cukup terasa ketika mendekati batasan tipping paper. Untuk kualitas tipping paper yang digunakan pada rokok ini cenderung kuat, dimana memang kualitas lem yang digunakan terhitung sangat baik. Dan juga meskipun rokok ini terbilang memiliki chemical taste dan penurunan rasa, akan tetapi sensasi rasa ketika saat bakaran terhitung sangat baik. Saya merasa rokok ini memang memiliki sensasi yang unik dan berbeda. Bila dibandingkan dengan Camel Activate Purple Mint, sensasi anggur merah yang ditawarkan cenderung lebih alamiah dan lebih mantap. Mungkin dikarenakan rokok ini merupakan SKM LTLN yang memiliki basic rasa manis, sehingga kesan rasa dan aroma anggur merah yang ditawarkan jauh lebih baik dan lebih nikmat. Saya sangat suka sensasi Grapemint yang ditawarkan oleh rokok ini. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.85 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa rokok ini yang terbilang lebih soft dalam intensitas mint-nya, rasa anggur merah yang cenderung sangat segar dan terasa, dan juga sensasi rasa anggur yang ditawarkan seakan lebih unggul dan terkesan lebih "real" dibandingkan dengan Camel Activate Purple Mint membuat rokok ini seakan lebih unggul bila dibandingkan dengan rokok yang saya bandingkan tersebut. Terlebih rokok ini sangat cocok bagi Anda seorang wanita yang menginginkan kesan feminim yang lebih tinggi. Terlebih rokok ini terhitung sebagai rokok superslims yang memang diciptakan untuk wanita. Namun, kelemahan dari rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper, sensasi anggur merah yang ditawarkan cenderung menurun dan sensasi mint yang seakan menguat, adanya sedikit sensasi hangat ketika mendekati batasan tipping paper, dan sensasi chemical taste yang terasa ketika mendekati batasan tipping paper. Untuk distribusi sendiri, rokok ini sejauh ini baru bisa ditemui di modern market yakni Indomaret. Saya sendiri belum mengecheck apakah rokok ini juga dijual di modern market lain. Tapi kemungkinan besar rokok ini sudah bisa ditemukan terhitung hari ini saya membuat review rokok ini, dimana memang seharusnya rokok ini sudah bisa ditemukan di Alfamart ataupun Circle K yang juga notabene-nya merupakan tempat pemasangan media POS dari rokok ini. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.35 dari 10. Artinya, rokok ini unggul pada kemasannya yang menarik dan rasa yang ditawarkan cenderung nikmat, namun untuk harga sendiri terhitung agak mahal, meskipun cukup terjangkau bila dibandingkan dengan kompetitor dengan rasa sejenis yakni Camel Activate Purple Mint yang saat ini memiliki harga retail sekitar 21.000.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , ,

CONVERSATION

19 komentar:

  1. Gan.. Menurut lo rasa rokok yang paling enak and pantes dapt nilai 10 apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom ada sejauh ini. nilai 10 sampe sekarang gue belom bisa nemuin. masing2 rokok punya kelemahan.

      Hapus
    2. marlboro lah bro, gak ada yg bisa nandingin

      Hapus
  2. bau daleman bungkusnya ngingetin ane sama amer broo wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Bro tadi liat spanduk marlboro ice burst di warung apa produk nya udah keluar?

    BalasHapus
  4. bedanya esse ini sama yang berry pop apaan bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo abis di klik, ini jadi rasa anggur mint. kalo berry pop, di klik jadi rasa berry. simpelnya gitu sih

      Hapus
  5. Gw bingung ni rokok, apa cuman gw delusi aja atau gimana. Berasa ada kayak bau bungany gitu kl abis diisep setelah dipencet. Anggur + bunga lavender. Atau mungkin relaxa tp wangi banget... . XD

    BalasHapus
  6. Sy udh coba Esse change grape ini, kata sy rasAnya unik ky permen batuk jadul n bau akar2an, tp intinya yah rasa anggur, cuma sy mengharapkan diameter rokok lebih besar. Kalau yg berry pop sy belum pernah coba. Menurut agan enak yg esse grape ini atau yg berry?

    BalasHapus
  7. hi, saya boleh tau dimensi packaging esse field dan bat dunhill, jika anda tau? terima kasih

    BalasHapus
  8. Pop berry nyaman & enak bgt
    .
    Sensasi gk baial.di temuin di rokok lain ..
    Klick.nya itu lho
    ..

    BalasHapus
  9. Kok gue pusing ya abis ngerokok ginian

    BalasHapus
  10. Kecil imut namun nggak kalah dalam rasa dan kwalitas...

    BalasHapus
  11. Apa ini kaya rokok herbal yah bro..gue coba baru rokok esse honey pop

    BalasHapus