Lucky Strike Switch, SPM Full Flavor Pertama dengan Inovasi Switch Capsule dan Click & Roll

Selamat pagi,

Agaknya saya sudah hampir setengah bulan sudah tidak menuliskan postingan di blog tercinta ini. Alasan utama yang mendasari mengapa saya tidak menulis di blog ini ialah rasa malas yang belakangan menghampiri hidup admin. Sejujurnya saja, saya belakangan sudah mulai malas untuk menulis. Dan juga dikarenakan masih jarangnya rokok baru yang hadir di pasaran, membuat admin seakan enggan untuk membuat review di blog tercinta ini.

Hari ini, saya akan mereview rokok yang tepat pada Sabtu tanggal 27 Januari lalu diluncurkan, dan baru beredar pada hari minggu tanggal 28 Januari lalu, yakni Lucky Strike Switch. Rokok ini memiliki keunggulan adanya fitur "Switch", sesuatu yang belakangan sudah mulai tren pada rokok yang ada di Indonesia, namun masih sedikit pemain yang menjual rokok dengan fitur tersebut. Inovasi yang ada pada rokok ini sebenarnya merupakan inovasi rokok kapsul pertama dengan menggunakan fitur "Click & Roll", artinya untuk mengubah sensasi dari Filter (atau lazim saya sebut dengan Full Flavor) ke Menthol cukup mengklik kapsul yang ada di filter rokok ini. Lalu setelah mengklik kapsul yang ada pada filter rokok ini, untuk memperkuat sensasi Menthol bawaan rasa kapsul rokok ini cukup dengan menggulungkan bagian yang sudah di klik. Sehingga, rasa menthol yang ada akan terasa lebih kuat dan lebih baik.

Seperti biasa, review tanpa adanya analisis merupakan review layaknya nasi kurang lauk. Kurang lengkap istilahnya. Maka saya akan memulai sedikit analisis mengapa Bentoel Group mencoba meluncurkan Lucky Strike Switch di tahun 2018 ini dan kemungkinan besar akan membuka segmen rokok SPM Switch yang sejatinya kurang begitu diminati ketimbang rokok SPM Boost diantaranya sebagai berikut:


  1. Lucky Strike Switch merupakan rokok SPM Full Flavor dengan fitur switch pertama dari Bentoel Group, dimana rokok ini menggabungkan dua sensasi berbeda di dalam satu batang rokok. Yakni sensasi Full Flavor atau lazim disebut dengan Filter bila kapsul di rokok ini tidak diklik, dan Menthol segar ketika sudah mengklik kapsul dari rokok ini. Dengan slogan "Switch For A Cool Taste", Lucky Strike Switch seakan membuka paradigma baru terhadap rokok Switch yang belakangan dikuasai oleh segmen SPM. Sebenarnya, Bentoel Group dahulu sudah meluncurkan produk serupa yakni Dunhill Switch yang dijual sekitar tahun 2011 hingga 2013, namun dikarenakan peminatnya sangat sedikit serta image Dunhill yang terkesan mahal sehingga produk ini berhenti di tengah jalan. Lucky Strike Switch sendiri sebenarnya sudah belajar dari pengalaman kegagalan Dunhill Switch, dimana hal utama yang menyebabkan Dunhill Switch gagal sendiri ialah masalah harga yang tidak terjangkau dan rasa yang kurang bisa diterima oleh masyarakat luas. Lucky Strike Switch sendiri sebenarnya merupakan salah satu plan yang sengaja diluncurkan di tahun ini, mengingat pertumbuhan market share dari Lucky Strike sendiri berdasarkan presentasi yang dikeluarkan oleh British American Tobacco, termasuk brand international yang memiliki growth yang sangat besar dikarenakan harga yang ditawarkan terhitung sangat terjangkau. Strategi harga ini makin memposisikan Lucky Strike sebagai SPM dengan harga terjangkau namun tetap mempertahankan kualitas "It's Toasted" yang memang sudah menjadi trademark dari Lucky Strike itu sendiri.
  2. Beberapa kompetitor belakangan mulai agresif dalam mengeluarkan rokok SPM yang dilengkapi dengan kapsul, meskipun hampir semua kompetitor mengeluarkan SPM berkapsul yang memiliki tipe "Boost" (sudah ada bawaan menthol, namun dilengkapi kapsul untuk memperkuat sensasi menthol ataupun menambah sensasi unik yang ada pada rokok). Camel Activate Purple Mint dan Bohem Cigar Mojito Double merupakan salah satu kompetitor terberat untuk Lucky Strike SPM sendiri, dimana memang secara penempatan harga diposisikan dibawah market leader SPM yakni Marlboro, berkisar 19.000-21.000 per bungkusnya. Lucky Strike yang belakangan sudah menjadi salah satu market leader di kategori SPM sendiri merasa tertantang untuk mengeluarkan produk rokok berkapsul namun dengan gaya yang sangat berbeda dibandingkan dengan kompetitor. Alhasil, setelah riset yang cukup lama dan juga didukung dengan beberapa percobaan internal, Bentoel Group pada akhirnya berhasil membuat inovasi rokok Switch yang lebih bisa diterima oleh masyarakat Indonesia secara umum.
  3. Dapat dikatakan, dengan adanya pembelajaran dari kegagalan Dunhill Switch, serta persaingan rokok SPM berkapsul yang mulai tumbuh membuat Bentoel Group pada akhirnya bisa meluncurkan Lucky Strike Switch, dimana harga rokok ini diposisikan tidak jauh dengan harga kompetitor dan juga mempertahankan blend khas dari Lucky Strike yang sesuai untuk konteks saat ini. Dengan inovasi ini, Lucky Strike seakan memiliki portofolio yang terbilang cukup lengkap untuk hitungan rokok SPM di Indonesia. Yakni Lucky Strike Original Red untuk Full Flavor, Lucky Strike Blue untuk Lights, dan Lucky Strike Switch untuk SPM dengan Menthol Capsule. Lucky Strike Switch kemungkinan akan menjadi blockbuster dalam dunia SPM di Indonesia, dikarenakan inovasi ini terbilang langka untuk hitungan rokok SPM.
Baiklah, itu sedikit analisis mengapa Bentoel Group berani meluncurkan Lucky Strike Switch di tahun 2018 ini dan kemungkinan besar akan meningkatkan penjualan portofolio dari Lucky Strike SPM di Indonesia. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga retail rokok ini ialah Rp. 20.000 (cukai 2017 18.025) dengan kuantitas isi sebanyak 20 batang. Terhitung cukup murah bila dibandingkan dengan SPM capsule di Indonesia namun sedikit lebih mahal ketimbang Lucky Strike SPM yang secara harga saat ini mulai mendekati harga 20.000 namun masih dibawah harga Lucky Strike Switch. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7.2 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna hitam, abu-abu, dan biru tua sebagai basis utama kemasan rokok ini. Pada bagian depan kemasan terdapat logo Lucky Strike SPM yang sudah disempurnakan, yakni lingkaran berwarna biru tua bergradasi dengan hitam, dengan tulisan LUCKY STRIKE yang memiliki kesamaan font dengan Lucky Strike SPM di Indonesia, menggunakan font sans serif berwarna putih. Pada bagian tulisan menggunakan efek emboss yang terkesan hard dan sangat mudah untuk diraba. Terdapat lingkaran ber-outline abu-abu yang memiliki efek emboss yang bisa dirasakan dengan tekstur hard. Di bagian kiri bawah terdapat logo "Switch" yakni semacam tombol power berwarna biru tua, dilengkapi dengan tulisan SWITCH berwarna abu-abu. Di bagian kanan bawah terdapat logo Luckies terbaru yakni font sambung yang terkesan retro dan menggunakan warna abu-abu. Logo Luckies tersebut menggunakan warna abu-abu dan memiliki efek emboss yang bisa dirasakan dan terkesan hard. 

Bagian belakang terdapat logo Luckies yang memiliki efek emboss, dan dibawahnya terdapat deskripsi yang memiliki rata kiri. Di dalam deskripsi tersebut dijelaskan bahwa rokok ini bisa diklik untuk mengganti rasa rokok ini, dimana ada penjelasan untuk menggulungkan bagian filter rokok ini untuk memperkuat sensasi rasa klik bawaan rokok ini. Waktu klik juga dijelaskan, bisa kadang-kadang, selalu, ataupun tidak sama sekali. Di bawah deskripsi tertulis "It's Luckies. Enjoy." yang memang sudah menjadi slogan dari Lucky Strike secara keseluruhan. Bagian kanan terdapat logo BAT dengan adanya efek emboss, logo sampah, larangan jual, serta jenis rokok ialah SPM yang terletak dibawah larangan jual. Barcode memiliki kesamaan kode dengan Lucky Strike Blue dan model barcode yang sama. Tertulis 20 CLASS A CIGARETTES yang menandakan berat rokok ini terhitung sebagai Class A. Bagian kiri kemasan di bagian atas terdapat logo Luckies di dalam lingkaran logo R.A. Patterson, dimana di bagian atas tertulis R.A. PATTERSON TOBACCO CO., dan di bagian bawahnya tertulis EST. RICH'D. VA. USA dengan dibagian tengah lingkaran terdapat logo Luckies. Terdapat tulisan LUCKY STRIKE dengan warna abu-abu dan memiliki efek emboss, dan tulisan dibawah otoritas BAT (Brands) Inc., USA. 

Hal yang aneh ialah terletak pada bagian atas kemasan, dimana saya menduga ada kesalahan dari desain rokok ini. Pabrik rokok ini beserta tulisan Luckies serta SWITCH berada di bagian atas kemasan, dan bagian bawah terdapat tulisan LUCKY STRIKE serta SWITCH dan logonya. Bagian bawah dan atas rokok ini tampaknya merupakan kesalahan awal yang disengaja, mengingat kemungkinan besar desain dari Lucky Strike Switch berubah cukup signifikan dibandingkan varian lainnya. Saya merasa rokok ini terbilang simpel namun menjual. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Bagian inner hinge lid memiliki kesamaan dengan rokok Lucky Strike SPM yang umum dijual di Indonesia, yakni terdapat dua bagian dan adanya celah, yang seharusnya digunakan untuk mengunci rokok ini. Namun Lucky Strike SPM sendiri belakangan sudah tidak menggunakan fitur lock dimana fitur pengunci berada di bagian inner frame. Di bagian inner hinge lid sendiri terdapat suara konsumen khas rokok buatan Bentoel. Bagian inner frame dari rokok ini bersifat polos dengan warna hitam, tanpa adanya unsur menonjol di bagian tengah inner frame. Foil dari rokok ini menggunakan warna silver gelap, dengan bagian tengahnya tertulis Luckies.

Dikarenakan rokok ini bukan rokok menthol, maka kita bisa merobek foil-nya dengan seksama


Rokok ini terlihat memiliki adanya tombol "Switch" berupa on button berwarna biru. Batang rokok ini menggunakan warna putih, yang sama dengan Lucky Strike Blue. Susunan batang dari rokok ini ialah 7 di depan, 6 di tengah, dan 7 di belakang dengan kuantitas isi sebanyak 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki ukuran King Size, dengan adanya diameter yang cukup gemuk dan panjang batang rokok ini sekitar 85mm. Meskipun rokok ini terhitung sebagai SPM Full Flavor, akan tetapi bagian tipping paper rokok ini menggunakan warna putih. Bagian batasan tipping paper dari rokok ini terdapat logo Lucky Strike dengan adanya lingkaran dan font yang sama dengan Lucky Strike SPM di Indonesia. Bagian batasan juga terdapat line berwarna abu-abu yang memiliki efek glossy. Terdapat petunjuk tempat untuk mengklik kapsul rokok ini yang ditandai dengan adanya power button berwarna biru. Memiliki perforasi sebanyak satu baris di dekat batasan tipping paper, dengan model perforasi laser strip dan jarak yang cukup dekat satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan mengeluarkan sensasi rasa yang kurang begitu menggoda, dengan adanya sedikit sensasi gurih dan sensasi tembakau yang seakan kaya. Namun ketika dibakar, rokok ini seakan mengeluarkan sensasi gurih yang kuat dan sensasi tembakau yang sangat kaya. Cenderung memiliki intensitas spicy alamiah yang cenderung tidak begitu kuat bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red, namun tetap terasa. Memiliki sensasi gurih tembakau yang terasa, kemungkinan besar muncul dari Tembakau Virginia yang memang memiliki rasa gurih bawaan yang pas. Karakter spicy dari rokok ini muncul dikarenakan rokok ini menggunakan Tembakau Burley yang diproses dengan cara dipanggang, dimana juga pada rokok ini terdapat sensasi manis alamiah yang terasa namun tidak begitu sekuat Lucky Strike Original Red. Perbandingan diantara rokok ini dengan Lucky Strike Original Red bisa dibilang hampir mirip, namun dengan sentuhan hisapan yang terkesan lebih enteng dikarenakan rokok ini memiliki perforasi pada bagian tipping paper. Cenderung bisa dibilang kurang memiliki penambahan aditif, dimana kemungkinan besar rokok ini hanya menggunakan inverted sugar sebagai salah satu pembentuk unsur manis, yang mendukung sensasi manis alamiah dari Tembakau Burley. Blend yang ditawarkan cenderung balance dan kuat akan sensasi earthy, dimana memang kandungan tembakau yang ada pada rokok ini cenderung seimbang dan cukup memiliki sensasi tanah yang terasa. Memiliki harshness yang terasa, dimana sensasi harsh yang ada pada rokok ini sangat terasa di tenggorokan dan meninggalkan kesan gatal. Cenderung memiliki throat hit yang tidak begitu kuat, dimana rokok ini memang sengaja diciptakan memiliki sensasi rasa yang lebih lembut di tenggorokan namun tetap memiliki karakter menusuk. Aftertaste yang ditawarkan cenderung memiliki sensasi tembakau yang kaya dan cenderung gurih alamiah.

Untuk mengaktifkan fitur "Switch" yang ada pada rokok ini, kita bisa memposisikan jempol dan telunjuk di bagian yang sudah ditentukan, ditandai dengan adanya on button khas rokok Lucky Strike.


Kemudian kita bisa mengklik kapsul rokok ini dengan menggunakan telunjuk dan jempol layaknya gambar dibawah ini. Sehingga ketika sudah dipencet, maka akan terlihat layaknya gambar dibawah ini


Bilamana sudah diklik, maka sensasi menthol sudah mulai terasa. Namun untuk mengeluarkan sensasi menthol yang kuat bisa menggulung bagian filter untuk memperkuat sensasi rasa kapsul bawaan dari rokok ini layaknya gambar dibawah ini. Proses ini disebut dengan "Click & Roll"


Ketika sudah dilakukan proses "Click & Roll", rasa menthol yang ada terkesan berada pada intensitas menengah. Dalam artian menthol yang ada pada rokok ini mulai menguat ketika sudah digulung bagian filter-nya. Intensitas sensasi "cool taste" sebagai nilai jual dari rokok ini cukup kuat namun dalam intensitas yang tidak sekuat rokok SPM Boost. Rasa yang ada pada kapsul ini lebih mirip dengan peppermint, dimana sensasi dingin yang ada pada rokok ini terbilang sangat ramah bagi Anda yang kebetulan kurang begitu menyukai rokok menthol ataupun rokok dingin. Tebilang memiliki sensasi peppermint yang sangat terasa, intens dan bertahan lama. Dengan melakukan proses "Click & Roll", maka Anda bisa merasakan sensasi dingin yang sangat terasa namun tidak berlebihan. Agak mirip dengan sensasi kapsul yang ditawarkan Marlboro Ice Blast, namun dalam intensitas dingin yang lebih baik dan pas. Dalam artian sensasi dingin yang ditawarkan cenderung ideal untuk rokok berjenis "Switch". Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini seakan mengeluarkan aroma peppermint yang terasa disertai aroma tembakau yang cenderung kaya. Tarikan yang ditawarkan rokok ini cenderung sangat mudah untuk ditarik dan terkesan mantap namun tetap mempertahankan sensasi halus. Sensasi harshness yang ada pada rokok ini cenderung berkurang setelah mengklik kapsul ini, dalam artian sensasi harsh yang ada pada rokok ini tertutupi dengan rasa yang ditawarkan oleh kapsul rokok ini. Throat hit pada rokok ini cukup terasa, namun cenderung lebih halus ketika sudah mengklik kapsul yang ada di dalam rokok ini. Dalam artian rokok ini setelah di klik, maka sensasi throat hit yang ada cenderung lebih halus dan cenderung membuat nyaman di tenggorokan. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 8-9 menit, dalam artian rokok ini memiliki durasi bakar yang sama dengan Lucky Strike SPM secara umum. Aftertaste yang ditawarkan ketika sudah melakukan proses "Click & Roll" ialah sensasi dingin yang cenderung intens namun dalam intensitas yang menengah,  adanya sensasi peppermint yang terasa, sensasi manis alamiah, serta adanya sensasi tembakau yang cenderung kaya rasa. 

Namun kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper, rasa panas mulai terasa  di bibir, terdapat sensasi chemical taste yang terasa, serta sensasi menthol yang mulai berkurang ketika mulai masuk ke akhir bakaran. Serta, bagi sebagian orang, sensasi menthol yang ditawarkan cenderung memiliki sensasi chemical taste, kemungkinan besar menthol yang digunakan bersifat artifisial dan mengandung perisa peppermint (meskipun kemungkinan besar tetap menggunakan peppermint oil sebagai salah satu bahan penyusun kapsul dari rokok ini). Bagi sebagian orang, rasa menggelitik dari rokok ini juga merupakan efek samping setelah merokok ini, dimana sensasi menggelitik di tenggorokan cukup terasa setelah merokok ini. Efek begah juga terasa pada rokok ini, dimana kelemahan SPM ketika sudah dihisap dalam intensitas yang banyak maka akan terasa begah. Meskipun begitu, saya cenderung suka dengan sensasi rasa yang ditawarkan oleh rokok ini, dan bagi Anda yang suka dengan hal yang baru, saya sangat me-rekomendasikan-nya. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.9 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan inovasi "Click & Roll" yakni dengan mengklik kapsul dari rokok ini kemudian menggulung bagian filter-nya maka sensasi menthol yang ditawarkan rokok ini terbilang pas dan tidak berlebihan. Dan juga bagi Anda yang tidak begitu suka rokok menthol, rokok ini terbilang memiliki sensasi menthol (atau peppermint) yang cenderung pas dan kemungkinan besar Anda akan menyukainya. Namun, kelemahan dari rokok ini ialah ketika mulai mendekati batasan tipping paper dari rokok ini, cenderung terasa sensasi chemical taste, dan juga sensasi menthol yang cenderung melemah di akhir bakaran. Serta bagi sebagian orang yang tidak terbiasa rokok jenis SPM akan merasa gatal di tenggorokan yang sangat terasa, meskipun hal ini sangat lumrah untuk jenis rokok SPM. Untuk distribusi sendiri, rokok ini sudah bisa didapatkan di warung ataupun toko yang sudah menjadi rekanan ASMO Bentoel. Dan juga untuk minimarket, rokok ini terhitung mudah ditemui di Alfamart yang memang menjadi rekanan dari Bentoel Group sendiri. Memang, agak susah untuk menemukan rokok ini pada saat ini, akan tetapi distribusi akan mulai merata terhitung minggu ini. Meskipun saya sempat menanyakan ke toko agen mengapa stoknya sangat sedikit. Overall, saya memberi nilai rokok ini ialah 8.3 dari 10. Artinya, rokok ini unggul pada rasanya dan kemasannya, namun untuk harga memang cenderung kurang terjangkau. Meskipun memang rokok ini terhitung murah untuk SPM yang memiliki fitur kapsul. Saya sangat merekomendasikan rokok ini, yang jelas bagi Anda yang memang suka dengan hal yang baru, rokok ini bisa jadi pilihan yang tepat. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , ,

CONVERSATION

12 komentar:

  1. mas, ada gak yg rokok yg rasanya sama kaya Marlboro Menthol Light (putih ijo) soalnya udh susah nemuinnya dan niat mau ganti tpai yg sama rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Luckies Switch. Rasanya menurut saya agak sama cuma lebih kuat rasa tembakaunya.

      Hapus
    2. saya dulu juga make lucky yg menthol, cuma kan udh di tarik dari peredaran makanya saya pindah ke marlboro menthol light..skr udh jarang yg jual juga jd bingung pindah kemana lagi yg rasanya mirip2

      Hapus
    3. pernah coba dunhill yang hijau mas? kadar mentholnya sama-sama soft dan nggak terlalu over. biasanya bisa switch ke sana kalo yang ngerasa menthol lights susah dapetnya. maaf baru buka komputer nih

      Hapus
    4. waktu itu pernah mas cuma lupa rasanya hehe..skr lg nyoba bohem yg hijau, mirip2 rasa menthol lights,mentholnya gak kerasa bgt jd enak pas di hisap.saya sudah muter2 bekasi udh gak ada yg jual menthol lights,kmrn dapet di daerah jakarta timur cuma yah hoki2an.

      Hapus
  2. Lucky Strike yg switch enak...marlboro menthol white hanya ada di Indomaret

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Rokok favorit saya dari dulu adalah Lucky Strike Original Red.
    Tapi sudah 2 bulan ini hisapnya Lucky Strike Switch.
    Enak, Rasanya kayak permen Mentos.

    BalasHapus
  5. Baunya sangat menyengat tapi untuk rasa mentol berasa sangat

    BalasHapus
  6. Nonton video abg lagi belajar memang nikmat sambil ditemani rokok lucky strike switch menthol

    BalasHapus
  7. Rokok menthol ya min?
    Kalau menthol saya pikir pikir dulu kalau mau beli

    BalasHapus