Forte Menthol Cooling Taste, SPM Mini Pertama di Indonesia dengan Keunggulan Tobacco-Wrapped dan Fresh Menthol Sensation Dari Group Djarum

Selamat sore,


Review ini sesungguhnya harusnya saya publish pada hari kemarin. Namun dikarenakan sesuatu hal yang memaksa admin untuk tidak bisa mengeposkan pada hari kemarin, maka pada akhirnya saya baru bisa mengeposkan review mengenai rokok ini pada hari ini. Saya tidak akan panjang lebar pada postingan kali ini mengingat postingan ini sebenarnya merupakan lanjutan dari postingan yang sudah saya buat hari Rabu lalu. Jadi bila konten yang dimiliki kemungkinan di awal akan sama persis dengan postingan Forte Original.

Review yang akan admin buat pada kesempatan kali ini terhitung produk yang sangat baru masuk di pasaran. Produk ini dinamakan dengan Forte. Kebetulan, Forte memiliki varian yang berbeda satu sama lain, diantaranya ialah Forte Original Charcoal Filter dan Forte Menthol Cooling Taste. Review kali ini akan membahas mengenai Forte Menthol, yang saya kira merupakan lanjutan dari review Forte Original

Produk ini memiliki slogan "MIGHTY TINY", dimana bila diartikan secara Bahasa Indonesia akan berarti "Kecil namun Kuat". Alasan dasar mengapa Forte menggunakan slogan tersebut merujuk kepada ukuran batang yang cenderung slim dan kecil (namun tidak terhitung sebagai superslims), panjang batang yang sangat kecil namun memiliki sensasi rasa yang lebih kuat dan intens bila dibandingkan dengan kompetitor lain yang bermain di kategori SPM. Terutama untuk versi Menthol, rokok ini seakan menawarkan sensasi menthol yang sangat intens dan kuat layaknya SPM kelas Premium di Indonesia. Seperti biasa, review tanpa adanya analisis singkat sepertinya layaknya lauk kurang garam. Dikarenakan produk ini sangat unik, maka saya bisa lampirkan analisis yang saya buat layaknya berikut ini:
  1. Forte merupakan portofolio SPM pertama dari Group Djarum untuk pasar Indonesia (untuk produk SPM sendiri Djarum sudah mempunyai Djarum Lagunas untuk pasar Amerika namun saat ini dihentikan penjualannya, dan Forte untuk pasar Jepang) dengan keunggulan ukuran diameter dan panjang batang yang kecil, serta rasa yang cenderung kuat bila dibandingkan dengan kompetitor. Pertama kali diluncurkan di Jepang pada Juni 2016, Forte seakan memasuki segmen SPM Mini yang untuk pasar Jepang sendiri masih dikuasai oleh Hope, yang diproduksi oleh Japan Tobacco. Produk ini untuk pasar Jepang dikategorikan sebagai little mini cigars, dalam artian rokok ini di Jepang terhitung sebagai cerutu mini filter, bukan terhitung sebagai rokok putih layaknya di Indonesia. Hal ini dikarenakan papir pada rokok ini dibuat dengan menggunakan tembakau, yang diproses menggunakan sisa debu atau limbah dari tembakau itu sendiri, yang di luar negeri terhitung sebagai little mini cigars. Bahasa industri-nya untuk papir yang digunakan pada Forte ini disebut sebagai "Reconstituted Tobacco Sheet", atau saya sering mengatakannya sebagai kertas Tembakau Recon. Keunikan ini (dalam size ataupun papir yang digunakan) membuat Forte seakan menjadi pendatang baru yang tidak bisa diremehkan di Jepang. Penjualan Forte terhitung sangat baik dan mendapat sambutan antusias yang baik, mengingat harga yang ditawarkan juga murah yakni hanya 250 Yen saja untuk isi 20 batang. Mengingat Forte memiliki tingkat antusias yang tinggi di Jepang, maka pada akhirnya Group Djarum mulai berani meluncurkan Forte di Indonesia pada pertengahan bulan Desember tahun 2017 ini.
  2. Variasi rokok SPM di Indonesia terbilang kurang memiliki diferensiasi yang baik. Kebanyakan rokok SPM di Indonesia terhitung memiliki ukuran King Size, dengan penggunaan American Blend yang secara umum ditemui pada rokok SPM di Indonesia. Bagi sebagian orang menganggap bahwa SPM cenderung kurang begitu memiliki rasa yang mantap, meskipun secara tarikan memang diakui SPM cenderung lebih kuat dan sensasi menusuk yang tinggi. Diferensiasi yang kurang untuk segmen SPM di Indonesia ini mendasari Group Djarum pada akhirnya berani meluncurkan Forte di Indonesia. Dengan keunggulan Tobacco-Wrapped yang sejauh ini di Indonesia hanya bisa ditemui pada produk Tycoon Little Mini Cigars, dan adanya penambahan sensasi Fresh Menthol Sensation yang diaplikasikan melalui foil pada rokok ini membuat Forte Menthol seakan lebih unggul satu tingkat bila dibandingkan dengan kompetitor yang secara umum memiliki harga mahal. Group Djarum juga berusaha mendobrak aturan lama mengenai SPM, yakni ukuran lebih kecil, penggunaan Tobacco Wrap (sebenarnya itu Kertas Tembakau Recon) untuk menghasilkan sensasi rasa yang lebih mantap, dan sensasi menthol yang kuat pada versi Menthol membuat Forte memiliki nilai jual yang terhitung tinggi bila dibandingkan dengan kompetitor.
  3. Dapat dikatakan, dengan kesuksesan yang diraih di Jepang dan juga adanya keinginan Group Djarum memasuki segmen SPM yang sebelumnya belum bisa dimasuki, membuat Forte seakan bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kompetitor SPM di Indonesia yang sepertinya kurang begitu memiliki diferensiasi. Forte diproyeksikan akan menjadi salah satu leader SPM di Indonesia, mengingat keunikan yang ditawarkan cenderung tidak bisa ditiru oleh kompetitor.
Baiklah, itu analisis singkat mengapa Forte diluncurkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2017 dan sepertinya akan menjadi blockbuster pada segmen SPM di Indonesia. Kemudian mari kita review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan harga Rp. 15.000 (cukai 15.000) dengan kuantitas isi 20 batang. Untuk hitungan SPM dengan Tobacco Wrap, terhitung sangat murah dan terjangkau. Untuk harga sendiri saya beri nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna hijau muda, jingga, hitam, dan putih. Bagian depan dan belakang kemasan terdapat semacam emblem logo yang terdiri dari setengah lingkaran, trapesium, dan rounded rectangle yang tergabung menjadi sebuah emblem ala Italia. Emblem logo tersebut memiliki outline berwarna kuning kejinggaan dan memiliki bagian dalam berwarna hitam. Terdapat tulisan 20 dengan adanya persegi panjang berwarna putih yang berjumlah 9, dimana 9 persegi panjang tersebut mengitari layaknya gambar matahari. Terdapat tulisan COOLING TASTE dengan adanya garis di bagian atas dan bawah menggunakan warna jingga, dimana tulisan COOLING TASTE tersebut menggunakan warna jingga kekuningan. Terdapat tulisan FORTE dengan adanya efek emboss, dengan warna outline tulisan berwarna jingga dan tulisan dalam menggunakan warna jingga kekuningan. Di bagian bawah tulisan FORTE terdapat tulisan ORIGINAL yang menandakan varian full flavor dari Forte, dengan letak tulisan berada diantara dua garis berwarna jingga. Bagian samping kanan terdapat tulisan 20, dengan adanya tulisan FILTER dan CIGARETTES yang mengitari tulisan 20 yang dipisahkan dengan titik. Terdapat penjelasan fitur Tobacco-Wrapped Filter Cigarettes dengan adanya gulungan daun tembakau, dan Fresh Menthol Sensation yang menjelaskan rasa menthol yang ditawarkan cenderung fresh dan intens, dengan adanya lambang daun Peppermint pada bagian samping tulisan. Hal yang unik terletak pada bagian kiri kemasan, dimana peletakan tulisan SPM berada di bagian atas barcode. Di bagian atas terdapat tulisan FORTE yang sama dengan bagian depan dan belakang kemasan, serta MENTHOL berwarna putih. Bagian bawah terdapat logo Forte Menthol, dan adanya tulisan "Made By I.U.I. Indonesia. In Association With Forte Fortezza" yang sepertinya nama Forte Fortezza merupakan nama fiktif yang digunakan untuk meyakinkan konsumen bahwa kualitas rokok ini layaknya rokok buatan Italia. Kemasan rokok ini terbilang simpel dan menarik. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 8.75 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner hinge lid dari rokok ini menggunakan warna hijau muda polos. Rokok ini memiliki kesamaan dengan Forte Original, yakni model inner frame menggunakan warna putih. Bagian foil dari rokok ini menggunakan warna silver polos, dengan tekstur yang sama dengan rokok buatan Group Djarum secara umum. Dikarenakan rokok ini merupakan rokok menthol, maka saya tidak bisa menarik foil-nya dikarenakan rokok ini mengaplikasikan menthol pada bagian foil. Susunan batang rokok ini ialah 7 di depan, 7 di tengah, dan 6 di belakang dengan kuantitas isi sebanyak 20 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang terhitung sangat kecil. Bila dibandingkan dengan SPM Menthol yang ditemui di Indonesia, panjang rokok ini hanya 70mm saja, berbeda dengan SPM Menthol yang umum ditemui di Indonesia yang memiliki panjang sebesar 84mm atau lazim disebut dengan ukuran King Size. Saya kembali membandingkan-nya dengan korek Cricket yang saya beli di Circle K. Bisa dilihat layaknya gambar di bawah ini


Terlihat jelas ukuran batang dari rokok ini lebih kecil ketimbang korek Cricket. Pada bagian papir dari rokok ini terlihat jelas bahwa papir yang digunakan berwarna coklat namun dengan semacam titik gelap yang abstrak. Hal ini menandakan bahwa papir rokok ini menggunakan Reconstituted Tobacco Sheet sebagai wrap yang digunakan pada rokok ini. Pada bagian batasan tipping paper, terdapat tulisan FORTE yang cenderung polos tanpa adanya batasan berupa garis ataupun objek lain. Warna tipping paper yang digunakan ialah hijau muda polos. Agak berbeda memang dengan Forte Original yang memiliki corak tipping paper yang khas. Berbeda dengan Forte Original, rokok ini memiliki lubang perforasi laser sebanyak dua baris, dengan adanya jarak lubang yang cukup berdekatan satu sama lain. Dikarenakan pada Forte Menthol hanya menggunakan filter tunggal (single filter), maka lubang perforasi sangat berguna untuk menurunkan kadar tar dari rokok ini dan juga memberikan kesan hisapan yang mudah untuk ditarik.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa yang cukup dingin namun cenderung kuat akan sensasi menthol yang seakan-akan menawarkan sensasi menggoda. Namun bila dibakar, rokok ini seakan-akan menawarkan intensitas menthol yang sangat kuat dan sangat intens. Berbeda dengan Forte Original yang menawarkan sensasi tembakau yang cenderung lebih kaya, rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa menthol yang sangat kuat. Mungkin bila dibandingkan dengan rokok SPM secara umum, rasa menthol yang ditawarkan mirip dengan Marlboro Black Menthol. Yakni rasa menthol yang sangat kuat, sangat intens, namun memiliki sensasi menthol alamiah yang seakan natural dan kuat. Meskipun rasa menthol yang ditawarkan sangat kuat, akan tetapi rokok ini tetap memiliki sensasi tembakau yang cukup kaya, meskipun kekuatan rasa menthol yang ditawarkan cenderung menutupi sensasi tembakau yang ditawarkan oleh rokok ini. Memiliki karakter Tembakau Virginia yang cenderung halus, bergabung dengan Tembakau Burley yang memiliki sensasi manis alamiah dan pada rokok ini memiliki sedikit sensasi pedas yang tertutupi dengan sensasi menthol yang ditawarkan oleh rokok ini, bersamaan dengan adanya sedikit unsur Tembakau Oriental yang cenderung menawarkan sensasi nutty yang tidak begitu kuat. Rokok ini memiliki karakteristik rasa menthol yang terbilang sangat intens dan cenderung kuat, dimana sensasi menthol yang ada pada rokok ini berada pada intensitas yang sangat tinggi. Sehingga sesuai dengan nama "Forte" yang ditawarkan oleh rokok ini. Yakni rasa menthol yang cenderung kuat. Dikarenakan rokok ini hanya menggunakan filter acetate tunggal, maka rasa menthol yang ditawarkan cenderung lebih keras dan lebih terasa. Berkat penambahan lubang perforasi mampu menciptakan kesan rasa yang enteng dan mampu meningkatkan sensasi menthol yang ada pada rokok ini.

Karakter rokok ini terbilang cukup earthy dan balance, dimana pada rokok ini terbilang memiliki adanya sensasi rasa tanah yang terasa dan juga karakter tembakau yang ditawarkan terbilang cukup seimbang bila dibandingkan dengan kompetitor. Berkat penambahan Tobacco-Wrapped, sensasi tembakau yang ada pada rokok ini cenderung seimbang diantara tembakau dengan sensasi menthol yang ditawarkan oleh rokok ini. Bilamana dikeluarkan lewat hidung, rokok ini memiliki sensasi dingin yang sangat terasa di rongga dalam hidung, disertai adanya aroma tembakau yang menurut saya sangat kuat dan sedikit aroma nutty yang terasa. Tarikan pada rokok ini terbilang sangat mantap, dimana pada rokok ini bisa ditarik secara mantap dan memiliki kesan yang halus di tenggorokan. Sensasi harshness yang ada pada rokok ini terbilang cukup rendah namun sedikit terasa, dikarenakan penambahan menthol mampu mengurangi sensasi harsh yang ada pada karakter dari rokok ini. Throat hit pada rokok ini terbilang hampir tidak terasa sama sekali, dikarenakan penambahan menthol mampu mengurangi sensasi menusuk yang secara umum ditemui pada rokok SPM secara umum. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 7-8 menit, dalam artian rokok ini menawarkan durasi bakar yang sama dengan rokok SPM yang memiliki kadar tar diatas 12 mg. Dimana durasi bakar dari rokok ini terbilang sedikit lebih lama ketimbang SPM Menthol yang secara umum ditemui di Indonesia, meskipun ukuran diameter batang rokok ini terbilang sangat kecil, dan juga ukuran panjang rokok ini terbilang sangatlah pendek. Namun intensitas rasa yang ditawarkan terbilang menyerupai rokok King Size, bahkan satu tingkat lebih nikmat. Aftertaste yang ditawarkan oleh rokok ini ialah merupakan gabungan dari rasa tembakau yang intens, rasa menthol yang terbilang sangat segar di tenggorokan dan bertahan lama, dan juga adanya sedikit rasa manis yang terasa berkat penambahan Tembakau Burley. 

Kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper, rokok ini cenderung terasa panas di bibir. Kelemahan ini terbilang sama saja dengan Forte Original, dimana memang ukuran batang yang kecil mampu menciptakan kesan panas yang terasa sekali. Dan bila dibiarkan sebentar, rokok ini seakan cepat mati, hal ini bisa terjadi dikarenakan rokok ini menggunakan Tobacco-Wrapped, sehingga memiliki kesan padat dan cepat mati. Bagi sebagian orang juga akan menganggap bahwa sensasi menthol yang ditawarkan oleh rokok ini terbilang sangat kuat, sehingga kemungkinan besar ketidakcocokan terhadap rokok ini bisa saja terjadi. Terutama bagi Anda yang terbiasa dengan rokok non-menthol, mungkin akan merasa kurang begitu cocok, sehingga mampu menimbulkan kesan "radang". Sensasi gatal yang ada pada Forte Original hampir tidak terasa sama sekali. Namun keunggulan rokok ini bilamana mendekati batasan tipping paper, rokok ini tidak terasa chemical taste layaknya kompetitor, mungkin dikarenakan papir yang digunakan ialah Reconstituted Tobacco Sheet, sehingga mampu menawarkan kesan alamiah. Saya merasa rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa yang sangat baik, dan juga rasa menthol yang ditawarkan terbilang sangat kuat dan intens. Sehingga saya layak merekomendasikan rokok ini terutama bagi Anda yang menganggap harga Marlboro Black Menthol sangat mahal dan tidak terjangkau. Dan juga entah mengapa saya sangat menyukai sensasi menthol yang ditawarkan oleh rokok ini, meskipun memang sensasi menthol ini mirip dengan Marlboro Black Menthol. Namun rasa yang ditawarkan lebih kaya dan lebih mantap. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan sensasi menthol yang terbilang sangat fresh dan juga intens, rasa menthol yang bisa dibilang menyerupai Marlboro Black Menthol namun dengan sensasi rasa yang lebih mantap dan lebih kaya rasa, dan juga sensasi hisapan yang terbilang sangat baik membuat rokok ini seakan lebih unggul ketimbang kompetitor SPM Menthol yang umum ditemui di Indonesia. Namun kelemahan rokok ini terletak pada sensasi panas yang terasa di bibir ketika mendekati batasan tipping paper, adanya kemungkinan rokok ini cepat mati ketika dibiarkan beberapa saat, dan juga sensasi menthol yang bagi sebagian orang akan merasa terlalu kuat sehingga beberapa orang akan merasa "radang" sehabis merokok ini. Untuk distribusi sendiri sejauh ini paling mudah ditemukan di warung ataupun toko berskala kecil. Untuk modern market semisal Alfamart sendiri rokok ini agak susah untuk ditemukan, mengingat distribusi rokok ini baru berlangsung merata di minggu ini. Dan untuk versi Menthol ini terkesan lebih sulit untuk ditemukan, mengingat promosi yang berlangsung sejauh ini hanya untuk varian Original saja. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.75 dari 10. Artinya rokok ini lebih unggul 0.01 saja ketimbang Forte Original dikarenakan sensasi menthol yang kuat dan intens, rasa yang berani, kemasan yang terkesan simpel dan menarik, namun untuk harga terbilang cukup mahal untuk rokok dengan durasi bakar cepat meskipun bila dibandingkan dengan SPM secara umum rokok ini lebih murah dan memiliki sensasi rasa yang lebih baik. 

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , ,

CONVERSATION

15 komentar:

  1. Klo A Mild limited edition sma Surya Pro kemasan baru kapan di review?? Hehehe...

    ReplyDelete
  2. Pertama liat iklan nya kukira roko ini rasa coklat kek cigarilos hahaa

    ReplyDelete
  3. mentholnya tebel banget. coba hirup kotaknya (yang masih banya isinya). berasa hirup inhaller

    ReplyDelete
  4. Prefer ini ketimbang ice blast. Cuma sayangnya abis ngerokok di tenggorokan jadi agak gatel.

    ReplyDelete
  5. Sejauh dari varian rokok yang ada dan saya tau, selain Bohem Mojito, desain kemasannya Forte Menthol ini buat saya estetikanya serius dalam artian diolah dengan baik sehingga terkesan bagus dan keren.
    Setelah baca reviewnya, walaupun saya penikmat SKM dan SKT, saya terdorong untuk mencoba pengalaman baru yang disajikan oleh Djarum melalui produk Forte Menthol berikut. Terima kasih!

    ReplyDelete
  6. klo mau beli untuk jual lagi dmn ya?

    ReplyDelete
  7. Tetap aja rasa rokok Djarum..kaya Djarum super..baunya menyengat bikin pusing kepala

    ReplyDelete
  8. iseng icip, saya baru ngeuh kalo putihan... hahahaha

    mentholnya tajem banget, pertama icip juga rasanya 'nyegrak' yah walau setelah beberapa batang udah biasa aja, ga nyegrak lagi

    tapi tetep di saya ga cocok, paling balik ke Luckies kretek hahaha

    ReplyDelete
  9. Saya asalnya fans nya Marlboro black menthol, tapi ga kuat harga nya.. Coba coba rokok menthol lain ga bisa move on, baru ketika coba forte menthol baru bisa move on.. Harga pas.. Rada pas...

    ReplyDelete
  10. Kalo mau ikut bantu jual gimana mas..

    ReplyDelete
  11. Great Review as usual!, intinya rokok ini pas buat pencari rokok kretek dengan sensasi mentol 'nyegrak' seperti Black Menthol plus sensasi tembakau yang masih berasa. Beralih lah saya ke rokok ini di akhir bulan, nggak marlboro lagi huehuehue.

    ReplyDelete
  12. Rasanya ok gk masalah sipp dah....

    ReplyDelete
  13. Sebelumnya gw hisap ice burst tapi bgitu kenal ini trnyata gak beda jauh...
    Malah lebih kentel forte mentol rasanya...

    ReplyDelete