Wismilak Diplomat Impact, SKM LTLN Pertama Dengan Sensasi Strong dari Wismilak

Selamat malam,

Bisa dibilang bulan Agustus ini merupakan bulan yang terhitung spesial, dimana pada kesempatan kali ini admin akan membuat review (sekitar 4-6 rokok) terhadap produk yang saya dapatkan secara cuma-cuma. Dimana admin kebetulan dititipi beberapa rokok khas Jawa Timur yang sampai sekarang belum bisa ditemukan di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Kalaupun ada, sangat terbatas untuk menemukan produk tersebut di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Sebenarnya jujur saja admin mau intro apa di postingan kali ini, mengingat admin agak sedikit malas untuk membuat review terhadap rokok apa saja yang dijual di Indonesia. Namun demi menambah postingan di blog ini maka pada akhirnya admin berusaha melepaskan diri dari "mager" yang sedang admin rasakan dikarenakan admin memiliki pembaca setia yang selalu menunggu update postingan mengenai review rokok apa saja yang dijual di Indonesia. Walaupun begitu, sepertinya admin akan mulai melakukan maraton untuk menuliskan postingan mengenai rokok yang sudah teman admin berikan pada kisaran bulan Juli lalu di pertengahan Agustus nanti. 

Pada kesempatan kali ini, admin akan mereview rokok yang sudah diluncurkan kisaran bulan Maret lalu yakni Wismilak Diplomat Impact. Produk ini berdasarkan press release yang dikeluarkan oleh pihak Wismilak mengatakan bahwa produk ini masuk ke dalam segmen 'strong mild' yang pemainnya masih dikatakan jarang. Kalaupun ada, pemain rokok ini secara umum mengatakan rokok yang dijual masuk ke segmen 'Bold' layaknya LA Bold ataupun Lucky Strike Bold dengan ukuran batang yang lebih besar ketimbang mild secara umum. Produk ini sebenarnya merupakan hybrid dari blend Wismilak Diplomat Regular dengan wujud ukuran batang layaknya rokok mild secara umum yang dijual di Indonesia. Produk ini saya dapatkan oleh teman yang kebetulan saat mudik kemarin menyambangi Jawa Timur. Bisa dibilang hubungan saya dengan dia termasuk baik, dan juga dia merupakan salah satu pembaca setia dari blog saya ini. Sebenarnya masih ada beberapa rokok lagi yang ia beri, namun saya mencoba mereview rokok ini terlebih dahulu. Analisis singkat yang akan admin tuliskan dapat admin tuliskan di bawah ini menggambarkan mengapa rokok ini bisa diluncurkan dan terus berkembang layaknya berikut:
  1. Wismilak Diplomat Impact merupakan SKM LTLN pertama dengan sensasi strong layaknya rokok Bold secara umum (dikarenakan kadar tar dari rokok ini sama dengan rokok Bold secara umum) namun dalam wujud mild yang bisa dikatakan pertumbuhannya sangat tinggi. Dikutip dari press release yang dikeluarkan Wismilak, Diplomat Impact merupakan produk yang masuk ke dalam 'strong mild' dikeluarkan bersamaan dengan Wismilak Dirgha yang dikatakan sebagai SKT long size. Percobaan penjualan ini mulai dilakukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memang menjadi basis utama penjualan Wismilak secara umum. Dengan mengusung slogan "Feel The Impact", rokok ini seakan menjadi rokok yang revolusioner yang dilakukan oleh Wismilak. Dengan kadar tar diatas rokok mild secara umum dan ditambah rokok ini tidak memiliki perforasi laser pada bagian tipping paper rokok ini dan rasa yang cenderung berbeda dengan mild buatan Wismilak secara umum, Diplomat Impact seakan membuka segmen baru dalam dunia SKM LTLN dimana sejauh ini kebanyakan pemain SKM LTLN masuk ke dalam segmen dibawah 20mg. Ada dugaan bahwa R&D Wismilak berhasil memasukan embrio yang sama dengan Wismilak Diplomat Regular dengan menggunakan blend serta saus yang bisa dikatakan sama persis. Kebanyakan merek rokok turunan dari SKM Full Flavor pada umumnya kurang bisa berhasil dalam menanamkan embrio yang sama dengan rokok SKM Full Flavor. Pencapaian ini tentunya membuka segmen baru dalam rokok SKM LTLN dimana kebanyakan merek rokok SKM LTLN pada umumnya kurang berhasil menanamkan sensasi yang sama dengan rokok Full Flavor yang sudah ada sebelumnya.
  2. Berdasarkan Annual Report Philip Morris International pada tahun 2016, pangsa pasar SKM dikatakan sangat tinggi. Sebanyak 75,8% rokok di Indonesia merupakan rokok SKM, dengan pertumbuhan SKM LTLN lebih baik ketimbang SKM Full Flavor. Wismilak melihat bahwa dikarenakan penjualan SKM LTLN dikatakan sangat berkembang dan terus mengalami peningkatan, Wismilak pada akhirnya berhasil meluncurkan produk pertama yang menurunkan sensasi Full Flavor khas Wismilak Diplomat ke dalam jenis LTLN yang tentunya merupakan langkah baik untuk memperkenalkan blend Full Flavor yang sudah dibuat oleh Wismilak. Dengan ditanamkan-nya blend Full Flavor pada rokok ini membuat rokok ini seakan membawa sensasi yang berbeda bila dibandingkan dengan rokok mild buatan Wismilak lainnya.
  3. Dapat dikatakan bahwa dikarenakan Wismilak berhasil membuat mild dengan rasa khas Full Flavor serta pertumbuhan SKM LTLN yang terus meningkat dari tahun ke tahun membuat rokok ini seakan menjadi primadona di daerah yang sudah menjual rokok ini. Terutama, Wismilak pada tahun ini menggunakan event Passionville sebagai media promosi utama dari rokok ini membuat penjualan dari rokok ini bisa dikatakan akan terus berkembang dari tahun ke tahun. 
Baiklah, itu sedikit analisis mengapa Wismilak meluncurkan Diplomat Impact pada tahun ini dan dirasa penjualannya akan melebar pada beberapa bulan ke depan. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini berkisar Rp. 12.000 (teman admin membeli dengan harga 13.000, cukai 13.500) dengan kuantitas isi 16 batang. Terhitung murah untuk hitungan rokok mild dan sepertinya merupakan lawan terbesar dari Magnum Mild dengan harga yang hampir sama. Untuk harga saya beri nilai 10 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna hitam, merah tua, dan silver. Bagian depan dan belakang kemasan terdapat semacam objek layaknya kristal yang pecah dengan model segitiga yang dimana pada bagian kiri atas kemasan terdapat satu objek segitiga yang mengerucut ke kanan dengan ukuran kecil, terdapat efek motion di bagian kiri atas yang mengerucut ke kiri kemasan, terdapat segitiga berwarna silver yang mengerucut ke kiri dengan adanya efek emboss, satu objek segitiga besar yang mengerucut ke kiri serta adanya sentuhan garis silver di bagian kiri atas tepat di bawah objek segitiga. Terdapat pattern yang mirip dengan logo PT Gelora Djaja dengan adanya lima persegi panjang vertikal berjumlah 5 buah yang membentuk jajar genjang di bagian kiri dengan arah kanan, 5 persegi panjang vertikal yang membentuk jajar genjang di bagian kanan dengan arah ke kiri, dan lima persegi panjang membentuk jajar genjang. Bilamana dilihat dari sudut 30 derajat, kesemua pattern ini membentuk semacam objek kubus yang tidak henti, dengan bagian pattern terdapat efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Tertulis Diplomat dengan adanya efek emboss berwarna silver dan garis merah tua di bawah tulisan plomat, dan tulisan IMPACT dengan huruf A memiliki model garis trapesium di bagian kiri yang membentuk semacam pisau dan font yang cenderung modern dan memiliki kelebaran tertentu. Di bagian kiri bawah terdapat semacam efek setigita yang mengerucut ke kanan berwarna merah dan dilengkapi efek motion, serta dua segitiga siku-siku berwarna silver mengarah ke bagian kanan dan kiri dan satu segitiga siku-siku menghadap ke kanan. Terdapat logo Wismilak seri Mild dan terdapat tulisan A WISMILAK dan tulisan PREMIUM MILD KRETEK. Bagian kanan kemasan terdapat semacam trapesium berwarna merah tua yang memiliki efek glossy dengan adanya tulisan 16 dan larangan jual. Bagian kiri kemasan terdapat tulisan tidak ada batasan aman. Bagian atas kemasan terdapat pattern yang sama dengan kemasan depan dan belakang kemasan bertuliskan Diplomat dan tulisan IMPACT yang memiliki efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Bagian bawah terdapat kode produksi dimana penempatan tulisan SKM berada di bagian kode produksi. Kemasan rokok ini terhitung sangat modern dan dinamis, serta sangat menjual. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 9.5 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Di bagian inner hinge lid yang tidak sempat terfoto terdapat tulisan Suara Konsumen, tulisan PO BOX WISMILAK JAKARTA, dan alamat email yakni suara.konsumen@wismilak.com. Model inner frame pada rokok ini memiliki kesamaan dengan rokok Wismilak Diplomat Mild dengan pattern yang sama, namun hal yang membedakan dengan Diplomat Mild ialah pattern berwarna hitam dan tidak ada tulisan promosi layaknya Diplomat Mild ataupun Diplomat Mild Menthol. Inner frame pada rokok ini cenderung ke atas, dengan adanya curve yang membentuk semacam cekung dan memiliki latar pattern yang sama dengan bagian depan dan belakang kemasan. Foil pada rokok ini cenderung biasa saja, dengan warna merah tua dan tidak terdapat unsur promosi ataupun unsur yang spesial.

Kemudian kita coba robek foil-nya dengan seksama


Batang pada rokok ini sekilas sama saja dengan Wismilak Diplomat Mild dengan warna batang yakni putih. Susunan batang rokok ini ialah 8 di depan dan 8 di belakang dengan kuantitas batang yakni 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan rokok mild secara umum, yakni cenderung panjang namun dengan ukuran diameter batang yakni slim. Bagian batasan tipping paper pada rokok ini terdapat tulisan IMPACT dengan warna merah tua yang memiliki efek glossy. Serta terdapat garis berwarna silver keemasan dengan bagian atasnya tertulis Diplomat dengan warna yang sama dengan garis di bawahnya. Pada rokok ini saya tidak menemukan perforasi laser sama sekali, dalam artian rokok ini sengaja diciptakan untuk memiliki karakter sangat strong bila dibandingkan dengan mild secara umum yang memiliki perforasi laser. Agak berbeda dengan Lucky Strike Bold ataupun Dunhill Filter yang masih memiliki perforasi berjumlah satu baris, dimana sepertinya penggunaan perforasi bilamana diterapkan akan mengurangi citarasa khas yang ingin dibawa oleh rokok ini.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama



Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis yang sangat terasa disertai sensasi manis fruity yang sangat terasa. Ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis fruity yang kuat dengan adanya sensasi spicy yang sangat terasa dan dalam intensitas yang cenderung kuat untuk hitungan rokok mild. Sekilas, sensasi fruity yang ada pada rokok ini agak mirip dengan bubble gum rasa buah, dikarenakan sensasi fruity dari rokok ini merupakan gabungan dari beberapa jenis buah. Sensasi fruity yang ada pada rokok ini merupakan gabungan dari essens blueberry, nanas, serta ceri yang sedikit mengingatkan admin dengan Wismilak Diplomat Regular. Sensasi blueberry yang ada pada rokok ini paling dominan dibandingkan buah lain, walaupun juga terasa sensasi nanas yang sepertinya juga termasuk dominan dengan sedikit sensasi rasa asam khas dari buah ceri. Karakter spicy yang ada pada rokok ini seakan balance dengan sensasi fruity yang ada dan terhitung strong untuk ukuran rokok mild, dimana sensasi spicy disini merupakan gabungan dari adas manis, kayumanis, pekak dan juga kapulaga. Sensasi gurih juga sedikit tergambar pada rokok ini, dimana kemungkinan kandungan saus yang ada pada rokok ini cenderung menawarkan sensasi rasa gurih khas kretek. Memiliki sensasi a hint of sweetness yang cenderung terasa, dalam artian sepertinya rokok ini menggunakan liquorice sebagai penyusun saus dari rokok ini. Sedikit menggunakan essens vanilla, sehingga mampu menciptakan sensasi rasa manis yang cenderung bisa diterima dan khas. Cengkeh yang digunakan pada rokok ini ialah Cengkeh Manado, yang secara rasa cenderung mampu menawarkan sensasi hangat yang terasa di tenggorokan. Memiliki blend rokok yang terbilang sangat lokal, dimana dalam hal ini sepertinya rokok ini menggunakan Tembakau berjenis Oriental lebih banyak sehingga mampu menawarkan sensasi yang lebih strong, walaupun juga secara tarikan rokok ini terhitung lembut untuk ditarik dikarenakan salah satu blend dari rokok ini memiliki sentuhan Tembakau Virginia. Blend yang ada pada rokok ini cenderung balance dan earthy, dalam artian rokok ini seakan menawarkan sensasi rasa yang cenderung kaya dan juga memiliki unsur tanah alam yang terasa. Ada sedikit sensasi fermented yang tercipta dikarenkan penambahan essens ceri pada rokok ini dan juga tembakau yang digunakan pada rokok ini sepertinya sudah disimpan lebih dari tiga tahun, dan ada kemungkinan sedikit sentuhan essens rhum pada rokok ini. Sensasi nutty pada rokok ini sangat terasa, dalam artian dominasi Tembakau berjenis Oriental mampu menciptakan sensasi rasa nutty yang cenderung kuat namun dalam intensitas yang lembut. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan aroma nutty yang cenderung kuat serta aroma khas yang cenderung lembut dan kuat akan sensasi aromatik. Memilki harshness yang terasa, dalam artian rokok ini seakan menawarkan sensasi harsh yang menjadi ciri khas rokok berjenis strong secara umum. Tarikan dari rokok ini sangatlah mantap, dalam artian rokok ini cenderung menawarkan sensasi tarikan yang sedikit berat namun dalam intensitas yang cenderung smooth. Throat hit pada rokok ini cenderung sangat terasa namun dalam intensitas yang cenderung baik, dalam artian rokok ini cenderung memiliki sensasi gatal di tenggorokan dan sedikit membuat tenggorokan tidak nyaman. Karakter rokok ini memang agak sedikit kering, hal tersebut menunjang sensasi throat hit yang lebih terasa pada rokok ini. Durasi bakar dari rokok ini sekitar 10-11 menit, dalam artian walaupun kadar tar rokok ini mencapai 20mg, akan tetapi sensasi bakaran pada rokok ini cenderung sama dengan rokok mild yang memiliki kadar tar diatas 15mg. Aftertaste dari rokok ini ialah sensasi nutty yang cenderung terasa, dan adanya sensasi fruity yang sangat terasa dimana terdapat sensasi asam buah dari blueberry dan nanas serta sedikit unsur ceri yang terasa. Kelemahan pada rokok ini ialah filter serta tipping paper yang cenderung melemah ketika akhir bakaran, serta dengan adanya sedikit sensasi chemical taste ketika mendekati batasan tipping paper. Dan juga beberapa saat setelah menghabiskan rokok ini cenderung membuat batuk. Saya merasa rokok ini merupakan rokok mild dengan rasa paling mantap bila dibandingkan dengan rokok mild lain ataupun rokok bold yang cenderung punya ukuran batang tebal dan rasa yang tebal pula. Seakan, rokok ini bisa mengalihkan saya dari Magnum Mild yang merupakan rokok favorit saya untuk hitungan SKM LTLN dikarenakan secara rasa jauh lebih kompleks dan menurunkan citarasa khas dari Wismilak Diplomat Regular. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 9.15 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa yang terhitung strong untuk ukuran rokok SKM LTLN atau lazim disebut mild, rasa yang bisa dikatakan merupakan versi ringan dari Diplomat Regular dan juga kemasan yang keren membuat rokok ini seakan merupakan pendatang baru yang dikatakan tidak bisa diremehkan, Terlebih citarasa mild yang ada pada rokok ini sangat berbeda dengan mild diatas 15mg secara umum, rokok ini menawarkan sensasi saus yang sama dengan Wismilak Diplomat Regular yakni merupakan gabungan dari blueberry, nanas, dan sedikit ceri. Kelemahan pada rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper, filter dan tipping paper dari rokok ini cenderung melemah, disertai sedikit sensasi chemical taste yang menurut admin bisa ditoleransi. Untuk distribusi dari rokok ini cukup merata di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, dimana teman admin mendapatkan rokok ini di Alfamart di kawasan Surabaya, Jawa Timur. Namun untuk warung sendiri rokok ini sepertinya stoknya terbatas, mengingat sepertinya hanya menjual rokok ini dibawah 5 bungkus di tiap warung. Untuk pembelian online sepertinya rokok ini hampir tidak ada yang menjualnya, mungkin dikarenakan rokok ini termasuk baru di pasaran. Walaupun begitu kemungkinan besar admin akan meminta orang yang tinggal di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur untuk membeli sekitar satu slop, dikarenakan admin cukup jatuh hati dengan rasa yang ditawarkan oleh rokok ini. Overall, admin memberikan nilai pada rokok ini sebesar 9.55, dalam artian rokok ini memiliki kemasan yang sangat modern dan menjual, harga yang terhitung terjangkau, dan juga rasa yang termasuk sangat enak untuk hitungan rokok SKM LTLN.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , , , ,

CONVERSATION

10 komentar:

  1. untuk harga 9,5dan rasa 9,55 berarti kesimpulanya,rokok yang enak dengan harga pas,oh ya min,menurut admin sendiri enakan mana sama camel mild,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, saya termasuk orang yang udah jatuh hati ama ini rokok. udah murah, rasanya kelas premium banget. untuk vs camel mild masih enakan ini kok dibanding camel mild. ini rasanya strong, beda ama camel mild yang emang smooth.

      Hapus
  2. di daerah jabodetabek kira2 udah ada belum min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belom ada sejauh ini. saya juga dapetnya boleh dari temen.

      Hapus
  3. Ini rokok LTLN dg sensasi rokok SPM, lumayan buat selingan

    BalasHapus
  4. Are you paying more than $5 per pack of cigarettes? I buy high quality cigs over at Duty Free Depot and this saves me over 70% from cigarettes.

    BalasHapus
  5. After doing some online research, I got my first e-cig kit on Vaporfi.

    BalasHapus
  6. entah yah aroma yg keluar dari bungkus KUAT banget (sedikit menyengat) tapi untuk rasa dan harga cukup OKE

    BalasHapus