GG Mild Limited Edition Pack Part 2 by @emteemte, Edisi Terbatas Kedua dari GG Mild Bertema Travelling

Selamat malam,

Bisa dikatakan pada kesempatan kali ini merupakan minggu kedua admin melakukan review terhadap rokok apa saja yang dijual di Indonesia bertema edisi terbatas. Tiga review terhadap rokok edisi terbatas yang saya buat pada minggu lalu sebenarnya merupakan penanda bahwa Review Rokok mulai melakukan aktivitas membuat review terhadap produk rokok yang sempat terhalang saat bulan Ramadhan yang lalu. Ketika itu, admin tidak memungkinkan untuk membuat review terhadap rokok yang dikatakan baru di pasaran ataupun rokok yang sekiranya masuk ke dalam edisi terbatas. Mengingat review terhadap rokok baru bisa berjalan sekitar dua minggu ini maka pada akhirnya admin berusaha menambahkan postingan yang sekiranya masih up to date dan sesuai dengan konteks waktu saat ini.

Review di minggu kedua bulan Juli ini ialah GG Mild Limited Edition Pack Part 2 by Muhammad Taufiq (Emte) yang sekiranya mulai dijual pada awal Juli lalu. GG Mild pada tahun kedua yang menggunakan kampanye "Style Of The New Generation" yang sekiranya menjadi embrio terhadap semangat yang ingin dibawa oleh GG Mild, dimana pembuatan Limited Edition Pack pada tahun ini berlangsung sebanyak dua kali. Pertama ialah melibatkan Ario Anindito alias @ArioAnin pada bulan Februari lalu, dan pada saat ini ilustrasi yang dilakukan pada edisi terbatas kedua dilakukan oleh Muhammad Taufiq alias Emte. GG Mild sendiri dikatakan sedang berusaha mencari konsumen yang berusia muda, yakni usia 18-30 tahun berjiwa dinamis dan berusaha mengeksplor segala hal yang dikatakan kekinian dan sesuai dengan konteks waktu yang berjalan pada saat ini. Sekedar info, GG Mild mengeluarkan edisi terbatas-nya masih berkaitan dengan campaign yang dilakukan oleh GG Mild pada saat ini yakni mengangkat fenomena travelling. Saya mencoba melampirkan iklan yang sekiranya sudah diputar sekitar akhir April lalu, dikarenakan edisi terbatas kali ini masih berkaitan dengan iklan yang sudah tersebar di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Bisa dilihat iklannya di bawah ini.


Analisis yang saya bisa lakukan pada kali ini menyangkut terhadap alasan mengapa pada paruh kedua ini Gudang Garam memilih @emteemte sebagai illustrator dari kemasan edisi terbatas dan secara keseluruhan bagaimana Gudang Garam bisa bertahan di segmen SKM LTLN layaknya berikut ini:

  1. GG Mild merupakan merek rokok yang dikeluarkan oleh Gudang Garam yang menyasar kepada perokok muda (sekitar 18-30 tahun) yang selalu mencoba mencari segala hal yang baru dan bersikap sesuai zamannya. Mulai menggunakan kampanye "Style Of The New Generation" sejak tahun 2016, bentuk komunikasi terhadap produk ini memang sengaja menyasar kepada anak muda dengan menggunakan ilustrasi di setiap campaign yang dikeluarkan oleh GG Mild. Pada saat ini, sepertinya Emte terpilih untuk digunakan desain yang sudah ia buat dikarenakan emte merupakan salah satu illustrator yang dikenal menggunakan cat air di setiap ilustrasinya, emte dirasa sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh GG Mild yakni "Style Of The New Generation". GG Mild berusaha memberikan edisi terbatas-nya dengan menggunakan pendekatan ilustrasi, mengingat kemasan dengan menggunakan ilustrasi memiliki nilai tambah yakni lebih disukai oleh perokok muda. Sebagai pelukis yang menggunakan cat air sebagai media penyampaian ekspresi yang positif, serta aliran desain yang cenderung realis, emte dirasa sangat tepat untuk membuat desain edisi terbatas yang saat ini dijual dikarenakan emte sendiri secara portofolio sudah banyak digunakan oleh berbagai industri, terutama industri kreatif. Dan emte sendiri juga memang belajar melukis secara otodidak, dan mengenyam perguruan tinggi di Institut Kesenian Jakarta. Karya-karya yang sudah dibuat emte sudah tidak diragukan lagi desainnya, dan juga GG Mild memilih emte dikarenakan sesuai dengan karakter yang ingin dibawa oleh Gudang Garam pada 2 tahun belakangan. GG Mild sendiri yang menjadi SKM LTLN dengan diameter dan panjang layaknya mild umumnya memang cukup disukai oleh banyak kalangan, terutama perokok muda yang bisa dikatakan masih sangat labil dan belum memutuskan merek utama untuk sehari-hari. 
  2. Penjualan SKM LTLN yang dibuat oleh Gudang Garam sendiri berdasarkan Annual Report Gudang Garam pada tahun 2016 dapat dikatakan walaupun kecil tetapi juga menguntungkan. Dengan market share sebanyak 12,9% pada tahun 2016, Gudang Garam berusaha menyajikan blend yang sudah menjadi daya tarik rokok Gudang Garam pada umumnya yang mempertahankan keaslian Kretek Indonesia dengan gaya yang berbeda dan target market yang berbeda. GG Mild yang menyasar kalangan menengah ke atas, Gudang Garam Signature Mild yang menyasar segmen menengah, dan Surya Pro Mild yang menyasar kelas menengah ke bawah makin memantapkan Gudang Garam sebagai produsen rokok SKM LTLN dengan varian yang berbeda diantara produknya. GG Mild yang dikatakan sebagai produk Gudang Garam yang menyasar kepada segmen perokok muda bisa dikatakan sebagai pemain yang tidak bisa diremehkan. Penjualan Gudang Garam secara volume mengalami penurunan dari tahun 2015 sebanyak 70,161% pada tahun 2015 menjadi 68,620% pada tahun 2016 dikatakan sebagai penurunan produk yang secara keseluruhan pada segmen SKM yang didominasi oleh penjualan SKM Full Flavor, namun secara produk permintaan tetap saja mengalami kenaikan untuk segmen SKM LTLN dikarenakan segmen ini merupakan segmen yang paling berkembang diantara jenis rokok yang ditawarkan Gudang Garam secara keseluruhan. Ada kemungkinan Limited Edition Pack pertama termasuk sukses dalam penjualan, sehingga pada akhirnya Gudang Garam memutuskan untuk membuat Limited Edition Pack keduanya pada bulan Juli ini.
  3. Dapat dikatakan, pemilihan emte sebagai illustrator terhadap kemasan edisi terbatas kedua yang dikeluarkan oleh GG Mild dimana pemilihan emte berdasarkan hasil portofolio yang sudah ia buat dan juga keberhasilan dari GG Mild LEP part 1 membuat Gudang Garam pada akhirnya mengeluarkan edisi terbatas kedua yang memang secara desain sangatlah baik. Kemungkinan besar, penjualan LEP kedua ini berlangsung hingga akhir Agustus ini. Gudang Garam sebagai pemain utama dari segmen SKM dirasa cukup berhasil mengeluarkan LEP pada bulan Februari lalu. Dan dikeluarkannya LEP pada bulan Juli ini makin menandakan bahwa Gudang Garam bukanlah pemain yang kecil dalam segmen SKM LTLN. Walaupun masih kalah bila dibandingkan dengan Sampoerna, Gudang Garam menawarkan sesuatu hal yang berbeda dan membuat diferensiasi dengan merek rokok SKM LTLN lainnya, yakni dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang menjangkau anak muda dan menawarkan rasa yang berbeda bila dibandingkan dengan SKM LTLN buatan pabrik lain.
Baiklah, itu sedikit paparan mengapa emte terpilih menjadi illustrator pada kemasan LEP paruh kedua ini dan penjualan GG Mild yang dikatakan terus berkembang hingga saat ini. Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan angka Rp. 16.500 (di Indomaret berharga 16.700, di warung kemungkinan masih dijual dengan harga 15.000, cukai 17.925) dengan kuantitas isi 16 batang. Termasuk terjangkau, namun untuk harga di minimarket sepertinya diatas harga Gudang Garam Signature Mild yang pada saat ini masih tidak terlalu jauh dengan harga retail price yang dikeluarkan Gudang Garam yakni 15.000. Untuk harga sendiri saya beri nilai 8.3 dari 10.

Dikarenakan ada tiga kemasan yang ada pada limited edition kali ini yakni Tokyo, London, dan Dubai maka saya mencoba melakukan review terhadap kemasan Tokyo terlebih dahulu







Pada kemasan Tokyo menggunakan basis warna merah tua, biru dan putih. Bagian depan kemasan terdapat logo GG Mild bertuliskan GG dengan font khusus dan MILD dengan font modern dengan adanya efek emboss dan glossy menggunakan warna merah tua. Terdapat latar dari Tokyo yakni Gunung Fuji di bagian kanan menggunakan warna putih dan biru, Torii di bagian tengah Gunung Fuji berwarna merah, adanya lukisan Hokusai di bagian kanan berwarna putih dan biru, Istana Jepang di latar orang menggunakan warna merah tua, serta orang yang menggunakan jaket dengan adanya unsur kerah dan sedang memegang paspor ke kantong dalam dari jaket tersebut. Tertulis LOST IN TOKYO dengan font yang sering digunakan pada komik dengan adanya efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama, disertai warna tulisan yakni putih dan outline berwarna hitam. Efek emboss lain terdapat pada paspor yang dipegang dan bisa dirasakan dengan seksama. Bagian belakang terdapat penanda koper yang bertuliskan I'D RATHER HAVE A PASSPORT FULL OF STAMPS THAN A POSTING FULL OF LIKES yang menandakan lebih baik banyak stempel di paspor dibandingkan dengan postingan dengan "like" yang banyak. Terdapat semacam objek berwarna biru bercampur kuning di bagian latar, dengan beberapa foto diantaranya ialah foto Tokyo Tower, lukisan Hokusai, dan matahari Jepang. Terdapat objek pesawat dan semacam korek Windproof dengan adanya lukisan topeng, dan di bagian kanannya terdapat topi. Tertulis di bagian kanannya ialah ARTWORK BY: MUHAMMAD TAUFIQ (EMTE), @EMTEEMTE dan VISUAL ARTIST yang miring dan menghadap ke bagian kanan. Bagian kanan kemasan  terdapat tulisan 16 dalam persegi berbentuk layang-layang dengan adanya efek emboss. Bagian kiri kemasan tertulis GG MILD dengan adanya efek glossy. Bagian atas bertuliskan GG MILD dalam kotak ber-emboss dan logo Gudang Garam berbentuk kotak layang-layang dengan warna silver. Saya merasa kemasan ini sangat kompleks dan menarik untuk dilihat. Untuk kemasan Tokyo saya beri nilai 10 dari 10.

Yang selanjutnya ialah kemasan London. Bisa dilihat sebagaimana berikut







Pada kemasan London ini menggunakan basis warna putih, abu-abu, merah tua, dan sedikit unsur biru. Bagian depan kemasan terdapat logo GG Mild bertuliskan GG dengan font khusus dan MILD dengan font modern dengan adanya efek emboss dan glossy menggunakan warna merah tua. Terdapat icon Big Ben yang menjadi daya tarik dari kota London itu sendiri beserta objek red telephone box berwarna merah di bagian kiri kemasan, serta adanya gedung modern. Terdapat juga icon dari kota London yakni bus tingkat dengan menggunakan warna gabungan antara hitam, biru pada jendela-nya, dan merah tua secara keseluruhan. Terdapat orang berkacamata yang menggunakan kamera mirrorless dengan warna jaket yakni biru tua dan baju yakni abu-abu. Terdapat efek emboss pada kamera mirrorless yang ada pada kemasan kali ini. Tertulis CAPTURING LONDON dengan font ala komik serta adanya efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama dengan warna tulisan putih dan adanya outline berwarna hitam. Pada bagian belakang terdapat latar berupa gabungan putih dan biru muda, dimana terdapat objek kamera di bagian kiri, adanya paspor yang penuh dengan stempel di kanan, dan pena berwarna merah di bagian tengahnya. Tertulis COLLECT MOMENTS NOT THINGS yang bisa diartikan sebagai ambil momen yang ada namun bukan mengkoleksi oleh-oleh ataupun sesuatu demi menambah popularitas.Tertulis di bagian tengah ialah ARTWORK BY: MUHAMMAD TAUFIQ (EMTE), @EMTEEMTE dan VISUAL ARTIST. Bagian kanan kemasan terdapat tulisan 16 dalam persegi berbentuk layang-layang dengan adanya efek emboss. Bagian kiri kemasan tertulis GG MILD dengan adanya efek glossy. Bagian atas bertuliskan GG MILD dalam kotak ber-emboss dan logo Gudang Garam berbentuk kotak layang-layang dengan warna silver. Saya merasa dengan kompleksnya kemasan ini membuat saya sangat suka. Untuk kemasan London sendiri saya beri nilai 10 dari 10.

Kemasan terakhir ialah kemasan bertema Dubai. Bisa dilihat di bawah ini







Kemasan Dubai kali ini menggunakan basis warna biru, merah tua, abu-abu, hitam, dan putih. agian depan kemasan terdapat logo GG Mild bertuliskan GG dengan font khusus dan MILD dengan font modern dengan adanya efek emboss dan glossy menggunakan warna merah tua. Di bagian awan-nya merupakan gabungan dari merah tua, merah muda, dan abu-abu. Terdapat semacam objek layaknya sayap layaknya kelelawar di bagian kiri, dengan adanya warna merah dan merah muda. Terdapat beberapa objek iconic yang ada di Dubai diantaranya ialah Burj Khalifa di kiri kemasan dan disampingnya terdapat lukisan Burj Al Arab. Dibagian bawah gedung terdapat semacam objek laut berwarna biru. Terdapat gedung-gedung kecil yang menyertai Burj Khalifa dan Burj Al Arab dengan warna abu-abu. Terdapat orang yang sedang menggunakan jaket berwarna biru tua disertai baju dalam berwarna abu-abu, yang sedang memegang tas selempang berwarna merah tua. Objek emboss terletak pada tas yang terselempang dari orang tersebut. Tertulis DISCOVER DUBAI dengan model font ala komik dengan warna putih dan adanya outline berwarna hitam dengan adanya efek emboss. Bagian belakang terdapat koper yang terbuka dan berisikan paspor dan segala hal yang berkaitan dengan travelling, disertai objek sepatu dan kacamata, dan di bagian dalam terdapat tulisan WANDERLUSTER IS MY PROFESSION yang dapat dimaknai sebagai pengembara adalah profesi dari orang tersebut. Tertulis di bagian kanan-nya ialah ARTWORK BY: MUHAMMAD TAUFIQ (EMTE), @EMTEEMTE dan VISUAL ARTIST yang miring dan menghadap ke bagian kanan. Bagian kanan kemasan  terdapat tulisan 16 dalam persegi berbentuk layang-layang dengan adanya efek emboss. Bagian kiri kemasan tertulis GG MILD dengan adanya efek glossy. Saya merasa dengan kompleksnya kemasan ini sangatlah menjual, Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 10 dari 10.

Dikarenakan semua kemasan sudah dibahas, maka kita bisa membuka plastiknya dan kemasannya layaknya berikut




Bagian inner frame pada rokok ini memliki model yang sama dengan GG Mild Reguler yakni cenderung ke atas dan menggunakan warna dasar merah tua serta adanya curve yang cenderung mengarah ke kanan. Pada foil dari rokok ini memiliki tekstur yang bisa dirasakan dengan seksama yakni berupa garis yang memiliki efek emboss dengan bagian tengahnya bertuliskan GG menggunakan warna merah tua. 

Kemudian kita coba robek foil-nya dengan seksama




Bisa dilihat, fisik dari batang rokok ini menggunakan warna putih layaknya GG Mild Reguler. Susunan dari rokok ini ialah 8 di depan dan 8 di belakang, dengan kuantitas isi 16 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan rokok SKM LTLN yang umum di jual di Indonesia yakni cenderung slim dan sedikit panjang. Pada rokok ini tidak terdapat batasan tipping paper, jadi bisa dikatakan batasan tipping paper-nya cenderung polos. Pada tipping paper terdapat tulisan GG dengan efek glossy, serta MILD di bagian belakang yang tidak sempat terfoto dengan adanya efek glossy. Perforasi laser yang digunakan pada rokok ini berjumlah 2 baris, dengan model perforasi berupa dot (titik) dan jarak lubang yang agak berjauhan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Rasa rokok ini tidak jauh berbeda dengan GG Mild Reguler.Bila kita coba ecap rokok ini, rokok ini seakan menawarkan unsur berry yang kuat disertai sedikit adanya unsur nangka. Namun ketika dibakar, rokok ini akan menawarkan sensasi fruity berupa berry (dalam hal ini antara raspberry atau strawberry) yang sangat intens disertai sensasi khas leci layaknya rokok mild pada umumnya. Rasa berry ini seakan berpadu dengan manisnya rokok yang sudah menjadi bawaan dari rokok ini. Dalam hal ini, rasa berry-nya semakin dominan ketika kita mencoba setelah hisapan kedua dan seterusnya. Rasa spicy dalam rokok ini cenderung lemah bila dibandingkan dengan rasa berry yang menjadi daya tarik dari rokok ini dimana dalam hal ini walaupun lemah, saya bisa merasakan adanya sedikit a hint of spiciness yang saya duga berasal dari penambahan adas manis yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Manis pada rokok ini cenderung lebih kuat, namun bila dibandingkan dengan Signature Mild akan terasa lebih kuat Signature Mild. Sepertinya Gudang Garam mereformulasikan sensasi manis berry yang sudah menjadi daya tariknya. Saya bisa menangkap sensasi sweet fermented berkat adanya penambahan essens buah berry pada rokok ini. Tidak menimbulkan harshness ketika merasakan rokok ini, cenderung memiliki karakter yang mellow disertai rasa tembakau yang menurut saya lemah. Walaupun begitu, rokok ini menggunakan tembakau lokal berkualitas sehingga menimbulkan sensasi balance, walaupun masih kuat sensasi berry dari rokok ini. Tarikannya menurut saya pribadi sangat mantap dan smooth, dalam hal ini saya bisa merasakan sensasi kuat buah dalam tarikan rokok ini. Throat hit hampir tidak terasa pada rokok ini walaupun saya sedikit bisa merasakannya dalam tensi yang cenderung lembut, dan cenderung memiliki karakter basah sehingga tidak menimbulkan rasa kering ketika sedang merokok GG Mild. Rasa spicy dalam rokok ini cenderung menguat pada akhir-akhir bakaran walaupun pada rokok ini cenderung kuat karakter fruity-nya. Durasi bakar rokok ini sekitar 10 menit pas, dalam artian rokok ini lebih baik dibandingkan dengan A Mild dan cenderung sedikit lebih cepat bila dibandingkan dengan Signature Mild. Memiliki aftertaste berry yang sangat terasa berpadu dengan sensasi sedikit leci, dan dalam hal ini berpadu dengan sensasi manis yang cenderung intens. Sedikit ada kelemahan ketika mendekati tipping paper, cenderung mengeluarkan rasa yang sedikit berbeda namun saya bisa toleransi. Serta disertai sedikit sensasi panas ketika mulai mendekati tipping paper. Overall saya sangat suka terhadap rokok ini. Untuk rasa saya memberi nilai 8.8 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan kemasannya yang menurut saya sangat menggambarkan semangat travelling yang saat ini menjadi materi campaign dari GG Mild, kemasan yang cenderung lebih kompleks dan memiliki semangat muda membuat kemasan rokok ini seakan menawarkan nilai jual yang lebih bila dibandingkan dengan rokok Limited Edition Pack yang umum dijual di Indonesia. Terutama bagi Anda pengkoleksi rokok-rokok langka, rokok ini bisa menjadi pilihan dan sangat layak untuk dikoleksi. Kelemahan dari rokok ini ialah tidak memiliki batasan tipping paper yang jelas, rasa yang bagi sebagian orang terlalu manis untuk hitungan rokok mild, serta ketika mendekati tipping paper cenderung panas. Untuk distribusi sendiri sepertinya sudah ada di Alfamart dan Indomaret, untuk warung sepertinya sudah terdistribusikan walaupun tidak semua warung mendapatkan rokok ini dikarenakan peminat terhadap rokok ini bisa dikatakan sedikit bila dibandingkan dengan Surya Pro Mild ataupun Gudang Garam Signature Mild. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.86 dari 10. Artinya rokok ini menang pada kemasannya dan rasanya yang bisa dibilang termasuk enak untuk saya pribadi. Namun untuk harga rokok ini bisa dikatakan kurang begitu terjangkau bila dibandingkan dengan produk SKM LTLN buatan Gudang Garam yang berharga sekitar 15.000 ke bawah, serta distribusinya yang cenderung terbatas dan belum dikomunikasikan secara massal.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di 
ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , ,

CONVERSATION

2 komentar: