Clas Mild Special Edition 2017, Edisi Spesial Pertama Bertema Simply Authentic

Selamat malam,

Hari ini merupakan hari kedua setelah istirahat panjang yang membuat admin tidak bisa membuat review mengenai rokok apa saja yang saat ini beredar di Indonesia. Bulan Ramadhan memaksa admin untuk tidak melakukan review terhadap rokok yang saat ini beredar di Indonesia. Dan pada beberapa postingan yang saya buat pada kali ini (dan juga minggu depan) kali ini semuanya membahas rokok yang bisa dikatakan sebagai 'edisi terbatas'. Dimana minggu ini saya membahas mengenai Djarum Super edisi Idul Fitri, dan di dalam postingan ini admin akan membahas mengenai edisi pertama Clas Mild setelah diberlakukannya PHW (Pictorial Health Warning) dimana PHW sendiri pertama kali diterapkan mulai 24 Juni 2014 yang lalu. Edisi spesial yang ada pada Clas Mild kali ini terbagi menjadi dua jenis dengan desain kemasan yang masing-masing memiliki inti yang sama namun dengan model desain yang berbeda.

Review mengenai Clas Mild edisi Regular sudah saya buat sebelumnya, namun entah mengapa saya tetap saja ingin membuat review mengenai rokok ini. Dikarenakan saya ingin membagi bagaimana desain kemasan ini yang bisa dikatakan sangat simpel namun tetap memiliki nilai jual yang menurut saya sangat tinggi. Clas Mild Special Edition kali ini mengangkat tema besar yakni "Simply Authentic" yang sudah menjadi slogan Clas Mild dimulai sekitar tahun lalu (yakni tahun 2016). Dengan mengusung berbagai kata yang bisa menggambarkan semangat "Simply Authentic", maka Clas Mild pada tahun ini berusaha menegaskan kembali bagaimana seseorang bisa berlaku "Simply Authentic" yang dikatakan juga sebagai motivasi seseorang agar dalam hidupnya bisa melakukan nilai-nilai yang sudah tertulis pada kemasan tersebut. 

Sedikit saya ingin membagikan TVC terbaru dari Clas Mild yang mampu menggambarkan bagaimana seseorang bisa bertingkah laku secara otentik dan memiliki spirit yang diharapkan bisa menjadi orang yang berusaha menjadi otentik (dalam hal ini berusaha menjadi diri sendiri) sebagaimana iklan berikut:


Sebagaimana review yang saya buat, pada umumnya bila hanya mereview rokok-nya saja akan kurang pas bilamana tanpa adanya analisis yang dikatakan singkat. Analisis mengapa Clas Mild bisa meluncurkan edisi spesial-nya bertema "Simply Authentic" yang dimulai pada pertengahan bulan Juni yang lalu dikarenakan sebagaimana berikut:

  1. Clas Mild, sebagai merek SKM LTLN yang menempati posisi ketiga dalam penjualan  di Indonesia dikatakan memiliki konsumen yang bisa dikatakan masih berusia 18-30 tahun yang berusaha mencari jati dirinya dan bisa berperilaku se-otentik mungkin. Dengan mengusung slogan "Simply Authentic" yang sudah dilakukan sekitar tahun 2016, Clas Mild merasa bilamana menggunakan media TVC dan media cetak maupun elektronik masih dirasa kurang cukup untuk mengenalkan nilai-nilai yang dikatakan sebagai "Simply Authentic". Walaupun kampanye yang dilakukan di media massa sudah dilakukan, akan tetapi sebelum diluncurkan-nya edisi spesial kali ini masih belum bisa menggambarkan bagaimana seseorang harus berlaku "Simply Authentic" yang jelas. Pengenalan nilai-nilai yang dikatakan "Simply Authentic" sendiri mulai di-intensif-kan pada tahun ini, salah satunya ialah mengeluarkan Special Edition yang mengusung nilai-nilai "Simply Authentic". Alasan lain diluncurkannya Special Edition pada tahun ini ialah Clas Mild berusaha mengeluarkan edisi terbatas-nya dengan harapan konsumen bisa mengkoleksi kemasan rokok ini dimana peredaran Special Edition pada kali ini berlangsung hingga beberapa waktu ke depan. Dengan kemasan yang simpel dan bisa menanamkan nilai otentik yang ingin dibawa oleh Clas Mild pada tahun ini, Clas Mild pada akhirnya bisa mengajak banyak pihak untuk berlaku "Simply Authentic" dengan nilai-nilai yang sudah tertera pada bagian kemasan dengan caranya masing-masing.
  2. Ada kemungkinan Nojorono Group (dalam hal ini PT N.T.I.) berusaha meningkatkan penjualan dengan mengeluarkan edisi spesial yang diharapkan mampu menggenjot penjualan Clas Mild secara keseluruhan. Sebagai perusahaan yang memiliki market share sebanyak 6,40% pada tahun 2016 berdasarkan data yang diperoleh dari Euromonitor, Nojorono Group bisa dikatakan bukanlah pemain yang dikatakan kecil. Walaupun bila dibandingkan dengan merek rokok lain buatan Nojorono Group yang secara konsumen masih sedikit, Clas Mild pada saat ini merupakan tonggak utama dari penjualan Nojorono Group itu sendiri, dimana produk ini merupakan satu-satunya produk premium yang dikeluarkan oleh Nojorono Group yang menyasar kepada segmen kalangan menengah hingga menengah ke atas. Angka penjualan SKM secara keseluruhan berdasarkan Annual Report Philip Morris International mencapai 75.8% pada tahun 2016 dimana didominasi dengan penjualan SKM LTLN yang saat ini dikuasai oleh A Mild dan U Mild yang notabene-nya merupakan produk HM Sampoerna. Penjualan SKM sendiri dari tahun ke tahun semakin meningkat. Clas Mild dengan meluncurkan Special Edition pada tahun ini diharapkan bisa meningkatkan market share yang sebenarnya sudah menempati 3 besar SKM LTLN dengan penjualan terbesar di Indonesia.
  3. Dapat dikatakan, dengan adanya keinginan untuk memperkenalkan nilai-nilai "Simply Authentic" yang sudah menjadi kampanye utama dari rokok ini serta keinginan Nojorono Group dalam meningkatkan penjualan, diharapkan dengan adanya kemasan edisi spesial ini mampu menggenjot penjualan Clas Mild secara keseluruhan dan upaya yang dilakukan Nojorono Group pada kali ini berusaha untuk mengambil market dari perokok 18-30 tahun yang dikatakan 'labil' dan berusaha mencari rokok dengan rasa yang nikmat serta bisa mendapatkan konsumen baru. Upaya mengeluarkan Special Edition pada tahun ini bisa dikatakan bisa memberikan 'warna baru' terhadap konsumen lama dan bisa meraih konsumen baru yang pada umumnya berusaha mencari sesuatu hal yang dikatakan kekinian.
Baiklah, itu merupakan sedikit analisis mengenai mengapa Clas Mild berusaha mengeluarkan Special Edition pada tahun ini dan menjual nilai-nilai yang dibawa dalam ide besar "Simply Authentic". Mari kita review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk rokok ini admin beli dengan harga Rp. 18.000 (beberapa toko menjual rokok ini sekitar 19.000, terkadang bisa lebih mahal 1000-1500, cukai 17.925) dengan kuantitas isi 16 batang. Dengan harga yang lebih murah dibandingkan Sampoerna A Mild yang kini di beberapa toko menjualnya dengan harga 21.000, Clas Mild bisa dikatakan sebagai rokok kelas premium dengan hitungan harga yang sedikit terjangkau, namun sebanding dengan kualitas yang ingin ditawarkan rokok ini. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7.4 dari 10.

Dikarenakan pada edisi spesial kali ini memiliki dua varian warna yakni putih dan biru navy, maka saya mencoba mereview kemasan yang berwarna putih terlebih dahulu







Untuk kemasan Special Edition yang berwarna dasar putih, memiliki basis warna biru tua dan silver. Pada kemasan depan terdapat tulisan SIMPLY dengan adanya garis sambung yang terletak pada huruf I serta AUTHENTIC yang memiliki garis sambung pada huruf T, serta adanya sambungan antara huruf M dan U. Bagian tulisan SIMPLY AUTHENTIC yang terletak pada rokok ini memiliki semacam ruang kosong dengan font yang sama dengan logo slogan "Simply Authentic" dimana kemungkinan besar font ini khusus digunakan oleh Clas Mild (ada kemungkinan font yang digunakan bersifat custom yang dibuat firma khusus yang menangani font), dengan warna dasar biru tua dan memiliki efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Pada bagian atas MPLY terdapat tulisan OUTWARDLY EXPRESSIVE yang bisa diartikan sebagai ekspresi secara interpersonal dengan warna silver. Disamping huruf Y tertulis CREATIVE yang bisa diartikan sebagai kreatif dengan warna silver. Di atas tulisan NTIC tertulis CONTEMPORARY yang bisa diartikan sebagai kontemporer (atau bersifat masa kini) dengan warna silver. Di bawah tulisan AU terdapat tulisan TRUE TO SELF yang bisa diartikan jujur terhadap diri sendiri dengan warna silver. Di bagian garis sambung yang terdapat pada huruf T bertuliskan PASSIONATE yang artinya bergairah dengan model tulisan berupa vertikal dengan adanya warna silver. Tertulis juga OPEN-MINDED yang bisa diartikan pikiran yang terbuka yang terletak di bagian kiri bawah dengan warna tulisan silver. Terdapat logo Clas Mild yang terletak pada kotak yang memiliki curve dengan di bagian luarnya terdapat outline berwarna biru tua, bagian dalam berwarna silver, tulisan CLAS menggunakan font sans serif yang cenderung abstrak berwarna biru dengan adanya efek emboss, serta tulisan MILD yang menghadap vertikal dengan warna merah dan terdapat efek emboss. Di bawah logo Clas Mild terdapat tulisan SPECIAL EDITION dengan warna biru tua. Bagian belakang terdapat logo SIMPLY AUTHENTIC dengan ukuran lebih kecil dan model yang sama dengan kemasan depan, dan beberapa nilai-nilai yang ingin ditanamkan ialah CREATIVE, OPEN-MINDED, TRUE TO SELF, CONTEMPORARY dan PASSIONATE dengan letak tulisan cenderung acak. Terdapat tulisan FEEL THE AUTHENTICITY OF OUR SPECIAL EDITION PACK dengan warna font yang sama dengan tulisan SPECIAL EDITION. Bagian samping kanan sama saja dengan Clas Mild Regular tertulis 16 di bagian tengah dan SIGARET KRETEK dan MESIN yang bentuk tulisannya berupa lingkaran dan terdapat pemisah berupa titik. Bagian samping kiri tertulis 16 Ct LASER KRETEK yang menjadi fitur utama dari rokok ini. Bagian atas terdapat logo Clas Mild dan logo Simply Authentic dengan model tulisan berupa baris. Saya merasa kemasan yang berwarna putih sangat simpel dan menjual. Untuk kemasan putih sendiri saya beri nilai 8.7 dari 10.

Kemudian kita bisa mereview kemasan yang berwarna biru navy sebagaimana berikut







Pada kemasan biru navy kali ini menggunakan warna biru navy dan biru tua sebagai basis warna kemasan rokok ini. Tulisan SIMPLY AUTHENTIC memiliki font yang sama dengan kemasan putih dengan warna yang sama, dengan adanya efek emboss. Perbedaan dengan kemasan putih ialah tidak adanya sambungan di huruf I dan T. Tulisan SIMPLY AUTHENTIC menghadap ke kiri dengan model tulisan vertikal. Beberapa nilai yang ada pada kemasan putih seperti CREATIVE, CONTEMPORARY, PASSIONATE, OPEN-MINDED, TRUE TO SELF, OUTWARDLY EXPRESSIVE tertulis berurutan dari atas ke bawah, dengan warna biru tua. Terdapat logo Clas Mild yang terletak pada kotak yang memiliki curve dengan di bagian luarnya terdapat outline berwarna biru tua, bagian dalam berwarna silver, tulisan CLAS menggunakan font sans serif yang cenderung abstrak berwarna biru dengan adanya efek emboss, serta tulisan MILD yang menghadap vertikal dengan warna merah dan terdapat efek emboss. Di bawah logo Clas Mild terdapat tulisan SPECIAL EDITION dengan warna putih. Hal yang menjadi pembeda dengan kemasan putih ialah terletak pada kemasan belakang, dimana pada bagian belakang tidak adanya nilai-nilai "Simply Authentic" yang menjadi nilai dari rokok ini. Tulisan FEEL THE AUTHENTICITY OF OUR SPECIAL EDITION PACK dengan warna font yang sama dengan tulisan SPECIAL EDITION yakni putih. Bagian samping kanan sama saja dengan Clas Mild Regular tertulis 16 di bagian tengah dan SIGARET KRETEK dan MESIN yang bentuk tulisannya berupa lingkaran dan terdapat pemisah berupa titik. Bagian samping kiri tertulis 16 Ct LASER KRETEK yang menjadi fitur utama dari rokok ini, hanya saja warna font yang digunakan ialah putih. Bagian atas terdapat logo Clas Mild dan logo Simply Authentic dengan model tulisan berupa baris yang sama dengan bagian depan dan belakang kemasan. Saya merasa kemasan yang berwarna putih sangat simpel dan menjual. Untuk kemasan putih sendiri saya beri nilai 8.8 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama



Model inner frame yang digunakan pada Special Edition kali ini sama saja dengan kemasan Regular, yakni menggunakan warna emas. Foil pada rokok ini sama saja dengan Clas Mild Regular yakni menggunakan warna emas, dimana di bagian bawah yang tidak terlihat tertulis C L A S  M I L D  1 6.  
Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama




Bagian batang rokok ini sepertinya memiliki kesamaan dengan Clas Mild Regular umumnya, dimana batang rokok ini menggunakan warna dasar putih. Susunan batang pada rokok ini sama saja dengan Clas Mild isi 16 yakni 8 di depan dan 8 di belakang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Batang pada rokok ini memiliki kesamaan dengan Clas Mild Regular yakni memiliki panjang layaknya rokok mild umumnya dengan diameter yang cenderung kecil. Pada batasan tipping paper terdapat dua garis berwarna hitam dan diatasnya terdapat logo Clas Mild. Perforasi laser (atau Clas Mild menyebutnya sebagai Ct LASER) yang digunakan pada rokok ini berjumlah tiga baris, dengan bentuk perforasi berupa dot dan jarak lubang yang berdekatan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Secara keseluruhan, rokok ini memiliki rasa yang sama dengan Clas Mild Regular. Ketika sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi sedikit fruity disertai adanya manis yang dalam intensitas minim. Namun setelah dibakar, rokok ini menawarkan sensasi manis fruity yang tidak begitu kuat disertai adanya sensasi khas dari bakaran campuran rokok yang menggunakan Tembakau berjenis Oriental. Memiliki unsur fruity berupa essens leci, disertai adanya sensasi a hint of sweetness yang terasa berkat penambahan maple syrup atau madu sebagai salah satu penyusun rasa manis dari rokok ini. Rasa manis yang ditawarkan rokok ini cenderung menengah namun terasa, dimana dalam hal ini, rokok ini seakan membawa sensasi manis yang sangat lembut disertai rasa fruity yang khas berkat penambahan essens leci. Dan juga, rokok ini menawarkan sensasi manis yang cenderung susah untuk ditiru oleh kompetitor dimana dalam hal ini, sensasi manis yang ada sangat khas dimana salah satu bahan penyusun saus rokok ini ialah maple syrup atau madu. Secara rasa, rokok ini memiliki sebuah hal yang otentik dimana terdapat rasa spicy yang tidak begitu kuat namun cenderung terasa. Sensasi khas spicy yang ditawarkan oleh rokok ini kemungkinan besar kuat akan kadar adas manis yang cenderung sedikit. Kemungkinan saus pada rokok ini menggunakan liquorice dalam intensitas yang minim sehingga mampu menciptakan rasa manis yang begitu khas namun terasa. Blend pada rokok ini cenderung balance, dimana dalam hal ini rokok ini menggunakan Tembakau Virginia impor disertai Tembakau berjenis Oriental lokal sebagai salah satu penyusun blend yang ada pada rokok ini yang memiliki sensasi nutty yang sangat khas. Cenderung kuat akan sensasi lembut yang ditawarkan oleh Tembakau Virginia. Rokok ini memiliki tarikan yang sangat lembut, bila dibandingkan dengan A Mild, rokok ini menawarkan kelembutan rasa yang sangat khas namun tetap berkarakter khas dari rokok kretek. Tarikan rokok ini sangatlah mantap, dan juga secara rasa rokok ini memiliki karakter yang sangat smooth. Bila dibandingkan dengan A Mild, rokok ini memiliki sedikit karakter nutty yang lebih kuat namun dalam intensitas yang cenderung smooth. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi spicy yang minim namun kuat akan rasa Tembakau berjenis Oriental dan juga aroma yang cenderung lembut bila dibandingkan dengan A Mild. Memiliki harshness yang cenderung minim, dimana dalam hal ini rokok ini sedikit menawarkan sensasi harshness namun dalam taraf yang cenderung minim. Throat hit pada rokok ini cenderung tidak ada, dalam artian rokok ini seakan menawarkan rasa yang cenderung nyaman di tenggorokan. Durasi bakar dari rokok ini ialah 10-11 menit, dalam artian rokok ini memiliki kesamaan durasi dengan rokok mild pada umumnya. Aftertaste rokok ini memiliki sensasi nutty yang kuat disertai adanya sensasi manis maple syrup atau honey yang terasa. Namun kelemahan rokok ini terletak pada bagian bakaran akhir yang cenderung berubah rasa dengan adanya sedikit chemical taste namun tidak dalam taraf yang signifikan, dan juga kadang ada sedikit rasa pahit ketika terkena ludah yang banyak. Tipping paper rokok ini cenderung kuat ketika mendekati akhir bakaran, walaupun secara filter rokok ini tidak begitu kuat pada akhir bakaran. Saya sangat senang dengan kelembutan yang ditawarkan oleh rokok ini, dan susah untuk ditiru oleh kompetitor. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.9 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan kemasan yang cenderung menjual dan keren, rasa yang cenderung sangat nikmat dan mantap untuk hitungan rokok mild dengan kadar tar 14 mg, sensasi tarikan yang cenderung smooth dibandingkan mild merek lain, serta harga yang sedikit terjangkau membuat edisi spesial kali ini merupakan edisi yang layak untuk dikoleksi. Terlebih jarang sekali ada rokok yang menawarkan dua warna berbeda dengan isi dan kuantitas yang sama. Untuk Clas Mild sendiri, ini pertama kalinya menawarkan dua warna beda dengan isi dan rasa yang sama. Namun kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper cenderung sedikit terasa chemical taste disertai sedikit sensasi pahit yang menurut saya normal untuk hitungan rokok mild. Untuk distribusi sendiri sepertinya untuk minimarket baru berjalan di Alfamart dan Circle K, untuk warung sendiri sebenarnya mudah untuk menemukan rokok ini. Namun untuk stok Special Edition sendiri dikatakan cukup jarang ditemui, kemungkinan stok Special Edition pada saat saya membeli sudah habis dikarenakan produk ini sudah dijual mulai pertengahan Juni. Kebanyakan stok di warung hanya menjual 1-2 kemasan untuk kemasan Special Edition kali ini, walaupun begitu saya bisa mendapatkan dua jenis Special Edition kali ini, di tempat yang berbeda tentunya. Overall saya memberi nilai rokok ini 8.45 dari 10. Artinya rokok ini menang pada kemasan yang ekslusif dan menjual, serta rasa yang menurut saya sangat otentik. Namun untuk harga sendiri agak kurang terjangkau bila dijual dengan harga 19.000 di beberapa warung, beberapa warung yang saya temui masih menjual rokok ini dengan harga 18.000. Serta untuk distribusi rokok ini cenderung terbatas dikarenakan rokok ini merupakan rokok Special Edition, stoknya dikatakan termasuk sedikit bila dibandingkan dengan Clas Mild Regular.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , , , ,

CONVERSATION

11 komentar:

  1. Ini baru Clas Mild kemasan baru bukan edisi terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berisik kontol..

      Delete
    2. Eh perbanyakan coli lagi sampai crot

      Delete
  2. Gan review mild terbaru dong, diplomat impact. Semalem liat di billboard pas brenti di lampu merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen udah ada yang mau ngasih diplomat impact ke saya. dia habis pulang dari jatim gitu. kemungkinan saya baru bisa dapet barangnya dan review saat agustus.

      Delete
    2. Kebetulan gw pernah coba diplomat impact. Sekilas rasanya ada mirip rokok putih/ agak throat hit/ gatal.

      Delete
  3. mau tanya gan binta iklan cewe yg 2an itu siapa ya di iklan classmild ini?

    ReplyDelete
  4. Ever wanted to get free Google+ Circles?
    Did you know that you can get these AUTOMATICALLY AND TOTALLY FREE by getting an account on Like 4 Like?

    ReplyDelete
  5. Tolong bilangin ke classmild untuk produk yang ini tidak enak... banyak rekan2 tmn2 yang ikut menilai juga... Semoga balik ke rasa awal...thanks

    ReplyDelete
  6. Saya Die Hard sama Clas Mild, udh coba pindah ke lain Rokok tapi tidak bisa. Hehehee
    Mungkin ada masukan agan2 semua Rokok lain yg Cita Rasanya hampir sama dengan CLAS MILD

    ReplyDelete