Esse Mild Limited Edition, SKM LTLN Superslims Pertama dengan Kemasan Motif Batik Modern

(PERHATIAN: Review ini seharusnya saya publish pada tanggal 25 Mei lalu, namun dikarenakan baru sempat membuka blogspot, maka pada akhirnya saya baru bisa mengunggah review Esse Mild Limited Edition pada hari ini).

Selamat malam,

Kehidupan admin sebenarnya sudah mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan yang menurut admin sangat tidak mungkin untuk membuat review mengenai rokok yang dijual di Indonesia. Dalam hal ini, sebenarnya admin sedang berusaha untuk tidak membuat review mengenai rokok yang ada di Indonesia, sesuai yang admin tulis pada postingan Djarum Black Cappuccino yang admin nyatakan sebagai postingan terakhir sebelum bulan Ramadhan. Namun apa daya, ketika admin sedang iseng mencari sesuatu yang sebenarnya tidak berkaitan langsung dengan rokok (yakni ketika admin ingin membeli Kopiko 78), tiba-tiba saja admin mendapatkan produk yang sekiranya baru saja masuk di toko tersebut. Pada akhirnya, niatan admin untuk menulis kembali ada, menyusul admin baru bisa mendapatkan barang yang dikatakan merupakan produksi paling terbaru. 

Review yang admin akan bahas pada kesempatan kali ini ialah Esse Mild Limited Edition, dimana produk ini merupakan produk yang dikatakan sangat baru untuk masuk pasaran, sekitar pertengahan hingga akhir Mei ini merupakan penjualan perdana dari Limited Edition yang dikatakan sangat baru. Kalau admin lihat di kode produksi rokok ini, produk ini merupakan produk yang dibuat kisaran awal Mei hingga waktu yang sampai sekarang admin tidak ketahui. Penjualan rokok ini semestinya kemungkinan akan berjalan selama satu-dua bulan dari produksi dari rokok ini. Mengingat review ini perlu adanya analisis, maka pada akhirnya admin bisa menuliskan analisis dari produk ini layaknya berikut ini:
  1. Esse Mild merupakan portofolio pertama yang dikeluarkan oleh Esse yang diluncurkan sekitar akhir tahun 2013. Produk ini seakan membawa Esse memasuki paradigma terbaru dalam hal dunia rokok di Indonesia. Dengan inovasi charcoal filter yang pertama kali diterapkan untuk rokok kretek di Indonesia, Esse Mild seakan membangun paradigma baru dalam hal rokok SKM LTLN yang pada umumnya hanya menggunakan filtrasi asetat secara tunggal. Esse Mild dengan inovasi dual filter (charcoal filter + acetate filter) membuktikan bahwa produk ini merupakan produk yang sangat revolusioner untuk jenis SKM LTLN. Mengingat beberapa alasan mengapa pabrikan jarang menggunakan filter berbasis arang diantaranya ialah mengurangi sensasi kretek yang terserap dengan adanya activated charcoal yang katanya bisa mengurangi sensasi merokok, maka pada akhirnya Esse berani meluncurkan dengan inovasi charcoal filter untuk sensasi rasa yang jauh lebih lembut bila dibandingkan dengan filter asetat saja. Dalam hal ini, Esse Mild merupakan wujud atas model kretek yang dikatakan modern untuk saat ini, maka demi meningkatkan penjualan, Esse Mild pada akhirnya meluncurkan Limited Edition pertamanya di bulan Mei ini dengan harapan perokok Esse Mild bisa meningkat secara keseluruhan.
  2. Penggunaan motif batik campuran layaknya kemasan Esse Mild Limited Edition kali ini merupakan wujud bukti bahwa Esse sangat mencintai Indonesia, dikarenakan motif batik yang digunakan merupakan gabungan atas motif batik yang umumnya ditemui di Indonesia. Beberapa motif batik yang saya temui di kemasan ini ialah model Parang, Cirebon, Kawung, dan batik-batik lain yang ada di Indonesia. Esse Mild pada kali ini mengusung Limited Edition pertamanya dengan inovasi kemasan batik yang sangat modern, dimana untuk keluarga Esse Mild sendiri yang pertama kali menerapkan Limited Edition ialah Esse Change dengan adanya unsur lensa cembung yang diimpor dari Korea Selatan. Penggunaan batik sendiri menegaskan bahwa adanya unsur modern yang terdapat pada rokok Esse, disertai sensasi khas kretek yang sudah menjadi tradisi Indonesia membuktikan bahwa Esse Mild bisa diperhitungkan dalam segmen SKM LTLN di Indonesia.
  3. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya motif batik yang sangat unik dan modern, adanya kemungkinan penjualan yang baik untuk portofolio Esse Mild membuktikan bahwa Esse Mild sepertinya mulai disukai oleh perokok di Indonesia, terutama perokok 18-30 tahun yang percaya bahwa Indonesia memiliki kekayaan dalam hal motif batik, terutama jika kita melihat bahwa kemasan batik ini sudah disesuaikan dengan kultur orang Indonesia, dan dalam hal ini sepertinya Esse Mild Limited Edition merupakan merek rokok yang mampu menggabungkan berbagai macam batik ke dalam satu keharmonisan desain.
Baiklah, itu sedikit analisis mengapa Esse bisa meluncurkan Esse Mild Limited Edition, dan kemungkinan penjualan atas kemasan ini berjalan sekitar satu hingga dua bulan ke depan. Mari kita review rokok ini dimulai dari harga terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini saya beli dengan harga Rp. 19.000 (agak sedikit mahal dikarenakan saya mendapatkan rokok ini di Circle K, harga resmi di Alfamart dan Indomaret sekitar 18.000-an, cukai 16.500) dengan kuantitas isi 20 batang. Untuk harga, rokok ini seakan menawarkan sensasi kemasan yang cenderung unik dengan harga yang sama dengan Esse Mild pada umumnya. Untuk harga sendiri saya beri nilai 7.4 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan basis warna merah tua, hitam, silver, dan putih. Pada bagian depan dan belakang kemasan, terdapat gabungan dari beberapa batik yang sering dipakai oleh orang Indonesia, diantaranya ialah Daun di bagian atas dan tengah, Cirebon dan Sido Mukti pada bagian kanan pattern, Toraja di bagian kiri bawah, dan Kawung di bagian paling bawah. Kesemua pattern batik tersebut bergabung dengan adanya unsur modern yakni adanya segitiga di bagian kiri atas, semacam garis yang membentuk segitiga di bagian kiri bawah, dan beberapa pelengkap pattern yang menjadikan kemasan Limited Edition kali ini sangat kompleks, sampai-sampai admin bingung mengidentifikasi objek batik yang tertera pada kemasan kali ini. Beberapa pattern yang ada menggunakan efek crystal layaknya kemasan Esse Mild pada umumnya, disertai adanya curve silver yang memiliki efek hologram sehingga membuat kemasan rokok ini sangat kompleks. Pada bagian kanan atas terdapat logo Esse terbaru yakni huruf E yang terbentuk sedemikian rupa dengan adanya emboss dan efek hologram, tulisan ESSE menggunakan font serif berwarna silver dengan efek hologram, tulisan MILD menggunakan warna merah tua dengan adanya efek shiny, tulisan LIMITED EDITION yang menggunakan warna silver disertai efek hologram, dan beberapa unsur yang sama dengan kemasan Esse Mild umumnya diantaranya ialah tulisan SUPER SLIM, KRETEK CIGARETTE, dan tulisan 20 BATANG yang memiliki font yang sama dengan adanya unsur warna putih. Hal yang membedakan bagian depan dengan belakang ialah adanya logo CHARCOAL FILTER dengan adanya bola yang melambangkan charcoal serta adanya aliran hisapan dari rokok ini dengan warna silver. Penempatan SKM berada di bagian kiri bawah, layaknya kemasan Esse Mild umumnya. Pada bagian lain sebenarnya sama saja dengan kemasan Esse Mild pada umumnya, yang membedakan ialah adanya unsur batik yang sangat kompleks dan cenderung unik, serta sangat menggambarkan adanya heritage yang ingin dibawa oleh kemasan kali ini. Untuk kemasan sendiri saya beri nilai 9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner hinge lid dari rokok ini terdapat deskripsi mengenai Charcoal Filter dengan warna panah terhadap unsur Charcoal Filter serta tulisan CHARCOAL FILTER yakni merah. Penjelasan mengenai fitur dari Charcoal Filter ini dimaksudkan untuk menciptakan sensasi rasa yang smooth, serta adanya penegasan Global No. 1 Super Slim. Bagian inner frame dan foil sama saja seperti Esse Mild kemasan reguler yakni warna hitam dan pada foil-nya terdapat logo KT&G dan tulisan Korea Tomorrow & Global dengan adanya efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Isi dari rokok ini sama saja dengan Esse Mild reguler yakni 20 batang, dengan susunan batang 10 di depan dan 10 di belakang. Batang rokok menggunakan warna putih.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Panjang rokok ini sama dengan rokok Esse pada umumnya dimana ukuran batang lebih panjang diatas rata-rata, dengan diameter yang menurut saya sangat kecil. Pada bagian tipping paper pada rokok ini terdapat pattern kotak ala Esse Mild yang terdapat di bagian kanan dan kiri kemasan, dengan batasan tipping paper yakni ESSE berwarna hitam beserta tulisan MILD berwarna merah. Perforasi yang digunakan pada rokok ini berjumlah tiga baris, dengan bentuk perforasi dot dan jarak yang agak berdekatan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Secara keseluruhan, rasa rokok ini tidak ada bedanya dengan Esse Mild kemasan pada umumnya. Pada sebelum dibakar, rokok ini memiliki rasa manis leci yang sangat terasa dengan tanpa adanya sensasi spicy. Ketika dibakar, rokok ini seakan mulai rasa spicy-nya disertai adanya sensasi liquorice yang menurut saya sangat kuat. Rasa manis pada bakaran rokok ini cenderung kuat namun tidak sekuat Avolution, dengan adanya rasa sedikit adanya unsur kopi yang membentuk karakter dari rokok ini. Rasa manis ini ditunjang dengan rasa spicy yang cenderung tidak begitu kuat, dimana karakter dominan dari rokok ini ialah rasa Tembakau Virginia yang sangat kuat dan disertai a hint of sweetness yang menurut saya sangat terasa. Asap yang saya hisap pada rokok ini cenderung clean dan smooth, berkat adanya penambahan activated charcoal sebagai nilai plus dari rokok ini sehingga meninggalkan kesan manis yang cenderung clean dan tidak apek. Rasa spicy disini dibentuk berkat adanya penambahan cengkeh berkualitas tinggi disertai sensasi saus spicy yang kemungkinan besar dominan adas manis, yang membuat rokok ini seakan sedikit terasa spicy-nya. Blend yang digunakan pada rokok ini mengingatkan saya akan Avolution, namun dengan intensitas manis yang berbeda dan campuran yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Avolution, tentunya intensitas manis pada rokok ini cenderung sedikit lebih kuat namun terkesan clean dan smooth bila dibandingkan dengan varian Esse Mild lainnya. Memiliki karakter tembakau yang cenderung earthy dan rich, kuat akan rasa Tembakau Virginia beserta sensasi nutty berkat penambahan Tembakau berjenis Oriental. Ketika dikeluarkan lewat hidung, rokok ini menawarkan aroma yang cenderung lembut namun lemah akan rasa spicy-nya. Tarikannya menurut saya pribadi sangat mantap, namun tetap meninggalkan kesan clean dan smooth yang ingin dijual dari rokok ini. Ketika ditarik, rokok ini seakan tidak memiliki harshness, dikarenakan penambahan activated charcoal pada filter rokok ini (dalam hal ini rokok ini menggunakan dual filter) membuat rasa rokok ini menjadi clean namun tetap berkarakter khas. Throat hit pada rokok ini cenderung tidak ada, dimana saya bisa menarik rokok ini tanpa adanya sensasi menusuk di tenggorokan. Cenderung meninggalkan aftertaste nutty kuat disertai sensasi leci yang menurut saya sangat tertinggal di tenggorokan. Durasi bakar rokok ini ialah 10-11 menit tergantung situasi dan kondisi, dimana rokok ini memiliki durasi bakar yang cenderung pas, dikarenakan cacahan tembakau pada rokok ini sangat kecil. Berkat kadar tar rokok ini yang rendah, saya tidak perlu menariknya susah-susah sehingga saya cukup bisa merekomendasikan rokok ini. Pada bakaran mendekati tipping paper, rokok ini tidak meninggalkan kesan chemical layaknya rokok mild pada umumnya. Namun rokok ini memiliki kelemahan yang sama dengan mild pada umumnya, yakni cenderung cepat habis, namun saya merasa rokok ini lebih unggul dikarenakan berkat panjang rokok ini diatas rata-rata. Saya sangat senang dengan sensasi clean dan smooth yang berbeda bila dibandingkan dengan rokok mild merek lain. Untuk rasa saya beri nilai 8.6 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan rasa rokok ini yang sangat clean dan smooth, isi rokok ini yang lebih banyak bila dibandingkan dengan SKM LTLN pada umumnya, serta kemasan rokok ini yang sangat kompleks bila dibandingkan dengan Esse Mild kemasan reguler membuat rokok ini termasuk rokok yang layak untuk dikoleksi. Terlebih bagi Anda yang menyukai kemasan yang cenderung kompleks dan memiliki unsur heritage yang tinggi, rokok ini bisa menjadi koleksi terutama bagi Anda yang memang suka mengkoleksi berbagai kemasan yang lebih umum. Kelemahan untuk rokok ini sama dengan Esse Mild umumnya, yakni cepat habis dan bagi beberapa orang, rokok ini cenderung termasuk rokok enteng. Walaupun begitu, kemasan rokok ini sangat layak untuk dikoleksi dan juga dikarenakan penjualan rokok ini sangat terbatas, maka saya rasa Anda wajib mengkoleksi rokok ini dikarenakan penjualan rokok ini sangat terbatas. Untuk distribusi sendiri saya baru menemuinya di Circle K, untuk Indomaret sendiri sepertinya akan mulai menjual rokok ini, namun untuk modern trade lain semisal Alfamart saya kurang begitu tahu apakah rokok ini akan dijual atau tidak. Untuk warung sepertinya untuk kemasan Limited Edition kali ini tidak dijual, dikarenakan peminat di warung cenderung terbatas. Overall, saya memberi nilai pada rokok ini 8.33 dari 10. Artinya, rokok ini menang pada kemasannya yang kompleks serta rasa yang cenderung clean dan smooth. Namun untuk harga rokok ini cenderung kurang begitu terjangkau, namun bila dibandingkan dengan Avolution cenderung lebih enak dan lebih murah Esse Mild. Dan untuk kemasan ini wajib untuk dikoleksi, terutama bagi Anda yang senang berburu rokok dengan stok yang langka.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Ini oot ya.Sy baca postingan ask fm jd mau koment nambahin beda samsoe 16 dgn premium. Yg premium itu lbh halus, isinya tdk padat shg durasi lbh pendek dan lbh tdk menyebabkan batuk. Ibarat versi signaturenya samsoe gitu.klo premium yg bikin ga enak itu cuma harganya aja :-p

    BalasHapus
  2. Are you looking for free YouTube Subscribers?
    Did you know you can get them AUTOMATICALLY & TOTALLY FOR FREE by registering on Add Me Fast?

    BalasHapus
  3. Warna kemasan sekarang berbeda dengan yang direview. Lebih dominan warna abu-abu. Padahal lebih terkesan garang dengan warna merahnya.

    Entah yg sekarang masih menggunakan charcoal filter atau tidak karena tidak ada informasi dikemasan seperti produk review yang mencantumkan gambar charcoal filter.

    Atau ini esse menthol Limited Edition yang berbeda dg yg sekarang beredar mengingat ada rasa bubble mint di produk sekarang.

    BalasHapus
  4. Wahhh rokok daily ane nih... Pas bgt review bro admin ama karakter rokoknya, mantap n sukses slalu buat bro admin...

    BalasHapus