Djarum Super MLD (Mild) Isi 12 Batang, SKM LTLN Dengan Harga Murah Dari Djarum

Selamat pagi,

Pada kesempatan kali ini, admin sepertinya memiliki sedikit pekerjaan dan tugas yang admin hadapi saat ini. Dimana dalam hal ini admin merasa memiliki waktu luang untuk membuat review mengenai rokok yang dijual di Indonesia. Review Rokok sepertinya akan beristirahat sejenak pada kisaran Ramadhan nanti, dimana di saat berpuasa, tidak boleh seseorang untuk merokok di saat waktu puasa. Mengingat merokok merupakan sebuah hal yang dilarang saat melakukan ibadah Ramadhan, maka saya mengumumkan bahwa Review Rokok akan beristirahat sejenak dengan alasan admin ingin fokus terhadap ibadah Ramadhan, dan dalam hal ini sepertinya kemungkinan besar ada dua bulan waktu istirahat untuk tidak membuat postingan di blog tercinta kita ini.

Hari ini (sebenarnya seharusnya admin membuat review mengenai rokok ini pada hari Senin kemarin), admin akan membuat postingan mengenai produk yang dikatakan sangat baru di pasaran, dimana produk ini sepertinya hanya dikomunikasikan melalui media poster yang ada di toko dan warung saja. Produk ini dinamakan Djarum Super Mild (MLD) isi 12 Batang, dimana peluncuran atas rokok ini sudah dimulai kisaran bulan Mei ini. Produk ini sepertinya belum menyebar di kawasan Depok, namun untuk Jakarta sendiri, produk ini sepertinya mulai banyak warung yang menjual rokok ini. Seperti biasa, review tanpa adanya analisis merupakan sebuah hal yang dikatakan tidak baik, mengingat konsumen juga harus paham mengenai mengapa produk ini bisa diluncurkan pada bulan Mei 2017. Analisis produk ini akan admin paparkan di bawah ini:

  1. Djarum Super Mild merupakan salah satu flagship dalam segmen SKM LTLN yang dimiliki oleh Djarum. Rokok ini sepertinya masuk ke dalam segmen Value For Money dari Djarum itu sendiri. Dimana kita tahu bahwa Djarum Super Mild sendiri merupakan produk SKM LTLN dengan kuantitas lebih banyak bila dibandingkan dengan LA Lights dengan harga yang hampir sama namun secara keuntungan, rokok ini jauh lebih hemat dikarenakan kuantitas isi yang ditawarkan lebih banyak walaupun dengan harga yang sama. Melihat potensi SKM LTLN isi 12 batang dikatakan sangat besar, dalam hal ini masih dipimpin oleh A Mild 12 batang sebagai market leader segmen rokok SKM LTLN isi 12 batang, Djarum berusaha membuat inovasi dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan A Mild 12 Batang, dimana harga rokok ini nanti saya jelaskan pada bagian review harga. Harga rokok ini sepertinya didasari oleh pertumbuhan Djarum Super Mild yang belakangan cukup banyak orang yang merokok merek ini, dan juga dikarenakan isi 20 batang untuk beberapa konsumen cenderung lebih mahal, maka pada akhirnya Djarum bisa mengeluarkan produk SKM LTLN kedua yang berisi 12 batang (pertama kali Djarum meluncurkan LA Lights isi 12 batang dengan alasan yang sama, namun untuk Jabodetabek dan Jawa Barat sepertinya tidak masuk pasaran untuk LA Lights isi 12 Batang) dengan harga yang terhitung terjangkau dan sepertinya ingin menghadang A Mild isi 12 Batang dengan rasa yang cenderung unik dan berbeda.
  2. Pertumbuhan SKM, terutama jenis SKM LTLN termasuk memiliki kinerja yang baik bila dibandingkan dengan jenis SKM Full Flavor dan SKT. Angka penjualan SKM sendiri berdasarkan Annual Report Philip Morris International mencapai angka kisaran 75,8% dimana pertumbuhan SKM LTLN sendiri menguasai hampir dua pertiga dari angka penjualan SKM secara keseluruhan. Djarum melihat, dengan angka penjualan SKM terutama berjenis LTLN dikatakan sangat besar, maka pada akhirnya Djarum bisa meluncurkan Djarum Super Mild dengan kuantitas isi 12 batang dengan harapan konsumen bisa memilih, apakah ingin memilih yang isi 20 batang ataupun isi 12 batang dengan harga yang jauh lebih terjangkau.
  3. Dapat disimpulkan bahwa dengan pertumbuhan SKM LTLN yang dikatakan sangat tinggi, dan juga dikarenakan Djarum melihat A Mild isi 12 batang hampir tidak memiliki pesaing, maka pada akhirnya Djarum bisa meluncurkan versi 12 batang dari Djarum Super Mild dimana dalam hal ini sepertinya Djarum Super Mild berusaha membuat harga rokok isi 12 lebih bisa diterima oleh konsumen, terutama konsumen menengah ke bawah, maka pada akhirnya Djarum bisa meluncurkan Djarum Super Mild isi 12 Batang pada bulan Mei ini.
Baiklah, itu sedikit analisis mengapa Djarum bisa meluncurkan Djarum Super Mild isi 12 Batang pada bulan Mei ini. Sekedar info saja, untuk postingan kali ini, bagian rasa dan batang rokok-nya memiliki kesamaan konten dengan Djarum Super Mild isi 20 batang. Kemudian kita coba review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga sendiri admin beli dengan angka Rp. 11.000 (sebenarnya di warung yang menjual rokok tersebut menawarkan harga sekitar 12.000, cukai 13.450) dengan kuantitas isi 12 batang. Untuk harga sendiri memiliki kesamaan dengan produk Djarum yang belakangan banyak dijual dengan harga 11.000. Untuk harga sendiri saya beri nilai 10 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna basis merah tua, hitam dan putih. Pada bagian depan kemasan terdapat 3 baris kotak di bagian atas yang berjumlah 14 buah di masing-masing baris, dimana kotak tersebut memiliki efek emboss yang sangat terasa. Terdapat tulisan DJARUM SUPER dengan menggunakan font khas Djarum dengan warna hitam, disusul dengan adanya logo bertuliskan MLD dimana pada huruf M merupakan lipatan dari tiga garis dan di bagian paling kanan huruf M terdapat garis hitam yang cenderung membentuk trapesium vertikal yang dapat dimaknai sebagai MILD. Pada bagian MLD terdapat efek emboss dengan warna merah tua, dengan adanya efek glossy pada lipatan huruf M namun pada bagian garis trapesium hitam tidak memiliki efek emboss, disusul dengan adanya L dan D yang memiliki warna merah tua disertai emboss yang sangat terasa. Bagian bawah logo, terdapat kotak sebanyak 11 baris, dimana pada baris pertama hingga ke keenam memiliki jumlah sebanyak 14 buah, disusul dengan 2 baris kotak yang berjumlah 6 buah, lalu disusul dengan adanya 1 kotak yang berjumlah 14 buah pada bagian barisnya. Pada kotak yang terpotong dengan garis bertuliskan 12 KRETEK FILTER dengan warna 12 ialah merah tua. Sepertinya pada tulisan KRETEK FILTER menggunakan font Helvetica Condensed dengan adanya efek emboss dan glossy yang bisa dilihat dengan seksama. Bagian belakang terdapat tulisan DJARUM SUPER dan MLD dimana pada bagian bawah logo MLD terdapat slogan yakni PLEASURE, STYLE, CONFIDENCE yang sudah menjadi spirit dari rokok ini dengan efek emboss dan adanya efek shiny, dimana ketiga tulisan tersebut menggunakan font yang sangat modern dan juga stylish. Total baris pada bagian belakang berjumlah 12 baris, dimana hal tersebut hampir sama dengan barisan kotak yang ada pada kemasan depan yang berjumlah 14 buah di setiap barisnya. Cenderung minimalis dan juga stylish. Untuk kemasan saya beri nilai 8.9 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner frame dari rokok ini menggunakan warna yang sama dengan Djarum Super Mild isi 20 batang, dengan adanya foil yang memiliki pattern kotak dan ditengahnya terdapat tulisan DJARUM SUPER dengan adanya dua garis di atas dan bawah tulisan. Foil rokok ini sepertinya lebih kecil bila dibandingkan dengan isi 20 batang, namun tetap memiliki karakter yang sama dengan isi 20 batang.

Kemudian kita coba buka foil-nya dengan seksama


Terlihat jelas, pada bagian batang rokok ini memiliki warna yang sama dengan Djarum Super Mild isi 20 batang yakni putih. Susunan batang rokok ini ialah 6 di depan dan 6 di belakang, dengan kuantitas isi 12 batang.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Bagian batang rokok ini memiliki panjang dan diameter yang sama dengan rokok mild yang ada di Indonesia. Pada bagian batasan tipping paper terdapat sebuah line yang memiliki efek shiny, beserta logo MLD berwarna merah tua dan adanya tulisan DJARUM SUPER. Perforasi yang digunakan berjumlah 3 baris dengan jarak lubang yang berdekatan satu sama lain dan memiliki model perforasi berupa titik (dot).

Kemudian kita coba rasakan rokoknya dengan seksama


Secara rasa, rokok ini memiliki kesamaan dengan Djarum Super Mild isi 20 batang. Pada sebelum dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi manis fruity yang sama dengan MLD Black Series namun dengan intensitas yang sedikit lebih rendah. Dalam hal ini, ketika dibakar rokok ini seakan menawarkan sensasi manis leci berpadu dengan a hint of peppermint dikarenakan penambahan peppermint oil pada rokok ini. Salah satu bahan penyusun yang ada pada rokok ini yakni sage oil dan rosemary oil sangat terasa, dikarenakan bahan tersebut merupakan bahan penyedap dari rokok ini. Hal tersebut tercermin dengan rasa rokok ini yang cenderung spicy namun kuat akan rasa minyak atsiri sebagai bahan tambahan dari rokok ini. Memiliki intensitas rasa esens leci yang sangat terasa, dalam hal ini digunakan leci sebagai ciri khas dari rokok mild pada umumnya. Memiliki tarikan yang cenderung lembut, dalam artian sensasi pleasure yang ingin ditawarkan rokok ini seakan membuat suasana menjadi lebih baik. Sedikit saya merasakan sensasi vanilla, yang menjadi salah satu bahan dari rokok ini. Memiliki blend yang cenderung earthy dan rich, artinya rokok ini sangat kaya akan tembakau berkualitas dimana Tembakau Virginia menjadi tembakau paling dominan yang ada pada rokok ini. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini seakan menawarkan sensasi yang cenderung lembut dan kaya akan minyak atsiri yang menjadi bahan tambahan rokok ini. Saya bisa menemukan sensasi nutty yang menjadi daya tarik dari rokok kretek Indonesia, dimana dalam hal ini rokok ini menawarkan blend dimana salah satunya menggunakan Tembakau berjenis Oriental. Dalam hal ini, saya hampir tidak menemukan sensasi harshness, alias sensasi lembut khas yang ingin ditawarkan pada rokok ini berhasil didapatkan oleh admin. Tidak memiliki throat hit, cenderung memiliki sensasi yang tidak menusuk. Memiliki aftertaste fruity yang cenderung kuat akan rasa leci-nya dengan adanya sensasi nutty yang menurut admin sangat terasa. Durasi bakar rokok ini sekitar 10 menit, dalam artian rokok ini menawarkan durasi bakar yang cenderung pas pada admin. Namun ketika mendekati batasan tipping paper, rokok ini cenderung panas dan sedikit layu. Hal ini sudah menjadi kelemahan rokok Djarum pada umumnya. Bila dibandingkan dengan MLD Black Series, rokok ini seakan lebih baik sedikit namun secara citarasa, masih lebih kuat MLD Black Series walaupun intensitasnya lebih besar dan terasa pada MLD Black Series. Untuk rasa saya beri nilai 8.7 dari 10.

KESIMPULAN

Dengan harga yang terhitung sangat terjangkau, kemasan yang cenderung elegan, rasa yang menurut saya cenderung memiliki rasa rokok premium yang unik, membuat rokok ini seakan menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan rokok kelas premium namun dengan harga yang cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan kompetitor membuat rokok ini seakan menjadi lebih unggul bila dibandingkan dengan rokok kelas murah yang secara rasa kurang begitu dikatakan sebagai rokok kelas premium. Kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper cenderung memiliki filter yang melemah, dan kertas tipping yang mulai lepas pada akhir bakaran. Kelemahan ini sangat umum terjadi pada rokok buatan Djarum pada umumnya dimana memang kebanyakan produk Djarum memiliki kelemahan ketika mendekati batasan tipping paper dimana terdapat sensasi panas yang menurut saya merupakan hal yang lumrah untuk hitungan rokok Djarum pada umumnya. Untuk distribusi sendiri, rokok ini baru dijual di warung tertentu saja di kawasan Depok. Untuk Jakarta sendiri kemungkinan besar rokok ini sudah menyebar dikarenakan poster promosi terhadap rokok ini sangat mudah untuk ditemui, dan kemungkinan akan masuk minimarket kisaran akhir bulan ini ataupun awal Juni. Overall, saya memberikan nilai rokok ini 9.2 dari 10. Artinya, secara garis besar rokok ini memiliki keunggulan dari segi harga dan kemasan, dan juga secara rasa rokok ini tidak main-main, bahkan memiliki intensitas rasa yang sama dengan Djarum Super Mild isi 20 Batang.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Share this:

, , , , , , , ,

CONVERSATION

4 komentar:

  1. Bang Katanya besok mau review rokok Esse seri SPM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































      Hapus
  2. produk djarum, gudang garam n sampoerna, perbanyak review produk-produk rokok dari perusahaan-perusahaan kecil lainnya, agar bisa jadi referensi buat penjual rokok untuk dagangannya..

    BalasHapus
  3. Do you need free YouTube Views?
    Did you know you can get these AUTOMATICALLY & TOTALLY FOR FREE by getting an account on Add Me Fast?

    BalasHapus