Lucky Strike Original Blue (Biru), SPM Lights dengan Sensasi Toasted Tobacco Khas

Selamat siang,

Kesibukan admin belakangan ini membuat admin tidak sempat untuk membuat review lebih dari 2 postingan layaknya beberapa minggu belakangan. Walaupun dikatakan sibuk, admin menyempatkan diri untuk membuat postingan di blog ini sebagai alat bantu untuk menentukan preferensi rokok apa yang bisa dikonsumsi dan juga bisa memilih rokok yang sekiranya pas di kantong dan juga secara rasa cenderung pas bagi Anda selaku pembaca dari blog ini. Terutama bagi pembaca setia, postingan ini mampu membantu Anda ketika memilih rokok yang sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan ketika sedang membeli rokok.

Dalam kesempatan kali ini, admin akan mereview rokok yang belakangan ini stok-nya termasuk susah untuk dicari dan juga didapatkan secara tidak sengaja. Rokok ini bernama Lucky Strike Original Blue, atau lazim disebut Lucky Strike Lights dimana sensasi rasa yang ditawarkan dari rokok ini cenderung hampir memiliki kesamaan dengan Lucky Strike Original Red, namun dalam intensitas rasa yang lebih enteng dan lebih mudah diterima, terutama bagi Anda yang memang menyukai rokok SPM Lights. Produk ini admin dapatkan di salah satu tempat di Citayam, dimana dalam hal ini admin menyempatkan untuk membeli rokok yang sekiranya jarang untuk dicoba dan juga, kebetulan stok Lucky Strike Original Blue yang terdapat pada warung tersebut merupakan stok terbaru dari pabrik, dimana produksi dari rokok yang admin akan review merupakan produksi bulan April 2017. Pada akhirnya admin bisa mendapatkan produk ini dengan seksama dan dalam hal ini admin merasa beruntung bisa mendapatkan produk ini yang dikatakan termasuk jarang untuk ditemui.

Produk ini juga berkaitan dengan Lucky Strike Original Red yang admin review dua minggu yang lalu, dimana produk ini juga mengalami penurunan harga dikarenakan adanya repositioning yang dilakukan oleh rokok ini, dan juga sebagai harga pengenalan bagi toko-toko dan warung agar bisa menjual rokok ini dikarenakan harga yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau bila dibandingkan dengan harga sebelumnya yakni Rp. 19.000 (harga di warung langganan admin) atau 20.500 bila mengacu kepada harga yang tertera di minimarket dan supermarket. Postingan ini cenderung sama dengan postingan Lucky Strike Original Red, namun dengan sedikit perbedaan di dalam kemasan dan rasa. Analisis yang digunakan juga sama dengan Lucky Strike Original Red layaknya berikut ini:
  1. Lucky Strike Original Blue pada dasarnya bukan produk unggulan dari Bentoel Group secara keseluruhan. Dimana dalam hal ini, konsumen dari rokok ini kalau dilihat di lapangan cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan Lucky Strike Mild yang pada dasarnya memang saat ini permintaannya sangat tinggi. Bentoel melihat bahwa perkembangan rokok berjenis SPM dikatakan lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis SKM yang pada saat ini memiliki pertumbuhan yang sangat besar. Angka penjualan SPM yang kini mencapai 6% berdasarkan Annual Report Philip Morris International tahun 2016 dari sebelumnya yakni 6,2% pada tahun 2015 mencerminkan bahwa SPM semakin lama semakin menurun, dikarenakan adanya pemain baru terutama SKM yang menawarkan gimmick berupa kapsul dan juga rasa yang unik, dimana sejauh ini pemain rokok SPM hanya sedikit yang melakukan inovasi. Bentoel Group sadar, Lucky Strike belakangan ini sedang dilakukan repositioning kepada kalangan menengah kebawah yang menginginkan rokok dengan sensasi rasa yang lebih baik namun dengan harga yang lebih terjangkau. Dalam hal ini, repositioning terhadap segmen pasar dari rokok ini merupakan sebuah tindakan yang baik, dimana dalam hal ini sepertinya merupakan strategi dari Bentoel Group membangun brand image yang baik terhadap rokok ini. Dan juga ada kemungkinan, Bentoel Group melakukan subsidi terhadap rokok ini dikarenakan adanya cuci gudang atas cetakan kemasan lama yang sepertinya masih banyak ditemui di gudang Bentoel Group.
  2. Dengan adanya penurunan harga, otomatis Lucky Strike Original Blue lebih mudah diterima oleh masyarakat. Dengan harga yang cenderung hampir sama dengan Lucky Strike Mild isi 16 batang, rokok ini seakan menawarkan alternatif bagi perokok SPM berjenis Lights yang menginginkan sensasi premium namun dengan harga yang cenderung lebih terjangkau. Angka yang ditetapkan oleh Bentoel Group didasari oleh riset bahwa kebanyakan orang menganggap Lucky Strike Original Blue memiliki harga yang termasuk mahal bila dibandingkan dengan Camel yang pada saat ini mencapai 20.000 per 20 batang. Harga asli dari rokok ini sebenarnya tidak jauh beda dengan Camel yang berbeda 500 Rupiah saja, namun kualitas rasa cenderung lebih baik Lucky Strike Original Blue  dimana rasa yang ditawarkan cenderung memiliki rasa yang khas dan kemantapan yang cenderung nikmat berkat pemrosesan Tembakau Burley yang dipanggang, serta rasa rokok yang cenderung lebih alamiah. Makanya, rokok ini memiliki slogan It's Toasted dikarenakan adanya pemrosesan terhadap Tembakau Burley sehingga mampu menciptakan rasa yang lebih soft dan juga lebih nikmat. Ada kemungkinan juga hal ini untuk memperkenalkan Lucky Strike Original Blue yang sejauh ini promosinya vakum dan harga jual yang cenderung tidak merata dimana rokok ini sebelumnya tidak memiliki SRP (Suggested Retail Price) atau harga eceran tertinggi dari rokok ini secara pasti.
  3. Dapat disimpulkan, bahwa Lucky Strike Original Blue dijual dengan harga yang lebih murah terjadi dikarenakan dua kemungkinan. Pertama, untuk menghabiskan stok kemasan lama yang masih banyak di gudang. Kedua, adanya repositioning terhadap rokok ini dikarenakan mengikuti Lucky Strike Mild yang pada saat ini dijual dengan harga 14.000-15.000 tergantung dari toko. Repositioning kepada kelas menengah kebawah sangat tepat dilakukan oleh Bentoel Group dikarenakan kebanyakan orang yang mengonsumsi Lucky Strike Mild merupakan perokok kelas menengah kebawah yang menginginkan harga yang murah namun dengan rasa yang lebih baik. Repositioning ini cukup jarang ditemui di pasaran rokok di Indonesia dikarenakan brand image terhadap sebuah rokok justru merupakan nilai jual yang membuat harga rokok menjadi kurang begitu terjangkau. Dengan harga yang lebih murah, konsumen bisa memilih apakah mau Lucky Strike Mild yang berjenis SKM ataupun Lucky Strike Original Blue yang merupakan rokok berjenis SPM Lights.
Baiklah, itu sedikit analisis mengenai rokok ini. Memang tidak jauh berbeda analisisnya dikarenakan rokok ini juga mengalami penurunan penjualan layaknya Lucky Strike Original Red. Mari kita coba review rokok ini dimulai dari harganya terlebih dahulu. Untuk harga rokok ini ialah Rp. 15.000 (sebenarnya admin membeli produk ini dengan harga 16.000, bisa lebih murah atau lebih mahal 500-1000 tergantung toko, cukai 18.025) dengan kuantitas isi 20 batang. Cenderung memiliki harga yang murah untuk hitungan rokok SPM. Untuk harga sendiri saya memberi nilai 8.5 dari 10.

Kemudian kita coba review kemasannya dengan seksama







Kemasan rokok ini menggunakan warna dasar putih, biru tua dan silver kehitaman. Dalam hal ini terdapat tiga perempat lingkaran dimana pada bagian luar lingkaran terdapat semacam outline yang memiliki gradasi warna hitam dengan adanya warna silver dan putih dengan adanya efek emboss ke tengah kemasan, disertai efek shadow pada bagian kiri. Bagian kedua lingkaran terdapat objek lingkaran putih polos tanpa adanya efek emboss. Bagian objek lingkaran ketiga menggunakan outline berwarna silver dan terdapat lingkaran biru bergradasi ke warna tua dengan adanya efek emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Tulisan LUCKY STRIKE menggunakan warna dasar putih dengan font sans serif dengan adanya emboss yang bisa dirasakan dengan seksama. Tulisan yang ada di bagian bawah berupa C I G A R E T T E S menggunakan font sans serif dengan warna tulisan hitam. Di bagian belakang terdapat deskripsi yang berada pada bagian lingkaran yang memiliki wujud yang sama dengan bagian depan, dimana dalam hal ini deskripsi menggambarkan rasa tembakau asli dan rasa yang mantap. Pada tulisan INSIDE, PASSION, dan IT'S LUCKIES. ENJOY menggunakan warna silver, sedang pada tulisan REAL dan PLENTY menggunakan warna hitam yang di bold. Terdapat tulisan SPM pada bagian kiri bawah kemasan yang menggambarkan rokok ini berjenis Sigaret Putih Mesin. Bagian samping kanan terdapat barcode yang unik dan adanya tulisan 20 CLASS A CIGARETTES sebagai bentuk bahwa rokok ini masuk ke Class A secara berat. Di bagian kiri atas terdapat tulisan yang melingkar bertuliskan ENJOY & RECYCLE, dengan bagian tengah tertulis IT'S LUCKIES ENJOY dengan model lingkaran yang sama di depan dan belakang kemasan, disertai tulisan LUCKY STRIKE berwarna biru gradasi ke tua disertai otoritas yang diberikan dari British American Tobacco (Brands), USA. Bagian atas kemasan terdapat tulisan LUCKY STRIKE dengan adanya efek gradasi, dimana di bagian kiri atas kemasan terdapat pita yang ditengahnya berbentuk lingkaran dan ada sketsa dari Chief Powhatan secara historis sangat berkaitan dengan produksi awal dari Lucky Strike. Bagian bawah terdapat tulisan LUCKY dan STRIKE dengan di bagian tengahnya bergambar lingkaran dengan adanya sketsa Chief Powhatan. Sangat menarik dan menjual. Untuk kemasan saya beri nilai 8.6 dari 10.

Kemudian kita coba buka plastiknya dan kemasannya dengan seksama


Pada bagian inner frame dari rokok ini terdapat semacam objek menonjol yang berfungsi mengunci rokok ini secara otomatis, dimana pada bagian inner hinge lid terdapat layanan konsumen dari rokok ini dan tempat untuk penutup otomatis dari rokok ini. Model inner frame yang digunakan berwarna putih layaknya rokok pada umumnya. Terdapat foil bertuliskan IT'S TOASTED dengan warna foil silver dan tanpa adanya efek emboss.

Kemudian kita coba tarik foil-nya dengan seksama


Terlihat jelas rokok ini menggunakan batang berwarna putih polos, layaknya rokok SPM Lights pada umumnya. Susunan batang rokok ini ialah 7 di depan, 6 di tengah, dan 7 di belakang dengan kuantitas isi 20 batang. Dalam hal ini, susunan batang rokok-nya memiliki kesamaan dengan rokok SPM pada umumnya.

Kemudian kita coba tarik batang rokok-nya dengan seksama


Panjang dan diameter rokok ini memiliki ukuran yang sama dengan Lucky Strike Original Red yakni King Size. Namun, hal yang berbeda bila dibandingkan dengan Lucky Strike ialah warna tipping paper dan batasan tipping paper dari rokok ini. Pada batasan tipping paper terdapat lingkaran berwarna silver dengan tulisan LUCKY STRIKE berwarna silver dengan efek shiny. Bagian batasan tipping paper rokok ini juga terdapat garis berwarna silver dengan efek shiny dan glossy. Perforasi yang digunakan pada rokok ini berjumlah satu baris, dalam hal ini menggunakan model dot yang jarak lubangnya agak berjauhan satu sama lain.

Kemudian kita coba rasakan rokok-nya dengan seksama


Sebelum dibakar, rokok ini memiliki sensasi tembakau yang sangat minim, dimana dalam hal ini rasa yang ditawarkan ketika sebelum dibakar cenderung tawar. Ketika dibakar, rokok ini seakan menawarkan sensasi spicy yang cukup terasa namun cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red disertai karakter khas dari Lucky Strike Original namun dalam intensitas yang lebih lemah. Rokok ini menawarkan sensasi rasa yang cenderung alamiah bila dibandingkan dengan Marlboro Gold Lights. Cenderung memiliki rasa yang tawar, namun kaya akan sensasi tembakau pilihan, terutama di dominasi dengan penambahan Tembakau Burley yang menjadi daya tarik dari rokok ini. Bila dibandingkan dengan Marlboro Gold Lights, rokok ini seakan menawarkan sensasi tembakau yang cenderung lebih alamiah dan tidak begitu terasa sensasi chemical taste layaknya Marlboro Gold Lights. Kemungkinan besar, penambahan stem dan Recon pada rokok ini cenderung lebih sedikit bila dibandingkan dengan Marlboro Gold Lights. Dalam hal ini, sensasi rasa khas yang dimiliki oleh rokok ini memiliki sensasi a hint of sweetness yang terasa namun dalam intensitas yang hampir terasa namun dalam intensitas yang cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red. Tergambar juga karakter tembakau alamiah yang sangat terasa, dimana dalam hal ini tergambar rasa tembakau alami yang sangat kuat, didominasi dengan Tembakau Virginia yang memiliki karakter lembut disertai sensasi Tembakau Burley yang memiliki sensasi manis yang sangat alami. Terdapat juga sedikit penambahan Tembakau Oriental walaupun intensitas rasa Tembakau Oriental cenderung lebih minim dan hampir tidak terasa. Memiliki sensasi yang menurut saya cukup warming, dalam hal ini memiliki sifat menghangatkan yang cenderung terasa. Ketika dikeluarkan dari hidung, rokok ini cenderung memiliki aroma yang lebih lembut bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red namun tetap cenderung memiliki aroma tembakau yang sangat kaya. Tarikan pada rokok ini cenderung mantap, disertai sensasi tarikan yang menurut saya sangat mantap untuk hitungan SPM Lights. Memiliki rasa harshness yang cenderung minim, dalam hal ini rokok ini sepertinya didesain untuk memiliki rasa harsh yang cenderung minim. Throat hit pada rokok ini cenderung terasa, namun cenderung lebih lembut dan tidak membuat tenggorokan tidak nyaman. Cenderung meninggalkan aftertaste rasa tembakau yang kaya, disertai sensasi sedikit manis yang meninggalkan kesan khas dari Lucky Strike dimana dalam hal ini didukung dengan adanya sensasi sedikit nutty berkat penambahan Tembakau Oriental walau dalam intensitas yang lebih sedikit. Durasi bakar rokok ini berkisar 6 menit, dalam artian rokok ini menawarkan sensasi bakaran yang lebih cepat bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red. Namun, kelemahan rokok ini ialah ketika mendekati batasan tipping paper cenderung memiliki rasa chemical yang lebih kuat namun lebih baik bila dibandingkan dengan Marlboro Gold Lights. Dan juga memiliki sensasi panas yang cenderung lebih terasa dikarenakan batasan tipping paper cenderung memiliki ukuran yang lebih panjang bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red. Saya merasa, rokok ini merupakan pilihan yang cenderung nikmat dan menawarkan sensasi rasa yang cenderung lebih baik bila dibandingkan dengan kompetitor semisal Marlboro Gold Lights. Namun yang saya sayangkan, sensasi rasa ini tidak sebaik Lucky Strike Original Red yang cenderung menawarkan sensasi tembakau lebih kaya dan lebih terasa, walaupun unsur alamiah pada rokok ini tetap terasa, dan juga bakaran yang cenderung cepat habis bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red. Untuk rasa sendiri saya beri nilai 8.65 dari 10

KESIMPULAN

Dengan rasa yang cenderung lebih ringan, sensasi rasa tembakau yang cenderung terasa, dan juga kemasan yang baik, serta harga yang menurut saya sangat terjangkau membuat rokok ini bisa menjadi alternatif bagi anda para perokok Marlboro Gold Lights yang menginginkan sensasi yang cenderung lebih alamiah dan lebih mantap. Dengan rasa yang tidak dimiliki kompetitor, rokok ini seakan menawarkan sensasi yang lebih baik namun dengan harga yang lebih murah, dimana sejauh ini Marlboro Gold Lights sudah mencapai harga Rp. 23.000 per bungkusnya. Dalam hal ini, rokok ini seakan menawarkan rasa khas Toasted Tobacco yang cenderung lebih kaya akan rasa dan juga cenderung lebih nikmat bila dibandingkan dengan Marlboro Gold Lights. Namun, kelemahan rokok ini ialah durasi bakar yang cenderung lebih cepat bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red, dan juga rasa chemical yang cenderung lebih terasa dikarenakan kertas tipping paper-nya cenderung lebih panjang. Untuk distribusi rokok ini termasuk susah untuk dicari, dimana dalam hal ini rokok ini sepertinya agak susah untuk ditemui untuk stok pita cukai tahun 2017, dimana sejauh ini distribusinya sangat terbatas kepada warung tertentu saja, dan juga untuk minimarket sepertinya rokok ini termasuk susah untuk ditemui. Kalaupun ada, stoknya umumnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan Lucky Strike Original Red yang termasuk pada saat ini lebih mudah untuk ditemui. Paling dekat, rokok ini kemungkinan mudah ditemui di toko dalam skala menengah semisal Alfamidi, supermarket ataupun hypermarket yang notabene-nya memang menjadi pusat penjualan rokok dengan skala besar. Overall saya memberi nilai 8.58 dari 10. Artinya rokok ini menang pada rasa yang unik serta kemasan yang cenderung baik, namun untuk durasi bakar cenderung pendek dan juga rasa yang ada tidak sebaik Lucky Strike Original Red.

Demikian postingan saya kali ini. Bila ada pertanyaan silahkan email saya, mention saya di @ReviewRokok, like Page Facebook blog ini di fb.me/ReviewRokok, dan ask saya di ask.fm/reviewrokok, serta add ID Line saya yakni reviewrokok. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

9 Komentar

  1. Terima kasih bang admin yang telah mereview rokok Lucky Strike Original Blue.
    Memang ada issue rokok ini akan ditarik dari peredaran, mohon rekomendasi rokok alternative yang memiliki sensasi yang hampir sama dengan Lucky Strike Original Blue ini.

    Terima kasih
    Penikmar Lucky Strike Original Blue, It's Toasted!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ini belum ada satupun rokok yang bisa menyamai lucky strike biru. kalopun mau, rasanya agak berbeda semisal camel white ataupun marlboro gold lights.

      Hapus
  2. Lucky strike biru ini kalo menurut saya rasanya sama banget dengan marlboro light bahkan lebih mantap..saya penghisap marlboro light sudah 5 tahun dan baru beralih ke lucky biru. Di karnakan marlboro light harganya terus naik dan entah knp kalo ngeroko marlboro light versi sekarang badan saya jd mudah sakit . Admin mungkin bisa menjelaskan knp marlboro light sekarang seperti membawa penyakit, padahal kalo dulu enak enak saja

    BalasHapus
  3. Saya ingin sensasi lucky strike yg rasa nya sama seperti marlboro black mentol.. mungkin saya akan beralih ke lucky strike black mentol.. dikeranekan harga marlboro black mentol sdh sangat tinggi.. trims.

    BalasHapus
  4. Produksi Lucky strike black menthol..

    BalasHapus
  5. Boss rokk lucky strike 2019 kenapa menghilang dari peredaran, padahl saya pecinta setia rokk luckystrike biru ini...awal febuari 2019 ini cari nya gak ketemu lagi....lokasi kupang NTT

    BalasHapus